Tipe: Koran
Tanggal: 2017-07-14
Halaman: 11
Konten
K SEKOLAH Perpeloncoan sekolah dan perpeloncoan bisa dihindari mya. memilih sa- materi ke- disesuaikan in karakter- sekolah. Se akatan kegi akan dilak- ga hari pada awal tahun gnya. a dimintai elaksanaan Kepala "Semua kegiatan yang be kaitan dengan PLS langs ditangani guru, Seandainy pengenalan ada siswa senior yang terliba sifatnya hanya membantu, di mereka tidak berhak men berikan perintah atau tuga kepada siswa baru. Mudah- mudahan dengan adanya pengawasan langsung dan guru, kegiatan PLS di SMAN 2 Yogya bebas dari perpelon coan," kata Kusworo. Lebih lanjut Kuswan mengungkapkan, supaya ke arta, Kus- giatan PLS tidak membe mengung sankan pihaknya sudah ngantisipa- mengemas berbagai kegiatan atan yang menarik dengan tema Ke peloncoan, bhinekaan dan anti bullying PLS dita- Tema tersebut sengaja dipilih pengawas untuk meningkatkan rasa na sionalisme sekaligus mence gah adanya kekerasan di ling- kungan sekolah. Dengan n langsung an adanya garah pada SAN s Bisnis Kuliner R Color Rendition Chart "KEDAULATAN RAKYAT HALAMAN Sugeng Inanto liner cu- (Ati/Ria)- tangga'namun tidak menyu- rutkan niat untuk terus bela- jar dan meraih cita-cita. Lulus dari SMK 1 Slawi Tegal, maha siswi kelahiran 17 September 1995 ini memperoleh beasiswa bidik misi SNMPTN Unnes tahun 2013. Saat lulus SMK dirinya sempat khawatir de- ngan biaya kuliah nantinya, tetapi lewat bidik misi dirinya berkesempatan kuliah sampai selesai dengan bantuan bea- siswa bidik misi tersebut. Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman di sela upa- cara wisuda mengapresiasi mahasiswinya yang bisa mendapat membuat inspirasi bagi se rinya me- mua orang. Rektor sangat arga tak senang punya mahasiswi aknya se- yang kreatif dan mandiri dan dan ibu- berharap usaha tersebut bisa bu rumah diteruskan. (Sgi) + SH Mochtar Chudori MPdl. Al Jihad Kutu 2/ RW 16 Sinduadi Mlati Sleman Drs H aidi An Noor Gondanglegi, Sariharjo, eman H Nasrun Siregar MAg. Al Hikmah Sariharjo Ngaglik Sleman Yoni Wahyudi Lc Islam Perumnas Condongcatur Sleman dullah At Taqwa Sidoharjo Bangunkerto Pumomo, Agung Dr Wahidin Sudirohu- mam Ismail, Ar Rahmah Sawitsari Con- Depok H Teguh Pramono. An Nuur De- snul Purwanto (Ria)-o asjid di Gunungkidul Agung Al Ikhlas Wonosari HM Sukamto Hadi Ledoksari Drs H Zamari Muttaqin bdul Hafidz MA, Puri Handayani Ledok- Karta Negara MA Darul Falah Kranon H an MA Nurul Hasanah Kepek I Wahyudi Kepek I Ir H Imam Taufiq At Takwa Jeruk snanto SH MA Aviciena RSUD Wonosari anto SE MA. Safinatunnajah Trimulyo MA Al Hidayah Trimulyo Il HOUR Sigit Syaroful Ummah Tegalmulyo Kepek Drs aitussalam Sumbermulyo Drs HA Tsamin Mujahidin Ringinsari Arifin Ali Kaswandi ridun Barat terminal Drs Khadirin MSi ladusari H Aam Sugasto SAg MA Darus- ari Suyono SPdl An Nuur Jeruksari H ntoso MPd Al Musafir Kodim 0730 GK Sabani MA Al Muqorrobin Tawarsari H itul Quddus Pandansari Drs H Djumhidi adungsari Drs H Sukiman MA Al Falah Sujono Baitul Hidayah Polres GK Harun Baitul Muwahidin Baleharjo Sunoto ah Rutan Wonosari H Rahmat BA An ri Baleharjo Suharjo SPd. At Tarbiyah Drs H Ali Ridho MM Al Muhajirin Rejo- Surani SPdl Al Fatah Wukirsari Bale- ir BA, Al Muttaqin Tegalsari H Darman- rangrejek Drs Khadirin MSi Nurul Huda Yacub Masyhuri MPdl Nurul Mutaqin onimin SAg Adlan KranonH Mukhotib din SMA Muh Wonosari Ledoksari Dr Abna Syarif Husain Bulureja. H Iskanto Jannah Baleharjo Suharjo SPd Ukhu- kirsari Drs Ngadimin. (Ria) -o sjid di Kulonprogo ng Kulonprogo DR H Jumarin MPd At Wates H Muh Faridh Jami' Wates Drs Ainurrahman Polres Muhtar Masyfa Vakhid Akhdinirwanto MSi Al Manar Wates Ir Hamam Muttaqin Siti Chadijah Vidodo Al Ma'ruf Klayonan Wates Wal- aqwa Bendungan Wardani SAg Muja- Triharjo Wardani SAg Al Hidayah Du- Kisnandar Ali Bin Abi Tholib Kriya- IT Agung Pengasih Drs H Muh Irsyam wolo Pengasih Drs H Sumiran Puro gondo Temon Drs HM Wasiludin P SH on Ngadino Hasinul Muttaqin Temon Barokah Glagah Drs H Rodi Odin Al Panjatan Drs Agus Burhan Miftahul H Muhadi At Taqwa Sentolo Aub Salamrejo Sentolo Drs H Subintomo Sukoreno Fathu Romdhoni SAg libawang Samidi Muhamsa Al Falah njararum Kalibawang Supardi Al alibawang Drs H Rinto Subronto Al rasri Kalibawang Waluyo Nasrulloh wo Kokap Burhani Arwin Jami' Tlogo- Muh Dimyati Al 'Amar Tlogolelo Har- din Saka Tunggal Pripih Hargomul- khlas Pucanggading Hargomulyo STP/H Sutamo BA Hidayatul Musta- argomulyo Sudin SPdl Al Istihda'a mulyo Magi SPdSD. (Wid) -o 4cm JUMAT KLIWON, 14 JULI 2017 ( 20 SAWAL 1950 ) STRATEGI BISNIS DAN INVESTASI Mengubah Perilaku Konsumen SETIAP usaha bisnis memerlukan metode untuk memperke- nalkan produknya atau setidak-tidaknya memberitahukan akan adanya suatu produk kepada pasar. Semakin meningkatnya kegi- atan bisnis, cakupan dan intensitas periklanan akan bertambah. Terjadinya perubahan paradigma di bidang pemasaran mengalih- kan produsen berorientasi pada differensi konsumen, memanfaat- kan faktor psikologi konsumen dalam iklan. Ini dapat mengubah pe- rilaku konsumen menjadi konsumen yang memperhatikan kebu- tuhan suasana hedonitas bukan pada segi kebutuhan dan kemam- puan beli Pendapat Batra (1990) tentang iklan menyatakan bahwa dalam keadaan suasana psikologi positif, orang kurang melakukan proses kognitif, sehingga sanggahan terhadap isi iklan tidak terjadi. Suasa- na psikologi positif cenderung menyebabkan seorang lebih mem- perhatikan dan memproses informasi secara peripheral. Iklan seba- gai salah satu faktor penunjang kegiatan bisnis yang setiap saat se- cara massal dan intensif disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai media komunikasi, berhadapan dengan banyak kritik, menimbulkan keberatan dan tanda tanya. Seperti iklan rokok dapat menciptakan suasana kejantanan, iklan mobil dengan wanita cantik menyampaikan pesan bahwa fungsi mobil sama pentingnya de- ngan isten dirumah, hidup harus semangat seperti pesan iklan mi- numan bir dengan wanita berpakaian seksi. Memanfaatkan faktor psikologi dalam iklan dapat menarik sugesti positif pada pikiran konsumen pada produknya. Sebaliknya iklan dengan menonjolkan sex appeal wanita dapat menarik sugesti negatif karena pesan iklan menjadi kabur, di mana konsumen lebih tertarik pada gambarnya daripada produknya. Faktor psikologi dalam iklan yang berhasil menggiring kesadaran konsumen sebagai modal awal yang dapat mengubah perilaku se- hingga menciptakan konsumen loyal dan terpengaruh untuk mela- kukan pembelian kembali. Iklan tidak berada pada wilayah hampa sosial. Iklan tidak hanya berpengaruh pada nilai ekonomi, namun mempangaruhi psikologi konsumen. Iklan yang memanfaatkan faktor psikologi tidak semakin surut tetapi semakin berkibar dan mendapat legitimasi baik oleh pro- dusen maupun konsumen. Aspek psikologi dalam iklan akan lebih tertancap pada benak konsumen, walaupun iklan yang demikian sering menimbulkan protes karena dapat menimbulkan pandangan negatif. Agar lebih efektif mengubah perilaku konsumen, iklan kerap kali harus intrusif (mengganggu), mencolok dan ditampilkan ber- ulang-ulang, membosankan, hambar dan menghina kecerdasan orang yang melihatnya dan agar dapat dipahami oleh orang-orang yang bodoh Sekarang berkembang bentuk iklan komperasi yaitu ik- lan dengan membandingkan dengan iklan sejenis dari segi harga, merek, kemasan, komposisi dan kenyamanan. Tujuan iklan komperasi adalah untuk memberikan informasi se- cara lengkap dengan harapan berdampak pada psikologi kon- sumen untuk melakukan pembelian produk dengan menggunakan akal sehat Iklan komperasi berdasarkan fakta yang diakui kebe- narannya dapat memberikan keuntungan bagi produsen atau kon- sumen karena sesama produsen akan berkompetisi menunjukkan keunggulan produknya masing-masing dengan memberikan infor- masi yang benar dan objektif tanpa saling menjatuhkan.-g (Drs Jazuli MM, mahasiswa Program Doktor PPS FE UII) DILUNCURKAN XL AXIATA SEMARANG (KR) - Seiring dengan peningkatan jaringan. data berkualitas melalui an- tara lain perluasan layanan 4G LTE di sebagian besar wilayah layanan, XL Axiata juga me- luncurkan program-program yang memberikan manfaat maksimal untuk mendorong pelanggan beralih ke layanan data. Salah satu program ter- sebut berupa peluncuran Kartu Perdana 'Super Ngobrol Baru. Melalui kartu perdana ini, pelanggan akan mendapat- kan manfaat tanpa batas un- tuk layanan panggilan/voice, SMS, akses internet. Program promo ini berlaku hingga 31 Desember 2017. Vice President XL Central Region Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, saat ini pene- trasi pelanggan data terus meningkat, dan semakin me- masyarakat penggunaan la- yanan nelpon dan berkirim pesan singkat melalui berba- gai aplikasi layanan data. BARU SUPER NGOBROL PANGKAS JALUR DISTRIBUSI Bulog DIY Targetkan Tambah 200 RPK Usaha Milik Desa (BUMDES). ka- YOGYA (KR)- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik sa hingga RW nantinya. Perluasan Divisi Regional (Perum Bulog Divre) DIY menargetkan perluasan jaringan RPK tersebut diharapkannya jaringan setidaknya 150 hingga 200 Rumah Pangan Kita (RPK) di sejalan dengan perkembangan Badan DIY, baik di kalangan rumah tangga atau perorangan maupun langan instansi selama Juli sampai Agustus 2017 ini. Perluasan jaringan RPK tersebut supaya bisa langsung berdekatan dengan masyarakat yang menyasar seluruh kabupaten/kota se-DIY sam- pai ke tingkat Rukun Warga (RW) nantinya. Kepala Perum Bulog Divre DIY Mifttahul Ulum mengatakan, perlu asan jaringan RPK di DIY telah menca- pai 580 RPK pada pertengahan Juni 2017 lalu dari total target 2017 se- banyak 800 RPK. Sedangkan selama dua bulan ini dan bulan depan, pihak- nya menargetkan bisa menambah seti- daknya 150 sampai 200 RPK di DIY. "Kami menargetkan khusus Juli dan Agustus 2017 ini bisa memperluas jaringan RPK yang ada di DIY hingga 200 RPK. Mudah-mudahan sebelum Kartu Perdana 'Super Ngobrol Baru' "Melalui program XL Super Ngo Baru ini, XL Axiata berharap akan membuat pe- langgan tidak akan khawatir lagi mengenai biaya panggil- an dan SMS ke sesama no- mor XL. Dengan demikian, pelanggan bisa lebih leluasa untuk mengalihkan biaya tersebut untuk penggunaan layanan data," ungkapnya, Kamis (13/7). Manfaat yang bisa dita- warkan program ini berupa gratis nelpon dan SMS tanpa batas ke semua nomor XL, nelpon Rp 1/detik ke operator lain, Rp 50 per SMS ke opera- tor lain, dan akses internet Rp 50/MB. Mendapatkan manfaat gratis nelpon tanpa batas melalui WhatsApp dan LINE, gratis akses YouTube 100MB/bulan. (Rsv)-g ΕΚΟΝΟΜΙ Penyaluran Kredit BNI Naik 15,4% JAKARTA (KR) - Penyaluran kredit Bank Negara Indonesia (BNI) pada semester I tahun 2017 mencapai Rp 412,18 triliun. Angka ini meningkat 15,4 persen dibandingkan penyaluran kre- dit pada periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 357,22 trili- un. "Pertumbuhan kredit tersebut cukup mengesankan di saat pertumbuhan kredit di industri mencapai 9,5 persen per April 2017," kata Direktur Consumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo pada acara paparan kinerja BNI semester I tahun 2017 di Jakarta, Rabu (12/7). KR-Istimewa Para pejabat XL usai peluncuran kartu perdana Super Ngobrol Baru Dikatakan, tingginya penyaluran kredit tersebut membuat la- ba bersih BNI pada semester I tahun 2017 menjadi Rp 6,41 trili- un atau meningkat 46,7 persen dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 4,37 triliun. Penya- luran kredit ke usaha korporasi melaju cepat seiring dengan menggeliatnya proyek-proyek infrastruktur dan pertanian. "Kredit yang tersalurkan pada proyek infrastruktur terfokus pada proyek jalan tol di Pulau Jawa yang dilaksanakan oleh badan-badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak disek- tor infrastruktur & konstruksi. Adapun kredit yang tersalur ke sektor pertanian terfokus pada pengembangan perkebunan oleh perusahaan-perusahaan nasional yang memiliki jaringan bisnis internasional," tegasnya. Anggoro menuturkan, kredit BNI disalurkan kepada proyek- proyek yang memiliki nilai ekonomi terbaik, serta menjadi bagian dari program-program utama pemerintah, terutama proyek-pro- yek infrastruktur, sehingga mampu menciptakan multiplier effect yang luas. "Dengan menyalurkan kredit ke infrastruktur, BNI memperoleh peluang pengembangan bisnis penting dari supply chain financing mulai dari hulu ke hilir, sehingga memunculkan sumber-sumber pendanaan baru dan fee based income baru dari segmen korporat, antara lain dari syndication fee, trade finance, garansi bank, hingga cash management fee," ujarnya. (Lmg)-g #BahagiaituGRATIS akhir tahun 2017 ini, kami bisa mere- alisasikan target total jaringan sebe- sar 800 RPK atau bahkan lebih nanti- nya yang tersebar diseluruh kabupa- ten/kota se-DIY," kata Ulum, Kamis (13/7). KR-Yudho Priambodo SUVENIR PENGANTIN: Bulan Syawal ini, penjualan dan pesanan suvenir pengantin di Pasar Beringharjo Yogya meningkat drastis hingga 200 persen. Suvenir berupa kipas, gelas kaca, tatakan gelas, tasbih, hiasan meja, sendok, sumpit, taplak meja dan lain-lain tersebut dijual mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000. Penambahan jaringan RPK, menu- rut Ullum untuk membantu memper- pendek atau mendekatkan jarak an- tara produsen ke konsumen dengan harga terkendali ini tidak hanya terse- bar merata di seluruh kabupaten/kota, tetapi diharapkan bisa menyentuh de- Jateng Fair 2017 selain menjadi ajang pameran ke- berhasilan pembangunan Ja- "Keberadaan RPK di DIY sudah di- rintis sejak 2016 lalu yang kini telah berkembang mencapai 580 RPK. Out- let pangan yang kami gulirkan ini su- dah ada merata di seluruh kabupa- ten/kota se-DIY saat ini supaya me- mudahkan masyarakat berbelanja langsung kepada produsen dengan harga terjangkau karena komoditas pangan yang dijual telah dipatok har- ganya dengan Harga Eceran Tertinggi (HET)," tandas Ulum. Lebih lanjut, Ulum menambahkan masyarakat bisa membeli kebutuhan dengan harga yang terjangkau tidak seperti di pasaran. RPK tersebut baru menyediakan sejumlah komoditas pa- ngan yaitu beras premium, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu. BEI Jaring Tenaga Profesional YOGYA (KR) - Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) tengah menjaring tenaga-tenaga profesional serta kompeten dalam pasar modal melalui program Capital Market Professional Development Program (CMPDP) 2017. Upaya tersebut guna mendukung target menjadikan pasar modal Indonesia menjadi pasar modal terbaik minimal di kawasan ASEAN pada 2020 mendatang. Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta Irfan Noor Riza mengatakan, jumlah pelamar CMPDP mencapai 4.800 peserta pada 2017, setelah dilakukan proses seleksi baik administratif maupun tertulis yang serentak digelar di 26 kota besar di Indonesia, salah satunya di Yogyakarta. Peserta terbaik akan mengikuti 12 bulan program pengembangan dan enam bulan on the job training. Lulusan CMPDP akan ditempatkan bekerja di Self Regulatory Organization (SRO) yang dimotori BEI ataupun afiliasinya. "Jumlah peserta CMPDP di DIY 2017 mencapai 202 orang atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 135 orang. Ani- mo masyarakat DIY dan sekitarnya untuk memanfaatkan pelu- ang kerja di pasar modal cukup besar, terbukti Yogyakarta terca- tat sebagai kota dengan jumlah peserta terbanyak keempat sete- lah Jakarta, Surabaya dan Bandung," kata Irfan, Kamis (13/7). Ditambahkan, pasar modal merupakan leading indicator perekonomian suatu negara atau dengan kata lain berkem- bangnya pasar modal menjadi tolok ukur keberhasilan pereko- nomian negara tersebut. Salah satu faktor yang cukup men- dasari jumlah investor maupun jumlah perusahaan di pasar modal Indonesia belum maksimal karena terbatasnya keterse- diaan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang pasar modal. (Ira)-g Jateng Fair Targetkan Transaksi Rp 250 M SEMARANG (KR) - Ja- teng Fair 2017 akan digelar mulai 11 Agustus hingga 10 September. Direktur PRPP Jawa Tengah Titah Listyorini selaku penyelenggara optimis akan menarik 700 pengun- jung dan menggapai nilai transaksi Rp 250 miliar dari kegiatan ekonomi yang ada selama penyelenggaraan. wa Tengah yang menampil- Kotak Band, Armada, Sheila, kan produk usaha menengah Tipe-X dan Shaggy Dog. Artis- hingga usaha skala besar, ju- artis lokalnya antara lain ga memamerkan produk bu- Tony Q Rastafara, OM Mo- daya dan kesenian daerah. nata, OM New Pantura dan Selain itu ada pula hiburan- OM Sera feat Via Valen. hiburan modern spektakuler seperti Dancing Fountain atau air mancur yang dapat bergerak atau menari meng- ikuti alur lagu. Jateng Fair ju- ga akan menampilkan pang- gung hiburan musik artis-ar- tis ibukota seperti Souljah, "Kami optimistis, tahun ini akan mengulang keberhasilan penyelenggaraan tahun lalu dengan capaian 500.000 pe- ngunjung dengan nilai tran- saksi Rp 200 miliar. Pada pe- laksanaan nanti kami target- kan minimal meningkat 20 persen, baik angka kunjungan maupun angka transaksi. Se- bab akan ada perubahan for- mat yang tentunya akan me- narik pengunjung, baik segi pameran, penjualan maupun hiburan", ungkap Titah Lis- tyorini, Kamis (13/7). "Masyarakat dapat meman- faatkan penyelenggaraan Ja- teng Fair 2017 sebagai ajang penjualan produk, pameran produk, pembelian produk atau mencari sumber produk- si untuk mendukung usaha," kata Titah. (Cha)-g KR-Chandra AN Titah Listyorini menunjukkan arena hiburan bermain Bianglala yang menjadi ikon Jateng Fair. "KEDAULATAN RAKYAT" HALAMAN 11 Ke depan tidak menutup kemung- kinan untuk menambah komoditas pangan yang ada di RPK. "Terbuka ke- mungkinan komoditas yang dijual di RPK akan bertambah nantinya sesuai perkembangan apa yang diperintah- kan pemerintah kepada Bulog. Apabila Bulog punya barang, tentu bisa dijual di RPK," tambahnya. Kadar Sementara Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Gatot Saptadi berharap keberadaan RPK se- bagai salah satu skema jaringan dis- tribusi pemerintah semakin diperluas jaringannya di DIY. Sebab semakin banyaknya RPK tersebut maka akan mampu menyaingi jalur distribusi per- dagangan yang sudah ada dan sangat panjang tersebut. EKSPOR MEBEL DIY MASIH TUMBUH Tingkatkan Potensi Pasar Baru YOGYA (KR) - Tren pertumbuhan industri mebel dan kera- jinan di DIY memang mengalami kenaikan meskipun tidak ter- lalu signifikan. Peningkatan pertumbuhan baik secara nasional maupun di DIY ini didukung semakin banyaknya negara tujuan ekspor atau pasar baru seperti Rusia, Afrika, Timur Tengah dan negara-negara bekas Uni Soviet. "Sebenarnya pertumbuhan ekspor mebel dan kerajinan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu tetap mengalami ke- naikan, tetapi tidak disignifikan baik secara nasional maupun di DIY sendiri. Masih adanya pertumbuhan ekspor barang-barang permebelan dan kerajinan di DIY ini salah satunya didukung po- tensi pasar baru tujuan ekspor," papar Anggota Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) DIY Endro Wardoyo, Kamis (13/7). Menurut Endro, tidak bisa dipungkiri negara tujuan ekspor mebel dan kerajinan di DIY masih disumbang oleh negara tradi- sional seperti Amerika Serikat, Eropa seperti Jerman, Belanda dan sebagainya. Sedangkan pasar baru ekspor mebel dan kerajin- an di DIY juga sangat potensial untuk meningkatkan pertum- buhan ekspor nantinya. Untuk itu, pemerintah harus fokus juga mencari diversifikasi pasar yang arahnya bisa semakin menjual keunggulan produk-produk mebel dan kerajinan nasional. "Keunggulan produk mebel dan kerajinan kita dibanding ne- gara lainnya yaitu kuat di handmade atau kerajinan tangannya dan solid wood atau bahan baku kayunya. Keduanya merupakan keunggulan produk mebel dan kerajinan di tanah air karena kita (Ira)-g sendiri terkenal dengan hutan kayunya," tutur Endro. ΕΚΟΝΟΜΙΚΑ GRAND OPEN "Kita memang harus membuat ja- ringan distribusi baru dengan meman- faatkan skema distribusi yang sudah ada, salah satunya RPK ini. (Ira) -g 80% LMHK 9999 #1 KR-Istimewa Yoshihiro Nakata, President Director PT Toyota-Astra Motor Z(TAM) didampingi Henry Tanoto selaku Vice President Director TAM dan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM meresmikan Outlet Plaza Toyota Citeureup Kabupaten Bogor, Rabu (12/7). Hingga saat ini, 302 outlet resmi Toyota tersebar di selu- ruh Indonesia, siap memberikan layanan terbaik. Samsung, Merek Terbaik di Asia 2 i 3 JAKARTA: Samsung Electronics dinobatkan sebagai merek terbaik di Asia tahun 2017, 6 tahun berturut-turut ber- dasarkan hasil survei tahunan 'Asia Top 1000 Brands' yang diselenggarakan oleh Campaign Asia-Pacific bekerja sama dengan Nielsen. Peringkat ini, mencakup keseluruhan 17 ka- tegori produk utama termasuk otomotif, ritel, F&B dan elek- tronik didasarkan pada masukan konsumen, dan memiliki ukuran yang jelas terhadap merek yang paling dihormati saat ini. "Penghargaan ini merupakan indikator yang baik dari kon- sumen kami dan menunjukkan dukungan terhadap produk serta layanan yang kami tawarkan," kata Irene Ng, Vice President, Marketing, Samsung Electronics Southeast Asia & Oceania, Kamis (13/7). Studi ini merangkum sikap konsumen di 13 pasar: Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Untuk memastikan represen- tasi yang akurat, survei ini menargetkan berbagai usia, jenis kelamin dan pendapatan rumah tangga bulanan untuk mem- bangun lanskap survei yang seimbang. Dengan berfokus pa- da tiga pilar, yaitu inovasi, kualitas dan desain, Samsung terus berupaya menuju masa depan yang lebih baik dengan membangun hubungan baik ke hati dan pikiran konsumen. Mengakomodasi kebutuhan dan keinginan konsumen men- jadi sangat penting dalam membantu Samsung membuka jalan menjadi pelopor industri dan keterlibatan masyarakat pun merupakan bagian integral dalam usaha menjaga hu- bungan baik yang dimiliki Samsung dengan masyarakat yang dilibatkan. (Rsv)-g Harga Emas di Kota Yogya Harga Rp 450.000/gram Rp 527,000/gram harga internasional 1.239 dolar AS/troy ounce Sumber Toko Mas Kranggan Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (13/7). Harga sewaktu-waktu bisa berubah. KR-War/JOS առջ
