Tipe: Koran
Tanggal: 1997-11-14
Halaman: 08
Konten
Jumat, 14 Nopember 1997 ILMIAH POPULER Bisnis di Antariksa Kini Makin Semarak ka ditangkap di bumi. Untuk menghindarkan kese- sakan terjadi pada orbit-orbit go- stasioner, International Tele- communicaiton Union (ITU) memutuskan siapa yang akan mendapat celah yang mana. Sinyal-sinyal dari dan ke sa- telit akan saling mengganggu sa- tu sama lain. Sebagai akibatnya, hanya beberapa ratus celah da- pat dipakai, dan celah di atas ne- gara-negara ramai banyak dipe- rebutkan. SELAMA 40 tahun sejarah- nya, perlombaan di ruang ang- kasa telah mengalami peruba- han yang sangat besar. Berawal dari satelit-satelit dini dan misi perintis ke bulan, kini tumbuh bisnis multi-milyaran dolar yang didominasi oleh berbagai perusa- haan. Sebenarnya persaingan di an- tariksa berawal 4 Oktober 1957, ketika Uni Soviet meluncurkan Sputnik 1-satelit buatan perta- ma di dunia. Satelit ini bahkan melakukan beberapa eksperi- men ilmiah ketika mengorbit me- ngelilingi bumi pada ketinggian lebih 224 kilometer. Hari-hari pertama persaingan antariksa didominasi oleh Uni Soviet. Setelah Sputnik, Uni So- viet menempatkan manusia di antariksa. Tahun 1961, Yuri Ga- garin mengeliingi bumi satu kali dalam kapsul Vostok-1 yang sempit itu, sebelum kembali ke bumi. Pihak AS muncul sebagai ne- gara pertama setelah 20 Juli 1969 mendaratkan manusia di bulan dengan misi Apollo 11. Sejauh ini AS merupakan satu-satunya negara yang berhasil mencapai kinerja tersebut. Sejak itu, bisnis antariksa pun berubah. Proyek-proyek yang berusaha mengangkut manusia ke antariksa pun mulai disela- raskan dengan program-program militer. Sekarang, kebanyakan perusahaan yang membangun dan meluncurkan satelit adalah perusahaan-perusahaan komer- sial. Persaingan yang terjadi ter- nyata bertujuan merebut pelang- gan, bukannya merebut tempat dalam sejarah. Jadi tujuan uta- manya adalah bisnis. TANTANGAN BARU Arianespace, yang dimiliki oleh perusahaan di 12 negara Eropa, mendominasi pasar pe- luncuran satelit komersial yang bernilai 35 milyar dolar. Hampir 60 persen dari satelit-satelit yang ditempatkan ke orbit tahun 1996 diluncurkan menggunakan roket Ariane - peluncur satelit yang dikembangkan oleh European Space Agency (ESA - Badan antariksa Eropa). Tahun 1996, Arianespace meluncurkan 15 sa- telit dengan 10 roket. Sementara Arianespace me- nerbangkan satelit-satelit, ESA melakukan misi-misi ilmiah atas nama 14 negara anggotanya. Ari-anespace berharap agar pen- erbangan kedua dari Ariane 5, ro-ket bermuatan berat milikn- ya, akan mengalami lebih sedikit masalah daripada penerbangan perdananya. Pada 4 Juni 1996, kesalahan pada piranti lunak me- nyebabkan pesawat tersebut me- ledak hanya 40 detik sesudah le- pas landas. Persaingan merebut pelang- gan berasal dari pihak China dan Jepang, yang sama-sama berusa- ha meningkatkan jumlah roket yang diluncurkan setiap tahun. Jepang berencana meluncurkan 10 roket pertahun mulai tahun 1997 dan telah menandatangani kontrak bernilai juatan dolar de- ngan perusahaan raksasa AS, Hughes, untuk menempatkan 10 satelit ke orbit. Perusahaan terse- but ingin pula melanglang bua- na ke bulan. China bermaksud menyamai jumlah peluncuran satelit Jepang sesudah negara init berhasil membuktikan bahwa roketnya dapat diluncurkan secara meya- kinkan. Serangkaian peluncuran yang gagal tahun 1995 dan ta- hun 1996 menyebabkan China kehilangan kontrak dengan In- telsat. Negara-negara lain, se- perti Brazil, India dan Israel, se- dang mengembangkan roket-ro- ket mereka-demikian pula bebe- rapa perusahaan swasta yang ba- ru. Bilangan satelit kecil yang mengorbit pada ketinggian yang rendah akan bertambah paling tidak 75 persen, dan perusahaan- perusahaan ini ingin mendapat keuntungan dari peluncuran sate- lit-satelit kecil seperti itu. Satu organisasi yang tetap aktif sejak hari-hari pertama era antariksa adalah National Ae- ronautics and Space Adminis- tration (NASA - Dinas Pener- bangan dan Antariksa Nasional) AS. Sejak hari keberhasilannya dengan misi-misi Apollo, NASA mengembangkan pesawat ulang- alik-pesawat antariksa yang da- pat digunakan berulang, dan mampu menerbangkan satelit- satelit beserta para astronot ke orbit. Perkembangan pesawat ulang-alik mengalami kemun- duran tahun 1986, ketika pesa- wat antariksa Challenger mele- dak dan menewaskan keseluru- han tujuh astronotnya. Kini, pe- sawat ulang-alik digunakan ter- utama untuk melakukan misi- misi ilmiah. NASA membiar- kan perusahaan-perusahaan an- tariksa lain, seperti Lockheed- Martin dan McDonnel-Doug- las, melakukan peluncuran sate- lit-satelit komunikasi untuk pe- rusahaan-perusahaan televisi dan telepon. Keruntuhan Uni Soviet mem- buat negara ini hampir bangkrut dan menyebabkan tidak sebera- pa uang yang tersisa untuk ilmu peroketan yang memang mahal itu. Bahkan MIR, stasiun anta- riksa Rusia, kini sangat tergan- tung kepada AS untuk penyedi- aan suku cadang, astronot yang segar, dan bahkan bahan bakar. Stasiun antariksa tersebut ditem- patkan pada ketinggian 330.000 meter tahun 1986. Rusia telah membangun be- berapa bagian pesawat mengor- bit yang jauh lebih besar, yang diberi nama International Space Station (ISS). Akan tetapi, krisis keuangan telah menunda pelun- curan bagian pertamanya sela- ma 11 bulan. Rusia telah menandatangani kontrak peluncuran dengan Ari- anespace dan sebuah konsorsi- um perusahaan AS bernama In- ternational Launch Services. Kartu handalannya adalah pro- ton, roket Rusia yang paling te- percaya di dunia. Karena jum- lah satelit yang menanti giliran untuk diluncurkan akan sangat meningkat dalam lima tahun mendatang, persetujuan ini da- pat membantu Rusia mendu- kung program antariksanya yang sedang sakit-sakitan. Walaupun menghadapi ma- salah dalam menghimpun dana untuk menunjang programnya sendiri, melalui persetujuan-per- setujuan kerjasamanya dengan NASA dan ESA, Rusia membe- ri sumbangan juga kepada ba- nyak misi ilmiah. Kerjasama ini mungkin akan menghasilkan mi- si kerjasama AS-Rusia untuk mengirim manusia ke planet Mars tahun 2021. Akan tetapi, hal ini hanya dapat terwujud jika Rusia dapat mengatasi krisis ke uangannya. Dewasa ini lebih 300 satelit sedang mengorbit bumi. Bebe- rapa di antaranya untuk tujuan eksperimen, namun kebanyakan digunakan untuk memenuhi ke- butuhan komunikasi. Banyak dari satelit-satelit ini menyiar- kan gambar-gambar televisi ke seluruh dunia, menyampaikan pesan-pesan radio dan telepon, serta memungkinkan militer memata-matai apa yang terjadi di permukaan bumi. Satelit-satelit komunikasi berkomunikasi dengan bumi menggunakan gelombang-ge- lombang mikro. Satelit satelit ini menggunakan sebagian dari spektrum, elektromagnetik yang dikenal sebagai C-band, yang melibatkan frekuensi-frekuensi- antara 4 dan 6 gigahertz atau sa- tu milyar gelombang per detik. Sinyal-sinyal ini bisa ditangkap dengan piringan satelit beruku- ran 3,5 meter dan bisa terhalang oleh hujan lebat atau angin ri- but. ORBIT-ORBIT TERPISAH Untuk mengatasi masalah- masalah ini, digunakanlah spek- trum gelombang mikro Ku-band pada frekuensi-frekuensi antara 11 dan 14 gigahertz. Frekuensi- frekuensi yang lebih tinggi, Ka- band, yakni antara 18 dan 31 gi- gahertz, juga segera digunakan. Lebih tinggi frekuensi berarti lebih pendek panjang gelombang dan piringan penerima pun bisa lebih kecil. Sinyal dari satelit- satelit Ka-band dapat ditangkap dengan piringan-píringan berga- ris tengah hanya 18 inci. Satelit-satelit menggunakan antene untu menangkap dan mengirim sinyal-sinyal gelom- bang mikro itu. Karena gelom- bang-gelombang mikro menja- di semakin lemah ketika berge- rak bolak-balik, maka satelit-sa- telit menggunakan transponder untuk memperkuat sinyal-sinyal tersebut supaya tetap jelas keti- Peningkatan minat terhadap komunikasi satelit telah menye- babkan banyak perusahaan mengklaim celah-celah orbit wa- laupun mereka belum bermak- sud membangun atau mener- bangkan satelit sendiri. Sebalik- nya, mereka melelang celah ter- sebut kepada mereka yang mem- butuhkan, dengan keuntungan yang sangat besar. Low Earth Negara Tonga yang sangat kecil itu misalnya, memiliki tu- juh celah orbit walaupun negara ini tidak memiliki industsi pesa- wat antariksa. Celah-celah terse- but, yang berada di Samudra Pa- sifik antara Jepang dan AS, di- duga akan sangat banyak dipa- kai dalam waktu dekat. Untuk mendapatkan uang, Tonga me- nyewakan celah-celah tersebut kepada satelit perusahaan-pe- rusahaan telekomunikasi. Celah-celah lain di pinggir Samudra Pasifik sudah terlalu padat. Dewasa ini, permintaan terhadap celah orbit di kawasan ini tujuh kali lebih banyak dari- pada ruang angkasa yang terse- dia. Pada pertengahan tahun 1997, ITU mengadakan konpe- rensi untuk mengatasi masalah ini. Tidak lama kemudian, ba- rang siapa yang ingin mencang- dangkan tempat parkir untuk satelitnya harus membuktikan bahwa ia memiliki dana dan ke- mampuan teknis untuk memba- ngun dan meluncurkan pesawat antariksa. rusahaan berencana untuk me- nempatkan satelit-satelit mere- ka pada orbit rendah ini. Banyak di antara perusahaan-perusahaan ini belum ada dana untuk itu. Hingga sekarang, baru Moto- rolla, dengan sistem 66 satelit Iridium-nya, dan Globalstar de- ngan rangkaian 48 satelitnya, yang memiliki dana untuk itu. Iridium akan meluncurkan satelit pertamanya tahun ini juga. "Bisnis" Roket Ariane-5 kedua ketika tinggal landas di Pusat Antariksa Eropa di Guiana Prancis 30 Oktober lalu untuk turut meramaikan persaingan antariksa. Bisnis penerbangan ke angkasa luar memang makin semarak (Reuter) Menempatkan sebuah satelit di LEO bukan tanpa masalah. Tekanan udara dan gravitasi bu- mi membuat orbit menurun se- cara berangsur-angsur. Satelit- satelit yang dipakai pada jari- ngan telepon bergerak berdasar- kan LEO harus secara berkala diganti bila mereka kehabisan bahan bakar dan tidak dapat lagi ditempatkan pada posisi yang tepat. Karena letak Rusia di bumi, ROKET-ROKET BARU Satu lagi yang mungkin akan penuh sesak pada waktu pergan- tian abad ini adalah Low Earth Orbit (LEO-Orbit Rendah Bu- mi). Satelit-satelit pada orbit ini mengelilingi bumi pada keting- gian 200 sampai 3000 kilome- ter, yang memerlukan waktu se- kitar satu setengah jam untuk berkeliling satu kali. Satelit-sa- telit itu terbang pada ketinggian yang lebih rendah sehingga me- merlukan 50 sampai 70 pesawat antariksa LEO untuk meliputi bumi. Yang jadi rencana kini adalah membangun jaringan-ja- ringan telepon global. Bila jari- ngan-jaringan seperti itu sudah dibangun, seseorang akan dapat bertelepon dari tengah Gurun Sa- hara ke New York. Izin untuk menempatkan satelit di LEO ba- ru tersedia belakangan ini, demi- kian juga frekuensi-frekuensi ra- dio dan gelombang mikro yang akan mereka pakai. Karena biaya membangun satelit sudah turu dari segi biaya sudah dapat diper- tanggungjawabkan untuk me- ngorbitkan banyak pesawat anta- riksa. Pada waktu sekarang, 11 pe- Polar Molniya Geosynchronous Sejarah pesawat ulang-alik sudah berusia lebih 15 tahun, dan masih belum dapat menu- runkan biaya serta kerumitan ter- bang keluar planet bumi. Pada masa sekarang, cara yang paling mahal untuk menempatkan se- buah satelit di orbitnya adalah dengan memakai pesawat ulang- alik. NASA ingin mengganti pe- sawat tersebut menjelang tahun 2000 untuk mempermudah dan mempermurah perjalanan ke an- táriksa. Tahun lalu, NASA me- nandatangani kontrak bernilai 841 juta dolar dengan Lockheed- Martin untuk mengembangkan pesawat antariksa X-33 yang dapat dipakai berulang kali. Pesawat antariksa berbentuk baji ini dapat tinggal landas se- cara vertikal seperti roket-roket yang ada sekarang, tapi akan melayang kembali ke bumi se- perti pesawat ulang-alik. Pesa- wat tersebut direncanakan me- lakukan penerbangan pertama- nya Maret 1999. Masih banyak rintangan yang harus diatasi agar batas waktu ini dapat dipenuhi. Mesin-mesin pesawat X-33 per- lu dibuat menurut rekaan baru yang diberi nama aerospike (paku udara). ANALISA Jika perusahaan ini dapat me- mecahkan rintangan itu, teknolo- gi paku udara dapat mengurangi biaya peluncuran sebesar 15 juta dolar. Sekarang ini biaya pelun- curan sebuah satelit dengan pe- sawat ulang-alik mencapai 500 juta dolar. PENERBANGAN MURAH Mesin-mesin paku udara akan membentuk bagian dari super- struktur X-33 yang dikenal seba- gai bahan pengangkat. Ini ber- arti mesin tersebut tidak memi- liki sayap karena pesawat sudah cukup aerodinamis untuk mem- berikan daya angkat. Sementara NASA memper- siapkan generasi baru wahana peluncurnya, Arianespace men- coba membetulkan masalah-ma- salah yang timbul dalam pener- bangan perdana roket Ariane 5, ketika kesalahan piranti lunak menyebabkan roket ini meledak 40 detik setelah diluncurkan. Pi- RUSSIA/ UKRAINE 10% negara tersebut harus menem- patkan satelit-satelitnya pada orbit yang berlainan untuk me- mastikan bahwa seluruh negara terliput. Orbit Molniya ini, berin- klinasi 65 derajat menyimpang dari bidang khatulistiwa: se- 1 sa buah pesawat antariksa yang me- ngikutinya akan menelusuri jalur berbentuk elips di sekitar bumi. Pada perigee-nya, (titik terdekat ke bumi) elips tersebut berada pada ketinggian 500 kilometer dan pada apogee-nya (titik jauh- nya) berketinggian 40.000 kilo- meter. Sebuah pesawat yang me- ngikuti jalur ini memerlukan waktu delapan jam untuk menge- dari bumi. Jadi tiga pesawat di- perlukan untuk memberikan li- putan sepanjang hari. Dan setelah jumlah satelit mengelilingi bumi meningkat, semakin besar pula bahaya yang dihadapi dari sampah antariksa. Sampah-sampah antariksa terse- but terjadi antara lain bila se- buah roket meledak sewaktu mengorbit. Tahun lalu, sebuah satelit Prancis bernama Cerise tabrakan dengan potongan roket Ariane yang lama dan hampir terdesak keluar dari jalurnya. NASA me- ngamati lebih 6000 potongan be- sar sampah antariksa, namun ka- rena beberapa di antaranya me- ngikuti orbit-orbit yang tidak te- ratur, sering sukar untuk mera- malkan ke mana sampah-sam- pah antariksa itu pergi berikut- nya. ARIANESPACE (ARIANE) 55% CHINA (LONG MARCH) 10% ranti lunak yang sama ternyata bekerja dengan baik pada roket Ariane 4 yang lebih kecil, tapi Ariane 5 lebih berat dan punya pola terbang yang berbeda. Jika semua masalah teratasi, roket tersebut akan ditawarkan untuk melakukan layanan komersial tahun 1998. LOCKHEED MARTIN Akan tetapi para pemain be- sar- Arianespace, Lockheed- Martin dan McDonnel-Doug- las-semuanya menghadapi per- saingan dari peluncur-peluncur baru yang sedang dikembang- kan oleh perusahaan-perusahaan swasta. Satu yang paling besar adalah adalah sistam Sea Launch. Ini adalah proyek pa- tungan antara Boeing, pembuat pesawat Norwegia Kvearner, dan perusahaan-perusahaan an- tariksa Rusia dan Ukraina RSC- Energia dan NPO-Yuzhuoye. Perusahaan ini mengubah lapa- ngan pembor minyak yang tua menjadi landasan peluncuran. Sebuah pesawat akan dikait-kan dengan menara pemboran min- yak dan membongkar muatan berupa roket Zenit Rusia yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk diluncurkan. Penerbangan perdana roket Sea Lauch dijad- walkan berlangsung Juni 1998. Sejumlah perusahaan pelun- curan yang kecil di AS ikut juga mencoba merebut sebagian pasar untuk satelit-satelit LEO. Kelly Space, misalnya, sedang beren- cana untuk meluncurkan satelit dari bandara San Bernardino dengan menggunakan pesawat tempur jet F-106 yang telah di- modifikasi. Pesawat-pesawat terbang tua itu akan dimodifika- si menjadi pesawat terbang tan- pa awak yang dikendalikan dari jauh, yang akan diseret di bela- kang sebuah pesawat Boeing 747 ke ketinggian 14 kilometer. Se- sudah itu mereka akan terbang sendiri ke orbit rendah sekitar bumi (LEO) memakai mesin ro- MCDONNELL DOUGLAS (DELTA) 12.5% ket internal, melepaskan mua- tannya, dan akhirnya melayang kembali ke bumi. Kelly Space menanda- tangani perjanjian dengan Mo- torolla untuk meluncurkan sa- telit-satelit pengganti untuk jari- ngan Iridium. Penerbangan ko- mersial Kelly yang pertama akan berlangsung tahun 1999 - dan perusahaan ini mengaku dapat menurunkan biaya peluncuran satelit menjadi kurang 300 dolar per 453 gram dibanding dengan biaya pesawat ulang-alik sebe- sar 10.000 dolar untuk berat yang sama. ORBIT-ORBIT MANUSIA Scorpius adalah perusahaan lain yang berencana melang- sungkan peluncuran pertama- nya tahun depan. Peluncur Scor- pius menggunakan bahan bakar cair untuk membangkitkan daya dorong guna mengangkatnya ke LEO. Penerbangan ujicoba ro- ket-roket Scorpius telah dilang- sungkan, dan peluncurannya akan berbiaya kurang 1000 dolar untuk setiap 453 gram. Kistler Aerospace dan Pio- neer Rocket-Plabe Corporation pun sedang mengembangkan pe- luncur-peluncur baru, namun enggan mengungkapkan rincian biaya peluncuran yang diproyek- sikan. Pioneer masih belum memperoleh cukup dana untuk mengembangkan konsep pesa- wat antariksa seperti Pathfinder, Guna mengintensifkan penjela- jahan antariksa oleh manusia, sekelompok astronot dan peng- gemar antariksa menggunakan X-Prize pada Mei 1996. Dana tunai sebesar 10 juta dolar ini akan diberikan kepada perusa- han pertama yang membangun dan menerbangkan pesawat an- tariksa yang dapat dipakai beru- lang-ulang dan mampu memba- wa tiga orang tidak harus as- tronot - pada penerbangan ku- rang dari satu kali keliling bumi. Belum ada yang serius berusaha melaksanakan tugas itu. Proyek antariksa paling be- sar dalam dasawarsa mendatang dapat dipastikan berupa pen- ciptaan International Space Sta- tion. Begitu selesai dibangun, stasiun tersebut akan memung- kinkan manusia mempertahan- kan kehadirannya secara perma- nen di angkasa luar. Stasiun ter- sebut akan memiliki tujuh labo- ratorium di mana para ilmuwan akan mempelajari dampak gra- vitasi nol terhadap pembentu- kan kristal-kristal protein untuk memperbaiki pengertian kita ten- tang proses-proses biologis. Kristal-kristal protein dan RUANG tumbuh-tumbuhan yang tumbuh pada gravitasi nol sangat berbe- da dengan rekan-rekan mereka yang hidup di bumi. Dengan mempelajari perbedaan-perbe- daan tersebut, para peneliti ber- harap dapat lebih memahami pe- ngaruh-pengaruh penting yang mengendalikan pertumbuhan. Begitu mereka tahu apa yang menentukan cara sesuatu ber- kembang, mereka mungkin akan dapat memanipulasinya untuk tujuan mereka sendiri. ANDA INGIN MOBIL BEKAS BERKUALITAS ? MOBIL'88 menyediakan ratusan TOYOTA pilihan yang telah lulus 122 checking points plus jaminan keabsahan surat- Banyak protein yang sedang diselidiki di antariksa terlibat dalam penyakit-penyakit seper- suratnya. PERNAH KECEWA MEMBELI MOBIL BEKAS DI SHOWROOM LAIN? Kami yakin Anda tidak akan mengalaminya di MOBIL'88, karena sebelum membeli Anda disarankan untuk test drive.Selain itu kami dapat membantu Anda mendapatkan mobil secara kredit. TERPERCAYA, SERASA MEMILIKI MOBIL BARU! Ya, karena khusus mobil TOYOTA, semuanya bergaransi 12 bulan yang didukung oleh semua bengkel Auto 2000. MOBIL'88 juga menyediakan mobil merek lain dan melayani TUKAR-TAMBAH dengan proses cepat dan memuaskan. Tunggu apalagi? ti cystic fibrosis. Pengertian yang diperoleh dengan menyelidiki "Pengaman Penerbangan" Penjinak burung elang Tom Cullen memperlihatkan salah satu dari sembilan ekor burung elang yang digunakan untuk menakut-nakuti burung laut, merpati dan burung-burung lain yang dapat menimbulkan kerugian sangat besar, dan terkadang membahayakan keselamatan pesawat yang tiba dan berangkat di bandara internasional Kennedy di New York.(Reuter) A A BELI JUAL DENGAN RASA DENGAN HARGA PUAS PANTAS Halaman 9 mereka di luar bumi mungkin menghasilkan obat-obat baru. Juga banyak proses industri men- dapat keuntungan karena dilaku- kan pada gravitasi nol. NASA sedang menyelidiki kelaikan membuat semi-konduktor di angkasa luar karena kristal-kris- tal yang tumbuh dalam keadaan tanpa bobot adalah lebih murni. April lalu, NASA mengu- mumkan penangguhan 11 bulan peluncuran pertama modul-mo- dul Stasiun Antariksa karena ma- salah keuangan Rusia. Bila pro- gram tersebut dimulai kembali, rencananya adalah melakukan 35 penerbangan ke antariksa. (New Scientist/AP) INGIN JUAL MOBIL ANDA DENGAN HARGA PANTAS? MOBIL'88 selalu siap membeli mobil Anda dengan harga yang pantas, diproses cepat dan dibayar tunai saat itu juga. INGIN JUAL MOBIL DENGAN CEPAT? Anda tak perlu repot pasang iklan atau lewat perantara. Langsung saja ke MOBIL'88 terdekat. Kami akan membantu Anda dengan cepat dan tuntas. INGIN TAHU NILAI JUAL TOYOTA ANDA? Datang saja ke MOBIL'88 terdekat. Petugas kami akan membantu menilai kendaraan Anda. Gratis! LANGSUNG KUNJUNGI Nah, segera buktikan sendiri sekarang juga. MOBIL'88 selalu siap membantu Anda. MOBIL88 TERPERCAYA. SERASA MEMILIKI MOBIL BARU. JAKARTA: ARTERI: JI.TB.Simatupang No.25, Jakarta Selatan. Telp. 7507288 TEBET: Jl. Prof. DR. Soepomo SH No.37, Jakarta Selatan. Telp. 8308888 KELAPA GADING: Jl. Raya Boulevard Timur Blok ZA No.17, Jakarta Utara. Telp. 4526756-59 KALIMALANG: JI. Radih Inten II No.88 - Kalimalang, Jakarta Timur. Telp. 8650688. SUMATRA: MEDAN: JI. Sisingamangaraja No.8, Telp. (061) 754888 TANJUNG KARANG: JI. Raden Intan No. 61 A, Telp. (0721) 264884-5 PALEMBANG: Jl.Jend. Achmad Yani No.5, Telp. (0711) 514888, 510888. PADANG: Jl. Khatib Sulaiman, Ulak Karang, Telp. (0751) 50088, 52000. JAWA BARAT: BANDUNG: JI. Soekarno Hatta No. 515 A, Prapatan Buah Batu, Telp.(022) 309988. JAWA TIMUR: SURABAYA: Jl. Raya Waru Km. 15, Gedangan Sidoarjo, Telp. (031) 8538888.
