Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1995-11-13
Halaman: 10

Konten


4cm HALAMAN 10 Bali Post Pengiklan Dituntut Jujur dan Bertanggung Jawab Menengok Bisnis Periklanan di Asia watir tenaga itu akan diisi tenaga asing. Senin Umanis, 13 Novem Senin Umanis, 13 November 1995 Produk ta Perasaan dan Pikiran Konsumen perlu Dipahami ujarnya. Inovasi KELUHAN tentang barang gawasan terhadap penyimpangan pa tahun terakhir ini memang yang dibeli/jasa yang diperoleh kode etik dan tata krama periklan- membanggakan. Tahun ini saja konsumen tidak sesuai dengan apa an adalah Persatuan Pengusaha pertumbuhan ekonomi Indonesia KONGRES ke-19 Periklanan Asia (AdASIA) tahun 1995 bitan 16 Oktober lalu, Asia telah di. segala lapisan sekaligus. Perem- suatu yang lucu. Dan mereka "Seorang konsumen Jepang puan yang berpendidikan tentu menganggap tidak lucu jika iklan yang diiklankan perusahaan ter- Periklanan Indonesia (P3I), pe- 7,5%, dan tahun depan diperkira- tentu sering dialamatkan ke Ya- merintah dan masyarakat. "Kami kan akan naik lagi. Oleh sebab itu, secara resmi berakhir Kamis (9/11) lalu di Nusa Indah Con- muncul menjadi kawasan yasan Lembaga Konsumen Indo- mengharapkan semua pihak ikut banyak peserta kongres AdASIA vention Center, Nusa Dua, Bali. Sekitar 1400 peserta dari ekonomi dunia yang terbesar akan memanfaatkan teknologi saja harus diberi jenis iklan yang menggunakan kata itu. Akibat- dengan tingkat permintaan terbe- komputer untuk menerjemahkan berbeda dengan perempuan yang nya perusahaan mobil itu rugi," nesia (YLKI). "Parahnya lagi peduli untuk meningkatkan kual- optimis, Indonesia akan berpelu- kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Australia, telah pulang sar pula melampaui Eropa dan khayalannya tentang suasana ru- tidak berpendidikan. Dia juga memperingatkan pe- Quresh melihat di Asia TV YLKI tidak banyak berbuat," kata itas periklanan di Indonesia," ang sebagai pasar yang menjanji- ke negaranya masing-masing. Di balik itu mereka pulang Amerika Utara. Dicontohkan, mah atau dapur yang ingin diban- Marzuki Darusman, anggota Ko- tambah Dirjen Pembinaan Pers kan bagi perkembangan usaha membawa sejuta harapan, iklan akan tumbuh seirama den- saat ini lebih dari 50 persen per- gun. Dengan cara itu dia ingin rubahan budaya tidak bisa diabai- merupakan sarana panayangan mnas HAM (Hak Asasi Manusia), dan Grafika Drs. Subrata. mintaan baja berasal dari Asia. benar-benar bisa merasakan bah- kan oleh dunia iklan jika ingin iklan yang paling efektif. Kare- periklanan. "Sebagai bagian dari ketika berbicara pada kongres pemasaran global, Indonesia me- gan perdagangan bebas tahun 2003. Benarkah demikian? Demikian pula permintaan bah- wa khayalannya dapat hadir se- berhasil. Misalnya, iklan yang na itu perusahaan besar seperti periklanan Asia di Nusa Dua. Peran Strategis miliki pangsa pasar yang sangat Indonesia sebagai salah satu awal tahun 1970-an. Jepang an makanan dasar seperti biji- cara nyata sebelum proses pem- sebelumnya erat kaitannya den- Unilever, Coca Cola dan Pepsi Masalah etika periklanan ini Berkumpulnya pengusaha besar dengan jumlah penduduk negara penanda tangan Deklara- merupakan negara yang pertama bijian dan daging babi. Karena bangunan rumah atau dapurnya gan ibu rumah tangga, seperti Cola lebih senang memanfaatkan juga sempat dilontarkan Kepala periklanan Asia di Bali, lanjut sekitar 185 juta," kata Sekjen si Bogor APEC (kerja sama membuka jalan kemudian diiku- itu tantangan utama dunia pe- dimulai," tutur mantan Sekjen sabun cuci, tidak lagi bisa di- TV. Belakangan muncul TV ka- Negara Soeharto, ketika membu- Subrata, pengusaha-industri AFAA Henry Saputra. ekonomi Asia Pasifik) telah men- ti oleh Korea Selatan, Taiwan, masaran saat ini adalah men- Asosiasi Periklanan Pakistan ini. iklankan dengan menampilkan bel sebagai media baru pilihan Generasi baru konsumen di gambar seorang ibu dan anak- konsumen Asia. Perusahaan sep- Melihat kenyataan itu, lanjut gantisipasi globalisasi dengan dan Singapura. Sedangkan Indo- gubah kesempatan yang disedia- ka Kongres ke-19 Asia. Presiden periklanan-Indonesia hendakn- mengingatkan, dunia periklanan ya dapat mengambil peran strate- dia, tidak ada jalan lain kecuali membuka pasarnya. Dalam pasar nesia, Thailand dan Cina meru- kan Asia menjadi realitas yang Asia, katanya lagi, juga tengah anaknya. Kaum perempuan di erti Toyota, Sony, McDonalds, hendaknya mampu menghindark- gis, bukan saja di negara-negara meningkatkan kualitas sumber terbuka ini disadari bahwa pakan barisan kekuatan ekonomi menguntungkan. Tetapi sebagai memasuki alur selera seperti itu. Asia tidak lagi semata-mata ber- Hitachi dan Sanyo segera me- an penggunaan cara-cara yang Asia, tetapi juga di dunia. Den- daya manusia terutama tenaga periklanan mempunyai peranan Asia lapis ketiga. pasar, Asia memiliki kharakter- Generasi baru Asia ini mengala- mimpi menjadi ibu atau mempu- manfaatkan TV kabel Star TV Dibanding negara-negara istiknya sendiri. mi ledakan teknologi, media, ko- nyai anak. "Mungkin saja mere- dari Hongkong. dapat merendahkan martabat gan membantu dan mengemas kreatif di bidang periklanan. Ka- penting dalam menarik korpo- dan Amerika Utara, nega- mputer, informasi dan cara pan- ka memang bekerja di rumah manusia, terutama anak-anak dan produk dan jasa Indonesia di luar lau tidak dipersiapkan, dia kha- rasi global. "Periklanan adalah Munculnya berbagai media wanita. Selain itu, iklan yang dis- negeri, tidak saja berdampak pada ujung tombak industri nasional ra-negara Asia kini tergolong Perubahan Kultur dang baru terhadap dunia yang tetapi belum tentu mereka meni- ampaikan hendaknya tidak men- produk yang dijual itu, tetapi juga dan sekaligus benteng ketahan- makmur mengalami perubahan Jamshed Qureshi, Managing tidak dimiliki generasi terdahu- kah dan punya anak. Mungkin alternatif mengharuskan agen jadi sarana untuk mendikte dapat mengundang investor an bangsa," kata Ketua Panitia kesejahteraan dalam waktu yang Director Bond Adevertising Pvt. lu. "Periklanan tradisional dan saja mereka adalah perempuan periklanan melakukan inovasi. masyarakat. menanam modalnya ke Indonesia. AdASIA Baty Subakti di sela- relatif singkat. Jepang hanya me- Ltd. di Karaci, Pakistan misaln- merk tidak cukup lagi untuk me- yang mengurus pekerjaan rumah Misalnya dengan memanfaatkan sela kongres Periklanan Asia di merlukan waktu 34 tahun untuk ya, memandang Asia sebagai narik perhatian konsumen seperti tangga sambil berkarir. Iklan seni pertunjukkan sebagai sara- Nusa Dua. merampungkan revolusi indus- pasar yang konsumennya sedang ini. Iklan harus mengembangkan yang menganggap semua perem- na memperkenalkan produk. Mengutip penjelasan Presiden trinya. Korea Selatan dan Cina mengalami perubahan kultural pemahaman akan perasaan dan puan yang bekerja di rumah ad- "Kita melihat Pepsi memanfaat- 13 April 1995 dalam perjalanan berhasil melipatgandakan penda- yang penting. Konsumen tidak pikiran konsumen melalui pesan- alah ibu rumah tangga yang me- kan musik dan meramu acara pulang dari kunjungannya di Ero- patan perkapita masyarakatnya lagi merupakan makhluk pesan yang berarti dan menon- miliki anak sering tidak lagi efek- Pepsi Top of The Pops. Demiki- an juga Philip memperkenalkan pa, Baty Subakti mengatakan, masing-masing dalam waktu 11 ekonomi yang bersifat massal jolkan daya tarik visual untuk tif," paparnya. Berkaitan dengan budaya, Philips Top 10. Opera sabun juga promosi makin diperlukan bagi dan 10 tahun. Sedangkan Indo- melainkan telah semakin me- meraih sukses," katanya. Dia pembangunan, terutama industri nesia memerlukan waktu 25 mentingkan identitas individual. kemudian mencontohkan keber- Barry Day Director of Creative menjadi sarana inovasi bagi du- dalam negeri dalam mengem- tahun untuk membuat tingkat "Iklan, agen periklanan, dan hasilan pedagang eceran Body Communication, Interpublic' nia iklan. Nescafe sangat jitu bangkan pasar dunia. pendapatan per kapitanya men- media telah mengubah strategi Shop di Inggris memahami piki- Group of Companies, Lintas menggunakan opera sabun untuk ingkat 13 kali, yaitu dari 70 dolar mereka untuk memenuhi tuntut- ran dengan Worldwide menambahkan, iklan menarik perhatian konsumen di tahun 1969 menjadi 920 dolar an baru ini," ujar pendiri Asos- mengiklankan bahwa produk perlu memahami rasa kebu- Asia," tuturnya lagi. yang diutamakan adalah yang dayaan masyarakat yang menja- Integrasi antara seni pertun- saat ini. Pendek kata, Asia adalah iasi Periklanan Pakistan ini. Konsumen, kata peraih "Ad- tidak mencemari lingkungan. di sasarannya. Dia kemudian jukkan, media komunikasi dan gudangnya keajaiban ekonomi yang tidak bisa dianggap remeh man Of The Year" selama dua Menurut dia, suatu produk mencontohkan, sebuah merk promosi merupakan jasa pemasa- oleh negara-negara di belahan kali berturut-turut ini, sangat me- tidak lagi bisa diiklankan secara mobil menggunakan kata-kata ran terintegrasi yang perlu dunia yang lain. mentingkan rasa "real thing", massal. Artinya iklan yang dita- Just Divorce (Cerai Saja). dikembangkan jika agen Bahkan menurut Majalah Ad- yaitu sesuatu yang bisa dirasakan mpilkan tidak bisa lagi di- "Tidak semua masyarakat men- periklanan Asia ingin tetap ber- vertising Age International ter- secara nyata dan bersifat priba- gunakan menarik konsumen dari ganggap kata cerai sebagai se- tahan. (jas/wis) Dalam kaitan itu, budayawan Dr. Umar Kayam, mengatakan, dunia periklanan harus jujur dan bertanggung jawab terhadap pe- san-pesan yang disampaikan ke- pada masyarakat. "Produsen dan pengelola periklanan perlu me- matuhi landasan kode etik dan tata krama periklanan," ucapnya. Masyarakat, menurutnya, per- lu kritis menerima pesan-pesan yang disampaikan lewat iklan, baik di media cetak maupun ele- ktronik. Dengan sikap ini, pengiklan akan lebih hati-hati dalam mempengaruhi calon konmsumennya agar membeli produknya. Menurutnya, kritisnya masyarakat akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda. Janji iklan yang tak sesuai akan ditinggalkan. Apalagi dalam pasar bebas nanti, masyarakat akan memiliki banyak pilihan. Ini harus disadari pengiklan kalau tidak in- gin produknya ditinggalkan," pa- parnya. Terjadinya pelanggaran ter- hadap etika periklanan, tambah Yusca Ismail, Ketua ASEAN Fed- eration of Advertising Association (AFAA) karena Komisi Periklan- an Indonesia (KPI) belum ber- fungsi optimal. "Jika KPI sudah melaksanakan fungsinya dengan baik, saya kira keluhan ke YLKI dapat dikurangi," katanya. Menurutnya, wewenang pen- Dibandingkan dengan negara- negara lainnya di kawasan Asia Dinilainya, kawasan Asia maju Pasifik, Indonesia masih terting- pesat selama 20 tahun terakhir ini. gal di bidang periklanan. Oleh Advertising expenditure di Indo- sebab itu, kata Sekjen AFAA itu, nesia di tahun 1995 diperkirakan kualitas sumber daya manusia hal telah melampui 1 milyar dolar AS mendesak untuk diperbaiki jika atau lebih 50 kali dibandingkan ingin sejajar dengan negara lain. tahun 1972. Sedangkan pertumbu- "Saya yakin globalisi ekonomi han GDP-gross domestic prod- akan mendorong dunia periklan- uct-negara-negara di kawasan an Indonesia untuk lebih kreatif. Asia rata-rata di atas 7% terma- Tidak hanya menjadi penonton, suk di Indonesia. Padahal Ameri- tetapi memiliki semangat tinggi ka dan Eropa 3,5%. untuk mengejar ketertinggalan yang dialami selama ini," ucapn- ya. (027/026) Catatan pertumbuhan dan po- tensi ekonomi Indonesia bebera- Pengeluaran Iklan Tahun 1989 - 1995 (dalam milyar rupiah) Media 1989 1990 1991 1992 1993 1994 1995* 390 51 212 613 1,062 1,502 320 360 377 484 743 1,012 94 91 95 108 155 205 105 105 100 113 139 170 Televisi 29 Koran 243 Majalah 72 Radio 73 Media Luar Ruang 57 Bioskop 61 58 55 53 176 211 7 8 9 10 10 10 12 700 Total 481 639 835 1,027 1,381 2,286 3,113 Catatan: *) angka perkiraan. Sumber: Media Scene Indonesia Salah satu perubahan drama- tis yang terjadi di dunia sekarang ini menurut mantan Menteri Per- tambangan dan Energi, Prof Dr Subroto adalah munculnya Asia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang baru mengikuti laju pertumbuhan ekonomi yang cepat di akhir tahun 1960-an dan MAN DI ALAM ASRI . PURI GADING JIMBARAN BALI konsumen PURI GADING JIMBARAN BALI Hunian Ideal Keluarga Bahagia Sulit Bers Denpasar (Bali Post) - Produk yang tidak mempun saing dengan produk berlabel Untuk bisa memenuhi tuntuta gadakan preferensi pasar deng Itu dikemukakan Sekjen Dep temen Perdagangan Bakir Has ketika membuka Konferensi Int nasional ke-5 Lingkungan Hidup Kuta, Sabtu. Dia mengatakan, ko disi itu memaksa para produs melakukan penyesuaian ranca produk, kemasan dan proses prod si dengan aspek lingkungan. Menurut dia, selain ditun mampu menghasilkan produk ya berlabel lingkungan, pengusaha ju harus dapat memberikan jamin tentang kemampuan memenuhi j ji menyangkut mutu dan wa penyerahan. Dalam lingkungan pasar ya demikian, pendirian sistem sertif kualitas dengan ISO-9000' me di sesuatu yang tidak bisa dihin kan sebagai instrumen memas dan perkembangan pasar ekspo Indonesia Perlu Ka Jakarta - Menghadapi era liberalisasi dagangan, Indonesia sangat men lukan kader-kader pengusaha y tidak tergantung kepada prote Budaya proteksi tidak dapat d tarikan untuk jangka waktu pan karena akhirnya Indonesia a tergilas dengan sendirinya dalam eralisasi perdagangan itu. Pengamat ekonomi Christi Wibisono mengemukakan ha ketika memberikan ceramah da Seminar Nasional Budaya Ba di Jakarta, Sabtu. Dia membaw makalah berjudul "Jatidiri Panc & Liberalisme Global". U menghilangkan budaya proteks katanya, tidak hanya diwaji bagi dunia usaha swasta tetapi bagi perusahaan negara. Perusahaan industri di ba Badan Pengkajian Industri Stra termasuk industri pesawat ter nasional merupakan unit-unit 2cm Color Rendition Chart ELNUSA yellow pages KAMI KANVAS BALI HARI-HARI ANDA MENJADI SEMAKIN MUDAH DENGAN YELLOW PAGES Kemanapun dan apapun rencana Anda hari ini, YELLOW PAGES BUKU PETUNJUK TELEPON TELKOM membantu mempermudah aktivitas Anda. YELLOW PAGES, segala informasi yang Anda butuhkan ada di dalamnya. Canvas Manager Asep Zarkasih Sanno Denpasar Hotel Bali JI. Hayam Wuruk 200 Renon Denpasar - Bali Tel. (0361) 238-185; 238-186 ELNUSA TELKOM PT. ELNUSA YELLOW PAGES Penerbit Resmi Buku Petunjuk Telepon - TELKOM Jl. Kusuma Bangsa no. 10-12 Surabaya 60272 Telp. (031) 826282-85; 622215; 5350559; 5463991; 5463992, Fax (031) 43613 Sales Representatives kami selalu menggunakan identitas resmi. Pastikan pelayanan yang Anda dapatkan adalah dari PT. ELNUSA YELLOW PAGES LUAS TANAH : 150 m² LUAS BANGUNAN : 90 m 2 LUAS TANAH: 135 m² LUAS BANGUNAN : 48 m² ●Kini kami hadirkan lingkungan yang nyaman dan asri HARGA MULAI DARI Rp. 30.750.000,- TERSEDIA TYPE REGENCY ●T. EDELWEIS 250 / 375 M2 OT. ROSALIA 128 / 200 M2 Membagi-bagi Hadiah GALUNGAN UNTUK 25 PEMBELI PERTAMA TYPE REGENCY B 27 T. FLORENCE 90 / 150 M2 * membuat kami menjadi SCS* Air Conditioner GENERASI BARU SEMKO AIR CONDITIONER MADE IN JAPAN OT. SERUNI REGENCY 48 / 135 M2 ●T. MELATI REGENCY 38 / 84 M2 B Ke Kuta Pasing Bat Kaca nercent tal • 1pk hanya Rp 1.500.000 • AC Split SEMKO dari Jepang . Wireless Remote Control dengan LCD Display • Four Season Re Patung Pemenang 1 Pemenang 2 Ngurah Ras Pemenang 3 Pemenang 4 Pemenang 5 : Daihatsu Espass (Off The Road) : Honda Astrea (Off The Road) : Pioeer Disc Player Karaoke : Lemari Es 2 Pintu Pemenang 6-15 : TV Sony 14" Pemenang 16-25 : Mountain Bike : TV Sony 29" Diversas Udayana TURI CADING he Ausa Dua Ba Cuff Resort DIUNDI DIHADAPAN NOTARIS SETELAH 25 PEMBELI PERTAMA Menerima Harga Jual Berlaku s/d 31 Des'95 MENYEDIAKA RUMAH IDAMAN KELU LENGKAP, DEKAT DENG YANG TINGGI UNTUK BUKIT UANG MUKA MULAI Rp 2.650.000 RUMAH RUM 9 KHUSUS CALON PEM BAPERTARUM, CUKU YANG BERSANGKUTA YANG DITENTUKAN ( Jaminan kompresor 3 tahun Unit terkecil hanya 500 Watt Garansi penuh unit 1 tahun *SCS: Service Center SEMKO Sistem Pelayanan Purna Jual SEMKO Jaminan Kepuasan dan Kesejukan Anda Hubungi: MAIN DEALER SEMKO BALI Jl. Raya Kuta 75H-1 Telp. 756962 SCS/Service Centre SEMKO Denpasar : JI Imam Bonjol 299 Tel. 224129 UD. Kartika Elektronik Jl. Batukaru No.80 Tel. 481269 Jl. Tanjung Sari 3 Kuta Telp. 754658 C3418 CV. Satria Tehnik Indonesia Air Con. Keamanan Taman Bermain Listrik Tempat Hadah Puskesmas Hubungi Pengembang / Pemasaran GUNAKAN KESEM PEMASARAN KAMI 1110 Air Bersik Sekolah Smans Olah Rape PERUM PERUMNAS •KOMPLEKS PERU BUKIT SANGGUL BLOK 14 NO.9-1 TELEPON (0361) TABANAN BALI C. 3760 C. 4080 PT. MITRASURYA CEMERLANG Kantor Perwakilan : Jl. Imam Bonjol 336F Telp. (0361) 483482 No. REI: 00.01089 Denpasar - Bali