Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Kedaulatan Rakyat
Tipe: Koran
Tanggal: 2021-04-06
Halaman: 07

Konten


SELASA PAHING, 6 APRIL 2021 (23 RUWAH 1954) PPKM Diperpanjang Lagi JAKARTA (KR) - Pemerintah memutuskan melaku- kan perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM Mikro), selama dua minggu, mulai tanggal 6 April sampai dengan 19 April 2021. Hal tersebut untuk menjaga tingkat pengendalian kasus Covid-19 dan meningkatkan efektivi- tas pengendalian penyakit tersebut di tingkat nasional. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 (KPCPEN) pada kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/4). "Pemerintah memperbesar provinsi yang ikut PPKM (Mikro), yaitu dengan data yang ada baik itu terkait de- ngan kasus sembuh, meninggal, aktif, kemudian total ku- mulatif kasus maka pemerintah menambahkan lima da- erah lagi yaitu Kalimantan Utara, Aceh, Sumatera Selatan, Riau, dan Papua. Sehingga secara keseluruhan yang ikut PPKM ada dua puluh provinsi," ujar Airlangga. Sebelumnya PPKM Mikro Periode IV yaitu tanggal 23 Maret sampai dengan 5 April, telah dilakukan pembatas- an di lima belas provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro kembali akan diperpanjang sampai 19 April men- datang. Keputusan terkait dengan perpanjangan itu ter- tuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Gubernur DIY No 10/INSTR/2021 yang ditandatangani Sultan pada 5 April kemarin. (Sim/Ria/Ira)-d Tarawih... Sambungan hal 1 Muhadjir meminta agar pelaksanaan ibadah salat berje- maah tersebut juga harus dilakukan secara terbatas pada lingkup komunitas. Artinya jemaah saling kenal satu sama lain. "Jadi di lingkup komunitas di mana para jemaahnya memang sudah dikenali satu sama lain, sehingga jemaah dari luar mohon supaya tidak diizinkan," tegasnya. Menko PMK menambahkan, dalam melaksanakan salat berjemaah agar diupayakan untuk dilakukan sesimpel mungkin dan tidak memakan waktu terlalu lama mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi penularan dan belum hi- lang. Selain itu, Muhadjir juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari terjadinya kerumunan, terutama pada pelak- sanaan salat Idul Fitri. "Supaya menjaga untuk tidak terjadi kerumunan, konsentrasi orang terutama pada saat sedang akan datang menuju ke tempat salat jemaah, baik itu di la- pangan maupun di masjid maupun ketika saat bubar dari salat jemaah supaya dihindari adanya kerumunan yang ter- lalu besar," kata Muhadjir. (Sim/Ati)-d Kurangi .. Sambungan hal 1 penyelesaian kegiatan penanganan dampak gempa bumi Lombok 2018. Selain meresmikan Masjid Al Mujahidin di Embar-Embar, Bayan Lombok Utara, juga meresmikan fasilitas air bersih di Desa Gumantar Bayan Lombok Utara, juga sekaligus menyerahkan bantuan penanganan dampak gempa Lombok melalui PMI NTB. Oleh Ridwan, bantuan pembaca KR sebesar Rp 20 juta diserahkan kepada Pondok Pesantren Al Ishlah. Pondok tersebut menurut Ridwan masih terus membangun kem- bali bangunan mereka yang rusak. Semoga bantuan ini da- pat dimanfaatkan dengan baik. ☐☐☐☐☐ Setelah penyerahan bantuan dana, Dirut KR juga menin- jau Ponpes Al Islah yang mengelola berbagai tingkat pen- didikan, dari PAUD, SDIT hingga panti asuhan, Selasa (30/3). Menurut TGH Zakaria, bantuan dari Pembaca KR ini akan dimanfaatkan dengan baik, untuk melanjutkan pe- ngembangan pendidikan. Karena setelah gempa, masih banyak kekurangan fasilitas yang perlu dibangun. (Jon)-d ■■■■ ■ Sultan: . Sambungan hal 1 Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kes- bangpol) DIY Dewo Isnu Broto Imam Santoso menyam- paikan, pihaknya bersama Kepolisian, TNI, Perguruan Tinggi dan beberapa organisasi kemasyarakatan terus me- lakukan pembinaan kepada generasi muda maupun ma- syarakat tentang nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan. Upaya itu untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran pa- ham radikal di DIY. - Laksmindra Saptyawati, S.E., M.B.A. Sekprodi S1 Kewirausahaan Universitas AMIKOM Yogyakarta "Dari kegiatan ini, besar harapan kita dapat mencegah paham radikal berkembang di DIY. Karena dengan mema- hami Pancasila dan kebhinnekaan, mindset atau pola pikir tentang NKRI akan berada dalam setiap langkah, gerak dan jiwa masyarakat," tegasnya. Plt Kepala Biro Hukum Setda DIY ini menyampaikan, pi- haknya tidak bisa memantau perkembangan semua ormas yang ada di DIY karena sistem pendaftaran ormas ada di Pemerintah Pusat dan tidak pernah memberikan tembusan kepada Pemda DIY. Tetapi Badan Kesbangpol DIY bersama Kepolisian tetap berusaha melakukan pendataan meski ada kesulitan. (Ria/Ira)-d "APA hal yang penting dan layak untuk sebuah bisnis, yang sering terlupakan?" Bukan produk, teknologi, rencana bisnis, visi, tim yang kuat, investor, atau keunggulan kompetitif. Meskipun kesemua hal tersebut bagus untuk dimiliki sebuah bisnis. Satu hal yang penting dan layak untuk FESTIVAL EKONOMI KEUANGAN DIGITAL INDONESIA (FEKDI) 2021 Barometer Perkembangan Ekonomi Keuangan Digital JAKARTA (KR) - Sebagai salah satu langkah konkrit dalam mendo- rong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di da- erah, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) bersama Kementerian/Lembaga, asosiasi dan pelaku industri menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021, yang meru- pakan perhelatan pertama di Indo- nesia. Mengangkat tema "Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Eko_no- mi dan Keuangan Indonesia", FEKDI digelar selama 4 hari berturut-turut pa- da 5-8 April 2021 secara virtual de- ngan format peluncuran (launching), pameran (showcase), diskusi, wa- wasan pimpinan (leaderís insight), dan gelar wicara (talkshow). FEKDI menja- di wadah untuk melakukan sinergi ke- bijakan dan landasan implementasi berbagai inisiatif pengembangan dan perluasan ekonomi dan keuangan dig- ital untuk mengakselerasi transformasi digital dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Xedaulatan Rakyat Dalam kesempatan acara, juga di- lakukan peluncuran Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) seba- gaimana Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021. Pembentukan Satgas P2DD bertujuan untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah, terutama untuk: (i) mendorong imple- mentasi elektronifikasi transaksi pe- merintah daerah (ETPD) yang dapat meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola, dan mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan Banjir Bahkan, tak sedikit warga yang mencari rumah yang memiliki genset untuk sekadar mengecas telepon seluler. Mereka rela mem- bayar Rp 5.000 perjam untuk mengecas HP. Aditya, seorang mahasiswa mengaku membayar Rp 5.000 untuk bisa mengecas HP. "Ini agar bisa berkomunikasi dengan orangtua," katanya. Ter- dapat titik tertentu yang bisa men- dapatkan sinyal. "Dalam Kota ■ Bencana di kawasan Gejayan, Janti, se- putar ringroad utara dan jalan Solo. Billboard dan baliho yang ditancapkan di ruang pu- blik, seperti disebut warganet menjadi kehilangan fungsi dan bentuknya sebagai ILR. Tanda-tanda zaman akan munculnya bencana visual, sejati sudah lama menun- jukkan gejala pergerakannya. Hal itu tampak dari penurunan kualitas ruang publik. Yogyakarta dan kota besar lainnya menjadikan ruang pu- blik sebagai ruang bersama untuk menampung sampah visual iklan komersial maupun iklan politik. Perilaku ceroboh yang dijalankan pejabat pe- ngelola pemerintahan, memu- nculkan dampak ergonomi vi- sual dan amburadulnya tata kelola kota. Sekarang ruang publik menjadi ruang patembayatan sosial tidak ramah lingkungan dan nir-ramah visual bagi war- ganya. Ruang publik menjadi ruang terbuka tidak manusi- awi. Dikatakan demikian, sebuah bisnis namun sering terabaikan adalah paying customer yaitu pelanggan yang bersedia membayar produk Anda. Setiap pebisnis dapat mengklaim dirinya memiliki produk dengan sistem operasional perusahaan yang lengkap, namun kalau tidak ada yang membeli produknya maka sama sekali tidak dapat dikatakan punya bisnis. Bisnis adalah tentang pelanggan Anda. Seringkali pebisnis sangat terfokus pada produk yang akan dijual namun mengabaikan sisi paling penting dalam bisnis yaitu pelanggan yang membayar atau paying customer. Pebisnis seringkali mendefinisikan sebuah bisnis sebagai 'hanya produk dan menyusun rencana bisnis yang terfokus pada produk, mengesampingkan sisi lain yaitu bisnis dari kaca mata pelanggan. PLAY B BANK INDONESIA BARK SENTRAL méret ampe Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam pembukaan acara menyampaikan, BI mendukung upaya bersama dalam mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui langkah-langkah percepatan digital- isasi sistem pembayaran. Langkah- langkah tersebut antara lain mendo- rong akselerasi digitalisasi keuangan melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) sekaligus mendo- rong kesuksesan Gerakan Nasional Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan sambutan. daerah, serta (ii) mendukung pengem- bangan transaksi pembayaran digital di masyarakat guna mewujudkan ke- uangan yang inklusif, serta meningkat- kan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional. Dalam rangka pen- guatan koordinasi antara Pusat dan Daerah, di tingkat daerah juga diben- tuk TP2DD, baik untuk tingkat Provinsi, Kabupaten maupun Kota yang diketuai oleh Kepala Daerah. Jumlah TP2DD yang telah terbentuk sebanyak 135 baik di tingkat Provinsi maupun Kotamadya/Kabupaten di seluruh Indonesia. Kupang ada sinyal seluler," katanya. Di Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran terkait untuk melakukan penanganan bencana banjir ban- dang dan longsor di NTT dan NTB. "Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kese- hatan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, karena ruang publik yang ter- diri ruang terbuka hijau, taman kota dan trotoar untuk pejalan kaki, secara sepihak diberi stempel merek dagang pro- duk barang dan jasa. Sementara penggal jalan lain- nya, dikuasai partai politik lewat iklan politik yang ditan- capkan di ruang publik. Datangnya bencana visual ini dipicu pemikiran pragmatis, pemilik merek produk barang, biro iklan dan tukang pasang ILR. Mereka secara agresif berburu tempat strategis untuk menancapkan ILR agar target marketing komunikasinya ter- penuhi. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA Sementara itu, anggota de- wan serta pemerintah lewat di- nas terkait yang memiliki tugas untuk mengurusi masalah per- izinan dan pajak reklame juga memiliki andil atas bencana vi- sual ini. Mereka berpikir pendek un- tuk mengejar target pendapat- an asli daerah (PAD) yang berasal dari uang perizinan serta pajak reklame. Pola pikir Seharusnya pebisnis perlu memikirkan apakah ada pelanggan yang bersedia membayar produknya (who), apa yang membuat pelanggan bersedia membayar produk (what), mengapa pelanggan bersedia membayar produk tersebut (why), dan bagaimana cara pelanggan membayar produk (how). Agar pebisnis dapat berjalan sejalan dengan persepsi pelanggan, maka perlu mengamati pelanggan. Mengamati pelanggan dapat dilakukan melalui beberapa tahapan. (1) Pilih segmen pelanggan yang ingin Anda petakan. (2) Identifikasi hal-hal yang pelanggan Anda ingin selesaikan dalam pekerjaan atau kehidupan mereka, masalah yang sedang berusaha mereka MENKO PEREKONOMIAN Bangga Buatan Indonesia (GBBI), mempersiapkan fast payment 24/7 pembayaran ritel menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indo- nesia (SKNBI) guna mempercepat penyelesaian transaksi, mendorong digitalisasi perbankan melalui stan- dardisasi Open Application Pro- gramming Interfaces (Open API), dan terus mendorong elektronifikasi transaksi keuangan daerah. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan, kerangka Strategi Nasional Ekonomi Digital disusun de- ngan memerhatikan kompleksitas dan keterkaitan berbagai kebijakan antaro- toritas serta kebutuhan para pe- mangku kepentingan, baik di pusat maupun di daerah. Strategi Nasional Ekonomi Digital, tambah Menko Airlangga, yang ditopang oleh pilar-pi- lar utama yaitu talenta digital, riset dan inovasi, infrastruktur fisik dan digital serta dukungan kebijakan dan regulasi bertujuan untuk mewujudkan visi uta- serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana, serta penanganan dampak bencana. Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik, seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi, serta perbaikan infras- truktur," kata Presiden. cupet seperti itu secara senga- ja menisbikan pola harmon- isasi yang harus dijalankan parapihak terkait penetrasi vi- sual ILR di ruang publik. Untuk mengantisipasi da- tangnya bencana visual, su- dah saatnya unsur Pentahelix membangun kesadaran Paying Customer atasi, atau kebutuhan yang mereka coba cukupi. (3) Identifikasi apa saja kesulitan yang dialami pelanggan dalam mengatasi masalah atau memenuhi kebutuhan hidup mereka. (4) Identifikasi manfaat apa yang diinginkan pelanggan dari penggunaan produk yang Anda ciptakan. (5) Prioritaskan permasalahan atau kebutuhan pelanggan, kesulitan-kesulitan yang dihadapi pelanggan dan manfaat yang dapat diperoleh pelanggan dari produk Anda dengan menyusun daftar tersebut di catatan operasional bisnis Anda. secara bersama guna mengatur pen- empatan ILR sesuai perun- tukannya. Pemeritah, industri kreatif, media, komunitas dan kampus, wajib menjalankan kerja kolaborasi bertanggungjawab. Pola kerja semacam itu seyogianya segera diujudkan. Harap- annya tercipta ekologi visual dan estetika kota yang bebas dari cengkeraman teroris visu- al ILR. Ketika dapat diujudkan tim Pentahelix, pada titik ini, penempatan dan pemasanan ILR tidak mendatangkan ben- cana visual. Selain itu, secara psikologis, masyarakat tidak diteror target capaian PAD. Terpenting, dalam sudut pandang budaya visual dan komunikasi publik, ILR dapat 'Pelanggan adalah raja' sebenarnya bukan mitos. Raja di sini tentu bukan berarti pelanggan dapat berbuat seenaknya terhadap bisnis Anda, namun lebih tentang pada bagaimana KR-Istimewa 104 Lokasi Bantul Sleman Wates Wonosari Yogyakarta didekontruksi secara visual sebagai bagian untaian deko- rasi kota yang artistik. Warga mendapatkan hak sosialnya atas kemerdekaan visual yang dihadirkan oleh pemerintah. Ujungnya, akan tercipta ILR 14.644 14.700 Cerah "KEDAULATAN RAKYAT" HALAMAN 7 ma yakni pertumbuhan ekonomi yang sustainable dan inklusif dengan meng- optimalkan potensi ekonomi digital. "Kerangka Strategi Nasional Ekonomi Digital ini meliputi tiga strate- gi lintas sektor yaitu mempercepat dig- italisasi di sektor bisnis dan industri, menciptakan berbagai macam pelu- ang dalam pengembangan dan konektivitas digital yang dapat diman- faatkan dengan setara oleh semua pi- hak serta mendorong koordinasi lintas sektor dan lintas lembaga pemerintah- an, baik di pusat maupun daerah," ka- ta Menko Airlangga. Airlangga mengatakan, saat ini su- dah ada 110 dari 542 daerah otonom yang telah menginisiasi pembentukan P2DD. "Diharapkan seluruh daerah bisa mengikuti yang 110, sehingga akan berada di 542 daerah otonom," katanya. Ditambahkan, satgas tersebut akan mendorong pelaksanaan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah de- ngan kebijakan dalam berbagai pro- gram. Kebijakan tersebut seperti penyusunan paket regulasi dan pe- ngembangan indeks implementasi dari elektronifikasi transaksi pemerin- tahan daerah, sistem percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, serta program championship pembentukan TP2DD sebagai ujung tombak imple- mentasi pengembangan perluasan digitalisasi daerah. kita dapat menempatkan pelanggan sebagai fokus di arah sistem operasional perusahaan mulai dari hulu hingga ke hilir, dari perencanaan produk hingga produk berada di tangan pelanggan dan experience yang didapat pelanggan setelah menggunakan produk tersebut. Paying customer berdatangan dari beberapa arah, ada paying customer yang merupakan pelanggan baru, yang baru pertama kali ini membeli produk Anda, dan ada pula pa customer yang merupakan pelanggan yang melakukan pembelian berulang. Keduanya penting untuk bisnis. Menarik pelanggan baru sama pentingnya dengan menjaga dan merawat pelanggan lama. Antara keduanya jika terbangun sinergi maka dapat tercipta bisnis yang bagus dan Airlangga menyebut, pemerintah berupaya mengimplementasi eko- nomi digital di daerah dengan tujuan agar elektronifikasi transaksi pe- memerintah daerah dapat dilakukan menyeluruh di seluruh Indonesia. la mengatakan, pembentukan P2DD merupakan salah satu transformasi struktural yang memanfaatkan mo- mentum disrupsi teknologi saat pan- demi Covid-19. (*) Sambungan hal 1 Di NTT, banjir bandang mener- jang Desa Nelelamadike di Kecamatan lle Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado, serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat. Sementara di NTB, bencana banjir melanda Kabupaten Bima dan Dompu. (Sim/Ant)-d KURS JUAL RUPIAH TERHADAP DOLAR AS 14.649 Prakiraan Cuaca Cuaca Pagi Siang Malam Sambungan hal 1 yang mengedepankan etika serta estetika kota nan indah dan nyaman dipandang mata. (Penulis adalah Pemerhati Budaya Visual dan Dosen Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta)-d Berawan 14.649 14.700 2/4 3/4 4/4 Sumber: Bank Indonesia Sumber: "Mula Authorized Money Changer, Telp. (0274) 547688 14.725 Dini Hari Udara Kabur 14.656 14.725 5/4 Selasa, 6 April 2021 Kelembaban Suhu °C 23-29 23-29 23-30 23-29 23-29 Hujan Lokal KR-JOS/RSV 75-95 75-95 75-95 75-100 75-95 Hujan Petir Grafis: Arko UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA berkelanjutan. Jika diperluas, dalam definisi 'pelanggan' ada pengguna akhir (yang akhirnya memakai produk Anda) dan ada pembeli ekonomi (yang membuat keputusan akhir apakah akan mendapatkan produk Anda). Pengguna akhir dan pembeli ekonomi bisa jadi adalah orang yang sama, bergantung pada situasinya. Untuk di awal bisnis, yang perlu Anda lakukan fokus terlebih dahulu di pengguna akhir sambil menyempurnakan penawaran produk dengan mulai mengamati perilaku pembeli ekonomi untuk membentuk paying customer berkelanjutan dan menghindari jebakan 'perang harga' dengan kompetitor Anda. Sekali lagi, paying customer adalah penggerak roda bisnis, tanpa paying customer bisnis menjadi tidak ada artinya. (*)