Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Singgalang
Tipe: Koran
Tanggal: 2015-01-17
Halaman: 18

Konten


SINGGALANG B-18 Google self-driving car MOBIL GOOGLE - Mobil tanpa awak produksi Google melaju di salah satu kawasan San Fransisco, Amerika Serikat. (ist) Google Produksi Mobil Tanpa Sopir mem Chris kepada Reuters, Kamis (15/1) lalu waktu setempat. "Terlalu arogan kalau kami menyatakan akan melakukan proyek ini sendiri. izinnya di tempat itu. Google belum memutus kan apakah mereka akan terlibat penuh dalam pro duksi mobil atau hanya mem buat peranti lunaknya. secara FRANSISCO - Raksasa Internet Google akan produksi mobil tanpa sopir massal pada 2020. Direktur Proyek Mobil Goo- gle, Chris Urmson, mengata kan akan meminta bantuan perusahaan otomotif besar untuk mewujudkan tersebut. Perusahaan otomotif yang rencananya digaet Google untuk proyek ini antara lain General Motors. Pord, Toyota, Daimler AG. dan Volkswagen Kami akan mencoba berbi cara dengan mereka," kata rencana Saat ini Google tengah mengembangkan purwarupa mobil tanpa pengemudi dl salah satu pabriknya di Roush, Livonia, Michigan. Google memperkenalkan bil berbentuk mungil dengan dua kursi itu pada Mei 2013. Pada Maret 2015, Google berencana menguji mobil otomatis itu di Califor- nia, sekaligus mengurus "Masih banyak pekerjaan membuat untuk mobil ini lebih murah," kata Urmson. Kepala Teknologi General Motors Jon Lauckner me ngatakan ada peluang untuk bekerja sama dengan Google. siap berdiskusi de “Kami mereka," ngan ujarnya kepa da Time. Meski begitu, General Mo- tors serta beberapa peru sahaan seperti Audi dan Mercedes-Benz kini tengah mengembangkan teknologi mobil tanpa pengemudi. De ngan pertimbangan itu, Goog le ingin bekerja sama dengan pabrikan otomotif. Upaya Google pun masih terhambat mahalnya harga sensor utama yang memung kinkan mo bil berjalan tanpa penge mudi. Harga sensor itu US$ 70 ribu atau sekitar Rp 883 juta. belum termasuk kompo nen lain. mo Mobil Sport Langka Ini Dijual Rp134 Miliar was- tasan Jika pemilik mobil LONDON tua tengah di Jakarta was karena akan ada pemba usia mobil hanya 10 tahun, lain halnya dengan di berbagai belahan dunia lain Mobil lawas terlebih langka justru menjadi incaran kaum kaya raya yang gemar me ngoleksi mobil. Bahkan, meski tergolong tua dengan harga selangit. (16/1), langkanya mobil ini tetap saja menjadi rebutan. dikarenakan Jaguar. E-Type Salah satunya Jaguar E-Type. tersebut hanya dibuat seba Sebuah diler mobil bekas nyak 12 unit. Fiskens, di Gregon London, Tersebar di beberapa wi Inggris. menjual layah di mobil Jag- dunia uar E-Type lansiran 1963. Mobil ini juga merupakan merupakan salah satu mobil salah mobil yang diba dibuat langka yang pernah ngun untuk menyaingi mobil Jaguar. sport Ferrari 250 GT yang Dilansir Dailymail, Jumat turut hadir di berbagai ajang satu balap dunia di eranya. Jaguar E-Type atau juga dikenal dengan sebutan YVH 210 juga pernah ditunggangi legenda balap, Peter Sutcliffe saat melaju di kompetisi di Goodwood, Nurburing dan Spa. "Peter Sutcliffe membeli mobil dari Jaguar dan meng ikuti balapan sendiri mulai dari Eropa. Inggris, dan Afrika Selatan. Mobil ini mungkin melakukan balapan lebih baik di masanya dari pada E-Type lainnya," ungkap sang pemilik diler Gregor Fisken. an Menurut dia, ketika balap di Goodwood, kecepatan lebih dari 150 mph. Itu ada lah mobil yang sangat cepat, serta menggunakan teknologi yang mutakhir pada 1960- an. Soal harga, sang pemilik diler menyatakan bahwa mobil tersebut diyakini dapat dijual dengan harga antara 4- 7 juta poundsterling atau Rp76-134 miliar. Tentu saja. mobil langka ini jauh lebih mahal 100 kali lipat dari model terbaru dari Jaguar F-Type. (*) TIPS OTOMOTIF Musim Hujan, Harus Siaga Cuci Mobil Kondisi mobil seharian bersimbah hujan masih lebih baik ketimbang cuaca ber gantian antara hujan dan tim PADA awal tahun biasanya ditandai dengan musim peng hujan. Hampir setiap hari sebagian besar wilayah In- donesia, khususnya Jabo detabek diguyur hujan de itensitas lebat. Situasi ngan ini mengharuskan pemilik kendaraan bersiaga dalam merawat mobil dari kerusa- kan Hal yang paling utama adalah bodi, karena bagian bodi mobil adalah sektor terluar dan yang paling se ring tertimpa air hujan. Jika tidak telaten membersihkan, maka kandungan air hujan bisa merusak bodi perlahan. panas. Pasalnya, jamur jus tru muncul ketika mobil terkena panas sinar ma tahari se habis kehujanan, dan mobil tidak dibersihkan. Jamur timbul dari bekas bercak air yang menempel kemudian mengering di bodi atau kaca. Sebenarnya, cukup mu dah menghilangkan kotoran pada bodi mobil, hanya perlu cuci dengan air bersih dan keringkan dengan plas cha mois setiap kehujanan Cara ini relatif minim biaya. Na mun, jika malas, maka cukup kunjungi tempat pencucian mobil. habis "Setiap terkena hujan, langsung kita cuci. Tidak apa-apa rugi dikit tiap hari nongkrong di cuci steam. tapi mobil awet. Ka lau mau irit, ya cuci sendiri,” tukas Aldy. hujan, jamur cepat sekali timbul. Selain itu akan bul korosi/karat di pinggiran kaca film. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk langsung dibersihkan." ung kap Christopher Sebastian, Direktur PT Makko Raya Gemilang, distributor kaca film O2. "Hampir sebagian besar air hujan itu ada pasir dan kotorannya Kalau sudah sampai bercak, makin susah dihilangkan," ujar Aldy. peng gawa SAS Bodyworks, bebe rapa waktu lalu. Pemilihan kaca film yang tepat saat musim hujan juga perlu dilakukan. Menurut two Christopher, teknologi way vision bisa membantu visual pengendara saat ke luar kala hujan atau malam hari. secara Selain bodi, masalah ja mur juga mengancam kaca mobil. "Jika terkena air Demikian kcm. ( OTOMOTIF NVS Sabtu, 17 Januari 2015 (26 Rabiul Awal 1436 H) Program Konversi BBM ke Gas Belum Jelas ini BBG dipatok Rp harga 3.100 per LSP (liter setara Premium). JAKARTA - Wacana pemerin tah Indonesia mengonversi konsumsi bahan bakar mi nyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) terancam sirna Harga minyak mentah dunia yang lagi turun menyentuh level 40 dollar AS per barel membuat banderol Premium dan Solar ikut turun lanjut Ridha, sudah waktunya peduli dengan kebutuhan maysarakat pada bahan ba kar alternatif. Meskipun sebe- narnya dari segi bisnis mema sok kebutuhan untuk gas kebutuhan industri lebih menguntungkan ketimbang transportasi. ada “Jujur saja dengan harga segitu (Rp 3.100) kami tidak menjual gas untungnya ke masyarakat, tapi ini PGN memulai, sebut harus saja pengorbanan kami," tukas Ridha. "BBG (artinya) bolak-balik gagal terus. tidak Kami juga punya road мар, karena tidak kuasa membuatnya. Presiden Jokowi punya road bagus mudah- map yang mudahan bisa terlaksana." tukas Ridha Ababil, Vice President Corporate Commu- nication PT Perusahaan Gas Negara (PGN) disela Tes Drive PGN, di Ancol, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, seperti dikutip kcm. PGN sebagai BUMN gas. "Namun sebagai BUMN untuk diminta pemerintah menyalurkan gas untuk ma syarakat dan mengurangi ketergantungan mi impor nyak, kami lakukan. siap tidak Kami mau dianggap tidak memperhatikan masya rakat," beber Ridha. Tahun lalu, jelas Ridha, memba menargetkan PGN ngun 16 SPBG baru di Indo- nesia, tapi baru terealisasi 2 Kendala lokasi saja. yang men PGN dalam dihadapi ciptakan infrastruktur ini ada pada kesediaan lahan yang terbatas. Meskipun dengan segala kekurangan yang dihadapi, mulai dari infrastruktur, isyu keamanan. harga jual gas yang belum menguntungkan, dan lain sebagainya, tapi pro- gram harus terap jalan. Saat "Bukannya kami tidak ada uang, sudah ada dananya, hanya lahannya tidak ada. Kalaupun ada lokasi ya tidak bisa dilalui truk besar, ini jadi kendala," tutup Ridha.(* ero) Tbk BRUCTERY B-9551 T LONG VEHICLE Seorang petugas di stasiun BBG tenagh mengisisian bahan bakar gas ke pelangganya. (ist) Pasar Motor Lesu Skutik Jadi Alternatif JAKARTA Pasar sepeda motor nasional diperkirakan akan melemah sepanjang 2015. Untuk mendobrak ke buntuan itu, pabrikan merilis varian skuter otomatik (sku tik) premium, yang pangsa pasarnya masih terbilang cerah. paling dominan. "Pangsa pasar kami masih paling tinggi, lebih dari 60 persen," katanya Menurut Direktur Pema saran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwidjaja, skutik menopang pertumbuhan pen merek jualan Honda pada 2014. Saat itu, penjualan Honda naik 7.3 persen menja di 5.05 Dari seluruh juta. varian model terjual, yang skuter otomatis atau skutik Margono mengatakan, secara umum pangsa pasar skutik naik dari 63 persen menjadi 67 persen pada 2014 Dari total pasar skutik, kata dia. Honda menguasai 73 persen atau sebanyak 3.8 juta unit melalui produk Beat dan Scoopy di kelas standar serta Vario dan PCX di kelas premium Ke depan, Margono yakin produk skutik premium mam mendobrak kebuntuan pasar. Dengan kecenderu SKUTER nd ngan penjualan yang terus meningkat, polesan teknologi baru untuk varian skutik diyakini bisa semakin mendo rong minat konsumen Astra Honda Motor melun curkan dua varian baru sku tik yakni Vario 125 Сс ESP dan Honda Vario 150 cc ESP. Dua skutik baru ini bisa laku 100 ribu unit. hingga Dua varian terbaru yang meng teknologi usung eSP dan ISS ini akan menggelem bungkan pasar skutik Honda, mampu hingga menguasai pangsa lebih pasar dari 70 persen. Demikian tempo.co.id. O STORM