Tipe: Koran
Tanggal: 1994-11-16
Halaman: 08
Konten
2cm HALAMAN 8 Sembilan Tahun Berdiri, Peradah Bali Adakan Lokasabha Lamban Gerak dan Antisipasi, karena kurang Independen? Searah putaran jarum jam: Ngurah Bagus, IBG. Agastia, IGN. Gorda, dan Putu Alit Bagiasna. Bali Post/Dok karena peranan generasi muda Soal kegiatan yang dinilai dalam kehidupan bernegara condong mengikuti program sangat besar. Dibandingkan di pemerintah, ini menurutnya kalangan umat lain seperti Is- lantaran Peradah memang sa- lam, Kristen, dan Katolik, ia ngat mendukung program- mengatakan--mereka telah program pemerintah, baik se- memiliki pengalaman cukup cara nasional maupun daerah. panjang. Sedangkan Hindu ba- Tapi itu bukan berarti Peradah ru pada tahap kebangkitan" tidak memiliki program orisi- --pembaruan pada beberapa nal. "Sepanjang satu haluan, aspek. "Dalam kehidupan ber- ya, kita dukung program pe- merintah, mengapa tidak?" katanya. agama secara upacara memang sudah mantap, tapi pada bi- dang lain seperti sosial, ekono- mi, politik, masih kurang." Berimbang Memang, pemuda tak bisa melepaskan diri dari tugas- tugas keagamaan, termasuk dharma agama dan dharma ne- gara. Persoalannya, bagaima- na organisasi kepemudaan khususnya di kalangan Hindu, mampu mengaktualisasikan nya dalam tindankan nyata. Di sisi lain, proporsinya harus condong ke mana? Peradah ini menjadi catatan Namun soal independensi khusus I Gde Pitana yang da- lam lokasabha Peradah Bali ini duduk sebagai ketua panitia pengarah. Ia menilai, gerak Peradah Bali yang "lamban" dalam mengantisipasi masalah kepemudaan dan Hindu yang berkembang belakangan ini, karena Peradah kurang meng- utamakan independensi, meski secara formal ia menyebut diri sebagai organisasi yang inde- Bagi pemuda Hindu, tam- penden, tidak berafiliasi pada paknya yang dipentingkan ada- politik tertentu. "Independen- lah prinsip keseimbangan me- si Peradah secara informal ku- nuju perbaikan keadaan ke- rang, sehingga belum cukup beragamaan. Sebab, persoalan berani melakukan gebrakan- mendasar yang dilihat, masih gebrakan atau antisipasi terha- adanya umat yang beragama dap permasalahan yang mun- secara tradisi. Sehingga, ada- cul dan berkembang," kata- nya generasi muda yang mam- nya. pu mengemban misi agama sa- Berangkat dari penilaian itu, ngat penting artinya. Dan, di- Pitana menyatakan, dalam lo- harapkan tokoh-tokoh tua kasabha iní ia telah menyiap- mendorong keberadaan orga- kan konsep program untuk ma- nisasi kepemudaan. sa 4 tahun mendatang, guna di- Menurut Putu Alit Bagias- bahas dalam forum. Fokus na, Ketua DPD Bali Pemuda program antara lain peningkat- Hindu, sebagai wadah kaum an kualitas SDM yang menitik- muda berkiprah, organisasi ke- beratkan pada kepemimpinan pemudaan harus memiliki visi dan kewiraswastaan (tentu yang jelas sesuai peranan yang berdasarkan konsepsi Hindu). dapat diambil kaum muda. - Ini sebagai salah satu strategi kut campur orang atau sesepuh menuju kemandirian Peradah. diharapkan, tetapi dalam Tak mesti Satu batas-batas yang wajar--tidak Kenyataan tampilnya Per- mendikte--mau memberikan adah sebagai organisasi tung- kesempatan yang lebih besar gal secara formal, tidak bisa di- bantah. Kondisi ini jelas ku- kepada kaum muda. Di sisi lain, ia mengatakan rang menguntungkan, karena orang tua harus memberi ke- ada organisasi lain yang merasa sempatan kaum muda untuk tidak mendapat tempat-- mandiri--jangan mendidik bahkan ibarat anak tiri. Pemu- da kondisi ketergantungan. Se- da Hindu misalnya, posisinya bab, jika hal itu terjadi hanya seperti anak tiri, karena hingga akan mewariskan sikap kini belum diakui" orangtua- nya: Parisada. keragu-raguan, rasa takut, dan penuh prasangka. Malah orga- nisasi kepemudaan akan men- jadi "kerdil"--ibaratnya jadi bonsai. Wakil Sekjen Parisada Pusat Drs. Ketut Wiana, membenar- kan hal itu. Secara formal, katanya, memang Peradah yang tercatat diakui Parisada. Bagaimana dengan Pemuda Tapi ia melihat tidak ada masa- Hindu? Alit Bagiasna meng- lah antara Peradah dan pemu- atakan, pihaknya tidak ingin da Hindu yang perlu dipersoal- terlalu banyak membebani pe- kan. Lambat laun, katanya, a- merintah dan lembaga Hindu kan terjadi saling pengertian seperti Parisada. Fokus prog- antara keduanya. ram kegiatan diarahkan pada Bagi pemuda Hindu, kondisi pembangunan umat secara ini memang dak mempeng terutama aruhi dinamikanya. "Secara harusnya mengembangkan so- agama. Dan itu merupakan ke- cial force (kekuatan sosial) de- wajiban kaum muda Hindu-- ngan melakukan social control, karena nilai-nilai agama me- semangat membangun, "Seha- rupakan kekuatan tangguh rusnya ia mengembangkan menghadapi era globalisasi. mental-spiritual, nilai-nilai agama dalam meno- Dengan memahami nilai-nilai yang ada di luar Bali. Caranya, moral-spiritual tidak mem- pang dinamikanya -- mengem- itu mereka ada pegangan yang dengan mengadakan dialog de bangkan pemikiran - pemikir- jelas." ngan tokoh-tokoh agama. Di an nilai Hindu bagi ma- Prof. Dr. IGN Bagus, Ketua samping itu, pemuda Hindu syarakat," kata Drs. IGN Gor- Yayasan Dharma Yatra, meni- berusaha terlibat dalam gera- da, M.S., salah seorang peng- lai organisasi kepemudaan di kan sosial dan melawan segala amat masalah sumber daya ma- kalangan Hindu seperti "lesu bentuk ketidakadilan. darah". Ini mungkin disebab- nusia. kan faktor internal dan ekster- nal yang menggerogoti eksis- tensinya. "Peradah misalnya, cenderung dipengaruhi faktor BALI POST BIAS B Rabu Wage, 16 November 1994 Pemuda dan Kesa HARI Sumpah Pemuda (28 Oktober 1994 dan Hari Pahlawan (10 November 1994) baru saja berlalu. Dan kini kita berada di pengujung akhir tahun Pemuda, Olah Raga dan Wanita. Sepatutnyalah kita mere- nung sejenak untuk mencari dan memberi makna pada peranan pemu- da dalam konteks kehidupan berbangsa dari sudut pandang Hindu dan akar filsafatnya. Kisah lahirnya Kitab Bhagavadgita di tengah padang Kuruksetra, membutuhkan 18 bab bagi Kreshna untuk meyakinkan Arjuna akan peranannya sebagai kesatria yang harus melakukan peranan sesuai swadharma yang diembannya, karena karakter alamiah yang disandan- gnya. Sama sekali bukan karena urusan menang atau kalah, kembali atau tidak mahkota kerajaan kepada pihak Pandawa. Bukan pula kare- na dendam, melainkan semata-mata karena swadharma seorang ksa- Gandhi yang seorang pengagra tamatan sekolah hukum di Inggris, diterje kemudian melepas dasi dan jasnya dan menggantinya dengan sepotong diktato kain katun melilit tubuhnya. Begitu kesadaran juangnya bangkit, dia lim ya pun melepaskan, bukan hanya pakaian tetapi semua pamrih duniawi. sikap a Siap memimpin bangsanya menuju reformasi. yang p Pascakemerdekaan sudah hampir mencapai 50 tahun. Berbagai re- yang a Dal formasi dan restrukturisasi sudah mengambil peranan dalam perjalanan sejarah. Tantangan yang dihadapi bukan lagi masalah intern dalam "Lebi negeri, tetapi juga masalah mondial. Di Indonesia restruktirisasi politik purna dan ekonomi sudah hampir berusia 25 tahun. Restrukturisasi politik pelaks tidak melepaskan pemuda daritatahan sosial yang menempatkan pe- kewaji muda dalam jajaran lembaga, sosial politik, sosial ekonomi, maupun Sec sosial budaya. Dengan bendera Sustainable Development", struktur tukang yang adapun memperoleh pengabsahan untuk berkelanjutan. Di sinilah bentul Demikian pula peranan pemuda dalam suatu bangsa; membela masa kita harus berhati-hati terhadap istilah dan jargon yang biasa dipakai se- dalam depan bangsanya, dengan keyakinan dharma yang dianutnya. Pemuda tiap hari dalam mencari makna dan memberi makna terhadap gerak tukang bukan pekerja, bukan tukang, bukan petani, bukan orang yang mencari yang mempengaruhi setiap jengkal kehidupan bangsa, di mana pemu- rang p nafkah melalui pekerjaan. Mereka yang mencari nafkah melalui peker- da ada di dalamnya. Yang sustainable" atau berkesinambungan Slo jaan terikat hukum duniawi. Selagi disebut pemuda, ia memiliki pelu- adalah "development" atau perkembangan, kadang-kadang juga dise- "Kep ang emas untuk berbuat karma dan dharma sesuai awadharma. Kesatria dan pemuda adalah pemberani, karena dia tak berpamrih. Karenanya, dia tak pernah lari atau tertidur menghadapi tantangan. Pemuda dan ke- satria adalah insan yang aktif, bukan hanya raganya, tetapi pikiran dan keyakinannya tentang dharma (right actions), membuatnya menjadi pembela kebenaran dan keadilan. tria. but pertumbuhan. Pada dasanya, development adalah perubahan peper (change), jadi development adalah perubahan yang direncanakan kesatr membawa hasil positif. Lalu kata "progress" memperoleh relevansi Kre untuk mengukur, apakah perubahan itu menuju kemajuan. Banyak kesad ukuran yang menunjukkan kemajuan, sehingga kata progress itu tetap sadara valid. Namun progress itu sendiri adalah "barang" dinamis. Struk- hidup turlah yang harus mengikuti gerak dinamika, dan bukan sebaliknya. ataan Struktur dan prosedur adalah instrumen. Hanya jiwa progresif yang Per denga Sejarah perjalanan bangsa Indonesia memberi berbagai bukti akan peranan pemuda. Sejak lahirnya gerakan Budhi Utomo, Sumpah Pe- muda, perjuangan kemerdekaan melawan penjajah, kelahiran Orde bisa menghasilkan dinamika. Di sinilah pemuda sering terjebak. Demi wawa Baru. Pemuda Soekarno, sejak duduk di bangku kuliah telah menggelo- rakan semangat juang. Bung Karno sangat sadar bahwa organisasi adalah alat perjuangan. Elan dan kesadaran juang lebih penting dari para organisasi itu sendiri. Romantisme perjuangan yang menggelora dan meluap membuat Buang Karno menjadi pemimpin kharismatik pa- da zamannya. struktur dan prosedur, pemuda kehilangan progresivitasnya. Pemuda ada dalam tahap brahmacaria. Dalam tahap inilah pemuda pelay mengasah kemurnian "Trikaya Parisuda; berucap benar, berbuat be- orang nar, dan berpikir benar. Implikasi dari sikap Trikaya Parisuda adalah brahm sikap moralis yang setia pada keyakinan dan bersikap tanpa pamrih. prinsi Karena sikap kesatria mendahulukan kepentingan masyarakat daripa- Slo Suami Vivekananda hanya salah satu dari sekian banyak murid Ra- da kepentingan pribadinya. Sedangkan sikap progresif adalah sikap jangan makrisna Paramahansa. Hanya Vivekananda yang memiliki keberani- yang berorientasi pada kemajuan dan keterbukaan, saling menghargai ma). an dan kesadaran juang untuk mengangkat ketidakadilan di zaman pen- pendapat dan menerima perbedaan pendapat. Masyarakat yang men- mua u jajahan, dan membuat dunia memahami hindhuisme. Pada forum Ma- gakui dan menerapkan ahimsa sebagai sradha, seyogyanya menyadari Pen jelis Agama Sedunia di Chicago Vivekananda menegaskan, negara ter- bahwa ahimsa mempunyai implikasi "jalan damai", sebagai lawan maya, jajah tidak memerlukan belas kasihan berupa pembagian roti dan susu dari hukum kekuatan yang bersumber dari hukum "survival of the denga seperti dilakukan kaum misionaris. Yang lebih penting, kebebasan fittest". berpikir untuk menentukan nasib sendiri. Vivekananda menempuh per- jalanan ke Amerika tanpa uang yang cukup di sakunya. Dan setiba di Amerika tak satu sen pun tertinggal di sakunya. KITAB suci Weda ibarat Konsep Mahabharata inilah lembu suci yang susunya diper- yang dijadikan dasar untuk ah oleh Sri Kreshna menjadi membentuk ormas-ormas Hin- Bhagawadgita. Arjuna atau du pada dasa warsa enampu- Sang Partha yang meminum luhan yang lalu, oleh tokoh- hagiaa Ahimsa dalam pengertian yang seluas-luasnya berarti tidak mem- na ma bencanai orang lain dalam bentuk ancaman (kekuatan) sekalipun. denga Dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, seharusnya ahimsa Ormas Hindu susu Bhagawadgita itu dapat tokoh Hindu setelah terben- Hindu di lapangan, sedangkan bangkit kembali dari keragu- tuknya Parisada Hindu Dhar- yang bersifat dharma agama, raguan dan sadar dengan kebu- ma, 1959. latan tekad maju bertempur se- sepenuhnya wewenang PHDI Prajaniti Hindu Indonesia TANPA mengecilkan peran- DPD Bali Perhimpunan an kaum muda Hindu selama Pemuda Hindu Dharma ini, apalagi melihat proses ke- (Peradah) Indonèsia, 16-18 lahirannya hingga muncul dua November ini, mengadakan organisasi yang hingga kini ma- sih kokoh dengan pendirian- tokasabha (musda), sesu- nya, Peradah dan PHI (Pemu- dah sembilan tahun berdiri da Hindu Indonesia), harus di- (1985). Padahal, AD/ART akui, masih banyak hal yang organisasi kepemudaan di harus dibenahi, terkait dengan "jalur" Hindu ini meng- Hindu maupun kepemudaan. amanatkan lokasabha se- Meski secara keorganisasian, tiap 4 tahun sekali. Me- baik Peradah maupun Pemuda Hindu masih tergolong muda-- nyongsong musda itu, Divisi baru sekitar sembilan tahun. Agama Bali Post menurun- Dalam masa perjalanan itu, kan liputan khusus. Warta- jika boleh dikatakan, cukup wan Bali Post Dwikora Pu- banyak batu sandungan -- ter- tra dan Legawa Partha me- masuk masalah-masalah kru- sifatnya masih sesaat. "Tidak ketergantungan pada birokrat pada proporsi yang sesungguh- menguji kesungguhan misinya. Arjuna bangkit karena sadar a- ubah menjadi Badan Perjuang- Siswa Hindu Dharma), ISHD rangkum pendapat seputar sial di tubuh Hindu. Di sisi lain, organisasi kepemudaan Hindu eksistensi Peradah, Juga dalam gerakannya, oleh se- ada beberapa tulisan pen- jumlah tokoh dinilai larut de- damping. ngan program pemerintah. Pa- ADMAN dahal, kaum muda Hindu, se- Umadui Asri Namun ini memiliki ormas-ormas se- perti GTHD (Gerakan Taruna Hindu Dharma), WHD (Wani- ta Hindu Dharma), GMHD Dharma), GSHD (Gerakan (Gerakan Mahasiswa Hindu ma. Namun konsep kelembaga- an dan keormasan Hindu yang idealis itu, dalam perjalanan- nya banyak mengalami berba- gai hambatan. Karena ada yang berpendapat PHDI saja cukup, dan lembaga itulah yang difungsikan di segala bi- dang. Untuk tidak menimbul- kan kesan adanya saling mere- but pengaruh di kalangan umat Hindu, banyak tokoh ormas Hindu itu tidak aktif lagi di or- ganisasinya, dan lebih aktif di PHDI. Timbulnya perbedaan itu, karena kurang adanya dialog sehat untuk menumbuhkan ke- samaan persepsi tentang kon- sep dasar yang dijadikan lan- DANA PUNIA ANDA pengaruhi gerak kami, tapi se- cara kenegaraan jelas meng- hambat. Ini cobaan bagi pemu- da Hindu, cobaan pada ke- sungguhan kami menegakkan Putu dharma," kata Putu Bagiasna. suai swadharma (profesi) seo- Sebagai tindak lanjut dari Keberadaan Peradah yang rang kesatria. Arjuna bertem- pemikiran tersebut, dibentuk Di sisi lain, ada penilaian, Bagiasna menolak mengata- gerakan kaum muda Hindu kan organisasi yang dipinipin- secara formal sebagai single pur bukan didorong oleh ke- lah Badan Perjuangan Umat khususnya di Bali, masih bersi- nya militan. "Kami hanya majority ini sesungguhnya kon- bencian atau mencari populari- Hindu Bali pada 5 Juni 1965, fat sporadis--masih reaktif pa- mencoba menempatkan diri disi yang menyulitkan untuk tas maupun kedudukan tinggi. dan setahun kemudian ber- da persoalan yang muncul dan nya. Artinya, keterlibatan itu Sebab, tidak ada pembanding kan swadharmanya sebagai ke- an Umat Hindu Dharma, ber- dan orang-orang tertentu. berkesinambungan." dan sekaligus perbandingan, satria untuk melindungi dhar- ubah lagi namanya menjadi (Ikatan Sarjana Hindu Dhar- selalu Konsekuensinya, kata Ba- tak lepas dari idealisme yang mendasari kelahirannya. seperti jika ada organisasi -or- ma dan menghancurkan adhar- Prajaniti Hindu Indonesia ta- ma) dan gendrang Budaya Swastika Hindu Dharma. De- Dalam Bharatayuda, hun 1968. Badan ini menegas- mikianlah, Prajaniti Hindu In- Seharusnya, kata dia, mereka gus, gerakan yang muncul ti- melakukan tindakan yang le- dak akan pernah spontan, se- Sedangkan I Wayan Sudirta, ganisasi kepemudaan lain yang ma. Kreshna tidak bertempur, na- kan dalam anggaran dasarnya, bih nyata--mengadakan suatu bab berdasarkan kepentingan S.H., salah seorang penggagas juga berdya. Maka pengaku- donesia dengan ormas- ormasnya ibarat Pandawa de gerakan-gerakan yang sifatnya kepentingan tertentu. Misal- Peradah, dan mantan Ketua U- -nyebelahnya. Maka pengaku- mun Sri Kreshnalah yang bahwa PHDI adalah satu- mentransformasikan nilai-nilai nya kepentingan politis. Mesti- mum Pemuda Hindu menilai, an terhadap eksistensi organi mengatur semua kewajiban satunya majelis tertinggi umat nya bagaimana sebagai pemu- sebagai organisasi umat, Per- sasi pemuda Hindu lain, di dan tugas dari Pendawa dan se- Hindu. Ini berarti, Prajaniti ngan putra-putra serta sekutu- da Hindu mampu menjawab adah harus bersikap indepen- samping Peradah, sesungguh- mua sekutu maupun putra- Hindu Indonesia sebagai pe- nya yang berada di garis dhar- laksana sosial politik keumatan persoalan umat--memecahkan den dan tidak ikut campur trik- nya sangat perlu. Agastia juga putra pendawa. dan memberi solusi terhadap trik politik. Ia melihat Peradah sepakat akan hal ini. "Tak ha- persoalan kehinduan mulai berbelok dari idealisme nya Peradah yang harus diakui sehingga mampu menyodor- awal. "Tampaknya idealisme Parisada, makin banyak makin kan format Hindu yang ideal, yang mendasari kelahiran Per- baik, sehingga ada mitra kerja sekarang dan mendatang. Ti- adah sudah banyak yang dise- untuk berbagi tugas dalam lewengkan. Harusnya pembangunan umat," dak hanya melakukan kegiatan independen--tetap sebagai or- nya. yang sifatnya formal. Kondisi ini, lanjut antropo- ganisasi keagamaan," ujarnya log itu, menyebabkan banyak sembari menambahkan, jika umat yang kurang mendapat organisasi yang bernafaskan a- pengayoman--secara nasional gama ikut-ikutan "masuk" or- umat yang ingin mencari per- sospol, akan celaka. lindungan sosial tidak me- "Sekali lagi agama jangan di luar daerah Bali-- untuk me- nemukan tempat. Mestinya ditarik-tarik ke kepentingan Peradah Bali dan organisasi politik. Dan Peradah harus lancarkan geraknya sebagai se- buah organisasi kepemudaan pemuda Hindu yang lain mam- kembali ke fitrahnya," papar- pu mengambil peran itu, serta nya. Dan, tambahnya, masalah yang berlandaskan konsepsi Hindu. "Peradah Bali berada bagaimana "daerah inti" mem- agama harus dipecahkan me- di tengah-tengah umat yang beri inspirasi bagi pembangun- nurut aturan, etíka, dan sema- mayoritas Hindu. Selain itu, an umat di kantong-kantong ngat keagamaan. Namun, Drs. IBG Agastia, mudaan desa adat seperti seke- ada lembaga-lembaga kepe- Hindu yang lain. "Harusnya, kaum muda Hindu bergerak Ketua DPD Peradah Bali, ha teruna, yang bisa diajak ber- dalam konteks wawasan ke- membantah Peradah dekat de- bangsaan secara lebih dinamis. ngan birokrasi. Jika pun ada koordinasi untuk mewujudkan Peradah. program-program dan kedekatan, itu, katanya, tetap Untuk mewujudkan program masalah-masalah kemanusiaan dalam arti yang wajar, yakni kerjanya, Peradah Bali didu- secara lebih luas. kemitraan. Ia juga menolak ji- Sedangkan Gorda melihat, ka dikatakan Peradah berafi- kung banyak aktivitas kea- gamaan dan budaya," kata Pi- program-program yang diang- liasi ke salah satu orsospol. Ta- tana yang duduk di bagian lit- kat masih terfokus pada dhar- pi itu sifatnya hanya koordinasi bang Peradah itu. ma negara. Ini dapat disadari yakni lewat KNPI. Anda inginrumahdengan lingkungan ASRI-NYAMAN-AMAN bergabunglah bersama kami PT. BINADIKARA QUARTACONS Tersedia Type Mawar/150 Fasilitas: Lingkungan tersendiri tampak depan 1100200 200 100 450 200 Melati/200 Listrik PLN 900 Watt Air bersih+pompa Taman dan fasilitas umum KPR 15s/d20 tahun Jalan lingkungan 6m Hubungi: PT. BINADIKARA QUARTACONS JI. Gunung Agung No.156 Lt. II REI: 13.00058 Ijin Prinsip: 593.82/2834/T. Pem. Ijin Lokasi:29/SK/IL/KDP/94 IMB: 1310 Tahun 1994 Telp: 423391,423412 HANYA 21 UNIT LOKASI HANYA DENGAN TANDA JADI SEBESAR Rp. 500.000, MILIKILAH PERUMAHAN NYAMAN LOKASI STRATEGIS KRISNANTARA PERMAI CANGGU TERSEDIA TIPE: 21/70, 21/80, 36/100, 45/125 DENGAN FASILITAS KPR BTN, AIR PDAM, LISTRIK PLN U Hubungi segera bagian pemasaran kami: PT. KRISNA WIDYATARA No. REI: 13.00059 Jln. Raya Sesetan No. 106 Denpasar-Bali Telp. 235947 e Denpasar- ke Kuta C 3307 C. 3088 Menjawab agama BARU DI BUKA TOKO BAHAN BANGUNAN UD. SUMBER MAKMUR BANGUNAN Jl. Raya Kuta No.23 Kuta - Bali Harga Promosi MURAH MURAH MURAH PENGIRIMAN CEPAT Kayu Kalimantan Kaca-kaca Nako ●Seng-seng ●Besi Beton Keramik - Porselin Asbes, dll Triplek2-Playwood Pipa + Siku-siku besi Semen-semen O Cat Kayu/Cat tembok Pipa2 Paralon Jual eceran dengan harga partai C. 3246 kata- Sedangkan I Gde Pitana ber- pendapat, akan sangat sayang jika Peradah Bali sampai "ma- cet". Karena banyak faktor pendukungnya yang "istime- wa" dibandingkan Peradah Bali Post masih menerima titipan dana punia Anda, yang dimuat setiap Rabu, untuk beberapa pura yang memerlukan antara lain: Pura Pancaka di Mataram, Pura Segara Suci di Jateng, Pura Raksa Wira Bengkalis di Riau, Pura Petitenget di Krobokan, Pura Gelap Besakih, Pura Waikabubak di Sumba Barat, Pura Jagat Sebudi di Karangasem, Pura Dharma Jati di Jatim, Pura di Irian Jaya, Pura Giri Shanti Bhuwana Nganjuk di Banyuwangi, Pura Bukit Amerta di Banyuwangi, Pura Bukit Dharma Durga Kutri dan Gianyar, Pura Siwa Prasta di Lobar, Pura Mandhara- giri Semeru Agung di Jatim, Pura Ranget di Lobar, Pura Ling- kuk Bune di Lobar, Pura Ujung Desa di Mataram, Pura Sekar- taji di Jatim, Pura Boyolali di Jateng, Pura Blambangan di Jatim, Pura Maospahait di Canggu, Pura Gunung Pengsong di Lobar, Pura Pengubengan di Besakih, Pura Desa/Puseh Desa Adat Denpasar, Pura Pucak Tinggah di Tabanan, Pura Pucak Sangkur di Tabanan, Pura Adya Dharma di Salatiga, Pura Giri Indralokha di Jambi, Pura Kerthi Bhuwana di Lampung, Pura Ulun Danu Batur di Songan Kintamani, Pura Dalem Kusha Agra di Mataram, Pura Giri Kusuma di Bogor, Pura Jagat Natha di Riau, Pura Wisnu Murti di Klaten Jateng, Fera Dhali Agrahita di Malang, Pura Payogan Agung Mulawarman di Ku- tai, Pura Agung Kertha Bhuwana di Kediri Jatim, Pura Agung Utara Segara di Bitung, Pura Bukit Indrakila di Desa Dausa DAPATKAN PAKET KHUSUS dari "SELEX PHOTO COPY" TYPE. GR 2010 TERBARU Hanya dengan Rp 364.600,- Kredit 24 Bulan Bunga: 0% per bulan 20 CPM APS ACS MONO Kintamani Bangli, Pura Dharma Sari di Mataram, Pura Jagat Natha di Jembrana. Rp 103.232.007 untuk Pura Mandharagiri Semeru Agung di Jatim Tude Sudarma, Mataram Putu Widhiasa, Jl. Suli Gg. V148 Dps Jumlah yang dimuat hari ini Jumlah yang dimuat hari ini Jumlah penerimaan seluruhny dasa nisa Le D pem telah sion du p ki yak lem fat nal pad lam Hy tura dra Hin sar sum ga u lain ban S B sau lang Kon tum kak deri Gd. Rp 10.000 mer 10.000 gia Rp 20.000 S riat den sar Rp 103.212.007 Rp 103.232.007 Rp 6.448.375 untuk Pura Boyolali di Jateng Putu Gede Wirabakti, Jl. Karangan X5 Dps Jumlah penerimaan sebelumnya ma Jumlah penerimaan seluruhnya DAIHATSU ZEBRA VAN SUPER BONUS ZEBRA VAN'94 BEBAS DEMPUL Uang Muka 20% bers Ged Irwi Fell Rp 2.500 Jum Rp 6.445.875 Jum Rp 6.448.375 Jum AKARI MEMANG D Bonus Tambahan TV atau Kulkas Door...! Letusan peluru Rambo teras 1490-MRN karena dihubungkan den 90A maka hadirlah bioskop kecil di r COMPONEN ASTRAMOBIL Minggu Tetap Buka Air Condition Radio Tape • Stabilizer Safety beli Kaca Film BONUS PERSEDIAAN TERBATAS Juga Tersedia GTL • Zebra PU Delta BERHADIAH ISTIMEWA Feroza Taft GT Classy ● Wheeldop Peredam panas Karpet Parfum Hubungi: BALI: J Setiabudi S2C-520 Phone (0361) 436631 (Hunting) Fax (0361) 420282 NTB J. Pejango 115C, Phone/Fax (0364) 31214 Mataram SUMBAWA J. Diponegoro 268, Phone/Fax (0371) 22012 Sumbawa NTT J Etari 20, Phone/Fax (0391) 33680 Kupang SUMBA J. Etar 46, Phone/Fax (0386) 21969 Waingapu PT. RADIANCE FLORES J Pahirwan 37, Phone/Fax (0381) 21981 Enda BUSINESS MACHINE SPECIALIST TIM-TIM J. GOV Alves Aldeia 18, Phone/Fax (0390) 22757 D MALUKU J. Diponegoro 53, Phone/Fax. (0911) 41558 Ambon C 3050 Hubungl Winner PT ASTRA International Dalbatee Sales Operation Cabang Sanur By Pass I Gusti Ngurah Rai 17, Sanur Telp. (0361) 288323, 288345, Fax 288002 PT ASTRA International Dalhatse Sales Operation Cabang Teuku Umar J. Teuku Umar No.26 Telp. 226945, 221870, 221871, Denpasar PT Bintang Lastarl Mater J. Teuku Umar No. 85 Telp. (0361) 237010 PT Sakah Jaya Motor, Desa Sakah Telp. (0361) 262474 Glanyar C. 3303 Color Rendition Chart 4cm
