Tipe: Koran
Tanggal: 1996-02-09
Halaman: 07
Konten
4cm n ER. Wage, 9 Februari 1996 EKILAS A-Sekretaris Jenderal Amnes- malam meminta Otorita Pales- a (HAM) di berbagai wilayah agar otorita itu bersikap was- HAM," kata Sane kepada war- uan dua jam dengan Presiden Rene Preval, bekas pemilik Presiden Haiti yang baru, tepat em diktator dari keluarga Du- ai perdana menteri dalam kab- d Aristide berjanji dalam pi- as guna menarik penanaman RA- Raja Kamboja Norodom sebuah majalah Prancis men- ia telah memutuskan tak lagi buah surat kabar dalam berit- ivudh, sebelum diasingkan ke ituduh berkomplot untuk mem- telah berjanji kepada raja bah- tahan Kamboja, dan tak akan akan mendukung tokoh oposi- menutup Kedubesnya di Sudan, melakukan hubungan diploma- kantor di Nairobi. Diplomat AS menjelang hari Kamis, kata juru nuari mengumumkan penarikan ancaman khusus dan bersumpah àke negara tersebut sampai pe- teroris di sana. (ant/afp) ANDA SUZUKI SURYA MEGAH ABADI, GATSU, JI. Gatot Subroto 114 GIANYAR: PELITA d, Tel. 96198, BANGLI: OR JI. Dr. Sutomo 24, Tel. Pejanggik 67 Tel. (0364) Sumbawa Besar, NTB GO-AD/020-96/DKI AA-93.055 C 440 Jumat Wage, 9 Februari 1996 Harian untuk Umum Bali Post Pengemban Pengamal Pancasila Terbit Sejak 16 Agustus 1948 Tajuk Rencana Bali Post Persepsi Dunia Islam terhadap Tantangan dari Luar dan Dalam "SINCE the creation of the independent states Muslims have tried to iden- Peranan Pers Dalam Komunikasi Tiga Langkah tify the path to wards political stability, modernization and religious continu BELAKANGAN ini, sejalan dengan tingkat kesadaran politik masyarakat, komunikasi pembangunan menjadi makin penting dan dibutuhkan. Masyarakat tidak lagi bersikap pasif dan mengambil posisi sebagai resipien, tetapi ingin berperan dalam proses pe- ngambilan keputusan dan memainkan peranan kontrol sosial terhadap pelaksanaan suatu keputusan. Oleh karena itu, mereka tidak lagi merasa puas dengan informasi yang kurang akurat dan tidak objektif. Informasi sepotong-sepotong, apalagi yang menge- depankan keberhasilan sambil menyem- bunyikan kegagalan, tidak lagi mampu memuaskan masyarakat. Bahwa informasi tentang pembangunan tidak sepenuhnya dapat diperoleh masya- rakat dari sumber-sumber resmi, semua or- ang maklum. Itulah sebabnya, media massa, khususnya pers, memiliki posisi dan peranan penting sebagai agen informasi bagi masyarakat. Sebagai lembaga independen, dalam arti nonpemerintah dan tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan, pers memiliki peluang untuk memberikan informasi lengkap, objektif dan jujur. Dalam ungkapan yang lebih mentereng, potensi ini dilukiskan sebagai kemampuan menyuguh- kan kebenaran tentang pembangunan. Menyuguhkan kebenaran tidak berarti hanya menekankan yang negatif, melainkan me- nyajikan liputan secara seimbang, menyentuh keberhasilan maupun kegagalan. Peranan ini, yang seharusnya menjadi kewajiban atau tuntutan etis pers, membuat pers harus be- nar-benar bersikap independen. Pers tidak lagi berkiblat pada pihak penguasa, pengu- saha, maupun kelompok-kelompok tertentu, melainkan pada kebenaran dengan memper- timbangkan kepentingan yang lebih luas. Kesan sebagian warga masyarakat bahwa pers cenderung memberitakan keterangan, ucapan atau wejangan pejabat, daripada menampilkan gambar kenyataan yang ada dalam masyarakat, patut dijadikan bahan kajian bersama. Kesan tersebut berkaitan dengan skala prioritas yang pada masa lalu menempatkan peristiwa di sekitar pejabat dalam skala prioritas pertama. Di kalangan masyarakat sempat berkembang pemeo sinis yang mengatakan, pers kita pada masa lalu adalah pers pejabat/pemerintah yang sekaligus koran musibah dan gunjingan. Berita-berita yang berkaitan dengan peristiwa resmi mendapat tempat utama, kemudian diikuti peristiwa-peristiwa besar yang menyangkut bencana alam atau musibah manusia lain, dengan kriteria makin besar korban makin baik. Sementara itu, berita- berita hasil pengamatan mandiri on the spot terhadap pelaksanaan pembangunan kurang memperoleh perhatian. Kalau toh ada pengamatan on the spot, lebih banyak dilakukan bersama pejabat terkait dalam rangka "promosi" keberhasilan proyek. Peran komunikatif pers bukan hanya diperlukan masyarakat. Pemerintah pun memerlukan pers sebagai penyambung kebijakan pembangunan kepada masyarakat. Komunikasi antara pemerintah, melalui pejabat, dan masyarakat secara langsung Oleh Dr. H. Roeslan Kolom HALAMAN 7 Ilmu dan Peradaban DUA hari yang lalu (7/2), umat Islam merayakan Nuzulul Quran, hari turunnya kitab suci Alquran. Sebagai proses penya- daran, Nuzulul Quran men- yangkut bagaimana umat manu- sia memiliki kesadaran "beril- mu pengetahuan"- serta mam- pu menjadikannya sebagai wa- hana pengembangan peran ke- manusiaannya. Bagaimana bakat iptek yang dimilikinya mampu menjadi alat, sarana dan mengembangkan peradaban- ity. Four models have been tried: 1. the model of secularization, 2. th model of berjalan amat terbatas. Oleh karena itu, harmony, 3. the model of socialism, an 4. the model of the Quranic State of Abdulgani dibutuhkan lembaga-lembaga penyambung Madina 623-632 BC." (Sejak terbentuknya negara-negara merdeka, kaum kebijakan seperti pers, radio, televisi. Dengan demikian, sebenarnya pers menempati posisi muslimin di mana-mana telah berusaha mengidentifikasi jalan yang ditempuh ang dholim yang ngomong saja cukup menentukan dalam proses komunikasi untuk mencapai stabilitas politik, modernisasi dan kontinyuitas agama. Empat tanpa amal sedikit pun, dan den- tiga langkah, antara pemerintah, pers dan masyarakat. Dalam hal ini, pers pun harus macam model telah dicoba. Pertama: model sekularisasi, dua: model harmoni gan begitu menganiaya diri- pendamping manusia dalam bersikap sama terhadap pemerintah persis atau keserasian, tiga: model sosialisme, dan empat: model negara Islam sesuai Prof. Dr. Hamka dalam karyan- seperti sikapnya terhadap masyarakat. Pers dengan Quran seperti pada zaman Madina dari kurun waktu tahun 623-632 ya "Tafsir Al-Azhar", juz XXI- sebelum Masehi). harus bersikap objektif, jujur dan adil, sebab yang diburu pers adalah kebenaran. Pers yang cenderung memberikan penilaian negatif terhadap pelaksanaan pembangunan, tidak memiliki kualifikasi pers pembangunan. Dia hanya corong kepentingan-kepentingan tertentu yang memusuhi pemerintah. Barangkali dia hanya penyalur rasa frustrasi Persepsi Barat sanid. Di Turki berhasil, di Iran punyai pandangan lain. Namun yang memang dilandasi sikap antikema- Salah satu fenomena sejarah, gagal karena gerakan Ayatollah itulah persepsi Dunia Islam sendiri tentang respons dirinya panan. Sebaliknya, pers yang hanya menyu- yang berabad-abad lamanya Khomeini. guhkan sisi-sisi positif dan menyembunyikan hingga sekarang masih saja me- Kedua: Model harmonisasi, terhadap tantangan Barat dew- kenyataan negatif, adalah pers oportunis narik perhatian global, adalah yaitu menyerasikan ajaran Islam asa ini. yang lebih berpihak pada kemapanan dan tatap muka antara Barat yang dengan tuntutan zaman, seperti Rebutan Kekuasaan kekuasaan daripada kebenaran. Pers Nasrani dan Timur yang Islami. demokrasi dan teknokrasi. Mod- Akan tetapi, yang pokok semacam ini pun tak layak menyandang gelar Deretan buku-buku, majalah il- el ini dianjurkan Jamal-Ul-Din pers pembangunan, karena dalam praktiknya miah serta makalah-makalah Al-Afghani dan Mohammad Ab- dalam persoalan ini, bahwa lebih banyak menyesatkan, bukannya tentang "Islam and the West", duh, dan dilaksanakan di Mesir, deskripsi dan persepsi tentang menjelaskan atau memperluas wasasan demi bertumpuk-tumpuk tersimpan Jordan, Suria, Maroko, Mauri- berbagai model tadi tidak hanya berkembangnya kreativitas. dalam berbagai perpustakaan tania, Nigeria, Malaysia dan In- menyangkut pengaruh Barat atas Bagi masyarakat, pers juga memiliki dunia di mana-mana. Lebih-leb- donesia. Tentang Indonesia dita- Dunia Islam. Namun kita harus peranan menyalurkan aspirasi. Pemberitaan ih lagi setelah Barat yang Nas- mbahkan, bahwa ideologi Panc- melihatnya pula dalam hubun- tentang sebuah proyek pembangunan tidak rani itu dapat mematahkan daya sila adalah cermin harmonisasi akan tuntas apabila tidak dilengkapi kompetisi Timur yang atheis-ko- itu. pembeberan aspirasi masyarakat yang munis sejak beberapa tahun Ketiga: model sosialisme, terkait. Apabila seorang pejabat memberikan yang lalu. N.I. Matar dan H.N. Haddad dalam buku: "Islam For Beginners", terbitan "Writers and Readers Publishing Incorporated", tahun 1992. sendiri. Ini antara lain menurut XXII. Terjemahan dalam bahasa Inggrisnya, menurut A. Yusuf Ali adalah: "Those who wrong their own souls, and fell into evil and fail to follow the Light given to them". Ayat Alquran tersebut mem- firmankan juga, bahwa di balik yang dholim, ada yang cermat dan ada yang baik-sempurna. Sewaktu Nabi ditanya tentang siapa-siapa mereka itu, maka jawaban beliau: "Semuanya itu dari umat ini". Di Tanah Air Kita Sinyalemen tersebut perlu kiranya kita renungkan bersama dalam bulan Puasa penuh den- gan dorongan introspeksi ini. Tidak hanya di Timur Tengah gan kaum muslimin sendiri me- dan di kawasan lain Dunia Islam megang kekuasaan. Jadi di sini menghadapi sinyalemen itu, tidak hanya tersangkut ajaran- tetapi juga di Tanah Air kita. yang sekitar tahun 1950-an ajaran Islam secara murni dalam Tidak dapat ditutup-tutupi bah- keterangan sikap penerimaan masyarakat Dalam tatap muka "Islam dipelopori Gamal Abdel-Nasser teorinya, melainkan juga dari wa kehidupan politik kita dew- setempat terhadap pembangunan suatu dan Barat" itu kita banyak dan diikhtiarkan di Mesir, dan sikap manusia-manusianya yang asa ini tercemar pula dengan proyek, pers wajib mengkonfirmasikan mengikuti persepsi Barat. Mak- yang kini menghadapi tantan- pemegang kekuasaan, atau yang tingkah laku sekelompok yang hendak merebut kekuasaan dari mengaku kaum muslimin, teta- statemen resmi itu pada masyarakat yang lum, sumber Barat jauh lebih gan-tantangan baru. bersangkutan. Dengan demikian di samping banyak tersedia dan terjangkau Keempat: model "Quranio tangan pihak yang berkuasa, pi dalam perbuatan dan kehidu- memperoleh masukan yang seimbang, pers oleh kita. Syukur Alhamdulillah, State" zaman Madina pada yaitu "power-play"-nya, terdi- pan sehari-hari menutup diri juga menjalankan fungsi sebagai penyalur belakangan ini, sumber-sumber tahun 623-632 Masehi, yaitu se- ri atas merebut, menggenggam bagi kepentingan rakyat umum; dengan jalan yang tampak seka- aspirasi masyarakat. Dengan pemberitaan Timur yang Islami banyak yang jak Hijrah Nabi. Model ini dap- dan menggunakan kekuasaan. Banyak tergantung pada ke- li di mata rakyat bertentangan semacam itu, kasus-kasus semacam Kedung tersedia dan terjangkau oleh at dilihat di negara-negara Islam Ombo dan Nipah tidak perlu terjadi dan Dunia Islam. Persepsi Dunia Is- ortodoks, seperti Saudi-Arabia. pentingan-kepentingan materi dengan peraturan negara dan terulang di tempat lain. Masyarakat, di satu lam tentang tatap muka itu per- dari kelompok-kelompok itu. pemerintah, dan juga bertentan- Lebih Bervariasi Akibatnya ialah bahwa tidak gan dengan etika agama, antara pihak, mendapat informasi yang jelas dan lu kita simak bersama, apalagi tuntas tentang kebijakan dan program dalam era globalisasi sekarang. Empat model itu mencermin- jarang pertimbangan moral dan lain dalam memupuk dana-dana kan persepsi Dunia Islam dalam etika diabaikan. Malahan ajaran- raksasa bagi ikatannya sendiri. pembangunan pemerintah, di pihak lain pemerintah mendapatkan informasi tentang Persepsi Timur menghadapi Dunia Barat. Ia ber- ajaran Islam disalahgunakan. Dalam pada itu kaum mus- aspirasi dan sikap masyarakat terhadap pro- Saya baru menerima buku beda dengan persepsi Barat, sep- Rebutan materi mengalahkan limin yang tetap mempertahan- kan kemandiriannya sesuai den- gram pembangunannya. Dengan kata lain, kecil, yang saya pesan dari Lon- erti yang dikemukakan Prof. Ar- nilai etika agama. Dr. I.H. Qureshi dari "Islam- gan ajaran Islam, dijegal dan pers menempati posisi juru bicara timbal balik don, yaitu yang berjudul: "Islam nold J. Toynbee, bahwa hanya antara pemerintah dan masyarakat. for Beginners", disusun dua sar- ada dua bentuk response, yaitu ic Council of Europe" dalam dirongrong dari luar, demi ke- Untuk menjalankan fungsi mulia ini pers jana muslimin di Eropa, yaitu dalam bentuk "herodianisme", bukunya "The Challenge of Is- pentingan kelompok yang sudah memerlukan kondisi bagi tumbuhnya N.I. Matar dan H.N. Haddad, ter- yaitu membuka diri untuk lam", terbitan London tahun mapan; dan yang mati-matian keberanian dan idealisme. Tanpa keduanya, bitan tahun 1992. teknologi dan ilmu pengetahuan 1978, mengeluh bahwa kaum dengan segala muslihat ingin tidak mungkin tercipta komunikasi tiga Seperti yang saya kutip di Barat, untuk dikompetisikan muslimin yang sedang berebut mempertahankan status-quo langkah yang bersifat aktif. Komunikasi yang atas, di situ dikemukakan antara dengan, dan dihantamkan kepa- kekuasaan itu seringkali kedudukannya yang dominatif- terlaksana akan lebih bersifat terpenggal dan lain, bahwa sejak terbentuknya da Barat. melakukan hal-hal yang non-Is- eksploatatif itu tanpa mempedu- menyebelah. Pers hanya menyuarakan suara negara-negara Islam merdeka, "Herodianisme" adalah ben- lami, padahal bibir dan mulut- likan tuntutan perubahan zaman pengambil keputusan, dengan demikian yaitu pada permulaan abad ke-20 tuk pertama dari respons Islam nya berkaok-kaok tentang aga- yang wajar dan adil; hanya kare- hanya menyuguhkan apa-apa yang dinilai hingga kini, kaum muslimin di terhadap Barat. Bentuk kedua ma Islam. They propagate ideas na ingin menjaga hubungan baik layak berita dari pandangan penguasa. Timur Tengah dan Asia telah adalah "zealotisme", yaitu re- and mores tha are destructive of dengan luar dan Barat yang be- Pemerintah aktif, pers setengah aktif, berusaha mengindentifikasi jalan sponse yang menolak kerja Islam, with the name of Islam on lum tentu menguntungkan sementara masyarakat seratus persen pasif, yang ditempuh untuk mencapai sama; dan menutup diri serta their lips. rakyat banyak. yang akhirnya akan bermuara pada sikap stabilitas politik, modernisasi bersikap konfrontatif. Inilah per- Demikianlah secara singkat acuh tak acuh. dan kontinyuitas agama. Empat sepsi Barat, seperti yang tercer- Ke-Dholiman persepsi dan deskripsi pihak macam model telah dicoba. min dalam pandangan Toynbee. Manusia-manusia demikian kaum muslimin mengenai jawa- Dibanding apa yang dike- itulah, yang disinyalemen Alqu- bannya terhadap tantangan-tan- si, yaitu memisahkan agama dari mukakan pihak Islam tersebut, ran dalam Surat 35 Al-Fathir tangan Barat terhadap dirinya, negara, seperti yang dilakukan pandangan Islam jauh lebih ber- ayat 32, sebagai orang yang me- termasuk yang ada di Indonesia. Kemal Ataturk di Turki. Juga variasi daripada pandangan Bar- nerima kebenaran Alquran, teta- Semoga bulan Puasa sekarang seperti yang pernah diusahakan at. Akurat tidaknya persepsi Du- pi tidak suka mengamalkan, dan memberikan kekuatan baru bagi di Iran oleh rezim Shah Reza, nia Islam ini tentu saja dapat kita malahan merugikan Islam. Fam- kaum muslimin untuk mengh- yang menghidupkan kembali diskusikan bersama, dan kita inhum dzaalimun li nafsihi. Ter- adapi tantangan dari luar dan akar-akar sejarah kerajaan Sas- masing-masing dapat saja mem- jemahan dan tafsirnya ialah or- dari dalam. Dalam suasana peringatan Hari Pers Nasional hari ini, kita semua perlu merenungkan ulang peranan dan tantangan yang dihadapi pers dewasa ini. Kolombo tetap Dalam Posisi Dilematis MEMBICARAKAN Sri Lanka, sering berkonotasi dengan membicarakan perang etnis. Setelah pasukan pemerintah secara perkasa menguasai sebagian Tanjung Jaffna Anuradhapura dan membunuh 150 orang Sinhala Mei 1985, memasang bom mobil dan membunuh 113 orang di Kolombo bulan April 1987, dan membunuh 120 orang Muslim Pertama: model sekularisa- di utara yang diduduki kaum separatis yang sedang bersembahyang di Desa Sajian Khusus Hari Pers Nasional Harimau Pembebasan Tamil Eelam dua bulan lalu, kini pemerintah di Kolombo harus menghadapi teror baru. Pekan lalu puluhan orang tewas dan ratusan cedera, ketika seorang pengemudi truk penuh bom dari kelompok separatis melakukan aksi bunuh diri dengan menabrak pintu besi Bank Sentral di Kolombo. Kattankudy. Jalan terbaik bagi upaya menciptakan pertarungan antaretnis di Sri Lanka adalah duduk di meja perundingan. Akan tetapi kesu- litan justru muncul di situ karena kelompok separatis menjawab tawaran itu dengan letupan senjata api. Sulit bagi pemerintah di KETIKA kita bangun pagi dan belum ada koran di ruang tamu, sementara kita kebelet Kolombo meneruskan upaya perdamaian karena selalu ditolak secara apriori. Me- mengetahui informasi yang aktual, umumnya kita segera meng-on-kan televisi. Yang kemu- nyerang markas-markas Tamil barangkali se- dian muncul dari layar kaca itu adalah "Nuansa Pagi", suatu acara televisi RCTI dan SCTV kejap meredakan letupan senjata api tetapi yang menduduki peringkat atas dalam program-program siarannya. Antara Koran Pagi dan "Nuansa Pagi" di pihak lain malahan menjadi api pemercik teror dan serangan bom bunuh diri baru. Tampaknya pemerintah di Kolombo berada dalam posisi dilematis. Acara ini sangat digemari (George Comstock, 1991). si. nya? *** Inti peringatan Nuzul Quran Keseimbangan dan kehar- memang berkaitan dengan pen- monisan lingkungan hidup bisa yadaran manusia akan penting- terusik ketika manusia berper- nya ilmu pengetahuan. Dengan ilaku tak bersahabat. Misalnya, ilmu pengetahuanlah misteri ke- membabati dan merusak hutan hidupan bisa dikuak, dengan semena-mena yang berakibat ilmu pengetahuan pula manusia tanah gundul, longsor dan ban- bisa mengoptimalkan peran jir. Perusakan hutan itu juga be- kekhalifahan manusia sebagai rakibat rusaknya habitat tetum- pengabdi Allah, baik dalam kon- buhan dan organisme tertentu. teks hubungan manusia dengan Rusaknya lingkungan hidup ini alam maupun hubungan antars- ternyata tak hanya berlangsung esama manusia (hamblummi- di kawasan hutan, tetapi juga di nannas). perkotaan. Kata para ahli, Alquran merupakan sumber, berkembangnya bangunan beton referensi, dan dasar ilmu penge- di perkotaan tanpa disertai den- tahuan secara luas. Di samping gan pengembangan selokan sebagai "petunjuk", dan "pem- pembuangan yang memadai juga beda" mana hal yang baik dan dapat menimbulkan banjir pada buruk, Alquran juga memberikan musim hujan atau banjir itu da- peringatan-peringatan, terma- pat terjadi akibat berkurangnya suk yang berbentuk peristiwa daya resap tanah akibat ban- kesejarahan umat manusia masa gunan beton tadi. Campur tan- lampau. Sebagai sistem pemiki- gan manusia secara tidak adap- ran/filsafat, Alquran menawar- tif memang dapat berakibat tak kan khasanah atau wawasan seimbangnya lingkungan hidup. yang sedemikian dalam, luas dan Ketidakseimbangan itu juga jauh ke depan tentang berbagai berlaku dalam konteks kehidu- macam persoalan kehidupan, pan sosial manusia. Disadari termasuk bagaimana realitas ke- atau tidak, sesama manusia te- hidupan ini dilihat sebagai pros- lah melanggar fitrah kesatuan, es kesejarahan, budaya, realitas kebersamaan, dan keharmon- sosiologis. Bagaimana strategi isannya. Ini bisa terwujud dalam kehidupan ini dijalankan agar berbagai perilaku, antara lain manusia dapat mengembangkan perilaku menangnya sendiri kehidupan dan peradabannya, (egois), tindakan aniaya ter- agar manusia mampu mengem- hadap sesama, praktik deskrimi- bangkan peran kemanusiaannya nasi, manipulasi dan tindak ke- secara lebih baik dan dan dina- jahatan lainnya. Berbagai ben- mis. Dalam kaitan ini, ciri tuk perilaku ini pada dasarnya pemikiran yang diajarkan Alqu- merupakan pelanggaran manu- ran, antara lain: 1) kesadaran sia terhadap fitrah kebersa- pemikiran yang menghujam dan maannya sendiri, pelanggaran berakar di hati nurani manusia; terhadap fitrahnya sebagai ma- 2) kesadaran pemikiran univer- khluk sosial yang saling bergan- sal, menjulang sampai ke had- tung satu dengan yang lain. irat Illahi; 3) adanya nilai mor- al dan akhlak. Di samping kebenaran sistem berpikir, pengetahuan pokok *** Dalam arti luas, ilmu penge- yang terpapar dalam Alquran tahuan dan teknologi memang adalah strategi tauhid Allah dapat menjadi "pendamping' dalam mengatur semesta ini den- manusia untuk menjalankan pe- gan prinsip kebersamaan dan ran kekhalifahannya. Akan teta- kesatuan/keteraturan. Betapa pi, dalam pengembangan dan kebersamaan dan kesatuan" pengaplikasian ilmu itu, harus menjadi prinsip yang baku tetap berdimensi akhlak dan ke- dalam kehidupan dan pengatu- manusiaan, harus berarti upaya ran semesta alam. Betapa alam meningkatkan taraf peradaban- semesta dan kehidupan manusia nya yang lebih agung dan luhur diciptakan sebegitu rupa dalam di mana prinsip kebenaran, ke- sistemnya yang utuh, tidak sepo- bersamaan, keteraturan, dan tong-sepotong, sehingga ber- kesatuan bisa ditegakkan. HS Habib Adnan media, massa cetak. Membaca terus masuk laci untuk dibaca akan tetap menjadi salah satu lain waktu. jalan serba seimbang dan har monis. soalan. kebiasaan masyarakat maju, Perbedaan ini seperti menun- karena itu media cetak akan tetap juk ke arah mana pers cetak harus 99 dibutuhkan. Hanya apa yang di- mempertahankan eksistensinya. baca, itulah yang menjadi per- Untuk mempertahankan eksis- tensinya, pers cetak dapat men- Ada satu hal yang membeda- empuh jalan seperti ditunjukkan konsumen antara televisi dan kan media cetak dengan media sifat media itu, yakni dengan koran tak dapat dielakkan. lain, khususnya elektronik. Apa menyajikan tulisan-tulisan yang Apakah ini merupakan lon- yang tercetak dapat disimpan boleh dikatakan sebagai pangan ceng kematian atau dooms day dengan mudah, dapat dibaca ke- mental bermutu tinggi. Bukan bagi koran pagi? Jelas tidak. Na- mudian atau dapat ditelaah se- sekadar informasi tentang apa, mun sebagai pendatang baru, cara pelan-pelan dan seksama, siapa, kapan dan di mana saja, televisi memang pantas "dicur- dan jika tidak selesai dibaca melainkan suatu informasi yang masyarakat karena dari "Nuan- Di negeri ini data BPS (1991) Kalau ditinjau dari segi pros- igai" terutama oleh koran pagi. sekarang dapat dilanjutkan lain dapat mengajak seseorang ke taraf pemikiran lebih tinggi. Ke sa Pagi" ini banyak informasi menunjukkan bahwa jumlah pen- es penyampaiannya, media cetak Bukan tidak mungkin sebagian waktu. Informasi lewat media elek- arah partisipasi hidup ber- Kita tidak tahu, apakah ada rekayasa dari aktual menarik yang bisa kita duduk berusia 10 tahun ke atas membutuhkan waktu jauh lebih pembacanya akan "dicuri" ac- luar dalam konflik antaretnis di Sri Lanka. nikmati. Mulai dari berita-berita yang menonton televisi (64,4%) lama dari televisi. Dimulai dari ara program televisi. Paling tidak tronik juga dapat disimpan, den- masyarakat yang lebih intens. Ke Belakangan ini berkembang keinginan untuk ekonomi, politik, sosial, sampai jauh lebih besar dibandingkan mata rantai produksi, pendistri- kebiasaan menaati kehadiran ko- gan menggunakan kaset, pita arah memahami masalah yang suara, atau apa pun. Tetapi, un- lebih mendalam. Yang demikian menyelesaikan masalah ini. Presiden berita-berita internasional yang yang membaca surat kabar busian, baru akhirnya sampai di ran pagi akan berkurang. Memang sangat tidak mu- tuk membaca dan mendengarkan dapat melahirkan prakrasa- Kumaratunga dapat mengundang negara lain secara visual dapat kita lihat den- (21,6%). Ini membuktikan beta- tangan pembaca. Televisi, apala- sebagai penengah, walaupun hal itu sangat gan lengkap. Selama dua jam pa mudahnya televisi diterima gi dengan kecenderungan pema- ngkin menyaksikan berita televi- lagi, diperlukan sarana yang ada prakarsa dan motivasi-motivasi terpaksa. Menurut pandangan kita, jika tidak RCTI dan SCTV menyajikan masyarakat daripada menumbu- kaian teknologi untuk memper- si sambil membaca koran. Jika kalanya cukup mahal. Koran da- baru untuk mencapai kemajuan ada rekayasa dari luar, India dapat dijadikan straight news yang memiliki ke- hkan minat baca. luas jangkauan siarnya, mampu sajian berita televisi nantinya pat begitu saja dilipat, digunting, (Bersambung ke Hal 12 Kol 1) mediator atau fasilitator bagi perundingan unggulan yang sulit ditandingi kedua kelompok tersebut. Kedekatan hubu- koran pagi. Setelah seksama Oleh Pudjo Suharso ngan, baik hubungan emosional dan primor- menyimak nuansa pagi, umum- dial maupun kedekatan hubungan geografis nya masyarakat lalu pergi kerja. Televisi memang mempunyai menghadirkan suatu peristiwa antara Harimau Tamil dan Propinsi Tamil di Lalu, apakah surat kabar pagi beberapa keuntungan, disebab- pada saat peristiwa itu terjadi ran!". India dapat meredakan kemarahan Tamil yang ada di ruang tamu itu tak kan kondisi perangkatnya. Untuk (news as it happen). Unsur cepat Eelam dan memintanya mau berunding terbaca? Apakah peran media menonton televisi dibutuhkan inilah yang mengantar televisi dengan pemerintah di Kolombo. makin kuat dan menjadikan ket- ergantungan baru, bukan tidak mungkin orang nanti akan men- yatakan "TV dulu ..., baru ko- Catatan Kenekatan Harimau Tamil menyebarkan teror di Sri Lanka bukan baru kali ini saja. Tanggal 11 November 1995 kelompok itu melakukan serangan bunuh diri dengan bom di luar markas besar angkatan bersenjata dan menewaskan 21 orang. Tiga minggu sebe- lumnya kelompok ini juga merusak instalasi penyimpanan bahan bakar dan membunuh 29 orang. Aksi-aksi tersebut memperlihatkan bahwa pemerintah di Kolombo tidak boleh memandang enteng usaha kaum Tamil untuk membebaskan dirinya menjadi sebuah negara sendiri. Oleh karena seringnya mendapat tekanan seperti itu pemerintahan di Kolombo akhirnya tidak lagi mempertimbangkan perundingan sebagai bentuk pendekatan awal menye- lesaikan konflik. Malahan angkatan bersen- jata bersikap tidak lagi berkompromi dan tahap demi tahap menembaki dan menduduki markas-markas Harimau Pembebasan Tamil Eelam. Tindakan kekerasan yang dilakukan cetak sudah habis? Inilah yang lebih sedikit syarat dibandingkan sebagai media ideal untuk men- benar terjadi, itu berarti peranan kelompok Harimau Tamil belakangan ini di Akhirnya kita juga mengerti betapa sulitnya akan menjadi fokus analisis tu- orang harus membaca. Cukup yampaikan spot news. satu pihak akan melumpuhkan pemerintahan alternatif ini bagi pemerintah di Kolombo sebab lisan berikut. duduk di depan pesawat televisi, Dalam konteks surat kabar vs pers cetak sebagai sumber infor- Kolombo dan boleh jadi juga akan memaksa masalahnya dipandang sebagai ma-salah mendengarkan suara dan meny- televisi, seolah-olah telah terja- masi aktual akan tergeser, Kalau Kolombo kembali ke meja perundingan. Akan dalam negeri Sri Lanka sendiri. Me-ngundang Koran Vs Televisi aksikan gambar-geraknya, sese- di "perang terbuka" antara "Nu- pers cetak mau mempertahankan eksistensinya, ia harus pandai- tetapi di pihak lain tindakan mereka ini justru India menjadi mediator dan fasilitator, bagi salah Menonton televisi dapat dika- orang sudah mendapat informa- ansa Pagi" versus koran pagi. menimbulkan kebencian, baik dari kelompok satu kelompok yang dari prinsipnya saja sudah takan sebagai bagian kegiatan si tentang sesuatu kejadian dan Berita "Nuansa Pagi" ini seper- pandai mencari peluang baru mayoritas Sinhala di selatan, orang-orang diketahui berkiblat ke India, yaitu Tamil Eelam, manusia sehari-hari. Bahkan kemudian mampu menceritakan- ti membuka peluang baru sebagai dalam sistem informasi yang san- yang tidak bersalah tetapi menjadi korban, sudah menggurat-kan kekalahan politik jumlah waktu yang dihabiskan nya kepada orang lain. Tetapi alternatif untuk mendapatkan in- gat padat ini. Tetap mempertah- maupun kaum pendatang atau yang men- Presiden Kumaratunga. Dampak politisnya untuk menonton televisi makin untuk mengetahui peristiwa yang formasi pada pagi hari. Mereka akan diri sebagai sumber infor- dambakan keamanan, Gara-gara membantai adalah Tamil Eelam me-masang kuda-kuda dan hari makin bertambah, sementa- sama dari surat kabar, ia harus hadir pada saat orang membutu- masi yang aktualitasnya selalu 13 serdadu Sinhala di Jaffna tahun 1983, akhirnya menuntut konsesi yang lebih besar ra untuk berlama ria membaca bisa membaca (artinya harus hkan informasi sebelum memu- tertinggal, bisa berarti menggali negeri dan ABRI secara otomatis. Alasannya, peme- liang kubur sendiri. dari pemerintah di Kolombo. Dengan itu surat kabar/koran berlaku keba- melewati suatu taraf pendidikan lai kesibukannya. Kebiasaan or- Tetapi juga sama sekali tidak Harimau Tamil sudah memperoleh posisi kuat likannya. Di AS, menonton tele- tertentu) dan mampu menerje- ang membaca koran sekitar berarti bahwa dalam sistem ko- dalam tawar-menawar, hal yang dalam visi menduduki urutan ketiga mahkan apa yang tersirat dalam pukul 06.00, "Nuansa Pagi" juga munikasi yang sudah sangat pa- perkembangan terakhir tidak mau dilakukan dalam penggunaan waktu setelah tulisan itu. Ini baru dari segi ben- hadir pada saat/jam yang sama. dat ini tak ada lagi hak hidup bagi pemerintah di Kolombo. bekerja/sekolah dan tidur tuk akhir penyampaian informa- Dengan demikian saling berebut muncul aksi anti-Tamil yang menewaskan sekitar 400 orang Tamil. Selain tindak kekerasan ternyata Harimau Tamil telah menimbulkan sejumlah aksi kekerasan seperti menyerang kota suci Surat Pembaca Persyaratan: Sertakan Fotokopi Identitas "Bed Cover" Membuat Saya Kecewa olah ikut berpacu dengan kencangn- Tanggal 18 Desember 1995, tang, ternyata bed cover yang saya ya laju kendaraan yang menjejali by saya memesan sebuah bed cover pesan belum jadi juga. Saya pass. Hal itu bermuara di tiap persim- di tepi jalan By Pass Ngurah Rai, kecewa dengan janji yang dibuat pangan lampu pengatur lalu lintas dan tiap tikungan, terutama di Sanur. dengan perjanjian 10 hari kemu- nya. Tidakkah kita menyadari bahwa se- lama ini, bermacam iklan, baik di dalam rumah maupun di luar rumah menjajah kita? Mengurus Sertifikat gan menunjukkan bukti-bukti, la Desa. Karena hampir satu dian baru bisa diambil. Pada hari beliau berusaha membantu untuk tahun menunggu, sertifikat be- di BPN Gianyar menemukan permohonan saya lum juga terbit, maka 8 Januari yang telah ditentukan, 28 Desem- Ini pengalaman saya beruru- itu. Setelah beliau berusaha, be- 1996 saya coba cek langsung ke ber 1995, saya datang. Bed cover jadi, dengan alasan pegawainya san dengan petugas di BPN Gi- lum juga ditemukan, sesuai den- Kantor BPN (sesuai saran seor- yang saya pesan ternyata belum anyar. Saya mohon sertifikat gan petunjuknya, saya mengaju- ang petugas di Kantor Pelayan banyak yang pulang kampung se- melalui Kantor Pelayanan Ter- kan permohonan baru (tepatnya an Terpadu). Setelah didahului dengan menunjukkan surat-surat padu. Setelah saya jelaskan ke- 9-3-1995). Selanjutnya sawah diukur, di- dan menunggu berjam-jam pada petugas mengenai permo- Cari Peluang Baru Jika fenomena tersebut benar- Meninggalkan Rumah Telah meninggal- kan rumah: Yustina, 20 tahun, tinggi 160 cm, rambut krit- ing, kulit sawo ma- tang. Yang Sulistya Jl. Raya Sesetan 22 (Kost) Denpasar - 80223 Iklan di By Pass Saya pikir pemasangan iklan di pemisah jalan tersebut bukannya Ngurah Rai membuat suasana menjadi indah, se- hingga pekerjaannya tertunda. Saya disuruh datang 10 hari Belakangan ini penglihatan saya baliknya bertambah sumpek. Bahkan lagi (tanggal 7 Januari 1996). agak terganggu ketika melintasi sep- bisa membahayakan pengendara honan saya yang terdahulu, den- umumkan melalui Kantor Kepa- (Bersambung ke Hal 12 Kol 1) Tanggal 7 Januari 1996 saya da- anjang Jalan By Pass Ngurah Rai mobil atau sepeda motor yang tengah Denpasar. Di sejumlah tiang listrik melaju di jalan bebas hambatan itu. bertengger iklan suatu produk dalam Bali kini sudah makin sumpek den- ukuran cukup besar, di samping war- gan berbagai permasalahan. Saya nya di pos polisi terdekat, atau nanya mencolok. Padahal seperti kita harap masyarakat Bali lebih terbuka langsung ke alamat kami; Martin De Porres Rs. Jl. lihat sehari-hari, kondisi dan beban By dan ikut peduli menjaga kelestarian Anggota Redaksi: Denpasar: Agustinus Dei, Dwikora Putra, Dwi Yani, Legawa Partha, Nyoman Mawa, Nikson, Bali Post Palgunadi, Ida Bagus Pasma, Made Sugendra, Sri Hartini, Nengah Srianti, Wayan Suja Adnyana, Komang Suarsa- na, Made Sueca, Nyoman Sutiawan,Wayan Suana, Wayan Wirya. Gianyar: IB Alit Sumertha, Bangli: K. Karya, Semarapura: Daniel Fajry, Singaraja: Made Tirthayasa, Amlapura: Wayan Sudarsana, Tabanan: Gusti Alit Purnatha, Negara: Edy Asri, Yogyakarta: Soeharto, Jakarta: Muslimin Hamzah, Bambang Hermawan, Sahrudi, Alosius Widhyatmaka, Dadang Sugandi, Surabaya: Endy Poerwanto, Bambang Wiliarto, NTB: Agus Talino, Izzul Kairi, Ryanto, Ruslan Effendi, Nur Haedin, Siti Husnin, DP Raka Akriyani, Wayan Suyadnya, NTT: Hilarius Laba, Wartawan Foto: IGN Arya Putra, Djoko Moeljono. Setiap artikel atau tulisan yang dikirim ke Redaksi hendaknya ditik dengan dua spasi (spasi rangkap) menemukan gadis terse- but dimohon melaporkan- Pass Ngurah Rai itu sangat padat arus Pulau Dewata yang telah dikenal di Pendidikan, Gg. Mayang Sari 04C, Sidakarya, Denpasar, Tele- kendaraan. Belum lagi ada perbaikan mancanegara ini. jalan atau galian pipa air minum. pon 722949 Pemasangan iklan produk yang cukup "merusak" mata itu seolah- Dian A.A. Jl. Cemara, Sanur Martin De Porres Rs Cabai, ikut mewarnai sidang Kabinet Terbatas Bidang Ekku, Wasbang, Produksi dan Distribusi, Rabu (7/2). -Pada masa-masa mendatang diharapkan cabai tetap mewarnai sidang kabinet lantaran kita berhasil mengekspor cabai, bukan sebagai pemicu inflasi. *** Diberitakan DPR tetap minta kenaikan gaji pegawai rintah ternyata belum dapat mengendalikan inflasi. - Jadi jelas, bukan karena sebagian besar ang- gota DPR pegawai negeri dan ABRI. *** Depdagri tak bisa melarang lembaga independen pe- ngawas pemilihan umum. Demikian Karo Humas Dep- dagri HSA Jusacc. - Walaupun tak perlu mengizinkan, memang tak perlu melarang. *** Diberitakan 100 mahasiswa tuntut Gubernur Basofi tidak mengintervensi PDI. Tampaknya gejolak politik timbul bukan ka- rena masalah antar-Orsospol, tetapi sering karena masalah wasit. Bang Podjok 2cm Color Rendition Chart
