Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Cenderawasih Pos
Tipe: Koran
Tanggal: 2015-11-27
Halaman: 16

Konten


Pemimpin BRI Cabang Jayapura, Mochtar Siala didampingi Kepala SDN 3 Abepura, Eduard Rumbino saat melakukan MoU terkait berinvestasi dari menabung, dengan kartu pelajar sudah bisa kecil mereka sudah belajar pelajar dari sekolah. "Cukup BERITA EKONOMI DAN BISNIS ngan SimPel sangat mudah, 3 Abepura, Eduard Rumbino cukup menunjukkan tanda Syarat supaya pelajar dapat edukasi untuk anak-anak bisa ditujukan untuk semua menabung mulai minimal Rp memiliki buku rekening tabu- ini. Untuk pembukaan rekening TK, SD, SMP, dan SMA, Tabu- melalui sekolah-sekolah. anak sekolah mulai dari PAUD, Sementara itu, kepala SDN hami betapa pentingnya tabungan SimPel pertama cukup tabungan untuk kehidupan Rp 5.000,-, selanjutnya bisa EKBIS Cenderawasih Pos, 16 Jumat, 27 November 2015 (SGD) (EUR) (JPY) (PGK) (USD) (AUD) (MYR) 半 46.18 09.44 16.76 48.64 61.00 02.59 10.22 4,789.29 9,819.99 14,654.96 11,254.08 13,802.00 9,984.37 3,278.77 KILAS EKONOMI ATM Panin HUT Panin ke-18, Kamis (26/11). Di ulang tahunnya ke- 18, ini Panim Bank banyak mendapat BPR Minta Aturan Tidak Disamaratakan SELAMATDSURSES WUT KE BOGOR – Pengaduan sengketa atau kasus yang dihadapi kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih minim. Pihak OJK berharap laporan dari BPR sangat diperlukan dalam upaya menganalisis dan mengantisipasi tindak pidana perbankan yang baru. Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo berharap kalangan pelaku usaha BPR semakin banyak memberikan laporan terkait sengketa atau kasus yang dialami, terutama dalam menghadapi konsumen. Padahal, dengan menerima pengaduan dari konsumen atau pihak lainnya, semakin banyak pengalaman praktis yang dibagikan. "Sesuai aturan yang terbaru, setiap tiga bulan seharusnya OJK menerima laporan perkembangan atau kasus dari para pelaku BPR. Namun sekarang masih sangat minim," kata Anto Prabowo dalam Seminar yang diselenggarakan Ikatan Profesional Bankir (iPro) BPR dan Fakultas Hukum Universitas Pakuan, Bogor, Rabu (25/11). Dia mengakui, selama ini pengaduan yang disampaikan kepada OJK belum dilayani secara optimal. Namun, setelah ada bidang edukasi dan perlindungan konsumen maka OJK selalu menganalisis dan mengolah data- data tersebut sehingga bisa merumuskan strategi baru. KUJAYAPURA PISAMATA SALIMSE MM uapan selamat dari mitra kerja. ELFIRA/CEPOS Pelayanan Prima Jadi Prioritas Panin Bank Sekretaris iPro BPR, Hiras Tobing menegaskan perlunya berbagai pihak yang mempunyai otoritas dan kewenangan agar tidak menyamaratakan semua kebijakan sebagai regulator keuangan. Hal itu menyebabkan pendekatan yang dilakukan terhadap lembaga BPR pun tidak sama. "Aturan bisa bersifat umum dan terbuka, tetapi juga harus ada yang lebih detil sehingga arahnya jelas," katanya melalui siaran persnya. Kasubdit Perbankan Direktorat Pindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Kombes Umar Sahid menjelaskan pentingnya mencegah terjadinya tindakan pidana perbankan. Langkah tersebut, menurut dia, membutuh- kan koordinasi dari semua pihak dan kontrol yang ketat. Pencegahan juga bisa dilakukan dengan optimalisasi pengawas internal bank yang melekat dan menyatu, deteksi dini setiap atas kemungkinan penyimpangan, penyusunan prosedur yang jelas, pembenahan manajemen dan kontrol, dan mendorong budaya integritas, semangat, dan tanggung jawab. "Banyak faktor menyebabkan terjadinya tindak pidana perbankan. Untuk itu perlu diatur seketat mungkin agar tidak terulang," ujar Umar. Sementara itu, Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 2/2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana diterbitkan pada Agustus 2015 lalu. Perma tersebut mengatur perkara gugatan di bawah Rp200 juta yang akan diperiksa dan diputus paling lama dalam waktu 25 hari. Jadi, waktu penyelesaian sengketa menjadi lebih singkat dari sebelumnya bisa berbulan-bulan. Syamsul Maarif yang juga Hakim Agung MA menegaskan lahirnya Perma untuk mempercepat dan menyederhanakan penyelesaian sengketa secara tepat dan murah. Selama ini penyelesaian perkara antara konsumen dan lembaga keuangan terlalu berbelit-belit dan memboroskan banyak sumber daya. "Kadang ada sengketa senilai Rp 30 juta tetapi memakan waktu berbulan-bulan dan harus melibatkan setidaknya 11 hakim di berbagai tingkatan persidangan. Itu jika prosesnya dari pengadilan negeri hingga kasasi atau peninjauan kembali (PK)," ujar Syamsul.(fri/jpnn) JAYAPURA- Di Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 8, Kamis (26/11) kemarin. Panin Bank Kantor Cabang Jayapura mera- yakannya bersama nasabah di Kantor Panin Bank Cabang Jayapura, Jalan Samratulangi No 1. Lanjut Anna, dengan HUT ke-8 ini. pihaknya berharap agar Panin Bank semakin maju, sukses dan memberi sumbangsi pada Kota Jayapura dengan cara membantu pertumbuhan ekonomi di Kota Jayapura. "Selain merayakannya ber- sama nasabah prioritas kami, Panin Bank juga mengadakan bakti sosial dan melakukan "Ini bukan pertama kalinya kami merayakan bersama nasabah, tapi setiap merayakan HUT, Panin Bank selalu me- ngundang nasabah," kata Wealth Relationship Manager Panin Bank Cabang Jayapura, Anna Dyah Acara yang diisi dengan ma- kan bersama ini menurut Anna kunjungan ke panti asuhan. Ini merupakan bentukkepedulian kami, bukan hanya pada sesama nasabah, "tandasnya. Sementara itu, salah satu nasabah prioritas Panin Bank, Justus Withrisna pemilik Toko Buana yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan Panin Bank kepada nasabahnya selama ini baik dan tidak ribet. "Jasa dan layanan lainnya menarik serta mendukung transaksi baik untuk prlbadi maupun bisnis," katanya. Lanjutnya, proses pencairan kredit cepat. Bunganya kom- petitif dan tidak ribet. Selain itu juga kata Justus, ada juga hadiah dan penawaran lainnya yang diberikan kepada nasa- bah.(fia/ary) ELFIRA/CEPOS Karyawan PLN sedang melakukan perbaikan jaringan di Jalan Percetakan Jayapura, Kamis (26/11). Perbaikan jaringan terus dilakukan PLN supaya kebutuhan listrik menjelang Natal dan Tahun Baru dapat terpenuhi secara maksimal. Sambut Natal Tambah juga untuk menjalin silaturah- mi antara pihak Panin Bank dan nasabah. Dalam hal ini nasabah sudah seperti keluarga sendiri, serta menjaga jalinan kerjasama yang baik antara nasabah dan pihak Panin Bank. "Pelayanan prima menjadi priqritas kami. Selain itu juga produk-produk dan layanan pendukung lainnya seperti memberikan proses layanan kredit yang cepat, bunga bersaing, menambah kantor cabang dan peningkatan CSR kepada masyarakat," jelasnya. Daya 3 Mega Watt mesin yang mengalami gang- guan saat beroperasi, sehingga konsumen tetap nyaman saat merayakan Hari Raya Natal, "ungkapnya. Diakuinya, kondisi saat ini dari sisi pasokan daya khusus untuk Kota Jayapura sudah mencukupi. Dalam artian aman tanpa adanya pemada- man bergilir lagi. Hanya saja kata Edyson, sewaktu-waktu adanya gangguan pada mesin yang beroperasi. "Kalau mesin listrik PLN Siap Optimalkan Pelayanan JAYAPURA-Tingginya pema- kaian listrik menjelang Natal dan Tahun Baru sudah diantisi- pasi oleh PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B). "Jauh-jauh hari kami sudah memprediksi terkait dengan meningkatkan pemakaian listrik oleh konsumen dan kami akan melakukan penam- bahan daya, agar kebutuhan listrik menjelang Natal dan Tahun Baru dapat tercukupi, 'ujar Manager Teknik PLN WP2B (Wilayah Papua dan Papua Barat) Edyson Radjagukguk. Daya yang ditambah jelang penambahan daya tersebut Natal nanti adalah sebanyak menjadi 75 mega watt dan 3 mega watt, karena daya MIN gangguan selama 24 jam, tentu menye- babkan terjadinya gangguan sebelumnya untuk Wilayah dan kami tidak mungkin mema- damkan listrik di tempat tersebut mega watt, "Dengan adanya selama 24 jam. Inisiatif yang kami ambil dengan melakukan pemadaman listrik secara ber- kami harapkan tidak ada lagi gilir,"tandasnya.(fia/cr-201/ary) ELFIRA/CEPOS Edyson Radjagukguk CRTALIE Kota Jayapura sebanyak 72 OTEL YASMIN BRI Cabang Abepura Launching Tabungan SimPel ELFIRA/CEPOS Salah satu konsumen yang sedang membeli Pertalite di SPBU Entrop Jln. Kelapa 2, Kamis (26/11) kemarin. Pertamina Optimis Pertalite Laku di Pasaran Edukasi Anak Menabung Sejak Dini BANK BRT aunching tabungan SimPel ELFIRA/CEPOS Suasana di Hotel Yasmin, Kamis (26/11) JAYAPURA- PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wilayah Jaya- b pura melalui BRI Cabang Abe- pura melakukan launching Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di SDN 3 Abepura, yang ditandai dengan MoU( kerjasama) dengan SDN 3 Abepura terkait launching Tabungan SimPel. Pemimpin BRI Cabang Jaya- pura, Mochtar Siala mengata- kan, launching Tabungan SimPel BRI ini baru pertama kalinya di Jayapura yaitu di SDN 3 Abepura, Tujuan prog- ram Tabungan SimPel BRI adalah mendukung program pemerintah melalui OJK di dalam meningkatkan tabungan masyarakat,. "Untuk Tabungan SimPel ini, yang pasti kita ingin menge- dukasi anak-anak sekolah untuk belajar menabung sejak dini, dengan harapan edukasi ini akan memberikan gamba- ran kepada siswa bahwa dari Okupansi Hotel Mulai Meningkat ma S3 ABEPURA timbun dulu, pompa dan yang lain. Sedangkan ke 2 SPBU tersebut sudah siap, sehingga Pertalite untuk Wilayah Papua baru di 2 SPBU tersebut. Na- mun kami tetap akan mengusa- hakan agar Pertalite dapat dijual di SPBU lain yang ada di Papua," jelasnya. Terkait dengan stok Pertalite yang disediakan saat launching nanti kata Arif, pihaknya tidak memastikan seberapa banyak yang akan disediakan, yang jelas Pertamina akan tetap menyedia- kan stok Pertalite sebagaimana yang dibutuhkan masyarakat. "Untuk jualan perdana totalnya 26 ribu liter, 16 ribu liter di SPBU Entop dan 10 ribu liter di SPBU Sentani. Untuk Uji Pasar di SPBU Entrop dan Hawai Sentani JAYAPURA- Okupansi Hotel di Kota Jayapura jelang Natal dan Tahun Baru mulai mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasa ataupun pada tahun sebelumnya. Dari pantauan Cenderawasih Pos, Kamis (26/11) kemarin. Baik hotel berbintang ataupun hotel melati di Jayapura ataupun Abepura terisi penuh. Rata-rata padat oleh kegiatan-kegiatan dari instansi pemerintahan ataupun swasta. Front Office Manager Hotel Yasmin, Syahrir mengatakan bahwa tingkat kenaikan okupansi mereka saat ini dibanding tahun lalu di bulan yang sama sebesar 5 persen. Sedangkan untuk tingkat okupansi dibandingkan dengan bulan sebelumnya meningkat sebesar 8 persen. "Peningkatan yang terjadi karena adanya kegiatan- kegiatan yang selalu dilakukan di Hotel Yasmin, baik itu dari instansi pemerintah ataupun swasta," tuturnya. Dijelaskan, setiap bulan November dalam hal ini memasuki Hari Raya Natal dan Tahun Baru kata Syahrir, memang okupansi mereka selalu mengalami peningkatan. Bahkan dalam sehari tempat mereka selalu terisi penuh, baik itu kamar ataupun tempat- tempat pertemuan untuk melakukan meeting. Sementara itu, hal yang sama juga dikatakan General Manager Hotel Grand Talent Jayapura, Sahabuddin bahwa okupansi hotel di tempatnya meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya. "Meningkatnya sejak bulan Oktober kemarin, dengan pengunjung kebanyakan dari Papua sendiri. Terutama dari instansi pemerintahan dan swasta," kata Sahabuddin. Peningkatan ini seiring dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan di hotel mereka. Bahkan kata Baharuddin, terkadang hunian hotel mereka penuh dan terpaksa tidak menerima tamu lagi.(fia/cr-201/ary) JAYAPURA-Produk baru Pertamina yaitu Pertalite akan launching di Jayapura pada 7 Desember 2015 mendatang, namun sebagai uji pasar, saat ini masyarakat sudah bisa mendapatkannya di SPBU Entrop dan SPBU Hawai Sentani dengan harga Rp 8.500 per liter. "SPBU yang kami percayakan saat ini terkait penjualan Per- talite hanya 2 SPBU tersebut. Sedangkan untuk SPBU lainnya akan menyusul," kata Sales Executive Retail Jayapura Pertamina MOR VIII, Arif Wahyu melalui telepon seluler- nya, Kamis (26/11) kemarin. Pihaknya baru mengadakan di 2 SPBU tersebut karena anan mber 2 PRIYADVCEPOS Launching Tabungan SimPel di SDN 3 Abepura, Kamis(26/11) menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BRI. Cabang Abepura yang telah menunjuk sekolahnya untuk launching Tabungan SimPel. Ia mengaku penerapan mena- bung harus dilakukan sejak dini, sehingga nantinya jika sudah besar kebiasan mena- bung sudah ada, dan ia ber- harap lewat kerjasama ini nantinya bisa saling mengun- tungkan, ia juga berkomitmen akan menyampaikan program menarik ini kepada orang tua siswa, supaya nantinya anak- anak di sekolahnya yang berjumlah lebih dari 600 siswa bisa memiliki Buku Tabungan SimPel.(dil/ary) ngan SimPel ini adalah bagian Pertamina sendiri sedang gencar memperluas jaringan Pertalite di masyarakat. Selain itu, SPBU Entrop dan SPBU Sentani yang alat dan bahannya sudah lengkap terkait dengan tangki dan lainnya. "Tidak mudah menjual Pertalite di SPBU lain, karena harus mempersiapkan tangki Sedangkan untuk launching nanti, tetap mengalir saja tanpa ada batasan. Jika SPBU masih membutuhkan Pertalite kami akan langsung kirim berapapun kebutuhan konsumen terhadap Pertalite,"ujarnya. Kata Arif, untuk penjualan Pertalite pihaknya optimis akan laku di pasaran seperti produk Pertamina lainnya. Hal ini karena Pertalite menawar- kan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas di atas pre- mium.(fia/cr-201/ary). sehingga diharapkan sampai dengan dewasa mereka mema- membuka SimPel tabungan masa depan,"jelasnya disela- sela acara tersebut, Kamis (26/11). Dijelaskan, tabungan SimPel 1000, "imbuhnya. website: www.cenderawasihpos.com email: cepos_jpr@yahoo.com / redaksi@cenderawasihpos.com