Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Analisa
Tipe: Koran
Tanggal: 1995-06-05
Halaman: 13

Konten


acers g Mulut yingkirkan tuan rumah rk Knicks pada pertan- babak ekdua playoff, se- mereka akhirnya lolos ke ayah timur. i sangat sulit untuk me- an Orlando di hadapan ang mereka sendiri, ibarat melawan Goliath," kata mengakui. an terjadi perang, dan nyak tantangan yang me- kan. Kami ingin segera hui ketangguhan mental (pemain Orlando)," kata Indonesia, Mark Jackson. P) ang Halaman 12 ar PSSI ang tanpa Gol tersebut selalu kandas di pertahanan PS Palembang komandoi oleh Superdi, pemain PSKB yunior ijrah ke PS Pusri Palem masuki pertandingan ba a tempo permainan ber cepat dan keras, sehingga besiman Sukarman menge kartu kuning kepada dan Hendrik Apriadi sijam serta Suhariyanto Palembang. andingan sore itu sebenar ih banyak dikendalikan k anak PS Palembang, na berapa peluang gagal di kan dengan baik oleh pe- emain PS Palembang. /6) sore di tempat sama pan PS Persija Barata me EMEN SEMENTARA 21101-04 21101-04 20200-02 20020-20 ersijam Jambi. mut Tumbang Catur Roberto Keliat yang ber- ngan buah putih semen- Pasaribu buah hitam. ejurnas wilayah-I Suma- uti 28 peserta dari enam di Sumatera yakni Aceh, Riau, Sumbar, Bengkulu bi. Tiga dari 28 peserta g gelar MN, yaitu Asrul agkulu), Roberto Keliat dan Eston Malau (Su- Hangkan pemegang mas- asi (MP) ialah Jamtha (Sumut) dan Herman (Bengkulu). entara pecatur tuan ru- g menurunkan lima pe- anya dua yang menang Fridal mengalahkan Abu ambi) dan M. Pasaribu.. OXWoods Ant/Rtr guel Angel Gomez Gon- utlaknya untuk merebut penantangnya Marty woods, Ledyar Casino Dar dan computer. Color Rendition Chart ing Senin, 5 Juni 1995. UNTUK mendapatkan ilmu pengetahuan, secara formal seseorang bisa menjalaninya melalui bangku sekolah, yang dimulai dari dasar atau SD sam- pai ke perguruan tinggi. Selain itu secara nonformal ilmu pengeta huan dapat pula diperoleh dari lembaga-lembaga pendidikan luar sekolah berupa pengetahuan ke ahlian praktikal maupun teoritis. Sekolah bukan satu-satunya tempat untuk menimba ilmu pe ngetahuan, namun telah tersedia pilihan bagi setiap orang untuk memperluas wawasan pengeta huannya. pendukung. Tapi satu hal yang pasti, sekolah merupakan wadah utama untuk mendidik, membina, dan mempersiapkan seseorang men- jadi insan berilmu. Kehadiran lembaga pendidikan lainnya di luar sekolah diharapkan hanya sebagai pelengkap sekaligus BIMBINGAN TEST Sadar akan kondisi tersebut di atas, agaknya kehadiran beberapa lembaga bimbingan test di kota ini mencoba untuk menjawab dan me menuhi keinginan para siswa sekolah lanjutan untuk memper lengkapi diri dengan pengeta huan. Terutama pelajaran yang diterima di bangku sekolah dan ditambah dengan sejumlah teknis penyelesaian soal dan pemba hasan. Menjelang UMPTN Bimbingan Hanya Sebagai "Penambah" pelajaran di bangku sekolah. Jadi bimbingan hanya me nambah apa yang sudah diterima siswa di sekolah. Dengan de mikian sekolah masih merupakan lembaga yang paling berperan bagi keberhasilan seorang siswa. Jadi kalaupun ada yang beranggapan bahwa masuknya seorang siswa menjadi anggota sebuah bimbingan test merupakan faktor yang sangat menentukan. Terutama, bagi mereka yang akan melanjutkan kebangku perguruan mereka. an semester sekaligus ujian kenaikan kelas. Dan untuk siswa Sekolah Lanjutan Atas (SLA) diarahkan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan Bimbingan test atau para siswa yang mengikuti program ini adalah mayoritas berasal dari kelas tiga sekolah lanjutan atas, ditambah dari lulusan tahun sebelumnya yang masih ingin Dalam pelaksanaannya, mere (PTN) di seluruh propinsi di tanah air. Bahkan tingkat persaingan dan peluang untuk masuk di ju rusan atau fakultas tertentu lengkap disajikan. Perbedaan lain, disamping ter- biasa mengenal soal-soal yang mirip dengan soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMP TN), para siswa bimbingan juga dibekali dengan teknis pelaksa- naan UMPTN yang dikenal de Bagi mereka yang bukan siswa mengikuti UMPTN. ngan istilah UMPTN mini. tinggi. Pendapat ini tidak se materi dasar yang diperoleh lamanya benar. Karena banyak faktor lain yang turun menen- tukan keberhasilan seorang siswa untuk lolos dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMP TN). ka diajarkan dengan beberapa bimbingan hal ini tidak didapat kan. Sebelum dilepas mengikuti UMPTN seluruh siswa dibimbing oleh pakar psikologi, hal ini berguna untuk mempersiapkan unsur mental serta kejiwaan para melalui kumpulan teori pengan- tar (TP). Yang telah dipersiapkan oleh tenaga pengajar (tentor) atau kordinator bidang studi. Bidang-bidang yang diajarkan sama dengan apa yang ada di sekolah, sesuai dengan program studi masing-masing. PMP, ba hasa Indonesia merupakan bi dang studi wajib untuk semua siswa untuk menghadapi UMPTN dengan tenang. MENJELANG UMPTN Untuk pelaksanaan program studi, baik A1, A2, dan A3. Bimbingan test sebagaimana yang diuraikan oleh salah seorang pengasuh lembaga tersebut, hadir bukan untuk bersaing dengan se kolah. Tetapi mencoba untuk para siswa untuk kesulitan-kesulitan me membantu mecahkan yang ditemukan selama mengikuti SEBELUM ujian akhir SLTA besar berlangsung, sebagian orangtua murid merasa cemas, menunggu kelulusan anaknya SLTA, juga memikirkan pendidik dari an lanjutan. Apakah anaknya memasuki Perguruan dan dilatih untuk terbiasa me mecahkan soal-soal pertanyaan dengan cepat dan tepat. Dan tidak berbeda dengan siswa bimbingan test, seluruh siswa bimbingan studi di bagi dalam grup-grup, yang terdiri dari beberapa orang. Dengan demikian pemantauan ter hadap perkembangan mereka le bih mudah diamati. Tujuan dari bimbingan studi ialah untuk membantu para siswa dalam meningkatkan hasil ulang Persiapan Menuju bisa Tinggi soal-soal yang mengacu kepada soal UMPTN dilakukan sedemi- kian rupa. Ikutilah BT tersebut di lem- Negeri (PTN) yang diminati, atau harus memilih Perguruan Tinggi baga yang sudah berpengalaman, Swasta (PTS) tertentu. karena di sana akan diberikan bawa dampak dilematis bagi peserta UMPTN. Bila memilih jurusan favorit akan menghadapi cukup banyak saingan, sehingga mengakibatkan banyak peserta Setiap tahun, rata-rata 1,3 juta pengetahuan teknis secara rinci. murid SLTA di Indonesia akan PTN dibagi melanjutkan pendidikan ke jen- jang yang lebih tinggi. Program studi di Namun daya tampun PTN hanya berki- sar 100.000 orang saja. Di Sumut misalnya, daya tampung PTN ta- hun 1995 hanya 5.846 orang, yaitu Non di USU 3.870 orang dan di IKIP 1.976 orang. Peserta UMPTN '95 wilayah PUML Medan diestimasi- orang, yang berarti kan 29.500 23.654 orang tidak tertampung. Kondisi tersebut di atas mem- UMPTN tidak perduli lagi pada jurusanyang dipilihnya. Yang pen- ting bisa masuk perguruan tinggi, syukur-syukur PTN. UMPTN'95 Di lembaga BT, teknis pengi- sian formulir pendaftaran, peng- gunaan pensil 2B, pengisian ker- tas jawaban dan pembahasan Sikap demikian sangat tidak disarankan, sebab akan membuat program pendidikannya terhenti di tengah jalan, karena tidak dimotivasi oleh gairah belajar yang tinggi. Bagaimana pun sulit- nya, memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat jauh lebih menguntungkan. Nilai ujian akhir SLTA yang kini lazim disebut Nilai Ebtanas Murni (NEM), bukanlah satu- satunya nilai yang dipertim- bangkan untuk penerimaan maha siswa baru di PTN maupun PTS yang umumnya menghendaki calon mahasiswanya untuk meng ikuti tes tertulis. Modal Dari tahun ke tahun, tes ter- tulis yang dilakukan untuk menyaring calon mahasiswa juga mengalami perubahan. Kini dengan adanya kompute risasi, cara mengisi lembar jawaban pun memerlukan suatu ketrampilan tersendiri. Untuk itu, jauh-jauh hari sebelumnya, se- orang peserta UMPTN sebaiknya sudah mengetahui cara-cara tersebut. Apalagi UMPTN akan digelar pada 20 dan 21 Juni 95 1995. BIMBINGAN TES Salah satu cara agar bisa lebih "siap tempur" di medan UMPTN adalah dengan mengikuti bim- bingan tes (BT). Kehadiran BT tersebut sangat diperlukan, sebab pendidikan menengah kita belum di akses ke perguruan tinggi. Mengapa BT tersebut diperlukan? Untuk menjawab soal-soal UMPTN, seorang siswa tidak cukup hanya berbekal kepandaian saja. Masalah teknis di lapangan sangat mempengaruhi kemampu- an siswa tersebut. Masalah teknis KAMPUS tersebut bisa berupa kondisi yang kurang fit, grogi, keringatan, jawaban berlubang, coretan ke- luar dari lingkaran dan sebagai nya. ****** FUNGSI Lembaga bimbingan test lebih dikenal sebagai tempat para siswa kelas akhir dari sekolah lanjutan atas untuk mengasah kemampuan nya. Namun sebenarnya saat ini bimbingan test juga menerima para siswa dari sekolah lanjutan pertama dan atas, dari kelas satu dan dua. Mereka ini dikelom- pokan dalam istilah murid bim- bingan studi. Para siswa tersebut dididik (Sambungan dari hal 4) hun menganggur. lah perguruan tinggi di sini, tahun 1993-1994, menyebutkan: umum- nya sarjana dari Sumatera Utara memang sulit mendapat peker- jaan. Menurut penelitian itu, me- reka rata-rata baru mendapatkan pekerjaan setelah dua setengah ta- Agaknya, melihat fenomena yang memprihatinkan inilah, HEDS kemudian membangun dan mengembangkan Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) di berba- gai universitas di Sumatera dan Kalimantan. PJK berfungsi sema- cam jembatan antara perguruan tinggi, dunia usaha dan industri sebagai penyerap tenaga kerja. PJK Universitas Sumatera Utara, misalnya, belum lama ini menggelar pelatihan untuk per- siapan melamar pekerjaan yang diikuti 30 alumni USU. Di sini, mereka diajari cara membuat su- rat lamaran kerja yang benar, daf- tar riwayat hidup yang benar, dan cara mempersiapkan diri mengha- dapi tes wawancara agar tidak PENILAIAN Proses penilaian hasil ujian UMPTN dilakukan dengan kom- puter yang membandingkan jawaban peserta UMPTN dengan jawaban yang benar. Hasilnya berupa data tentang jumlah jawaban yang benar dan yang salah dari setiap peserta. Untuk itu, sangat disarankan meng- gunakan pensil 2B yang asli. Mengapa Pensil 2B asli lebih ideal, yaitu pensil yang cepat hitamnya dan karbonnya banyak. Sebenarnya pensil 3B juga dapat dipakai, tetapi pensil 3B terlalu lembut sehingga ketika peserta menghi tamkan kertas jawaban, resiko coretan keluar dari lingkaran lebih tinggi. Sistem penilaian UMPTN ta- hun 1994 yang lalu adalah sebagai berikut: kalau jawaban diisi dan betul, nilainya 2. Kalau diisi tetapi salah, nilainya 1. Kalau tidak diisi, nilainya nol. Jadi bila peserta ujian merasa ragu-ragu, atau tidak mampu menjawab, lebih baik kertas jawabannya dikosong kan saja. Karena keterbatasan daya tam- pung PTN, berarti sebahagian besar dari peserta UMPTN terse but akan gagal seperti dikemuka kan pada awal tulisan ini. Hal ini- lah salah satu penyebab dari kecemasan para orangtua murid. Lalu kemana melanjutkan pen- didikan yang lebih tinggi? Memang bila gagal UMPTN bukan berarti kiamat, sebab banyak PTS sebagai alternatif lain, dengan Program Diploma I gelagapan. Begitulah, berbagai ikhtiar untuk menekan angka sarjana pengangguran telah ditempuh dengan berbagai cara. Lantas, ka- rena problematika sarjana pe- ngangguran cenderung kompleks, ya.... masalahnya nyaris tak per- nah berujung. Angka sarjana yang belum memperoleh kesem- patan kerja tetap saja mem prihatinkan. Di antara sekian sarjana pe- ngangguran itu, ketika berniat membuka lapangan kerja baru ta- pi kekurangan modal (baca: "he- peng"), tidaklah wajar untuk di- bantu? Apalagi, problematika sarjana pengangguran bukan mus tahil berkembang menjadi masa- lah sosial yang lebih rumit. Makanya, saya sarankan kepa- da Sdr. Baizar Zainul agar mema- hami tulisan saya secara keselu- ruhan. Tidak setengah-setengah. Dan, cobalah memandang reali- ta dengan mata terbuka. Namun, jangan salah sangka, saya bukan- lah bermaksud menggurui Anda, karena saya memang bukan guru. **** Sedangkan untuk Al dan A2 ditambah dengan Fisika, Biologi, dan Matematika IPA. Sementara itu, untuk A3 diberikan tambahan IPS yang didalamnya mempersiapkan diri. Namun ada hal yang menarik seperti Ekonomi, menjelang UMPTN berkaitan de Sejarah, terdapat sub bidang Geografi, studi kemudian ngan bimbingan diberikan juga Matematika IPS Penulis adalah pemerhati hukum dan masalah sosial, alumnus FH UMA dalam dua kelompok, yaitu ke- Misalnya BPS mengelola Akademi Ilmu Statistik, Depdagri lompok ujian IPA dan kelompok ujian IPS-Bahasa. Setiap kelom- pok dibagi lagi dalam dua bagian, dan mengelola Sekolah Tinggi Peme- rintahan Dalam Negeri, Depkeh mengelola Akademi Ilmu Per- masyarakatan, Depkes mengelola Akademi Teknik Elektromedik Kependidikan. Sekolah Tinggi Akuntansi yaitu bagian Kependidikan Setiap peserta ujian yang memenuhi persyaratan dapat (ATEM), Depkeu mengelola mengikuti kelompok ujian IPA saja, atau kelompok ujian IPS Bahasa saja, atau memilih kelom- pok ujian IPA dan IPS - Bahasa. Tiap peserta ujian yang memi lih satu kelompok ujian IPA saja atau IPS-Bahasa saja, dapat memilih dua program studi. Yang memilih kelompok ujian IPA dan Negara, Deparpopstel mengelola Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata yang juga ada di Medan. IPS-Bahasa, dapat memilih tiga program studi dengan catatan sedikitnya satu dari kelompok IPS-Bahasa dan satu dari kelom- pok IPA. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa semua program studi pilihan peserta harus diambil dari satu bagian yang sama, yaitu dari bagian Kependidikan atau dari bagian Non Kependidikan saja. kesulitan biaya, perguruan tinggi yang dikelola sejumlah departe men selain Ditjen Depdikbud merupakan alternatif yang lebih sesuai, apalagi bila program studi yang tersedia sesuai dengan minat dan bakat siswa tersebut. dan Bahasa Inggris. Selain dilatih untuk menye lesaikan soal-soal dengan cepat dan tepat, para siswa juga di arahkan untuk menentukan fakul tas dan jurusan mana kelak yang sesuai dengan minat dan kemam- da. puan mereka di bangku perguruan Program intensive berlang tinggi negeri yang ada. sung secara ketat, serius, terpadu, Diberikan pula gambaran dari cepat dan lebih padat materinya seluruh Perguruan Tinggi Negeri dibandingkan dengan program- Diplomat pun Kuliah di PTS juga merupakan alternatif yang baik. BEASISWA Bila gagal di UMPTN, tetapi siswa yang bersangkutan sesung- guhnya potensial dan ekonomi tahun ajaran 1995/1996 langsung pada tanggal 20-21 Juni UMPTN ber 1995. Ini berarti tinggal sedikit lagi waktu bagi para siswa lulusan 1 Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) dan sejenis untuk 3 4 memunculkan dikenal dengan intensive. program baru nama test. Selain yang program orangtua paspasan, tidak usah putus asa. Saat ini banyak lem- baga pendidikan atau yayasan yang menyediakan khusus dalam Lembaga atau yayasan pembe- bentuk beasiswa. ri beasiswa yang sudah kita kenal luas adalah Yayasan Supersemar. Selain itu juga ada perusahaan ia bekerja, ia kuliah. Cara seperti ini sangat membantu beban orang tua, juga membantu diri sendiri. (Mangasi Butar-butar SE, dosen FE Univ. Sisingamangara- ja XII). dapatkannya, lanjutkanlah pen- Banyak orang-orang sukses merupakan alumnus PTS. Lensa biasa 2 Supersin" Menghilangkan ANALISA program sebelumnya. Dan yang menjadi materi pokoknya sama dengan program bimbingan test biasa, yaitu pengenalan soal berikut pemecahannya namun lebih mendalam dan lengkap. Sisi lain yang layak mendapat perhatian adalah, munculnya se- jumlah nama bimbingan test. Padahal selama ini kegiatan mereka untuk melaksanakan bim- bingan test biasa tidak terlihat. Namun, menjelang UMPTN (D-1), Diploma 2 (D-2), 3 (D-3) atau Strata-1 (S-1). besar. Bagi yang betul-betul Hanya saja kuliah di PTS swasta yang menyediakan dana membutuhkan biaya yang lebih beasiswa bagi mahasiswa ber- prestasi, misalnya PT. Djarum Kudus, Yayasan Toyota-Astra, Yayasan Dana Pensiun Indoce- PT. Wijaya Karya. ment, Selain lembaga dan yayasan di atas, PTS yang bersangkutan pun hal itu akan memberikan beasiswa bagi maha- siswanya yang berprestasi. Jadi paculah prestasi, sebab syaratnya tidak terlalu sulit, yaitu anda harus memiliki Indeks Prestasi Bagi yang gagal di UMPTN, sekali tidak mampu penyesalan di kemudian hari. Apakah hal ini benar atau tidak tergantung pada penilaian masing masing. USAHA EKSTRA Mengikuti Bimbingan Test sah- sah saja dan tidak dilarang. Bila dicermati ini salah satu usaha un- (IP) minimal 2,50. tetapi sama ikutilah kuliah di PTS manpun, terlebih dahulu kursus singkat yang siap pakai. Bila anda sudah tuk menggapai cita-cita. Boleh menyelesaikannya, cobalah mulai mencari pekerjaan walau dengan dikatakan bahwa mengikuti Bim- usaha imbalan yang kurang memuas- kan. Bila anda beruntung men- me reka datang dengan berbagai tawaran dan janji-janji khusus un- tuk program intensive yang hanya berlangsung sebulan. Setelah selesai program tersebut, aktivitas bimbingan test yang muncul men- dadak tersebut akan kembali lenyap. bila Tentu sangat disayangkan akhirnya citra bimbingan terkesan sebagai lahan untuk mencari keuntungan. Hanya test ka (R) Supersin bergaransi 1 tahun terhadap kerusakan coating. rena ulah sejumlah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. itu, bagi seluruh siswa akan mengikuti UMPTN di Untuk yang harap tidak terpengaruh dengan sejumlah janji dan promosi yang dilakukan oleh berbagai bim- bingan test yang tidak jelas Lagi pula bimbingan test bu keberadaannya. kanlah dewa penyelamat yang bisa memastikan bahwa seseorang itu pasti dapat lulus UMPTN. Karena, siswa yang me Program ini dilaksanakan se bulan penuh, dibagi dalam bebe rapa paket dan setiap paketnya tidak memiliki jumlah soal yang berbe miliki prestasi bagus di sekolah pada umumnya mereka inilah mengikuti Begitu Supersin" adalah merek dagang dari RODENSTOCK, terdaftar pada Dinas Patent Departemen Kehakiman No: 131574. Merek lain dilarang menggunakan istilah Supersin. gawang/pintu PTN. Sejuta harapan dijanjikan oleh Bimbingan Test dengan berbagai promosi tentang kesuksesannya dalam membimbing pelajar SLTA untuk berhasil memasuki PTN idola. Rasanya tidak lengkap bila mereka tidak mengikuti BT sebab mendatangkan daripada memakai jasa joki/ga didikan anda ke jenjang yang cok dengan bayaran yang lebih lebih tinggi sambil bekerja. Jadi mahal. yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk lolos dari UMPTN. Mereka jugalah yang biasanya mampu atau kaya, hal ini meraih hasil yang baik pula di bimbingan test. Kesimpulannya, pendidikan sesuatunya demi kelangsungan selama di sekolah dengan hasil anak-anaknya. memuaskan merupakan modal da pendidikan Bagi sebagian orangtua yang sar untuk mengikuti UMPTN. walaupun ekominya dapat Bimbingan test hanya melengkapi dikatakan "pas-pasan" tetap telah ada bertekad membiayai anaknya dengan cara kuliah "memaksa pengetahuan yang dimiliki para siswa. Untuk UMPTN tidak cukup hanya seke dar persiapan sebulan atau lebih, namun lebih dari itu merupakan perjuangan panjang melalui per- siapan matang. (Janri Purba Sidadolok mhs Fisip - USU) bingan Test merupakan ekstra. Supersin Lapisan anti refleksi dari RODENSTOCK Pantulannya 4 X lebih sedikit dari Multicoating biasa, sehingga keindahan mata anda terlihat lebih alami. Meraih jatah kursi PTN berkat usaha ekstra adalah lebih mulia bayangan hantu/semu disaat mengemudi kendaraan dimalam hari. Bimbingan Test akan melahir kan pengalaman bagi calon mahasiswa baik bentuk soal ujian, sistem dan ruang lingkup materi, sehingga calon mahasiswa tidak terkejut bila mengahadapį Bahan material dasar RODENSTOCK menahan sinar U.V. lebih baik dari lensa biasa, sehingga mata tidak cepat Katarak (mengeruh pada usia lanjut). Lensa Supersin KARTU GARANSI Mintalah Kartu Garansi Rodenstock Supersin bila anda membeli Lensa orisinil Supersin dengan logo Ryang terdapat pada lensa. Kuliah, Antara Gengsi dan Peluang Kerja Oleh: Drs. Sukarman Purba, M. Pd di Perguruan Tinggi. apapun tetap berusaha lulusan PT. MASS ASRIMITRA AD pedesaan, jarang kita dengar orang tua sam- pai rela menjual sapi, sawah, ladang demi menyekolahkan anaknya gelar sarjana. Dengan predikat sarjana mereka berharap anaknya bahwa apapun akan mendapatkan peluang ker- ja yang lebih memadai. Dengan kuliah di PT. demikian, HARUSKAH KE BT Dalam konteks ini, kita ditan- tang dengan pertanyaan apakah calon mahasiswa perlu untuk mengikuti BT? Biasa saja dijawab perlu dan tidak perlu, dengan Bisa saja penulis katakan tidak perlu mengikuti BT bila kita mempunyai keyakinan yang kuat akan kemampuan berdasarkan alasan fakta yang ada, jadi bukan- nya takabur semata. alasan masing masing. Khusus bagi calon mahasiswa yang mempunyai keyakinan yang kuat alias percaya diri boleh saja tanpa ikut BT, berhasil jebol PTN dengan alasan sebagai berikut : yang menyekolahkan kuliah Memberi bekal ilmu lebih memberi harta RADIO PANGGIL NASIONAL A baik benda. untuk anaknya ke PT. Mereka menaruh kepercayaan bahwa PT. merupakan lembaga "paling mujarab", yang menjan- jikan kehidupan yang lebih layak. Dengan demikian, PT. sering dimitoskan sebagai "Wahana Pengubah Nasib Kehidupan yang lebih baik di masa mendatang". Pada hal upaya memitoskan PT seperti sekarang ini sudah tidak relevan lagi dengan tuntutan daripada Namun jika ditelusuri lebih men- alasan dalam ternyata di samping tanggung jawab tersebut, tersem- bul juga alasan demi gengsi atau Mereka sangat bangga bila jaman. Karena semakin banyak harga diri keluarga. produksi" yang nota bene sebagai alumnus PT pada saat kelak anaknya mampu meraih ini menjadi pengangguran Hal ini merupakan masalah intelektual". yang serius jika dikaitkan dengan masalah ketenagakerjaan pada saat ini. Perguruan Tinggi masih dipandang sebagai salah satu peningkatan status. GENGSI Bila anaknya dapat kuliah di PT. mereka akan mendapat gengsi dan statusnya akan lebih isiatif dan kalau tidak badai. PENGANGGURAN belum tenaga latihan, harus Kedua, Bimbingan Test dan Peluang Lulus UMPTN medan ujian yang dosis. Bila DI kota-kota besar terutama di setiap ibu kota propinsi yang ada PTN, seperti kota Medan, maka Bimbingan Test (BT) boleh penulis anggap tidak bersemangat lagi, tidak ada sebenarnya, apalagi bila BT sering menyeleng- diujikan 1. Bahwa sebenarnya ujian yang di UMPTN bahan- garakan UMPTN mini, yang bahannya tidak lari dasarnya dari mata pelajaran mahasiswa motivasi yang luar biasa. Bahkan dasar- eks Bimbingan Test akan tidak jarang bila sudah duduk di cocok bila yang kewalahan menjalani perkuliahan di PT, sebab tanpa bimbingan memiliki disajikan di SLTA, atau masih gap sebagai wahana bagi dikatakan menjamur. BT diang- dikatakan sebagai UMPTN semu. latihan dengan memantapkan calon Sekaligus BT merupakan media jalan mahasiswa untuk membobolkan sendiri, kursi PTN kurang stamina dan semangat lagi. relevan dengan kurikulum yang tidak mampu merintis 9. Bahkan bagi mereka yang berlaku. berhasil meraih kursi PTN tanpa 2. Bahwa dengan mengikuti Bukannya menjelekkan, mengikuti Bimbingan Test Bimbingan Test terkesan kurang tidak semua, tapi "masih ada" memiliki prestise tersendiri hemat, yakni menambah biaya tentor BT berasal dari mahasiswa pengeluaran. Mumpung bila jatah finansial mencukupi. Kalau tidak, kemahiran mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal, dan lebih memantapkan mata pelajaran yang diajukan oleh guru. 5. daripada yang tidak masuk daftar mereka yang sudah banyak berkorban ke BT. perhitungan atau prestasinya. Di hal ini akan memberati orang tua. kampus "cukup-cukup makan" kalau tidak termasuk nomor cor- ot. Mungkin saja motivasinya menjadi tentor BT hanya menge- uang semata. 3. Kalau persoalan seorang calon mahasiswa mampu mandiri, berlatih sendiri dengan menguasai teori yang ada. Ataupun memiliki inisiatif untuk membentuk kelompok diskusi. Hal ini sangat urgen bila kelak sebab menjadi mahasiswa, mahasiswa harus memiliki in- kreatif yang tinggi, akan terhempas oleh belajar 4. Kemandirian dalam adalah modal utama untuk meraih sukses, sehingga bila kebehasilan masih membutuhkan Alasan orangtua KULIAH di Perguruan Tinggi (PT) sampai saat ini masih tetap didambakan oleh para lulusan SMTA. Para lulusan SMTA pada umumnya demikian getol membiayai anaknya, karena ingin menyelesai demikian bergairah, kan tanggung jawabnya selaku ingin menjadi mahasiswa dengan orang tua atas kelangsungan pen- masuk ke salah satu PT yang didikan dan masa depan diidam-idamkannya. Hadirnya anaknya. realita ini karena "status" mahasiswa rata-rata menjadi im- pian ideal bagi kebanyakan lulusan SMTA. Kegairahan para lulusan SMTA di dalam memasuki PT ini, kemudian berubah menjadi sebuah "obsesi". Sebuah ke- inginan yang menghentak-hentak dan sulit untuk dibendung. Diantara mereka banyak yang sekarang berpandangan yang terjadi. dibatasi bagi mereka yang "harus" tetap terlaksana. Seolah- berhasil mengantongi ijazah kesarjanaan. olah apabila tidak berhasil masuk PT. maka mereka beranggapan masa depan mereka menjadi suram dan tak menentu. SMTA ingin kuliah di Pandangan bahwa teraihnya. ijazah sarjana cukup penting sebagai bekal hidup di masa men- datang memang tidak salah. Namun, jangan sampai keliru dalam antusiasnya para sehingga tak pelak lagi memaksa daan' meningkat. Mereka akan menjadi berakibat orangtua untuk mempersiapkan uang sampai jutaan rupiah. Memang bagi orangtua yang terpandang. Pandangan, sikap dan pengakuan terhadap pen- didikan sebagai gengsi ini disebabkan oleh : menjadi masalah karena mereka pemerin- telah mempersiapkan segala mengantisipasi kea- sebab bila keliru bisa fatal. Bagi para lulusan SMTA yang oleh karena berbagai sebab tidak mampu untuk melanjutkan pen- didikannya ke PT, hendaknya jangan berkecil hati. bukan Pertama, pengakuan tah dan instansi birokrasi penerimaan pegawai. terhadap ijazah formal dalam Kedua, penghargaan terhadap yang masih kurang. kita Karena kesuksesan hidup seseorang di masa mendatang tidak hanya ditentukan oleh ijazah semata-mata. Kendatipun tidak memiliki gelar, bukan berarti masa depan seseorang kerja Masyarakat masih menilai orang dari prestsai kerja. ternyata yang menjadi suram atau tidak kemampuannya' ya" menentu. Lulusan SMTA yang langsung diharapkan tidak sesuai dengan Hal ini dapat dilihat pada bekerja misalnya, gaji yang yang diinginkan oleh pemakai Secara realistik kita lihat masyarakat tenaga kerja, dengan kata lain diperolehnya masih belum men- kualitasnya rendah. cukupi kehidupannya. Hal ini akan berakibat sebagian orangtua, walaupun dengan cara ja untuk tingkat sarjana banyak yang tidak memiliki gelar dan bahkan hanya memiliki Ketiga, kebutuhan tenaga ker- ijazah pendidikan dasar, cukup untuk sukses dalam hidupnya. Timbulnya "pengangguran inte setidak- an- lektual", ini disebabkan tidaknya ada tiga penyebab, tara lain : Pertama, jenis keahlian atau latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan; Hal ini dilihat setiap acara dapat wisuda pada berbagai Perguruan Tinggi, kelulusan untuk beberapa bidang studi, khususnya ilmu-ilmu sosial besar, sangat sementara yang diinginkan kalaupun tersedia kebutuhan sangat sedikit. kerja yang dibutuhkan, kualifikasi yang ketergantungan bimbingan secara besar terus akan menemukan kesulitan. Seyogyanya dibutuhkan pada urgen sekali. Bisa saja PTN dari menerus bimbingan hal hal yang jar 6. Bahwa dengan didukung kerajinan membaca, mengkoleksi buku dapat menjadi modal Halaman 13 masing-masing sektor pekerjaan tidak sama. $ EasyCall PT. TELEMATRIXINDO ALL ASYC SALE S O UTLET MEDAN (Branch) J. Gn. Krakatau No. 112 Pulau Berayan Telp. (061) 615313, 615210, 615160 Fax. (061) 612568 (Sales Shop) Sky Cross LL II Deli Plaza Blok B IV12, Medan Telp. (061) 538422 JAKARTA SELATAN (Head Office & Sales Shop) Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH No. 141 Telp. (021) 8309901 Fax (021) 8291284 BANDUNG (Branch) J. Trunojoyo No. 40 Telp. (022) 434701, 434861 Fax. (022) 434861 SURABAYA (Branch) J Ball No. 19 Telp. (031) 522318 Fax. (031) 522371 SEMARANG (Branch) JL. Bukit Puncak No. 7 Gombel Telp. (024) 471700, 472700 Fax. (024) 473203 Melihat kenyataan ini, janji- janji tentang masa depan yang lebih baik, nampaknya masih konvensional, sebab fakta mem- buktikan bahwa aspek formal pendidikan seperti ijazah, diploma, sertifikat dan gelar akademik belum dapat menjamin bersangkutan bisa hidup yang layak di masyarakat. Untuk itu, orangtua hendaknya mampu bersikap lebih bijaksana dan berfikir secara realistik, sehingga di dalam mengarahkan anaknya untuk berfikir realistik ke arah tuntutan pasar kerja ini, yang tidak hanya BATAM (Branch) Nagoya Plaza Hotel J. Imam Bonjol 9A Lubuk Baja Pulau Batam Telp. (0778) 454700 Fax. (0778) 452898 BALI (Branch) J. Imam Bonjol Utara No. 232 Denpasar Timur Telp. (0361) 232126 C AL L D E A E R PALEMBANG (Branch) JL Veteran No. 174 A Telp. (0711) 364242 (6 saluran) Fax. (0711) 352350 ASY S MEDAN (Dealer) PT. Primer Telaga Pagestu Jl. Cik Di Tiro No.68 Medan Telp. (061) 558325 MEDAN (Dealer) Giat Group Jl. Surabaya No.4 Pematang Siantar. Sumatera Utara Telp. (0622) 23439 MEDAN (Dealer) Fa. Tiara Wartel Jl. Imam Bonjol No. 15 Medan Telp. (061) 530308 pikiran telah mengalami ke- jenuhan dan lelah karena rasa mengikuti ujian dan test yang over menghadapi UMPTN menembus PTN. Begitu banyak alasan-alasan 7. Bukan mustahil ada juga BT diatas, tetapi yang lebih urgen un- yang lebih mengutamakan bisnis tuk menghadapi UMPTN mencamkan tekad "kemandirian"" adalah Kemandirian bukan berarti isolasi diri, tetapi tekad untuk maju pro- sentasenya tinggi yang berasal dari diri sendiri. (Surifman Tanjung- FH USU). daripada mutu. 8. Suatu hal yang mungkin ter- jadi bagi mereka yang sangat in- tensif mengikuti BT dirongrong oleh rasa bosan atau kejemuan karena kelelahan. Tenaga dan ANTARPROPINSI Di 8 (delapan) KOTA BESA MANDIRI Alasan di atas dapat menjadi motivasi dan kekuatan jiwa dan tekad bagi mereka yang tidak sanggup Test, misalnya karena mengikuti bimbingan faktor finansial, waktu, dan lain lain. BELI GRATIS 21 DENGAN KETENTUAN: • Layanan 6 (enam) bulan untuk 2 (dua) unit pesawat + Layanan 6 (enam) bulan untuk 1 (satu) unit pesawat GRATIS. • Berlaku mulai 5 Juni s/d 8 Juli 1995 (untuk semua jenis pesawat) SALES HOTLINE. (061) 615313 Call Indonesia 4cm 2cm