Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Batam Pos
Tipe: Koran
Tanggal: 2015-01-09
Halaman: 04

Konten


NASIONAL Sambungan dari hal 1 Peralatan itu tentu kurang me- madai untuk proses evakuasi ekor pesawat yang terjerembab di perairan dalam. Selain lifting bag yang kurang memadai, kapa- sitas crane di kapal juga maksimal 3 ton. Padahal berat ekor pesa- wat diperkirakan 5 ton. Laksda Pangarmabar TNI Widodo dalam paparannya di- hadapan Moeldoko menyebut- kan berat 1/3 bagian depan pe- Sedangkan 2/3 sawat 12 bagian memiliki berat 25 ton. Dengan kondisi seperti itu, TNI AL membutuhkan dukungan crane yang sanggup memban- tu proses pengangkatan dan pe- Sedang- mindahan ke ponton. kan posisi ponton terdekat saat ini berada di Semarang. Mendengar ton. penjelasan sasaran itu, Moeldoko memutuskan penye- laman dimulai lagi Jumat (9/1) pukul 05.00 pagi. "Diskusikan bersama penyelam begitu turun bisa langsung ikat dan angkat," tegas Moeldoko. Untuk memenuhi kebutuhan evakuasi, sekitar pukul 19.00, Armada TNI AL wilayah timur (Armatim) memberangkatkan KRI Ahmad ke Yani operasi. Kapal perang itu men- gangkut 12 lifting bag. Rin- ciannya lifting bag berkekua- tan 35 ton 2 buah, 10 ton (3), 5 ton (2), 2 ton (1), 500 kg (4). "Kami juga mengirim 15 per- dari Dislambair (dinas penyelaman bawah air)," ujar Kadispen Armatim Letkol Laut Sulaeman. (KH) Se- lain dibawa dengan kapal, TNI AL juga mengirikan tujuh lift- ing bag berkekuatan total 110 ton lewat pesawat udara. Rin- ciannya kapasitas 35 ton (2 buah), 10 ton (3), 5 ton (2). Lifting bag yang dikirim le- wat pesawat itu mendarat di Lanud Iskandar sekitar pukul 19.05. Kepala tim penyelaman Dislambair Armatim Kapten Laut Saiful Afrianto. "Besok semoga cuaca bagus sehingga kita bisa pasang alat ini dan mengangkat ekor pesawat," ujarnya. Jika kondisi bawah air dan cuaca bagus, pemasangan alat itu butuh waktu sekitar 20- 25 menit. Setelah alat terpasang pada obyek, balon kemudian diisi angin dari kompresor yang ada di atas kapal. Setelah mengem- bangkan, obyek sudah diangkat akan perlahan-lahan naik atas. Dari situ proses memind- ahkan ke ekor pesawat ke pon- ton akan lebih mudah. sonel agar Maman tim ke Dirops Basarnas Marsma SB Supriyadi mengatakan semua kegiatan pencarian bawah laut masih menemui kendala. Bu- kan hanya penyelam namun juga alat remote operated ve- hicle atau ROV. Kegiatan2 lain yang menyangkut pencarian bawah laut, ROV. "Penelitian di sembilan ob- yek yang ditentukan masih ni- hil hasilnya," papar Supriyadi. Temuan terbaru hanya penam- pakan slide scan benda dengan dimensi 10 x 5 m. "Tapi itu baru hasil scaning, belum penyelaman. Besok kalau cua- ca baik, kita akan laksanakan penyelaman," imbuhnya. Ba- sarnas juga menambah armada laut yang memiliki kekuatan Menurut Sofyan, opsi mem- persingkat periode evaluasi menjadi dua minggu sekali di- lakukan dengan pertimbangan agar perhitungan harga keeko- nomian lebih akurat dan up to date. "Jadi, lebih cepat meng- ikuti naik turunnya minyak dan dolar (AS),” katanya. Sofyan menyebut, dengan perkembangan harga minyak dunia yang saat ini berada dalam tren menurun, evaluasi harga keekonomian BBM pe- riode Februari yang meng gunakan basis harga minyak dunia periode 25 Desember 2014 24 Januari 2015 juga berpotensi "Saya yakin turun. Februari turun lagi," ucapnya. Di tempat terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menya- takan dirinya juga terus me- mantau pergerakan harga min- yak dunia, termasuk proyeksi para ahli yang memperkirakan harga minyak masih bisa turun ke level di bawah USD 50 per barel. "Nanti akhir bulan kita kalkulasi, (harga premium dan solar) bisa turun lagi," ujarnya usai makan siang bersama war- tawan di Kelapa Gading ke- marin. Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla (JK) membantah bahwa harga BBM bakal diturunkan pada bulan Februari ini. Menu- rut JK, belum ada pembahasan terkait harga BBM. Pemerintah masih melihat perkembangan harga minyak dunia dan di- namika ekonomi dunia. "Be- lum dibahas soal itu. Nantilah lihat perkembangan dulu,"ujar JK ditemui di kantor Wapres, slide scan bawah laut. Penemuan lain yang terjadi sepanjang hari kemarin ialah empat benda berupa kotak alu- minium berdimensi 25 cm x 25 cm x 50 cm dan dua botol air mineral 500 ml berlogo salah satu produsen air minum dalam kemasan yang di-branding Air- Asia. benda lain adalah kan- Dua tong plastik oksigen saat kon- disi darurat dan serpihan dind- lambung kapal bagian ing dalam berukuran kurang dari 1 meter x 1 meter. Kotak aluminium di bagian muka terdapat tulisan logo Air- Asia di bagian tengah bawah dan tulisan "CREW WATER 24 BTL". Bagian depan kotak pada sisi kanannya dilengkapi engsel untuk membuka kotak. Beratnya tidak lebih dari 2 ki- logram. Sedangkan kantong plastik oksigen warna putih doof yang tersambung masker warna kun- dan 40 selang sepanjang sentimeter ing Batam tidak tabung O2 portable yang biasa tersimpan di bawah almari kab- in dalam penumpang pesawat. Empat objek itu saat ini dia- mankan tiga personel penye- lam TNI AL. Dua penyelam di antaranya, Serma Mar Boflen Sirait dan Serka Mar Oo Sudar- mo yang kali pertama mene- mukan bagian belakang pesa- wat pada penyelaman ke em- pat Rabu (8/1). samana Mereka dibantu seorang pe- nyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada RI Kawasan Barat Kelasi Nav- igasi (Nav) Edi Susanto untuk merekam proses pencarian dalam bentuk kamera video dan kamera foto bawah air. Menurut Komandan Gugus Keamanan Laut Armabar Lak- Pertama TNI Abdul Rasyid yang mengomando dari KRĪ Banda Aceh, penyelaman kali ketujuh dimulai pukul 06.53 di kedalaman 33 meter dengan jarak pandang semeter. Cuaca mendung disertai se- sekali hujan membuat peneran- gan bawah permukaan air redup. Butuh waktu sampai 3 menit untuk sampai dasar tem- pat pesawat terbenam. "Men- indaklanjuti sehari penemuan sebelumnya, saya perintahkan penyelam yang sama turun un- tuk mempermudah pekerjaan sudah tahu jalan ke menuju sasaran," ujar Rasyid didampingi tim penye- lam gabungan. karena mana warna Boflen cs butuh waktu seki- tar tiga menit karena lokasi sudah ditandai berupa tali pen- anda pelampung oranye menuju dasar laut. Di bagian ekor pesawat yang terbenam juga sudah dipasan- gi pemancar sinyal beacon dari kapal Geo Survey. Pemancar untuk menandai bahwa lokasi tersebut sudah diselami. Hara- pannya pada penyelaman beri- kutnya, penyelam diarahkan ke bagian lain badan pesawat. Dalam penyelaman kemarin, tiga penyelam itu berusaha masuk ke dalam ruang kabin belakang. Kondisi sepertiga badan bagian belakang miring ke kanan dengan bagian depan agak terangkat. "Posisi seperti nungging. Ekornya terlihat di termasuk buoy kemarin. Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, perubah- an harga merupakan komitmen pemerintah dari sistem baru yang telah disepakati. Naik atau turun memang tidak bisa diprediksi karena harga miny- ak bisa saja rebound. Yang pas- ti, penentuan harga dasar BBM berdasar pada rata-rata indeks pasar dan nilai tukar rupiah. "Misalnya, pada 25 Desem- ber 2014 hingga 24 Januari 2015 terjadi tren penurunan harga minyak berdasarkan in- deks pasar yakni MoPS (Mean of Plats Singapore). Lantas, rupiah menguat terhadap dolar, maka pada Februari harga BBM akan turun," urainya. Saat mengumumkan harga baru, dia mengatakan ada dua jenis premium yakni umum dan khusus tanpa subsidi Har- ga yang naik turun memang bisa membuat masyarakat kag- et. Tetapi, kebijakan itu baik untuk membiasakan masya- rakat dengan mekanisme har- ga sesuai keekonomian. Meski berubah, harga untuk BBM penugasan untuk di luar Jamali atau Jawa, Madura, dan Bali tetap sama. Sesuai keten- tuan, pemerintah memberikan biaya tambahan distribusi sebe- sar 2 persen. Formula harga dasar ditambah PPN dan PB- BKB serta biaya distribusi bisa membuat harga di pelosok tidak terpaut jauh dengan Ja- mali. Pos, "Beda dengan BBM Umum yang setiap liternya ditetapkan badan usaha," urainya. Biaya distribusi tidak ditanggung pe- merintah. Tetapi, badan usaha Jumat 9 Januari 2015 ruangan, kelahiran nancap di lumpur dasar laut," terang Boflen. Di dalam ruangan yang cа- hayanya remang-remang itu mereka ekstra hati-hati. Penye- laman ketujuh kemarin pagi berlangsung lebih lama dari sebelumnya. Masing-masing penyelam dibekali dua tabung yang terikat di punggung. Pada penyelaman keempat-keenam sehari sebelumnya, masing- masing personel membawa se- buah tabung saja. "Banyak objek seperti kabel- kabel di bodi dalam pesawat membuat kami tidak bisa lelu- asa bergerak. Kami hanya bisa membawa benda-benda terse- but khawatir terlilit di dalam Evakuasi Ekor Harga BBM Berubah Tiap 2 Minggu Sambungan dari hal 1 diberikan margin usaha paling rendah 5 persen dan tertinggi 10 persen dari harga dasar. Sedangkan adanya pandan- gan miring terhadap besaran harga yang disampaikan pe- merintah, Sudirman Said me- nanggapi santai. Seperti hasil hitungan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menilai harga Premium dan Solar ma- sih mahal. "Siapa tahu asum- sinya berbeda dengan hitungan Pertamina. Semua orang pun- ya analisis, nanti saya cek ke Pertamina,” jelasnya. Versi ICW, harga keekono- mian Premium di Januari ad- alah Rp7.013 per liter. Selisih cukup banyak dengan harga jual yang ditetapkan pemerin- tah yakni Rp7.600. Untuk So- lar, hitungan ICW juga lebih murah yakni Rp 6.607 per li- ter. Pemerintah sendiri menjual Solar Rp 7.250 per liter dengan subsidi Rp 1.000. Terpisah, Direktur Pemasa- ran dan Niaga PT Pertamina Ahmad Bambang mengatakan tidak ada masalah kalau ada perubahan mekanisme lagi. Selaku penyalur, Pertamina siap menjalankan. Apalagi, selama ini perusahaannya sudah terbiasa melakukan hal itu untuk Per- tamax. "Kami siap saja," kat- anya melalui pesan singkat. >> penyelam beber Medan berumur 46 tahun itu. Penyelam pasangannya, Sudarmo kompak. Tekadnya membawa benda dari dalam ruangan kabin AirAsia sebagai bukti. Pada penyelaman sehari sebelumnya, mereka masih mengobservasi dan memotret sejumlah bagian bodi bela kang. "Begitu mengetahui itu ekor pesawat, saya memeluknya lantaran suka cita," kenang penyelam dari Garut itu. sempat merasa Dalam penyelaman lanjutan itu hingga masuk ke dalam ru- pesawat, mereka melihat ang lemari kabinet tempat menyim- pan makanan penumpang. Pada bagian atasnya kotak tem- pat air minum kru. Saat dia buka, jumlahnya masih penuh. Lantaran saat ditarik dengan kotaknya terasa berat, bebera- pa botol air mineral mereka keluarkan. "Agak buru-buru juga mem- bawanya jadi banyak botol ter- jatuh," lanjutnya. Penyelam berusia 43 tahun itu merasa situasi pagi kemarin lebih be- rat dari penyelaman sebelum- nya. Kecepatan arus bawah ter- catat sekitar 2-3 knot. Dari dua tabung oksigen yang mereka bawa, satu tabung habis dan satu tabung lagi nyaris tidak tersisa. Sebelum tabung kedua ludes, Boflen memutuskan mereka naik ke perahu karet. saya eo, Sedangkan Edi sebatas ditu- gasi mendokumentasikan ak- tivitas dua rekannya dan me- rekam bagian-bagian badan belakang pesawat dari berbagai sudut. "Berhubung dokumen- tasi pada penyelaman sebelum- nya hanya berupa foto, diperintah mengambil gambar bergerak dengan kamera vid- timpal Edi. Di tempat yang sama, super- visor penyelaman gabungan Kapten Laut (P) Wido Dwi Nugraha menjelaskan, sebany- ak 57 penyelam gabungan TNI AL dari empat satuan sampai kemarin menempati dua posko. Empat satuan itu Dinas Penyela- matan Bawah Air dan Satuan Ko- mando Pasukan Katak Koarma- bar, Batalyon Intai Amfibi Pa- sukan Marinir-2 Jakarta, dan Detasemen Jala Mengkara. Posko pertama di kapal Geo Survey diperkuat 17 penyelam. Selebihnya yang 40 siaga di KRI Banda Aceh. Berdasarkan rencana penyelaman kemarin, mereka menurunkan tujuh per- ahu karet. Pada penyelaman pagi, sebanyak tiga perahu Oo Tidak rumit karena tinggal mengubah dasar penentuan harga saja. Kalau sebelumnya berdasar rata-rata harga inde- ks pasar dan nilai tukar tang- gal 25 sampai tanggal 24 bu- lan sebelumnya, nanti diubah menjadi lebih singkat. Katan- ya, tinggal menggeser rata-rata harga MOPS. (jpnn) irAsia Gagal karet beroperasi di atas buoy, penanda lokasi bagian bela- kang pesawat. "Masing-mas- ing perahu karet ada lima per- sonel dengan rincian tiga pe- nyelam, seorang motoris, dan seorang attandent (pengatur lintas) distribusi perala- " tukasnya. Basarnas Konfirmasi 44 lalu tan," Jenazah Upaya pencarian dan evakua- si korban AirAsia QZ8501 ter- us dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas). Hingga kemarin, tim pencari itu men- gaku telah mengonfirmasi pen- emuan 44 jenazah. Dari total tersebut, hanya tiga jenazah yang dikirimkan diakui masih ke Surabaya untuk diidentifikasi. "Tiga itu masih ada di kapal KD Kasturi, kapal SAR Paci- tan, dan kapal JS Onami milik Jpepang. Besok akan dievakua- si ke Pangkalan Bun,' ungkap- nya pada konferensi pers lapo- ran hari di kantor Basarnas ke- marin (8/1). Selain itu, pihaknya juga te- lah mengonfirmasi penemuan tujuh obyek di bawah laut. Na- mun, pihaknya masih belum bisa mengidentifikasi apakaha obyek tersebut memang bagi- pesawat. Hanya satu yang sudah diumumkan sebagai ekor pesawat kemarin. "Kami harap enam obyek itu memang bagi- an dari pesawat," jelasnya. un- Terkait proses pencarian, dia mengaku masih terhambat oleh faktor ketinggian ombak. Na- mun, pihaknya berencana tuk melakukan pengangkatan ekor pesawat esok hari. Menu- rutnya, tim sudah menyiapkan dua opsi terkait pengangkatan tersebut. Yakni, menggunakan alat floating balon milik TNI AL atau mengguakan crane dari kapal Crest Onyx yang diperbantukan SKK Migas. "Ini bukan berarti kami fokus pada pencarian blackbox. Baik itu dan evakuasi korban akan di- lakukan secara paralel. Dan sete- lah black box ditemukan pun, kami tetap melakukan upaya pen- carian korban. Tapi, batas waktu- nya harus kami evaluasi lebih dahulu, ungkapnya. ter- an yang tak punya kemampuan mendetksi obyek bawah laut kami geser ke sektor tiga dan empat," terangnya. KNKT Antisipasi Black Box Berkarat Seiring ditemukannya ekor pesawat oleh tim penyelam gabungan TNI-AL. Strategi mengevakuasi black box Komite Na- pun mulai dirancang sional Keselamatan Transpor- tasi (KNKT). Mereka meny- iapkan kotak berisi air untuk mengindari piranti yang me- muat data-data penerbangan itu berkarat karena lama berada di air laut. air Investigator KNKT Nurcah- yo Utomo mengatakan, kotak berisi itu disiapkan untuk menyimpan black box sesaat setelah diambil dari bawah laut. box harus terus direndam air tawar sampai ber- hasil dibawa ke Jakarta," ujar pria yang sudah 14 tahun bek- erja di KNKT itu. Setelah sampai di Jakarta, kondisi black box akan diker- ingkan terlebih dulu. Lalu, diberi zat pencegah karat dan diteliti tingkat kerusakannya. Jika kerusakan tak parah, butuh waktu sekitar dua hari untuk membacanya. "Black terlalu "Membaca saja, belum menga- nalisa,' " katanya. Namun, berbeda lagi jika kondisi black box rusak parah, maka perlu waktu yang pan- jang untuk merangkainya. Dia mencontohkan, kondisi black box Sukhoi Superjet 100 yang menabrak Gunung Salak. Kala itu, black box terbakar sehing- ga untuk membacanya saja bu- tuh waktu dua minggu. Black box pesawat yang ber- warna orange terdiri atas dua alat perekam, yakni Flight Data Recorder (FDR) dan Voice Cockpit Recorder (VCR). FDR dan VCR itu berada di sebelah kanan atas bagian ekor pesa- wat Untuk mengevakuasi black box itu, KNKT telah menyiap- kan Terkait pencarian besok, dia mengungkapkan bahwa dua kapal bantuan Jepang harus meninggalkan area pencarian karena kepentingan tugas. Wilayah pencarian kapal terse- but bakal ditangani oleh kapal SAR Pacitan. "Semua kapal enam pendeteksi sinyal underwater locator beacon (ULB) yang berada di black box. Enam pendeteksi itu be- rada di tiga kapal milik Dirjen Perhubungan Laut, yakni KN Andromeda, KN Jadayat, dan Alugara yang telah merapat di lokasi penemuan ekor pesawat. Nurcahyo menegaskan pros- analisa es pembacaan dan black box itu sepenuhnya akan Congratulations. dilakukan di Indonesia. "Sejak 2009 KNKT sudah punya lab. Kita juga punya ahli yang te- lah di sekolahkan ke Australia baik software dan teknologi dan hardware kita selalu up- date," tegasnya. tidak terjadi kerusakan Jika yang berarti, black box itu bisa Ada dua dengan mudah dicopot. baut yang mengikat piranti itu. Baut itu juga bisa dibuka dengan tangan. "Tapi kita belum tahu itu kondisinya baik atau tidak, ka- lau bautnya bengkong ya sus- ah melepasnya," terangnya. sudah KNKT mengaku menggelar briefing dengan tim Basarnas yang akan melakukan evakuasi ekor pesawat. Tujuannya agar evakuasi itu tak malah meru- sak kondisi black box. Menurut dia dalam kasus ini lebih baik seluruh diam- bagian pesawat memang bil. Meskipun proses pengam- bilannya dipotong-potong na- tetap saja KNKT bisa mendeteksi serpihan-serpihan tersebut. mun Nurcahyo mengaku sejumlah barang pesawat yang ditemukan nantinya sebisa mungkin semuan- "Saat ya dibawa ke Jakarta. masih ada memang di (Pangkalan Bun) dan Surabaya. Kita harapkan nanti semuanya terkumpul di Jakarta," jelas- nya. Barang temuan yang sudah diidentifikasi KNKT antara lain kursi satu penumpang deret (tiga seat) nomor 17, 22 dan 26. Selain itu ada juga kur- si pramugari belakang (satu set). Barang lain yang ditemu- kan ialah peluncur darurat bagian belakang dan depan (kiri-kanan). ini sini OJK, Perbankan dan Asuransi Buka Posko Pengaduan Keluarga korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 dalam mendapat kemudahan mengurus dan klaim asuransi simpanan korban di bank. Ke- marin, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), bersama dengan perbankan dan asuransi mem- buka posko untuk mengurus hal-hal tersebut. Posko ini ber- lokasi di Kantor OJK Region- al III, tepatnya di Gedung Bank Indonesia (BI) lantai empat, Jalan Pahlawan Nomor 105 Surabaya, Jatim. Posko ini buka mulai pukul 8.00 sampai 19.00 WIB. Kelu- arga yang berkepentingan juga dapat menghubungi posko ini Dari : Email. citrashipyard2@cssgroup-batam.com di nomor (031) 3551721, (031) atau 3551733, faks ke (031) 3536839. Jam pelayanan via telepon sama seperti jam buka posko, yakni pukul 08.00 sam- pai 19.00 WIB. "Keluarga korban dapat me- nanyakan info, berkonsultasi HARIAN PAGI dan mengurus klaim asuransi serta dana simpanan korban di Di posko ini ada petugas bank dari OJK, perbankan dan asur- ansi yang siap membantu," ujar Kepala Kantor OJK Regional III Yunno Kusumo. Ketua Umum tim Didik Mulyono mengata- kan, pihaknya telah memberi- kan batas waktu pembayaran Ditargetkan akhir Janu- klaim. perusahaan semua yang sudah melunasinya kepada pihak PT Indonesia AirAsia sebagai pe- megang polis. Sehingga di- harapkan AirAsia nantinya akan lebih cepat membayarkan klaim kepada keluarga korban "Tidak ada usaha dari pihak asuransi agar tidak mem- bayarkan klaim," katanya. Dari pihak perbankan, usaha membuka posko ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh kelu- arga korban yang memang ber- hak. Sebab, ada kemungkinan korban AirAsia yang mening- gal dalam kecelakaan punya deposit box save (SDP) yang oleh ahli hanya bisa dibuka waris. Selain itu dana simpan- lain seperti tabungan dan deposito, termasuk kredit kor- ban juga perlu diurus oleh ke- luarganya. "Untuk itu dari per- bankan sendiri juga butuh data yang lengkap dari keluarga," ucap Ketua Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Jatim ari Asosiasi Asuransi Indonesia (AAUI) Ja- 2015 asuransi an kecelakaan. mencari-cari terlibat kesalahan Herman Halim. ga Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menyambut baik adanya posko pengaduan asur- ansi dan dana simpanan ini. Menurut dia, yang dibutuhkan oleh keluarga korban saat ini adalah layanan yang betul-bet- ul bisa membantu memberikan informasi. "Butuh petugas yang tidak lempar tanggung jawab. Habis ditelepon, harus langsung diatasi," tandasnya. Ia juga berharap agar pihak asuransi dan bank ikut proaktif melaksanakan kewajiban pada nasabahnya yang menjadi korban kecelakaan AirAsia QZ8501, bah- kan sebelum keluarga korban datang melapor. (jpnn) Thursday th Grand Opening New Office Ceremony CESS GROUP SHTFOARD PT. CITRA SHIPYARD Kav.20, Sei Lekop, Kampung Becek, Sagulung, Tg. Uncàng, Batam, Telp. (+62 778) 736 7000, 736 7012, 736 7019, Fax. (+62 778) 736 7018 www.cssgroup-batam.com YARD January 2015 Batam PoS Pertama, Terdepan, Terpercaya EDITOR: RYAN. LAYOUTER: XOCU