Tipe: Koran
Tanggal: 1995-06-16
Halaman: 09
Konten
Bali Post RIWISATA JUMAT UMANIS, 16 JUNI 1995 A S etelah didera berbagal tragedi yang "mematikan", komponen pariwisata Bali kini dihadang permasalahan yang sangat rumit. Permasalahan yang dimunculkan oleh masyarakat Uni Eropa dengan keluarnya peraturan EUPD langsung menyodok salah satu kelemahan pengusaha di daerah ini menyangkut kebenaran Informasi. Seperti diakui beberapa pengusaha, sulap-menyulap Informasi yang disuguhkan melalul brosur sudah termasuk umum dilakukan oleh pengusaha pariwisata. Dan ini salah satu kiat untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke suatu daerah wisata. Namun klat yang selama ini dianggap berhasil, kini menemul tantangan yang serius dengan munculnya undang- undang perlindungan konsumen khusus untuk pariwisata. Dengan EUPD tersebut harus menjadi perhatian komponen pariwisata. Karena dikhawatirkan apabila EUPD sudah berlaku penuh akan terjadi banyak komplin kalau tidak diantisipasi dari sekarang. Seperti Pantal Kuta yang selalu dipromosikan bersih, aman dan tertib akan berbalik menjadi petaka apabila hal itu tidak sesual aslinya. Seperti munculnya sampah dan bangkal lkan lemuru di Pantai Kuta, kalau tidak dlantisipasi akan menjadi bumerang bagi pariwisata Bali. Bali Post/070 Cara Menghindari Munculnya Klaim KLAIM ganti rugi berdasarkan hukum perlindungan konsumen jasa pariwisata pemerintah Uni Eropa, mulai mengoyang bisnis industri pariwisata Indonesia. European Union Package Derective (EUPD) yang dipadukan dengan German Travel Law, yang diundangkan di kawasan Eropa 1 Juli 1994 dan mu- lai dilaksanakan di kawasan terse- but November tahun yang sama, membuat pengusaha di bidang pari- wisata "jerih". Dengan kondisi itu Menparpostel pun mengirim surat resmi agar pelaksanaan aturan yang direncanakan diberlakukan secara internasional tahun 1996, ditunda untuk sementara. Tetapi kenyataannya di lapangan klaim-klaim ganti rugi akibat ketidakpuasan konsumen sudah bertebaran. Dengan meruaknya klaim ganti rugi tersebut, Dirjen Pariwisata Andi Mappi Sammeng, mengimbau komponen jasa pariwi- sata baik hotel, biro perjalanan wisa ta, restoran, jasa angkutan udara, darat dan laut maupun komponen pemasok cenderamata untuk ber- benah diri. Reaksi yang diberikan komponen industri pariwisata mem- berikan kesan bahwa EUPD itu monster yang mengancam kelang- sungan hidup industri pariwisata. Tidak sedikit yang memberi ko- mentar agar kalangan pariwisata memberikan informasi yang tepat, benar dan apa adanya tentang produk jasa yang dikelola. Pasaln- ya, penawaran yang dilansir ko- mponen pariwisata Indonesia berke- san terlalu di make up, mengada-ada. "Namanya juga promosi," kata se- orang sumber. Dalih, pembenaran tersebut muncul dari kebiasaan masyarakat yang terbiasa menelan produk promosi menyesatkan. tidak dapat melunasi pembayaran- nya, apa yang dapat dilakukan? Jika BPW-kolega tersebut mengalami pailit, kata Ulrich Warnke, segera lakukan tuntutan melalui pengadilan wilayah di mana BPW tersebut be- rada. Meminta pihak pengadilan untuk menetapkan pemilik perusa- haan menjadi penjamin utang peru- sahaannya. Bila perusahaan tersebut memiliki asuransi, bisa melanjutkan tagihan tersebut ke pihak asuransi melalui santunan asuransi mereka. tapkan standar pelayanan jasa pari- ma dan dilayani. Bila perusahaan asing tidak me- wisata baik bagi konsumen maupun pengusahanya. Dalam arti, mem- mahami betul kondisi perusahaan berikan perlindungan bagi warga yang akan menjadi kolega bisnisn- Uni Eropa yang membeli produk ya, perusahaan tersebut dapat me- industri pariwisata ke luar negeri dari manfaatkan jasa pusat informasi bis- tindak penipuan. Di samping itu, nis di negara tersebut. Lembaga ini keluarnya perlindungan konsumen akan memberikan gambaran kese- itu menegaskan kepada kalangan hatan bisnis perusahan yang diper- pengusaha jasa pariwisata untuk lukan. Kalau terjadi hal yang tidak di- bersikap profesional dalam me- masarkan produknya. Sehingga inginkan dan perusahaan tersebut tidak ada kalangan yang merasa dirugikan dengan penerapan EUPD. Pasalnya, aturan tersebut tidak saja menyangkut warga Uni Eropa, juga terkait dengan komponen pariwisa- ta di negara tujuan wisata. Bagaimana pelaksanaannya? Menurut Ulrich, aturan EUPD ber- laku bagi komponen pariwisata as- ing yang memasarkan paketnya di kawasan Uni Eropa secara langsung maupun melalui kerja sama dengan biro perjalanan wisata Jerman. Bila terjadi tuntutan ganti rugi akibat ketidakpuasan terhadap kualitas lay- anan komponen pariwisata di nega- ra tujuan wisata, wisatawan mengklaim ganti rugi kepada BPW di negaranya, tempat di mana paket wisata itu ditawarkan dan dibeli. Proses berikutnya, tour operator negara tersebut meneruskan klaim ganti rugi tersebut ke komponen pari- wisata di Indonesia yang terkait sesuai keluhan. Perihal angka ganti rugi, tergantung tuntutan konsumen dan ketetapan pengadilan. Selektif dan Strik Bagaimana menyiasati EUPD tersebut? Ulrich menjelaskan ada kunci untuk tidak terjebak aturan tersebut, khususnya bagi pengusa- ha pariwisata non-Union Eropa. Disarankan, pihak perusahaan asing menyiapkan aturan kontrak yang tepat, benar dan pasti dengan pihak perusahaan Uni Eropa, Jerman mis- alnya. Kontrak ini, sah secara hu- kum baik hukum negara tersebut maupun dari perusahaan asing. Pi- hak BPW Eropa pun sudah semakin Bekerja sama dengan pihak ked- ua atau ketiga, menurut Ulrich tidak ada yang tanpa risiko. Dan tidak menutup kemungkinan kesengajaan melakukan penipuan, dengan dalih pailit, mendapat klaim ganti rugi dari wisatawan, Untuk mengantisipasi sikap 'nakal' kolega bisnis, Ulrich menyarankan BPW bersikap strik dengan aturan kontrak yang pasti. Misal menetapkan tenggang waktu pelunasan pembayaran setiap wisatawan yang dikirim. Menetap- kan angka jaminan untuk keaman- an bisnis, menetapkan angka ganti rugi bila terjadi kelambatan peluna- san. Menetapkan aturan tidak me- layani wisatawan yang dikirim bila pelunasan belum diterima. Khusus untuk Jerman, kata Ulrich lagi, ganti rugi terhadap kasus semacam ini ditetapkan senilai 10.000 DM dan tenggang waktu mengajukan klaim ganti rugi hanya dua tahun. Menurut Ulrich, komponen pari- wisata non-Eropa dapat menghin- HALAMAN 9 BEYOND 33 ALI Festival Teluk Jakarta Promosikan Kawasan Wisata Kepulauan Seribu JAKARTA - Kanwil V Depparpostel bekerja sama dengan Pemda DKI akan menyelenggarakan Festival Teluk Jakarta 1995, pada 11-15 Oktober, guna mempromosikan kawasan wisata yang berada di lingkungan Kepulauan Seribu sekaligus untuk memeriahkan 50 tahun kemerdekaan RI. "Teluk Jakarta dan sekitarnya, memiliki beberapa objek wisata sejarah yang terus tumbuh menjadi pusat re- kreasi dan kawasan wisata bahari yang memiliki daya tarik alam yaitu pantai, laut dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu," ujar Kakanwil y Depparpostel DKI, Pudjo Basuki di Jakarta, Rabu. Ia lebih lanjut mengatakan, upaya promosi pari- wisata khususnya ke Jakarta perlu terus ditingkat- kan mengingat kunjungan wisatawan maricanegara (wisman) ke ibu kota masih belum menggembira kan, meski dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan. Kunjungan wisman ke Jakarta pada 1991 berjumlah 920.135 orang, tahun 1992 menja- di 1.035.000 orang, kemudian tahun 1993 meningkat menjadi 1.107.956 orang. "Jumlah tersebut masih jauh di bawah kunjun- gan wisman yang berkunjung ke kota-kota di nega- ra ASEAN lainnya seperti Singapura dan Bangkok yang setiap tahun mendapat kunjungan wisatawan jauh di atas kunjungan ke Jakarta," ujarnya. Pada- hal Jakarta memiliki beberapa keunggulan yang dapat dijadikan modal menarik wisatawan antara lain objek wisata budaya, sejarah, alam serta taman rekreasi yang menarik perhatian seperti pasar ikan, Kramat Luar Ba- tang dan Jembatan Kota Intan di Jakut, Ia menambahkan, Festival Teluk Jakarta akan dis- elenggarakan pada 11-15 Oktober 1995 di berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya, antara lain Taman Fatahillah untuk penyelengaraan pameran dan pang- gung hiburan, Sunda Kelapa untuk penyelenggaraan aneka lomba tradisional serta Kepulauan Seribu untuk lomba olah raga bahari. (Ant) Sumsel Tampil di Belanda PALEMBANG - Tim kesenian Sumatera Se- latan (Sumsel) tampil dalam festival pasar malam besar Tong-Tong di Denhaag, Belanda 15-25 Juni 1995. Tim kesenian yang dipimpin Ny. Ailuni Hus- ni berjumlah 45 orang itu, dilepas Sekwilda Sum- sel Drs. Djulkip Siregar atas nama Gubernur Sum- sel di Palembang, Selasa lalu. Menurut Ailuni, tim kesenian tersebut akan menampilkan 22 jenis tari dan 20 lagu khas Sumatera Selatan, di samping mengikuti pame- ran dengan menampilkan aneka kerajinan rumah tangga Kain Jumputan, tenunan khas Palembang, Keramik dan lain-lain. Dalam festival lagu dan tari ini, Sumsel juga akan menampilkan upacara adat perkawinan dari daerah itu untuk memperkenalkan budaya daer- ah tersebut. Sekwilda Drs. Djulkip Siregar mengingatkan, tim kesenian Sumsel yang mengikuti festival tari dan lagu itu harus tampil dengan baik, agar arus wisatawan ke daerah tujuan wisata ke-17 ini makin banyak. Wali Kodya Palembang Drs. H. Husni pada kesempatan itu mengatakan selain Sumsel, daer- ah lain yang mengikuti festival tari dan lagu di Denhaag tersebut adalah Propinsi Kalimantan Barat. (Ant) Arsa '95 Selenggarakan Pemilihan Putri Samudera dengan mendaftarkan diri pada per- wakilan majalah Kartini di tiap daer- ah. Kontes ini akan memperebutkan Tetapi, kalau tidak dipoles", JAKARTA Panitia Arung Ia menjelaskan, penyelengga- yang diwakili oleh Bramtua men- menurut sumber yang lain, produk menjadi tidak menarik. Menawar- Samudera 1995 (Arsa'95) dalam raan kegiatan Putri Samudera ini jelaskan, bahwa panitia telah menye- kan produk apa adanya menjadi rangka turut mengelorakan perayaan dalam beberapa hal tidak berbeda barkan formulir pendaftaran ke se- buah simalakama, dengan penger- darkan diri dari kemungkinan ditun- HUT ke-50 Proklamasi RI, menye- dengan pemilihan putri yang sudah luruh daerah, sedangkan caranya tian ditawarkan apa adanya tut konsumen. Caranya? Penuhi kat- langgarakan kontes Putri Samudera dilaksanakan. Perbedaannya hanya kurang laku, ditawarkan hasil pole- selektif dalam kerja samanya den- egori kualitas yang ditetapkan un- yang akan memeperkenalkan keg- dalam penguasaan wawasan yang san, dapat menjadi bumerang. gan BPW asing. Misal, menetapkan tuk mengimbangi pelaksanaan iatan bahari kepada generasi muda. luas di bidang kebaharian. Proteksi pola pembayaran, ada pembaya-, EUPD yaitu, menyiapkan iklan pro- Hukum perlindungan konsumen jasa pariwisata yang dilansir pemer- intah negara-negara di kawasan Uni Eropa kata Ulrich Warnke, salah seorang pengurus German Travel Agent Association (DRV), bukan tanpa alasan. Intinya, EUPD mene- "Kegiatan ini merupakan upaya "Kita berharap melalui penye- piala Ibu Tien Soeharto yang ber- bentuk putri duyung. "Piala ini juga remaja putri untuk berperan aktif berlapis emas 18 karat," katanya. dalam menggali dan memanfaatkan potensi kelautan yang kita miliki," kata Toto yang siang itu didampingi oleh panitia kontes. ran sebagai tanda jadi bahwa ada mosi dan brosur yang berkualitas, Arsa'95 untuk menggelorakan ke- lenggaraan ini akan menggugah para paket yang terjual. Menetapkan memberikan informasi yang tepat, cintaan bahari dengan tujuan pokok pembayaran saat wisatawan tiba dan benar. Memberikan jaminan menggugah semangat bahari yang dengan tanda bukti pembayaran, keamanan bagi konsumen, kualitas belum menyentuh ke seluruh lapisan me- masyarakat kita," kata Kadispen yang diketahui oleh bank. Bila per- produk yang dipasarkan lu menetapkan asuransi kredit ter- mantapkan kualitas finansial peru- TNI-AL, Kol Laut (P) Toto Laksito kepada pers di Jakarta, Kamis. hadap wisatawan yang akan diteri- sahaan. (aswie) Sementara itu, panitia kontes Ia menjelaskan, beberapa per- syaratan di antaranya remaja putri den- gan usia antara 18-23 tahun dan me- miliki keterampilan berbahasa asing serta kepribadian Indonesia. (Ant) LINTASAN WISATA 5, Benoa harus Tampil Cantik dan luar negeri. menunjukkan jiwa bahari tidak yang pesertanya berasal dari dalam manya menjadi monopoli pelaut pelaut pria. "Ada kapal pinisi yang Menceritakan hasil peninjauan seluruh awaknya terdiri dari anggota yang dilakukan langsung ke lapan- KOWAL (Korp Wanita Angkatan gan, Gofar melihat masih ada be- Laut-red)," jelas Gofar bangga berapa hal yang perlu dibenahi, Malah, selain anggota KOWAL, ada mulai dari penerimaan sampai ke- beberapa mahasiswi dari sebuah berangkatan peserta. Misalnya perguruan tinggi di Jakarta yang gtempat sandar kapal layar tiang ingin mengikuti jejak ini. tinggi (tall ship) dan sandar akan didatangkan jembatan ponton dari Surabaya. "Kira-kira satu set, yah dengan panjang sekitar 100 meter. "Kita ingin memberikan kesan lain kepada para peserta," tambah Gofar Suwarno. Dengan jumlah peserta 108 ka- pal, terdiri dari 23 kapal tall ship dan 85 yarchi dari 22 negara, dita- mbah tiga kapal perang Amerika "Sekarang kami mencoba mencar (yatch). Untuk sandar, kata dia, -Serikat, Arsa '95 yang dikaitkan ikan kapalnya," tambahnya. Selain menyoroti kondisi pela- buhan, lanjut Pangarmatim, renca na membangun perkampungan ba hari (marine village) untuk para peserta Arsa '95, menurut Pangar matim akan dapat dituntaskan menjelang "hari H", "Sejauh ini belum ada kendala berarti dalam mewujudkan rencana ini," katan ya. Penyediaan lahan maupun set- ting arrangement sudah diatur sedemikian rupa, namun yang harus diperhatikan menurut Pan garmatim, soal jadwal pembangu nannya. "Tapi saya optimis hal ini akan berjalan lancar," tegasnya. Perkampungan bahari yang akan berlabel "World Fun, Shop ping and Food" akan dibangun di atas lahan 12.000 meter, yang di dalamnya terdiri dari tiga buah panggung terbuka, tempat menggelar pertunjukan kesenian setiap malam. Di samping fasili tas ini, perkampungan ini juga dilengkapi 150 stand pameran ling Tinggi kebutuhan tamu yang bila tidak bisa dipenuhi secara profesional akan be rakibat fatal. "Oleh karena itu, pameran semacam ini sangat baik bagi pen- ingkatan kualitas hotel-hotel di Indo- nesia khususnya di Jakarta dalam era persaingan sekarang ini," katanya. Sementara itu, Direktur PT Daeng Brothers agen tunggal Philips di In- donesia, HB. Pradhana mengatakan, bisnis hotel identik dengan citra dan pelayanan. Philips Hotel Exposition 1995 menawarkan sistem yang dapat menjadikan sebuah hotel, member- kan citra dan pelayanan yang terbaik Philips Exposition 1995 antara lain menampilkan dan mendemonstrasi kan berbagai produk eletronik yang dibutuhkan hotel. (Ant) 50.000,00 AH dan NYAMAN ESTATE an fasilitas KPR BTN, DKI, Air PDAM, listrik PLN agi Kantor Pemasaran: UNUNG BERLIAN MURNI a Penida 35 Telp. (0361)226856 26856 Denpasar ke Denpasar C 1899 M MOTOROLA MULAI 15 JUNI aneka dengan 50 tahun Indonesia mer- deka ini akan menjadi peristiwa monumental. Selain peserta tersebut, akan ada beberapa perahu pinisi yang akan turut memeriahkan peristi- wa ini, namun idak ikut dalam race Bali-Jakarta. Kita ingin menunjukkan bahwa beginilah Indonesia setelah 50 tahun mer- deka," tegas Pangarmatim. (pal) 1995 PARFUM dan KOSMETIK DISKON 30%-50% PARFUM: -KENZO - SAMSARA - SAMBA -JEAN PATOU -CARMEN KOSMETIK: - LANCOME - REVLON - ELIZABETH ARDEN dan.....masih banyak lagi! hanya di Bali JL DIPONEGORO 50 DENPASAR PENAWARAN KHUSUS TAHUN 1995 STARPAGE KOMUNIKASI HANDAL & EKONOMIS TELP OPERATOR 139 dan Mempersembahkan 234139 RADIO PAGER •STARPAGE MEMO EXPRESS BARU Radio Pager mini, amat ramping Keistimewaan MAXI, 5 pilihan nada panggil yang berirama menarik, HANYA Rp. 150.000,- •STARPAGE SCRIPTOR -Layar 2 baris •STARPAGE ADVISOR -Layar 4 baris HANYA Rp. 200.000 sampai Rp. 225.000,- Harga ditambah PPn. 10% furan minimal 6 bulan dimuka STARPAGE merupakan pelopor penggunaan teknologi canggih VSAT (Very Small Aperture Terminal) melalui satelit Palapa, sehingga Anda dapat menerima pesan diberbagai Kota Utama DENPASAR SURABAYA SEMARANG BANDUNG JAKARTA MEDAN BATAM- Siapa Cepat Dia Dapat !!! Hubungi segera; PT. BALI RAPCO CERIA J. Hayam Wuruk No. 04 Telp. 262583, 227515, Denpasar C 1000 Rombongan bersepeda dari negeri kincir angin foto bersama setiba di Dewata Beach Hotel, Canggu setelah menempuh perjalanan selama 3 minggu dari ujung Jawa Barat. Rombongan setelah menginap beberapa malam di hotel bersangkutan langsung terbang ke Nederland. C 1767 B. 55 (MK) Sinetron "Lika Liku Laki Laki" beberapa hari lalu mengadakan syuting di Bali Hilton International. Dalam pengambilan gambar tersebut tampil bintang empat sekawan dan Ira Wibowo serta artis pen- dukung lainnya. Tampak mereka foto bersama dengan Ka.Humas Joyce H. Luthe dan staf humas hotel setempat MITRA KARYA Engineering. AUTHORIZED DEALER Hubungi Segera : Perkins Engine FOR GENERATOR SET 30-800 KVA 2000 SERIES Suku Cadang dan Service Terjamin 2cm READY STOCK Showroom: JI. W.R. Supratman 37 Kesiman, Tohpati Denpasar - Bali, Telp. (0361) 231358 Color Rendition Chart
