Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Harian Ekonomi Neraca
Tipe: Koran
Tanggal: 1993-12-31
Halaman: 06

Konten


6 Seperti sudah menjadi kebiasaan umum, akhir tahun adalah akhir segala kegiatan. Semua kalangan ingin menikmati akhir tahun dengan nyaman. Tak mengherankan bila jauh-jauh hari orang sudah merencanakan kemana mereka akan berlibur. Apakah hanya tinggal di rumah menikmati acara-acara TV bersama keluarga atau pergi ke suatu tempat. Bepergian dapat dilakukan sendiri-sendiri atau rombongan. Bila bersama-sama, jasa biro perjalanan umum sangat membantu. Bepergian atau berwisata di dalam negeri yang dikenal dengan inbound ternyata menjelang akhir tahun tak begitu diminati. Beda dengan outbond yang banyak diminati oleh eksekutif Indonesia. Tujuan pilihan mereka adalah Australia, Singapura dan kawasan Asia lainnya. Lalu bagaimana usaha meningkatkan minat wisatawan asing pada obyek wisata dalam negeri. Bagaimana meningkatkan mutu pelayanan dan jenis wisata apa yang belum digali. Kebutuhan tenaga tour lea- der pariwisata, masih kurang. Hal ini dimungkinkan dengan merebaknya berbagai usaha biro perjalanan. Menurut ca- tatan ASITA tak kurang ada sekitar seribu lebih biro per- jalanan yang telah beroperasi di negeri ini. Bahkan konon untuk Jakarta saja masih ada sekitar 200-an biro perjalan- an yang ada. Masih Banyak Tenaga Tour Leader yang Diperlukan Tour leader mendapat ke- muda dan pemudi. Hal ini percayaan penuh untuk me- sangat menunjang program pemerintah untuk memaju-wakili perusahaan selama ka juga di percaya untuk kan pariwisata telah dinya- para wisata bepergian. Mere- memimpin suatu perjalanan takan sebagai sektor andalan wisata sesuai dengan jadwal untuk meraih devisa. yang telah ditentukan. Kebutuhan tenaga tour lea- der ini terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini berkaitan dengan makin ba- nyaknya kunjungan para wi- satawan baik domestik mau- pun mancanegara. Seiring berkembangnya para wisatawan baik nusan- taramaupun wisatawan man- ca negara ikut mendorong tingginya Sumber Daya ma- nusia (SDM). Tidak menghe- rankan bila pengusaha yang bergerak di bidang biro perja- lanan membuka terobosan baru dengan mempekerjakan karyawannya sebagai tour lea- der. Selain itu berbagai biro FSektor pariwisata mem- beri sumbangan devisa yang cukup besar. Bahkan pada 1991 dari sektor ini disum- bangkan devisa sebesar US$ 2,518 miliar. Sedangkan jumlah wisatawan terus meningkat dari tahun ke tahun, untuk 1992 tercatat lebih dari 3 juta orang. Dan diperkirakan pada 1993 ini bisa menyerap 4 juta orang. Tahun 2000 diperkirakan bisa mencapai 7 sampai 9 juta orang. Target tersebut optimis terpenuhi karena kenyata- annya jumlah wisatawan setiap tahunnya meningkat. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak 000.08 instabi Marq yed ar gudes S 462.00 I legg ஓrச ni halog rab par ib Asa HARIAN EKONOMI NERACA wand n -98110 ieman Jeash 000.20 TIGH BIPU de gavo wisem -BUZIO perjalanan juga berlomba- lomba menarik minat konsu- mennya. Berbagai cara mere- ka tawarkan, dari wisata bu- daya, wisata alam, wisata se- jarah hingga wisata petua- langan. Tak mengherankan para tour leadernya pun perlu ber- bagai pendidikan khusus. Mereka tak hanya harus da- pat berbahasa asing semata, tapi juga harus memerlukan beberapa pengetahuan yang berkaitan dengan tanggung- jawabnya sebagai pemimpin perjalanan. Lebih dari itu dia juga ha- rus lincah dan percaya diri. Sebab, sebagai tour leader ti- dak hanya dituntut untuk bisa memberikan informasi tentang objek wisata yang dikunjungi, tapi juga mela- yani para wisatawan untuk mendampingi mereka yang akan berwisata. Di Indonesia profesi tour leader masih tergolong baru, namun pekerjaan seperti ini dari tahun ke tahun kian ba- nyak diminati kalangan pe- ish 00 logy damadi magasb syrade nab sar 35 Persen Biro Perjalanan Umum Beroperasi di Jakarta adalah Australia. Keberadaan BPU Untuk menarik wisata- wan berbagai promosi digen- carkan. Satu hal yang kecil tetapi perlu mendapat per- hatian adalah kepastian jadwal waktu dari gelar budaya ataupun suguhan lain yang menjadi andalan setiap DTW. balan (jar). yang terlibat dalam sektor pariwisata. Antara lain per- hotelan, daerah tujuan wisa- ta (DTW), rumah makan, pusat-pusat hiburan, pusat pusat perbelanjaan sampai ke biro perjalanan umum (BPU). Untuk mendukung keber- hasilan sektor pariwisata Asosiasi Perusahaan Perja- lanan Indonesia (ASITA) yang bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) melakukan upaya supaya lebih mening- katkan jumlah wisatawan. Menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan meningkatnya jumlah BPU yang ada hendaknya diiringi Terbit pagi, Enam Kali seminggu, 12 halaman Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Zulharmans Pimpinan Perusahaan Azwirman Noersal, MBA Staf Ahli Dr. Anwar Nasution, Drs. Abdul Latief, Tanri Abeng MBA, Sanjoto Redaksi/Tata Usaha/Iklan JI. Jambrut No. 2-4 Jakarta 10430 Telepon 323-969, 337-441, 3142676 Facsimile (021) 310-1873 Telex 46000 NERACA IA Jakarta P.O. Box. 1386 Jakarta 10013 Bank BDN Cabang Gambir Jl. Ir. H. Juanda Rekening Nomor 01316.2.211.01.5 Bank BNI Cabang Kramat JL. Kramat Raya Rekening Nomor 002890001 BRI Cabang Khusus JL. Sudirman Rekening Nomor 314568235 Bank Umum Koperasi Indonesia JL.M.T. Haryono Rekening Nomor 041508 Giro Pos A 13350 Harga Langganan per Bulan DKI Jakarta Rp 11.000 Luar Jakarta Rp 11.000 ditambah ongkos kirim Tarif Iklan Display Rp 4.500 per mm kolom Keluarga Rp 3.000 per mm kolom Iklan Baris (minimal 3 baris) Tiga baris pertama Rp 15.000 kk Baris berikutnya Rp 3.000 per baris Dicetak oleh PT Agrapress Isi di luar tanggungjawab percetakan **** MUHON AXMAND Anda dapat berlangganan HARIAN EKONOMI NERACA di tempat-tempat berikut ini. JAKARTA JAKARTA PUSAT: TARUNA AGENCY Jl. Panca Marga No. 10 Telp:581622, DARJO AGENCY Jl. Panca Marga No. 18 Telp. 548995, SINAR AGENCY Jl. Baturaja No. 17 Telp. 330139, ANAGHO AGENCY JI. Perumnas T. Abang. Blok 23 Lt. 1/4 Telp. 310512, SARTONO AGENCY JI. Taruna IX/34 Kemayoran Telp. 4209340, ANACO AGENCY JL. Krida VI Rt 06/01 No. 17 Kemayoran Telp. 4203128, MENTENG AGENCY Jl. Kebun Sirih Timur Dalam No. 12A Telp. 325929, SANGGAM AGENCY JI. Sam Ratulangi No. 25 Menteng Telp. 327 576, MEDIA AGENCY JI. Kali Pasir No.17C Telp. 376491, 326506, DAMAI AGENCY Jl. Gunung Sahari X/46 Telp. 6394680. JAKARTA TIMUR:RIA AGENCY J, Penegak 1/12 Mantraman Telp. 8580806, WITANAKO AGENCY JI. Sunan Muria No. 7 Rawamangun Telp. 4890647, ETIKA JAYAAGENCY Jl. Kayu Putih LNo.30 Telp. 4898368,DJASMINAGENCY JL. SMEA No.38 Cililitan Telp. 8090306, LILY AGENCY JL. Pondok Bambu Permai Blko AO No. 12 Telp. 8616872, THIO KIM HOK AGENCY JI. Pintu Pasar Timur No. 9 Jatinegara Telp. 8506275, CIKUNIR AGENCY J. H. Keneng No. 3 RT. 01/13 (Palm Raya) Kel. Jaka Setia Kali Malang, ALDITYA AGENCY J. Binayasa A 1/2 Komplek Blealindung Jatiwaringin. Pemimpin Perjalanan Tak mengherankan jika setiap biro perjalanan wisata yang menjual paket wisata di dalam negeri selalu mempe- kerjakan beberapa tour lea- der untuk mendampingi ta- munya. Karena disamping mendampingi mereka juga sebagai pimpinan perjalanan wisata. Seperti yang dilakukan oleh PT Tambora Pariwisata Indah Tour & Travel atau le- bih dikenal Tambora Tour. Menurut Operation Manager J.S.Didit Tumakaka, perusa- haan ini masih mempe- kerjakan tour leader sebanyak 2 orang dan ini telah ber- langsung sejak tahun 1989. Tampaknya jumlah tour leader yang dimiliki oleh PT Tambora masih dirasa ku- rang. Kalau memang ingin bergelut dalam bidang biro perjalanan yang melayani berbagai tujuan wisata, pe- mandu yang diperlukan ma- kin banyak, dan harus ber- kualitas. Tugasnya tak hanya men- jelaskan setiap objek wisata yang dikunjungi. Tapi ia juga bertanggung jawab terhadap keselamatan, kenyamanan wisatawan selama perjalan- an. Selain itu seorang tour leader harus mampu berope- rasi ke seluruh Indonesia ka- rena ia merupakan kompo- nen utama dari penyelengga- raan wisata. dengan perbaikan kualitas pelayanan. BPU melayani penjualan tiket penerbang- an baik yang domestik mau- pun internasional dengan menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerin- tah maupun swasta. Meningkatnya jumlah BPU menyebabkan sering terjadi 'perang discount' dan biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan pener- bangan. Potongan harga yang di- tawarkan oleh beberapa perusahaan penerbangan merupakan strategi untuk mendekati pasar. Namun cara ini seringkali menim- bulkan dampak negatif bagi Menjelang akhir tahun, berbagai kegiatan sehari- hari seakan terhenti. Semua ingin menikmati akhir tahun ini dengan liburan. Berbagai kalangan telah merancang acara apa yang akan dinik- matinya untuk mengisi ak- hir tahun. Mengatur Waktu Tugas tour leader bukan hanya mendampingi serta bertanggungjawab kepada wisatawan. Tapi mereka juga dituntut untuk ikut memas- Pusat-pusat hiburan dan hotel-hotel penuh dengan berbagai pengunjung. Mere- ka ingin menikmati akhir tahun dengan sukacita. Lalu bagaimana dengan biro-biro perjalanan umum yang ada di Indonesia.. Untuk menjaring para konsumennya beberapa biro perjalanan umum telah menyebar brosur di beberapa tempat strategis. Mereka menawarkan berbagai paket tour. Tetapi dari semua paket-paket tour yang dita- warkan, tujuan untuk man- ca negara yang paling ba- nyak diminati. "Pada akhir tahun justru tour-tour inbond sangat sepi, lain dengan outbond. Paket tour ke luar negeri lebih banyak diminati, terutama oleh kalangan expatriat," kata Max Fadil, Tour Exe- cutive PT Djengger Tour. "Biasanya tujuan yang paling banyak diminati ada- lah seputar kawasan Asia. Terutama Australia, Singa- pura dan Bangkok. Hal ini dikuatkan dengan pendapat salah seorang pengurus biro perjalanan di bilangan Se- nen. "Kabanyakan peserta tour adalah orang-orang Indonesia dan tujuan utama- nya Australia." BPU. Untuk mengatasi ter- jadinya persaingan yang tidak sehat maka Departe- men Perhubungan menge- luarkan ketentuan yang melarang potongan lebih dari 15%. PT Tambora Pariwisata Indah Tours and Travel adalah contoh BPU yang 70% kliennya adalah company dan sisanya perorangan. Perusahaan ini tidak bisa memberikan gambaran lon- jakan wisatawan yang terja- di menjelang tutup tahun. Kalaupun ada jumlahnya tak seberapa, tahun ini tak seba- nyak tahun lalu hanya 10%. Lonjakan cukup tinggi ke DTW Yogyakarta dan Sura- Suku Dayak di Kalimantan Sebagai salah satu obyek wisata budaya tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat pendukungnya. (Ant) Max menjelaskan bahwa Australia cukup pandai memanfaatkan peluang se- lera wisata orang Indonesia. "Transportasi sampai Sid- ney, cukup murah. Paling paling hanya impas saja. Tapi saat sampai di sana, semua harga barang yang ditawarkan melonjak tinggi. Apalagi orang kita sangat terkenal dengan wisata be- lanja. Berwisata sambil be- lanja." tikan persiapan keberangkat puasan peserta wisatawan derlah yang menjadikannya sebagai pemandu-pemandu an dan kepulangannya. Per- semaksimal mungkin, wisata yang tangguh. Bila ini siapan yang meliputi kenda- raan, akomodasi peserta wi- dapat dikuasai, kesan yang sata bahkan masalah jam be- baik dari para wisatawan rapa mereka bangun dan chek akan bermunculan. in, tour leader yang harus mengatur mereka. Suasana yang bersahabat sangat menolong tour leader untuk mengarahkan tujuan para wisatawan. Kadang ka- lau perlu disertai dengan se- dikit humor atau joke untuk mencairkan suasana yan beku. Dalam perjalanan, tour leader harus pandai mengatur waktu. Mereka juga dapat memberikan informasi dae- rah mana yang akan dikun- jungi serta akses ke tempat Kemampun-kemampuan seperti ini tidak hanya diper- oleh dari pendidikan semata. Bahkan pengalaman dan ba- wisata. Untuk mencapai ke- kat masing-masing tour lea- Sedangkan tour inbound ramai hanya pada sekitar bulan-bulan Juni, Juli, Agus- tus, September dan Oktober. Pertimbangannya pada bu- lan-bulan ini banyak wisa- tawan yang mulai libur. Se- lain itu menjelang Agustus, berbagai pertunjukan rakyat ramai digelar. Jadi bagi wi- satawan sangat mudah menemukan berbagai jenis hiburan yang diinginnya. Demikian juga pada saat- Olah raga jenis ini dikem- bangkan oleh PT Djengger Tour di Bali dengan rute Sangeh Ubud. Yang ter- baya sebesar 25% yang menggunakan kereta api. PT Tambora tidak menye- diakan paket-paket wisata khusus untuk menyambut tutup tahun 1993. Satu-sa- tunya paket wisata hanya lah ke Singapura. Sedang- kan untuk daerah tujuan wisata domestik Bali masih menjadi pilihan banyak o- rang. Menikmati Wisata Akhir Tahun di Krakatau s saat Lebaran. Lebih lanjut Max menje- laskan bahwa model tour yang dikembangkannya le- bih menekankan pada bi- dang petualangan. Untuk tour jenis ini Max menawar- kan pada bidang-bidang seperti climbing atau panjat tebing, trekking atau lintas pedalaman dan rafting seje- nis olah raga air yang dike- nal sebagai olah raga arung jeram. akhir ini tampaknya yang sangat digemari dan sudah berjalan. Sedangkan Anta Express Tour and Travel Service Ltd dalam menyambut tutup tahun 1993 kali ini melayani paket wisata baik DTW domestik maupun manca negara. Untuk kantor cabang Senen arus wisatawan ke luar negeri yang terbanyak Jumat 31 Desember 1993 itu menyangkut arah angin atau gelombang laut. Wisata jenis ini yang memang sarat dengan pe- tualangan, merupakan daya tarik bagi wisatawan Jer- man, Inggris dan Amerika Serikat. Bahkan para kese- kutif asing maupun domes- tik menyukai jenis wisata ini. Bagi mereka yang terta- rik dengan wisata ke sepu- tar Krakatau, biaya yang dikenakan oleh PT Djenger Tour sekitar US$ 275 hingga US$ 310 per orang. Tarif yang pertama dikenakan bagi wisatawan yang ingin Kegiatan Gunung Krakatau : Krakatau dilihat dari pulau Sertung, Selat Sunda, (Ist) Wisata Air Olahraga marine meng- ambil lokasi di seputar Ke- pulauan Rakata dan Bali. Tour yang mengitari Kepu- lauan Rakata bisa melihat aktifitas Gunung Krakatau dari jarak dekat atau bila cuaca memungkinkan peser- ta tour ini dapat mendarat di salah satu pinggiran pantai. Untuk mencapai daerah ini memang diperlukan para pemandu yang handal. Me- reka harus mengerti situasi dan mampu membaca per- kembangan terakhir, apakah Jangan heran bila suatu saat, mereka akan mencari Biro-Biro Perjalanan yang menyediakan tour leader yang tangguh. Hanya mereka yang dapat memuaskan keinginan konsumennya yang dapat bertahan. (Purwasiyanti) menikmati perjalanan darat dengan mikrobis. Sedang tarif terakhir adalah tarif dengan pesawat. Berangkat setiap hari pada jam 4 pagi, tujuannya Bandar Lampung, Krakatau yang terkenal dengan letusannya pada 1883 yang lalu, memang menarik untuk diamati. Setidaknya dapat diketahui sampai seberapa jauh aki- bat letusan pada masa lalu, Bekas-bekas yang ditimbul- kan dan panorama yang ada saat ini. Setibanya para wisata- wan di Bandar Lampung, setelah melepas lelah pihak pengelola segera mengurus permit bagi para wisatawan Faktor ini sangat erat dengan ketepatan waktu terutama bagi BPU yang memberikan layanan jasa cukup penting sebagai sara- na perhubungan. Sebaiknya jauh-jauh hari kepastian jadwal waktu telah tersusun agar dapat ditawarkan lebih yang akan mengunjungi Krakatau. Tarif permit yang diberikan relatif murah, hanya sekitar Rp 2.500 per orang. Tarif ini termasuk untuk asuransi. HARIAN EKONOMI NERACA H (Satria Wicaksono). Membidik Pangsa Perjalanan Wisata Melalui Kegiatan Agama Menjelang hari-hari liburan merupakan saat panen bagi sejumlah biro perjalanan. Apalagi hari Natal dan Tahun Baru yang biasa banyak diambil sebagai cuti tahunan bagi sejumlah karyawan dan pegawai. Iklan-iklan di surat kabar gencar menawarkan aneka paket wisata ke manca negara maupun daerah wisata di dalam negeri. Ramainya persaingan bisnis biro perjalanan bahkan sampai pada tahap perang harga. Berbagai biro perjalanan wisata menawarkan discount yang menarik. Discount ini diperoleh dari beberapa perusahaan transportasi. Jadi tak mengherankan kalau pihak Departemen Perhubungan menetapkan discount tidak boleh lebih dari 15 % dari harga tiket. awal dan tidak mudah di- ubah. Kalau tidak akan mengecewakan dan menga- caukan banyak pihak. Pertumbuhan BPU penge- lola paket wisata sepuluh tahun terakhir rata-rata 20%, sampai dengan tahun 1992 tercatat sebanyak 1.341 buah. Dari jumlah tersebut sekitar 35% terdapat di DKI Jakarta, 15% di Bali dan sisanya tersebar di kota DTW lainnya. BPU yang berada di Ja- karta baru 20% boleh dibi- lang benar-benar melakukan kegiatan ini, dan yang telah menjadi anggota ASITA sekitar 253 buah. Memang tujuan wisata yang ditawarkan kebanyakan adalah di kawasan Asia. Hal ini disebabkan, mungkin karena di Eropa dan Amerika terutama, sedang dilanda musim salju. Udara dingin dan bersalju merupakan hambatan sendiri bagi mereka yang ingin melepas lelah dengan wisata. Tak heran bila kawasan itu pada saat ini jarang dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan Indonesia. Gelar eksistensi biro perjalanan akhirnya sampai pada tahap pemasaran gaya baru. Mereka membuka semacam bazaar atau pameran di hotel berbintang maupun di pusat perbelanjaan dengan mengundang masyarakat, maksudnya agar mereka tertarik untuk mengikuti paket perjalanan. Ada semacam promosi yang menawarkan paket perjalanan wisata keagamaan, anehnya tempat yang dikunjungi adalah lokasi wisata yang tidak ada hubungannya dengan kepercayaan agama tertentu. Seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk menjalankan ajaran agama. Terbersitide baru di benak para pengusaha biro perjalanan. Aneka paket wisata ibadah dan ziarah akhirnya menjadi peluang bisnis yang cukup menarik, tak terkecuali pengusaha terkenal seperti Sukamdani Sahid Gturut serta meramaikannya. Munculnya biro-biro perjalanan yang khusus mengurusi perjalanan ibadah atau ziarah baik di dalam negeri maupun luar negeri merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat terutama yang memiliki uang berlebih. Berbagai paket ditawarkan apakah itu ibadah umroh, ibadah haji dengan fasilitas tambahan melalui ONH plus, ziarah keberbagai tempat keagamaan baik itu tempat-tempat suci umat Islam, Kristen, Hindu, Budha. Kecenderungan mengunjungi tempat ibadah atau ziarah oleh berbagai pemeluk agama memang meningkat akhir-akhir ini. Hal ini seiring dengan membaiknya ekonomi dan kesadaran masyarakat pendukungnya. Sementara itu adanya keinginan umat untuk mengetahui sejarah asal usul agama yang dianut merupakan, peluang yang tak dapat dilewatkan. Dengan kunjungan itu mereka berharap, cakrawala pandangan para pemeluk agama akan lebih terbuka. Para pemeluk diharapkan dapat mengerti asal muasalnya, sehingga pada akhirnya akan memperkuat keyakinan agama para pemeluknya. Oleh karena itu untuk melayani berbagai wisata keagamaan seperti ini perlu suatu usaha untuk menjaga suasana hati para pemeluknya. Agar rasa khidmat yang ingin dinikmati dapat mereka peroleh. Berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan dalam paket-paket tersebut, misalnya untuk penyelenggaraan ONH Plus diharapkan tak mengurangi kekhidmatan pesertanya. Pada paket ini biasanya para peserta ONH Plus mendapat waktu yang lebih singkat daripada ONH biasa. Disamping itu paket ONH Plus juga menyediakan akomodasi dalam hal transportasi dan penginapan di hotel berbintang. (Retnoastuti) S U R A T Redaksi hanya akan memuat surat yang dilengkapi identitas PWI Jaya Unit Pasar Modal Cabut Boikot BEJ Pajak Kaum Buruh Tetap Berat Pengurus PWI Jaya Unit Pasar Modal Hal tersebut diusahakan semaksimal mungkin demi kenyamanan dan kemudahan para peserta yang hendak melaksanakan ibadah. (Nia) P E M B A C A Menteri Keuangan telah menaikkan PTKP (pengha- silan tidak kena pajak) yang berlaku mulai 1 Januari 1994, yaitu semula bagi wajib pajak Rp 1.440.000,- per tahun menjadi Rp 1.728.000,- dan untuk setiap isteri dan anak dari semula Rp 720.000,- menjadi Rp 864.000,- (maksimum tiga anak) per tahun. Hal ini bagus berarti akan ada ke- ringanan beban pajak peng- hasilan bagi kaum buruh dan wajib pajak perorangan ke- cil lainnya. Setelah itu rombongan Redaksi Yth. akan diantar oleh petugas Menyusul siaran pers Pengawasan Hutan dan kami tanggal 16 Desember Perlindungan Alam (PHPA) 1993 tentang "Blackout/boi- menuju lokasi. PT Djengger kot sementara terhadap Tour menyediakan fasilitas kegiatan yang diselenggara- motor boat untuk menuju kan PT Bursa Efek Jakar- kawasan Gunung Krakatau. ta," dengan ini kami sampai- Saat disinggung menge- kan hal-hal sebagai berikut: nai fasilitas motor boat yang 1. Setelah berjalannya dimiliki Djengger Tour Max aksi boikot/black-out sekitar mengatakan, "Kapal kami satu minggu telah ada ke- memang khusus disediakan inginan kedua belah pihak bagi para wisatawan yang (PWI Jaya Unit Pasar Modal kami kelola saja. Jadi kapal dan Direksi PT Bursa Efek itu tidak kami sewakan. Jakarta) untuk menyele- Kalau memang berminat, sewanya cukup besar bisa sekitar Rp 2,5 juta untuk jarak sampai lokasi Krakatau. Untuk jarak itu gasoline yang dibutuhkan Hal-hal yang dirasakan berat dan tidak adil bagi kaum buruh, antara lain : a. Sudah terkena tarif pajak penghasilan minimum 15 persen, tidak bisa lebih rendah dari 15 persen. Pro- gresivitas tarip pajak kurang tajam, terlalu kasar. b. Tunjangan jabatan dari penghasilan maksimum hanya boleh dikurangkan 5 persen dan sebesar Rp 45.000,- per bulan. ada yang saikan hal tersebut secara kekeluargaan dan pada Kamis malam 23 Desember 1993 telah berlangsung per- temuan awal antara Peng- urus PWI Jaya Unit Pasar Modal dengan Direksi PT Bursa Efek Jakarta. sekitar 700 liter." c. Jika menerima peng- gantian/tunjangan dalam bentuk uang untuk biaya pengobatan, transportasi, perumahaman, makan, pa- kaian kerja, pendidikan dan lian-lain maka penerimaan itu dihitung sepenuhnya sebagai penghasilan yang kena pajak. Jika kenikmat- an itu diberikan oleh majik- an dalam bentuk natura (fisik), maka tidak boleh dikurangkan sebagai biaya perusahaan untuk menjamin kesejahteraan buruhnya. d. Jika menerima hono- rarium atau tunjangan apa pundi luar gaji, termasuk bagi pegawai negeri, tidak pandang berapa pun besar- Sambil menikmati pe- mandangan laut, rombong- 2. Sebagai tindak lanjut an wisatawan diajak mengi- dari pertemuan tersebut di tari Gunung Krakatau. Ka- atas, pada hari Kamis, 30 lau cuaca memungkinkan Desember 1993 dilangsung- wisatawan dapat mendarat kan pertemuan kekeluarga di sebuah gugusan pulau an antara Direksi PT BEJ, yang bernama Pulau Ser- Pengurus PWI Jaya dan Jika kepada para wajib tung. Dari sini wisatawan Pengurus PWI Jaya Unit pajak selain kaum buruh dapat menikmati keindahan Pasar Modal guna penyele- sudah banyak diberikan fa- alam Krakatau. Baik kepu- saian tuntas kasus pemboi- silitas oleh pemerintah, se- perti berlakunya UU No. 7 lan asapnya maupun dau kotan tersebut. Dalam per- tahun 1991 yang telah belereng yang ditimbulkan temuan tersebut telah dica- membebaskan dari pe- oleh Krakatau. pai saling pengertian yang mungutan pajak pengha- Untuk mencapai Pulau mendalam dan disepakati silan terhadap pembayaran Sertung, boat harus mele- untuk meningkatkan kerja- deviden kepada pemegang nya, maka oleh Benda- wati beberapa gugus pulau sama kemitraan lebih yang saham berbentuk PT. Agio harawan harus dipotong seperti Pulau Legundi, Pu- baik di masa-masa menda- dari penjualan saham badan pajak penghasilan sebesar lau Sebuku dan Pulau Sebe- tang. usaha yang go public tidak 15%. Penghasilan harus di- si. Demikian juga saat kem- 3. Dengan dicapainya dianggap sebagai pengha- gabung semua. bali, bahkan di Pulau Legun- saling pengertian dan kese- silan, dibebaskan dari peme- Menteri Keuangan dalam di wisatawan dapat menik- pakatan untuk mening- riksaan oleh Ditjen Pajak keterangannya kepada mati pemandangan pantai katkan kerjasama tersebut, terhada 400 pembayar pajak Komisi APBN DPR, telah dan bawah air di Pulau maka kasus yang mela- penghasilan terbesar, ada menyatakan bahwa akan Umang-Umang. tarbelakangi pemboikotan nya pajak-pajak tertentu dilakukan peninjauan kem- Minimal wisatawan yang tersebut kami anggap sele- yang bebannya ditanggung bali/penyempurnaan semua bisa diberangkatkan untuk sai. Oleh karena itu terhi- oleh negara, dan lain-lain. undang-undang peninjauan tujuan Krakatau adalah 4 tung mulai hari Kamis, 30 Maka terhadap kaum buruh kembali/penyempurnaan orang. Jumlah ini bisa lebih Desember 1993 tindakan pada para pekerja, selama semua undang-undang pajak ini tidak pernah diberikan yang berlaku di masa yang kecil lagi, hanya peserta tour black-out/boikot terhadap PT ditambah biaya transportasi Bursa Efek Jakarta kami fasilitas apa-apa. akan datang. Jangan lupa Perlu diketahui, bahwa harus diperbaiki nasib kaum yang meningkat. Biaya yang nyatakan dicabut. para kaum buruh dan peker- buruh di bidang perpajak- semestinya ditanggung oleh Demikian siaran pers ja yang pajak penghasil- annya, agar lebih sesuai 4 orang jadi ditanggung oleh kami dan kepada media annya dipotong oleh majik- dengan asa perburuhan peserta yang lebih kecil. massa yang memuat siaran an berdasarkan ketentuan Pancasila. Janganlah kaum "Selain itu kami juga pers tentang black-out/boi- Pasal 21 UU No. 7 tahun buruh dan pekerja ini dipe- menyediakan tarif khusus kot terdahulu kami harap- 1983 itu, tidak dapat sama ras terus-menerus, mentang- bagi para pelajar dan maha- kan untuk memuat siaran terpaksa secara jujur 100 mentang mereka ini orang siswa. Biaya yang dikenakan pers ini sebagaimana mesti- persen dipungut atas peng- kecil yang tak berdaya. Ka- untuk mereka hanya US$ nya. hasilan yang diterimanya. sihanilah buruh dan kaum 180 atau sekitar Rp 360 ribu. Atas perhatiannya kami Lain daripada para wajib pekerja yang tak cover- nya Tarifini minimal diikuti oleh ucapkan terima kasih. pajak lainnya, mereka ini masih bisa menyelundupkan 18 peserta," ujar Max pajak dengan secara tidak jujur mengisi SPT-nya. Dari sebanyak lebih ku- rang 4.000.000 wajib pajak 100 persen. diri atau foto copy KTP terdaftar, maka lebih kurang 2.500.000 adalah kaum bu- ruh dan pekerja ini. Peranan penerimaan pajak pengha- silan dari kaum buruh dan pekerja adalah lebih kurang 70 persen dari seluruh pene- rimaan pajak penghasilan. Jadi yang menyumbang ter- besar adalah kaum buruh dan pekerja. Bagi itu tidak berarti apa-apa. para orang kaya hal Akan tetapi sistem pemu- ngutan pajak penghasilan, sejak UU No. 7 tahun 1983 diberlakukan, bagi kaum buruh dan para pekerja yang dipotong dari pembayaran gaji/upah mereka itu oleh para majikannya, tetapi di- rasakan berat dan tidak adil, jika dibandingkan dengan pajak penghasilan atas wa- jib pajak dan badan usaha dan perorangan yang man- diri. Suharsono Hadikusumo Jl. Pejuangan No. 2 Kebon Jeruk Jakarta Barat H Ja (T sa sa SE b