Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1994-11-23
Halaman: 09

Konten


HALAMAN 9 BALI POST ASBALI Rabu Umanis, 23 November 1994 Memadik hak wanita. Sesudah acara perkenalan itu, dilanjutkan dengan penyampaian inti pembicaraan yang tak lain meminang putri keluarga wanita. Sebelum secara resmi diterima, biasanya pihak wanita terlebih dahulu akan menanyai meminang, wanita yang dimaksud. Hasilnya, mungkin keinginan itu ditolak, putrinya dan calon suaminya, tentang keinginan mereka yang sebe- Yang ini mungkin pula diterima. Kalau diterima, pembicaraan akan dilanjutkan narnya. Bila semuanya berjalan lancar, ini berarti pepadikan/pasuakan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pembicaraan tahap kedua, /peminangan telah diterima oleh keluarga wanita secara resmi. Dalam ar- dikan atau yang dikenal dengan mesuaka. Pada kesempatan ini, secara kekeluar- ti, kedua calon mempelai menyatakan setuju untuk melangsungkan an cara ini gaan juga akan dibicarakan mengenai tatacara pesuakan, sesuai dengan perkawinan, di hadapan kedua keluarga, disaksikan oleh prajuru adat in pihak, adat yang berlaku di lingkungan pihak laki-laki maupun wanita. Terma- dari kedua belah pihak juga. yang baik suk bagian-bagian mana dari kedua adat tersebut yang boleh ditawar". ma sekali dan bagian mana yang terbilang harga mati". Pembicaraan mengenai hal ini sangat penting, dengan maksud untuk mencegah sedini mungkin uru bicara segala hal yang bisa menyebabkan ketersinggungan salah satu pihak pa- the meka da saat hari pasuakan dilaksanakan. Perlu ditambahkan, penerimaan untuk sek- pasedekan belum berarti pepadikan/peminangan telah diterima secara untuk uru- resmi. ut menger- Diterima atau ditolaknya secara resmi suatu pepadikan, akan di- taat akan lakukan dalam pembicaraan tahap kedua, yang disebut mesuaka/ ngidih rampilan ngarsayang. Pada kesempatan ini yang hadir selain calon mempelai na dan lu- berdua, orangtua kedua pihak, keluarga dekat masing-masing pihak dan tentang yang tak kalah penting, kehadiran prajuru/bendesa adat atau tokoh adat lebih baik lainnya untuk menyaksikan acara tersebut. ermintaan Perlengkapan yang dibawa oleh pihak pria untuk keluarga wanita, da- pat berupa kopi, gula dan hidangan lainnya, termasuk buah-buahan. bicaraan Yang kini biasanya langsung diserahkan sebelum acara dimulai. Selain adik, dap- itu, juga dibawa sesajen tertentu (canang raos, daksina dan kelengkapan roses pe- lainnya), serta sirih pinang dengan segala kelengkapannya pula, yang di- ni sejum- namakan base penglarang. datang ke Keseluruhan pembicaraan akan berjalan dengan rangkaian sebagai ki/purusa, berikut. Sesudah seorang pemangku/tokoh agama muput upacara agama keluarga sesuai dengan sesajen (banten) yang disediakan, juru bicara pihak pria meminta mulai memperkenalkan beberapa keluarga pria yang hadir pada kesem- gan anak patan tersebut. Dilanjutkan dengan acara yang sama oleh juru bicara pi- islo- dgita avan- asab- parja- dbha- arena mbuh nka- yad- atau a). sebut, umat makan rsem- Hyang al ini agar , se- roleh serta untuk erma- emua г. uh S. Sampai di sini, juru bicara yang benar-benar terampil, secara halus akan mengisyaratkan bahwa sebenarnya inti pembicaraan sudah selesai. Yang berarti pembicaraan selanjutnya, menyangkut masalah teknis pelaksanaan perkawinan/pewiwahan, dapat dilakukan dengan suasana lebih santai. Biasanya dimulai dengan pembicaraan mengenai waktu yang tepat untuk melangsungkan upacara perkawinan, sesudah disepa- kati hari baik memargi/nyuwang atau menjemput mempelai wanita dari tempat asalnya, untuk dibawa ke rumah mempelai pria. Dibicarakan pu- la pelaksanaan upacara pejati, yakni suatu upacara yang dilaksanakan di rumah pengantin wanita. Dan acara ini diakhiri dengan memberikan be- berapa nasihat kepada kedua calon mempelai, oleh kedua belah pihak, dengan harapan perkawinan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan kedua keluarga. Terakhir sekali, sebagaimana biasa, para juru bicara ke- dua pihak akan menyampaikan terima kasih dan permintaan maaf kalau- kalau ada hal yang kurang berkenan di hati masing-masing. Acara memadik pun selesai. Apa yang digambarkan di atas sesungguhnya merupakan kegiatan memadik dalam suasana normal. Keadaan tentunya akan menjadi lain kalau suasananya tidak normal. Misalnya pepadikan ditolak. Atau pepadikan sebenarnya diterima, tetapi ada salah satu pihak atau salah se- orang anggota keluarga bersikap kaku mempertahankan adat dan pendiriannya. Atau suasana bisa menjadi kusut kalau juru bicara yang di- tunjuk kurang terampil mengolah dan beradu kata. Wayan P. Windia DANA PUNIA ANDA Bali Post masih menerima titipan dana punia Anda, yang dimuat setiap Rabu, untuk beberapa pura yang memerlukan antara lain: Pura Pancaka di Mataram, Pura Segara Suci di Jateng, Pura Raksa Wira Bengkalis di Rian, Pura Petitenget di Krobokan, Pura Gelap Besakih, Pura Waikabubak di Sumba Barat, Pura Jagat Sebudi di Karangasem, Pura Dharma Jati di Jatim, Pura di Irian Jaya, Pura Giri Shanti Bhuwana Nganjuk di Banyuwangi, Pura Bukit Amerta di Banyuwangi, Pura Bukit Dharma Durga Kutri dan Gianyar, Pura SiwaPrasta di Lobar, Pura Mandhara- giri Semeru Agung di Jatim, Pura Ranget di Lobar, Pura Ling- kuk Bune di Lobar, Pura Ujung Desa di Mataram, Pura Sekar- taji di Jatim, Pura Boyolali di Jateng, Pura Blambangan di Jatim, Pura Maospahait di Canggu, Pura Gunung Pengsong di Lobar, Pura Pengubengan diBesakih, Pura Desa/Puseh Desa Adat Denpasar, Pura Pucaklinggah di Tabanan, Pura Pucak Sangkur di Tabanan, Pura Aya Dharma di Salatiga, Pura Giri Indralokha di Jambi, Pura Karthi Bhuwana di Lampung, Pura Ulun Danu Batur di Songan Kintamani, Pura Dalem Kusha Agra di Mataram, Pura Gir Kusuma di Bogor, Pura Jagat Natha di Riau, Pura Wisnu Mirti di Klaten Jateng, Pura Dhali Agrahita di Malang, Pura Papgan Agung Mulawarman di Ku- tai, Pura Agung Kertha Bhuvana di Kediri Jatim, Pura Agung Utara Segara di Bitung, Pura Bukit Indrakila di Desa Dausa Kintamani Bangli, Pura Dharma Sari di Mataram, Pura Jagat Natha di Jembrana. Rp 34.306.500 untuk Pura Gelap di Besakih Indra E, Sanglah Denpasar I Wayan Hardita, Tulanggnyuh Tegak Klungkung Jumlah yang dimuat hari ini Jumlah penerimaan sebelumnya Jumlah penerimaan seluruhnya Rp 5.000 Rp 10.000 Rp 15.000 Rp 34.291.500 Rp 34.306.500 Rp 375.000 untuk Pura Pucak Sangkur Gede Denpasar ngant Manik Agastiya, Dps di Tabanan I Gusti Getas, Penatih Dps Jumlah yang dimuat hari ini Jumlah penerimaan sebelumnya Jumlah penerimaan seluruhnya Rp 5.000 Rp 10.000 Rp 5.000 Rp 20.000 Rp 975.000 Rp 955.000 SINDU ALUMINIUM Konstruksi Baja, Pintu Harmonika, Pintu Harmonika model plat roll, Rolling door. JL. P. BACAN 27 TELP. 224778, 222538 Kusen Aluminium, Rak Aluminium, Tenda Krei, Railling Tangga Alumi- STAINLESS STEEL FAX: 224778 DENPASAR nium, Vertikal Blinds, Kasa Nyamuk C.8259 Sirih Pinang untuk Meminang SIRIH-PINANG sebetulnya Atau dalam "Sabai Nan A- bukan cuma penanda kebu- luih", untuk mengungkap tra- dayaan Bali, namun juga pe- disi Melayu yang berkaitan de- nanda kebudayaan nusantara. ngan sirih, dalam cerita dise- Kegemaran makan sirih dapat butkan, "Disuruh utusan ke dijumpai di Sumatera, Jawa, Padang Tarap, membawa sirih Lombok dan Nusa Tenggara a- dengan pinang, serta kapur de- tau hampir di seluruh pelosok ngan gambir, cukup dengan wilayah Indonesia memiliki tembakaunya, akan meminang tradisi makan sirih ini, juga Sabai Nan Aluih, begitu adat merupakan bagian tata hidup nan terpakai". pergaulan mereka. Di Suma- tera Barat, misalnya, kebiasa- an makan sirih tidak saja di- temukan dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam karya sastranya. Sebagai con- toh bagian kutipan dari cerita Sabai Nan Aluih, tertulis "...terkabar raja, berbanding dalam negeri Padang. Tarap- di rumah payung sekali- dike- rambil. Nan atap tungku, di- 'pinang' yang lingga ayuran". Atau dalam kutipan lain ada "...Sudah habis rokok seba- tang 'lah punah sirih sekapur". Bandingkan dengan penggu- naannya di Bali, lah apakpakan base" (hingga habis sepengunyahan pinang). Meminang Di Bali pada upacara memi- nang seorang gadis, makna hantaran (barang bawaan) yang paling penting adalah pe- canangan yang isinya lengkap, serta di atasnya diletakkan ca- nang sari. Setelah berdoa, biasanya yang hadir dipersila- kan makan sirih sebelum me- masuki pembicaraan mengenai acara pelamaran. Banjar Baru, Apa Mungkin? ADA berita dari pertigaan nyar, datanglah ke Sema- Semabaung, Blahbatuh. War- baung. Di tempat ini ada dua ga setempat menolak untuk "toko" bebek yang senantiasa "dipecah" ke dalam beberapa siap melayani Anda siang dan banjar yang ada di sekitar per- malam, untuk segala jenis be- tigaan tersebut. Dengan kata bak termasuk memeri. Ayam lain, mereka yang terdiri dari aduan jenis bangkok dan ane- 116 KK atau 515 jiwa itu ingin ka jenis lainnya, baik dari membentuk banjar tersendiri. Lombok maupun dari tempat Konon mereka juga sudah pu- lain di luar Bali, pertama ditu- nya Kelian Banjar, I Gede Re- runkan di Semabaung, ke- gog namanya, dan Sudirman mudian barulah distribusikan itu, Camat Blahbatuh meng- meubel, jangan khawatir, da- sebagai sekretaris. Sementara entah ke mana. Kalau mau beli hendaki mereka tidak mem- tanglah ke tempat ini. Jangan bentuk banjar baru, melaikan ke lain tempat. Empat buah to- bergabung dengan banjar- ko meubel besar yang ada ba- banjar yang selama ini telah ada. (Bali Post, 31 Oktober 1994). Niat untuk mendirikan banjar semacam ini juga sem- pat muncul di Batubulan. Sam- pai sekarang belum kesampai- an, alasannya karena "wi- layahnya" tidak jelas. "Gerombolan" masyarakat pendatang semacam ini me- mang senantiasa menarik un- tuk diamati. Lebih-lebih kalau di Bali dan lebih-lebih lagi Bali bagian Semabaung. Kenapa Semabaung menjadi lebih me- narik dari yang lainnya? Saya sendiri juga kurang jelas ja- wabnya, tetapi kalau yang dita- dari pertigaan ini. Keinginan nginannya untuk membentuk warga setempat untuk mem- banjar baru yang berdiri sendi- bentuk banjar baru, alias tidak ri? Jawab atas pertanyaan ini bersedia bergabung dengan tergantung dari jenis banjar banjar-banjar terdekat yang mana yang akan diwujudkan. Kemungkinan untuk mewu- sudah ada. Apa mungkin? Camat sesuatu yang bijaksana. Bu- kankah menjunjung langit di a- tas tanah yang dipijak, me- rupakan sikap terpují? Banjar di Bali, setidaknya judkan banjar dinas/dusun bisa dapat dilihat dari dua sisi. saja, asalkan segala persyarat- Yang pertama, banjar sebagai an sesuai dengan undang- organisasi pemerintahan di ba- undang yang berlaku dipenuhi. wah pemerintahan desa. Ban- Membentuk banjar adat se- jar yang satu ini lebih dikenal kalian desa adat juga sangat desanya disebut desa dinas. A- nya terpenuhi, sesuai dengan dengan dusun, sedangkan mungkin, kalau persyaratan- tau disebut lingkungan, kalau unsur-unsur desa adat sebagai- di atasnya adalah kelurahan. mana telah disinggung di atas. Tata cara pembentukannya, Kemungkinan yang lain, ranagkali cukup. Mau bayar tentu mengikuti aturan yang mengikuti anjuran langsung atau cicilan, terserah ada, dalam hal ini UU. No. 5 Blahbatuh, bergabung dengan Anda. Satu-satunya pasar he- 1979, dan aturan pelaksana banjar terdekat. Kalau dilihat wan Gianyar, tempatnya juga lainnya. darí jumlah KK dan warga di Semabaung dan satu- Selain desa diñas atau kelu- yang selama ini telah ada di Se- satunya klinik hewan, Satwa rahan di Bali juga dikenal ada- mabaung, sepintas memang Raharja namanya, juga berala- nya desa adat. Desa dinas, se- kurang masuk akal kalau war- mat di pertigaan ini. Pelukis suai dengan namanya meng- ga yang jumlahnya 116 KK ini terkenal Ida Bagus Nadra, ber- urus permasalahan yang ber- harus dipecah". Tetapi kalau domisili di pertigaan ini pula. kaitan dengan kedinasan atau dilihat dari sudut wilayah desa, Suatu saat kalau ada pawai da- pemerintahan sedangkan desa apa yang ditawarkan oleh ca- gang bakwan atau dagang a- adat membidangi masalah mat bolehlah disebut sebagai songan lainnya, datanglah ke masalah yang berhubungan de- Semabaung bila Anda keku- ngan adat dan agama, dalam rangan stok untuk mendukung hal ini, Agama Hindu. Adanya program tersebut. Selain pom- dua jenis desa ini kemudian pa besin, di tempat ini masih melahirkan beberapa variasi. Tanpa ada maksud untuk tersedia tak kurang dari lima Misalnya, ada satu desa dinas mencampuri "urusan dalam kios bensin eceran. Entah sia- terdiri dari beberapa desa adat. negeri" warga Semabaung dan ini, harus diakui banyak hal pa yang membelinya. Untuk Atau sebaliknya, beberapa de- mesti kita waspadai bersama, sekitarnya, ada satu hal yang yang unik, kalau tak mau dise- maklum, di sini juga berkantor sa dinas tergabung ke dalam sa- terutama dalam hubungannya dicari tandingannya di wilayah kyat. Anda pernah dengar ce but aneh. Coba misalnya. Sulit tiga buah bank perkreditan ra- tu desa adat. Dan ada pula satu dengan tempat pemukiman ba- pertigaan yang panjangnya tak letukan "Semabaung Indah?" Kalau di bawah desa dinas di- maksud, adalah masalah adat. desa adat sekaligus desa dinas. ru semacam ini. Hal yang di- meter ini ada lima buah beng- minta maaf beribu-ribu maaf sun, sedangkan di bawah desa "gigi" adat nampak terlalu ra- lebih dari satu setengah kilo- Di sini pula tempatnya dan kenal ada lingkungan atau du- Dalam banyak hal sering kali kel sepeda motor dan dua buah untuk yang satu ini saya tak ada adat dikenal dengan sebutan bengkel mobil. Semuanya ber- cerita, karena memang sama banjar atau banjar adat. ngap (tajam-red) dari yang se- ada dalam keadaan sehat wa- sekali tak mempunyai peng- Walau tak persis sama, va- mestinya. Mungkin sudah saat- laufiat. Tak kurang pasuh yang alaman kerja di sektor yang sa- riasi serupa di atas dapat pula nya bagi kita untuk melihat datang. Servis radio dan dina- tu ini. mo juga ada, selain reparasi ra- dijumpai dalam banjar adat. manusia dalam artian sebenar- diator. Anda boleh percaya bo- lagi cerita yang mungkin untuk yang terdiri dari beberapa ban- desan. Dengan kata lain, ma- Sebenarnya masuk banyak Artinya, ada satu desa adat oleh sekat-sekat uwed dan pe- nya. Manusia yang tak dibatasi leh juga tidak, di tempat ini ada diangkat dari pertigaan Sema- jar adat. Ada pula satu banjar nusia warga desa adat yang asli Kantor Notaris, dealer sepeda baung yang unik. Lebih-lebih adat sekalian desa adat. Ada motor yang cukup besar dan kalau dikaitkan dengan perma- tiga unsur penting yang mem- asal dari desa lain (pedesaan), atau uwed dan warga yang ber- tak ketinggalan ada lima toko salahan pawongan, palemahan bedakan desa adat dengan je- sepatutnya diperlakukan sama bahan bangunan komplit. dan parahyangannya. Tetapi nis desa yang lainnya. Unsur- Kalau kebetulan orang dari gambaran singkat di atas kira- unsur yang dimaksud adalah: sebelah timur kota Gianyar, ti- nya cukup untuk mengisyarat- pawongan masyarakat, dak mungkin bisa mendapat kan kalau tempat yang satu ini palemahan/ wilayah desa dan kan itik atau dolong di Klung- memang lain dari yang lain. parahyangan/ ketuhanan atau kung, Bangli atau di pasar Gia- Dan sekarang, satu lagi berita dalam hal ini Kahyangan Tiga, Pada akhirnya, sirih-pinang dalam kehidupan masyarakat Bali, Indonesia sekalipun, bu- kanlah semata kegemaran bia- Kanti te- sa, namun juga memiliki nilai-nya fakta yang ada di pertigaan nilai kehidupan masyarakat. istilah untuk orang bodoh, le- Karena itu, orang Bali punya ngeh buah (bodoh dan tidak yang lupa kepada Tuhan di- mengerti apa-apa), atau orang katakan sing taen maturan po- rosan tuh (tak pernah memper- sembahkan porosan kering). jaroko, di Banten dan Peka- Menurut Prof. Dr. Poerbot- longan sirih disebut lemar. Hal ini erat hubungannya dengan Itu upacara melamar seorang ga- dis yang menggunakan sirih se- bagai sarana utamanya. Kata ungkapan-ungkapan lemar kemudian berubah men- yang bisa dipakai cermin dari jadi lamar. Dalam hal ini sirih kekuatan akan tradisi makan tidak cuma sebagai sarana me- sirih di Bali. Di Sumatera, un- lamar, tetapi juga sebagai lam- tuk mengingatkan orang agar bang cinta. Bandingkan de- kembali kepada sikap harmo- ngan tatacara melamar di Bali. nis dan keseimbangan, diguna- Sarananya dalam pecanangan kan ungkapan "Sirih pulang ke (tempat sirih dan isinya), dan gagangnya, pinang pulang ke pihak pelamar juga disambut tampuknya". dengan pecanangan. Cok. Sawitri SIMPATI ANDA Bali Post menerima titipan sumbangan pembaca untuk saudara-saudara kita yang tengah menderita dan ditimpa kema- langan, antara lain: Komang Mardika penderita tumor mata, Ariyawan penderita tumor, Wiliawan penderita kanker tulang. IGP Cakra penderita kaki gajah, Aryanti penderita kepala membesar, Maulana pen- derita kepala membesar, Kt. Raka penderita tangan puntung, Gd. Wardana penderita tumor, I Nyoman Rapa penderita perut mengeras, Wayan Kari penderita kanker rahang, Wayan Muba- gia penderita kepala membesar, Ely Saputra penderita kulit bersisik. Sumbangan Anda dapat dikirim langsung ke bagian Sekreta- riat Redaksi Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar atau dengan weselpos dan rekening Bali Post di BRI Cabang Denpa- sar no. 31-45. 1065.4. Rp 709.500 untuk Ely Saputra Penderita Kulit Bersisik Irwin, Jl. Suli Denpasar Felly, Jl. Suli Denpasar Jumlah yang dimuat hari ini Jumlah penerimaan sebelumnya Jumlah penerimaan seluruhnya HANYA DELAPAN UNIT PURI KENYERI HUBUNGI KANTOR PEMASARAN PT, BALI AREAGRAHA DEVELOPMENT Jl. Kenyerill/9Denpasar Telp. (0361) 237519,237528,261451,261453, Fax. 237854 Diatas jam 17.00 wita/Libur Telp.263371 M PERUMAHAN EXECUTIVE Miliki segera rumah mewah di tengah kota Perumahan yang dirancang dengan pola-pola design Balinese Style & nasional, sehingga sangat aman & nyaman bagi siapa saja Fasilitas taman yang asri, sejuk dan indah Lokasi strategis Fasilitas: Telepon, Listrik PLN 2200 VA, AC, Airpanas, PAM, Sertifikat Hak Milik, Izin IMB Fasilitas KPR dengan uang muka & bunga ringan HANYA DENGAN RP 5.000.000 Perumahan Executive Puri Kenyeri menjadi milik Anda U loves ir LOKASI PURI KENYERI J.Gatot Subroto P.T. SARI RAJUT INDAH KNITTING FACTORY SPECIAL PRODUKSI KAIN RAJUT BERKUALITAS EKSPORT SANUR C 3404 ㄴ Rp 5.000 Rp 5.000 Rp 10.000 Rp 699.500 Rp 709.500 di hadapan adat. Demikian pula halnya de- ngan rumusan-rumusan ayah- ayahan dan peson-peson yang selama ini kelihatnnya hanya yaitu Pura Desa, Pura Puseh pas untuk masyarakat agraris dan Pura Dalem. Apabila satu di pedesaan, sepatutnya de- banjar adat sekaligus desa a- ngan lapang dada disesuaikan dat, dengan sendirinya harus dengan keadaan masyarakat memenuhi unsur-unsur yang sekarang. Dengan demikian, dimaksud, dengan segala kon- diharapkan adat tak lagi men- sekuensi kewajiban adat dan a- gama yang menyertainya. Baik jadi sesuatu yang menakutkan, yang berhubungan dengan tetapi sebaliknya merangsang ayah-ayahan, peson-pesonan semua pihak untuk bergabung. maupun segala kewajiban ke- Berat dugaan kekhawatiran niskalan lainnya sesuai dengan warga Semabaung untuk ber- dharmaning agama, dalam hal gabung dengan banjar (desa) ini Hindu. terdekat disebabkan Sampai di sini, kalau kita keragu-raguan mereka akan kembali ke permasalahan se- "binatang" adat ini. mula, apakah mungkin warga Wayan P. Windia Semabaung mewujudkan kei- ubaiH 18mg disto nis oleh MATT JUARA SEPATU JUARA DISTRIBUTOR/GROSIR "NIKURA" DENPASAR JI. Gn. Raung No. 21, telp (0361) 424492; SINGARAJA: Jl. A. Yani No. 2, telp. (0362) 22791 Dan di toko-toko sepatu di kota Anda C 3208 ALMAN Umadui Asri Anda inginrumahdengan lingkungan ASRI-NYAMAN-AMAN bergabunglah bersama kami PT. BINADIKARA QUARTACONS Tersedia Type Mawar/150 Melati/200 U SUZUKI Personal Best C2812 Fasilitas: Lingkungan tersendiri Para pelanggan Tiara Dewata, BATAS PENGAMBILAN HADIAH STIKER PERIODE XIX SEGERA BERAKHIR Bergegaslah...! Pengambilan hadiah dilayani SAMPAI TGL.30 NOVEMBER'94 TIARA DEWATA Lebih baik belanja di Tiara Dewata Lengkap dan selalu baru JENIS KAIN: * * MISTY COTTON * RAYON LYCRA * RAYON * COTTON LYCRA * RAYON COTTON Menerima pesanan besar maupun kecil untuk keperluan garment JI. Imam Bonjol No. 451 Denpasar Telp. 755217, 755218, 755205 Fax. 755205 HANYA DENGAN TANDA JADI SEBESAR Rp. 500.000, MILIKILAH PERUMAHAN NYAMAN LOKASI STRATEGIS KRISNANTARA PERMAI CANGGU TERSEDIA TIPE: 21/70, 21/80, 36/100, 45/125 DENGAN FASILITAS KPR BTN, AIR PDAM, LISTRIK PLN Hubungi segera bagian pemasaran kami: PT. KRISNA WIDYATARA No. REI: 13.00059 Jln. Raya Sesetan No. 106 Denpasar-Bali Telp. 235947 C. 3927 Listrik PLN 900 Watt Air bersih+pompa Taman dan fasilitas umum KPR 15s/d20 tahun Jalan lingkungan 6m Hubungi: tampak depan 1100200 200,100 PT. BINADIKARA QUARTACONS Jl. Gunung Agung No.156 Lt. II Telp: 423391,423412 REI: 13.00058 Ijin Prinsip: 593.82/2834/T.Pem. Ijin Lokasi:29/SK/IL/KDP/94 IMB: 1310 Tahun 1994 HANYA 21 UNIT ke Ubung LOKASI Br. Padang Sumbu J. Imam Bonjol ke Denpasar C.3307 NO COMMENT! Kenikmatan ataupun Keindahan. adalah sesuatu yang sukar untuk diungkapkan. Dan ketika orang lain telah merasakan, anda tak bisa bertanya banyak darinya. Untuk itu... datang.... saksikan & nikmati dalam : "GAYA & PERLENGKAPAN KAMAR MANDI" Menampilkan Saniter Onyx, Kran Italy, Keramik & Accessories. ...untuk kemewahan kamar mandi anda. 15-NOV-27 NOV '94 TIARA DEWATA Jln. Letjen Sutoyo 54, Denpasar HAL MAR ONYX S•A•N•IST •A+R+V More Information; UD DAYA MURTI, Hasanudin 31, Telp. 235132 C 3057 C. 3395 C3402 Color Rendition Chart 2cm 4cm