Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1991-02-10
Halaman: 14

Konten


Halaman 2 Bapa Melem. Pak Jaya Swara Antuk Drs. Ngurah Oka Supartha Tan Bine Kadi Nyilem di Palungane NYOREANG rahinane duke punika, caritayang ipun | Me- lem ri sedek pada kacunduk ring sebaunnyane, I Sangut ring tenten Desa Adat Swakaryane. Sang kalih ri sedek matetum- basan ring warungne Luh Sembreg. Taler duke punika maku- dang diri sebaun sang kalih sampun wenten dumunan irika matumbasan. Sinambi sami ngawedang, saget macempleng ipun Pan Ceblongan ngerawos nyewagara: "Beh.., kenken ya mangkin ngat jag matambungan wang dura desane rawuh mariki ka Desa Adat Swakaryane, num- bas tanah. Sira ya sane dados tukang ontal iriki?" "Ah, yan unduk ento ane takonang Pan Ceblongan, anak lekad ajak liu di gumine, tusing ya ada dogen ane celang. Telah ya tanahe kelod madep mael-mael, suba lantas keto, tusing ya patut nganginang-ngauhang, ngajanang, sang sane ngadol tanahe kelod, mapaulehan ngalih tanah", sakadi asa- punika Bapa Wayan Geligiran nyawurin pitakenne Pan Ceb- longan. "Tanah carik tatakan karang desan | Rerode, kone mael pesan payu Pan Ceblongan? Kone tukang tudinge dogen maan upah limang yuta rupiah. Apa buin tukang ontale, aku- dang yuta rupiah ya maan persen?", sakadi asapunika malih Pan Sobagan mapitaken ring ipun Pan Ceblongan. "Nah, ene suba jani pinehin ajak makejang, onya ajak sa- ling palinggenin ngadep tanah carik, tanah tegal ane marupa tatakan karang desa, tatakan sanggah utawi tatakan pemeraj- an, ri wekasan apa lakar anggon prabeya ane kateben, kalu- hur, sawireh tuara ada hasil utawi pangupon-upon tanah", sakadi asapunika | Sangut mapaenjuh tatimbang. "Badah ene mara | Sangut, ngat jag nadak sara otak caine dadi pilek. Dija-lakar ngalih prabeya ane lakar anggon ka teben muah kaluhur?. Suba ya maan pamelin tanah ane liu, ane papupulane mayuta-yutaan, apa lakar kewehe ngitu- ngang prabeya pamanes karang ane marupa/kateben muah ka luhur?", sakadi asapunika | Melem masaut. "Patut pisan sakadi pangandikan Mekel Gedene punika, sesampune polih jinah panumbasan tanah sane wilangan ipun mayuta-yutaan punika, ngat jag durusang mecikang sanggah utawi pemerajan. Sesampune tetangunan pelinggi- he, saha panyengkernyane sami puput, durusang pelaspas saha ngamargiang karya pamupukan, utawi ngewangun, ngat jag seneng sampun Ida Bhatara ring Sanggah utawi ring pemerajan. Sisane anggen nangun kantor, kalih numbas mo- bil, sisane genahang sakadi deposito ring bank. Nyabran asa- sih apisan ambil bungane, anggen aci ka luhur, miwah aci ka teben. Yan sampun sida antuk sakadi asapunika, pamuput Ida Bhatara seneng, iraga sareng sami sakadi kawongan gum bira. Nenten ya puniki sane mawasta kauripane sane seim- bang, selaras, lan harmonis, sakala lan niskalane. Ida Bhatara seneng, kita pun juga seneng", sakadi asapunika I Gede Keli- ud ngacuer, tulya sakadi penyiar reklame ring radione. "Beneh pesan buka rawos Gedene ento. Pokoknya kaka ngat jag enam ditambah satu, ngat jag ju, sawireh rawos Gede- ne mula tuah madasar sastra, makawanan malesung base, ngat jag cocok", sakadi asapunika | Melem nambehin saha matutang rawos-bagundalnyane, sane sampun kajanaloka dados OKM (Orang Kaya Mendadak) ring para Desa Adat Swakaryane, duaning sampun makueh polih ngontalang ta- Memperhatikan Anak-anak Oleh Domingo C.A. pe- menyesuaikan diri. polusi dan kelaparan dapat dicegah dengan biaya ren- dah, jika pemerintah meng- elola lebih baik. "Sebenar nya," katanya, "penyakit dan kematian berjuta-juta anak tidak disebabkan ling- kungan, tetapi adalah kare- na pengelolaan lingkungan yang salah." Bali Post nah ring palemahan Subak, Desa Adat Swakaryane. "Beh lemud rawos Meleme ajak Melem, bagundal Meleme ane madan I Gede Keliud. Sawireh suba kadung andih caling Meleme satata ngilag komisin tanah, ane ontalang Melem. Yen keto Melem ngaba prawerti di gumine, tan bina Melem lan nyilem, nangin tundun Meleme ngenah lukuh, tur jit Meleme 1 Gede Keliud nyilem di palungane. Adane dogen Melem ngenah nungging", sakadi asapunika | Sangut nimpalin ra- wosne | Melem. "Sayuwakti pisan sakadi bawos Bapa Ketute punika, dua- ning dane Bapa Ngurah Gede Melem, kasarengin antuk an- ngangsok-ngangsokin mangdene, makueh ida-danene Kra- tek-antek danene sakadi ipun Beli Gede Keliud, oneng pisan ma Desa Adat Swakaryane lascarya ngadol tanah druwene soang-soang, sane marupa tatakan karang sikut satak, druwe sanggah utawi pemerajan. Sayuwakti dane makueh polih ko- misi, nanging Desa Pakramane ri wekasan, yan sampun ma- kueh tanah tatakan karang sikut satak saha palaba druwe sanggah, pemerajan, pura sane keadol, maka pungkur janten pacang ngawerdiang byuta ring desa pakraman", sakadi asa- punika I Gede Sujana, Kelihan Taruna-tarunine malih nambe- hin rawosne | Sangut "Beneh pesan ento buka rawos Gedene. Anak suba ma- bukti. Buka duk Desa Adat Swakaryane, ane telung masa suba liwat Ngaturang Pangusabhan, Ngusabha Desa muah Ngusaba Nini, Krama Subak Ancute, anak liu pesan kramane uli dura desa. Nah yan ngaturang paturunan, pakenan-kenan, papeson, ngat jag onya carem. Nanging ri katepengan ngayahe, sawireh makejang uli dura desa, ngat jag pengan ngayahe, sawireh makejang uli dura desa, ngat jag tusing ja ada ane teka ngayah. Ngat jag krama Desa Adat Swakaryane dogen ja ajak memata-mematu ngayah atelung bulan. Kadena dadi jenenga mayadnya aji pipis muah barang- barang dogen ?", sakadi asapunika Bapa Wayan Geligiran macempleng matutang rawosne I Gede Sujana. "Nah yan suba ada pengeweruh utawi pengalamane ane keto, yan teka dadi baan mapaitungan, jalan ja adeng-adeng malu minehin tur maprawerti, eda ngat jag onya adepa tegal- carik tatakan karang sikut satak desane, utawi sahanan pela- ba druwe pemerajan muah purane. Yen makejang ajak bas kadropon ngadep tanahe ane ada di palemahan Desa Adat Swakaryane, ri wekasan, nyen lakar ajak nyungsung Pura Kahyangan Tigane di Desa Pakraman? Apa lakar anggon ngupahayu Sanggah utawi pemerajan? Mirib nyak lakar krama dura desane ane meli tanah ento lakar ajak ngayah memata-mematu? Paling aget bantes nyak mayah peturunan, pakenan-kenan, muah papeson, buka ra- wosne Bapa Wayan Geligiran", sakadi asapunika | Sangut muputang pabeligbag miwah patembung rawos ring peng- gakne Luh Sembreg, sane magenah ring tenten Desa Adat Swakaryane. tannya dengan merokok, ji- ka angka pemakaian temba kau oleh anak-anak muda terus berlanjut. Dan karena lingkungan akan menjadi makin buruk sebelum segala sesutunya menjadi lebih baik, ada se- Banyak korban penghan- curan kita masih belum lagi lahir. Mereka tidak ada di sini untuk menyatakan pan- dangan mereka dan menun- tut hak mereka atas ling- kungan yang sehat. Memang diperlukan jenis baru kea- dilan dan persamaan. Ini SUAMI ratu Belandalah Dr. Novello menuduh per- suatu yang demikian tidak yang mengucapkan kata- "LSM semakin berarti da- usahaan-perusahaan rokok adil dalam cara generasi se- kata arif berikut, yang se- lam agenda lingkungan glo- mengeluarkan US$ 3,3 mi- karang merusak ling- ring dikutip dewasa ini, ka- kan kepada masalah ling- bal," tambahnya. lyar tiap tahun untuk meng- kungan. rena seruan globalnya: "Ki- kungan dalam media. Dia Pekerjaan yang dihadapi iklankan dan memajukan ta tidak mewarisi Bumi dari melaporkan bahwa produk mereka dengan ca- Program Lingkungan PBB, ayah kita. Kita meminjam- nyelidikan pendapat umum LSM dan semua himpunan Sebab menentukan lain ra-cara yang menarik anak nya dari anak-anak kita." yang dilakukan di 16 negara lain yang bersama-sama me- kematian anak-anak baru- anak dan remaja. Ketika dunia memper. untuk Program Lingkungan rasa prihatin, tampak berat baru ini diungkapkan kepa- Tulisan dalam Majalah ingati Hari Lingkungan Du- PBB (UNEP) mengungkap- sekali jika mempertimbang. la Dinas Kesehatan Amerika Asosiasi Kedokteran Ameri- nia 5 Juni lalu, ia berhenti kan keprihatinan ma- kan laporan tentang kondisi Serikat dalam program yang ka melaporkan bahwa diper- sejenak untuk menghormati syarakat yang makin me- anak-anak di dunia. Mereka bertepatan dengan Hari kirakan satu milyar bung- ahli waris generasi ini. Tema ningkat terhadap lingkung menunjuk kepada fakta me- Tanpa Tembakau Dunia. kus rokok dijual tiap tahun peringatan hari ulang tahun an global diantara mayori nyedihkan tentang kemero- Tujuan konperensi adalah kepada remaja di bawah ke-18 Konperensi Stokholm tas luas rakyat negara sotan lingkungan yang mem- untuk menghentikan mero- usia 18 tahun. adalah konsep hak menurut mengenai Lingkungan ada- negara maju dan berkem- bunuh anak-anak. kok di kalangan anak-anak. Keadaan lingkungan yang keadilan antar-generasi lah "Anak-anak dan Ling- bang. Keprihatinan itu me- Kemerosotan lingkungan Dalam pidatonya Dr. Anto- akan dikembalikan oleh ge- yang kini harus mengambil kungan". lintasi garis-garis geografi, itu membunuh berjuta-juta nio Novello mengatakan li- nerasi sekarang kepada tempatnya yang sah dianta Pada kesempatan itu di- sosial dan politik. ra keprihatinan bagi per- kebanyakan ma juta dari anak-anak se- anak-anak mereka akan sa- rektur pelaksana Program Dalam pesan lain-kali ini anak-anak dari orang tua karang akan meninggal, ka- ngat berbeda dengan ling- samaan antara ras, jenis ke- Lingkungan PBB Dr. Mosta- kepada himpunan Lembaga yang paling miskin di nega- rena penyakit yang ada kai kungan yang mereka warisi. lamin dan bangsa. (DNI). fa Tolba menekankan perlu- Swadaya Masyarakat (LSM) ra paling miskin - negara nya bagi generasi sekarang - Dr. Tolba memuji pekerja- pertanian yang sedang ber- untuk mencapai keselaras- an LSM yang dianggapnya kembang. Sekitar 14 juta an dengan lingkungan, su- termasuk kekuatan pengge- anak balita meninggal tiap paya bisa menyerahkan ke- rak di belakang Program tahun, karena penyakit biasa pada generasi masa depan Lingkungan PBB. Dalam me, dan kurang gizi. Banyak keti- suatu planet yang layak bagi negaskan bahwa mata ran- dakmampuan dan kematian tai mereka tak ternilai ini langsung dihubung- Dalam pesannya kepada harganya, dia katakan LSM media Dr. Tolba menyebut menjangkau rakyat mela- peningkatan yang berarti rat, memajukan partisipasi dalam ruang, waktu dan ke- warga masyarakat, menah menonjolan yang dicurah- an biaya rendah dan dapat mereka. Basa Inggris Samatra Olih Soejono Ts Sareng I.B. Kaleran (13) 1.A+Togog sirene nika? Napike nika togog jerone? - Togog enyene ento? Apeke ento togog jerone? = Whose statue is that? Is it your statue? B+Ten, nika nenten togog tiange, nika togogne Ma- de. - Sing, ento tusing togog tiange, ento togogne Made. = No, it is not my statue, it is Made's statue. 2.A+Umah sirene nika? Napike nika umahne Surya? - Umah enyene ento? Apeke ento umahne Surya? = Whose house is that? Is it Surya's house? B+ Inggih, nika umahne Surya, ipun akeh madue umah. Inggih, ento umahne surya, ia liu ngelah umah. = Yes, it is Surya's house. He has many houses. aus 3.A+Duen sirene niki? Napike duen jerone niki? - Gelah enyene ene? Apeke gelah jerone ene? = Whose is this? Is it yours? B+ Ten, nika nenten gelah tiange. Genah tiange alit. - Sing, ento tusing gelah tiange. Gelah tiange cenik. = No. it is not mine. Mine is small. 4.A + Duen sirene niki? Napike niki duenne Mitra? - Gelah enyene ene? Apeke ene gelahne Mitra? = Whose is this? Is it Mitra's? B+ Inggih, nike duenne. Ring dija duen jerone? - Inggih, ento gelahne. Dija gelah jerone? = Yes, it is mine. Where is yours? 5.A+Napike niki tedungne Vera? - Apeke ene pajengne Vera? = Is it Vera's umbrella? B+Ten, nika nenten duennyane. Nika duenne Dewi. - Sing, ento tusing gelahne. Ento gelahne Dewi. = No, it is not hers. It is Dewi's. Kaiwangan lan kakirangan minggu sane lintang No. 3 A. Kirang basa Inggris ipun, sepatutnyane : = Must they see you tomorrow morning? No. 5 B. besbes, sepatutnyane: bobos ngentosin, sepa- tutnyane ngantosin, Perintis Bali Post Edisi Pedesaan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab Wakil Pemimpin Umum/Pemred/ Penanggungjawab Wakil Pemimpin Redaks Penanggungjawab Redaktur Pelaksana : K. Nadha : K. Nadha : Drs, ABG. Satria Naradha. : Widminarko : Drs. Made Nariana Anggota Redaksi: Djesna Winada, Surawan, B. Ashrama, Drs. Marmo Oeto- mo, Adhy Ryadi, Drs. Gde Nym. Suryawan, Drs. Made Sumendra, Gde Suyad- nyana, K. Abinawa, Agus Talino, Reina Caesilia Nina, Drs. Nym. Wirata. Kantor Redaksi: Jl. Kepundung 67 A 80232, Telepon: 25764-25765. Fax: 27418. Teleks: 35191, Alamat Surat: P.O. BOX: 10 Denpasar 80001. Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers: Sk Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A. 7/1985 tanggal 24 Oktober 1985. Anggota SPS-SGP, Pen bit: PT. Ball Post. ISSN 0852-6515. anak-anak, Sukun Sebagai Bahan Makanan Sampingan yang Cukup Bergizi MINGGU, 10 FEBRUARI 1991 KAPSUL KESEHATAN Kerjasama "Bali Post" dengan Klinik Angkasa RRI Denpasar dan Dinas Kesehatan Prop. Bali, Sub Dinas Penyuluhan Kesehatan Penyuluhan Kesehatan di Rumah Sakit seseorang yaitu Imbauan Sebagaimana diutarakan PKMRS singkatan dari ma dengan yang dide- ini, sampai saat ini RSUP Denpasar menggunakan me Penyuluhan Kesehatan Ma- ritanya. Memberikan pengerti tode penyuluhan langsung syarakat di Rumahsakit su- dah sejak tahun 1976 dilak- an tentang pemanfaatan fa- kepada pasien dan ke- sanakan. Namun karena silitas kesehatan secara te- luarganya misalnya dengan tujuan penyuluhan ini ada- pat, artinya kalau sakitnya melakukan konseling atau lah untuk merubah perilaku tidak parah sekali maka tak wawancara. Selain itu, dipa- untuk perlu langsung ke rumahsa- kai pula media lainnya se mengembangkan pengerti kit tetapi hendaklah me- perti penempelan poster di an yang benar dan memben- manfaatkan puskesmas du- tempat-tempat yang strate tuk sikap positif seseorang lu sebagai pusat pelayanan gis, melalui radio, TV, re- kesehatan yang terdekat. kaman cassette dan video, terhadap kesehatan agar yang bersangkutan mene- Ini semua jelas akan meng- dll. rapkan cara-cara hidup se- hemat biaya yang dikeluar- hat sebagai bagian dari hi- kan oleh pasien untuk peng- dupnya sehari-hari, maka obatan dan perawatan. nya akan sangat tergan- Sedangkan manfaat yang di- di atas, tujuan PKMRS ada- tung dari kesadaran dan ke- peroleh oleh rumahsakit lah untuk mempercepat pe- mauan manusianya sendiri. adalah dapat mengembang. nyembuhan, mencegah pe- Pelaksana penyuluhan di- kan pelayanan rumahsakit nyakit dan menekan biaya pengobatan/perawatan se- lakukan pada setiap kesem- yang paripurna. ringan-ringannya. Sehu- patan oleh petugas rumah- Sasaran PKMRS bungan dengan itu pihak ru- sakit terutama perawat dan Yang menjadi sasaran da- mahsakit mengimbau kepa- dokter yang selalu berhu- ri penyuluhan kesehatan di da masyarakat luas agar bungan langsung dengan rumahsakit bukan saja me- mau mentaati peraturan penderita dan dipercaya reka yang menderita sakit, dan tata-tertib kunjungan oleh pasien. Umumnya pe- tetapi juga mereka yang ma- yang diberlakukan di ru- nyuluhan ini diberikan di sih sehat bahkan penting pu- mahsakit, khususnya di ruangan atau bangsal, polik- la bagi petugs rumahsakit RSUP Sanglah Denpasar, linik, ruang tunggu sebelum sendiri. dilakukan pemeriksaan, Kepada mereka yang masih Hendaknya berkun ruang periksa dan ruang sehat, penyuluhan itu perlu jung ke rumahsakit, pada perawatan. Sedangkan isi untuk menanamkan kesa- waktu-waktu yang telah di- penyuluhan disesuaikan de- daran akan pentingnya me- tentukan yaitu antara pkl. ngan penyakit yang sedang melihara dan meningkatkan 11.30 12.30 WITA untuk diderita oleh pasien atau pe- kesehatan serta mengetahui siang hari dan antara pkl. nyakit-penyakit yang se- upaya-upaya yang dapat di- 16.30-17.30 WITA untuk so- dang banyak berjangkit di kerjakan untuk mencegah re hari. daerah tempat tinggal pa- penyakit. Dari kelompok sa- - Dalam berkunjung ke sien. Tetapi secara garis be- rumahsakit. a.l: sar isi penyuluhan yang di saran yang sehat ini misal- rumahsakit, jangan sampai laksanakan di rumahsakit nya ibu hamil yang sedang terlalu banyak orang yang dapat dikelompokkan men- nya dan keluarga pasien masuklah secara bergilir 1-2 memeriksakan kehamilan- masuk ke ruangan, tetapi jadi 3 materi: yang sedang berkunjung ke orang saja. Sebenarnya untuk ke- Kepada yang masih dalam butuhan si pasien sudah cu keadaan sakit, diutamakan kup makanan yang diber untuk dijadikan sasaran pe- ikan oleh pihak rumahsakit, 2. Pencegahan penyakit nyuluhan adalah mereka tetapi kalau dalam kunjung. dan agar jangan sampai pe- nyakit yang pernah diderita yang sedang dalam taraf pe- an Anda ingin membawa ma kambuh lagi. 1. Untuk memelihara dan meningkatkan derajat kese- hatan seseorang atau kelom- pok masyarakat. 3. Membantu penyembuh an dan pemulihan kese- hatan. nyembuhan. Sebab mereka kanan lagi maka terlebih da- yang masih dalam keadaan hulu harus diberitahu dan menderita penyakit yang ditanyakan kepada petugas akut maupun kronis akan ruangan apakah makanan sulit menerima penyuluhan. yang dibawa itu tidak akan Ciri dan tujuan Sebaiknya dalam keadaan memperburu keadaan ke- Penyuluhan yang dilak- seperti itu dibina dulu hu- sehatan si pasien. Jangan membawa sanakan di rumahsakit bu- bungan baik dengan pasien kan saja ditujukan kepada dan keluarganya untuk ke- anak-anak menengok orang seseorang yang sedang me- mudian dijadikan dasar ba- sakit, sebab ketahanan tu- merlukan pengobatan mau- gi penyuluhan yang akan di- buhnya masih lemah dan pun perawatan di rumahsa- berikan nantinya setelah ia mudah ketularan penyakit. kit, tetapi juga kepada peng- agak sembuh. Pasien yang Jangan membiasakan unjung yang mungkin te- sedang dalam penyembuh- untuk duduk-duduk atau ti- ngah menengok keluarga- an inilah yang cepat termoti- dur-tiduran di tempat tidur nya yang sedang diopname vasi dan gampang menerima pasien, di lantai maupun di di rumahsakit. Dengan pe- apa yang kita jelaskan, khu- halaman rumahsakit. nyuluhan ini diharapkan pa- susnya yang berhubungan Janganlah merokok di- sien maupun keluarganya dengan penyakit dan cara- lingkungan rumahsakit, ter- akan mampu dan mau ber- cara pencegahannya. Se- utama didalam ruangan peran secara aktif dalam dangkan bagi para petugas penderita. usaha-usaha preventif, ku- rumahsakit, penyuluhan itu - Bagi penderita yang ratif dan rehabilitatif atau penting artinya untuk meng- keadaannya tidak perlu di- kan dengan "lingkungan ke- lis) merupakan bahan ma- SUKUN (Artocarpus alti- Oleh Abdul Djamal mudah patah, dan daunnya pencegahan, pengobatan ingatkan kembali bahwa se- tunggu, janganlah ditunggu. mudah berguguran. melaratan" secara luas. dan pemulihan kesehatan. gala tindakannya terutama Sebab menunggu orang sa- kanan sampingan yang su- 1,5% pati, 1,21% abu, 0,16% Tanaman sukun merupa- Dalam hal ini diterapkan sa- yang menyangkut bidang kit di rumahsakit resikonya Menurut PBB murus dan kasus-kasus nesia sejak dulu kala. Buah Phosphor, 0,00026% Fe dan buahnya dipanen setiap mu prinsip belajar dalam upaya oleh bekas pasien dan ma- penyakit dan bagi penderita angka-angka dah dikenal penduduk Indo- Asam, 0,021% CI, 0,048% kan tanaman tahunan yang tu ciri untuk menerapkan kesehatan akan dicontoh tinggi terhadap penularan lain yang berhubungan de- yang digunakan sebagai 61,8% Air. sim. Dalam memanen buah melaksanakan kegiatan di syarakat sekitarnya. Guna sendiri bisa mendapatkan ngan air yang tidak sehat bahan makanan sampingan sukun diperlukan keahlian atas, baik bagi pasien mau- menjangkau semua sasaran infeksi lain. (MB). Untuk pengembangan ta- menyebabkan berjuta-juta adalah buah yang tua. Dian- naman sukun tidaklah su- khusus karena pohonnya pun keluarganya. Sedang- kematian itu tiap tahun. taranya ialah untuk kolak, kar, biasanya dilakukan de- tinggi. Untuk cepat mengha- kan tujuan dari PKMRS Pencemaran udara juga me- sukun goreng, keripik sukun ngan stek akar. Tanaman ini silkan uang bagi pemilik ta akan bermanfaat bagi pa- megang peranan - tiap ta- dan lain sebagainya. mudah tumbuh disemba- naman lebih baik diborong- sien maupun rumahsakit hun peradangan pernafasan Buah sukun yang tua cu- rang tempat asal keadaan kan pada pembeli, dengan sendiri. akut membunuh empat juta kup mengandung karbohy- tanahnya subur dan drai- perhitungan harga tiap biji. Bagi pasien dapat mena- anak di negara berkembang. drat, sehingga dapat diguna- nasenya baik. Usahakan da- Kecuali untuk dikonsumsi namkan sikap pengertian Di negara industri, pembu- kan sebagai pengganti bah- lam menanam tanaman su- sendiri atau dibuat bahan dari pasien tentang pe- nuh lingkungan utama anak- an makanan beras, jagung, kun jauh dari rumah. Kare- makanan yang nanti hasil nyakit yang dideritanya, se- anak adalah polusi udara ubi-ubian dan jenis umbi na tanaman ini berbatang nya dijual. Harga pasaran hingga pasien tahu apa yang dan bahan kimia berbahaya. umbian. Kandungan gizi besar, tinggi dan banyak buah sukun per kg sekitar ±harus dikerjakan dan ke- UNEP mengatakan, di ne- buah sukun yang tua terdiri daun. Bila tanaman ini dita- Rp 300.- gara berkembang berjuta dari 35,5% karbohydrat, nam dekat rumah mengkha- Makin tua umur tanaman juta kematian anak-akibat 0,1% protein, 0,2% lemak, watirkan, karena batangnya (Bersambung ke Hal 3 Kol 3) Serba-serbi Arsitektur Tradisional Bali (4) SENI arsitektur tradisio- nal Bali tak pernah melepas- kan diri dari fungsionalitas. Dalam semua bentuk mau- pun wujud bangunan, "fungsi" senantiasa meng- ekorinya. upacara, dan zone nista berkembang menjadi Me- mudian terdorong untuk: Membantu memperce- pat penyembuhan dan pe- mulihan kesehatannya, mi- sal mengikuti anjuran petu- gas rumahsakit secara tekun agar cepat sembuh. Mencegah terserang kembali oleh penyakit yang mendatang tak lagi dirawat sama, sehingga diwaktu untuk penyakit yang serupa. Mencegah penularan penyakit kepada orang lain, terutama kepada ke- luarganya. Pura Sebutan salnya, sebutannya akan nya, ada disebut Pura Pe- Umumnya, Pura yang me- rajan Agung atau Sanggah yang dibangun di tempat- nunggu, yakni suatu Pura rupakan satu kesatuan kom- Gede jika keluarga pemuja- tempat yang dianggap ang plek bangunan, terdiri dari nya relatif besar jumlahnya. ker atau ada "penunggunya. beberapa zone (daerah per- Dalam tatanan kehidupan Di luar itu, ada pura-pura Bangunan- untukan). Misalnya zone yang lebih besar, wilayah yang bersifat umum. Arti- bangunan tertentu seakan utama disebut Jeroan yakni desa umpamanya, Pura se- nya, Pura ini terlepas dari mewakili kepentingan kom- tempat pelaksanaan pe- demikian menjadi berkem- batasan desa, keluarga, kas dan memberi penjelasan ke- Mampu memotivasi mujaan atau pleksitas kehidupan manu- persemba bang. Ada konsepsi Ka- ta, kelompok profesi, dan se- pada orang lain atau seti- sia. Atau bisa pula sekelom- hyangan itu sendiri, zone hyangan Tiga yang merupa- bagainya. Kelompk Pura ini dak-tidaknya kepada ke- madia yang disebut Ja- kan pengejawantahan "Tri disebut Kahyangan Jagat, luarganya agar tidak terse- pok bangunan tertentu se- bagai suatu wujud kepen- ba Tengah sebagai tempat Hita Karana" desa, terdiri terdiri dari Pura Besakih, rang oleh penyakit yang sa- tingan manusia itu sendiri. persiapan dan pengiring dari Pura Puseh, Pura Da- Uluwatu, Lempuyang, An- Katakanlah salah satu reali yang disebut Jaba Sisi lem, dan Pura Desa. Ketiga dakasa, Gua Lawah, Watu- Jong, dan Toh Langkir. tas kepentingan manusia da yang merupakan peralih- Pura ini berfungsi masing- karu, Pucak Wangu, Batur, Apapun sebutannya dan lam garis vertikal misalnya, an antara luar dan dalam Pu- masing sebagai tempat pe- dan Puser Tasik. Namun ada apapun fungsinya, hubungan manusia dengan ra. Sebagai tempat pemuja- mujaan Tuhan YME dalam juga sumber lain yang me- atau tempat pemujaan di Tuhan. Ada perwujudan se- an, Pura bisa menjadi manifestasinya sebagai nyebutkan pura-pura lain- Bali tetap merupakan bagi- ni arsitektur Bali masuk da- "milik" keluarga terkecil Brahma, Wisnu, dan Çiwa. nya, seperti Pura Watu Kelo- an dari seni arsitektur tradi- lam hubungan ini dan ia sampai lingkungan wilayah Di samping itu ada lagi se- tok, Pakendungan, Saken- sional Bali, terutama dalam menjadi semacam jembatan terbesar. Sesuai dengan lebih spesifik lainnya. Pura nah Lot, Rambut Siwi, Silih ngunannya. (Gus Martin). jumlah Pura yang bersifat an, Air Jeruk, Beratan, Ta- wujud fisik dan estetika ba- antara manusia dengan Tuh- fungsinya sebagai tempat memuja Tuhan YME dalam Pengulu, umpamanya. Pura an secara abstrak. ini merupakan tempat pe- berbagai manifestasinya, ada beberapa macam Pura. mujaan dari kelompok ma- syarakat yang mempunyai pe- Ada Pura keluarga, Pura un- profesi tertentu yang sama, mujaan atau tempat beriba- tuk wilayah Desa, Pura un- seperti kelompok petani, pe- dah yang spesifik. Pura, Me- tuk pemujaan profesi, sam- dagang, dan sebagainya. Pu- rajan, Sanggah, adalah con- pai Pura untuk umat dari se- ra Pengulun atau Pura Ulun toh kompleks bangunan pe- luruh wilayah. untuk masyarakat seprofesi mujaan dalam arsitektur petani sawah disebut Pura tradisional Bali, dengan ber- Perbedaan kasta yang ada Ulun Carik, Pura Ulun Da- bagai kelengkapannya ma- di Bali juga menyebabkan nu, dan Pura Ulun Tegal. sing-masing. Kita ambil sa- penyebutan tempat ibadah Untuk profesi para peda- lah satunya misalnya, Pura. berbeda. Bagi kelompok gang di pasar, tempat pemu- Secara umum "Pura" bisa ju- kasta Brahmana dan Ksa jaannya disebut Pura Ulun ga mewakili penyebutan un- tria, tempat ibadahnya dise- Pasar atau yang lebih dike- tuk semua tempat ibadah, but merajan. Sedangkan un- nal dengan sebutan Pura dengan catatan, ia akan di- tuk kasta lainnya disebut melanting. Sedangkan Pura sebut berbeda sesuai kedu- Sanggah. Ini juga bisa ber- Ulun Segara atau Pura Sega- dukannya dalam konteks so- kembang sesuai dengan ra adalah tempat pemujaan sial dan status manusia pe- jumlah atau kapasitas ke- buat masyarakat profesi ne- miliknya. luarga pendukungnya. Mi- layan. Yang spesifik lain- Terciptalah kemudian da- ri tangan manusia sendiri, bangunan-bangunan Bali Post/Martin TEMPAT PEMUJAAN Apapun sebutan dan fungsinya, wujud fisik dan estetika Pura di Bali tetap merupakan "bahasa" arsitektur tradisional Bali itu sendiri. Catatan Minggu Ini Dampak Perang Teluk ORANG perang di kawasan Timur Tengah alias Te- luk, kok Bali kejipratan dampak negatifnya? Apa hubu- ngannya? Bukankah kita masyarakat yang cintai damai? Pertanyaan serupa tidak mustahil tumbuh di kalang- an masyarakat awam, yang setiap hari kini mendengar erita peperangan di kawasan Teluk. Mereka antusias sekaligus prihatin mengikuti perkembangan perang tersebut yang tak kunjung usai. Namun diam-diam di balik itu, masyarakat juga merasakan kesepian yang mendadak, karena jumlah turis yang datang drastis turun. Dunia yang semakin sempit akibat teknologi komuni- kasi ini, memang bisa membuat kita dapat merasakan apa yang dirasakan belahan dunia lainnya. Dalam alam globalisasi seperti sekarang, sangat beralasan bahwa perang Teluk membawa dampak bagi masyarakat du- nia di manapun mereka berada. Tak kecuali kita yang tinggal di Bali. Berbagai keluhan telah kita dengar. Hotel, restoran, toko kesenian, tarian untuk turis, pasar seni, dan segi- segi lainnya menjadi sepi, karena turunnya jumlah tu- ris ke Bali, di tengah-tengah kita melaksanakan Tahun Kunjungan Indonesia 1991. Akibat perang Teluk, turis dunia rupanya membatasi perjalanan, wisatanya. Selain krisis ekonomi yang mungkin akan dirasakan, mereka takut mengadakan perjalanan, karena adanya ancaman terorisme dunia. Memang memprihatinkan!. Tetapi apakah kita terpaku dengan keadaan itu? Rasanya semua pihak harus mencari terobosan lain, sehingga masyarakat tidak akan terlena dengan keada- an yang belum serba menentu ini. Pemerintah hendak- nya memberikan kondisi yang istimewa buat ma- syarakat yang ingin mengadakan terobosan-terobosan lain, sehingga meleka dapat keluar dari kesulitan. Kalau tidak, kesulitan juga akan segera dialami peta- ni kita di desa-desa. Sebab bisa jadi penjualan hasil pertaniannya yang selama ini disuplai ke hotel atau restoran juga menurun, karena tamu hotel berkurang. Melihat perkembangan dunia belakangan ini, hik- mah apa yang dapat kita petik? Jelas, kita merasakan tidak dapat hidup sendirian. Kita sebagai masyarakat dunia, masih tergantung dari masyarakat lainnya dalam menjalankan hidup dan ke- hidupan ini. Semakin yakinlah kita, bahwa apa yang dirasakan umat lain di belahan lain, juga akan dirasa- kan manusia yang lain pula, sekali pun dalam bentuk- bentuk yang berbeda. Saling ketergantungan ini, hendaknya menyadarkan semua pihak bahwa manusia adalah makhluk Tuhan yang sama di hadapanNYA. Oleh karena itu, apalah gunanya perang, kalau hanya menyengsarakan kita semua. Usaha perdamaian terus dilakukan, dan hasilnya pun nanti kita akan rasakan bersama, termasuk kita yang tinggal di Bali. (*). MINGGU, 10 FEBR Memilih aneka rasa dalam b serbuk, di mana And gal menambahkan air mendapatkan minum his yang nikmat. Aka pi dari segi kesehata numan ini tak berm karena 98 persen m dung gula, essens se warna meskipun kada ga ditambahkan vita Tetapi untuk menda tambahan vitamin C nya lebih baik men tablet vitamin C tan sur-unsur lainnya. tan Sar Cara yang lebih ba tuk mendapatkan tam vitamin C ataupun v lainnya adalah deng num sari buah asli. I ping itu sebagian buah-buahan juga m dung karotin yang k an diubah menjadi v A dalam tubuh, vita serta mineral. Penelit ru-baru ini menun bahwa juice jeruk mempertahankan v C-nya selama kurang minggu dalam lemari ri buah memang baik, kelemahanny nyalah kita mengkon semua bahan dalam b minuman, maka kita kehilangan serat yan diperoleh jika kita kannya langsung atau dalam wujud buah bi Bagi bayi yang berus rang dari enam bular sapi memang diangg rang memenuhi Akan tetapi bagi ana yang sudah lebih besa sapi memberikan giz memadai, mulai dari r vin, salah satu rangk Complex hingga k dan protein. Unsur susu yang kurang me pi adalah zat besi, vita dan vitamin B1. M yang ingin menguran dar lemak dalam susu meminum susu skim buttermik. Penelitian menunjukkan bahwa susu full cream at skim bisa menurunk Desa Adat (Sambungan baru lalu di Wantilar Adat Celuk, disaksik pati Gianyar dan sej undargan yang datan seluruh Bali. Juara Im ma Rp 2,5 juta, juara nerima Rp 2 juta dan III menerima Rp 1,5 Masing-masing juara but menerima pula penghargaan Desa A serta lainnya, yang sebagai juara harapa sing-masing meneri 800,- ribu. Dalam kesempata baik itu, masyaraka Adat Celuk mengaju ga usul kepada Gu Bali, Ida Bagus Oka pertama adalah priha aspalan jalan Setra, jang kurang lebih 4 ter. Usul kedua, agar nur berkenan menal LPD Desa Adat Cel usul ketiga, mohon b agar dibuatkan se yang permanen di ba si kuburan yang jeb Usulan pertama dua dipenuhi Guber bernur menabung Rp 1 juta di LPD De Celuk. Gubernur be agar jalan Setra usai palannya pada bula mendatang. Usulan oleh Gubernur dise kepada Bupati Gian tuk membuatkan s yang permanen pada mur kuburan yang j Kiranya, ada satul penting yang perlu dari serta maklumi lomba/kontes Desa nyalah alat dan sar bukan tujuan. Tu antara lain untuk m kan adat-istiadat, budaya Bali dan jung tinggi dharma serta dharma negara ma Samadhi). Kamerawan: Drh. N. Suyasa Pelaku : 1. Nyoman Yud 2. Gde Wardan 3. Ir. Rusmulya 4. Ir. Alit A W 5. Ir. Dwi Yun 6. F.X. Loekito 7. W. Aryana 8. K. Widiatmik 9. Ngr. Rimbaw 10. M. Sukarta 11. Sriyani 12. GM. Widiant 13. GB. Winaya 14. A. Hamid 15. Nang Asat 16. M. Subagia Bagian: 4cm Color Rendition Chart