Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Kedaulatan Rakyat
Tipe: Koran
Tanggal: 2021-04-23
Halaman: 12

Konten


JUMAT WAGE, 23 APRIL 2021 (11 PASA 1954) Puisi Negeri Merdeka PADA 28 April 2021 nanti ada yang menarik bagi kalangan sas- trawan Indonesia, karena ada Hari Sastra, sebab tanggal itu bertepatan wafatnya Chairil Anwar, pada 1949. Tetapi ada yang pro-kontra soal penetapan ini. Hari Sastra biasanya ditandai ada acara baca puisi atau seminar ten- tang sastra, yang bicara soal karya sastra prosa dan puisi, yang sedang aktual. Tapi biasanya tidak bisa le- pas dari nama Chairil Anwar, penyair yang paiwai menulis puisi. Bicara menulis, apalagi menulis puisi itu sangatlah gampang? Ke- napa? Karena setiap langkah kita, bisa jadi bahan menulis puisi. Per- jalanan dari rumah ke kantor, sudah ada banyak hal bisa kita tulis untuk puisi. Soal jalan berlubang, macet, indah mentari, becak, mobil berlari- an, pengemis di perempatan, pepo- honan hijau, sawah nan menguning, dan ladang tebu. Belum lagi, soal yang ada di luar kita, ada gempa yang melanda, banjir, kebakaran, penggusuran, teroris yang mengan- cam, cuaca dan musim ekstrem, hu- kum tak berkeadilan, korona, dan mungkin masih banyak sederet lagi persoalan yang bisa ditulis untuk puisi. Seperti dikatakan Arswendo Atmowiloto, mengarang itu gam- pang, maka menulis puisi itu, lebih gampang lagi. Karena hampir semua orang pasti bisa menulis puisi, ter- lebih ketika sedang jatuh cinta. Pastilah mudah menumpahkan rasa cintanya tersebut dalam baris-baris, bahkan bait-bait puisi. Percayalah, itu pasti! Kata puisi, menurut teori, adalah ragam sastra yang bahasanya teri- kat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan baris. Tapi ki- ta, tak perlu berteori, karena berteori malah menjebak kita, karena takut salah tulis, yang pada akhirnya ti- dak mau menulis puisi. Untuk itu, menulis sajalah puisi. Apa pun bentuknya. Gampang kok...! Dalam puisi, sebenarnya yang ter- ANE mono dieman- eman, nanging kepiye maneh wong wis kebacut ambruk. Wit Nangka ting- galane mbah buyut kuwi dite- gor. Embuh embah sing endi wong wis tuwa banget. Awake dheweke pernah buyut apa canggah ya embuh. Awohe mbiyen, nangkane sok dadi dipesen tangga teparo kanggo dikelan. Ana sing dibrongsong mateng neng uwit, enak banget. Nangka wajar, kuning semu abang, damine wae kena dialap, wong gedhe kandel ora ngloloti. Pokoke sing tau rasan nangka kuwi mesthi ngalem enak. Manut critane, wit nangka iku ora mung saderma ditan- dur. Nanging dadi tenger me- nawa leluhure dhewe bisa diel- ing-eling anak putu nganti em- buh kapan mengkone. Saliyane iku uga dadi wates lemah pe- karangan, wong genah ditandur mojok pekarangan sisih kidul kulon kuwi. Bareng peka- rangan kuwi dituku Pak Teguh kok let setaun wit nangkane terus ditegor. Mbah buyut jare weling watese pekarangan ana ing wit nangka mengalor terus tekan pojokan ana tenger wit glugu, menggok ngetan pol tekan dalan. Ngidule urut dalan tekan bates pekarangane Lik Suman. "Lha upama digaris saka wit nangka lempeng mengetan tekan tenger nggon dalan, dadi nyenggol empere Pak Darno." "Mesthine, nek manut critane mbahmu buyut kaya kuwi. Iki perkarane bener orane pathok mesthi ana cathetane ing desa tekane kantor pertanahan kana. Kaya Pak Teguh dhewe ora apa durung merkarakake ilange wit nangka kuwi." "Lho, sing negor dudu Pak Teguh, kuwanen temen Lik Darno, apa dikira wit nangka kuwi duweke?" aloke Sipur, ad- hiku sing saiki manggon ana BUDAYA Aming Aminoedhin penting adalah bagaimanakah sese- orang menulis puisi yang di dalam- nya akan memuat sesuatu kata ber- makna ganda (multi-interpretable) sehingga pembacanya jadi merasa terkejut dengan bahasa yang digu- nakan penulis puisi. Artinya, bahasa yang digunakan tidak hanya satu makna (denotatif), tapi lebih bermakna ganda (konotatif). Coba simak potongan sajak 'Ibu' karya D. Zawawi Imron, yang me- ngatakan bahwa Ibunya itu sangat cantik, dengan kalimat: ibulah itu, bidadari berselendang yang bianglala. Sementara Sutardji, atas ketidaksalehannya karena suka mi- num bir dan tak mau dipinggirkan, pada puisi berjudul 'Idul Fitri'-nya meminta kepada Tuhan dengan kali- mat: Tuhan jangan Kau depakkan lagi aku ke trotoir //tempat dulu aku menenggak arak di warung dunia. Membaca puisi-puisi Zawawi dan Sutardji, kita akan mendapatkan banyak kata-kata yang mempunyai makna multi-interpretable tersebut. Lantas jika kita mau menyimak Kompas Minggu (9/10/2010), bahwa presiden penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri berujar, "Bahkan ketika kita bangsa Indonesia belum merdeka pun telah berpuisi." Benarkah? Itu dikatakan Sutardji Calzoum Bachri, pada acara Ubud Writers and Readers Festival di Galeri Neka, Ubud, Bali (9/10/2010). Tardji me- ngatakan puisi itu begitu hebat sam- pai negara ini pun terbentuk lewat puisi. Lebih lanjut Tardji mengata- kan, 'Sumpah Pemuda' adalah puisi, karena itu adalah imajinasi. Pada saat itu tidak ada Tanah Air Indo- nesia, tidak ada bangsa Indonesia, ti- dak ada bahasa Indonesia. Ini se- muanya menunjukkan hebatnya kekuatan puisi." Sementara itu, Sitor Situmorang, penyair senior Indonesia, pada ke- sempatan yang sama, bahkan me- ngatakan,"Karena, sebelum Yogya. "Aja kemajon langsung ndu- muk jeneng Lik Darno sing ne- gor. Tur maneh awake dhewe saiki rak wis ora duwe hak ngrembug, kabeh kuwi wis we- nange Pak Teguh." Swasana guneman wengi iki dadi tidhem. Iki mau kok terus ngrembug wit nangka mula bukane kepriye. O, iya wong nepung-nepungke sedulur nge- pasi sadranan wulan Ruwah, banjur kelingan critane mbah buyut, ninggali pekarangan, nanging wis dituku Pak Teguh. Minangka wong neka, Pak Teguh ora ngerti larah-larahe pekarangan kang dituku. Kabeh diudi sarana bebrayan ayem tentrem. Pathok wates pekarangan sing bener ya du- rung dikaruhke ing kelurahan. Nanging malah dadi padha Indonesia merdeka pun puisi sudah ada, karena puisi itu merefleksikan kehidupan sosial masyarakat saat itu. Puisi adalah warisan budaya." Lewat warisan budaya berbentuk puisi ini pulalah, Indonesia merdeka. Nah... berangkat dari itu, maka tidaklah salah bila semua orang berpuisi. Bahkan Indonesia pun lahir dan terbentuk lewat puisi, seperti kata Sutardji. Ditarik ke wilayah Jawa Timur, maka kita akan juga ingat seorang pemain ludruk legendaris Cak Durasim pun, telah berpuisi. Simak puisinya yang terkenal itu, "Begupon omahe dara, melu Nippon tambah sengsara." Arti harafiahnya, pagu- pon rumah burung merpati, ikut Nippon (Jepang) kian tambah seng- sara. Seingat saya, parikan atau puisi Cak Durasim ini pun dilansir ketika zaman Jepang. Jadi sebelum ke- merdekaan Republik Indonesia diproklamasikan Soekarno-Hatta. Berawal dari parikan ini pulalah yang kemudian memacu semangat arek-arek Suroboyo untuk terus berjuang memerdekaan negeri ini. Di samping pula, Bung Tomo dengan puisi kalam Illahi-nya yang terkenal itu pula, "Allahu Akbar....! Allahu Akbar.... Allahu Akbar....! Allahu Akbar...!" yang menggema lewat RRI Surabaya. semua, Mereka arek-arek Suroboyo, berpuisi dan berperang hingga berdarah-darah, memperta- hankan negeri yang dicintainya Republik Indonesia. Kalau Taufiq Ismail berkata,"de- ngan puisi aku bernyanyi, dengan puisi aku bercinta, sampai senja umurku nanti." Maka kata Cak Durasim, dan Bung Tomo, dengan puisi aku berjuang sampai merdeka negeriku ini! Merdeka! O Mojokerto, 19/3/2021 *) Aming Aminoedhin, Ketua Forum Sastra Bersama Surabaya MEKAR Wit Nangka Cerkak: Eko Wahyudi Merapi (FSBS) pernah bekerja di Balai Bahasa Surabaya, tulisannya dimu- at di berbagai media massa. Ammiks ILUSTRASI JOS grenengan. Esuke, ora sengaja kepethuk Pak Teguh ngepasi olahraga. Jejere dadi pegawe, ya ora diri- beti perkara sawah. Bisa olahraga njaga kesehatane saben esuk. Kanggoku sing tani utun iki ora kalah sehat, saben dina garap sawah, panasan ngenthang-enthang adus kringet ya biyasa bae. Dak- perlokake nemoni sedhela kanggo ngaruhake wit nangka, eh benere wates pekarangan kang saiki wis ora ana tengere kuwi. "Boten sah damel pikiran, Mas. Wong niku kula pun lapu- ran ten kantor pertanahan, murih diukur lan sisan didame- laken sertipikat. Perkawis wit nangka nggih empun, wong pun ditegor, nek boten ditegor malah mbebayani daleme Pak Ichsan Nuansa PENGAJIAN Tuhan, saat subuh temanku berdaulat mempertanyakan siapku untuk pulang hingga sukar belukar menemukan nikmat di depan, hatinya masih bertabuh deru tentang duka yang hampir rubuh fajar tiba, pada ujung napas ditutupnya kalam meski pelan melukiskan sesal tentang dosa dirinya memeluk angin di perjalanan, mirip seperti anak dunia aku bertanya padanya, lantas berbisik jika kain rapi membungkus: masihkah aku manusia? bila itu tiba, kita akan menjadi anak akhirat begitulah fitrahnya meski dirundung sejuta kecemasan dirinya siap dijemput kapan pun kara. SARI Darno menawi enten angin ged- he, rak nyumelangi." Weh, Pak Teguh wong kepriye ta, pekarangane diganggu wong liya kok tenang-tenang wae. Gek wit nangka klangenane mbah buyut nganti ilang barang mung dianggep sepele. "Dados pun njenengan lapu- raken bab ditegore wit nangka niku, Pak?" "Heheheheh, boten ngaten, Mas. Kula lapuran niku gayu- tane kalih pedamelan kula. Mesthine dados pegawe niku kedah nglapuraken kas kaya saben taune, lah kula nggene lapuran rak kedah enten bukti gadhah kas kaya. Salah setung- gale nggih lemah pekarangan niku kula lapuraken, mengke buktine enten sertipikat. Dados kula boten ngaku-aku darbe. Boten merkarakke wit nangka sing ditegor." Oase "Owalah, dados kula niki malah sing kemajon mikire, nyuwun pangapunten lho, Pak." "Boten napa-napa, mengke menawi sertipikat tanah pun dados, boten perlu ditengeri wit nangka pun enten ukuran lan tulisane. Boten napa-napa yen ical wite nangka." menatap senyumnya dalam cemas aku melihat ibu menebang kantuk uap kukus sajak ketela, diaduk semampunya nanti lelah kataku dua sendok sirup aku siapkan pada gelas kami duduk berdua dan bercerita nanti di pintu lain bisakah kami seperti ini, ucap hati terlalu cepat waktu menelan, ibu kian meruap tak berkata-kata dan menyebar sebagai mimpi hingga selalu menyisakan rindu "Jenengan ki pancen priyayi pinter, nuwun sewu, kula in- gkang dados trah embah buyut nggih prihatos mawon menawi kecalan wates tanpa dilarahake ingkang leres." "O, nggih-nggih, Mas. Matur nuwun diemutaken. Sekedhap malih menawi pun dikabari kantor pertanahan nggih ser- tipikat pun dados. Dene watese ten pundi kula manut ingkang kawogan." "KEDAULATAN RAKYAT" HALAMAN 12 "Leresssss. Jenengan ki pan- cen ngeten." Jempol tangan loro iki takacungke Pak Teguh tand- ha ngalem pribadine kang lem- bah manah, pinter, lan ora grusah-grusuh ngadhepi per- Kebumen, 2 April 2021 SEPULANG JUMA'ATAN aamiin... anak-anak menyiarkan al-fatihah kedua tanda setelah salam kudapan siang menanti jemaah pulang, sebagian gandeng buah hati mereka untuk berkunjung pada peristirahatan assalamu'alaikum ahlad-diyaar minal mu'miniina wal muslimiin mata anak membulat, tercium salam asing diajaknya berjongkok, ayat berdarma anak kecil berdiri, mengitari ayahnya khusyuk ia berhenti pada aksara: itu kakekmu, redup langkahnya takzim selesai, anak kecil itu tetap tidak tahu namun dapat memahami bahwa akan tiba ia dan ayahnya tertidur demikian MENU SAHUR Yogyakarta, 2020-2021 *) Ichsan Nuansa, lahir di Yogyakarta, pendidik Bahasa Indonesia dan teater di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, alumnus PBSI UAD dan Pascasarjana MPB UMS. 2 Warisman Yogyakarta, 2014 III Yogyakarta, 8 Januari 2021 Geguritan SEKAR PRASAJA (Kinanthi) Manungsa mulya uripmu Ngelingana bakal mati Luru ngelmu lan ngibadah Kanggo sangu yen wus mati Ja ketungkul suka-suka Damar kubur kang kinanthi || Ja ngendelke keh bandhamu Mung gadhuhan donya iki Bisa musna sugihira Yen wis teka titiwanci Mula kuwi dha elinga Ora langgeng donya iki Mumpung isih darbe wektu Nurut marga bener mesthi Dha tindakna kang utama Singkirana drengki iri Murih tentrem uripira Rasa sukur jroning ati IV Para maos lebda ngelmu Nuwun sewu kula niki Nganggit sekar kang prasaja Lembar wacan Mekar Sari Mugi saged damel rena Sekar niki pun pungkasi KAGEM para kadang sing kagungan naskah cerita cekak (cerkak), geguritan, utawa macapat, bisa kakirim ing Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat, Jalan Margo Utomo 40-42, Yogyakarta 55232, utawa lumantar email mekarsari.kr@gmail.com. Mligi cerkak dawane paling akeh 6.000 karakter klebu spasi. Menawa seratane magepokan karo bab utawa dina mirunggan diajab bisa kakirim udakara sewulan sadurunge. Matur nuwun. (Redaksi)