Tipe: Koran
Tanggal: 1987-10-13
Halaman: 05
Konten
HALAMAN IV COLOS 200 Ton rotan lolos ke geri dengan kedok antan 180 13 sehingga negara ng milion Cukup hebat permainan i antaslah pula dia ketagih MEMALUKAN Menteri P dan K Prod n mengatakan kualitas man tinggi masih me Jika tidak tahu malu tak a. Rasa malu sekarang ini meluntur di sebagian a. Mutu mahasiswa tang- awab Departemen P dan tor dan dosen. MELANGGAR Rektor USU Prof Dr M Hanafiah mengatakan tolak pasien yang tak dana, melanggar kode Banyak orang sekarang gar kode etik dianggap asa. Berdalih, berdalih, k macam kodok. 010 BELUM Ruang sidang Pengadilan i Sigli di Meureudu, lima idak berfungsi, setelah membangunannya tahun Luar biasa. Inilah yang an pembangunan tidak guna. SALAH Tiga pintu rumah dinas olah (RGDS) SD Negeri 44 Lubuk Cingkam De Lama Kecamatan Sim apat Kab.Asahan, sudah ahun tidak ditempati, terkena banjir karena ngunan salah lokasi, Psikologi Teknologi ATM Selintas Permasalahan Pengawetan Mayat Yang Hidup Kembali SOUT nikah yang dimaksud seskan pembangunan S jatopek, RHATIAN! bir 4cm ang dimuat di halaman ini ntuk Waspada. Red ngun. Tulisan i setelah ditan- itnah. 4 menggunakan alat-alat man Nasional Gunung 50 Sembah Bala, hutan- oleh tiga perusahaan g-terangan melakukan g telah diberikan. Dari ama sampai pada hari aktek illegaal ini masih m hutan dan hutan lin-2 itik kritis. Malah sama ng Taman Nasional dak memperhitungkan. ras dan di manipulasi. an untuk melestarikan pernah bergerak nam- nafas. Barang bukti n kayu-kayu sudah siap -orang atau pelakunya in proses hukumnya. kalangan masyarakat han yang nekad ini yang tahun karena ada bac an juga santer di sebut- Dinas Kehutanan kita udah mabuk dengan sef sama. alis, Dahlan Orde Baru tidak men- apun yang berada di- b as habis. Hal ini sejalan nya hukum, peraturan erta pemerintahan yang opini terselubung di saya sarankan agar adak tegas "Terhadap operasi tanpa izin agar alat beratnya disita un- hadap tiga perusahaan beroperasi melakukan gunakan alat-alat berat setiap malamnya mem- ondongan ke Sumatera asinya. Serta terhadap uai dengan hukum yang ang HPHH di kawasan atalkan. Semoga!!! ingga Negeri No.28 Langkah Tepat Kelurahan Keuramaf ambut gembira atas in SD Negeri No.28 mem Perpustakaan yang ngkatkan gairah anak aupun pembangunan itu an namun kemauan yang ebut kami salut, dengan segala program sudah mak-anak sekolah sejak senal ruang lingkupnya as yang masih sederhana, amat penting sekali agar unya sehari-hari dengan kreatifitasnya untuk me- cerah, sebagai generasi ngkin. ngetahuan dan keteram- dekaan RI yang kita cif semua. Sebagai Warga bau kepada segenap pem- zemungkinan ada buku- tidak dibaca lagi, sudi pada Sekolah tersebut perlu untuk menambah udah-mudahan ide yang SELASA, 13 OKTOBER 1987 Kesehatan - Oleh Ardial MASALAH alam gaib, selalu menjadi perdebatan yang meman- ing ilmuwan untuk menggalinya. Orang Atheis sama sekali tidak mempercayai Tuhan dan makhluk gaib, sementara orang Barat semakin mengembangkan peneli- fiannya mengenai alam gaib, khususnya mengenai ruh orang . dunia. Baik roh orang jahat, maupun roh orang shalih, termasuk Dan hal ini sudah tidak rahasia anak dan dewasa. Jagi, adanya kemampuan orang un- tuk berhubungan dengan roh orang mati. Namun satu problema, mung- kinkah atau bisakah orang mati hidup kembali di dunia ini. Seorang produser film di Amerika spiritisme, yang sudah mati. Menurut kalangan mereka dapat mengadakan hubung- an dengan roh manusia yang sudah mati, kendati matinya sudah puluh- an atau ratusan tahun lamanya. diakui oleh Prof. Seperti Avickland seorang ahli spiritism bangsa Amerika, menerangkan pengalamannya selama 30 tahun atau menantang, menghubungi roh orang yang sudah mati itu dalam sebuah buku karang- annya yang masyhur "Thirty Years Among the Dead' film Shiller, telah membawakan kisah orang mati, kemudian di- eskan (didinginkan). Setelah 10 tahun di-eskan, mayat itu hidup kembali secara tiba-tiba. Mula-mula ibunya gembira bahwa anaknya hidup kembali. Ibunya yakin betul dengan hidup anaknya, kendati pastor di kotanya itu mengatakan bahwa itu bukan roh anaknya yang dimiliki- nya sebelum anaknya meninggal. Akhirnya si ibu percaya apa yang dikatakan pastor itu, karena dilihat si ibu kelakukan anaknya berubah. Ahak yang hidup kembali itu mem- bunuh orang yang tidak disukainya, malah ibu dia sendiri mau dibunuh anak itu. Lantas itu roh siapa ? En- tahlah! Inikan cerita film. "Tapi itu berdasarkan kejadian yang pernah terjadi," katanya. agama, PANDANGAN AGAMA Ada suatu masalah yang rada Dalam buku itu dilaporkannya percakapannya dengan berbagai macam roh yang sudah meninggal bertentangan atau kontradiksi RISET CRYONIC YANG MENGGEMPARKAN Lain lagi penemuan dari Art Quaife dan kalangan Masyarakat Cryonic, kini mereka telah melaku- kan pembekuan mayat manusia, kucing dan anjing. Gunanya untuk diawetkan di tempat besi stainless bersih mengkilat, kelihatannya bagai botol termos. Teknologi Cryonic pada prinsipnya mengawet- kan tubuh manusia atau hewan yang telah dinyatakan meninggal dunia secara medis, dengan konsep suhu yang rendah. Menurut istilah Quaife, diharapkan suatu saat nan- ti, mungkin berabad-abad men- datang bisa bangkit kembali ke- hidupannya. dengan keyakinan umat Islam. Yaitu mayat manusia yang diawet- kan itu yang sudah dinyatakan mati. Sebab, dalam keyakinan umat Islam, seseorang yang sudah mati, mustahil hidup kembali. Karena roh arwahnya sudah pergi menuju atau alam Barzakh. Yaitu alam yang mendindingi dua alam; mendindingi melalui antara alam dunia dan alam akhirat. Ada ulama yang berfahamkan, bahwa alam barzakh itu ibaratnya penjara atau kurungan bagi yang sudah meninggal atau mati. Hanya saja ada satu bahan diskusi dan juga pernah jadi topik hangat pembahasan medis, yakni pengertian atau definisi mati. Apakah mati itu bisa diserupakan dengan mesin mobil. Sopir atau pengendaranya bisa sekehendak hatinya untuk menghidupkan atau mematikan mobilnya ?. Mungkinkah itu menjadi kenyataan nantinya, sesuai dengan harapan Masyarakat Cryonic Amerika? Suatu informasi yang menarik, karena kelompok ini terus mengembangkan anggotanya, saat kini sudah berjumlah 150 orang, rata-rata berumur 39 tahun yang berpusat di kota San Fransisco. Dari semua anggota, sudah 70 orang yang menyediakan diri jasadnya diawetkan, kalau mereka meninggal dunia nanti. Termasuk salah seorang anggotanya Dr.Paul Segall, seorang ahli riset pathologi dan ahli ilmu biologi tersohor dari Univer- sitas California-Berkeley. Tujuan pengawetan mayat ini sekaligus untuk membantu manusia. Seperti menurut keyakin- an Dr.Paul Segall, bahwa Cryo- biologi menawarkan kemungkinan kemungkinan besar menarik untuk bidang pembedahan tanpa darah, dalam bidang terapi kanker dan bidang transpalasi organ tubuh. Dia memberikan contoh, seorang anak yang memerlukan suatu transpalasi liver tetapi belum ada donornya, bisa dibekukan dahulu anak itu untuk nantinya dihangatkan kembali begitu sudah ada donor liver yang diperlukan. Berarti riset Cryonic ini, sangat besar manfaatnya di masa men- datang dan amat penting aplikasi dalam ilmu medis antariksa. Se- seorang yang berada di angkasa luar, tentu jauh dari pusat Dalam eksperimen yang telah dilakukan oleh Quaife dan kawan- Kawan, mereka telah membuktikan keampuhan penemuan ini. Se- jumlah kodok sebagai percobaan bisa dibekukan sampai 4-5 bulan tanpa menderita kerusakan sedikit pun pada tubuhnya. Penelitian ini berhasil berkat cairan-larutan dihidupkan kembali secara sempur- na tanpa kurang suatu apapun. Menurut Dr.Paul Segall, cara demikian bisa pula diterapkan pada dalam, kehadiran teknologi Cryonic ini dapat dianggap sebagai ke- butuhan hidup manusia. Saat sekarang ini macam-macam yang diri manusia. Salah seorang guru lainnya meyakini Cryonic, Richard Marsh. Dia pensiunan guru besar pada Universitas San Fransisco yang sudah berusia 74 tahun. Richard Cryonic! Di suatu saat terjadi dan begitu juga kebutuhan manusia. Tidak hanya untuk an- meyakini nanti bisa menghidupkan kembali. Daya hidup tubuhnya seperti sewaktu masa muda dulu. Impian tariksawan, juga bagi penjelajah alam canggih lainnya. Seperti penelitian kawasan dingin dan membeku, yaitu di daerah kutub. Atau seseorang yang cedera tiba- tiba, juga bisa diawetkan lebih sebelum mendapatkan dahulu kebutuhan organ tubuh. yang bercampur harapan ini, berhasil atau tidak, sejarahlah yang menjawabnya. Siapapun tidak ada yang menolak kehadiran teknologi Gryonic yang canggih ini. Karena bertujuan untuk membantu manusia yang memerlukan suatu donor, kebetulan donor alat tubuh itu belum ada. Kini di antara organ- Sepanjang ini memang diang- gap wajar dan logis, karena ber- dasaran penelitian ilmiah. Artinya tidak ada pihak yang membantah apalagi untuk menolaknya. Tapi satu kajian yang tidak bisa dilepaskan yaitu pan- dangan khususnya Islam. yang sedang diawetkan dengan teknologi Cryonic di tempat kerja Quaife adalah otak dari Patricia Wilson, seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang meninggal dunia sebagai korban penganiayaan di tahun 1968. Berarti organ tubuh itu sudah diawetkan lebih kurang 19 Memang kalau ditinjau secara tahun. diawetkan dengan harapan bisa hidup kembali ? Sementara eks- perimen yang dilakukan oleh Quaife dan kawan-kawannya, telah mem- buktikan sejumlah kodok, sebagai percobaan bisa dibekukan sampai kesehatan. Maka para astronout dan crew pesawat antariksa kebetul- an memerlukan perawatan kesehat- 4-5 bulan tanpa menderita kerusak- an yang sulit dan gawat, nantinya an sedikitpun pada tubuh binatang itu. bisa ditolong di bumi setelah diawetkan/dibekukan dahulu selama beberapa minggu atau bulan sampai ke bumi. Apakah hal semacam ini yang disebutkan mati bagi kalangan ilmu pengetahuan atau ahli riset lainnya itu? Kita pernah mendengar seseorang dalam keadaan koma beberapa tahun, belasan tahun malah sampai puluhan tahun, dia bisa hidup kembali. Dan ada pula cerita menarik kita dengar, orang sudah mati dan setelah dimandikan dan mau dimasukkan ke dalam kubur, dia bergerak kembali dan hidup seperti semula. Orang menganggap itu macam-macam, kemasukkan roh, atau penjelmaan kembali. Dalam Al Qur-an juga ada diceritakan, ada dikisahkan tujuh orang pemuda beriman dan satu ekor anjing tertidur lebih kurang 309 tahun. Bila dibanding dengan masa--lama orang yang koma belasan tahun, tentu belum apa-apa. Peristiwa itu terjadi pada masa ra- ja Daqyanus memerintah dan memaksa rakyatnya menyembah berhala. Mereka tidak mau dan melarikan diri ke dalam gua. Mereka jadi bukti autentik sejarah, setelah bertemu dengan raja yang alim, baru dia tidur kembali dan saat itulah dia benar-benar mati. Kita memang tidak membantah penemuan dan pembuktian Quaife ini. Hanya saja patut diper- tanyakan, benarkah kodok yang diawetkan itu sudah mati total? Atau memang dihentikan sejenak seperti mesin mobil, melalui peng- awetan Cryonic itu. Di rumah sakit seseorang yang sudah dinyatakan mati atau meninggal, tidak bisa diangkat begitu saja, harus ditunggu beberapa saat, setengah jam atau lebih. Ini menandakan bagaimana glycerol serta bahan-bahan pelin- dung lainnya. Kodok tersebut bisa hakiki kematian itu menurut medis belum tuntas, Bagaimana sebenarnya pan- dangan medis terhadap tujuh orang pemuda ini? Apakah mereka juga dipandang sebagai orang yang sudah mati dan hidup kembali ? Apalagi dalam tempo ratusan tahun, sungguh tidak masuk akal. Namun begitulah adanya. Atau bisakah disamakan prosesnya ketiduran tujuh orang pemuda itu dengan teknologi Cryonic? Ter- serah kepada ahli menjawabnya! Namun menurut Islam, jelas tujuh pemuda itu belum mati, dia memang ditidurkan oleh Allah SWT. Terserah apakah manusia bisa menerimanya secara medis, karena terlalu lamanya mereka tidur. Boleh jadi ada yang bertanya, bagaimana soal kebutuhan energi- nya selama 309 tahun itu, tanpa adanya masuk vitamin atau zat/makanan seperti yang dilaku- kan ahli medis sekarang melalui infus. PERMASALAHAN RUH DAN KEMATIAN sesuatu yang ada sendiri), bukan satu accidentia (aradh-sesuatu yang adanya bergantung pada substantia, seperti warna, panjang pendek dan lain-lain). Ruh tidak dapat dilihat karena merupakan benda atau sesuatu yang berdiri atas benda seperti warna. Karena bukan ben- da, maka ruh itu tidak tersusun dari beberapa unsur. Karenanya ruh itu simpel, tidak berobah, dan tak dapat menjadi rusak. Setiap benda selalu berubah dan dapat rusak, karena dia terdiri dari berbagai unsur. organ atau bagian tubuh manusia ruh itu secara terinci dan hakiki. manusia tidak punya kemampuan. Justru itu terjadi silang pendapat yang berbeda; baik dari kalangan failusuf Yunani maupun dari Ulama Islam. Mari kita coba simak pemikiran mereka mengenai ruh. 1. Socrates. Ahli filsafat Yunani yang terbesar ini (470 sam pai 399 SM) berpendapat bahwa ruh itu adalah satu substansi (jauhar-- Ruh di badan manusia berdiri sebagai raja, memerintah, sedang badan yang diperintah. Bedanya lagi, ruh itu suatu yang mulia dan tinggi, sedangkan badan hanya suatu yang rendah dan hina. Ruh itu mempunyai sifat-sifat ketuhanan, tidak bisa lenyap dan rusak, sekalipun sudah bercerai dengan badan. Ruh orang yang sudah mati, tetap mempunyai kesadaran, mengalami kesenangan dan kemer- dekaan atau kesengsaraan dan penderitaan, bergantung kepada keadaan hidupnya bersama badan. 2. Menurut Plato dengan per- tolongan panca indera yang ada pada tubuh, dapatlah ruh melihat, mendengar, merasa, berpikir, memahamkan dan mengerti. Se- sudah manusia mati, rohnya dapat melihat, mendengar, merasa, memikir, memahamkan dan me- ngerti. Jadi ruh tetap mempunyai kesadaran dan pengertian. Sadar ar- tinya dapat merasakan senang dan susah, sengsara dan bahagia, kasih sayang, cinta, benci, rindu dan lain lain. Mengerti artinya tahu 2 x 2 =4. Tahu tinggi dan rendah, berat dan ringan, bagus dan jelek, putih dan hitam dan sebagainya. 3. Aristoteles. Aristoteles (384 sampai 322 SM), murid Plato. Tetapi pendapatnya banyak yang bertentangan dengan Plato. Lebih- lebih pendapat Plato mengenai yang mementingkan alam ide semata. Filsafat Aristoteles boleh dikatakan meliputi seluruh ilmu p ngetahuan yang ada di zamannya. Menurutnya selain manusia dan binatang, tumbuh-tumbuhan pun ruh. Maka menurut Aristoteles, ruh itu ada tiga macam. Yaitu: a. Ruh tumbuh- tumbuhan (Anima Vegetativa- Ruh Nabati). Yaitu semacam ruh yang hanya sanggup menghidupkan dan menumbuhkan dan memper- kembang-biakkan. b. Ruh binatang (Anima Sensitiva-Ruh Hewani). Yaitu: semacam ruh yang sanggup menghidupkan, berkembang biak dan merasa. Yaitu perasaan rendah. Bila dipukul dan dibakar merasa sakit dan panas, merasa haus lapar dan cape. Tapi tidak mempunyai perasaan yang tinggi. Tidak dapat merasa gembira bila dipuji atau sedih bila dicaci, tidak punya malu atau rasa kasihan. c. Ruh manusia (Anima Intelektiva-Ruh Insani). Yaitu: semacam ruh yang selain menghidupkan, memperkembang biakkan dan merasa, perasaan ren- dah dan perasaan tinggi, sadar, mengerti, berpikir, mengingat, berkhayal dan yang menjadikan manusia itu berperadaban serta berkebudayaan. Pendapat Aristoteles ini mengenai ruh manusia tidak mati, tetap hidup, kekal dan abadi dengan perasaan sadar dan mengerti, seirama dengan pendapat Socrates dan Plato. Sebenarnya masih ada pendapat failusuf Yunani lainnya, yaitu Descartes yang berpendapat bahwa ruh dan jasad adalah dua substansi, masing-masing ada wu- judnya sendiri. Dua wujud masing- masing tidak menjadi bahagian dari yang lainnya. 4. Imam Al Ghazali. Al Ghazali (1059-1111 M) dalam bukunya Ihya Ulumuddin me- nerangkan mengenai ruh sebagai berikut: Ruh itu mempunyai dua pengertian. Yaitu, pengertian jasmani dan pengertian bersifat rohani. Menurut pengertian jasmani, ruh itu merupakan baha- gian dari jasmani manusia. Yaitu suatu zat yang amat halus ber- sumber dalam ruangan hati (jan- tung) menjadi pusat dari semua urat (pembuluh darah) yang terserak ke seluruh bahagian badan manusia, sehingga manusia dapat hidup dan bergerak, merasakan berbagai pera- - melihat, telinga dapat mendengar, hidung bisa mencium dan dengan berhaluan politik Syi'ah di Bashrah, Ibnu Rusyd (Averoes) yang dikenal dengan sebutan As-Syarih atau Comentator, karena banyak menterjemahkan buku karangan Aristoteles. Juga Ibnu Sina (Avecenna), selain failusuf Islam juga Ahli Kedokteran, termasuk Ib- nu Maskuwaih, Al Faraby, Ibnu Tufail dan beberapa pendapat ahli pikir modern, telah membahas pengertian ruh itu dengan penger- tian hampir sama. Di sini penulis mengutip terakhir dari Ar Razy dan Ibnul Qayyim. Secara sederhana oleh almarhum Prof.DR.T.Hasby Ash- Shiddiqy mengutip pendapat Al Razy dan Ibnu Qayyim dari Kitab Ar-Ruh. Ruh itu diberi arti: "Satu jisim nurani (berupa cahaya) yang hidup, bergerak, dari alam tinggi yang tabi'atnya menyalahi tabi'at tubuh yang dapat dilihat dan dipegang. Dia berjalan dalam tubuh, sebagai air mengalir di dalam bunga mawar dan sebagai minyak berjalan di dalam zaitun dan sebagai api berjalan di atas arang. Dia memberi hidup kepada tubuh yang kasar ini, selama tubuh itu masih dapat menerimanya dan tidak ter- jadi sesuatu yang menghalangi per- jalanannya. Apabila terjadi yang menghalangi perjalanannya, terjadi lah mati". Pemahaman dari Ar-Razy dan Ibnul Qayyim sudah menjelaskan suatu gambaran selintas, bukan hakiki bentuk roh itu. Seseorang tidak bisa menjelaskan secara hakiki ruh itu. Sebab sudah langsung di- jawab oleh Allah SWT: "Mengenai Anda mungkin telah berulang kali mengamati foto yang bagus ter- papar di majalah-majalah ter- kemuka dan anda berkata: "Se- benarnya saya ingin membuat foto yang demikian." Tapi keinginan ini agaknya tak dapat berbuat banyak. Mengapa ? Tiga Ciri Foto Bagus TIGA CIRI FOTO YANG BAGUS 91 Sama seperti setelah menikmati hidangan lezat, kebanyakan pe- langgan tidak beranjak lebih jauh dari sekedar berdecak menyatakan kepuasan. Kebanyakan fotografer atau katakanlah penggemar fotografi juga berbuat demikian. Cukup bergumam dan sekianlah. Mujur kalau beberapa foto disertai dengan beberapa data teknik pemotretan sekalipun catatan ten- tang kecepatan dan diafrahma pun masih jauh dari kebutuhan. Data-data tersebut tidak dapat menolong. Penggemar fotografi tidak dapat berbuat banyak dengan hanya keterangan sesederhana itu. Ibarat ingin menjadi pelukis, penge- tahuan tentang ukuran kanvas dan merek perlengkapan yang dipakai Affandi tak akan pernah menolong. Seseorang itu memerlukan peng- amatan tentang apa dan mengapa lukisan itu disebut bagus.. Fotografer yang ingin mem- buat foto yang bagus harus memusatkan pengamatannya pada apa dan mengapa sebuah foto di- sebut bagus. BAGUS ITU APA ? Bagus dapat diartikan sebagai ekspresi tentang keberhasilan sesuatu fungsi mencapai tujuan. Foto adalah satu media komunikasi yang berfungsi mentransfer ide fotografer kepada pemirsa. Ke- bagusan foto tergantung atas keber- hasilan media ini menjalankan fungsinya mencapai tujuan. Dari uraian di atas dapat bahwa untuk pengertia kadang-kadang dapat diartikan sebagai juri yang merupakan komunikan dari proses komunikasi. Bagaimanapun mereka adalah Kembali kepada rencana pene- muan Cryonic tadi, mungkinkan saan pahit, manis, senang, haus, manusia yang mempunyai aneka- orang yang sudah jadi mayat bisa lapar dan dengan mata dapat ragam daya serap maupun selera. Kepekaan fotografer mengenal komunikannya pertama bagus. Faktor lain yang harus diper- hatikan ialah unsur pemirsa atau dengan segala merupakan, kunci penting untuk otaknya dapat berpikir. Dengan macam daya serap dan şelera demikian, ruh tak obahnya sebuah lampu yang dapat menerangi setiap bahagian dari satu kamar. Juga merupakan satu gas halus yang dapat menghasilkan foto yang ter- komunikasi. Sesuaikan karya foto itu cocok dengan daya serap dan Kemudian dapat disimpulkan panas (udara) selera konsumen. digerakkan oleh hawa dalam jantung. pengertian Berdasarkan inilah dokter selalu menyebut dengan sebutan jiwa. tian kedua, tidaklah termasuk bahagian dari jasmani manusia, tetapi termasuk bahagian rohani manusia, yang halus dan gaib. Dan bahwa foto yang bagus harus mem- punyai ide atau pesan yang kemungkinan dapat diserap oleh pemirsa. Foto itu mempunyai tema Adapun ruh menurut penger- yang universal. dengan ruh menurut pengertian FOTO YANG BAGUS DAPAT MEMUSATKAN PERHATIAN ditarik dapat berfungsi foto harus mengan- dung isi yaitu pesan atau ide yang hendak disampaikan. Apakah suatu foto mempunyai ide yang akan yang matang. disampaikannya, merupakan syarat untuk dapat dikatakan (FOKUS) Biasanya sesuatu materi atau inti yang pesan mempunyai merupakan pusat perhatian (fokus). Dalam foto inti dapat diperankan oleh manusia, binatang, bunga dan sebagainya. Permasalahan akhirnya ter- tumpuk pada cara mengatur susun- an isi gambar sehingga inti pesan dapat ditonjolkan. Pekerjaan atur WASPADA mengatur tersebut lazimnya disebut sebagai komposisi. yang kedua inilah manusia dapat mengenal dirinya sendiri. Dan mengenal Tuhannya. Dapat men- capai berbagai ilmu pengetahuan, berperikemanusiaan, berakhlak Dalam keyakinan, kematian itu berpisahnya roh dengan badan. baik, berbeda dengan binatang. Dengan demikian ruh inilah yang bertanggungjawab atas semua gerak dan gerik, tingkah laku dan per- Lantas kalau ada yang mau buatan manusia dan memegang komando dalam seluruh kehidupan manusia. Selanjutnya Al Ghazali berpen- mengadakan penelitian hakiki soal ruh. Firman Allah sudah men- jelaskan: "Mereka bertanya kepada engkau mengenai ruh. Katakanlah: dapat bahwa ruh itu bukan jisim Rub itu sebagian dari urusan dan bukan pula aradh (accidentia), Tuhanku. Kamu tidak diberi ilmu bukan suatu yang melekat pada pengetahuan, melainkan sedikit" Al Israk: 85. Menyimak firman Allah ini, Bagaimana cara mengarahkan perhatian pemirsa sehingga terpusat pada ínti pesan merupakan usaha lainnya seperti melekatnya sifat pada apa yang disifati, seperti penting untuk mendapatkan foto melekatnya putih pada kertas, war- semakin jelas bahwa manusia tidak na biru pada flaut, atau ilmu punya kemampuan banyak me- pengetahuan pada ahli pengetahu- ngenai ruh. Kendati ada yang per- an. Tetapi ruh itu adalah jauhar yang bermutu. Banyak tehnik yang dapat dicoba untuk membentuk komposisi seperti: pemilihan lensa yang tepat (misalnya untuk potret dipakai lensa 105 mm.), pemakaian kecepatan untuk menonjolkan nah membahas soal ruh dari ber- bagai ahli, seperti failusuf: mereka hanya menerawang berdasarkan akal. Sedangkan dari Ulama Islam; mereka hanya sekedar memaham- (substantie), yaitu sesuatu yang wu- jud, berdiri sendiri. Jadi jalan pikiran Imam Ghazali sama dengan Socrates. Lebih lanjut disebutkan, bahwa ruh itu mempunyai kesadar- an, sadar akan dirinya, Tuhan men- ciptakannya dan sadar kepada yang kan firman Allah dan Hadits Rasulullah. Namun untuk membicarakan lainnya. Ruh adalah baharu (hadits); Suatu yang mulanya tidak ada, lalu diadakan oleh Tuhan (Dalam hal ini berbeda dengan Socrates, yang mengatakan bahwa ruh itu adalah azali, sudah ada sebelum adanya tubuh). Sebenarnya masih banyak lagi pandangan Ulama Islam (ahli Filsafat Islam) lainnya, seperti Ikhwanus Shafa (Saudara-Saudara Suci), yaitu satu organisasi rahasia ruh yang kamu tanya, maka hal itu Ku, sebab itu takutlah kamu kepada merupakan soal yang hanya Allah Ku". An-Nahl: 2. sendiri mengetahuinya". Dan latar belakang turunnya ayat ini, dikisah kan oleh hadits bersumber dari Ib- nu Mas'ud. Pada suatu hari Rasulullah melalui kelompok orang Yahudi. Sebahagian mereka berkata kepada sesamanya: "Tanyalah kepada Muhammad mengenai ruh". Di antara mereka ada yang berkata: "Jangan kamu menanya kannya kepadanya, saya kuatir dia akan menerangkan kepadamu hal- hal yang tidak anda senangi". Kemudian mereka toh bertanya juga kepada Nabi soal ruh itu. Maka saat itu Rasul terdiam, tidak bicara. Kata Ibnu Mas'ud: "Aku mengetahui bahwa pada masa itu Nabi sedang menerima wahyu". Kemudian barulah beliau membaca kan ayat ini (Al Israk: 85)." Demikianlah Jadi di sini jelas kalimat ruh di sini berarti Kitab atau Wahyu. Beberapa kali perkataan ruh itu diartikan dengan wahyu. Sebab, wahyu dipandang sebagai ruh, karena dia membawa jiwa baru yang menghidupkan segala hati yang telah mati. Sebagaimana ruh menghidupkan badan-badan yang telah mati. Persis manusia yang tidak mempunyai ruh, sama dengan sekeping tanah berbau busuk. Demikian pulalah manusia yang tidak mendapat petunjuk, dianggap sebagai orang yang mati. pandangan Syari'at Islam mengenai pemaham- an soal ruh dan kematian yang penuh rahasia. Kembali kepada penemuan dari Cryonic tadi, apa- kah mungkin orang yang sudah mati itu bisa hidup kembali? Kalau memang dia sudah mati total, ber- pisah ruh dengan jasad, maka hal itu mustahil akan terjadi. Tapi kalau memang kematian itu dianggap sebagai matinya mesin mobil, itu wajar. Boleh jadi memang diisti- rahatkan, seperti orang dibius ber- tahun-tahun, atau ditidurkan seperti kisah anak muda tidur 309 tahun di Gua Kahfi. Muhammad Fuad Abdul Baqiy penyusun Kitab Al Mu'jamul Muhfaras Li alfazhil Qur-anil Karim, Terbitan Maktabah Islami- yah Istambul Turki, 1984, dalam kitab ini ditemukan adanya 24 ayat yang memuat kata ruh dan dua di antaranya disambung dengan ya (ruhi) ber- arti RuhKU. Namun dari 22 ayat itu, tidak semua berarti ruh bagaikan nyawa, sebagian berarti Kitab atau Al Qur-an. Seperti "Dia menurunkan malaikat (Jibril) dengan membawa ruh (wahyu) dari perintahNya kepada siapa yang dikehendakiNya, di antara hamba- hambaNya, hendaklah kamu memberi kabar takut, bahwa sesungguhnya, tiada Tuhan selain Namun begitu, kita tunggu sa- ja bagaimana hasilnya. Karena kepastian dari penemuan belum ada. Semua yang dipaparkan itu, merupakan harapan di belakang hari. Justru itu kita menunggu bagaimana hasil yang sebenarnya yang akan dikembangkan oleh Art Quaife dan kawan-kawan. gerak, pemilihan lebar bukaan diafrahma untuk ruang tajam dan sebagainya. Dalam contoh gambar, penulis mengarahkan perhatian ke inti pesan melalui teknik garis-garis memusat dan kontras cahaya antara objek dengan latar belakang. FOTO YANG BAGUS, FOTO YANG SEDERHANA Kesederhanaan di sini tidak mempunyai hubungan apa-apa dengan masalah kemiskinan yang sering dipilih sebagai tema dalam foto-foto human interest. Foto yang sederhana artinya foto yang Judul: X-mas Tree, Tema: Instalasi minyak. Fokus diciptakan oleh garis- gariş pipa dan kontras cahaya antara objek dengan latar belakang. Kesederhanaan timbul karena dominasi objek di ruang gambar. Foto ini adalah bagian dari tugas foto yang mendapat nilai 'A' dari team New York Institute of Photography, London (1987). (Enesg GNYIP) mengandung hanya materi-materi yang selaras dengan tema. Unsur- unsur lain yang dianggap dapat mengganggu, tidak disertakan. Ia sederhana karena memang dimiskin kan dari unsur-unsur pengganggu. Penyederhanaan memang berarti demikian tapi bagaimanapun ia tidak boleh dilakukan secara seram- berlebih-lebihan. pangan dan Lakukan dengan pertimbangan KESIMPULAN Foto yang bagus ialah yang Sebenarnya apa saja, kalau dimakan secara berlebihan kurang baik. Itulah sebabnya di dalam il- mu gizi ada istilah avitaminosis (kurang vitamin) dan hipervitami- nosis (kelebihan vitamin). Menurut penelitian, kelebihan vitamin juga sama bahayanya dengan kekurang- an vitamin. Justeru itu ilmu gizi menganjurkan agar manusia makan seimbang. Yang dimaksud dengan seimbang di sini ialah makanan yang dimakan memenuhi kebutuh- an gizi, tetapi dalam jumlah cukup, tidak berlebihan. Sebab kelebihan makanan di dalam tubuh, akan menjadi beban bagi tubuh itu. Dan jika berkepanjangan, pada giliran- nya nanti, dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau penyakit, seperti hipertensi, jantung dan sebagainya. dapat berperan sebagai media komunikasi menyampaikan pesan yang terkandung pada pemirsa. Un- tuk mencapai tujuan ini fotografer harus mewarnai karya fotonya dengan 3 corak utama yaitu: 1. Foto harus mempunyai tema yang univer- sal. 2. Foto harus dapat memu kan perhatian (fokus). 3. Foto yang bagus, foto yang sederhana. Enesg Gnyip Tetapi kelebihan atau konsum- si kolesterol yang terlalu banyak dalam hal ini jauh lebih buruk akibatnya. Memang, kolesterol jelas dibutuhkan tubuh. Jadi ia bukan musuh bagi kita. Zat semacam lemak ini dibutuhkan antara lain untuk pertumbuhan dan perkem- bangan otak serta susunan syaraf. Juga diperlukan untuk mem- produksi hormon di dalam tubuh, termasuk hormon kelamin. Koles- terol menyebabkan tubuh tidak tembus air ketika mandi dan mencegah terjadinya kekurangan garam di tempat-tempat beriklim panas. Jadi, dapat dikatakan, manusia tidak ada, tanpa koles- terol. Sebagian besar kolesterol di dalam darah diproduksi di dalam tubuh; terutama di dalam hati. Mungkin timbul pertanyaan: Catatan. Bahan ditulis dari ceramah fotografi terhadap sekelompok mahasiswa/i peng- gemar fotografi beberapa waktu yang lalu di Medan. itu yang terlalu berlebih-lebihan. Bukankah kalangan awam malah menjadi bingung oleh dua keterangan yang "kontradiksi" itu...?" Dalam hubungan ini, peneliti- an telah membuktikan, bahwa kolesterol ada hubungannya dengan penyakit jantung. Kolesterol yang bentuknya seperti sabun cair yang mengalir melalui aliran darah menu- ju jaringan-jaringan tubuh, nam- paknya tidak berbahaya, tetapi sebenarnya merupakan musuh utama. Sebaliknya, zat ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa kolesterol tubuh tidak dapat membuat hormon, vitamin D, asam-asam empedu atau lapisan pembungkus serat saraf. Sebanyak 80% dari kolesterol dibuat secara alami, ini tidak termasuk yang diperoleh dari makanan. Dan sebagian besar kolesterol diolah di hati dengan kecepatan 1000 mili- gram sehari. Secara kimia kolesterol dikenal sebagai suatu steroid alkohol. la merupakan komponen utama dari plaque, suatu timbunan lemak yang kekuningan di permukaan dalam pembuluh darah bersih atau nadi. Plaque ini secara berangsur akan menumpuk, sama halnya seperti ter- jadinya penimbunan karat dalam suatu pipa ledeng. Penumpukan ini akhirnya akan menyempitkan lubang pembuluh darah sedemikian rupa sehingga cukup untuk mengu- rangi aliran darah. Keadaan ini disebut juga arte rosklerosis. Jika penyumbatan cukup hebat, atau jika lubang pembuluh darah yang sudah menyempit ini tersumbat oleh gumpalan darah, maka dapat terjadi serangan jan- Konsultasi Sebaliknya bila timbunan lemak ini menyumbat pembuluh darah yang menuju dinding otot jantung, akibatnya timbul rasa sakit "Kalau begitu, mengapa sering dikatakan, kolesterol berbahaya yang dikenal sebagai angina (kejang jantung). bagi kesehatan manusia, terutama kesehatan jantung ? Bukankah ia merupakan zat yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh manusia ? Apakah keterangan bahwa koles- terol merupakan zat yang mutlak dibutuhkan tubuh itu mengada-ada, atau suara-suara yang menyatakan tung yang tiba-tiba dan mungkin kolesterol berbahaya bagi jantung juga fatal. Penggumpalan dalam RENUNGAN Sesudah anak perempuan saya lahir, saya menjadi sadar tentang betapa banyak anak-anak meniru orang tua mereka. Waktu anak saya makin bertumbuh dan belajar, la berusaha mencontoh saya. Bila kami bersama-sam dalam berb situasi dan waktu, saya dapat melirik bagaimana la berusaha meniru saya. la mempelajari sikap duduk saya dengan teliti, kemudian dengan sengaja mengatur posisi tubuhnya yang kecil itu agar sama dengan saya. Hati saya selalu tergelitik dan senang. sebagai seorang ibu melihat tingkah-laku si peniru Apa jadinya si kecil ini kelak, kalau yang ditirunya itu salah atau tidak baik?. Semua ini tang- gung jawab kita sebagai orang dewasa yang senan- tiasa ada disekelilingnya. Benar sekali pendapat yang mengatakan: "Perbuatan adalah nasihat ter- baik bagi anak". kecil itu. Perbedaan Agama Pada bulan Januari 1987 saya mendengar ia mulai berhubungan dengan gadis E yang satu gereja dengan- nya yang masih tetangga saya. Ia mengakui dengan jujur tentang hubungannya dengan E karena katanya tak mungkin meneruskan hubungan ini meskipun berat berpisah dengan saya. Betapa hancur perasaan saya waktu itu. Tapi akhirnya saya sadar memang tidak guna diteruskan. Namun saya tidak sudi dia berumah-tangga dengan gadis E. Lalu saya memutus- kan hubungan tapi dia tidak mau. Saya bersikap ber- musuhan padanya walaupun saya masih mencin- tainya. Setelah sembilan bulan berlangsung ia kem- bali mendatangi saya. Mulanya saya tidak mau menerima namun saya tidak dapat membohongi hati kecil saya yang masih mencintainya. Walau selama ini saya mendengar desas-desus bahwa ia mau kawin dengan E tetapi karena M membantah desas-desus itu (meskipun mereka masih tetap berteman) akhirnya kami berpacaran kembali. Saya sangat benci pada E, saya merasa lebih bagus M kawin dengan gadis lain atau yang bukan tetangga dengan saya. Masalah yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah MS tipe laki-laki yang baik ?. 2. Apakah benar sikap saya menerima dia kembali, walau saya tahu kami tak mungkin bersatu. 3. Apakah benar sikap saya membenci E. 4. Bagaimana cara saya agar mereka berpisah (tidak jadi kawin). 5. Bagaimana cara saya agar dapat melupakannya kelak, seandainya dia menjadi milik orang lain, sedangkan saya sangat mencintainya. Atas saran dan nasihat kakak, saya ucapkan terimakasih. - R- Medan Pemecahan: Adik R, perkawinan antar agama bisa terjadi, tapi hal ini sangat membutuhkan pengertian yang mendalam agar tidak timbul keresahan dan penyesal- an kelak. Kakak akan mencoba menjawab pertanyaan adik. Permasalahan: Kakak pengasuh, saya seorang gadis 22 tahun. Sejak tahun 1984 saya berpacaran dengan seorang pria bernama MS yang beragama Katolik (sedang saya beragama Islam). Walaupun kami berbeda agama namun saya sangat mencintainya. Setelah lebih kurang satu tahun hubungan kami timbul masalah dimana dia mengajak saya berumah-tangga dengan syarat saya harus masuk Katolik. Saya pribadi tidak ingin pindah agama, maka saya tolak secara halus sambil mengajaknya masuk Islam. Ia juga menolak secara halus. Karena kami merasa berat untuk berpisah walau setiap bertemu lebih sering berdebat agama. Biasanya kalau 1. Kakak tidak bisa begitu saja menyimpulkan bahwa MS adalah tipe laki-laki yang baik. Yang jelas MS memiliki sifat yang jujur. Ia tidak menutup-mutupi hubungannya dengan E. Kakak yakin bahwa MS juga mengalami kebingungan dan keresahan yang sama dengan adik dalam menghadapi permasalahan kalian ini. Ia ingin mencoba melupakan adik dengan mem- bina hubungan dengan E. Tapi toh pada akhirnya hubungan ini tidak langgeng, yang berarti ia masih cinta pada adik. Hal ini terbukti dengan kembalinya ia pada adik. Sekarang semuanya terpulang pada kalian, mau melangkah kemana hubungan kalian ini. 2. Adik R, kalau memang adik tahu bahwa cin- ta kalian tidak mungkin bersatu, nah buat apa lagi hubungan itu diteruskan ?. Kakak dapat merasakan betapa sulitnya memutuskan perasaan cinta yang sudah mendalam itu. Ingat dik, kenyataan yang pahit lebih baik dari pada kebahagiaan semu. Cobalah ber- pikir dengan rasio. Percintaan tentunya bertujuan membina rumah tangga yang abadi. Jangan adik ter- paksa berpindah agama hanya karena takut kehilang- an cintanya. Ingat dik, perasaan terpaksa ini akan menjadi bumerang bagi adik kelak. arteri pembuluh darah nadi jantung disebut juga trombosis koroner, yang merupakan sebab utama dari banyak serangan jantung. Jika pla- que menyumbat arteri di kepala dan leher, terjadilah serangan otak yang disebut stroke. Jika ia menyumbat arteri di tungkai, terjadilah pem- busukan (gangren). 3. Adik R. jangan egois dong!. Kalau memang adik sadar bahwa hubungan kalian tidak guna diterus- kan, mengapa adik tidak membolehkannya ber- hubungan dengan E sedang pada yang lain boleh ?. Sebenarnya apa sih yang membuat adik begitu benci Mengingat bahaya yang ditim- bulkan kolesterol cukup hebat, maka para ahli menganjurkan agar membatasi pemasukan kolesterol tidak lebih dari 300 mg sehari. Sebagai bandingan, kuning telur ukuran sedang mengandung sekitar 275 mg kolesterol. Oleh karenanya mengorbankan makan enak bukanlah sesuatu yang berat untuk dilakukan. Sear Penyelidikan para ahli mem- buktikan bahwa penurunan kadar kolesterol dalam darah sebesar 1% akan menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 2%. Lebih lanjut lagi, penurunan kolesterol dengan kombinasi obat dan pengaturan pola makan pada orang-orang dengan kadar kolesterol darah tinggi akan menurunkan risiko mendapat penyakit jantung sebesar 50%. Selain itu, gerak badan secara teratur dan tidak merokok dapat membantu turunnya kadar koles- terol. MILIK HALAMAN V pada E ?. Meskipun nanti M menikah dengan yang lain, hal ini tidak menutup kemungkinan adik bertemu dengan dia. Kalau adik memang sudah rela, yah.... terserah pada MS mau pacaran dengan siapa saja. Sikap adik membenci E adalah sikap kekanak- kanakan, belajarlah berjiwa besar. Bila secara teratur berolah raga dan tidak merokok, kadar lemak yang bagus' dalam darah yang disebut HDL (high density lipoprotein) akan meningkat. HDL yang mengandung lebih sedikit kolesterol dibanding LDL (low den- sity lipoprotein) bisa merupakan pelindung terhadap arterosklerosis. Pernyataan bahwa kolesterol mem- buat jantung tidak sehat bukanlah suatu hal yang baru. Psikologi Asuhan Dra Anizar Rahayu Dra Mustika Tarigan 4. Bukankah adik mengatakan bahwa MS sudah kembali pada adik ?. Cinta tidak bisa dipaksa, kalau memang MS tidak mencintai E pada akhirnya mereka akan berpisah juga. Tidak usah adik pusing-pusing memikirkan cara agar tidak berpisah. MS tetap berteman dengan E itu adalah sikap yang dewasa. Apakah kalau sudah putus lalu jadi benci dan ber- musuhan ?. Berpikirlah yang positip dik!. 5. Dengan sadar sesadarnya bahwa ia bukan jodoh adik, dan mau menerima dengan rela ia men- jadi milik orang lain maka adik akan bisa menerima kenyataan hidup ini dengan lapang hati. Mintalah per- tolongan pada Tuhan agar adik kuat menghadapi semua ini. Percayalah dik, bahwa Tuhan senantiasa memberi yang terbaik pada kita. Dengan berlalunya waktu, diharapkan ingatan adik pada dirinya perlahan lahan bisa hilang. sekali lagi kakak tegaskan, berpikir Nah dik, secara rasio agar adik tidak berdiri diatas kebahagiaan semu. Semoga berhasil. Puaskah Istri Saya Bila Aku Lemah Permasalahan: Naiknya kadar kolesterol yang berhubungan dengan pola makan dapat kita lihat dari contoh berbagai bangsa. Pola makan yang khas Amerika akan menaikkan kadar kolesterol, sebaliknya pola makan orang Jepang dengan rendah lemak dan kolesterol membuat angka Kakak pengasuh, saya seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Ban- da Aceh. Saya sudah melakukan masturbasi sejak dari kelas II SLTP sampai sekarang. Pekerjaan seperti itu saya lakukan rata-rata dua kali per-bulan. Hal ini saya lakukan terutama di saat nafsu birahi saya timbul. hal ini timbul saya lepaskan lewat pacar-pacar saya atau lewat perempuan-perempuan jahat. Tetapi bila kedua sasaran itu tidak ada, saat itulah masturbasi saya lakukan. Indikasi yang timbul alat kelamin saya pada kali saya lakukan daya adalah saat pertama nya mencapai satu setengah tembakan- belakangan meter. Tapi ini hanya meter. Perlu mencapai lebih kurang satu kakak ketahui tahun depan saya akan melangsungkan perkawinan. Pertanyaan saya : 1. Apakah istri saya tidak akan kecewa dan tidak puas dengan keadaan saya ini ?. 2. Apa yang harus saya lakukan supaya dia kepuasan ?. mendapat 3. Apakah keadaan ini dapat memberikan keturunan? 4. Apakah keturunan saya nanti tidak akan lemah atau cacat ?. 5. Apakah pengaruhnya pada kesehatan ?. 6. Bagaimana caranya supaya dapat menghentikan pekerjaan nista ini ?. Atas nasihat kakak, saya ucapkan Pemecahan: Kolesterol Dan Bahayanya Untuk Jantung yang memakai obat kholestiramin juga menang dalam satu hal, yaitu serangan angina berkurang sebesar 20% dan operasi by pass koroner jantung, yaitu operasi untuk mem- buat jalan pintas yang baru bagi aliran darah karena sebagian pem- buluh darah yang asli tersumbat, berkurang sebanyak 21%. Berbaga penelitian ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki setengah umar dengan kadar kolesterol tinggi, tapi juga berlaku bagi kaum wanita. Dr. Antonio Gotto, ketua Perhimpunan Jantung Amerika, menekankan perlunya pemeriksaan berkala terhadap kolesterol. Kadar kolesterol harus diperiksa pada usia 20 dan 21 tahun, kemudian setiap lima tahun sekali. Bagi mereka yang kadar kolesterolnya normal. pemeriksaan tergantung pada kea- daan dan usia orang tersebut. Tetapi, jika Anda berusia 35 tahun, turunkan kadar kolesterol Anda, karena dengan bertambahnya usia, kadar kolesterol semakin mening- kat. Mereka yang berusia 75 tahun sebaiknya tidak merubah pola makannya. Adik S.H., harapan kakak janganlah adik berbuat yang dilarang Jawaban kakak atas permasalahan adik 1. Kepuasan seks seorang istri tidak tergantung pada lemahnya daya tembak. Semasih kelamin adik tidak akan menimbulkan permasalahan. berfungsi dalam arti masih bisa ejakulasi, kakak rasa 2. Kepuasan seks hanyalah salah satu faktor yang ikut menentukan kebahagiaan suatu rumah- tangga. Faktor yang paling berperan dalam kebahagiaan rumah-tangga ialah kalau masing-masing pihak bisa memberi kepuasan jiwa pada pasangan- nya. Kepuasan jiwa bisa diciptakan kalau ada saling pengertian, perasaan dicintai, dihargai, dan timbul rasa aman dihati masing-masing. Seorang pria bisa saja hebat dalam melakukan kegiatan seks, tapi kalau ia melakukannya dengan sikap yang tidak menghargai istrinya, maka dapat dipastikan sang istri tidak mengalami kepuasan dalam hubungan tersebut. Nah berusahalah menciptakan kepuasan jiwa tersebut adik, di hati istri adik, demikian pula tentunya yang diharapkan dari pihak istri. 3. Kakak sarankan adik berkonsultasi pada dokter. Tentunya dokter dapat menentukan apakah sperma adik subur atau tidak. 4. Kalau sudah positip, pemeliharaan yang in- tensif selama janin dalam kandungan, tidak akan melahirkan bayi yang cacat ataupun lemah. Kecuali ada hal-hal lain di luar dugaan kita, misalnya kelainan darah, keracunan obat dan sebagainya. terimakasih. - S.H- Banda Aceh 5. Kalau adik sering ke pelacur, banyak penyakit yang adik undang, antara lain penyakit sipilis dan gonorhoe. Kakak rasa adik tahu tentang penyakit itu dan apa akibatnya pada janin yang dikandung. 6. Kalau adik sudah beristri, tentunya adik sudah punya penyaluran yang benar (dari segi agama dan sosial) untuk memuaskan gairah seks adik. Tapi bukan berarti istri adik hanya sebagai tempat pe- nyaluran saja. Ingat saran kakak nomor 2. Kakak yakin dengan adanya rasa aman dan mendekatkan diri pada Yang Kuasa, adik bisa menghilangkan kebiasa- an itu. kematian penyakit koroner jantung jarang terjadi. Percobaan terhadap binatang yang diberi makanan khas Amerika menunjukkan bahwa di dalam pembuluh darahnya terben- tuk plaque (timbunan lemak). mulai sekarang oleh agama. Mudah-mudahan adik cukup puas atas jawaban kakak, kakak ucapkan selamat berbahagia di per- kawinan adik nanti. Suatu percobaan telah dimulai sejak tahun 1973 terhadap 400.000 pria antara usia 35-39 tahun dengan kadar kolesterol dalam darah di atas 265 mg per 100 mililiter (kadar kolesterol normal adalah 210-220 mg). Mereka yang dijadikan perco- baan tidak menunjukkan tanda- tanda mengidap penyakit jantung. dalam arti tidak ada riwayat atau gejala serangan jantung, tapi diang- gap kelompok berisiko tinggi karena kadar kolesterolnya yang tinggi. Kemudian mereka semua diberi makanan rendah kolesterol. Setengah dari jumlah tersebut diberi obat kholestiramin, suatu obat un- tuk menurunkan kadar kolesterol yang ditemukan pada tahun 1965. Mereka memakannya dua sampai empat kali sehari dalam bentuk ser- buk yang tidak ada efeknya sama sekali terhadap kolesterol. Serbuk plasebo ialah serbuk yang tidak berisi obat, hanya tepung biasa, diberikan agar pasien mengira bahwa ia sudah diberi obat. Percobaan ini menghasilkan dua dugaan. Pertama, kadar kolesterol dapat diturunkan secara dramatis dengan pengaturan pola makan yang tepat, dan dapat diturunkan lagi bila dikombinasikan dengan obat. Kedua, penurunan kadar kolesterol mengurangi risiko mendapat serangan jantung. Mereka yang hanya diubah pola makannya, kadar kolesterol dalam darahnya dapat diturunkan sebanyak 4, sedangkan yang memakai kombinasi diet makan dan obat, penurunannya sebesar 12,5%. Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun pada orang yang melakukan diet dan obat menunjuk- kan bahwa angka kejadian serangan jantung fatal berkurang sebesar 24%, sedangkan serangan jantung yang tidak fatal berkurang sebesar 19% dibanding mereka yang hanya diubah pola makannya. Kelompok Untuk mempertahankan koles- terol tetap dalam batas normal. kurangilah lemak jenuh dan makan- an yang berkadar kolesterol tinggi. Sebagai gantinya perbanyaklah makan ikan dan unggas, minumlah susu skim, makan telur sebanyak dua atau tiga butir seminggu, batasi makan udang dan jeroan, cukup satu atau dua porsi sebulan. Per- gunakanlah margarine atau minyak tumbuh-tumbuhan yang tidak jenuh untuk memasak. Dengan mengikuti anjuran di atas, kadar kolesterol dapat diturunkan sebanyak 10-15%. yang berarti menurunnya kemung- kinan menderita penyakit jantune. Jika kadar kolesterol Anda tingg.. sehingga pengaturan pola makan sa- ja tidak memberi hasil yang berar- ti, mintalah obat penurun kolesterol pada dokter Anda. Bila Anda memperhatikan penurunan kadar kolesterol, niscaya pada tahun 2000 nanti kita tidak akan mengenal istilah arterosklerosis Ny Syamsiah Ms Bahan: Medical Progress 2cm
