Tipe: Koran
Tanggal: 1995-12-29
Halaman: 10
Konten
4cm HALAMAN 10 Bali Post Jumat Paing, 29 Desember 1995 Prospek Asuransi Jiwa Indonesia 1996 cukup Cerah Rekayasa Ulang Langkah menuju Dominasi Pasar Dunia Jakarta - Dirut PT (Pesero) Asuransi Ji- wasraya, HR Soedradjat Dajakoe- soema, menilai prospek industri asuransi jiwa di Indonesia pada 1996 cukup cerah, mengingat peluang pasamya cukup terbuka. Dari jumlah penduduk Indonesia yang kini tercatat sekitar 195 juta, yang sudah memiliki polis asuransi jiwa baru sekitar 22,25 juta atau dela- pan persen sehingga peluang pasam- ya cukup terbuka, katanya kepada pers di Jakarta, Kamis, sehubungan dengan HUT ke 136 Jiwasraya. Dikatakannya, pemilikan polis asuransi jiwa di Indonesia relatif kecil dibanding dengan di ASEAN yang rata-rata mencapai 10 sampai 15 per- sen, bahkan di Jepang kesadaran masyarakat terhadap polis asuransi jiwa sangat tinggi yaitu 100 persen. Kecilnya pemilikan polis asur- ansi jiwa di Indonesia itu, menurut Soedradjat, bukan karena rendahnya kesadaran masyarakat terhadap asur- ansi, tetapi karena pihak perusahaan asuransi jiwa di Indonesia kurang agresif dalam menggali pasar. Kesadaran masyarakat Indone- sia terhadap asuransi jiwa cukup tinggi, namun karena perusahaan asuransi jiwa kurang agresif meng- gali pasar, masyarakat yang memil- iki polis asuransi jiwa relatif kecil, katanya. Perusahaan asuransi jiwa di In- donesia pada 1994 tercatat sekitar 30-an, tahun 1995 naik menjadi 47 perusahaan dan pada 1996 diperkira- kan akan bertambah menjadi 50 pe- rusahaan. Sementara itu masyarakat Indo- nesia yang memiliki polis asuransi jiwa pada 1994 tercatat 17,8 juta, pada 1995 naik menjadi 22,25 juta dan pada 1996 diperkirakan bertam- bah menjadi 27 juta orang. "Melihat perkembangan itu saya optimis perusahaan asuransi jiwa di Indonesia di masa mendatang akan lebih berkembang, apalagi dengan adanya perusahaan asuransi asing yang akan masuk ke Indonesia, ter- utama menjelang tahun 2003," kat- anya. Iklim persaingan. Soedradjat mengakui iklim per- saingan di bidang asuransi jiwa di masa mendatang akan semakin ket- at, terutama menjelang era global- isasi pada 2003 di mana AFTA akan dilaksanakan, sehingga perusahaan asing akan mudah beroperasi di In- donesia. Dalam era globalisasi di mana per- diperkirakan naik jadi Rp254,32 mi- saingan semakin ketat, Jiwasraya te- lyar. lah mempersiapkan diri antara lain dengan meningkatkan profesionalis- me, meningkatkan pelayanan dan meluncurkan produk-produk yang banyak diminati masyarakat, tutum ya. Perkembangan Jiwasraya tiga tahun terakhir cukup menggembira- kan, baik dari segi pendapatan premi, aset maupun perolehan laba. Pendapatan premi Jiwasraya pada 1992 tercatat Rp116,24 milyar, tahun 1993 naik menjadi Rp166,83 milyar, tahun 1994 meningkat men- jadi Rp204,08 milyar dan pada 1995 PADA awal abad ke-21 akan mulai diberlakukan pasar perusahaan. Proses bisnis ini melin- proses bisnis dilakukan karena tiga yang terdiri dari orang-orang yang Aset Jiwasraya pada 1992 ter- bebas. Abad ini akan ditandai dengan persaingan dunia bis- catat Rp502.03 milyan, milyar pada nis yang sangat ketat. Untuk memenangkan persaingan yang naik menjadi Rp582,99 milyar, pada 1994 meningkat menjadi Rp684,92 ketat ini diperlukan strategi terobosan yang dikenal dengan milyar, sedangkan pada 1995 sebutan Rekayasa Ulang Proses Bisnis. Dengan rekayasa diperkirakan melonjak menjadi ulang proses bisnis, perusahaan diharapkan akan mampu Rp826,67 milyar. mendominasi persaingan, sehingga tidak mustahil akan men- guasai pasar dunia. Sementara itu laba yang diperoleh Jiwasraya pada 1992 tercatat Rp14,31 milyar, pada 1993 naik menjadi Rp17,29 milyar, pada 1994 men- ingkat menjadi Rp18,16 milyar dan pada 1995 diperkirakan naik sedikit menjadi Rp18,2 milyar, demikian Soedradjat. (ant) Pertamina Keluarkan Rp 26 Milyar lebih Bina Pengusaha Kecil Jakarta - Pertamina sampai 30 September 1995 sudah mengeluarkan dana sebe- sar Rp26,609 milyar untuk men- ingkatkan kemampuan koperasi dan pengusaha kecil yang tersebar pada 27 propinsi di Indonesia. Penyaluran dana pembinaan ko- perasi dan pengusaha kecil itu bukti kepedulian Pertamina terhadap masyarakat lemah, kata Direktur Uta- ma Pertamina, F. Abda'oe pada acara temu konsolidasi Tim Pembina dan Tim Pelaksana Program Tim Pembi- na Koperasi dan Pengusaha Kecil (PKPK) Pertamina di Jakarta, Kamis. Ia mengatakan, pertumbuhan pembangunan yang tinggi apabila tidak diselaraskan dengan pemerataan pembangunan dan stabilitas nasional dapat menyebabkan distorsi bahkan disintegrasi nasional yang akan meru- sak hasil pembangunan. Berdasarkan pikiran itu maka DENPASAR - SURABAYA DENPASAR - JAKARTA (EXTRA FLIGHT) PESAWAT BOEING 737 BOURAQ AIRLINES BERANGKAT : Desember 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 Januari 01, 02, 03 DENPASAR - JOGJA Desember 28 Hubungi MIRAZ TOURS P.T. MIRAZ WISATA NUSANTARA Jl. Diponegoro 81 Denpasar C 4530 harus dipersempit kesenjangan antara masyarakat kaya dan miskin, antara Indonesia Timur dan Barat, atau ant- ara pengusaha kecil dan pengusaha besar. Memperkecil timbulnya kesenjan- gan itu maka kini diadakan antara lain program PKPK maupun program Inpres Desa Tertinggal. Mengenai program PKPK Per- tamina disebutkannya bertujuan men- ingkatkan koperasi dan pengusaha di bidang manajerial, pemasaran, keter- ampilan teknik produksi, serta pen- ingkatan kemampuan modal kerja. Selain dana yang sudah dikeluar- kan itu Pertamina juga menganggar kan PKPK 1995/1996 Rp13,013 milyar, sehingga realisasi penyaluran hingga akhir tahun 1995/1996 di- harapkan bisa mencapai Rp37,763 milyar. Dengan tingkat kinerja yang sudah direalisasikan sampai 1994/ 1995 diharapkan target 1995/1996 tersebut dapat tercapai, katanya se- raya menyebutkan untuk bisa me- realisasikan tersalurnya dana Rp37 milyar kepada mitra binaan yang tepat perlu sistem administrasi yang baik. Dari Rp26,609 milyar yang dis- alurkan itu terdiri atas 282 unit kop- erasi Rp11,107 milyar serta 1.829 pengusaha kecil Rp15,501 milyar, terbesar di di DKI Jaya Rp5 milyar Jawa Timur Rp3 milyar, Jabar dan Jateng masing-masing Rp2 milyar lebih. Temu konsolidasi dimaksudkan untuk memperoleh tambahan masu- kan dan peluang pembinaan dari pa- kar pemberdayaan koperasi dan pen- gusaha kecil, menyempurnakan buku pedoman PKPK Pertamina, pemeca- han kendala yang ada serta peterbitan buku Profil PKPK Pertamina 1995. (ant) PAKET AKHIR TAHUN UANG MUKA Rp. 500.000,- Semua Type Bebek • Bunga Ringan Jangka Waktu 5 Tahun HADIAH LANGSUNG Tape Compo/Camera/Kipas Angin / Bingkisan Hari Raya SUZUKI INOVASI TIADA HENTI Hubungi: HARI MINGGU BUKA ●Service hadiah langsung t'shert/busi Service 5x gratis 1x BERGEGASLAH !!! SUZUKI TEUKU UMAR PT.CAHAYA SURYA BALI MEGAHABADI Telp: 231133-225802 C 4411 MENYAMBUT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN THE HOME A/V UNIT THAT LEST YOU ENJOY MUSIC, MOVIES AND KARAOKE tas tidak hanya pada departemen alasan, yaitu: 1) mendapatkan berasal dari berbagai departemen sahaan, tetapi juga ke berbagai pe- garuhi daya saing sehingga menca- rusahaan. Susunan tim ini terdiri dan fungsi yang ada di dalam peru- penghematan biaya; 2) mempen- yang ada sebelumnya di dalam pe- rusahaan yang bentuk keseluruhan pai keseimbangan atau yang terbaik dari komite pengarah, komite mata rantai pasokan. Sehingga set- dikelasnya; dan 3) mencapai titik manajemen program, tim desain iap kegiatan bisnis harus mempun- penentu keunggulan di mata pasar dan tim tugas. Kemudian dengan yai keterkaitan dengan pelanggan sehingga dapat mendominasi per- adanya penyiapan sumber daya dan atau pemasok. Dengan melaku- saingan, kan hal ini, manfaat besar akan diperoleh oleh ketiganya, yaitu pe- langgan, perusahaan dan pemasok, rasa tidak ingin berpisah atau sim- biosis akan tercipta. Oleh karena itu, dengan adanya perubahan dari bidang fungsional sebagai unsur inti perusahaan ke- pada proses bisnis, akan menyebab- kan banyak hal perlu diubah, sep- erti kultur organisasi, struktur or- Oleh Ni Nyoman Kerti Yasa MENCERMATI perkemban- di pasar dunia yang makin komple- gan akhir-akhir ini, tampaknya roda ks, berubah dengan cepat, dan globalisasi terus menggelinding makin saling terkait ini. Para pimp- dengan cepat. Banyak negara mu- inan perusahaan harus mengambil lai menghilangkan hambatan per- langkah-langkah yang perlu untuk dagangannya, sehingga banyak ter- menempatkan organisasinya di cipta peluang pasar baru. Dengan jalur kinerja bisnis yang lebih ting- terciptanya banyak peluang terse- gi tingkatannya. but, akan merangsang perusahaan Cara-cara baru yang radikal ini di banyak negara untuk meman- faatkan dan meraupnya, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan nega- ra-negara lainnya. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Cooper & Lybrand yang berjudul "Made in Amerika III", tahun 1991, telah mengungkapkan 78% dari perusa- haan di Amerika Serikat dengan penjualan $ 1 milyar atau lebih saat ini memproduksi dan menjual leb- ih dari 15% produknya di mancane- gara. Persentase ini diramalkan akan meningkat menjadi 87% pada tahun 1996. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kecenderungan ak- tivitas dari perusahaan menuju ska- la global. Pendekatan rekayasa ulang pros- es bisnis akan dipakai perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis di pasar global. Kinerja bisnis dalam pendekatan yang baru ini dapat diukur dalam beberapa indikator, yaitu: 1) peningkatan kualitas produk; 2) pen- gurangan waktu tenggang; 3) pen- gurangan biaya; dan 4 peningkatan layanan pelanggan. perusahaan dengan baik dan pem- bentukan tim lintas fungsional, maka mulailah mengejar tujuan yang telah ditetapkan dengan pendekatan rekayasa ulang proses bisnis. Pendekatan ini harus diko- munikasikan kepada semua orang yang ada dalam perusahaan, seh- ingga setiap orang yang ada dalam perusahaan menjadi tahun manfaat yang diperoleh dari perubahan itu. Untuk berhasil menerapkan re- Dari uraian di atas, dapat disim- kayasa ulang proses bisnis, diper- pulkan bahwa kinerja bisnis yang lukan berbagai persiapan. Rekayasa diperoleh dari pendekatan rekayasa ulang proses bisnis dimulai dari ko- ulang proses bisnis, seperti adanya mitmen pimpinan untuk melaku- peningkatan kualitas produk, pen- kan perubahan secara radikal di gurangan waktu tenggang, pen- dalam perusahaannya. Setelah gurangan biaya perusahaan dan Pendekatan rekayasa ulang mempunyai komitmen tersebut, peningkatan layanan pelanggan proses bisnis ini didorong oleh be- perusahaan perlu menetapkan suatu akan dapat membawa perusahaan berapa faktor, yaitu: 1) pelanggan, tujuan yang agresif. Tujuan yang ke posisi keunggulan yang kuat, dimana kebutuhan pelanggan se- agresif, ditunjukkan dengan penca- serta perusahaan akan dapat men- makin berkembang; 2) persaingan, paian tiga tujuan sekaligus. Tujuan capai tiga tujuan sekaligus, yaitu dimana persaingan yang terjadi se- itu kelihatan sangat ambisius, teta- kepuasan pelanggan, dominasi makin ketat; 3) biaya, dimana set- pi akan memotivasi sumber daya pasar dan peningkatan kemampuan iap perusahaan ingin menekan bi- manusia untuk bekerja secara laba. Yang pada akhirnya tidak ayanya; 4) perubahan teknologi, efisien. Dengan pencapaian tujuan mustahil akan mampu merebut dimana perubahan teknologi ber- yang agresif ini perusahaan dapat pasar dunia. langsung sangat cepat; dan 5) pe- memiliki kemampuan yang lebih Untuk dapat ikut serta dalam megang saham, dimana pemegang sehingga mampu bersaing dan perebutan pasar dunia, mampu saham ingin menikmati hasil in- menguasai persaingan yang ada. mendominasi pasar dunia serta vestasinya dengan memadai dan Untuk mencapai tujuan yang tidak menjadi korban pasar bebas, kalau bisa lebih baik. Perubahan agresif tersebut, perusahaan harus maka perusahaan-perusahaan di In- pada faktor-faktor ini telah dapat mempersiapkan sumber dayanya donesia harus sejak dini mulai menyebabkan adanya perubahan dengan lebih baik. Sumber daya mempersiapkan diri membawa ki- radikal. Selain faktor pendorong yang dipersiapkan meliputi: mod- nerja bisnisnya ke tingkat yang leb- tersebut, rekayasa ulang juga dipen- al, merek dan citra perusahaan, ih tinggi sehingga mampu men- garuhi oleh dimensi politik, teknologi dan pengetahuan proses, jawab tantangan tersebut. ekonomi, undang-undang dan reg- sumber daya manusia, dan informa- ulasi. dikenal dengan Pendekatan Reka- ganisasi, pengukuran kinerja bisnis, yasa Ulang Proses Bisnis. Cara-cara sistem insentif dan gaya manaje- baru ini telah muncul sejak akhir men. tahun 1980-an sebagai penerus lo- gis filosofi Just In Time (JIT) dan Total Quality Management (TQM), yang dipelajari oleh begitu banyak manajer Barat sejak akhir 1970-an sampai akhir 1980-an. Rekayasa Ulang Proses Bisnis Rekayasa Ulang Proses Bisnis merupakan pendekatan yang dipa- kai perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan bisnis yang drastis dalam waktu yang singkat. Perubahan-perubahan drastis yang dilakukan berorientasi kepada pros- es bisnis, yaitu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen atau suatu kebutuhan bisnis. Proses bis- nis ini yang menggantikan fungsi- fungsi atau departemen-departe- men yang biasanya ada di dalam Aktivitas pada skala global akan menuntut perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan peruba han lingkungan yang cepat, seperti kondisi persaingan yang semakin ketat. Hal ini tidak mampu dianti- sipasi dengan teori-teori dan prak- tik manajemen yang sudah ada. Oleh karena itu, perusahaan-peru- sahaan harus menemukan cara-cara baru yang radikal untuk beroperasi perusahaan sebagai suatu unit inti Pendekatan rekayasa ulang si. Setelah itu perusahaan perlu Penulis, dosen Fakultas membentuk tim lintas fungsional Ekonomi Unud PAKET NATAL - GALUNGAN - TAHUN BARU LEBIH MUDAH BELI STARLET BARU - PILIHAN WARNANYAPUN SEMAKIN BANYAK STARLET Khusus Menyambut Hari Raya "Makin Lembut dan Mantap " "Makin Nyaman" "Makin Responsif" "Makin Menawan" "Makin Aman" TOYOTA " Makin Lincah" NATAL GALUNGAN & TAHUN BARU 1996 DAPATKAN PAKET moggas asinbo MAKIN GAYA "SUBSIDI BUNGA " AUTO 2000 Nyaris 0% untuk Kredit 1 Tahun PT ASTRA INTERNATIONAL TOYOTA SALES OPERATION CABANG DENPASAR JI H.O.S Cokroaminoto 81. Ubung. Denpasar Tix 35130.Fax (0361)420133 Telp: 422000 (4 Lines) Jumat Paing, 29 D Bali, Mend 'Denpasar (Bali Post) Depot Logistik (D 'mendapat tambahan 5.500 ton. Sebelumn Thailand 6.300 ton. H pinjaman dari Thailan Kepala Dolog Bali, I lim Kasim, Ak, ketika pembongkaran beras da MV Bangluan dan Bar Selasa (26/12) menjelas bahan jatah beras ini un gantisipasi hari raya C Natal, dan Tahun Baru. Dengan tambahan jatal diharapkan tidak akan t jolak harga di pasar. Bera lah dibongkar diangkut pu untuk dibawa ke gudan Dolog yang tersebar di sel Menurut dia, Kabul berikan perhatian yang sar kepada Bali yang se tahun dikunjungi wisatawan. Dengan perti itu, Kabulog memberika an jatah beras untuk Ba Pengusah Yogyakarta (Bali Post)- Para pengusaha yang b ingatkan agar berada di ba ing depan dalam menduk sanaan program IDT (In Tertinggal). Demikian ju pemerintah harus mem penyaluran dana untuk tersebut. Peringatan itu disampa iden Soeharto ketika men penghargaan kepada K Masyarakat Penerima Ba pres Desa Tertinggal (Po terbaik tingkat Kabupa madya se-Indonesia di Yogyakarta, Rabu (27/12 "Lembaga-lembaga masyarakat (LSM) yang m pelaku-pelaku pembangu dekat dengan rakyat lapis saya ajak ikut membantu ya program ini," katanya Presiden mengajak ser ikut menunjang pelaksa gram IDT. Program ters menjadi gerakan masya timbul kepedulian dari me telah mampu ekonominya nasib mereka yang kuran Menurut Kepala kepedulian itu perlu diiwuju gan langkah-langkah ny membantu kelompok-kelo kin meningkatkan pendap "Misalnya dengan lapangan kerja setempat, beasiswa kepada anak-ana luarga yang kurang mamp lenggarakan kursus-kurs ampilan bagi mereka dala kerja magang," katanya. Bertamb Presiden mengatakan 1000W PMPO Z-AV700 Dolby Pro-Logic* Surround KAMI JUGA MENYEDIAKAN: 800W PMPO Z-AV500 Key control, echo and 2-mic karaoke LASER DISC PLAYER: PIONEER, TOSHIBA, KENWOOD dan SONY TELEVISI: PIONEER, TOSHIBA, PANASONIC, SONY dan SHARP Z-AV300 750W PMPO One-touch karaoke with 2-mic inputs Setiap pembelian satu unit mendapatkan BONUS hadiah langsung PIONEER The Art of Entertainment Surround speaker system, centre speaker and mocrophones are optional Pertama kali di Dunia PIONEER COMPO LASER DISC ◆ BISA FILM BISA MUSIC BISA KARAOKE BISA DOUBLE TAPE (AUTO REVERSE) BISA RADIO Enam fungsi, 2 Step bass, one touch Karaoke, 24 Stasiun FM/AM auto tuning Dolby B, Speaker System dan Super Woofer SPECIAL DISCOUNT'S PLUS BONUS SEWA GRATIS 100 LD Hubungi segera! NEW SAKURA LASER DISC Komp. Diponegoro Megah Blok A No. 8-9 Telp. 0361-264709 (hunting) Fax. 0361-238868 Denpasar - Bali Barang Kami, Garansi Total 1 (Satu) Tahun PAKET KHUSUS AKHIR TAHUN Menyambut Hari Raya GALUNGAN & KUNINGAN DAPATKAN PAKET KHUSUS DARI HONDA KHUSUS TYPE GL 100 k ANGSURAN 6 BULAN TANPA BUNGA BERGEGASLAH KESEMPATANTERBATAS !!!! Hubungi Segera : C PT. ASA PARIS MOTOR JI. Hasanudin No. 87-89 Telp. 483331, 484332 PT. ASA PARIS MOTOR (cab) Jl. Raya Kuta. Komplek Pertokoan No. 6-7 Telp. 751998 • TOKO HERO TYPE BEBEK Uang Muka Murah & Angsuran Ringan JI. Kartini No. 75-77 Denpasar Telp. 222504 TOKO HERO (CABANG) Jl. Raya Tuban No. 100X Telp. 753368 • TOKO SEKAR SARI JI. Hasanudin No. 40-42 Denapsar Telp. 236688 Las C 3859 Menyambut Hari Raya Natal, Galungan & Kuningan DAPATKAN PULA *Parcel dengan service diantar khusus Kuta & seputar Denpasar *Diskon 10% untuk Kartu & Hiasan NATAL Banting Harga Cuci Gudang Diskon 9 00ctor 301000 60 50 2 Superhova Toko Swalayan JL. RAYA KUTA 80361 BALI PHONE (0361) 751186 (HANTING) FAX. (0361) 757027 C 4577 C 4322 C 4418 Ma KENY didesain kenyama hari. Seti E Bumper singh Color Rendition Chart
