Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Harian Jogja
Tipe: Koran
Tanggal: 2020-10-07
Halaman: 14

Konten


6 Harian Jogja RABU LEGI, 7 OKTOBER 2020 Harian Jogja RABU Penolakan UU... JÓGJA ISTIMEWA Langkah hukum juga akan dila Perkumpulan Keluarga Besar Tama (PKBTS). Pasalnya, DPR menya klaster pendidikan telah dikelu dari Omnibus Law RUU Cipta Ternyata pasal yang mengatu pendidikan masih ada dalar Cipta Kerja. "Pihak DPR pun telah mer pernyataan ke publik bahwa Pendidikan telah dikeluarka pembahasan RUU Cipta Kerja. M yang membuat kami kaget final RUU Cipta Kerja yang disahkan dalam Sidang Par DPR RI, paragraph 12 pasal 65 mengatur mengenai perizinan pendidikan melalui Perizinan Be sebagaimana dimaksud dala Cipta Kerja," kata Ketua Um PKBTS, Cahyono Agus. Sejumlah pengesahan UU Cipta Kerja berm baik secara formil mupun m. Mereka menyerukan kepada mas untuk memberi tekanan publE DINAS KEBUDAYAAN (KUNDHA KABUDAYAN) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA akademisi Pembukaan Cupu Kyai Panjala Tetap Khidmat di Tengah Pandemi UU ini. Dekan Fakultas Hukum Sigit Riyanto, menjelaskan materiel, terdapat dua para dalam Omnibus Law yang berE Pertama, Omnibus Law menga. negara kepada pengelolaan s daya yang ekstraktif. "Ini berbahaya dan bertentangan arus global di mana penge sumber daya diarahkan inovatif dan memperhatikan lingkungan yang fundamental," dalam Pernyataan Sikap Aka dan Masyarakat Sipil terhad Cipta Kerja, melalui kanal y Pengetahuan FH UGM, Sela Paradigma kedua, penge sosial-ekonomi negara dise pada pendekatan liberal kapit tidak sesuai roh konstitusi da pendiri bangsa. Dengan dua pen itu menunjukan UU ini pada sa sama mengesampingkan perlin. terhadap bangsa. "Sehingga ke bukannya memberi kemu masyarakat yang butuh perline tapi justru makin termarjinalisa ungkapnya. Dalam penyusunan UU ini, k dinamika sudah banyak terjad akademisi dan masyarakat policy paper sudah disam maupun suara masyarakat sipil. sayangnya dalam proses deli aspirasi ini tidak terakom "Artinya deliberasi pembuatan yang kita hadapi ini menun ada masalah yang harus dir kritis dengan harapan memp kekurangan," kata dia. Dosen Hukum Tata Negara Zainal Arifin Mochtar, ment proses formil Omnibus Law dengan partisipasi publik nol. Proses berjalan tanpa karena ditutup dan hanya m. dari pihak tertentu yang di "Mirip orang bikin skripsi, te- disertasi, sudah punya kesin hanya cari data yang mend Seakan-akan dipilih orang-ora yang didengar aspirasinya, sen aspirasi masyarakat luas tida juga tidak pernah dapat risalah, apapun yang menurut tatib dibagikan," katanya. berbagai Masjid Sunan Kalijaga. Sepulang seperti apa. "Tapi lama-lama dari tahun ke tahun ini sudah 5oo tahun D IY memiliki warisan budaya yang adi bermain, Kyai Seyek merasa lapar. lihung, baik berupa warisan benda maupun tak benda. SIMBOL-SIMBOL YANG TERLIHAT DARI CUPU KYAI PANJALA Di tengah rasa lapar, ibu Kyai berkembang begitu sehingga ini Seyek saat itu sedang mendinginkan muncul beberapa pertanda tentang nasi. Satu tangan memegang kipas, gambar, kemudian ada pertanian juga, sementara tangan lainnya membolak- balikan nasi menggunakan sebuah Di antara warisan tak benda yang dikenal memiliki banyak makna adalah upacara adat. Salah satunya adalah Pembukaan Cupu Kyai Panjala yang centong nasi. Karena rasa laparnya, digelar di Desa Girisekar, Kecamatan Kyai Seyek nekad mengambil nasi yang diyakini masyarakat muncul di tahun- Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Berbeda sebelumnya, pelaksanaan Pembukaan Cири Куаi Рапjala tahun ini tidak disaksikan oleh banyak Seyek lantas kabur tanpa pamit menuju keluar gambar orang kemudian tidak orang. Untuk mewadahi warga yang tidak bisa hadir, prosesi ini disiarkan Kyai Seyek pun tak kembali, akhirnya ini semua kehendak yang maha kuasa, secara langsung melalui kanal Youtube Tasteofjogja Disbud DIY. Selain itu, semua pemangku adat yang hadir dalam upacara tersebut petapa tersebut memberi tiga syarat. pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat penularan virus Corona, yakni dengan tujuh hari tujuh malam, membawa menggunakan masker dan face shield. "Saged [bisa] diambil gambar, seluruh masyarakat yang tidak bisa hadir ketika di-shooting dapat menyebarluaskan, berjalanlah nenek moyang saya ke meski tidak bisa datarng ke sini dapat menyaksikan pembukaan, semoga warga masyarakat dari mana pun, saya jaring, oleh karena itu disebut dengan sebagai generasi penerus, pembukaan Kyai Panjala karena tertangkap jala, angka ya akan kami sampaikan apa ini semuanya tidak ada halangan begitulah sejarahnya," ujarnya. atau keributan, namun menimbulkan kebaikan Sisih lor wetan ana angka 13 kewalik 22. Sisih lor ana titik koyo tinta tinta 23. Sisih kulon adina gambar wayang hanoman 24. Sisih wetan ana wujud kliko kayu 25. Sisih kidul ana gambar tumbak ana ada keadaan negara, dan sebagainya," kata dia. Ana gambar mustaka masjid Sisih lor ana tulisan APRI Sisih wetan ana gambar gunung 5. Lambang dan simbol tersebut tengah didinginkan sehingga membuat sang ibu marah dan memukulnya meyakini itu, tetapi dari pihak trah, Kemule nglemek Sisih wetan ana getih garing 7. tahun ini. Sementara masyarakat gagang e 26. Sisih lor wetan ana gabar wong wedok rambut ngrembyak nganggo anting-anting sisih kiwo 27. Sisih lor kulon huruf Y V karo angka 20 28. Sisih kidul ana getih bercak-bercak garing 29. Sisih lor kulon ana gambar lele jumlah 3 mlaku ngidul 30. Sisih lor ana gambar panah 31 Sisih kidul kulon morine ngeres 32. Sisih lor kulon ada gambar anak wadon cilik ora nganggo pakaian 33. Sisih lor wetan ana gambar kewan 2 adu ndas cokot-cokotan 34. Kemul terakhir kaya kena reget 35. Kenti wiri ragil doyong kidul ngulon doyong Ngalor 36. Palang Kinatang doyong ngidul dengan tahun-tahun Sisih lor wetan ana 3 bunderan upacara menggunakan centong. tidak pernah mengartikan. "Kami dari Kejadian tersebut membuat Kyai trah tidak pernah mengartikan kalau menceng 8. Sisih wetan ana sirah uwong nganggo kabaret arah selatan. Hingga beberapa hari berani mengartikan ada sesuatu, tetapi 9. Sisih kidul ana gambar wayang. ora iso disebutke jenis wayange, separo badan 10 Sisih lor akeh gambar uwong ora nganggo klambi mlaku ngalor 11. Sisih kulon Ana gambar jaran 12. Sisih kidul kemule ana trotol-trotol 13. Sisih lor kulon ada tlemokan lemah abang 14 Sisih kidul wetan ana ember 15. Sisih kidul ana wujud merang gabah 16 Lor wetan ana gambar gajah, sirahe dekukluk ketiban watu 17. Sisih wetan ana hurufS 18. Sisih lor ana angka 2 19. Sisih kidul ana huruf C kuwalik 20. Kemule kemresik garing 21, Sisih wetan aana gambar mata satu mentolo (Mandeng) sang ibu menanyakan keberadaan Kyai tidak bisa diartikan apa maknanya itu, Seyek kepada seorang petapa. Setelah selesai dari bertapanya, tapi menunggu apa yang akan terjadi di tahun yang akan datang," lanjutnya. Dia mengatakan tidak pernah ada dan tidak ada yang pernah berani meminimalkan anaknya, ia harus melakukan puasa mengartikan simbol yang muncul Bila ibu Kyai Seyek ingin menemukan guna sebuah jala dan nasi satu genggam untuk dilempar ke laut selatan. "Setelah memenuhi syarat tadi, pihaknya sama sekali tidak ada titipan karena nanti mendahului. Itulah sebabnya, Sutarpan mewanti- wanti pada momen pilkada kali ini, muatan politik apapun. "Karena Pantai Gesing, sehingga didapati memang pernah begitu, ini kan sudah seorang pria yang tertangkap dalam wetan undian nomor urut calon, makanya mohon maaf, ketika nanti muncul 37. Semar Kinandu Doyong Ngalor 38. Paling bobot Palang kinantang, nomer loro kenthiwirni, paling enteng Semar Kinandu adanya, jangan ditafsir angka yang Dari situ diperoleh tiga cupu atau guci disebut itu titipan, katakan nanti yang Sumber Disbud DIY keguyubrukunan kecil dalam sekotak. Barangsiapa yang muncul nomor 10 ya nanti kita akan sebut angka 10," ujarnya. dan bisa membukanya maka dia berhak sehingga kita semua ayem tentrem, kata Juru Kunci Cupu Kyai Panjala, mewarisinya dari generasi ke generasi. Dwijo Sumarto, Selasa (6/10). Dwijo menjelaskan ada tiga guci atau cupu, yakni Semar Tinandu, Palang ke-7," ujar Dwijo yang sudah 36 tahun Kinantang, dan Kenti Wiri. Ketiga cupu itu berbahan keramik dan berbentuk Panjala. seperti padasan air wudu tapi tidak ada tempat untuk keluar air. "Palang Kinantang persis teko tapi Kyai Panjala sudah dilangsungkan diyakini jadi tempat turunnya wahyu, kain itu dibuka, tetapi yang menafsirkan Kebudayaan (Disbud) DIY, Aryanto tidak ada untuk keluar air dan tidak Bagi Sutarpan, kerukunan adalah pembungkus cupu, tetapi tidak ada pukul o0.00 WIB. Kalau persiapan uba rampe belum didahar ya belum dimulai, kalau jam o1.00 WIB baru selesai didahar ya berarti setelah itu baru dibuka untuk umum," kata dia. "Akhirnya sampai ke tangan saya, pada harga mati bagi warganya. Dengan rahasia siapa pun boleh melihat, saat itu ketika pembukaan saya generasi begitu selama pembukaan cupu ini ucapnya. Supriyatno menambahkan bahwa apapun. lampu dalam ruangan terang sekali agar "Dampak yang lain masyarakat kami gambar pada kain bisa terlihat jelas. "Misal ada gambar mobil, gambar keris, itu bisa dilihat bisa banyak, jadi tiap tidak pernah terjadi suatu hal terkait bertindak sebagai juru kunci Cupu Kyai dengan keretakan atau Kepala Desa Girisekar, Sutarpan menjelaskan tradisi pembukaan Cupu pertapaan Kembang Lampir yang merasa tenang tenteram. Ada satu Protokol Kesehatan Kepala Sub Bagian Program, Dinas kemudian adanya Cupu Kyai Panjala tergantung yang bersangkutan, tetapi Hendro bisa memprediksi tentang mengatakan saya jamin keluar keluar pernah pelaksanaan pembukaan Cupu Kyai Panjala telah menerapkan protokol kesehatan. Selain para trah pembuka sudah mulai bercocok tanam," ucap dia. pembukaan Cupu Kyai Panjala, yakni cupu telah menggunakan masker dan bahkan ada yang menggunakan Pertama, makan untuk suguhan face shield, jumlah orang yang masuk ke ruangan pembukaan Cиpи Куai Supriyatno diharapkan untuk makan satu piring Panjala pun tak sepadat tahun-tahun turun-temurun. "Jadi ini adalah Suprantoro upacara ritual yang dilaksanakan oleh yang trah Cupu Kyai Panjala, tepatnya di pertanian, sehingga setelah pembukaan malam Selasa kliwon mangsa kepapat cupu begini, kami bisa tenang dan ada pegangan, Kenti Wiri sama seperti Semar Tinandu, warnanya seprti telur puyuh, blorok-blorok," kata dia. Ketiga cupu yang disimpan dalam pada penanggalan Jawa, kalau kisaran kotak kayu yang diperkirakan berusia lebih dari 500 tahun, kemudian dibungkus kain mori tebal. Kain pembungkus inilah yang dibuka setiap tahun pada malam Selasa Kliwon mangsa kapapat (musim ke-4) perlambang apa yang akan terjadi trah Cupu Kyai Panjala tidak pernah kamu dapat rezeki jangan didahar dewe penanggalan Jawa. Kain berlapis-lapis tadi dibuka untuk membaca tanda berupa gambar, sejarah yang angka atau huruf yang muncul pada dengar, cupu hanya kain. "Setelah selesai ada warga yang datang ke rumah meminta berkah dan membawa berkah, jadi mori yang baru diletakkan di mori yang lama jadi setiap berapa, kemudian tahun selalu bertambah, jadi yang lama berkembang ketambahan yang baru," ujarnya. memberikan tafsir," ujar dia. Selain itu ada tradisi unik dalam bulan masehi ya jatuh pada Oktober- November. kali ini jatuh pada Oktober," ucap dia. Oleh trah Cupu Kyai Panjala, kata Gunungkidul, dia, pembukaan cupu diyakini sebagai membenarkan bahwa keluarga atau warga melakukan dua kali prosesi. Makan Bersama Ketua Dewan СВ Kebudayaan tamu. "Kedua, menjelang dibuka cupu Kakek 103... sebelumnya. "Jadi bukan proses yang cepat untuk menjadikan suatu warisan budaya dikukuhkan secara nasional. Perlu serentetan tahap dan waktu yang cukup lama untuk mengukuhkan suatu warisan budaya," kata Hendro. Kepala Seksi Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Tak Benda, mencatat hingga saat ini ada sekitar 300 warisan budaya di DIY yang diajukan ke Pusat untuk dikukuhkan. Dari jumlah tersebut sudah kurang lebih 9o warisan budaya telah resmi dikukuhkan. Yuni la berhasil melompat kel dari pesawat di Texas. Alfr terjun payung pertama kal pada 2017 untuk merayaka ulang tahunnya yang ke- 100. Dirinya berjanji untuk kembali ke langit tiga tahu kemudian untuk merayaka cucu kembarnya yang lulu: perguruan tinggi. dua orang, filosofinya mungkin kalau tahun yang akan datang. "Kalau dulu memang menafsirkan lambang atau simbol yang muncul di kain putih [dimakan sendiri]," kata dia. "Jadi upacara puncak belum mesti menurut saya dibuka oleh keluarga trah. PEMBUKAAN CUPU KYALPANJALA I Dinas Kebudayaan DIY Dulu kan ada keluarga trah Sri Wahyuni Sulistyowati di lingkungan RT," ucap dia. Tidak Rayakan Ultah... Nenek Moyang Dia menjelaskan sejarah tentang itu, hanya dahulu Namun mereka tak bisa merayakan HUT pernikaham pertama secara bersama. Sebab Nora Alexandra dem Jerinx saat ini sedang terpis jarak dan tempat. Jerinx dike sedang dalam tahanan karer kasus pencemaran nama bai Rasa sedih pun dirasakan Alexandra tak bisa bersama Jerinx di hari ulang tahun pertama pernikahan. la beg rindu bisa di sisi sang suam "Suamiku @jrxsid, tak tera hari ini genap setahun suda menikah namun dirimu mas Cupu Kyai Panjala berawal sejak simbol menerangkan yang ratusan tahun lalu. Ketika itu nenek diperoleh dalam Wonongso pe mbukaan punya anak bernama Kyai Seyek. hanya diyakini Pada akhirnya ketika Kyai sebatas Seyek pergi bermain pertanian. Gambaran hasil proses pengukuhan warisan budaya ada lima tahap. Tahap pertama adalah kajian, di mana suatu warisan budaya dikaji secara rinci dari asal usulnya hingga perkembangannya. Selanjutnya ada dokumentasi video dan foto serta pengisian formulir. "Formulir yang diisi begitu rinci dari mulai kesejarahannya, ritualnya seperti apa sebagainya," ujarnya. Proses ketiga adalah seleksi dari pihak kementerian. Bila selama proses seleksi mengalami revisi maka akan dilakukan proses perbaikan dan akan diajukan kembali. "Bila lolos maka akan dilakukan sidang penetapan, lalu dilakukan kegiatan perayaan untuk menyerahkan sertifikat warisan budaya tadi," kata dia. Yuni berharap dari upaya yang dilakukan Disbud DIY dapat membuat warisan budaya yan di DIY tidak hilang dan terus lestari. Selain itu dengan pengukuhan warisan budaya, proses edukasi tentang kebudayaan DIY dapat terus bergulir. (Adv) moyangnya bernama bersama temannya teman- di akan Kembang pertanian Lampir, dalam satu tahun UPACARA ADAT PEMBUKAAN CUPU KYAL PANJALA TAHUN 2020 DESA GIRISEKAR, KAPA II ) 1.1949/22535 dan lain 4cm PUSA HANDPHO tasteofJogja.org Kebudayaan diy tasteofjogja jogjabudaya TERBESAR - TERMURAH 234567