Tipe: Koran
Tanggal: 1996-09-15
Halaman: 02
Konten
DOWNLOAD Termurah Sedunia, E-mail dapat mengaktifkan daftar alamat (mailing list) dan mengakses E-Mail anda layanan jarak jauh. E-mail benar-benar juga merupakan sarana komunikasi yang menyo- nangkan dan tidak mengganggu. Hubungan telepon bisa saja dirasakan lunak Net dilengkapi dengan paket e-mail. Metode e-mail tercepat dan yang paling umum adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Begitu pesan dibuat, pesan tersebut langsung dil im. E-mail terlihat seperti memo yang digunakan di perkantoran. Pesan terdiri dari tiga bagian: ke- pala (header), tubuh, dan tanda- tangan. sebagai gangguan. Sedang- surat malah bisa dibiarkan dalam keadaan tertutup selama berminggu- minggu. xern S dapat mengirim pesan dalam tempo singkat ke hampir semua tempat, termasuk yang tidak ada layanan pos sekali pun. Dan biaya yang dibutuhkan sepersekian kali biaya hubungan telepon jarak jauh atau bahkan Dengan e-mail, pihak penerima dapat menjawab pesan dengan cepat dan menyenangkan. Jika setiap orang menggunakan e-mail, biaya surat melalui pos udara. maka pohon-pohon dapat bernapas lega (karena kebu- tuhan kertas dunia akan me- nurun drastis). Dan layanan Pos Indonesia dapat mengubah pendekatan yang selama ini ditempuhnya. mitomo terkuras uangnya USD 1,8 milyar, aki- bat transaksi palsu atau transaksi yang tak la- zim dilakukan. Mungkin juga masih belum terlupakan kasus serupa yang terjadi pada Bank Barings (Februari 1995) dan Bank Daiwa (September 1995). Salah satu penyebabnya, karena lemahnya pengamanan komputer perbankan. Banyak bank di berbagai negara, dan semua bank di In- donesia masih menggunakan infrastruktur ja- ringan konvensional sistem satelit. Sehingga sangat mudah para hacker menerobos sistem perbankan itu. Surat Tercepat dan E-Mail Bahkan menurut catatan Center for Emer- gency Responces Task -CERT, 77 persen sis- tem jaringan komputer dunia sama sekali be- lum diproteksi. Hal ini sangat riskan, mengi- ngat di AS saja, setiap bulannya terjadi insi- den berkaitan dengan keamanan komputer, yang menelan korban jutaan dollar. Berkat ke- andalan hacker pula, dinas pajak AS dilanda kasus penggelapan dan pemalsuan pajak. KOMUNIKASI TERBUKA Internet didesain hanya untuk memper- tinggi atau dinamisasi keuntungan. untuk fleksibelitas. Umumnya, merupakan komuni- kasi terbuka sebagai suatu bentuk kerjasama antar pemakai - user. Internet tidak didesain untuk melindungi DENGAN ENGAN Pikirkan seberapa besar ketergantungan terhadap informasi Kenali kelemahan infrastruktur yang dimiliki, dan seberapa jauh tingkat ekslpoitasinya Sadari proteksi tidak bisa dibeli, tetapi harus dipraktikkan Carilah proteksi informasi Langkah-langkah Pengamanan Utamakan keandalan infrastruktur yang dipakai, setelah itu baru berpikir tentang penggunaan software pengaman file. Sebab tanpa infrastruktur yang handal sangat mungkin terjadi kebocoran. Mengamanan Informasi, Membentengi Data akses pada tingkat user atau aplikasi, tetapi menjadi mahal bila banyak user yang meng- aksesnya. Jika "penyerang" (attacker) dapat menggunakan melalui pemakai terdaftar. yang attacker itu bisa masuk ke dalam jaringan (khusus) intranet. Duel home gateway, penggabungan antara screening filter dan bastion dalam mesin tung- gal atau mesin berangkai. Penggabungan kedua- nya pada mesin tunggal melindungi intranet dari akses umum. Sehingga beberapa aplikasi bastion lebih mudah diakses. Cara ini bisa kom- pleks dan susah menemukan penyerangnya. Sebagai alternatif, screening filter dapat digunakan untuk melindungi bastion. atau kombinasi keduanya dapat digunakan untuk membuat perlindungan ke bagian jaringan yang lebih kecil. Sehingga sumber benar-benar terlindungi. Sehingga antara penyedia internet (provider) dan user sering terjadi ketidakteraturan, lalu lintas informasinya simpang siur. Tidak jarang ada informasi "nyasar" atau disasarkan. Penyebabnya, karena user tidak memiliki kontrol yang baik pada persimpangan "lalu lintas" alur informasi mereka. Sejak internet menjadi piranti yang sangat membantu, dan unjuk dalam keikutsertaan pada jaringan ma- ya network. Komputer siapa pun dapat dihu- bungkan ke komputer jaringan cyberspace itu. Untuk pengamanan informasi. tidak ku- rang berbagai bentuk pengamanan digunakan. Siapa pun berpendapat, bahwa perlindungan terhadap informasi bolak-balik itu perlu, agar terhindar dari "kerusakan" atau "kenakalan" lain, yang biasa dilakukan oleh pencuri infor- masi yang disebut hacker. ASIH ingat kasus pembobolan sifatnya rahasia dan pribadi ngan otentifikasi keaslian Mon beberapa bulan lalu? Bank Su- confidential atau informasi sensitif lainnya, dokumen, melalui tanda-tanda digital yang hartukara terencana seperti kegagalan catudaya, kebakaran, dan bencana alam. Bergeraklah dalam "kotak khusus" login. Pergunakan password, meski bukan suatu jaminan. Tiga Bagian Untuk menggunakan e- mail, yang diperlukan hanyalah koneksi Net serta perangkat lunak yang sesuai. Kebanyakan kit perangkat Penggunaan password sebaiknya: Pilih password yang sulit ditebak. Jangan menggunakan banyak password. Hindari Norton utilities, sebab password tidak berarti jika terserang. Ingat selalu nama pass- word. TANDA TANGAN DIGITAL Konteks pengamanan dalam internet. ada- lah pengamanan jaringan dan pengamanan transaksi. Keamanan jaringan berkenaan de- ngan "kekompakan" untuk melindungi kom- puter, memori, disk, printer dan perlengkapan Bastion, mesin yang ditempatkan antara komputer lainnya untuk akses otomatis inter- intranet dan internet yang memutuskan hubu- net. Sedangkan pengamanan transaksi atau ke- ngan antara keduanya. Bastion itu mengirim amanan komunikasi menyangkut dua masa- pesan "dialogis" antar user yang diinginkan, lah khusus, yaitu pengamanan internet yang dan menolak akses pada user lain yang tidak digunakan untuk transaksi khusus, yaitu de- memiliki "ijin' akses. Bastion dapat mengatur Jangan sering mengganti password saat mengakses Tiadakan penyerang, informasi, gunakan password dengan memisahkan bagian net- hanya pada permulaan work eksternal dengan (net- work) internal. "duduk". Kendali akses, pemisahan fungsi "kunci", agar kerusakan pada lokal area tidak menyebabkan kerusakan pada yang lain dalam skala besar. Antisipasi kejadian tidak Header dihasilkan secara otomatis oleh perangkat lunak pos (mail software) dan seringkali terlihat seperti sekumpulan informasi kacau yang dihasilkan oleh komputer yang tengah mengalami gangguan. Bagian header yang cukup penting adalah alamat pengirim dan inti pesan. Jangan lupa deteksi keberadaan Trojan horses, karena tekanan tombol pass- word dapat disadap. Tubuh (body) adalah pesan itu sendiri. Karena beberapa pe- rangkat lunak memiliki keterba- lasan, maka sebaiknya ukuran pesan dibatasi kurang dari 64KB. Sedangkan tanda tangan, atau sig (singkatan dari signature), adalah tanda pengenal pengguna. TIPS: Sebagian orang menggunakan Perhatikan, jangan dibiasakan saat booting dari disket proteksi diabaikan. mof TO REPRO terprogram - digital signature. Keamanan jaringan berfungsi untuk melin- dungi serangan orang yang mencoba-coba mengakses informasi. merusak kehandalan mesin kontrol dan sumberdaya pada jaringan khusus intranet yang ada. terutama bagi group user semisal dalam sebuah perusahaan. Caranya, dengan menggunakan "tembok api" - firewall. yang merupakan titik-titik tunggal penghubung antara jaringan khusus (intranet) dengan jaringan milik umum (inter- net). Sehingga, sangat memungkinkan komu- nikasi antara keduanya termonitor dan otoma- tis bisa diamankan dari gangguan. Tips Menghindari Pembegalan Informasi Perhatikan lebih dulu hal-hal berikut: gambar-gambar kecil aneh yang diambil dari karakter ASCII, sedang sebagian lagi menaruh nama serta informasi kontak dalam tanda-tangan e-mail mereka. Tetapi jika Anda me- lakukan hal itu, berarti teman- teman yang anda kirimi e-mail akan membayar lebih banyak. Siapa tahu mereka keberatan, sehingga responnya terhadap anda menjadi kurang segera, bahkan kurang ramah. JENIS-JENIS FIREWALLS ITU ANTARA LAIN: Screening filter yang menggunakan rou- ter untuk menghubungkan jaringan khusus ke internet. Screening filter melihat "arus" pada masing-masing IP, mengatur akses pada inter- net ke mesin atau "terminal" - port intranet. dengan membatasi akses intranet ke internet. Namun, screening filter tidak dapat mengatur akses pada tingkatan aplikatif. Alamat pengirim dan pene- rima selalu mengambil format yang sama. Pertama-tama ada- lah ID pengguna atau nama pengguna. Setelah itu @ (baca: at) yang diikuti dengan nama do- main. Misalnya: Yusika@interaccess.com atau help@idsoftware.com E-mail Net biasanya dibatasi hanya pada karakter ASCII (karakter teks umum yang di- jumpai pada keyboard kompu- ter). Untuk e-mail multimeddia, yang berisi unsur bukan-teks, ma- ka ekstensi seperti MIME (Multi- purpose Internet Mail Extension) diperlukan untuk menangani file biner atau file bukan teks. swt PENGAMANAN TRANSAKSI Pertukaran informasi aman jika memenuhi Pesan-pesan terjamin kerahasiaannya. karena pesan pesan pribadi itu tidak untuk yang lain, meski pesan itu mengalir melalui internet yang diakses oleh banyak user. En- cryption digunakan untuk menjamin bahwa isi pesan itu tetap terjaga kerahasiaannya, dan tidak seorang pun mengetahui lewat jalur ini. Pertukaran informasi memiliki keutuh- an. yaitu dengan integrity. Sehingga isi pesan tidak bisa diubah. ketika pesan itu mengalir dari router ke touter. Anda boleh yakin bahwa pesan yang diterima itu sama dengan pesan yang Anda kirim. Begitu pula terhadap tran- saksi keuangan tidak akam mengalami peru- bahan. Encryption dan digital signature menjamin terciptanya integritas pesan. Adanya pertanggungjawaban antara pe- ngirim dan penerima. karena keduanya sepa- kat untuk mengambil dalam pertukaran atau transaksi itu. Penerima tahu bahwa pengirim mendatangi kontrak. Digital signature menja- min pertanggungjawaban itu. Keaslian terjamin. dengan otentifikasi itu, Anda bukan hanya tahu bahwa kontrak telah ditandatangani tetapi juga tahu bahwa yang menandatangani itu adalah klien yang benar. Pengirim mengetahui siapa penerima- nya, dan bukan orang lain yang terselubung sebagai penerima. Autentifikasi menjamin keaslian dokumen.mof/irs RICE uru MEA Eggert Thorlacius, 1:20 AM 12/29...Re: Marathon/Wired Magazine Subject: Re: Marathon/Wired Magazine From th@mernt is (Eggers Thorlacius) Subject Re Marathon/Wired Magazi To staves interaccess com (Sooti Taves) Date: Thu, 29 Des 1994 01 20 57.0000 (CMT) X-Maler ELM [version 2.4 PL28] MIME-Version 1.0 > Do you have any must-see sides on the Net in mind > for computer game players? And no tricks this time! Hman, there is of course Info-nag and umich, where all mac softerare seems to end up Then there is a general games Web page called Games Domain the Marathon home page and Irvide Mac Cacons If you read the addresses of there, I could gazira (a great value IMHO) them to you in January when I go back to work (I don't have them here at home, sorry) Try posting that request to comp.rys.mao games. I bet you'll get a load of e-mail (most of is containing the same info) Good luck with your book, Eggert Thorlacius The Icelandic Patent Office I agthamanna is I In cyberspace, no one can hear you soream. KAMUS INTERNET Anonymous FTP: Login khusus yang digunakan untuk mengakses file FTP umum Archie: Archie adalah singkatan dari archieve. Archie adalah data-base tersebar file-file archive. Bandwidth: Ukuran kapasitas transmisi jaringan atau seberapa banyak data yang dapat dipindahkan oleh jaringan dalam kurun waktu tertentu. Baud rate: Jumlah transmisi perdetik yang dilakukan modem Bit per second (BPS): Ukuran transmisi data untuk modem atau jaringan. Bookmark: Memungkinkan pengguna kembali ke site atau entry tertentu dengan jalan merekamnya. Digunakan misalnya dalam browser Gopher dan Netscape Web. BTW: Singkatan By The Way, digunakan dalam komunikasi e-mail. Bulletin board system: Layanan yang ditujukan untuk topk tertentu dimana pengguna mengirim pesan yang dibaca oleh pengguna lain. Komputer dengan model dial-in yang memungkinkan pengguna mengirim e-mail, menggunakan news group dan mengakses internet. Cheat: Instruksi untuk memenangkan game. Character: Tokoh yang diperankan oleh pemain dalam role-playing game. Client-server. Dua sistem komputer yang terhubung oleh jaringan dimana komputer client menggunakan sumberdaya melalui permintaan yang dihubungkan ke komputer server. Demo: Game dalam versi singkat atau versi yang tidak lengkap, yang disebar gratis sebagai sanpel untuk menarik perhatian pemain. Dial-up service: Metode umum untuk koneksi ke Net dimana modem menghubungkan ke media pelayanan. Dino: Pemain veteran MUD. Domain Name: Nama komputer pada net dalam bentuk string nama yang dipisahkan oleh titik. Download: Mentransfer file komputer jarak jauh ke komputer pengguna. DNS: Domain Name System. Sistem database cli- ent-server tersebar yang mengambil nama domain dan mengembalikan alamat IP Dungeon master. Pengatur role-playing game fantasi. E-mail: Electronic mail. Memo dikirim ke seseorang atau kelompok pada net. E-mail address: alamat kotak pos elektronok pengguna, yang diperlukan untuk mengidentifikasi pengirim e-mail serta pihak penerima. Editor: Utiliti perangkat lunak yang salah satu kegunaannya adalah memungkinkan pengguna mengubah atribut game komputer. Emoticon: Simbol yang digunakan dalam komunikasi elektronik untuk menggambarkan emosi serta pamrih seperti rasa humor dan perasaan tidak senang. Disebut juga smileys. FAQ: Pertanyaan yang sering diajukan. Dokumen berisi pertanyaan serta jawab yang umum untuk topik tertentu. Finger: Layanan Net yang menyediakan informasi tentang pengguna pada komputer tertentu. Flame: respon atau pesan yang kasar dan menghasut dalam komuikasi internet. MINGGU, 15 SEPTEMBER 1996 Freeware: Perangkat lunak yang tersedia gratis untuk digunakan secar pribadi. FTP: File tranfer protocol. Layanan Net yang digu- nakan untuk menyalin file dari satu komputer ke komputer lain. Pengguna mungkin memerlukan password dan nam login kecuali untuk site anony- mous. FYA: For your amusement. FYI: For Your Information. Game master pengatur game e-mail dengan banyak pemain. Gateway: sistem komputer yang menghubungkan dua layanan yang tidak kompatibel seperti layanan on line komersial dan Net. Gopher: permainan kata dari go for. Layanan pen- carian berbasis menu pada Net. Pengguna memilih item pada menu dan digiring ke file atau menu lain. Handle: Nama fiktif yang digunakan oleh pemain game untuk mengidentifikasikan dirinya. HTML: Hyper Text Markup Language. Digunakan untuk menetapkan isi dan format dokumen hypermedia pada WWW. HTTP: Hyper Text Transfer Protocol. Hypermedia: Sistem penyimpanan informasi menggunakan acuan tertanam ke page, suara, dan grafik lain, sangat penting bagi WWW. Hypertext: Hypermedia versi berbasis text. IMHO: In My Humble Opinion. Internaut: Sebutan bagi pengguna internet yang sudah berpengalaman. Internet: Sistem jaringan komputer yang saling terhubung dan mendunia. Alamat Internet (IP): Nomor unik yang ditetapkan untuk masing-masing komputer pada net yang digunakan untuk identifikasi komputer komputer tersebut bagi tujuan penukaran data. IC: In Character. Pemain role-playing game yang berperan sebagi tokoh tertentu. IP: Internet Protocol. Protokol yang menjamin data berpindah ke tempat dimana data tersebut dikirim pada jaringan TCP/IP seperti Net. IRC: Internet Relay Chat. Layanan Net yang me- nyediakan fasilitas komunikasi real-time pada kanal- kanal yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu. LAN: Local Area Network. Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pada jarak pendek seperti dalam gedung kantor yang sama. LISTSERV: Server daftar e-mail. Program komputer yang memelihara daftar alamat e-mail. Login: Proses dimana pengguna memasukkan nama account serta password untuk mengakses komputer time-sharing. LPMUD: MUD berorientasi tempur yang dinamai menurut sang pencetus Lars Penji. List address: sistem e-mail yang mencakup banyak- penerima sebagai bagian dari alamatnya. Mosaic: Program yang pada awalnya dikembang- kan oleh National Center for Computing Applications yang menyediakan antarmuka tunjuk dan klik ke WWW, Gopher, FTP dan layanan Net lainnya bagi pengguan Net. Lihat WWW, Gopher, FTP. MOO: MUD berorientasi-objek, seringkali ber- orientasi akademis atau pendidikan. MUD: Multi User Dungeon or Dimension. Program Role-playing game pada Net. MUD God: Administrator sistem MUD. MUSE atau TinyMUSE: MUD sosial yang menon- jolkan pertempuran dan sistem pengelompokkan. MUSH atau TinyMUSH: Multi User Shared Hallu- cination. MUD sosial dan jenis tinyMUD dimana pemain dimungkinkan dibentuk. Netiquette: Tatakrama yang berlaku bagi pengguna Net. Newbie: Sebutan bagi pemula Net. Newsgroup: Kelompok diskusi Usenet yang terkait dalam satu topik. Pengguna Net dapat menjadi anggota newsgroup yang berbeda-beda. 0OC: Out of character. Pemain role-playing yang tidak memerankan tokoh tertentu. Password: Kode rahasia yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke komputer time-sharing atau layanan FTP, atau untuk mengamankan Web. Patch: Program yang untuk dirancang menanggulangi permasalahan atau bug (kesalahan program) dalam game komputer. Posting: Dapat berarti pesan atau artikel yang tampak pada newsgroup atau langkah pengiriman pesan elektronik ke newsgroup. PPP: Point to Point Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengirim informasi, biasanya melalui modem yang terhubung ke Net. PPP menetapkan koneksi jaringan IP sejati ke Net dengan menggunakan modem. Protocol: Kaidah yang mengendalikan pertukaran pesan antara komputer. Role-playing game (RPG): Jenis game dimana pemain memainkan identitas tokoh tertentu. RPG dapat dibatasi dan diatur oleh berbagai kaidah atau bentuk bebas. RTFM: Read The F**ing Manual. Singkatan umum yang digunakan dalam e-mail dan posting sebagai respon terhadap pertanyaan. Search utility: Program seperti Gopher atau Veronica yang memungkinkan pengguna mencari informasi tertentu. Serve Provider. Perusahaan yang menyediakan akses ke Net dengan imbalan biaya. Shareware: Perangkat lunak yang dilindungi oleh hak cipta yang tersedia untuk digunakan secara pribadi, penggunaannya biasanya dikenakan biaya. SLIP: Serial Line Internet Protokol. Seperti halnya PPP, protokol ini adalah protokol yang digunakan ber- sama modem untuk menetapkan koneksi IP ke Nel. Snail mail: Sebutan untuk surat kertas yang lazim. TCP: Transmission Control Protocol. protokol perangkat lunak yang menjamin bahwa data yang dikirim melalui Net tiba dengan urutan yang tepat. TCP/IP: Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Kelompok protokol yang menetapkan komunikasi komputer pada Net. seluruh komputer pada Net memerlukan perangkat lunak TCP/IP. Telnet: Layanan login jarak jauh yang memung- kinkan pengguna berinteraksi langsung dengan sis tem di site lain. Unix: Sistem operasi komputer yang dikembang- kan AT&T Bell Labs dan digunakan untuk mengem- bangkan Net. Home page: Page induk informasi bagi pengguna atau organisasi pada World Wide Web (WWW). Hot list: Serupa dengan bookmark dalam gopher atau Netscape, daftar ini mencatat pago-page tertentu URL: Uniform Resources Locator. String karakter pada WWW yang diakses sewaktu menggunakan yang digunakan untuk mengidentifikasi page browser Mosaic. informasi pada WWW. Digunakan oleh Mosaic dan program pencarian lain untuk mencari page WWW. Usenet: kelompok komputer yang saling bertukar informasi berita jaringan. Upload: Mentransfer file dari komputer pengguna ke komputer jarak jauh. Veronica: Pencarian informasi terotomatisasi yang dapat diakses melaui Gopher yang mencari string dalam menu Gopher sebagaimana yang ditetapkan pengguna. WAIS: Wide Area Information Server. Layanan Pencarian Net yang mencari dokumen berisi kata kunci atau frase. Walk-trough: Instruksi langkah demi langkah un- tuk suatu game. WAN: Wide Area Network. Jaringan yang men- cakup jarak geografis yang jauh. Whois: Database Net yang menyajikan informasi tentang pribadi atau organisasi. Wizard: Pemain yang telah memenangkan MUD atau telah ditunjuk oleh MUD God untuk membantu menjalankan game. www: World Wide Web. Layanan Net yang sangat terkenal yang mengorganisir informasi dengan meng- gunakan hypermedia. Pengguna dapat mencari infor masi dengan mengklik acuan tersorot. maw
