Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Harian Neraca
Tipe: Koran
Tanggal: 1989-12-04
Halaman: 05

Konten


า ri IV 75. No- pe- uat al. ar- rut ru- sis sa. Hin ng at u- sil C- cat u- T an an Ja an tu D- T- h ai n a- a u n a. 1- n a u n a ci K 1 1 B n n n i 11 y 1, r1 k a it Senin, 4 Desember 1989 PERHUBUNGAN Garuda Akan Tambah Frek. ke Asia- Pasifik Untuk Jaring Wisatawan Jakarta, NERACA UNTUK menjaring wisatawan dalam rangka menunjang program pemerintah pada akhir Pelita V, Garuda Indonesia me-rencanakan penambahan frek-wensi untuk penerbangan internasional yang difokuskan ke wilayah Asia Pasific yaitu Jepang, USA, Australia, Taiwan, Hongkong dan Korea. Menurut Dirut Garuda M. Soeparno belum lama ini, penam- bahan frekwensi ini selain menunjang program pemerintah untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia sebanyak 3,5 juta . selama Pelita V dan berdasarkan kenyataan selama ini rata-rata pertumbuhan penumpang se- tahunnya sebesar 12 persen. Selain ke Asia Pasifik, juga direncanakan ke wilayah lainnya yaitu Eropa, Middle East yang direncanakan suatu perkembang- an normal (lebih banyak ditekankan pada usaha konsoli- dasi). Dikatakan, pertimbangan untuk memprioritaskan wilayah Asia Pasifik adalah perkembang- an ekonomi yang maju pesat dan politik yang relatif lebih stabil. Jumlah seats yang tersedia untuk mengangkut wisatawan seperti tersebut dalam tabel. Adapun untuk menghadapi tahun wisata 1991 untuk pener- bangan dalam negeri yang dilak- sanakan oleh Merpati antara lain sebagai berikut : • Meningkatkan pelayanan pe- nerbangan border crossing. • Melaksanakan off line sales dengan cara membuka agen di luar negeri. • Melaksanakan transaksi de- ngan agen di luar negeri melalui event pariwisata internasional (seperti PATA, ATF, ITIK). • Mengadakan promosi ke luar negeri. •Mengadakan Educational Tour. • Membuat Package Tour untuk EFLEE dijual di luar negeri. . Bergabung dengan Garuda dalam rangka promosi di luar negeri. Meningkatkan interline dengan perusahaan asing. • Membuat tarip khusus untuk wisatawan asing. • Membuat automatisasi CRS (Computer Reservations System). Standard pelayanan sesuai stan- dar pelayanan internasional. • Scheduling terpadu Garuda/ Merpati. Dalam penjelasan lain, kon- sep pembinaan personalia secara umum dalam menghadapi Garuda-Merpati, antara lain di- Jakarta, NERACA MENTERI Perhubungan Ir Azwar Anas minta kepada segenap jajaran Departemen Perhubungan agar dalam meng- hadapi Natal dan Tahun Baru mendatang mengutamakan keselamatan para penumpang. Dalam instruksinya yang di- tujukan kepada para Dirjen dan operator di lingkungan perhubu- ngan menurut Ka Humas Dephub M Salam Susanto SH, instruksi yang disampaikan melalui teleks tersebut sebagai persiapan dini menghadapi kenaikan arus pe- numpang menjelang Natal dan Setelah sholat dan makan siang, dengan tetap menampilkan wajah yang berseri-seri Azwar Anas memenuhi permintaan warga Tarbyah tersebut dan muncul untuk kedua kalinya memberikan, ceramah pada Azwar Anas Diminta Perpanjang Ceramahnya Pekanbaru, NERACA SEKITAR 1.500 orang warga Tarbyah Islamiah Riau, Sabtu di Pekanbaru merasa kurang puas dengan singkatnya waktu cera- mah yang diberikan Ketua De- wan Pembina Tarbyah Islamiah Pusat, Ir. H. Azwar Anas. Meskipun Azwar Anas sudah selesai berceramah, namun warga itu tidak mau meninggalkan ru- angan pertemuan Gubernuran Riau dan minta kesediaan Men- teri Perhubungan itu melanjutkan ceramahnya. pertemuan silaturachmi warga Tarbyah Riau dengan unsur pimpinan Tarbyah Pusat. PERBAIKAN dermaga- 203 sampai dengan dermaga- 205 pelabuhan-Il yang ambruk belum selesai. Di pelabuhan yang sama yaitu di dermaga- 111 terjadi lagi kerusakan. Dermaga tempat kegiatan bongkar-muat barang dari dan ke atas kapal bolong macam sumur dengan ukuran diame- ter hampir mencapai satu meter. Angkutan Natal Utamakan Keselamatan Penumpang pai30.388 kali yang me- ngakibatkan korban jiwa seba- nyak 10.456 orang. Sedangkan kecelakaan yang terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru tahun 1988, tercatat lima kali kecelakaan kereta api yang mengakibatkan tiga orang luka berat dan lima kali kece- lakaan kapal motor, me- ngakibatkan delapan orang meninggal dan sembilan orang hilang tidak dapat ditemukan. Menurut Ka Humas Dephub, untuk angkutan Natal dan Tahun Baru tidak akan ada penambahan armada khusus, karena diper- hitungkan seluruh armada angkutan masih dapat menam- pung jumlah penumpang juga ledakan penumpang diduga tidak akan seramai pada masa Idul Fitri. Para operator perhubungan baik laut, darat maupun udara, hanya akan menambah frekwensi perjalanannya saja pada jalur- jalur khusus yang biasanya ramai seperti Bali dan Medan. Namun begitu juga terjadi lonjakan calon penumpang semuanya siap un- tuk menambah seperti Garuda, Merpati atau PJKA. Dalam ceramahnya Azwar Anas mengatakan, kalau mem- bangun manusia seutuhnya maka tidak ada pilihan lain selain harus membangun jiwa dan badannya. "Dalam menunjang pemban- gunan dewasa ini, kita harus menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa, berakhlak serta berbudi luhur, punya jiwa pejoang, selalu bekerja keras dan berwawasan luas serta bertubuh sehat, kata Azwar Anas. lakukan langkah-langkah per- baikan dibidang organisasi. bidang eselon, bidang diklat. bidang jenjang karier, bidang pe ngupahan, bidang standarisasi kesejahteraan, bidang PMT, MULAI DIKERJAKAN: Pembuatan saluran air di Jl. MH. Thamrin - Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat sudah mulai dikerjakan, seperti terlihat dalam gambar yang diambil di halaman kantor Bank Indonesia Sabtu (2/12). Pembangunan saluran ini untuk menanggulangi banjir genangan di jalan tersebut yang sudah berlangsung bertahun-tahun pada setiap musim hujan.(Foto: ANT) Nampaknya kerusakan der- magapelabuhan yang terachir ini dirahasiakan pimpinan cabang Perum Pelabuhan Tg. Priok. Hari Sabtu ketika De- wan Direksi Perum Pelabuhan- II meninjau di tempat kejadian, kerusakan dermaga-111 terse- but walaupun kelihatannya tidak begitu parah tetapi sa- ngat berbahaya, katanya. Sebab kurang lebih enam meter di sekitar tempat terja- dinya kerusakan, kondisi der- maganya sangat rawan. Tapi anehnya masih dipergunakan juga untuk kegiatan bongkar. muat barang dan Truk. Se- perti disengaja, ujar anggota Direksi Perum Pelabuhan-II yang turut mengawasi dari kejauhan. 1989 1990 1991 1982 1983 EUROPE 291200 312000 353600 395200 436800 AUSTRALIA 236600 270400 304200 338000 371800 N.ZEALAND 26000 26000 41600 62400 83200 U.S.A. 52000 52000 65000 78000 124800 HONGKONG 130000 156000 182000 208000 234000 M.EAST 52000 52000 83200 83200 104000 JAPAN 208000 291200 332800 374400 436800 26000 P.PHINE 26000 26000 26000 39000 TAIPEI 39000 52000 65000 78000 91000 TOT.INTL 1060800 1237600 1453400 1643200 1921400 REGIONAL 663000 767000 871000 988000 1092000 GR.TOTAL 1723800 2004600 2324400 2631200 3013400 (15) Lampiran Tabel : ONE WAY SEAT AVAILABLE BASED ON SEAT CONFIGURATION Tahun Baru. Dikatakan, faktor keselama- tan penumpang memang harus diutamakan mengingat sekarang sudah memasuki musim penghujan. Ditambahkan, di musim penghujan, setiap operator per- hubungan, khususnya angkutan jalan raya, harus esktra hati-hati agar kecelakaan-kecelakaan maut seperti yang terjadi di jalan tol beberapa waktu lalu tidak teru- lang lagi. Menurut catatan, kecelakaan di jalan raya di seluruh Indonesia dalam tahun 1988 menca- Kapal barang tetap diper- bolehkan sandar di dermaga- 111 tapi tidak persis pada der- maga yang bolong sebab panjang dermaga-111 tersebut hampir mencapai 150 meter. Cukup untuk dua kapal. Kurang Pemeliharaan KALANGAN pemakai jasa dari pelayaran dan PBM me- nilai, rusaknya dermaga pela- buhan tersebut karena kurang pemeliharaan. Ini terlihat pada kondisi dermaga pelabuhan lainnya seperti di depan kan- tor Syahbandar yang sering di- lakukan membongkar muatan kayu log (gelondongan) dari kapal dan di dermaga pela- buhan penumpang pelabuhan Nusantara Pura tampak sudah retak-retak. kewarganegaraan. Tarmuzi juga menguraikan langkah perjalanan Tarbyah sejak lahir hingga kini dan sekaligus menguraikan arti dari lambang Tarbyah yang terdiri atas ma- tahari, bintang dan bulan sabit. Gubernur Riau Soeripto se- laku ketua dewan pembina Tar- byah daerah ini menyatakan, keberadaan Tarbyah di propinsi ini sangat penting dan mempu- nyai arti khusus bagi masyara- kat. bidang kualitas bidang motivasi dan prestasi serta rekruitmen pegawai yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan di- usahakan ke arah profesionalis- me. Pada kesempatan pertemuan Pertemuan ketua dewan pem- itu, Ketua Umum Tarbyah Pusat, bina serta unsur pimpinan Tar- K.H. Tarmuzi menyatakan, dalam byah pusat dengan warga Tar- melaksanakan pendidikan hen- byah Riau dihadiri utusan dari daknya semua jenis pendidikan berbagai daerah seperti dari ka- di Indonesia tidak melupakan bupaten kampar, Bengkalis dan pendidikan Pancasila, agama dan lainnya. (ANT) Gubernur minta bidang pendidikan Tarbyah di daerah ini terus meningkatkan peranannya karena hingga kini masih 2,3 persen anak usia sekolah di daerah ini belum tersentuh pendidikan formal. Adpel. Tg.Priok Sudaryo dan Kacab. Perum Pelabuhan Capten. N. Naamin rupanya tidak menekankan pada peng- awasan dan pemeliharaan dermaga pelabuhan tetapi hanya memfokuskan pada kegiatan kelancaran lalu-lin- tas barang dan kapal. Menurut pengamatan, me- mang sejak terjadinya dermaga ambruk beberapa bulan yang Menurutnya, pihak Departe- men Perhubungan akan senan- tiasa memantau seluruh loket- loket penjualan tiket untuk me- ngawasi bila ada penyelenggara yang menaikkan tarif angkutan pada masa menjelang Natal dan Tahun Baru, demikian Salam Susanto (15) Sementara itu barang yang dibongkar dari kapal maupun yang dimuat tidak seluruhnya harus disimpan dahulu di- dalam gudang laut yang tersedia di sepanjang dermaga. Kegiatan bongkar-muat barang sebanyak 67 persen dilakukan secara langsung tanpa disimpan dahulu di dalam gudang karena memang ada ketentuan khusus dari pe- merintah yang diberlaku untuk beberapa jenis barang seperti besi, semen, barang- barang milik Bulog (beras, kacang kedele), makanan ter- nak, bahan baku untuk indus- tri dan barang ekspor non- migas. Sehingga Truk peng- angkut barang langsung masuk dermaga disisi lambung kapal. Akibatnya dermaga pela- buhan yang usianya sudah satu abad lebih lima belas tahun itu tidak dapat menahan beban Bekasi, NERACA SEBANYAK 21 Perusahaan di Wilayah Bekasi Utara dan Bekasi Barat, keberatan ditarik retribusi jalan, karena ikut serta gotong royong membangun dan membiayai jalan tersebut. Sabtu pekan silam, 5 Peru- sahaan yang mewakili 21 peru- sahaan mendatangi Pemda, me- nyampaikan keberatan mereka dan minta agar dari 21 perusahaan yang ikut patungan membiayai pembangunan jalan di Pondok Ungu itu, dibebaskan dari retribusi. HARIAN NERACA DKI Tambah Satu Gedung Perkantoran Modern Jakarta, NERACA KOMISARIS Utama Dhar- mala Group Suhargo Gon- dokusumo dan Presiden Direktur Putra Surya Perkasa Trijono Gondokusumo pekan lalu me- lakukan pemancangan tiang per- tama, dengan ditandai peneka- nan tombol sirene oleh komisaris utama dimulainya pembangunan proyek gedung Wisman Bank Dharmala di Jalan Jendral Sudir- man Kav. 28 Jakarta. Lima Perusahaan itu meng- hadap PU, Dispenda, Kabag Pembangunan, hasilnya semen- tara menurut keterangan PT. Bakrie retribusi ditiadakan, sam- pai ada ketentuan lebih lanjut. Utusan PT. Bakrie yang tidak menyebutkan namanya menga- takan, jalan Pondok Ungu sam- pai Ujung Harapan sepanjang 1,5 Km itu dibangun dengan biaya Rp 60 juta. Tiga puluh juta diper- oleh dari patungan 21 perusahaan yang berdomisili diwilayah Bekasi Utara dan Bekasi Barat. Sisanya Rp 30 juta adalah Bangunan berlantai 21 de- ngan biaya US $ 38 juta atau ku- rang lebih Rp 689 miliar akan diselesaikan dalam jangka waktu sekitar 18 bulan. Gondokusumo pada kesem- patan itu mengatakan, tujuan pembangunan Wisma Bank ini ialah upaya ikutserta secara aktif membantu program pemerintah dalam penyediaan sarana perkan- toran yang efisien dan lebih re- presentatif. Diharapkan, kebera- daan wisma ini dapat memper- indah pemandangan di Ibukota. Pembangunan wisma ini, me- nurut Gondokusumo secara makro menydiakan fasilitas infra struktur, dalam terutama penyediaan lokasi perkantoran modern. Secara mikro merupakan investasi untuk mengamankan asset dari Dharmala Group sendiri. Wisma Bank Dharmala Group, merupakan salah satu bangunan gedung perkantoran komersial berstandar interna- sional, akan dilengkapi berbagai fasilitas dan perlengkapan cukup Jembatan di Ciomas Segera Diperbaiki Bogor, NERACA JEMBATAN yang retak di jalan utama Ciomas yang padat lalulintas akan segera diperbaiki oleh Pemda Kabupaten Bogor dengan bantuan dana dari be- berapa perusahaan yang nilai keseluruhan sebesar Rp 50 juta. Rencana perbaikan ini telah dibicarakan antara Pimpinan PT Daya Usaha dengan Pemda melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum Fauzi Si'in. Jembatan ini sangat potensial bagi masyarakat di sekitarnya karena satu-satunya penghubung bagi kendaraan yang membawa hasil pertanian, bahan galian batu pasir, dan sembilan bahan pokok untuk konsumsi rakyat setempat. Jembatan dengan panjang 8 m dan lebar 6 m ini, dua minggu lalu, retak di bagian tiang utama penyangga sehingga tidak bisa dilalui kendaraan besar. Untuk mengatasi kerusakan dibuat jalan terobosan melalui persawahan dan menembus ke Desa Pagen- tongan. Keberatan Ditarik Retribusi Jalan Disekitar jalan terobosan ini sebulan lalu memang diportal oleh Pemda dengan maksud mencegah kendaraan yang me- ngangkut galian C secara liar. Kondisi Dermaga Pelabuhan Tg. Priok Memprihatinkan lalu kapal yang tiba di pela- buhan tersebut tambah ba- nyak padahal ini hanya ter- pengaruh oleh konfisi. Fasilitasnya jadi terbatas sehingga kapal yang keluar masuk pelabuhan harus diatur tempat sandarnya. berat barang yang daya gan- dihubungi Neraca Sabtu. darnya hanya mampu untuk Dahulu pada tahun 1970- kekuatan dua sampai tiga ton. an waktu operasi bersih di- Berdasarkan data statistik lakukan di pelabuhan Tg Priok, dari Perum Pelabuhan-II, ketentuan dari pemerintah kapasitas bongkar-muat ba- rang di pelabuhan Tg Priok dalam tahun 1988 mencapai lainnya seperti tersebut dia- tas. Bahkan terbetik berita dari perhubungan laut, kalau perlu pelabuhan tidak usah memi- liki gudang laut di masa yang akan datang. tersebut hanya khusus diber- lakukan terhadap bahan pokok beras. Namun sekarang diber- 12 juta ton lebih termasuk lakukan juga terhadap barang minyak dan barang curah di Bogasari. Khusus untuk pela- buhan Tg.Priok setiap hari sebanyak kira-kira 30 ribu ton barang keluar-masuk pela- buhan diantaranya ada yang dimuat dengan peti kemas. Penguasa pelabuhan setempat tampaknya tidak bisa menolak ketentuan dari pemerintah tersebut. Jadi dapat dibayang- kan kalau setiap hari seribu Truk lebih yang muat barang langsung masuk dermaga, parkir disisi lambung kapal. Sedangkan daya gandar der- maga hanya diperuntukkan menahan beban berat maksi- maltiga ton tiap meter persegi. "Truk yang muat peti kemas beratnya sudah lebih dari sepuluh ton, belum semen, besi dan barang-barang lainnya", ujar Kepala Divisi Perum Pela- buhan Tg.PriokOetomo ketika bantuan Pemda, sedang pemba- ngunannya dilaksanakan oleh PU Pemda Bekasi. Bangunan jalan itu selesai bulan Maret 1989 lalu dan selama ini semua kendaraan angkut ba- rang yang liwat dijalan itu tidak ditarik retribusi. Tiba-tiba (Jum'at lalu) peru- sahaan-perusahaan itu menerima surat dari Dispenda bahwa semua kendaraan angkutan barang yang menggunakan jalan Pondok Ungu dikenakan retribusi Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,- menurut besarnya kendaraan (truck angkut barang) "Akibat itu kami rame- rame mendatangi Pemda minta pertimbangan", ujarnya. Kepala PU, Kepala Dispenda Pemda Bekasi ketika dihubungi NERACA tidak ada ditempat, Kepala Pembangunan Drs. Ruddi Sugiarto kepada NERACA me- ngatakan bahwa, jalan Pondok Ungu yang dibangun sebagian dengan biaya patungan peru- sahaan itu, tidak ditarik retribusi. Staf Dispenda bagian retribusi jalan kepada NERAČA mengakui baru satu hari memungut retribusi dan hasilnya cukup besar. (K-9) Sebab fungsi pelabuhan statusnya nanti bukan sebagai terminal tempat persinggahan lalu-lintas barang melainkan sebagai "Moda Transport" yang terpadu antara sub sektor angkutan laut, darat dan udara. Semua barang yang diangkut pelayaran begitu merapat di pelabuhan langsung oleh Truk dari sisi lambung kapal dan terlebih dahulu diurus penye- lesaian surat dokumen oleh pemiliknya di kantor BC lang- sung dibawa ke gudang pemilik di luar pelabuhan atau di- angkut dengan kereta-api dan pesawat terbang. (F). canggih dan mampu memberi ciri khusus bagi khazanah bangunan modern di Jakarta, Bangunan terdiri dari lantai dasar dan mez- zanine yang dilengkapi fasilitas Restaurant/perparkiran yang luas. Sedang lantai-lantai bagian atas diperuntukan bagi perkantoran, masing-masing merupakan ru- angan bebas tiang tersusun de- mikian rupa sehingga ruangan dapat memberikan fleksibilitas besar dalam penyusunan lay out perkantoran oleh penyewanya. Arsitektur bangunan diran- cang sesuai dan memenuhi stan- dar perkantoran up to date bagi bussiness Executive, yang selalu mengikuti kemajuan zaman dan teknologi, tambah Benny Wakil Presdir kepada Neraca di kan- tornya Wisma Dharmala Sakti. Dia mengatakan bangunan itu dilaksanakan dengan metode project & contruction manage- ment system, yakni metode pem- bangunan berdasarkan sains (sci- ence) dan teknologi dalam bidang konstruksi. "Namun untuk semntara portal itu dibuka oleh masyarakat meskipun tanpa ijin dari Pemda," kata Kabag Perekonomian Drs. Aan Hanafiah. Kerusakan jembatan itu juga menyebabkan penerimaan retribusi pemda menjadi berku- rang karena pos Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) yang ada di jalan utama Ciomas itu sama sekali tidak berfungsi. Padahal pemasukan terbesar dalam per- olehan retribusi dari pos ini. Dinas Keterangan yang diperoleh di PU Kab Bogor. menyebutkan bahwa dana yang ada itu, sebesar Rp 38 juta digunakan membangun kembali jembatan dan sisanya untuk biaya penyewaan jembatan darurat Bailley selama 3 bulan. Dengan peranan DAMRI tersebut akan merangsang dan menunjang pencapaian sarana perhubungan dari desa sampai ke kota sehingga cita-cita wawasan nusantara menjadi kenyataan, tandasnya. Penumpang Damri Semakin Peka Bandar Lampung, NERACA PERUM Damri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilingkungan Departemen Perhubungan di bidang angkutan penumpang dan barang. Hal itu dikemukakan Direktur Utama Perum Damri Soemarjoso pada sambutan tertulis dalam menyambut hari jadi "DAMRI" ke-43 di Bandar Lampung, yang dibacakan Djaminar Segala Kepala Bis Kota DAMRI Bandar Lampung, Sabtu lalu. Karena itu katanya Perum Damri sebagai penyedia jasa berbagai sekmen usaha antara lain angkutan kota, angkutan antar kota/transit, angkutan paket, angkutan perintis, angkutan wisata serta angkutan khusus Bandara, mempunyai peranan penting dalam membina persa- tuan bangsa dan negara. Jakarta, NERACA Gedung dibangun di atas luas tanah sekitar 11.000 meter. persegi, juga akan disediakan tempat parkir kendaraan bermo- tor berlantai tujuh terpisah dari gedung utama. Diharapkan, ini sudah bisa Swasta Besar Nasional dioperasikan pertengahan 1991. Sedia Bangun Ps. Medan "Kami optimis, prospek bisnis perkantoran di Jakarta akan tetap cerah, walau persaingan saat ini ketat kata, Trijono Gon- dokusumo.(11) MENTERI PU Ir. Radinal Moochtar menyatakan, dunia usaha jasa konstruksi baik itu BUMN maupun swasta diha- rapkan dalam Pelita V agar pan- dai-pandai memanfaatkan pe- luang dan kesempatan yang ada untuk memajukan dan mengem- bangkan diri seluas-luasnya. Ia mengatakan hal itu ketika memberikan pengarahannya dalam rangka peringatan hari kebaktian PU ke-44 hari Minggu pagi di Dept. PU Jakarta. Menurutnya, peluang itu haruslah sesuai dengan aturan main yang ada sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan pro- duktivitas dalam pelaksanaan pembangunan. Sebagai wiraswasta, sebagai mitra pemerintah dan pejuang dalam pembangunan, para kon- sultan dan kontraktor nasional hendaknya menggunakan ke- mampuan profesi bukan hanya untuk ambil keuntungan semata- PU-Konstruksi Perusahaan & BUMN agar Memanfaatkan Peluang mata melainkan untuk mengabdi penghargaan Satya Karya 20 kepada kepentingan pemban- tahun dan 30 tahun bagi karya- gunan bangsa dan kesetiaka- wan di lingkungan Dept. PU. wanan sosial. Di lingkungan BUMN Dept. PU diberikan kepada 200 orang, Sekretaris Jendral 50 orang, Irjen 10 orang, Balitbang 7 orang, Ditjen Pengairan 49, Ditjen Bina Marga 81, Ditjen Cipta Karya 17, Kanwil PU 191 dan Dinas PU 1 orang. Pontianak, NERACA JALAN Sintang-Putusibau, di pedalaman Kalimantan Barat pada akhir Repelita V diha- rapkan telah beraspal, demikian Kepala Sub Dinas Bina Marga Kanwil DPU Kalbar Ir H Setiawan, di Pontianak, Sabtu. Paket pertama berupa lapis penetrasi sepanjang 26,5 kilome- ter dengan biaya sekitar Rp 2,4 miliar dan paket kedua, dalam bentuk lapis pondasi bawah sepanjang 17 kilometer, dengan biaya kurang lebih Rp 961 juta, katanya melalui stafnya, Ir Josid. Untuk pembangunan jalan darat yang menghubungkan Kabupaten Sintang dan Ka- bupaten Kapuas Hulu itu, dana yang diperlukan berasal dari ber- bagai sumber antara lain dari APBN, bantuan luar negeri, APBD Tingkat I, Inpres Pe- nunjangan Jalan Kabupaten dan APBD Tingkat II setempat. Jalan darat yang sejak lama dirindukan masyarakat Ka- bupaten Kapuas Hulu sepanjang 261 kilometer itu, akan membuka isolasi daerah-daerah perhuluan sebelah timur Kalimantan Barat. Dalam tahun anggaran 1989/ 1990 kegiatan peningkatan jalan antara Sintang ibukota Kabupaten Sintang dan Putusibau ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, di per- huluan sungai Kapuas itu dilak- sanakan melalui dua paket. Jalan tersebut disambung oleh jalan nasional, yang dahulu dike- nal sebagai jalan negara dari Meda, NERACA Utara (USU) dan dipandang co- KETUA sebuah Koperasi cok untuk toko-toko buku ber- Pasar yang menghimpun skala besar. sedikitnya 600 pedagang korban kebakaran di Medan, Minggu mengatakan, sebuah perusahaan kembali swasta besar nasional bersedia membangun kembali pasar Pemda Sumut yang terbakar. Menurut Harahap, Manggala tidak hanya bersedia membangun pasar itu sehingga memungkinkan para korban kebakaran membuka usahanya, melainkan juga mengikutsertakan KOPPAS sebagai pemegang saham dalam badan usaha baru yang akan membangun dan mengelola bangunan. Kesediaan tersebut, tidak ter- batas pada pembangunan kembali Pasar Pringgan yang terbakar 17 April lalu, melainkan juga akan mengusahakan modal serta cara- cara memperkembangkan usaha, kata Ketua Tim bentukan KOP- PAS "Harapan Jaya", Amri Ef- fendi Harahap yang bertugas mencari upaya untuk memba- ngun kembali pasar tersebut. Harahap menyebutkan, PT. Manggala Mandiri Sentosa Jakarta pimpinan Tantyo A.P. Soedhar- mono yang memiliki 36 anak perusahaan telah menyatakan kesanggupan membangun kem- bali Pasar Pringgan milik Pemda itu dengan lima lantai. Dua lantai terbawahnya mampu menam- pung seribu pedagang terutama korban kebakaran. Menurut Soemarjoso, masya- rakat sebagai pengguna jasa Pe- rum DAMRI akhir-akhir ini semakin peka. Hal ini dapat dimengerti karena masyarakat pengguna jasa adalah merupakan raja sehingga perlu diberikan pelayanan sebaik-baiknya.(KNI). 69 trayek dengan jumlah armada Mengenai trayek-trayek un- tuk kendaraan angkutan pinggir kota yang dikelola oleh Koperasi Wahana Kalpika (APK-KWK), Herman menjelaskan trayek- trayek KWK yang sudah diberi- kan oleh DLLAJR DKI sebanyak Tiga lantai di atas diperuntuk kan bagi usaha hiburan serta yang ada hubungannya dengan usaha dunia pendidikan di antaranya toko buku besar. Pengadaan Trayek Disesuaikan dengan Kebutuhan Masyarkaat Jalan Sintang-Putusibau Akhir Repelita V Beraspal Lokas Pasar Pringgan di Jalan Iskandarmuda relatif dekat de- ngan sejumlah Perguruan Tinggi diantaranya Universitas Sumatra Kata Menteri, keberhasilan pembangunan bangsa nasional sebagai pengamalan Pancasila tergantung pada sikap mental, tekad dan semangat ketaatan dan disiplin para penyelenggaraan negara serta semua rakyat Indo- nesia. Jakarta, NERACA PEMERINTAH dalam hal ini Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) DKI dalam menetapkan trayek untuk kenda- raan angkutan umum disesuai- kan dengan permintaan kebu- tuhan masyarakat. Demikian penjelasan Kepala Subdis Bina Usaha Angkutan DLLAIR DKI Herman Tonglo, SH menjawab KNI sehubungan dengan adanya permintaan dari para pemilik kendaraan/usaha angkutan agar LLAJR membuka trayek baru. Pada bagian lain dalam pe- ngarahannya Menteri mengingat- kan, bahwa peringatan hari Kebaktian PU ke-44 ini, bukan hura-huranya yang penting, tapi paling penting adalah kesadaran untuk membulatkan tekad, mem- pertebal rasa kebersamaan, memantapkan rasa tanggung- jawab guna melanjutkan perjua- ngan mewujudkan cita-cita kemerdekaan itu dengan pemba- ngunan yang nyata. Sintang sampai ke Pontianak sepanjang 395 kilometer. Ruas jalan dari Sintang sam- pai ke perbatasan dengan Ka- bupaten Kapuas Hulu sepanjang 53,5 kilometer bulan lalu ditinjau Pembantu Gubernur Wilayah I Drs. Supardal dan Bupati Kapuas Hulu Drs A.M Djapari. Lanjutan Pekerjaan DENGAN produk akhir pe- meliharaan jalan kerikil sepanjang 120 kilometer antara kilometer 53,5 sampai kilometer 173,5 jalan Sintang Putusibau memanfaatkan dana APBD Tingkat I Klabar dan pinjaman luar negeri sekitar Rp 1,27 miliar. Pelaksanaan pekerjaan yang berlangsung sampai akhir tahun anggaran 1990/1991 itu, antara kilometer 189,5 sampai kilome- ter 241 dilakukan pemeliharaan jalan kerikil kurang lebih 50 ki- lometer dengan biaya APBD Tingkat I Kalbar sekitar Rp 183 juta. Pekerjaan ini berlangsung sampai Maret 1990, sedangkan dari kilometer 241 sampai kilo- meter 261, peningkatan jalan dilaksanakan oleh DPU Ka- bupaten Kapuas Hulu. Dalam tahun anggaran 1990, 1991 akan dilanjutkan pe- ningkatan dengan pengaspalan sepanjang 27,10 kilometer. Pe- kerjaan yang dijadwalkan ber- akhir Desember 1990 itu, me- manfaatkan dana anggaran be- lanja tambahan (ABT) sekitar Rp 5 miliar. Pada kesempatan itu Menteri secara simbolik juga memberi Ia juga menjelaskan rencana penetapan harga jual bangunan siap bangun ditetapkan semurah- murahnya kepada para korban kebakaran yang umumnya berekonomi lemah. Harga itu ti- dak lebih dari Rp 400 ribu per meter persegi. Para anggota KOPPAS langsung bisa men- dapatkan tempat baru dengan cicilan tanpa uang muka. sebanyak 2.415 kendaraan yang beroperasi, di wilayah-wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Hari Kebaktian PU yang jatuh tanggal 3 Desember 1945 - 3 Desember 1989 dan dirayakan untuk ke 44 kalinya dengan ber- bagai kegiatan, seperti Porseni, di mana diikuti 15 cabang olah- raga dan sebagai juara umum kompleks PU Bekasi, dan PWI Unit PU mendapat juara ke-3. Selama berdirinya Departe- men PU (Dahulu disebut Kemen- terian Pekerjaan Umum), sudah 35 orang Menteri yang mendu- duki jabatan itu, dan kini sebagai Menteri PU yang ke 35 adalah Ir. Radinal Moochtar. (11). "Bandingkanlah dengan harga Rp 1,6 juta per meter di Pasar Hongkong, yang juga milik Pemda yang segera dibangun swasta", kata Harahap. Manggala, menurut Harahap, telah pula menegaskan kesediaan memberikan atau menjaminkan kredit modal usaha dari Bank bagi korban kebakaran sehingga mereka tidak mengalami kesuli- tan modal usaha selama sepuluh tahun pertama. Kesepakatan Lain KOPPAS dan Manggala juga Halaman V Pemda Kabupaten Madiun akan mengambil tindakan tegas yaitu menggusur 11 rumah pen- duduk yang tidak mau pindah, katanya belum lama ini. sudah mencapai yaitu Mandala akan memodernisasikan cara-cara berusaha pedagang tradisional, sehingga dapat menerapkan prin- sip-prinsip ekonomi profesional dan memungkinkan usaha tum- buh menjadi besar, Menurut ketentuan yang telah disepakati bersama, masyarakat yang tanahnya terkena proyek tersebut tidak diberi ganti rugi. Penjelasan itu dikemukakan nya karna pengaduan 36 warga Jalan Adil Makmur Kecamatan Dolopo kepada Mendagri dan DPR mengenai kasus ganti rugi tanah dan bangunan yang terkena gusur. Kerja sama KOPPAS dan Manggala, menurut Harahap, sudah sesuai dengan ciri kekeluar- gaan seperti ditegaskan undang- undang dasar 1945. Tetapi, katanya, konsep terse- but ternyata tidak segera dapat disetujui Pemda Medan, yang nemilih kerja sama KOPPAŠ dengan pengusaha swasta lokal, meskipun konsepnya sama sekali belum jelas. Walikota Medan Agus Salim Rangkuti, ketika melantik pengu- rus KOPPAS Harapan Jaya 2 Mei lalu mengatakan, pembangunan kembali serta pengelolaan Pasar Pringgan idealnya dilakukan atau sekurang-kurangnya mengikut- sertakan KOPPAS. Tetapi sepekan lalu, ia juga menegaskan di gedung DPRD. Medan bahwa KOPPAS tidak bisa terlalu maju membuat rencana pembangunan dan pengelolaan pasar baru, karena keputusan akhirnya berada di tangan Pemda. PT. Triwira Loka Jaya, Deve- loper lokal yang ikut dipimpin seorang anak pejabat tinggi Kota Medan, menurut Walikota sudah darurat segera setelah kebakaran. berjasa membangun kios-kios kemudian diganti Pemda. Meskipun modal pembangunan Tanah Untuk Jalan Tak Dapat Ganti Rugi 75.000 sampai Rp 100.000 per meter. Nilai yang harus diganti pe- merintah kepada Triwira, ialah Rp 70 ribu per meter persegi ba- ngunan darurat Rp 184,4 juta untuk 660 kios berukuran empat meter persegi. Madiun, NERACA PEMDA Kabupaten Madiun, Khusus mengenai 36 warga Jawa Timur tidak akan memberi- kan ganti rugi tanah kepada yang belum bersedia mem- masyarakat Kecamatan Dolopo bongkar rumah mereka, Bupati yang tanahnya terkena proyek Kardiono mensinyalir, di antara pelebaran jalan, kata Bupati mereka itu terdapat kelompok Madiun Ir. Kardiono dengan ala- yang sengaja menghambat jalan- nya pembangunan". san sudah melakukan musya- warah sebelumnya. Namun menurut Harahap, nilai bangunan darurat itu tidak lebih dari Rp 7.000 perkios. (Ant). Penduduk Kecamatan Dolopo yang tanah serta bangunannya terkena penggusuran itu tercatat 106 Kepala Keluarga dan yang masih tetap bertahan di lokasi sebanyak 11 kepala keluarga. Menanggapi sikap penduduk yang bermukim di jalan Adil Makmur itu, Ketua DPRD Ka- bupaten Madiun, Sastrodihardjo mengimbau Pemda setempat agar melakukan pendekatan dan musyawarah kembali dengan warga agar permasalahan dapat dituntaskan. Menyinggung mengenai tun- tutan warga yang menilai peleba- ran jalan tersebut menyalahi Perda Warga Jalan Adil Makmur No. 8/1956 yang seharusnya haya dalam pengaduan tersebut 13 meter dijadikan 16 meter, ia menuntut ganti rugi yang layak tidak bersedia memberikan ko- dengan menetapkan harga Rp mentar. Anda dapat memperoleh HARIAN NERACA di SEVEN ELEVEN 1. Jl. Ciranjang No. 1 Telp. 710196 2. Wijaya Grand Centre Telp. 7202955 3. Jl. Gatot Subroto (Blk POM bensin) Telp. 7291886 WASERBA CIRCLE K Jl. Raya Proklamasi No. 61 Telp. 828328 1. Jl. Panglima Pollm Raya No. 37 Telp. 7391046 2. Jl. Hang Tuah Raya No. 8 Telp 7396851 3. Jl. Bangka Raya No. 12 Telp. 7993999 4. Jl. Gandarla Tengah 11/2 Telp. 770996 5. JI, Paus No. 54 Rawamangun Telp. 4890551 6. Jl. Tanjung Duren No. 363 Telp. 594318 7. Jl. Mandala Raya No.4 Telp. 591460 KOTA JAYA mini plaza Jl. Bangka Raya No. 2 Kemang Jakarta Selatan Telepon 7995265 MITRA BOOK STORE. Gd Kramat Jati Indah Lantal II Jl. Raya Bogor Jakarta Timur