Tipe: Koran
Tanggal: 2015-01-17
Halaman: 02
Konten
OPINI Tajuk HUKUM Batam Pos, Sabtu 17 Januari 2015 KPK telah menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka rekening gendut. Namun, Komisi III DPR RI yang uji kepatutan terhadap Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri tidak bergeming. Sehingga, Komjen Budi Gunawan pun aklamasi disetujui Komisi III menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman yang akan memasuki masa pensiun Oktober 2015 mendatang. Nadia Khaira Ardi, ST, MT Pengajar pada Prodi Teknik Sipil - UNRIKA Penetapan status tersangka Komjen Budi Gunawan bisa diartikan dari sudut pandang berbeda. Seperti dikemuka- kan Komjen Budi Gunawan bahwa penetapannya sebagai tersangka agak aneh di saat dirinya ditetapkan sebagai OPINI ANDA L agi, Trailer Nissan putih beroda 14 bermuatan 4 pancang beton terguling tepat di tengah taman jalan raya Gajah Mada beberapa meter sebelum jembatan penyeberangan Tiban Lama-Tiban Mcdermott, Senin sore (Batam Pos, 13 Oktober 2014), mengakibatkan kemacetan parah. Sekitar Juli lalu, kemacetan panjang sekitar 3-4 Km, juga terjadi karena terbaliknya truk container di depan kawasan Southlink. Ada apa ya? Tidak cukup hanya mengkaji satu aspek saja. Ada empat aspek yang perlu dilihat dalam hal ini. Aspek prasarana dan lalu lintas jalan, sarana lalu lintas, kelembagaan serta sumber daya manusianya. Dalam PP No. 43/1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, menjabarkan elemen kecelakaan disebabkan oleh beberapa faktor seperti manusia (pengemudi, penumpang, pejalan kaki, dan masyarakat umum), kendaraan (sarana), jalan (prasarana), dan lingkungan (alat pengendali, kendaraan lain, siang-malam, dan cuaca). Tapi saya tidak akan membahas penyebab terjadinya kondisi ini. Cukuplah koreksi dari instansi-instansi terkait seperti Kementerian/Dinas Perhubungan sebagai pihak berwenang mengeluarkan izin kelaikan kendaraan serta penerapan pengaturan jam khusus terhadap kendaraan berat, Kementerian/ Dinas PU sebagai penanggung jawab ruas jalan yang bertanggung jawab terhadap kelaikan ruas jalan, serta Kepolisian yang bertanggung jawab terhadap penegakan sanksi jika terjadi pelanggaran lalu lintas dan penanganan setelah terjadinya kecelakaan lalulintas. Yang saya soroti adalah perilaku pengguna jalan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap kemacetan di jalan raya. Kecelakaan lalulintas, kendaraan yang terbalik atau mogok di jalur pendakian atau bukan, banjir, bahkan peristiwa bunuh diri sekalipun, menjadi sebab terjadinya kemacetan parah. Bukan karena proses evakuasi, tapi karena banyaknya masyarakat pengguna jalan yang menonton. Masih ingat peristiwa bunuh diri di perempatan KartOp PENGOBATAN ALTERNATIF Presiden Komisaris Komisaris Komisaris Direktur Utama Wakil Direktur Utama Direktur General Manager/Penanggung Jawab Pimpinan Perusahaan Pemimpin Redaksi Pemimpin Redaksi Online Pemimpin Redaksi Majalah Batampos.co Wakil Pemimpin Redaksi Produksi Wakil Pemimpin Redaksi Usaha Wakil Pemimpin Redaksi Minggu Wakil Pemimpin Redaksi Editing Dewan Redaksi Batam Pos www.batampos.co.id [ redaksi@batampos.co.id | http://twitter.com/batampos Diterbitkan Oleh: PT Sijori Interbintana Pers Terbit sejak tanggal 10 Agustus 1998 Perintis : Eric Samola, SH Chairman : Rida K Liamsi Makmur : Asnida Syukur Tim Ombudsman calon Kapolri. Kenapa tidak jauh-jauh hari, sehingga dirinya tidak tersandera atas keputusan lembaga superbodi antirasuah itu. Apalagi, Komjen Budi Gunawan sudah diklarifikasi Bareskrim Mabes Polri bahwa rekening Kepala Lembaga Pendidikan Polisi itu wajar. Bahkan, Bareskrim telah mengeluarkan surat keputusan dan menjadi pegangan bagi Komjen Budi Gunawan bahwa dirinya tidak seperti disangkakan. Sementara itu, Ketua KPK Abraham Samad didampingi Wakilnya, Bam- bang Widjojanto (BW) mengatakan, pihaknya bukan bekerja atas tekanan dari pihak manapun. KPK bekerja atas temuan minimal dua alat bukti yang : Uji Nyali KPK Jika Calon Kapolri Bersalah cukup untuk menetapkan seseorang tersangka. Sehingga, kebetulan saja momentumnya penetapan tersangka di saat Komjen Budi Gunawan diuji kepatutan sebagai calon Kapolri. Menepis semua tudingan negatif itu, KPK mengaku jauh-jauh hari selalu meminta agar pejabat yang tersandung masalah tidak dilantik. Namun, status tersangka ternyata tidak bisa mengh- entikan langkah Budi Gunawan menaiki tangga Kapolri. Dia lantas menyebut nama-nama tersangka yang tersandung kasus dan di depannya sudah bersiap pelantikan jabatan. Di antaranya mantan Menteri ESDM Jero Wacik yang menjadi tersangka pengembangan kasus SKK Batam dan Perilaku Pengguna Jalannya an penumpang di sekitar lampu merah menjadi penyebabnya. Belum lagi jarak u-turn yang terlalu dekat dengan lampu merah (sekitar 50 meter). Jarak antar u- turn antara 400 - 800 meter dianggap cukup untuk beberapa kasus. Pada kondisi ideal, saat hambatan sampingn- ya dihilangkan, terjadi perbaikan tingkat pelayanan simpang. Pada hari kerja, tingkat pelayanan simpang berada di kategori C sementara di hari libur berada di kategori A yang artinya arus lancar, volume rendah dan kecepatan tinggi. Masih saja masalah perilaku pengguna jalan, yang menjadi sumber kemacetan lalu lintas. Aviari, menyebabkan macet hampir 1 km, bukan karena proses penanganan korbannya, tapi karena ada pengguna jalan memarkir mobilnya tepat di tengah jalan, untuk melihat peristiwa ini. Kalaupun ingin melihat, apa salahnya, memarkir kendaraan di bahu jalan, sehingga tidak merugikan pengguna jalan lainnya. Saya sempat melihat, sepertinya setelah cukup puas menonton, yang punya kendaraan lari ke arah kendaraannya, sambil cengar- cengir. Tidak sadar dia, perbuatannya merugikan orang lain. Sejak dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2004 tentang kecelakaan lalu lintas di jalan sebagai masalah kesehatan masyarakat, pada 11 Mei 2011 disepakati seluruh negara anggota PBB membuat program yang diberi nama Decade of Action for Road Safety 2011-2020 (DOA). Target aksi ini untuk mengurangi jumlah korban meninggal dunia di tahun 2020 sebesar 50 persen. Target aksi tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 yang mengamanat- kan agar pemerintah membuat Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK). Data tahun 2004 menunjukkan, kecelakaan lalu lintas telah menempati urutan kesembilan penyebab kematian di dunia. Delapan penyebab kematian di atasnya merupakan penyakit yang sangat ditakuti masyarakat di dunia. Menurut perkiraan WHO jika tidak dilakukan tindakan nyata maka pada tahun 2030 kematian karena kecelakaan lalu lintas akan menempati urutan ke lima sebagai penyebab kematian tertinggi. Pemerintah sendiri, telah menyusun RUNK untuk 25 tahun guna menurunk- an tingkat kecelakaan di jalan. Sehing- ga, tidak hanya masalah penanganan setelah kecelakaan, empat pilar lain yang menjadi fondasi pelaksanaan RUNK jalan adalah manajemen keselamatan jalan, peningkatan kualitas keselamatan kendaraan, peningkatan kualitas jaringan jalan, serta perilaku pengguna jalan. Salah satu penelitian yang dilakukan Ema Wijayanti mencoba menghitung kapasitas ruas jalan di pertigaan Panbil. Hasil penelitiannya dengan MKJI 1997 untuk kondisi real saat ini, menunjuk- kan bahwa saat hari kerja berada di kategori D yang berarti mendekati arus tidak stabil dan kecepatan rendah, sedangkan pada hari libur, tingkat pelayanan jalan berada pada kategori C yang artinya arus stabil, kecepatan dipengaruhi lalulintas dan volume sesuai untuk jalan kota. Ternyata hambatan samping seperti kendaraan yang parkir di badan jalan, pedagang kaki lima, serta angkutan umum yang menaikkan dan menurunk- Asparaini Rasyad : Marganas Nainggolan : Socrates : Hasan Aspahani, Usep RS : Candra Ibrahim Herman Mangundap M Riza Fahlevi Putut Aryotedjo : Muhammad Iqbal Ismed Syafriadi : Priya Ribut Santosa : Muhammad Nur Tunggul Manurung DUKUN (O Marganas Nainggolan (Ketua), Socrates, Hasan Aspahani, Candra Ibrahim, M Riza Fahlevi, Ismed Safriady, Muhammad Iqbal, Putut Aryotejo, Priya Ribut Santosa, M. Nur, Tunggul Manurung : Sutan J Siregar SH Faktor kesalahan manusia secara mandiri bertanggung jawab terhadap hampir 67 persen kecelakaan lalulintas. 5 persennya dikarenakan faktor kendaraan, 4 persen faktor jalan dan lingkungan, sedangkan 24 persen kejadian, merupakan kombinasi dari ketiganya, (MTI, 2012). Kesimpulan bahwa kesalahan utama terletak pada faktor manusia (pengguna jalan) sepertinya tidak dapat ditolak dan segera menjadi pandangan umum. Berdasarkan kesimpulan ini, fokus utama penangan- an kecelakaan lalulintas pada masa lalu ditujukan untuk mengubah perilaku mengemudi terutama melalui publikasi, kampanye, mempengaruhi norma- norma sosial, dan training-training mengemudi (Sabey, 1990, Evans, 1991). Berlalu lintas tidak hanya masalah patuh pada aturan, juga bertoleransi pada pengguna jalan lain, terlebih pada ruas-ruas jalan atau simpang, tanpa rambu prioritas ataupun sinyal. Parkir pun, janganlah sembarangan. Beberapa kendaraan yang saya temui, parkir tidak ke pinggir, padahal jalan yang dilewati sempit sehingga tidak bisa dilalui dua kendaraan dengan ukuran mobil standar. Belum lagi sepeda motor yang parkir tegak lurus, sehingga mengurangi kapasitas jalan. Di komplek-komplek perumahan seringkali saya jumpai. Harusnya kita sebagai pemilik ken- daraan saling bertoleransi pada pemilik kendaraan lain, yang pastinya juga akan menggunakan jalan. Beberapa contoh ketidaktertiban kita di jalan raya, ditunjukkan oleh peristi- wa-peristiwa kecil. Di perempatan dengan simpang bersinyal, begitu sinyal menunjukkan warna hijau, rata-rata pengendara sibuk membunyikan klakson kendaraannya. Tidak sabar menunggu kendaraan di depannya bergerak dulu. Beberapa pengemudi juga didapati menggunakan ponsel saat berkendaraan. Beberapa kali berken- daraan, ada motor atau mobil yang melaju lambat di depan saya, sementara didepannya tidak ada hambatan kendaraan lainnya. Ternyata satu tangan دستان Migas. Imbauan itu juga dikabulkan Partai Demokrat dan menggantinya dengan personel lain. Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Presiden Jokowi tetap memuluskan prosesi sebagai Kapolri. BW menegas- kan tidak "takut" dengan posisi baru Budi Gunawan. Proses hukum tidak mengendur. Melihat kinerja KPK selama ini, tentu bukanlah main-main menetapkan tersangka. Terlebih yang ditetapkan tersangka itu calon Kapolri. KPK bersikukuh Komjen Budi Gunawan tersangka rekening gendut. Sementara Komjen Budi Gunawan menyatakan tidak terbukti memiliki rekening gendut seperti hasil penyelidi- kan Bareskrim. IKHSAN sedang sibuk SMS atau menelpon, sedangkan tangan satunya mengemudi- kan motornya/memegang setir mobiln- ya. Kadang kalo diingatkan, mereka malah marah. Di waktu lain, ketika hendak berbelok ke arah kanan atau kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor dari arah yang berlawanan. Ternyata pengemudi tidak mau bersusah payah berbelok melalui u-turn yang disediakan. Perhatikan juga kemacetan yang muncul di hari libur besar nasional. Di simpang Barelang, pasti lah macet. Polisi terpaksa menutup pergerakan kendaraan arah ke Barelang dari Batuaji, tepat di lampu merah pertigaan Barelang, dikarenakan tidak patuhnya pengguna kendaraan pada lampu lalu lintas, sehingga mereka menunggu melewati garis zebra cross di pertigaan tersebut, sehingga mengakibat- kan hambatan bagi kendaraan yang bergerak dari Barelang ke arah Batam- center dan dari arah Batamcenter menuju Batuaji. Putaran kendaraan dialihkan ke u- turn sebelum dan sesudah pertigaan sehingga mengakibatkan kemacetan panjang, karena bukaan u-turn eksisting tidak terlalu lebar. Banyak bukti tindakan pelanggaran umumnya kecepatan baru berkurang karena adanya penegakan hukum yang tegas. Sering diklaim bahwa publikasi informasi untuk mengenakan sabuk pengaman terbukti efektif untuk mengajak masyarakat mengenakannya. Namun yang terjadi sesungguhnya adalah efek dari perubahan peraturan yang diikuti oleh penegakan (Carsten, 2000). Di Indonesia, hal ini pun dapat diamati dalam kasus kewajiban mengenakan helm standar dan sabuk keselamatan akhir-akhir ini. Seperti dijumpai pada operasi Zebra yang diselenggarakan Ditlantas Polri baru- baru ini. Di loket pembuatan SIM, terlihat lonjakan pembuatan SIM yang cukup signifikan. Beberapa hari ini, saya lihat banyak sekali polisi terlibat mengatur lalu lintas di kawasan Panbil. Beberapa u- turn ditutup untuk mengurangi konflik kendaraan. Kendaraan umum yang nge-tem pun, ditegur. Cukup efektif mengurangi kemacetan dari simpang ABB hingga ke lampu merah Panbil, meskipun terjadi pemindahan tumpukan kendaraan di u-turn setelah lampu merah Panbil. Ke depannya kita harapkan, pengendara patuh pada rambu dan sinyal lampu lintas, ditambah pemberlakuan denda terhadap pelanggar lalu lintas. Beberapa kota di luar negeri menyer- ahkan pengelolaan denda ke pihak swasta. Seperti, denda kendaraan yang parkir di lokasi-lokasi yang dilarang untuk parkir. Kita? Bisakah? Berharap tentunya bisa suatu saat nanti. *** MENERIMA PASIEN BPJS DIVISI PRODUKSI Redaktur Senior: Ade Adran Syahlan, Lisya Anggreini. Redaktur Pelaksana Kompartemen: Yunus Suchari, Helmi Yunus (Redpel Perwajahan), Anwar Saleh, Muhammad Tahang, George Winokan, Hasanul Safri (Redpel Online), R. Yusuf Hidayat (Majalah), Poniman Sipahutar (Design Majalah), Antoni (Jakarta). Asisten Redaktur Pelaksana: Immanuel Sebayang, Andriani Susilawati, Suprizal Tanjung, Yahya Burlian, Agnes Dhamayanti. Koordinator Liputan: Budianto Hutahaean. Ass. Koordinator Liputan/ Foto: Ahmadi. Redaktur: Gustia Benni, Sandy Pramosinto, Suparman, Yuliana Dewi, Chahaya Simanjuntak, Iman Wachyudi, Herry Sembiring (Majalah), William Seipatiratu (Online). Liputan Batam: Galih Adisaputro, Yashinta, Alfian Lumban Gaol, Ratna Irtatik, Dede Hadi Mulyadi, Wenny C Prihandina, Dalil Harahap, Cecep Mulyana, Rengga Yuliandra, Rifki Setiawan, Eusebius Sara, Yofi Yuhendri, Yermia Riezky (Majalah), Fenny Ambaratih (Majalah). Liputan Daerah: Yusnadi, Jailani, Faradila Svebdoline, Lara Anita Puji Lestari, Fatih Muftih (Tanjungpinang), Harry Suryadi Putra (Bintan), Wijaya Satria (Kabiro Lingga), Cipi Ckandina, Aulia Rahman (Natuna), Syahid (Anambas), Polister Saragih (Moro), Imam Soekarno (Kundur), Tri Haryono (Tanjungbalai Karimun), Al Amin (Meranti). Departemen IT/EDP: Halasan Sinaga (Asst.Manager), Zul Bukhari (Staff IT/EDP e-paper). Departemen Perwajahan, Artistik dan Pracetak:Sutriyanto (Kadep), Tilbertus (Penjab Perwajahan), Hairunas (Penjab Layout). Gofmin Afrizal (Penjab Montaging/PS), Kamaruzaman (Kabag Pracetak Minggu). Pracetak & Layout: Mahfud Ashari (Penjab), Pranantaka, Amron Abadi, T.Marhisia Maghdalena, Welli Handra, Abdul Rozzag, Ali Sadikin (Desain Online). Sekretariat Redaksi: Umy Kalsum (Kepala). Departemen HRD & Umum: Elmi Gusti (Manager), Linglon BPL. Tungkup (Ass. Manager Umum. Coorporate Social Responsibility: Jamil Qasim (Manager). DIVISI USAHA Departemen Keuangan: Roslina Yanti (Manager), Masyuni Simbolon (Ass.Manager), Indi Elisa (Ass.Manager/Kasir). Departemen Pemasaran: Mulyadi Nasution (Manager), Yusmirdawati (Ass.Manager Adm/Pituang), Gudson Nainggolan (Ass Manager Pengembangan Langganan). Departemen Promosi & Pengembangan EO: Agus Triono (Manager), Herianton. Leevina Desianty (Asst.Manager). Departemen Iklan: Dewi Febsuri (Manager), Ari Istanti (Asst. Manager Adm & Piutang Iklan), Bayu Robersa (Asst. Manager Desain/Artistik), Parna Simarmata, Luciana Ria (Asst. Manager Pengembangan Iklan). General Manager Percetakan: Suhairi. Perwakilan-Perwakilan: Jumi (Manager Perwakilan Tanjungpinang), Zekma Albert (Kepala Perwakilan Tanjungpinang), Ichwanul Fazmi (Kepala Perwakilan Tanjungbalai Karimun), Agus Nugroho (Kepala Perwakilan Iklan Jakarta), Sultan Yohana (Singapura). TOKOH HARI INI Muhammad Ali D ia terlahir sebagai Cassius Marcellus Clay Jr. pada 17 Januari 1942. la menggunakan nama Muhammad Ali setelah bergabung dalam kelompok Nation of Islam pada 1964. la beralih memeluk Islam sepenuhnya pada 1975 dan mempraktikkan Sufisme. Sebagai seorang petinju, tak ada yang meragukan kehebatannya di atas ring. Tahun 1960, Ali meraih medali emas kelas berat ringan Olimpiade 1960 di Roma, Italia. 29 Oktober 1960: Debut pertama di ring profesional. Menang angka 6 ronde atas Tunney Hunsaker. 25 Februari 1964: Merebut gelar juara dunia kelas berat dengan menang TKO ronde 7 dari 15 ronde yang direncanakan atas Sonny Liston di Florida, Amerika Serikat. Pada tahun 1999, Ali dianugerahi "Sportsman of the Century" oleh Sports Illustrated. Ali tiga kali menjadi Juara Dunia Tinju kelas Berat. Ali pernah mampir bertanding di Istora Senayan, Jakarta pada 20 Oktober 1973. Sewaktu ditanya bagaimana kesan pertamanya tentang Indonesia, ia berkata: "Sebuah negara yang unik, di mana penduduknya sangat bersahabat, dan selalu tersenyum kepada siapapun," katanya. *** Kamus Dunia FEODAL Feodal adalah struktur sosial yang didominasi oleh kaum bangsawan. Istilah feodal sendiri berasal dari Feudum atau tanah yang diserahkan raja kepada para bangsawan untuk dikelola. Bangsawan tersebut mempunyai kewenan- gan penuh atas tanah yang dikelolanya. Sejak tahun 1960-an, para sejarawan memperluas penggunaan istilah ini dengan memasukkan pula aspek kehidupan sosial para pekerja lahan di lahan yang dikuasai oleh tuan tanah, sehingga muncul istilah "masyarakat feodal". Karena penggunaan istilah feodalisme semakin lama semakin berkonotasi negatif, oleh para pengkritiknya. LAYANAN PELANGGAN DAN IKLAN TARIF IKLAN: *** SUMBER: KAMUS SEJARAH LENGKAP DANTO PAMUNGKAS SI KUT Enam Kecamatan di Batam Dimekarkan Datang ke SPBU untuk mengisi minyak Begitu di isi, mesin motor dimatikan Jumlah penduduk makin banyak Enam kecamatan pun dimekarkan BATAM Iklan Umum/Display/BW Rp.50.000.-/mm kolom Iklan Umum/Display/FC Rp.70.000.-/mm kolom Iklan Ucapan Selamat Rp.10.000.-/mm kolom Iklan Dukacita Rp.7.500.-/mm kolom Iklan Hiburan/Film Rp.10.000.-/mm kolom Iklan Halaman Muka (BW) Rp.75.000.-/mm kolom. Iklan Halaman Muka (FC) Rp.115.000.-/mm kolom Permintaan halaman dikenakan tambahan biaya 25% dari harga nett. ALAMAT : Alamat Redaksi, Pemasaran, Iklan dan EO: Gedung Graha Pena Lantai 2, Telepon: (0778) 460000 (hunting), Fax: (0778) 462162 dan (0778) 465111 Batam Center, Batam. Perwakilan Pekanbaru: Jalan Raya Pekanbaru- Bangkinang KM 10,5 Telepon (0761) 64634 Fax (0761) 64638. Perwakilan Jakarta: Gedung Indopos Lantai 6 Jalan Kebayoran 12 Jakarta Selatan, Telepon (021) 53699560-5333046. Perwakilan Tanjungpinang: Jalan Pramuka 3. Telepon (0771) 27714, 27715. Perwakilan Tanjungbalai Karimun: Jalan A. Yani, Sungai Lakam, Telepon (0777) 323686, Fax: (0777) 323685. Rekening PT. Sijori Interbintana Pers, NISP.: 090.010.011377, Bank Riau Kepri Cabang Batam: 106-08-04456. Dicetak pada: PT Ripos Bintana Press. Isi di luar Tanggung jawab Percetakan. Redaksi menerima tulisan karya asli, terjemahan atau saduran (dengan sumber asli bagi karya terjemahan dan saduran). Panjang tulisan antara tiga sampai tujuh halaman, diketik spasi rangkap, sertakan identitas diri. Naskah yang dimuat diberi imbalan. Redaksi berhak menyunting selagi tidak mengubah maksud tulisan. Wartawan Batam Pos dilarang menerima uang maupun barang dari sumber berita. Wartawan Batam Pos dibekali dengan kartu pers ketika menjalankan tugas. Jika ada kejanggalan, baik tentang identitas wartawan maupun tentang tindakan wartawan dapat menghubungi Sekretariat Redaksi Batam Pos. 2 EDITOR: YAHYA BURLIAN, LAYOUTER: AMRON
