Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Harian Ekonomi Neraca
Tipe: Koran
Tanggal: 1992-06-05
Halaman: 09

Konten


mang ternyata transportasi PU sebesar Rp 18,47 miliar diperoleh Neraca dari Hu- triliun. Anggaran APBN Shahab, Sekretaris Ekse- HARIAN EKONOMI NERACA umat 5 Juni 1992 PA ST E L RAN RT A S Perumka Bangun Perparkiran di Jabotabek meningkatkan frekuensi kereta layang Jabotabek 12 Menit Sekali lan layang kereta api, maka kereta api jalur bawah tidak Zulfikar mengatakan selama 12 menit sekali jalur akan difungsikan lagi. Begi- tu juga 23 lintasan kereta api jalur Kota-Manggarai tidak akan difungsikan Jakarta, NERACA ~ Perumka dalam waktu dekat ini akan membangun ruang perparkiran dibeberapa bahwa dalam perencanaan mendatang pelayanan jasa Kota-Manggarai. Bahkan nantinya akan stasiun di Jabotabek dengan kapasitas 200 mobil. transportasi kereta api akan diperpendek lagi menjadi 6 disesuaikan dengan kebu- menit sekali."Kalau freku- Dibangunnya ruang perparkiran itu sejalan dengan tuhan tuntutan masyarakat ensi ini sampai 12 menit Jakarta yang kini membu- sekali, pasti banyak penu- kembali. Zulfikar menambahkan untuk pengawas lintasan di mpang yang akan beralih jalur Kota-Manggarai oto- matis tidak akan dipekerja- keinginan Perumka untuk meningkatkan pelayan- tuhkan waktu. Kondisi itu juga disebabkan karena se- kepada kereta. Karena an bagi penumpang yang akan menggunakan jasa lama ini masyarakat agak mereka mempunyai kepas- kan lagi. enggan memakai kereta api tian waktu untuk pergi," karena jadwalnya masih di- katanya. Untuk itulah, pengawas itu akan diintegrasikan ke dalam unit perbaikan jalan kereta api. Menurut dia, lintasan di angkutan itu. Dia mengatakan bahwa Untuk itulah, katanya, frekuensi 12 menit sekali ini sana. Karena penumpang dengan beroperasinya kereta diperuntukan untuk waktu anggap lama. Pimpinan Proyek Kereta penumpang akan beralih ke Api Jabotabek, Ir Zulfikar kan meningkatnya penum- hingga pukul 9 pagi hari. jalur Kota-Manggarai ber- pang, karena dengan adanya Sedangkan untuk sore yaitu Jumlah 15 buah dengan Sani di Jakarta, baru-baru yang akan menggunakan apilayang akan memungkin- sibuk yaitu antara pukul 6 ini, mengatakan bahwa per- kereta api itu dengan bebas parkiran di sekitar stasiun menaruh mobilnya di ruang itu dimaksudkan untuk parkir yang tersedian,"kata- jalan layang kereta api itu pukul 3 hingga pukul 6. memperkejakan 4 orang maka jadwal waktu ke- setiap lintasan. Dengan demikian 60 "Kami tidak akan mengope- meningkatkan jasa pelayan- nya. an bagi penumpang yang ingin menggunakan sarana ditanya berapa tarif Tapi dia menolak ketika datangan dan pemberang- rasikan prekuensi 12 sekali katan akan lebih dipastikan. untuk setiap waktu, hanya pengawas lintasan itu akan efektif dipekerjakan ke dalam unit perbaikan jalan setelah mulai dioperasi- kannnya kereta api layang. "Mereka akan dipekerjakan di perbaikan jalan dan Zulfikar mengatakan, masukunit perbaikan jalan," yang angkutan kereta api Jabo- akan dikenakan bagi penum- Sebelumnya pemakaian ja- waktu sibuk saja. Kami toh pang yang menggunakan lur rel kereta api di bawah tidak mau rugi,"katanya. tabek. Dibangunnya ruang per- ruang perpakiranitu." Kami jalanlayang kereta api Kota- parkiran ini,katanya, akan belum memutuskan berapa Manggarai memang belum memungkinkan penumpang tarif yang akan dikenakan. untuk menggunakan kereta Karenaruang perpakiran itu lalu banyak. api Jabotabek. "Kami yakin juga baru akan dibangun," ini akan membuat sebagian katanya. Integrasi 60 Pengawas Lintasan menyerap penumpang ter- Untuk itulah, katanya, Perumka akan mencoba SAMBUT: G.S. Cabot & Ny disambut Public Relation officer Vinda Silitonga, sewaktu mereka tiba di hotel Hilton Jakarta International. baru-baru ini. Kunjungan ini adalah dalam rangka pertemuan para eksekutif PT Cabot Chemical yang di Indonesia diketuai oleh Komisaris Utama Hashim S. Djojohadikusumo. ("/37) dengan dioperasikannya ja- katanya.(33) Panen Jeruk di Kalbar Digitalisasi Telepon Akhir Pelita V Capai 70% tidak Kekurangan Kapal Benteng Itu tak Lagi Berkabut Misteri seluruhan bangunan Ben- berapi. Adapun sebagai telah berusia kurang lebih kita yaitu Markas Benteng teng Pendem berdiri di atas rekatnya digunakan air te- tes tebu yang dicampur de- ngan putih telur dan pasir. Baru setelah Belanda meng- Kapal tersebut semuanya kapkalau tidak menyempat- bahasa Belandanya disebut Pendem ini menjadi tempat na 4 ha, maka tinggal 6,5 ha hadapi Perang Dunia ÎI yang dapat dipugar. Untuk bangunannya ditambah wisata Benteng Pendem. Landtong Te Tjilatjap ini pendaratan laut oleh Pasu- tahap pertama sudah tergali yang teknik pembuatannya sudah menggunakan semen. Pada penggalian itu telah Bahkan ada bangunan yang sudah menggunakan sistem beton concret dan besi tulang. Benteng ini di bagian Jakarta, NERACA rangkaian bangunan yang ini menjadi markas tentara Bila kita berkunjung ke Kemelut kapal jeruk yang Km Lestari sebanyak I0.000 Cilacap, kota yang terletak Indonesia sampai akhir Re- digelari, JDPT (Jaringan dilengkapi kapal pendingin peti, dan Km Putra Sahita I di tepi pantai Selatan Jawa Kalbar II sebanyak 7000 peti, Bandung,NERACA Digitalisasi telepon_di pelayanan terpadu. Bisa arah jaringan digital untuk Jakarta, NERACA 128 tahun dan berdiri di atas Loreng Kesatuan Jawa Te- tanah seluas kurang lebih ngah. Kemudian dari 1962 Tengah, rasanya belum leng- 10,5 ha. Benteng yang dalam sampai 1965, lokasi Benteng sudah dipakai oleh Pertami- tanah seluas kurang lebih 10,5 ha. Akan tetapi karena pelita V akan mencapai 70%. Digital Pelayanan Terpadu) di Pelabuhan Sunda Kelapa sebanyak 8.500 peti. Sementara PT Telkom juga atau ISDN (Intetrated Serv- mentargetkan digitalisasi ice Digital Network). untuk tahun 2000 dapat mencapai 100%, kata Gen- tidak mempengaruhi panen jeruk di Kalimantan Barat. kapal pendingin milik pe- kan diri mampir ke obyek dengan KustbatterijOp De latihan pertempuran dan Manfaat ganda yang lebih Kapal yang bersedia meng- dagang jeruk yang punya besar dari JDPT, terkait angkut jeruk ke Pelabuhan perusahaan pelayaran. Benteng Pendem memang pembangunannya dilakukan sekitar 40%. kan RPKAD. Pasukan RP. KADinilah yang menambah eral Manager PR PT Telkom dengan usaha untuk melay- Sunda Kelapa cukup banyak, Sedangkan ribuan peti lain- memiliki ciri tersendiri. Se- baik kapal milik pedagang nya kini siap diangkut oleh lain sebagai obyek wisata, Benteng Pendem juga men- antara lain akan diangkut jadi ajang penelitian bagi ani bermacam kebutuhan jenis jasa telekomunikasi jeruk dan milik pelayaran kapal milik pelayaran murni oleh Tentara Kerajaan Be- landa pada 1861 sampai bangụnan Benteng dengan ditemukan lebih dari 102 D Amiroedin kepada Neraca di Bandung, kemarin. Amiroedin mengatakan, terhadap pelanggan individ- murni. digitalisasi telepon termasuk hal yang sangat mendesak, bisnis. karena beberapa jasa baru kini sedang diusahakan pengembangannya. Jenisjasa telekomunikasi kartama, stap ahli PR PT kemelut kapal pendingin di itu adalah jasa nonsuara 1879. membuat tugu/monumen bangunan yang terdiri dari Setelah Benteng itu jadi dua Buah Peluru. kurang lebih 60 ruangan Adminsitrator Pelabuhan dengan Km Florin sebanyak para ahli sejarah dan purba- kemudian dipakai sebagai Pontianak, Drs. Eddy Hida- 4200 peti, Km Putra Goa kala. yat melaporkan kepada Dir- sebanyak 5000 peti, Km jen Perhubungan Laut, So- Pada 1965 terjadi pem- berupa; kamar istirahat/ atasnya dílengkapi dengan berontakan G 30 S/PKI. barak, markas, terowongan, benteng pengintaí dan dike- Pasukan RPKAD ditarik ruangrapat, gudang senjata, lilingi oleh benteng pertahan- ual maupun pelanggan Perbesar Peranan Investor Benteng yang terletak di Putra Kalbar sebanyak sudut tenggara Cilacap dan markas pertahanan Belan- da sampai 1942. Ketika Be- landa kalah perang melawan untuk menumpas dan meng- benteng pengintai, benteng an dengan persenjataan le- Sementara Satibi Oerip entoro, sejak terjadinya 10.000 peti, dan Km Karya berjarak kurang lebih 2 km Jepang, benteng inipun ja- hancurkan pemberontakan pertahanan, ruang perwira, bih dari 128 pucuk kanon/ Utama sebanyak 3.600 peti. dari pusat kota, mulai dibuka tuh ke tangan Jepang. tersebut, maka dari 1965 penjara, ruang mesiu, 13 bazoka. Benteng Pendem Eddy Hidayat mengata- sebagai obyek wisata sejak Pada 14 Agustus 1945, sampai 1986 lokasi Benteng tempat meriam. kota Hirosyima dan Naga- Pendem ini terbengkalai saki dibom atom oleh tentara sampai akhirnya Pertamina juga dikelilingi parit selebar Teknik pembuatannya 18 m dan dalamnya 3 m. adalah dibangun dulu, baru Fungsi parit ini untuk meng- setelah jadi kemudian ditim- hambat majunya musuh, ja- Telkom mengungkapkan Pelabuhan Sunda Kelapa yang dikembangkan aplikas- bahwa usaha mempercepat ribuan peti jeruk Kalbar kan, di Pontianak sekarang 28 April 1987. Sejak awal ini tidak terdapat jeruk bu- pembukaannya obyek wisa- dalam bulan Juni 1992 ini inya sesuai kebutuhan masyarakat. Kebutuhan ini Indonesia, sangat bergan- sudah banyak yang dikapal- suk yang menanti dikapal- ta ini sangat ramai di- sekutu, maka terpaksalah mengambil 4 ha dari lokasi adalah vidiotetex, public tung pada daya tarik inves- facsmile group IV, audiogra- tor pembangunan telekomu- nak ke Sunda Kelapa. phicconference, transmission of still ficture, bididrectional dengan PT Telkom. dispatching with mobile sta- tions dan national and re- proses digitalisasi telepon di kan ke Sunda Kelapa. "Je- kunjungi oleh para wisata- Jepang menyerah tanpa syarat kepada tentara Sekutu. Belanda yang mem- wisatawan nusantara (wis- bonceng dibelakang nama untuk tempat Tanki Penyim- bun dengan tanah setebal lur perahu pada waktu panan Minyak. Baru sejak 26 November hingga bangunannya tidak pembuangan air dari tero- 1986, Benteng ini dipugar kelihatan/terpendam tanah. kan dari Pelabuhan Pontia- kurang lebih 3,5 meter, se- patroli keliling benteng dan ruk tersebut memang senga- Kapal tersebut antaralain ja disimpan di gudang pen- Km Harapan Kita meng- dingin ( cold storage ) oleh 3 wan baik wisatawan manca- nikasi terkait kerjasama negara (wisman) maupun nu). Mereka selain ingin me- tentara Sekutu kembali da- oleh CV Wardoyo dan sejak Karena terpendam di tanah itulah makanya dinamakan wongan. Bentengini dibagian atas- nya juga dilengkapi dengan 13 pucuk meriam. Delapan ekomunikasi terkait ker- Km Mekar Citra 6000 peti, diangkut melalui jalan darat nikmati keindahan pantai tang dan menguasai Benteng 28 April 1987 sampai seka- gional peging, other monodi- jasama dengan PT Telkom, Km Putra Sahita V sebanyak dari Sintete dan Pemangkat, selatan, juga ingin menge- tahui misteri Benteng pe- itu sampai Agresi Kedua rang dibuka sebagai obyek Benteng Pendem. tahun 1950. Dijelaskan, pembangunan pucuk meriam menghadap 8000 peti, Km Putra Sahita " katanya. Hal ter-sebut di- wisata untuk umum. Menurut penjelasan petu- Benteng tersebut tidak gas, berdasarkan dokumen menggunakan semen, hanya 5 pucuk menghadap ke selat yang dikirim dari Belanda menggunakan batu bata Nusakambangan. diharapkan sampai akhir rectional service. Menurut Amiroedin, Repelita V, sudah dapat ter- melalui penerapan teknik pasarkan 3 juta SST, yang Harapan III sebanyak I0.000 anjeruk dari dua pelabuhan digital, jaringan telekomu- nikasi dikembangkan ke digital. (K.10) II sebanyak 7.300 peti, Km lakukan karena pe-ngapal- ninggalan kolonial Belanda. Dari 1950 sampai 1952 ke Laut Hindia, sedang yang 70% di antaranya sudah peti, Km Mekar Abadi se- tersebut sejak tanggal I0 Mei banyak 6000 peti.Km Putra Menurut keterangan pe- Benteng ini tidak ada yang tugas setempat, Benteng Pendem Cilacap merupakan menguasainya. Baru dari 1952 sampai 1962 Benteng pada 12 Januari 1988 ke- 1992 telah dihentikan.(40) merah dan batu dari gunung (Setiawan Adi) PU KONS RUKS PE UMAH AN Upaya Memenuhi Tuntutan Transportasi di Jabotabek Real Estate dan Developer Pinjaman Luar Negeri PU Tahun 92/93 Menurun 5,8% Ikut Index '92 Jakarta, NERACA Bus padat, kereta sesak bukan gambaran baru lagi. tabek diperkirakan akan Ini bisa dilihat di Jakarta. Penumpang berdesak-desak- pesat setiap tahunnya. Di- an menggelendot di bus-bus perkirakan jumlah ke- masih menjadi gambaran seluruhan penduduk Jabo- sehari-hari. Kondisi ini membuktikan bahwa jasa juta jiwa pada tahun 2005 angkutan transportasi perlu nanti. Dan untuk Jakarta meningkatkan pelayanan- saja, penduduknya akan nya. Untuk itu makin banyak jiwa pada tahun yang sama. pihak yang kini terlibat un- tuk mengatasi kebutuhan angkutan masyarakat itu. ternyata tidak diimbangi untuk langkah pertamanya (Setjen) PU Rp 24,9 miliar, lebih. Salah satu Departemen yang kini sangat concern untuk mengatasi itu adalah Depar- tuhan transportasi memang listrik (KRL). temen Perhubungan. Lewat Direktorat Jenderal Per- hubungan Darat ini berba- gai upaya untuk mengatasi pemenuhan kebutuhan jasa angkutan dilakukan. Berkembangnya Jakarta indutrian dan perumahan lukan penanganan dengan Itien) RD 2.59 miliar. Itjen nerimaan Setjen menurun. sebagai salah satu bagian juga mempengaruhi pola kalangan swasta pula. Se- idakmendapat alokasi dana Dalam RAPBŇ tercatat Rp RAPBN direncanakan sebe- daerah Jabotabek otomatis mempunyai konsekuensi Pengembangan kawasan. logis, yaitu semakin banyak perindustrian yang kini tası yang diusahakan swas- Ditjen Pengairan menerima daerah-daerah yang ingin banyak bertumbuhan di wi- mendapatkan lintasan bus layah sekitar Jakarta, ter- untuk ke Jakarta, karena banyak karyawan yang ber- kantor di ibukota. masyrakat pemakai jasa. Kepadatan daerah Jabo- dengan jalan raya serta bidang antara rel kereta api Jakarta, NERACA dalam hal penataan ruang- Jawa Timur, Batam, Sula- Kalau ditinjau prospek an-yang seluruhnya sudah wesi Selatan Kalimantan Anggaran Itjen juga jangkapanjangnya, manfaat dikerjakan oleh pengelola Timur dan Australia. Selain peserta tersebut, Namun begitu, bukan juga akan tampil BKPM, Berdasarkan kesulitanitu 1993 mengalami penurunan anggaran yang diperoleh lebih, yakni dari rupiah jelas lebih baik dibanding- berarti pengelola kawasan Departemen Perindustrian kan dengan zona industri industri seenaknya saja dan Himpunan Kawasan masih terlalu kecilnya pre- Jakarta,NERACA Karya Rp 271,59 miliar dan APBN hanya Rp 43,4 miliar. Pinjaman luar negeri un- Badan Litbang Rp 16,29 tuk Departemen PU pada miliar. tahun anggaran (TA) 1992/ mengalami peningkatan sentase kereta api dibanding- kan dengan kendaraan da- rat lainnya. mengalami pengurangan bergabung dengan Himpun- Kawasan Industri. an Kawasan Industri (HKI) Dengan demikian, total dari rencana Rp 2,64 miliar tabek akan mencapai 23,5 5,8%, menjadi Rp 1,544 tri- masing-masing sub sektor di murni dan tanpa BLN, men- memang telah dilakukan studi pada 1972 diantaranya 1992 sebesar Rp 1,6 triliun 43,4 miliar lebih, Itjen Rp Ditjen Pengairan mengalami yang selama ini banyak menerima setiap perusaha- Industri Indonesia yang an yang akan membeli ka- menjadi instansi terkait Jakarta Metropolitan Area lebih. Namun jumlah ke- 2,59 miliar lebih, Ditjen kenaikan. Šemula direncana- diminati para pengusaha meningkat menjadi 13 juta Transportation Study (JM- seluruhan, termasuk APBN, Pengairan Rp 1,4 triliun kan Rp 1,36 triliun yang ter- industri. Selama ini para ATS). Disusul dengan studi mengalami peningkatan lebih, Ditjen Bina Marga Rp diri atas Rp 652,6 miliar pengusaha industri hanya wasan ini. Pengelola kawa- dalam pameranini, kata Dwi. Sementara itu, pameran san industri tersebut, kata Tapi meningkatnya popu- lasi penduduk di wilayah ini Mass Rapid Transit Study 9,44%. Dana pinjaman luar 1,9 triliun lebih, Ditjen Cip- rupiah murni dan Rp 714,8 melihat dari sisi harga jual Fahmi harus benar-benar yang menurut rencana akan ta Karya Rp 429,8 miliar dan miliar BLN. Realisasi APBN tanah di kawasan zona in- mengetahui perusahaan-pe- diresmikan pembukaannya (MRTS). dari rangkajan itu negeri itu dialokasikan un- oleh Koordinator HKI, Tung- tuk Sekretariat Jenderal Badan Litbang Rp 18 miliar meningkat menjadi Rp 1,4 dustri itu yang lebih murah triliun. rusahaan mana yang serius dari pada HKI. "Namun membeli kawasan itu. Da- ky Ariwibowo, pada 27 Juni Realisasi anggaran Ditjen mereka tidak berpikir jika lam arti lain, pengelolaan- 1992, jam 10.00 wib, juga kan suatu saat master planning nya harus lebih selektif dan dikunjungi oleh sekitar 223 tidak dilakukan sembaran- pengunjung calon investor dari Singapura, Malaysia, Sementara itu, dalam Hongkong, Thailand, Korea kawasan zona tersebut be- kesempatan memberi pen- Selatan, Jepang dan Aus- oleh alat transportasi yang pada tahun, 1977 telah di- Direktorat Jenderal (Ditjen) Dibanding dengan ren- memadai. Sehingga kebu- operasikan Kereta Api Rel Pengairan Rp 751,8 miliar, cana anggaran yang disusun Bina Marga jauh menurun. Rencana semula dalam RAPBN sebesar Rp 3,2 tri- yang diterima masing-ma- liun, yakni Rp 1,3 triliun dari sing sub sektor ada yang rupiah murnì dan Rp 1,8 tri- liun dari BLN. Dalam APBN Ditjen Bina Marga Rp 607,69 dalam RAPBN 1992/1993, miliar, Ditjen Čipta Karya realisasi APBN 1992/993 Rp 158,2 miliar dan Badan Litbang Rp 1,7 miliar. Sementara itu, dana mengalami pengurangan APBN yang diperoleh Setjen dan peningkatan. Data yang "cuma" tercantum Rp 1,9 kawasan zona industri itu bisa berubah. Apalagi pena- taan rencana tata ruang di sangat mendesak untuk mencari titik temunya de- ngan populasi penduduk. Sementara pengembang- an berbagai sektor yang ter- jadi di jakarta seperti pe- di wilayah Jabotabek memer- gan, katanya. Belum Memadai lum pasti," tutur Fahmi jelasan kepada peserta tralia, tambahnya. pameran "Industrial Esta- te Expo'92" (Index'92), Melihat kondisi itu me- Selanjutnya, kepada pe- serta pameran Dwi meng- kutif HKI, kepada Neraca dan Media, seusai konferen- yang akan berlangsung pada harapkan, agar dapat mem- 27 Juni sampai 2 Juli 1992, berikan informasi yangleng- di Jakarta Design Centre ini, kap seperti, penyiapan sara- na dan prasaran kawasan industri berupa maket di- dan Inspektorat Jenderal mas PU mengungkap, pe- Ditjen Cipta Karya meng- alami pengurangan. Dalam si pres (4/6), di Jakarta De- transportasi yang diberikan. lama ini memang transpor- dari pinjaman luar negen. 42,1 miliar, terdiri atas Rp sar Rp 496,9 miliar, yakni Rp sign Centre. 18,7 miliar lebih rupiah 283,3 miliar dari rupiah murni dan Rp 23,37 miliar murni dan Rp 213,7 miliar harga tanah/area yang ting- tersebut sebenarnya me- Sebenarnya, kata Fahmi, dia mengatakan pameran Pengembangan angkutan liar, Ditjen Bina Marga Rp dari bantuan luar negeri dari BLN. Realisasi APBN gi di Kawasan Industri itu, rupakan ajang uji coba sebe- lengkapi dengan informasi rencana tata ruang yang ada, ta belum begitu berperan. dana APBN Rp 648,49 mi- disebabkan karena pihak lum pelaksanaan Industrial kami yang harus menyedia- Estate Expo Tour'92 yang informasi penyediaan tena- kan sarana dan prasarana di akan diselenggarakan pada ga kerja, sumber daya alam sekitar kawasan tersebut. Jadi, kalau ada pengusaha jungan ke negara negara luang sektor-sektor industri yang memasuki/membeli NIC's selama sekitar 8 hari. yang masih ada di Indone- lokasi di kawasan industri, sudah tidak perlu memikir- rangkaian program me- kan dan menyediakan pra- nyambut rapat kerja nasio- sarana terkait, seperti jalan, nal ke-tiga HKI, yang akan nyata menimbulkan kantong taxi juga harus diupayakan 350,9 miliar, Ditjen Cipta (BLN). Realisasi dalam hanya Rp 429,8 miliar. (38) pemukiman yang pada sebagai salah satu faktor akhirnya menimbulkan tun- potensial untuk menutup September 1992 dengan kun- serta informasi tentang pe- aan alat tranportas ke lekrngan aun tranmpar. Baru 45,93% Jalan Kabupaten Dirjen Perhubungan Da- rat, Soejono kepada warta- wan baru-baru lalu, pernah melontarkan gagasan bah- wa daerah yang dihuni oleh mengatakan bahwa pihak- an bila mereka pulang ma- karyawan dan penduduk yang mempunyai hubungan mungkinan adanya lintasan kerja dan bisnis ke Jakarta akan dilintasi oleh bus-bus kota."Bus-bus itu melintasi daerah pemukiman itu,"kata Soejono. Pengembangan lain akan didatangkannya bus AC duduk yang mempunyai angkutan bus lainnya. untuk penumpang yang pekerjaaan di Jakarta. bekerja di kantor-kantor, menurut Soejono, dipakai duduk yang ternyata me- sebagai kiat untuk mengalih- ningkat itu, memang tidak kan arus penumpang yang layak hanya diatasi dengan banyak penduduknya di menggunakan mobil rpibadi bus saja. Pengembangan Jabatabek ini. Khususnya dan ringan tersebut umum- pula aktivitas di sektor-sek- ke bus umum. tasi itu. Misalnya saja, kini Dirjen Perhubungan Da- banyak penumpang yang sana. Dan juga merupakan sia, kepada para pengunjung, melontarkan grgnsan bah- rat Sogiono bamu bars lalu masihmendapatkan kerlit di Batanghari Dinyatakan Mantap terutama calon investor dari luar negeri. Disamping itu, katanya, nya akan memikirkan ke- lam. Menurut dia, prasarana 37 buah dengan panjang listrik dan sebagainya, tam- berlangsung pada 25 dan 26 yang tidak boleh dilupakan juga adalah pemberian in- Untuk itulah, peranan Jambi,NERACA taxi dan angkutan yang di- kelola swasta lainnya seper- Kabupaten Batanghari terus dengan sektor perhubungan. truksi beton sebanyak 14 Juni 1992, di Hotel Horison. bus di pemukiman-pe- mukiman penduduk. Misal- Tapi semuanya itu, me- Beberapa menteri akan formasi tentang penampilan nyauntuk wilayah Depok ti Kopaja untuk masuk ke menyisihkan dana untuk Sedangkan sektor per- buah dan konstruksi kayu 23 nurut Fahmi, dalam prros- menjadi pembicara pada kawasan industri terpadu, Mengenai jalan desa di pek jangka panjang jelas rakernas tersebut, yaitu, seperti sudah dirintis oleh Setiap tahun anggaran, jalan berkaitan sangat erat 570,50 meter, dengan kons- bah Fahmi. diarahkan kepada daerah wilayah Jabotabek perlu meningkatkan jalan yang hubungan berkaitan pula yang banyak dihuni dan Bekasi lintasan bus akan ada, karena kondisi jalan dengan sektorlain.Jalan dan. yang ada dewasa ini baru perhubungan amat menun- Kabupaten Batanghari se- sangat menguntungkan Menperind, Menko Ékuin, Batamindo dan Jababeka. Pameran Index'92ini dise- dikembangkan sebagaimana pengusaha. "Karena per- Mendagri dan Menteri Per- 45,93% atau 550,512 Km jang peningkatan sektor panjang 240,930 Km yang usahaannya bisa beroperasi tambangan dan Energi Selain itu juga, diseleng- pen- lenggarakan oleh Himpun- an Kawasan Industri yang pameran pelaksanaannya dipercaya- Index'92 untuk pertama kan kepada PTDebindomul- Pengembangan taxi dan mantap. Jalan dalam kon- pertanian, perindustrian, masih berkondisi jalan ta- Pola pergerakan pen- angkutan yang dikelola disi rusak berat sepanjang transmigrasi, perdagangan nah, menurut dia, akan di- dengan tenang da dan swasta lainnya bisa masuk 510,295 Km atau 43,41% dan ke wilayah yang memang rusak ringan 10,66%. Sekarang ini, katanya, kalinya di Indonesiaini, kata ti Adhiswasti. Dwi Karsonno, Penanggung ningkat permintaan barang mantap dengan dana IPJK, terjamin," ujarnya. Jalan yang rusak berat dan jasa, makin maningkat APBD I dan APBD II. Dari 31 peserta yang lan dan jembatan melalui sahaan yang sudah berga- Jawab Pameran Index'92 mengikuti pameran Index'92 dalam rangka menyambut ini, kata Fahmi, diantaranya adalah perusahaan KBN (Kawasan Berikat Nusan- Program peningkatan ja- sudah ada sekitar 113 peru- kereta api Jabotabek juga bagi daerah yang potenasial nya terdapat pada ruas jalan tor tersebut. Terdapat tujuh ruasjalan dana APBD I adalah jalan bung dengan Kawasan In- hari ulang tahun HKI (Him- punan Kawasan Industri)ke- panjang 255,225 Km. Se- 2,470 miliar dan dana penun- sahaan-terdiri dari 11 empat pada 20 Juni 1992. Mereka yang kerja dipakai sebagai bagian antis- mempunyai sebagian besar kabupaten dan sebagian lagi dikantor-kantor kerapihan, sehingga mereka mungkinan meningkatkan Jakarta. akan manaiki kendaraan kebutuhan akan jasa trans- yang bisa mereka tampil portasi ini. rapih, tidak lecek," kata Soejono. di Kabupaten Jambi Suak Kadis sepan- dustri. Meskipun yang su- kan jalan negara dinyatakan Batanghari dengan total jang 17 Km dengan biaya Rp dah beroperasi baru 31 peru- mantap seluruhnya. Bupati tara) di Jakarta, PT Bhu- myamca Sekawan Estate perlu pasi untuk mengatasi ke- penduduk yang bekerja di pada jalan provinsi. Sedang- negara Tentu saja dimasukannya angkutan swasta sebagai H.M.Saman Chatib,SH hingga berkondisi mantap. jang Rp 663,483 juta. Pada 1991-1992 melalui Batanghari 1luruhnya telah diaspal, se- BUMN (badan Usaha Milik Disampingitujuga menyam- ngan jembatan yang me- dapat ditingkatkanjalan dan an minimal mereka diberi- "Karenanya, sebagian besar lintas jalan tersebut. Total jembatan di 11 lokasi, anta- ra lain, jalan Jambi - Muara swasta- "Saya tetap opti- mis ada sekitar 93-94% dari 113 perusahaan itu yang Asia - Pacifik. Index'92 menurut renca- na, kata Dwi akan diikuti tam), PT Krakatau Steel Batamindo Estate (Batam), Kabil Indonusa Estate (Ba- tabek memang perlu perhati- tersebut sangat strategis. ini sebagai alat transportasi memang masih mempunyai Tuntutan Pengembangan kendala Jabotabek kan kebebasan untuk meng- dana yang ada dialokasikan panjangnya 1.758,6 meter untuk pembangunan dan dengan konstruksi beton Bulian Rp 12,4 miliar, Mua- dalam waktu dekat akan sekitar 31 peserta, terdiri (Jabar), Kawasan Industri ra Bulian-batas Bungo Tebo mulai beroperasi," tutur diantaranya dari 15 peserta dari perusa- Medan (Sumut), Kawasan kurangnya jumlah kereta api angkut penumpang di wila- yang dioeprasikan untuk yahJabotabek di daerah yang peningkatan jalan,"ungkap. seluruhnya. Kabag Bina Marga Dinas Rp 14,18 miliar dan Sengetik Fahmi dengan wajah serius. haan kawasan industri, 2. Industri Makassar (Sulsel). Yang penting sekarang peserta dari perusahaan real Kaltim Industrial Estate nya kepada Neraca. Meski demikian, dia Pekerjaan Berkembangnya masalah memenuhi transportasi memang tidak transportasi umum. lepas dari pengembangan wilayah Jabotabek. Dan dukungan transportasi be- rendah, karena disebebkan rupa sarana dan prasaran kondisi rel yang tidak me- transportasi yangada di DKI Jakarta dan sekitarnya saat ini masih belum mampu menampung kebutuhan banyaknya persilangan se- permintaan banyak penduduknya de- Umum Kab.Batanghari Rudy secara - Simpang Tuan Rp 6,78 miliar. ini, bagaimana upaya peme- estate/developer, 6 perusaha- (Kaltim), PT Gunung Cer- an konstruksi, 2 perusahaan mai Inti (Jabar), Surabaya ngan waktu-waktu yang Selain itu, kecepatan dipandang sangat penting. menilai kondisi jalan man- kereta api masih dianggap Artinya dalam waktu jam tapdi Kabupaten Batanghari terpisah menyatakan, jalan Peningkatan jalan lainnya rintah untuk membantu lebih baik dibanding provinsi provinsi di Batanghari adalah Jambi - Merlung Rp mendorong agar para peng- brokerage dan 6 perusahaan Industrial State Rungkut 885,4 juta, Jambi Suak usaha industri yang ada di dari perusahaan komponen (Jatim), Kawasan Industri Pasar Kemis Tangerang, Para peserta itu berasal Bekasi Fajar dan Melago Police Manunggal ketiga- Barat, Kawasan Sijori tiganya di daerah Jawa kantor dan jam pulang. Dengan begitu upaya lainnya, terutama di Suma- sepanjang 112,160 Km tera. Ratio jalan mantap di terdiri atas 62,100 Km Kadis Rp 861,7 juta, Jambi - Indonesia, bisa membeli area bahan bangunan. madai. Berdirinya bangunan untuk memenuhi tuntutan liar dan letaknya yang transportasi yang makin kabupaten ini 51 meter pada beraspal, 48 Km jalan kerikil Tempino pada perbatasan di kawasan industri. Hal ini terlalu dekat dengan rel dan meningkat itu Sumatera Selatan Rp 1,65 karena memang bagi peme- dari Sumatera Utara, Jawa setiap kilometer. Ratio rata- dapat rata di provinsi lain cuma 34 43 meter. dan 2 Km jalan tanah. Selain itu, terdapat juga miliar, dan Jambi Talang rintah akan lebih meng- jembatan provinsi sebanyak Duku Rp 152,49 juta.(OT) terpenuhi. (33) untungkan lagi, terutama (Singapura Johor - Riau), Barat. (36)