Tipe: Koran
Tanggal: 1995-09-25
Halaman: 08
Konten
2cm 4cm HALAMAN 8 Persaingan di Antara Perusahaan Penerbangan Bali Post Mengikat Konsumen dengan Hadiah dan Iming-iming PARIWIS REBUTAN potongan "kue" pasar jasa angkutan udara di dalam negeri makin seru. Kondisi ini menurut Ketua Inaca Soelarto Hadisumarto merupakan hal yang sudah jamak dan dapat dimaklumi. Pasalnya, pangsa pasar jasa angkutan udara dalam negeri hampir 45 persen dikuasai maskapai penerbangan pemerin- tah Garuda Indonesia. Sisanya diperebutkan Merpati Nusantara, PT Sempati, Mandala, dan Bouraq serta sejumlah perusahaan carter. terusan terpadu antarpenerban-, erbangan dan sesudah penerban- gan membayar iuran PCC senilai mudahkan dan meringankan be- gan ini diharapkan dapat men- gan menjadi garapan intensif, un- Rp 120.000 setahun, di samping ban kerja kalangan agen perjalan- ingkatkan kinerja jasa transpor- tuk mengikat konsumen menja- tarif khusus bagi pemegang kar- an wisata, terlebih yang melay- tasi udara. di konsumen fanatik atau setia. tu dan anggota keluarga (istri/ ani tamu berkelompok. Untuk layanan khusus bagi ka- suami, anak). Kemudahan pelaporan ke- langan konsumen potensial, Produk ini diperkuat dengan berangkatan ini, juga dapat di- muncul aneka bentuk kartu lang- semacam arisan di udara, undi- gunakan penumpang yang beper- ganan. Sempati dengan kartu an khusus "Terbang dan gian sendiri, yang tidak dilayani PCC-nya (Preferred Connection Senyumlah bersama Sempati" agen perjalanan wisata. Cukup Card, Garuda' melalui GeCC- dengan hadiah televisi dan mo- datang ke kantor dengan fasili- nya, Bouraq dengan BFFC bil. Bila terjadi kelambatan ke- tas city check-in, memastikan ke- (Bouraq Frequent Flyer Card). berangkatan, berarti terlambat Menyusul produk hotline service dalam pemesanan tempat duduk, kemudian diikuti sistem city check-in. sampai di tempat tujuan disiap kan voucher yang dapat dipakai membeli tiket perjalanan selan- jutnya. berangkatan dan petugas akan menukar flight coupon dengan boarding pass. Kalau akan ke luar negeri, siapkan paspor dan visa yang diperlukan. Dengan boarding pass tersebut, kon- sumen tidak perlu antre di ban- dara, cukup melaporkan bagasi yang dibawa pada counter yang disediakan. Bila calon penump- ang berangkat tanpa bagasi, da- pat langsung ke ruang tunggu. Di samping meningkatkan kualitas pelayanan, sistem ini juga yang akan diharapkan men- jadi tolok ukur keberhasilan se- buah perusahaan penerbangan. Meskipun pemerintah masih mengendalikan masalah tarif dan menetapkan rute- rute layanan, tetapi juga telah membuka pelu- ang maskapai penerbangan berkompetisi menggunakan pe- sawat tercanggih. Peluang itu memberi warna baru dalam bis- Menurut District Manager Lain halnya dengan Bouraq, nis transportasi udara dilihat (DM) Sempati Air Denpasar Pra- kata DM Bouraq Denpasar, W dari kekuatan armada yang di- hasta N. Zulkarnain, layanan se- Suparsa, S.E., pemegang kartu gunakan, bisa dikatakan sudah belum keberangkatan merupakan BFFC dengan iuran Rp 25.000, mendekati kesetaraan standar akses penting untuk menggaet mereka mendapat fasilitas baga- pesawat, antara satu maskapai penumpang. Sah saja bila maska- si 30 kilogram (tambahan 10 ki- dengan lainnya. pai penerbangan yang menjanji- logram dari standar yang ada), Akses kan penerbangan tepat waktu ini tambahan diskon 5 persen, hak Sistem ini kemudian dilaku- Makin ketatnya persaingan memberikan pelayanan khusus stop over tanpa tambahan biaya, kan Sempati Air dengan uji coba bisnis, memaksa perusahaan pen- bagi pemegang PCC-nya seperti diskon pada penerbangan 1 April layanan di wilayah Jakarta, ke- erbangan melakukan terobosan jaminan memperoleh tempat dan hari jadi pemegang kartu. mudian diperluas ke beberapa ka- baru dalam bidang pelayanan. duduk dalam keadaan mendesak, Diskon 25 persen bagi istri/sua- wasan di luar Jakarta, termasuk Baik pada layanan sebelum pen- penggunaan ruang tunggu ek- mi dan anak dari pemegang kar- di Bali. Menyusul maskapai pen- erbangan, dalam penerbangan sekutif. tu, bila bepergian bersama. erbangan Merpati Nusantara maupun sesudah penerbangan. Sementara pihak Mandala yang sampai saat ini baru dilay- Bila dalam tahun- tahun lalu, PCC mendapat bonus istimewa Air, sampai saat ini belum me- ani di wilayah Jakarta, Sema- maskapai penerbangan cen- nyiapkan layanan khusus sebe- rang. Juli lalu, Garuda meningkat- derung menitikberatkan pada lum penerbangan, ungkap DM pelayanan sebelum penerbangan, Mandala Denpasar I Gst Made kan sistem city check-in dengan terkait langsung dengan masalah Lesmana Putra, S.E. Bisa dimak check-in via telepon. Pola ini ticketing. lumi, maskapai penerbangan ini, kata Tony tepat bagi daerah yang baru mengembangkan sayapnya pasarnya kalangan pengusaha dalam penerbangan berjadwal. yang mobilitasnya tinggi. Den- Mereka masih melakukan gan sistem ini, tingkat pembata- pemetaan konsumen dan lan keberangkatan belum terda- kecenderungan kiat mengikat ta. Lain halnya dengan sistem se- pengguna jasa. Namun beberapa belumnya, masih ditemukan kalangan pengguna jasa menilai pembatalan keberangkatan oleh layanan penerbangan dalam konsumen pemegang boarding maskapai ini tidak kalah dengan pass. maskapai penerbangan lain yang sudah mapan. Iklim persaingan yang ketat menguntungkan konsumen, teta- ini, mendorong tumbuh suburn- ya kiat- kiat kreatif manajemen jasa yang satu ini. Dari kiat se- hat sampai tidak sehat. Contoh perang diskon yang justru mem- buat kinerja keuangan maskapai dalam negeri menjadi "sakit". Kondisi yang masih dinilai pi menggerogoti bisnis berpros- pek cerah itu, mengharuskan pe- merintah turun tangan menenga- hi. Muncul kesepakatan mengh- entikan perang diskon dengan menetapkan diskon resmi bagi kalangan tertentu. Menggunakan sistem endorsable ticket, tiket Sekarang, layanan dalam pen- Sekarang, pemegang kartu sesuai panjangnya jarak terbang yang sudah dijalani. Mereka juga memperoleh kesempatan ber- langganan satu terbitan surat ka- bar atau majalah dari enam pili- han selama setahun, hanya den- LINTASAN WISATA POMAAN KELUARGA BESAR GOLONGAN KARYALUR 8 THE GRAND BALL BEACY Manajemen The Grand Bali Beach baru-baru ini menye- lenggarakan "Penataran Keluarga Besar Golkar Jalur B" untuk para karyawannya, berlangsung selama sembilan hari. Dalam gambar tampak GM IDN Darma Setiawan memukul gong sebagai tanda dibukanya kegiatan ini. Untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan tamu, baru-baru ini selu- ruh kepala bagian dari Bali In- tan Cottages, Paon Mas, dan Restoran Putri Duyung men- gadakan pelatihan keahlian so- sial dan penanganan keluhan yang diselenggarakan bagian pelatihan hotel ini. SINDU ALUMINIUM Konstruksi Baja, Pintu Harmonika, Pintu Harmonika model plat roll, Rolling door. JL. P. BACAN 27 TELP. 224778, 222538 Kusen Aluminium, Rak Aluminium, FAX: 224778 DENPASAR Tenda Krei. Railling Tangga Alumi nium.Vertikal Blinds. Kasa Nyamuk STAINLESS STEEL C. 3215 ehopal Check-in via telepon baru dimulai di Jakarta, akan diperluas di Surabaya. Untuk layanan di Bali, menurut Tony cukup den- gan pola sebelumnya yang dinilai lebih tepat dengan pangsa pasar Garuda dari Bali. "City Check-in" Laju pertumbuhan jasa trans- portasi udara didukung perkembangan teknologi, meng- hasilkan produk kemudahan baru bagi konsumen, memperingan Kalau Garuda mengembang- beban terminal keberangkatan kan sistem check-in via telepon, dan meningkatkan kinerja peru- PT Sempati menawarkan layan- sahaan. Produk itu berupa sistem an teleticketing BCA Card. city check-in baik menggunakan Sistem ini baru diuji coba di fasilitas DCS (departure control Jakarta, jelas pihak Sempati. system) maupun tanpa DCS den- Untuk lebih meningkatkan pel- gan memindahkan terminal pel- ayanan sebelum penerbangan, aporan keberangkatan penump- dua maskapai penerbangan ini ang ke dalam kota. memberikan tambahan layanan Pola ini dirintis Garuda Indo- bagi pengguna jasa city check-in nesia sejak tahun 1993, dimulai, yaitu transportasi gratis ke ban- dari Jakarta, Surabaya, dan Ma- dara. lang. Tahun 1994, di Bali disiap- kan enam kantor penjualan tiket SOB dan Sandiwara Memanjakan konsumen. Garuda yang memiliki fasilitas sudah menjadi komitmen bagi city check-in. Sistem ini, menu- kalangan pengelola jasa angku- rut Direktur Pelayanan Darat tan udara. Mereka tidak saja Garuda, Tony Sonawijaya sangat memberikan aneka kemudahan mendukung pelayanan pariwisa- sebelum penerbangan, dalam ta di Bali. Hampir 80 persen penerbangan pun "iming-imi- pengguna jasa penerbangan ng" aneka hadiah berhamburan. Garuda ke luar negeri meng- Pasalnya konsumen dalam negeri gunakan sistem ini. Pola ini me- tidak lagi mempertanyakan tarif DISTRIBUTOR BAJU KAOS COTTON 20/S... Rp. 46.800/LS Hub: Agus JL. RATNA VIII/1 DENPASAR. TELP. 0811393162 juan. penerbangan, tetapi melihat pada kondisi pesawat, kenyamanan, keamanan, ketepatan mencapai tu- Kemudian, apa yang dapat diberikan dalam pen- erbangan tersebut, baik berupa hiburan atau seka- dar permainan mengisi waktu. Masalah tarif, un- gkap seorang pengguna jasa, untuk di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan di negara-negara tetangga. Tarif ini makin murah dengan diberikan- nya diskon- diskon, Kembali pada masalah mengisi waktu pener- bangan, Sempati Air kata Prahasta tidak hanya penerbangan tertentu dan jenis pesawat tertentu melakukan permainan sandiwara di udara. Untuk penumpang mendapat sajian hiburan. "Cobalah terbang dengan armada baru kami Fokker-70, den- gan monitor televisi di masing-masing tempat duduk." katanya berpromosi. Hiburan dalam penerbangan F-70, diakui be- berapa konsumen lebih apik dibandingkan dengan apa yang ada pada penerbangan menggunakan pe- sawat air bus-nya. Bagi penumpang yang enggan HARGA PROMOSI 100 SENIN PAING, 25 SEPTEMBER 1995 menonton atau mendengarkan musik dalam pener- bangannya, bisa membaca. PT Sempati menyiap- kan sejumlah koran dan tentunya in flight maga- zine yang lazim dikeluarkan maskapai penerban- gan. Selain disiapkan produk hiburan film atau musik, beberapa penerbangan menyiapkan aneka cendermata dalam paket sale on board (SOB). Pa- ket ini dapat dinikmati pada penerbangan Garuda, Bourag atau Merpati. SOB, tidak saja memasar- kan produk kerajinan, juga beberapa produk kos- metika bagi kaum pria maupun wanita, mainan bagi anak-anak serta aneka peralatan kantor. Bahkan penerbangan Garuda, menyiapkan barang SOB dengan tarif khusus pada rute pener- bangan tertentu yang lebih rendah dari tarif yang berlaku pada SOB penerbangan lainnya. Berkaitan dengan aneka bentuk layanan itu, Ketua Inaca Soelarto Hadisoemartó mengingatkan, kiat-kiat tersebut sekadar pengisi waktu dan menu- tupi hal-hal yang tidak diinginkan. Konsumen, menggunakan jasa transportasi udara bukan kare- DDUTA AGUNG ELECTRONIC Jl. Diponegoro 78, Telp. (0361) 262772 Denpasar Melayani Cash & Credit Hadiah Langsung masih ada selama persediaan Melody GROUP SONY National DAEWOO Panasonic KENWOOD alwa COVINA ZM MODENA KOMPOR GAS JUAL: TV, KULKAS, KOMPOR, AUDIO, DLL na aneka hadiah, ataupun kemuda disebabkan waktu tempuh jasa relatif lebih cepat dibandingkan lainnya. Dia juga mengakui, sah saja bila setiap maskapai penerba Wiswa dewata at SERAY Special bergerak di bi ARSITEKTUR TE (Interior - Exterior - F -Tempat suci - Rumah tinggal 4 Produksi terbaru berco pada Show Room kami Silakan datang pada k PEMBAYARAN KONT HEAD OFFICE: Jl. Hayam W SHOW ROOM: Jl. Raya Bat C.3474 C. 3230 ON sale 50% off ESPRIT GALERI KERIS NUSA DUA BALI Telp.771303-4 24 SEPTEMBER-4 OKTOBER 1995 C. 3478 GSM CASH & CREDIT 559 866 GSM HADIAH BERUNTUN !!! BELI TELEPON SELULER GSM GRATIS PAGER EASY CALL BERHADIAH RATUSAN JUTA RUPIAH DARI EASY CALL HADIAH 3 6 (enam) Hadiah Laser Disc Ploneer HADIAH 1 (satu) Hadiah Honda Tiger 2000 (tanpa BBN) 1 (satu) Hadah Peugeot 405 ST1 Manual (tanpa BBN) HADIAH 1 HADIAN 4 TELKOMSEL HADIAN 10 Hadah TV Sony 14 50 Nadah Kamera Mota Rove 3557 SERVICE ANTARAN PEMBAYARAN DI COUNTER BISA DENGAN Desember CREDIT CARD 1995 Berlaku Hingga 31 Pager EASYCALL berfungsi untuk: Membantu penerimaan berita pada saat Handphone anda sedang tidak aktif atau di daerah "Blank Spot" baik lokal atau nasional. Untuk menghindari biaya roaming yang tinggi di luar Bali. SEGERA HUBUNGI: WARGA WIJAYA Jl. Seruni 10 Denpasar, Telp (0361) 227414 (Hunting) Fax (0361) 237724 JI. Teuku Umar 28 Denpasar Bali Sunset Motor Lantai 2 Telp. (0361) 229397 JI. Imam Bonjol 232 Denpasar (Easy Call) Telp. 232126 SINGARAJA: Wijaya Hotel Telp. (0362) 21915 LOMBOK : Handika Hotel Telp. (0364) 33321, 35578 Fax. 35049 DISCOUNT 10% C. 3455 TAHUN INDONESIA MERDEKA BELANJA BERHADIAH GANDA di SIWA PLAZA Selain Hadiah Sticker..... Kini setiap belanja Rp. 10.000,- dan kelipatannya Anda akan mendapat 1 KUPON BOOM UNDIAN BERHADIAH. HADIAH HADIAH 1 MOBIL DAIHATSU ESPASS 1 SUZUKI TORNADO GX 2 LEMARI ES MITSUBISHI 2 PINTU 3 TV POLYTRON 20 3 MESIN CUCI 5 TAPE COMPO BAZZOKE 5 KOMPOR RINAI 5 RICE COOKER MASPION 5 MIXER PHILIPS 50 SETRIKA 50 JAM DINDING 500 HADIAH HIBURAN 50 50 riün PASAR SWALAYAN Lengkap, Nyaman, Murah, Berhadiah TULIS IDENTITAS DIRI ANDA PADA KUPON YANG ANDA DAPATKAN DAN MASUKKAN PADA KOTAK YANG TELAH TERSEDIA PALING LAMBAT TGL 6-1-96. DAN AKAN DIUNDI TGL7-1-96 JL. GUNUNG AGUNG 30, DENPASAR TELP. (0361) 423557 (5 LINES) 435273, FAX. (0361) 435770 ASTRA MU Hubungi: PT ASTRA International JL By Pass I Gusti Ngurah PT ASTRA International JI. Teuku Umar No. 26 Telp PT Bintang Lestari Moto PT Sakah Jaya Motor De MIST DANAU C. 2614
