Tipe: Koran
Tanggal: 1995-10-23
Halaman: 08
Konten
4cm HALAMAN 8 Dari Ajang Bali Pesta Makanan I BaliPost Memikat Wisatawan, dari Lidah Turun ke Hati PARIWIS Dibuka resmi Wakil Gubernur Bali Ahim Abdura- him, Jumat (20/10) malam di Galeria Nusa Dua, Bali Pesta Makanan I, diikuti 37 restoran di Bali. Dari jumlah tersebut, tercatat tujuh restoran Indonesia, 10 restoran interna- sional, lima resto- ran Cina, tiga restoran Italia, tiga restoran Jepang, dua restoran Pran- cis, dua restoran kontinental, dan P esta yang sebenarnya sudah dimulai sejak 15 Oktober lalu di masing- masing restoran peserta, akan berlangsung hingga 30 November. Pembukaan resminya -Jumat malam lalu, dimeriahkan dengan penyelenggaraan per- agaan produk makanan dan minuman yang ditawarkan masing-masing peser- ta. Ratusan wisatawan mancanegara dan nusantara memadati areal terbuka di Nusa Dua tersebut sejak sore hari. Pasal- nya, sebelum pesta dibuka resmi, ada sejumlah acara lomba bagi komponen pariwisata di Bali. Antara lain lomba penyaji makanan dan minuman (waiter/ waitress race) dengan sesajen, nampan minuman dan sajian makanan. Lomba menghias jajanan pasar, menghias meja makan ala Indonesia dan memahat buah. Setelah penyelenggaraan lomba, pe- serta dan penonton dapat mencicipi ber- bagai hidangan makanan khas Indone- sia dan asing dari 37 restoran yang ber- partisipasi dalam festival tersebut. "Bali Pesta Makanan ini merupakan produk baru yang dikembangkan untuk mewu- judkan Pulau Dewata sebagai daerah wisata yang lengkap," kata Direktur Pel- aksana BPPI Wuryastuti Sunario. Teta- pi, pesta yang satu ini kata seorang pen- gusaha jasa catering besar di Bali, bu- kan hal baru. Acara serupa, khusus un- tuk makanan, kudapan dan minuman tr- adisional Bali masuk dalam acara Pesta Kesenian Bali (PKB). Namun, ajang ini hanya sebatas dalam PKB, belum ada tindak lanjut di luar arena PKB. Sudah Menginternasional Wagub Bali Ahim Abdurahim yang mewakili Gubernur Bali, menilai pelak- sanaan Bali Pesta Makanan (Bali Food Festival) akan sangat membantu perkem- bangan kepariwisataan di daerah ini. Na- mun diingatkan hendaknya restoran yang sudah berstandar internasional tidak se- gan-segan memasukkan masakan khas Indonesia khususnya Bali dalam menu yang ditawarkan kepada wisa-tawan mancanegara. Seperti juga dikatakan Wuryastuti Sunario, "kita sering mind- er menyajikan makanan tradisional kita." Tidak sama halnya dengan makanan tradisional Bali, baik itu minuman, kuda- pan, tegas Kakanwil X Depparpostel Bali, NK Mardani Rata, makanan tradi- sional Bali ini sudah "go international". Sudah menjadi hal biasa, acara paket makan malam ala perkampungan Bali. "Jangan terkejut bila melihat babi gul- ing nangkring di atas meja makan di ten- gah deretan olahan sayur, aneka sate, la- war sampai bebek tutunya. Yang berbe- da dari aslinya, hanya cita rasanya dan cara penyajiannya," katanya. Masih kata Mardani, cita rasa makan- an tradisional Bali yang disajikan untuk wisatawan sudah disesuaikan dengan Serius yang Enak, ya masing-masing Serius satu restoran Asia, Spanyol, Meksiko, dan Thailand. MAKAN adalah bagian dari memilih. Dari alternatif menu satu kebudayaan manusia. Kare- yang disajikan, tempat dan suasa- na makan, bukan sekadar untuk na makan sampai pelayanan yang nilai dan misi sosial yang diem- hidup, mengisi perut, tetapi ada diberikan. ban dari tradisi makan. Lihatlah kehidupan sekeliling. Dalam bis- nis misalnya, sering seseorang harus menjamu seseorang atau sekelompok kolega bisnis. Dalam berteman pun, meja makan men- jadi ajang keakraban. Begitu pentingkah dunia ma- kan? Tidak kurang Managing Di- rector Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wuryastuti Su- nario, mengatakan makan dan apa yang dikonsumsi sudah menjadi masalah kesenangan. Terlebih bagi kalangan tertentu yang me- miliki kesenangan selaku "pen- cicip", dengan kecenderungan ingin mencoba cita rasa dapur, aktivitas makan akan memberi kepuasan tertentu. Namun, untuk mendapat manfaat positif melalui aktivitas di meja makan, pemenu- han gizi, kenikmatan di lidah dan keakraban dengan teman makan, Karenanya, tidak salah bila akhir-akhir ini ada kecenderun- gan yuppies (eksekutif muda-red) Indonesia gandrung makan siang, makan malam di restoran- resto- ran berlebel nama asing. Berbaur dengan kalangan wisatawan man- canegara dari negara yang men- jadi sasaran pasar restoran asing tersebut. Misal, restoran Fran- chaise dari Inggris, Amerika, Meksiko atau dari Spanyol, Pentingnya arti makan dengan makanannya, juga menjadi hal khusus dalam penjualan paket wisata. Baik wisata khusus-pet- ualangan misal, wisata konvensi maupun wisata yang memang di- gunakan untuk mencari kesenan- gan. Pasalnya setiap segmen pasar paket wisata tersebut, ungkap se- orang pengusaha restoran di ka- wasan Nusa Dua, memiliki krite- ria tersendiri. lidah mereka. Penyajiannya masih meng- PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran In- gunakan tata cara makan Barat. Belum donesia) Daerah Bali, kata Tommy Raka dapat dilakukan seperti tradisi makan AFCIA, selaku Ketua PHRI Bali, ajang masyarakat Bali dengan magibung tan- ini baru pada tahap "memperkenalkan" pa sendok dan garpu alias bertelanjang perestoranan di Bali. Juga menjadi lang- tangan. Restoran khas masakan Bali pun kah awal, untuk menjadikan Bali sebagai sudah mulai unjuk diri dalam persaingan destinasi wisata boga. bisnis perestoranan di Bali. Namun di- akui keberadaan mereka masih kalah dalam promosi. Belajar dari pengalaman DKI Jakarta yang sudah dua kali menyelenggarakan Pesta Makanan, diharapkan Bali Pesta Di Bali, menurut Kakanwil X Deppar- Makanan yang dijadikan acara tahunan postel Bali, bisnis hotel dan perestoran- ini dapat meningkatkan kunjungan an memberikan andil cukup besar. Per- wisatawan mancanegara ke Bali. "Men- tumbuhan rata-rata subsektor restoran jaring dolar dari meja makan," ungkap dan perhotelan mencapai 10,6 persen Kadiparda DKI Jakarta Fauzibowo, keti- dengan porsi 19 persen dalam pemben- ka ditemui di arena Bali Food Festival. tukan pendapatan regional bruto. Data Masih kata dia, ajang yang sama di Jakar- tersebut, menunjukkan bahwa subsektor ta ternyata mampu meningkatkan kunjun- perhotelan dan restoran atau kepariwi- gan wisatawan dan meningkatkan angka sataan secara umum sudah mampu meng- transaksi dalam bisnis perestoranan, hadirkan efek ganda (multiplier effect). khususnya di kalangan peserta. Sampai saat ini tercatat jumlah resto- Seperti dijelaskan Haryanto dari ran mencapai 535 restoran dengan 34.436 Amex-TRS, dalam Jakarta Pesta Makan- tempat duduk, sumbangan devisanya an I, berhasil menaikkan volume transaksi cukup besar. Dari hasil penelitian menun- dengan kartu Amex mencapai 54 persen, jukkan, di Bali pengeluaran wisatawan dengan kenaikan jumlah transaksi 122 untuk kebutuhan makan dan minuman persen dibandingkan tahun 1993. Untuk paling tinggi (287,97 dolar AS)-23 penyelenggaran tahun 1995 ini, diharap- persen dari total pengeluaran. Selaku Kakanwil Depparpostel, Mar- dani mengakui Bali Pesta Makanan I mempunyai manfaat, merupakan ajang promosi bersama antara BPPI dan Pem- kan pesta makanan di Jakarta dan Bali dapat menyerap tidak kurang dari 10 per- sen anggota Amex yang berjumlah lebih dari 36 juta anggota di seluruh dunia. Prospektifnya upaya menjadikan Bali da Bali, Amex-TRS, dan PHRI Bali un- sebagai tujuan wisata boga juga diduku- tuk mengangkat citra restoran dan rumah ng data bahwa wisman yang berkunjung makan dalam upaya meningkatkan kual- ke Indonesia, 40 persen berkunjung ke itas makanan dan pelayanannya. Bagi Bali. (wie/pal) Wisata Boga but. Pesta ini secara tidak lang- sung memperluas pangsa pasar perestoranan di Bali, sekaligus mencari bentuk standar kualitas nannya ke negara tujuan wisata, jenis makanannya memiliki arti perestoranan. Pasalnya menurut akibat kurangnya informasi ten- strategis. Dapat digunakan se- Haryanto dari Amex TRS, belum tang perestoranan. Sah saja, kata bagai alternatif tambahan, mem- ada standar kualitas perestoranan. Wuryastuti Sunario bila seorang perkaya diversifikasi produk wisa- Hal penting dalam meraih pasar calon wisatawan mempertanya-ta yang ada. Juga dapat digunakan khususnya untuk Bali, karena pro- kan, apakah di negara tujuan dia sebagai alat memenangkan per- fil perestoranannya sangat maje- masih dapat menikmati makanan saingan bisnis. Tengoklah kasus muk sehingga diperlukan satu negaranya? isu kolera di Bali yang menjalar tolok ukur, dalam merumuskan luas di negara Matahari Terbit, standar kualitas makanan yang Jepang. Atau kasus Bali Belly sehat, selain kualitas pelayanan yang memanfaatkan masalah dan atmosfir restoran bersangku- higienitas makanan dan lingkun- tan. gan di Bali untuk menghentikan arus kedatangan wisatawan Aus- tralia ke Bali. Pertanyaan sang wisatawan ini wajar-wajar saja. Biasanya, pertum- buhan pangsa pasar wisata dari satu negara akan diikuti pertumbuhan perestoranan negara bersangkutan di negara tujuan wisata. Lihatlah di Bali, kata seorang pengunjung "Bali Pesta Makan- an I" di Galeria Nusa Dua, akhir pekan kemarin. Wisatawan tidak perlu khawatir tidak dapat meni- kmati makanan negaranya di Bali. Mereka, ujarnya lebih lanjut, ting- gal memilih ratusan restoran ber- kelas dengan spesialisasi jenis makanan dari ujung barat sampai belahan timur dunia. Dapat me- milih yang berlokasi di dalam atau di luar hotel. Bebas Kolera Tidak jarang, sekelompok Bagi komponen pariwisata, tr- seseorang memerlukan keseriusan wisatawan membatalkan perjala- adisi makan dengan aneka ragam Yang pasti, BPPI bekerja sama dengan American Exspress Trav- el Related Services, Pemda Bali dan Kanwil X Depparpostel Bali, menggunakan nilai strategis tra- disi makan untuk mempromosi- kan Bali dan mengembalikan cit- ra Bali yang bebas kolera. Bagi kalangan usaha kuliner di Bali, pesta makanan ini penting artinya. Sebab, bukan sekadar ikut memeriahkan pesta, juga menja- di ajang berkompetisi secara kual- itas yang melibatkan semua unit pendukung dari usaha jasa terse- Prinsipnya menurut Wuryastu- ti, menjadikan Bali sebagai tujuan wisata boga tidak menyimpang dari perkembangan wisata buday- anya. Sebab makan termasuk bagian dari budaya itu sendiri. Justru keanekaragaman makanan dan kekhasan kultur Bali dapat memberikan warna pada pelayan- an dan suasana restoran yang me- nentukan kepuasan wisatawan. Dicontohkan, menyantap hidan- gan diiringi alunan musik tradis- ional dalam bangunan bernuansa khas Bali. Dengan berwisata boga, sesuatu serius akan menjadi sedi- kit santai sambil menyantap ma- kanan yang enak. (wie) SENIN KLIWON BOKTOBER 1995 MENJARING wisatawan tidak hanya da mata dan kemudian turun ke hati. Be mengedepankaj seni masakan nusant wisatawan. Tidak hanya berawal dari ma Buktinya, pada Bali Food Festival yang menunjukkan betapa animo wisatawan mencicipi aneka bentuk dan cita rasa m Pengunjung sekaligus Bertind UNIK, itu komentar yang diperoleh dari be- berapa pengunjung acara Bali Pesta Makanan I. Pasalnya, konsumen-pengunjung restoran peser- ta pesta sudah mendapat diskon, masih memiliki hak untuk memberi penilaian terhadap makanan, pelayanan maupun penampilan restoran yang dikunjungi. tentang hal ini sudah diakui pihak penyeleng- gara- BPPI, Amex-TRS, festival yang satu ini memang berbeda dengan festival lainnya. Penye- lenggara tidak menyediakan juri khusus untuk menilai kualitas makanan, pelayanan maupun pe- nampilan peserta Bali Pesta Makanan I. Mereka hanya mengundang resmi dua penulis kuliner an- dal dari Jepang dan Taiwan dan anggota Amex di seantero jagad untuk datang ke Bali atau ke Jakar- ta untuk berwisata, sekaligus menjadi juri. Juri yang lain? Dari pengunjung restoran dan kafe yang ikut dalam pesta ini. Ada formulir penilaian yang wajib diisi pengun- menang dengan kategori restora jung di 37 buah restoran dan kafe selama Bali Pes- terbaik dalam pelayanan (best ta Makanan I berlangsung (15 Oktober s.d. 30 No- kualitas makanannya (best food vember). Setelah mengisi formulir itu, ada vouch- sampilan dan suasana restoran/ er diskon 15 persen yang berlaku saat kunjungan all). Di samping hadiah tersebut, berikutnya di restoran tersebut bagi pengunjung dari Amex-TRS, ada hadiah berli nonanggota Amex. ney, dan Bali bagi konsumen Bagi pemegang kartu Amex mendapat diskon khusus. 25 persen pada kunjungan pertama dan kunjungan Selain mendapat penghargaan berikutnya sama dengan pengunjung umum lain- suk dalam buku petunjuk perest nya. Objektivitas penilaian pengunjung, akan me- luarkan Amex dan masuk dalar nentukan peringkat restoran bersangkutan. Amex yang dibagikan kepada a Sementara penulis kuliner (food writers) dari semacam promosi gratis. Taiwan dan Jepang tidak hanya melakukan pen- jurian langsung dalam kunjungannya di Bali, juga akan menurunkan hasil liputannya ke dalam artikel khusus. Setelah festival, penyelenggara (BPPI, Amex, dan pemerintah daerah) akan menetapkan pe- Sejumlah 37 restoran dan k dalam Bali Pesta Makanan I. Bi kan Indonesia, pilih satu dari t yaitu Restoran Daksina, Kais Ulam, Manuk Kicau, Warung M Lotus Sepuluh restoran yang m an internasional, antara lain, Ary's PASTI!!! CENDERAMATA DARI SUZUKI Tape Compo Trendy Yang mana saja bisa menjadi milik anda BONUS LAINNYA - 1 BUAH JAKET - 1 BUAH HELM Stand Fan Camera MDL-5 FUJ Kami tak cuma memberi mimpi, datangi dealer SUZUKI terdekat hari ini. Langsung hadiah menjadi milik anda Yang PASTI-PASTI cuma dari SUZUKI Sebagai cenderamata kami kepada anda pembeli SUZUKI, sebuah Tape Compo Trendy / Camera Fuji MDL - 5/ Stand Fan langsung Anda miliki pada setiap pembelian sepeda motor SUZUKI tipe apapun, cash/ kredit, selama September Oktober 1995 - 1 EUAH JAKET BONUS LAINNYA - 2 BUAH HELM KREDIT PERORANGAN UANG MUKA MULAI Rp. 500.000,- (NON-KOLEKTIF) Bali Seafood Market, Cafe Lagoo BENGKEL RESM SUZUKI PT. SENTRAL SERVINDO MAN SERVICE CENT EPS didukung oleh PT. METRODA Juga menerima service: CPU, SOFTWARE UPS MONITOR Menjual Komputer ACER, WEARNES Monitor, Printer EPSON, UPS INDO JL. MALUKU BLOK A/S, I Service Centre Res Transportasi-Ten GEBYAR EMA PAKET 1 TANPA UANG MUKA BUNGA HANYA 9%-TH BONUS: CENTRAL LOCK RADIO TAPE KACA FILM ALARM 2cm Color Rendition Chart -3 KALENG OLI 2 T INDOMOBIL OIL atiu 2 KALENG OLI 2T ESSOPACE INOVASI TIADA HENTI BUNGA MULAI 1,25% KREDIT 1-5 Thn PAKET II SUPER BONUS HARGA MURAH VELG RACING RADIO TAPE KACA FILM C3268 DENPASAR : Jl. Teuku Umar No Hubungi Segera Dealer Suzuki Terdekat di Kota Anda ●DENPASAR PT. CAHAYA SURYA BALI INDAH, JI. Thamrin 25 Telp.431926, PT CAHAYA SURYA BALI INDAH, JI. By Pass Ngurah Rai, Telp. 753887, PT. CAHAYA SUIYA MEGAH ABADI, JI. Teuku Umar 110C, Telp. 231133, PT. CAHAYA PRIMA PERKASA, JI. Patimura 57B, Telp.221343, VARIA PRATAMA MOTOR, JI. Imam Bonjol 79 Telp. 225325 TABANAN PT.CAHAYA SURYA BALI INDAH, JI. Pahlawan 24B, Telp. 813114 GIANYAR PELITA AGUNG JI. Kesatrian 26A, Gianyar Kota, Telp. 93043, WAJA UTAMA MOTOR, JI. Udayana Blahbatuh, Gianyar, CAHAYA SURYA AGUNG JCok Gde Rai Peliatan Ubud Telp. 96198⚫ BANGLI: PT. CAHAYA BALI INDAH JI. I Gsi Ngurah Rai 28, Telp. 91575 KLUNGKUNG: SURYA JAYA MOTOR, JI. Flamboyan No.3 Telp.22703 SINGARAJA: JAPIN MOTOR, JI. Dr. Sutomo 24, Telp. 41234, ASTINA MOTOR, JI. Imam Bonjol 85, Telp. 21603 NEGARA: RAHAYU PERMAI, JI. Ngurah Rai 109 Telp. (0365) 40855, NTB : PD.PERKASA MOTOR JI. Pejanggi 67 Telp. (0364) 21771 Cakranegara, NTB, UD.ARTHA MAS MOTOR JI. Sueta Telp. (0364) 24375 Cakranegara, NTB, UD.LANCAR JAYA JI. Yos Sudarso, depan KODIM Telp. (0371) 21241 Sumbawa Besar, NTB SUZUKI Personal Best MINGG SUPER MURAH HARGA JUGA TERSEDIA DAIH NIS SUN SUPER
