Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Jawa Pos
Tipe: Koran
Tanggal: 2020-11-14
Halaman: 08

Konten


EDUKASI Jawa Pos RADAR SOLO. Jawa Pos RADAR SOLO SABTU 14 NOVEMBER 2020 PERHOTELA Desember Mulai Tatap Muka PENDIDIKAN VOKASI Layanan Spa Kembal Peluang ABK ke Akademik dan Vokasional Terbuka THE Alana Hotel & Convention Ce leader dengan berbagai inovasi dan dalam industri perhotelan. Terutam Covid-19 seperti saat ini. Berbekal s dari Pemkab Karanganyar, hotel set membuka layanan spa, Rosemary S "Ini suatu kemajuan bagi kami. TH Convention Center di tengah pande membuka kembali layanan spa. Ter kembali spa ini juga telah melalui t dan sesuai dengan protokol keseha Sistho A. Sreshtho, general manage Tegaskan Tak Ada Perluasan Sekolah SOLO, Radar Solo - Anak berkebutuhan khusus (ABK) punya peluang sama dalam pendidikan maupun pekerjaan. Sekolah luar biasa (SLB) ikut andil dalam pemetaan minat dan kemandirian ABK. Apakah melanjutkan ke bidang akademik atau vokasional. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pengembangan model program transisi pascasekolah. Guru Besar Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Gunarhadi menjelaskan, program transisi pascasekolah penting diterapkan. Sebab masih banyak asumsi yang menilai ABK sulit bersaing di dunia kerja maupun akademik. Apalagi pandemi Covid-19, juga memaksa siswa ABK belajar mandiri di rumah. Sehingga peran SLB dalam masa transisi sangat penting. "Keterbatasan-keterbatasan dalam mendaftar SOLO, Radar Solo - Pembela- jaran tatap muka (PTM) bagi SMP/MTSN masuk fase kedua. Masih sebatas tiga sekolah yang jadi pilot project. Yakni SMPN 4 Surakarta, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTSN 1 Surakarta. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta menegaskan belum ada izin perluasan sekolah. Se- mentara ini, baru rencana meng- gelar PTM serentak khusus kelas IX di tiga sekolah tersebut. Sebelum masuk PTM fase 2, digelar rapid test di sekolah masing-masing, kemarin (12/11). Khusus siswa, guru dan karyawan (gukar) yang jalani fase 1 dan 2. Bertambahnya peserta, praktis PTM bakal dibuat luring dan daring. Sekretaris Disdik Kota Sura- Convention Center. Tertulis dalam surat rekomendasi 556/799.15/2020, dinyatakan bahw Alana Hotel & Convention Center t syarat protokol kesehatan bagi mas dan fasilitas umum dalam rangka p pengendalian Corona Virus Diseas Surat rekomendasi tersebut diterl pekerjaan tersebut, di antaranya diskualifikasi dari pihak pemberi kerja, bullying, kecemburuan, dan sikap over protected dari orang tua ABK. Padahal UU Nomor 8 Tahun 2016 telah memberikan kesempatan bagi ABK dalam mendapatkan pekerjaan yang layak dan ikut bersaing di dunia kerja," urainya, kemarin (13/11). Peluang ABK mendaftar di perguruan tinggi (PT) juga terbatas. Menilik model seleksi tes masuk PT, kurang adap- tif bagi ABK. Gunarhadi mengatakan, ada ketidaksesuaian dengan pilihan yang diinginkan ABK. Tidak terbiasa dengan sistem penerimaan dan kompetensi yang kurang memadai. Karena adanya hambatan yang dialaminya. Berkaca hal tersebut, Gunarhadi melihat perlunya program transisi pascasekolah untuk pemetaan minat dan pematangan. Di mana ada tiga tahapan dalam penerapan transisi. Yakni tahap input berupa persiapan dengan melakukan asesmen terhadap minat dan kemampuan ABK. Apakah lebih sesuai mengikuti program akademik atau program vokasional. Selanjutnya, masuk tahap proses atau instruction. Dengan program transisi pascasekolah. Memuat hal-hal yang harus dipersiapkan pasca pemetaan minat. Diberlakukan mulai kelas X-XII SMA. Dan terakhir keputusan Menteri Kesehatan Nom MENKES/382/2020 tentang Protok karta Dwi Ariyatno menjelaskan, PTM fase 1 berjalan lancar. Disusul rapid test sesi kedua bagi siswa dan gukar peserta PTM fase 1. Rapid juga diikuti peserta yang akan menjalani fase 2. Dwi mengaku dalam rapid test kedua, ditemukan siswa yang sakit. Sehingga diarahkan untuk mengikuti pembelajaran jarak hingga dua minggu PTM ke jauh (PJJ). "Proses pembelajarannya biasakan penerapan prokes. sama. Hanya kalau ketemu lang- sung kan lebih enak dan bisa interaksi dengan guru. Selain itu, karena kapasitas naik, ma- ka dibuat luring dan daring. Peserta fase 1 gantian daring gainya. Maka kami masksimal- dan peserta fase dua luring," bebernya saat ditemui di SMPN 4 Surakarta, kemarin. Penerapan pembelajaran lu- ring dan daring dilakukan karena keterbatasan ruang ke- las dan sumber daya manusia (SDM). Terutama dalam peng- masyarakat di tempat dan fasilitas pencegahan Covid-19. "Dalam melayani tamu, kami tela protokol kesehatan mulai dari pen sanitizer, penggunaan latex hand suhu setiap tamu yang akan kami terapis kami wajib memiliki surat dipastikan kesehatannya sebelum Elleonora Melati Ndari Astuti, own Ditambahkan perempuan yang k pada re-opening Rosemary Spa ter promo yang dapat dinikmati langs Seperti diskon 20 persen untuk lay javanese massage dan pay 2 get 3 u terapi yang dilakukan. Dibukanya kembali Rosemary Sp angin segar bagi para tamu yang st kan layanan spa. Terlebih mereka perjalanan jauh sebelum menikm- Alana Hotel & Convention Center. Tertarik untuk menikmati setiap ry Spa? Yuk, langsung datang dan re-opening dari Rosemary Spa The Convention Center. (rls/wa) ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO MENAHAN SAKIT: Siswa kelas IX SMPN 4 Surakarta jalani rapid test, syarat mengikuti simulasi PTM fase 2 di sekolah setempat, kemarin (13/11). awasan dan mengarahkan pro- tokol kesehatan (prokes). Se- kan lagi. masi lagi," bebernya. Sementara itu Waka Humas SMPN 4 Surakarta Sudarsono cara ketat. Tanpa harus diarah- maksimalkan kelas IX dulu. Kalau evaluasinya baik, bisa ditambah bertahap," jelasnya. Dwi menegaskan, belum ada menyebut rapid test diikuti 231 "Ada sembilan kelas untuk 32 depan, diharapkan siswa mem- anak. Normalnya begitu. Tapi pandemi ini, satu kelas hanya penambahan sekolah yang akan boleh 16 anak. Otomatis butuh 18 kelas untuk PTM serentak siswa. Dari total 289 siswa kelas tahap output. (rgl/fer) jalani PTM dalam waktu dekat. "Sejauh ini keputusan Satgas IX. Rinciannya, fase 1 ada 117 siswa dan fase 2 ada 114 siswa. "Kemungkinan belum melang- kah penambahan peserta kelas VIII. Karena prosesnya panjang. Harus mengajari anak pem- Apalagi tidak semua siswa di- biasaan lagi, fasilitas, dan seba- Sisanya ada yang sakit dan tidak diizinkan PTM. "Kelas VII dan VIII sudah mu- lai didata terkait izin orang tua. Termasuk persetujuan antar- jemput anak. Karena tidak bo- leh naik kendaraan umum. kelas IX. Masih bisa terpenuhi. Penanganan Covid-19 Kota Surakarta, hanya tiga sekolah. izinkan PTM. Itu pun perlu Karena kami pastikan prosesnya kesadaran prokes dari siswa," urainya. Mengapa penambahan peser- ta dari kelas VII dan VIII belum benar-benar aman. Kalau ada kan untuk kelas IX. Karena volume lebih besar," terangnya. Rencananya, Desember men- datang disdik menargetkan bisa? Menurut Dwi, harus di- kelas IX masuk bersamaan. sekolah yang nekat memasuk- kan siswa, kami merujuk Per- mendikbud. Yang memiliki peran sentral itu perizinan orang tua. Sekolah mungkin belum ada pendampingan, screening, jam pembelajaran dan siswa, dan lainnya dari dinas. Apa su- kami menunggu arahan dinas," dah siap? Ini perlu dikonfir- imbangi pemenuhan fasilitas sekolah dan SDM. Serta kesa- Kalau ketahuan, tidak boleh masuk sekolah. Soal perluasan Lewat pembiasaan selama dua pekan ke depan, diharapkan daran siswa dalam menerapkan peserta mematuhi prokes se- ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO UJIAN: Aktivitas belajar di SLB A YKAB, 2019 lalu. prokes pembiasaan baru. "Di- paparnya. (rgl/fer) LITERASI GURU BERGELIAT: Seremonial pembukaan Hotel & Convention Center belum lam Membangun Budaya Literasi di Sekolah olo PENGHARG. Boyong Top Brand KETERAMPILAN membaca memiliki peran penting dalam Kabupaten Klaten, memperoleh kehidupan manusia. Karena pengetahuan didapat dari kete- rampilan membaca itu sendiri. Oleh sebab itu, keterampilan kan rendahnya minat baca ini harus dikuasai dengan baik pada kelas atas, yaitu kurang tertarik dan kurang antusias sejak dini. Pada masa sekarang antusiasnya para siswa untuk ini, pentingnya membaca telah semakin sering diperbincangkan buku pelajaran. oleh berbagai kalangan masyara- kat dalam berbagai kesempatan membaca buku pelajaran pun, dan forum. disebabkan oleh terbatasnya fasilitas yang disediakan per- pustakaan. Seperti terbatasnya tergolong rendah. Beberapa bahan bacaan dan kurang bervariasinya buku yang dise- diakan. Sehingga siswa kurang peneliti di SMA Negeri 1 Wedi, atau tenang. Dan selama di kelas, para peserta didik diizin- kan membaca bacaan mereka menerapkan metode sustained sendiri dan membaca secara kan membaca bacaan mereka sendiri dan membaca secara mandiri. Diharapkan dengan 80 persen peserta didik masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Setelah dilaksanakan ke- hasil bahwa minat baca siswa giatan membaca di siklus 2, hasil yang didapat, semua peserta didik mendapatkan persentase lebih dari 80 persen yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil persentase yang diper- oleh peserta pada siklus 2 pada kelas X-1 sebesar 88 persen, kelas X-2 sebesar 89 persen, dan kelas X-2 sebesar 89 persen masuk dalam kate- gori baik dan sangat baik. Serta memenuhi indikator keberhasilan penelitian. (*) DI tengah kondisi perekonomiam yang mengalami penurunan karen JNE tetap mempertahankan kapat tasnya. Pengembangan bisnis pun dengan meningkatkan berbagai se memberikan pelayanan terbaik. Upaya tersebut berbuah manis, n yang ke-30, JNE kembali dianugera bergengsi, yaitu TOP Brand Award. Courier Service. permasalahan yang menyebab- silent reading, minat baca kelas atas meningkat. mandiri. Berdasarkan hasil penelitian, Metode sustained silent read- penerapan metode sustained silent reading mampu mening- ponen dari whole language yang katkan minat baca peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Wedi, Frooze. Merupakan kegiatan Kabupaten Klaten. Persentase membaca di dalam hati yang nilai angket minat baca peser- ta pada siklus 1 yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik pada kelas X-1 sebesar 66 persen. Kelas X-2 sebesar 63 persen dan kelas X-3 sebesar mbaca. ing merupakan salah satu kom- membaca. Khususnya membaca Sesuai uraian permasalahan di atas, maka peneliti berpen- Sebagian besar siswa yang dapat betapa pentingnya me- ningkatkan minat baca siswa. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi per- masalahan tersebut, yaitu dengan melakukan kegiatan membaca. Terutama meningkatkan minat baca kepada siswa kelas atas. Yaitu kelas X dengan menerap- dikembangkan Routman dan Oleh hanya saat ada ulangan harian atau ujian akhir sekolah. Kare- na kurangnya kesadaran dalam diri siswa dalam hal pentingnya dibatasi oleh waktu. Serta lan- SRI JAMAN, S.Pd. MM. *) Sama halnya ketika di sekolah, minat baca seorang peserta didik harus selalu ditingkatkan. Kondisi belajar mengajar yang membaca buku untuk mem- efektif adalah dengan adanya perluas ilmu dan wawasan yang minat dan perhatian peserta didik dalam belajar. Observasi yang dilakukan Penghargaan tersebut merupakar berturut-turut sejak 2014. Penghar Irawan D, CEO Frontier Group kep ting Communication Division JNE, etra pada acara bertajuk In Recogn Achiievment in Building the Top Br mawangsa Studio Jalan Dharmawa yoran Baru, Jakarta, Jumat (27/10). Top Brand Award diberikan untu unggul dengan performa yang luar Indonesia. Dalam Top Brand Awar poin top brand index (TBI) sebesar lebih besar dibanding perusahaan JNE dinilai superior atau top yang r Share, Top of Market Share, dan Top dalam benak konsumen. JNE dinilai hankan ekuitas mereknya dibanding Presiden Direktur JNE M. Feriadi So Gardiner (dalam Aliva Rosdi- ana, 2017) menjelaskan, bahwa sutainend silent reading adalah waktu membaca secara bersa- lik, 2017: 100) berpendapat, jutan dari membaca permulaan (Gheanurma Ekahasta Nova- rina, 2013). Sedangkan Gardiner (Suhar- 63 persen. dimiliki. Selain faktor dalam diri siswa, ma-sama di kelas secara diam sustainend silent reading adalah waktu membaca secara bersa- Persentase tersebut masih belum memenuhi ketuntasan ma-sama di kelas secara diam yang ditetapkan. Yaitu minimal kan metode sustained silent atau tenang. Dan selama di kelas, para peserta didik diizin- *) Guru Geografi SMAN 1 Wedi, Kabupaten Klaten rendahnya minat baca juga reading. Metode SGW Tingkatkan Hasil Belajar Geografi ib debue PENDIDIKAN merupakan sebuah proses. Yakni proses perubahan perilaku, baik indi- Di SMAN 1 Baturetno, Kabu- paten Wonogiri, mata pelajaran lokal, dan pemanfaatan (mapel) Geografi merupakan teknologi modern. melalui edukasi, kearifan, group work adalah salah satu pembelajaran kooperatif yang paikan pokok-pokok materi. mampu mengajak siswa untuk Kedua, guru membagi siswa belajar aktif. Pembelajaran ak- tif merupakan pembelajaran yang bisa menumbuhkan hasil belajar yang langgeng (Melvi L. Siberman, Active Learning, Bandung: Nusa Media, 2006 lajaran. Keempat, guru meng- hal.27). Pembelajaran aktif menekan- kan untuk mengoptimalkan dan KD. Dilanjutkan menyam- vidu maupun sekelompok orang salah satu yang wajib diajarkan pada siswa. Pembelajaran Geo- grafi diarahkan untuk mening- katkan kemampuan siswa dalam memahami jenis dan karakte- dengan tujuan membuat indi- vidu-individu menjadi dewasa. Saat ini, pada Kurikulum 2013 (K-13), proses pembelajaran harus mengedepankan peng- alaman personal. Melalui pro- Pada saat guru menyampai- kan materi, ada beberapa siswa terlihat jenuh, bosan, dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Keadaan ini berdampak pada turunnya daya serap, pemahaman, sikap kritis, keterampilan, dan hasil menjadi beberapa kelompok. Ketiga, guru membagi soal atau studi kasus untuk dipecahkan langkah pembelajaran. Sehing- siswa sesuai kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembe- daya serap, pemahaman, kete- pun keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran telah meng- ubah menjadi lebih meningkat. Hal itu terjadi karena semua siswa aktif mengikuti langkah- kan rasa syukur atas penghargaan isti seluruh karyawan dan manajemen JM kan terima kasih sebesar-besarnya ke Marketing beserta Frontier Group ata. Brand Award 2020 kategori Courier Se Ditambahkan Feriadi, JNE didirik utama agar membawa manfaat bag internal mau pun eksternal perusal tagline connecting happiness. Sebal yang diraih ini menjadi motivasi m karyawan untuk terus menjalankar prima, dan melanjutkan komitmen vasi dalam pengembangan bisnis,: maksimal untuk menyelenggarakar berbagai bidang. (rls/wa) ga penguasaan terhadap materi, ristik bencana alam. rampilan berargumen, cara Selain itu, pembelajaran Geo- ses mengamati, menanya, me- grafi mampu menjadi bekal instruksikan kepada setiap berkomunikasi, kreativitas ber- anggota kelompok untuk aktif pikir, kerja sama, serta hasil dalam berdiskusi. nalar, dan mencoba. bagi siswa untuk melanjutkan belajarnya. Oleh Penguasaan metode pembe- pendidikan. Serta mengem- bangkan kemampuan dalam berpikir, memahami, menge- nal jenis, dan karakteristik puan dalam menggunakan bencana yang terdapat di ling- Penurunan hasil belajar siswa terlihat setelah diadakan tes. Dari keseluruhan kelas XI IPS small group work (SGW). Pe- 1 berjumlah 36 siswa, hanya 70 persen yang mendapat nilai di karena dirasa tepat sesuai den- atas kriteria ketuntasan minimal penggunaan semua potensi yang dimiliki siswa. Siswa diajak tu- rut serta dalam semua proses nulis memilih metode ini pembelajaran. Sehingga seluruh siswa dapat mencapai hasil be- Kelima, guru mendampingi dan mengelola jalannya dis- kusi dengan manajemen waktu yang tersedia. Keenam, guru menunjuk wakil setiap kelom- belajar meningkat. Pembelajaran menjadi optimal setelah diadakan ulangan atau tes. Dari 36 siswa kelas XI IPS 1, semuanya berhasil mendapat- kan nilai di atas KKM atau 100 Drs. SATIYO ) lajaran merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dimiliki guru. Karena kemam- berbagai metode pembelajaran kungan sekitar. akan berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Baik keberhasilan aspek kognitif, di kelas saat menyampaikan kan nilai di atas KKM. afektif, maupun psikomotorik. Dalam kegiatan belajar meng- pandemi Covid-19). Tentang langkah guru dalam mengatasi ajar (KBM), daya serap siswa tidaklah sama. gan materi. Karena melalui lajar yang memuaskan. Sesuai pok untuk maju menyajikan persen. Hal ini juga telah me- Penulis sebagai guru mapel (KKM). Sedangkan yang 30 langkah-langkah pembelaja- dengan karakteristik pribadi hasil diskusinya secara bergan- ningkatkan motivasi dalam belajar serta meningkatkan Geografi menjumpai masalah persen belum mampu mendapat- rannya, siswa diasah keaktifan, keterampilan, kreativitas ber- pikir, serta pemahaman. Se- hingga tujuan pembelajaran penulis sebagai berikut. Per- bisa dicapai optimal. Model pembelajaran small tujuan pembelajaran sesuai KI jadi optimal. Keterlibatan mau- yang mereka miliki. Adapun langkah-langkah pem- belajaran yang diterapkan oleh tian. Ketujuh, guru menyam- paikan klarifikasi, kesimpulan, kedisiplinan siswa. (*) dan tindak lanjut. Penerapan metode di atas telah KD. 3.7 (sebelum terjadinya Setelah dievaluasi, salah satu ) Guru Geografi SMAN 1 Baturetno, Kabupaten Wonogiri menganalisis jenis dan pe- hal di atas, yaitu dengan mene- nanggulangan bencana alam rapkan metode pembelajaran tama, guru menyampaikan mengubah pembelajaran men- Informasi penayangan artikel di Jawa Pos Radar Solo Hubungi: Andi Aris (0857 2801 8400) TOP MAND ARARD Penanggung Jawab: Marsudi Nurwahid P., Pemimpin Redaksi: Kabun Triyatno, Koordinator Liputan: Tri Wahyu Cahyono, Redaktur: Feri Ardi Susanto, Syahaamah Fikria, Adi Prasetyawan, Nikko Auglandy, Kepala Kompartemen Wonogiri: Wibats Arisudewo Kepala Kompartemen Klaten: Boy Rohmanto, Kepala Kompartemen Sragen: Indro Supriyadi, Reporter Solo: Septina Fadia Putri, Irawan Wibisono, Silvester Kurniawan, Antonius Christian, Reporter Daerah: Iwan Adi Luhung (Wonogiri) Angga Purendklalen Tri Widodo (Boyolali), Ahmad Khairudin (Sragen), Rudi Hartono (Karanganyar), Iwan Dwi Parkelo Wangen, llustrator: Erik Oktavianto, Divisi Online: Iswara Bagus N., Perdana Bayu Saputro, IT: Agung Widi, Iklan: Joko Mulyono (Manager), Yuni Haryanto (Koordinator Jakarta), Taufiq K.Ismadi, Niken D.H., Rayanawati, Andri Eka, Prima BavLS Krisna Guslumawan, Bayu Wicaksono, Pemasaran & Event: Andi Aris (Manager), Khusna, Shinta Pujihastuti, Baskoro Raharjo, Doni Pamungkas, Keuangan: Resita Rika Aryani (Manager), Krisna A., Suprapti, Yulianto, Andiarsa, Maharani. Sekretaris Rdakel Mia Hanl, Penerbit: PT Surakarta Intermedia Pers, Percetakan: PT Nyata Grafika Media Surakarta: Jalan Adi Soemarmo 138, Kartasura, Sukoharjo 57137, General Manager: Ananto Priyatno, Direktur: Marsudi Nurwahid P. Emall Redaksi: radarselac ll Email Iklan: iklanradarsolo @gmail.com, Website: www.radarsolo.id, Facebook: Jawa Pos Radar Solo, Twitter: @radarsolo, Instagram: @radarsolo, Youtube: Radar Solo TV, Sertifikat Dewan Pers Nomor 522/DP-Verifikasi/K//2020 RADAR SOLO ahyu Anggoro (Sukoharjo) Fotografer: Arief Budiman, Damianus Bram, Desain Grafis: Isa Anshori (Koordinator), Krisna Kusuma Patria, Hendra Cahyono Eka Saputro, Alamat Redaksi: Jalan Kebangkitan Nasional 37 Surakarta (Belakang Sriwedari) Telepon: (0271) 7653106 Fax.: (0271) 7653104 TERBAIK: Penyerahan penghargaan T kepada perwakilan manajemen JNE. - Wartawan Radar Solo dibekali kartu pers yang selalu dikenakan selama bertugas. Wartawan Radar Solo dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita. Semua iklan yang tayang di Radar Solo merupakan tanggung jawab pemasang 4cm