Tipe: Koran
Tanggal: 1996-06-17
Halaman: 08
Konten
4cm HALAMAN 8 Jro Mangku Togo: Bali Post- Tari Sanghyang Lestari secara Alamiah KULTO Jro Mangku yang satu ini tak hanya memiliki "tugas" muput upacara di desanya, juga ngempu tari sanghyang. Demikianlah, di desanya, di Banjar Togo, Bumbungan, Banjarangkan, Klungkung, ia adalah sosok penting. Jro Mangku Gede Togo-nama lengkapnya adalah sosok tokoh dua generasi yang sampai kini masih tetap mengabdi pada tugas yang telah diwarisinya secara turun-temurun, yakni sebagai pemangku dan penari Sanghyang Naga. Kakek yang sudah tidak ingat lagi dengan tahun kelahirannya ini, memegang peranan penting pada pelaksanaan upacara ritual yang ber- hubungan dengan upacara "nedunang sanghyang naga" di desanya. "Saya menerima tugas ini sejak punya anak satu," paparnya belum lama ini. Mengemban tugas mulia itu, bagi Mangku Togo, bukan beban. "Saya malah merasa bangga, dan senang," tutur Jero Mangku yang cukup banyak menge- tahui tarian sanghyang. Keteguhannya tetap B Bali Posdasa Lantas bagaimana kisahnya hingga Jero Mangku terpilih se- bagai tetua tari sanghyang? Titiang (saya-red) mengem- ban tugas ini secara turun-temu- run. Itu sudah berlangsung sejak moyang kami. Mungkin sudah sakral, tentu tarian ini memili- ki syarat-syarat tertentu untuk menarikannya. Lantas apa per- syaratannya menarikan San- ghyang Naga? ghyang di luar hari khusus juga dengan kucit butuhan. (Keenem dan Kepitu) hanya se- bentar. Sebagai persiapan umum, Apakah tarian ini pernah di- sebelum berlangsungnya upacara pentaskan untuk turis? nedunang, batas desa akan diberi "penangkal"- semacam pagar pembatas di tepi desa dengan menggunakan turus (cabang po- hon) dan ancak saji (bambu yang diruncingkan) serta dilengkapi dengan sanggah cucuk. Syarat khusus memang ada. Syarat pertama yang sifatnya umum, penari harus masih rema- ja. Kemudian telah mengikuti upacara ritual penyucian diri yang dilangsungkan di Pura Togo Sakti. Rangkaiannya begini, se- belum berlangsungnya upacara, semua pemuda itu nunas tirta yang dimohonkan di Pura Togo Sakti dan sebelumnya didahului dengan persembahyangan bersa- ma memohon keselamatan. Ke- mudian, semua pemuda yang ikut harus mengikuti upacara medu- dus dengan sambuk. Bersamaan dengan prosesi itu, muda-mudi lainnya menyanyikan tembang- tembang khusus yang digunakan nuwur Sanghyang Naga dan San- ghyang Jaran. Apabila berkenan, maka di antara remaja-remaja itu akan ada yang kerawuhan. Itu dapat disaksikan dengan pertan- da, yakni, mereka akan bergul- Apa ada usaha-usaha peles- ing-guling pada bara yang telah akan dapat berjalan lancar tanpa tarian tarian sanghyang, baik disediakan dengan media sabut diganggu hujan. Sanghyang mu- dari masyarakat Togo sendiri kelapa dan batoknya. Kalau lai menari sesuai dengan kebi- atau instansi tertentu? sudah demikian, mereka yang asaan yang sebelumnya, berlang- Secara khusus memang tidak kerawuhan akan menari dan ber- sung malam hari, yakni sekitar ada. Akan tetapi, secara alami- Jika dilihat dari fungsinya saja kita sudah tahu, tarian ini memang ditarikan dengan tujuan khusus untuk upacara keagam- aan. Misalnya untuk mengusir bhutakala yang mengganggu desa. Artinya bukan ditujukan Apa Maksudnya? untuk orang luar. Walaupun be- Maknanya, adalah agar bhu- gitu, dulu memang pernah dida- takala tidak bisa masuk dan tangi tamu asing untuk ne- mengganggu penduduk desa. Se- dunang sanghyang, tapi tujuan dangkan para penari tidak meng- untuk penelitian. Peneliti konon gunakan asesoris apa pun. Mere- sedang mengumpulkan bahan- ka hanya mengenakan kamben bahan tarian sakral yang ada di dan wastra poleng. Menurut key- dunia. Sebagai pengemong, un- akinan penduduk di sini, tarian tuk hal itu sebelumnya, saya sanghyang yang dilangsungkan harus memberitahuan pada ke- adalah atas anugerah Ida Sanghy- lian sanghyang. Kemudian, kami ang Siwa, Ida Batara Subandar, ngatur piuning dengan sarana dan Ida Batara ring Penerangan. banten pejati. Sepengetahuan Selama berlangsungnya upacara, tiang, sanghyang di sini belum sesuai pengalaman, apabila pernah digunakan untuk keper- dikhawatirkan akan terjadi hujan, luan yang bersifat komersial. akan segera memohon anugerah Ida Batara Penerangan, upacara Syarat lainnya? Tari sanghyang ini ditarikan jingkrak mengelilingi desa. Um- pukul 20.00 - 23.00 atau 24.00. ah, tarian ini memang sudah le- umnya, yang kerawuhan seban- Saat sanghyang mesolah sebulan stari. Mungkin karena terkait yak lima orang. Tetapi jika penuh itu, penarinya biasanya dengan upacara tertentu, otom- agaimana pandan- dalam prosesi itu remaja yang bergilir. Ini dilakukan oleh mas- atis menjadikannya lestari, Buk gan Jro Mangku ter- kerawuhan kurang dari lima or- ing-masing remaja warga desa, tinya, sejak ratusan tahun lalu hadap hubungan ke- ang, akan diganti oleh yang lain sehingga semua pemudanya hingga kini tarian Sanghyang senian sakral den- nya, yang pernah melakukannya. memperoleh kesempatan Naga tetap hidup. Keberadaan- mengemban "tugas" gan kehidupan ini? ngayah. nya terus dijaga warga karena Hidup itu kan harus dilihat kewidian itu tak lepas dari terkait berbagai kepentingan re- dari dua sisi, yakni secara seka- Tari sanghyang adalah tari ligi masyarakat di sini. Bahkan, keyakinannya menjaga la dan niskala. Di samping itu, berlangsung ratusan tahun, kare- pada hari-hari yang sifatnya sakral. Tentunya ada upacara sekarang sudah ada menajemen keselamatan warga dari kita percaya akan kekuatan na secara pasti tiang sendiri tidak khusus. Misalnya, yang paling ritual dengan "bebantenan" yang jelas, sehingga pada saat gangguan wabah penyakit, adikodrati yang meresapi kehidu- tahu. Seingat tiang, pada zaman sering ditarikan pada sasih keen- atau upakara lainnya yang upacara benar-benar bisa dipen- yang secara niskala sangat pan ini, termasuk kesenian Belanda dulu pun ayah tiang em sampai kepitu. Pada bulan harus dipersembahkan sebel- taskan secara teratur dan baik. terkait dengan Tari Sanghy- sakral. Sanghyang Naga misaln- menjadi pemangku dari tarian itu, tarian akan berlangsung se- umnya. Misalnya, ada panitia yang ya, yang ada di sini, tak hanya sanghyang ini. Secara jelas tidak bulan penuh. Ada juga hari lain- Benar sekali. Memang masih menangani masing-masing bagi- ang Naga. Jro Mangku ini kesenian biasa, tapi kesenian tahu, sebab sanghyang ini pun yakni pada hari Anggara Kasih ada upakara ataupun bebantenan an dari rangkaian upacara. Bah- juga memiliki pandangan yang kewidian. Boleh percaya tidak diketahui secara pasti ka- Perangbakat dan pangrupukan sebagai prasyarat lain. Ini sifat- kan kalau kekurangan dana, bi- yang cukup luas, tentang boleh tidak. Tetapi warga di sini pan turunnya. Untuk tugas ini, Nyepi. Khusus pada saat pan- nya sangat esensi. Untuk keper- asanya dibantu pihak desa, juga kehidupan ini, baik secara yakin akan adanya kekuatan itu. sama sekali tidak pernah tiang grupukan, sanghyang ditarikan luan ini, banten-nya adalah pe- dari dana punia masyarakat. Se- sekala maupun niskala. Biasanya kalau sudah dilaksana- bayangkan. Ini tiang jalani sejak dengan nuansa sedikit berbeda. jati, sesaji pemendak, dan ayam. bagai pengemong, kebetulan di kan upacara nyolahang Sanghy- punya anak satu, hingga Misalnya, akan ditarikan di pe- Mengenai warna bulu ayam percayakan kepada Banjar Togo. Berikut petikan perbincanga- ang Naga akan terjadi perubah- sekarang. rempatan agung setelah sebelum- yang digunakan bebas. Kemudi- nnya dengan Bali Post. an-suasana desa menjadi leb- nya melaksanakan penyucian ke an pada saat pangrupukan Nye- (Pewawancara: Yasa A.) ih baik. Seperti umumnya tarian segara. Upacara nedunang san- pi, banten pemendak diiringi YAMAHA Dapatkan HADIAH LANGSUNG RADIO TAPE COMPO untuk setiap pembelian MOPED PROMO 96 Yamaha F 1-Z, FORCE 1, ALFA II R F1-Z FORCE 1 ALFA IIR SENIN PON JUNI 1996 Gambuh Kecut "Diteror PKB sebagai pesta pergelaran kesenian cukup sering menampil kan kesenia kesenian langka. Sayangnya, tak banyak pengunjung yang mau menikma kesenian jenis ini. Mereka lebih tertarik menonton gong kebyar, drama gong, atau sendratari. Gambuh (kiri) dan Gong Suing (kanan) misalnya, dalam tiap penampilannya di PKB nyaris selalu sepi penonton. GAMBUH adalah seni pertunjukan terpenting Bali yang kon "Terbunuhnya Kuda Kidalang Anteban". Alkisah, lakonnya banyak bersumber dari cerita panji. Sayangnya dalam program resmi Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-18 yang bertema "Panji Sebagai Wujud Semangat Bangsa" ini tak ada dicantumkan pementasan gambuh. Apa pasaln- ini tak ditampilkan? ya drama tari yang dianggap mata air seni pertunjukan Bali Namun, tak dinyana dan tak diduga, tiba-tiba Selasa (11/6) malam nyelonong sekelompok seniman gambuh dari Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, di Wantilan Taman Bu- daya Denpasar. Sekeha Gambuh Nyoman Kakul itu, den- mengundang? "Empat hari yang lalu kami dicari oleh pan- gan serta merta menghias diri dan berdandan. Siapa yang laku pimpinan grup tari yang "membaptis" nama ayahnya itia agar pentas malam ini," ujar I Ketut Kantor lugu, se- ini. Seniman Bali memang lugu. Saat diminta segera mem- ulai pementasannya oleh pembawa acara mereka pun tak ka mengawali dengan tabuh pembukaan. Alunan syahdu banyak cingcong, padahal penonton baru segelintir. Mere- suling gamelan drama tari tua ini berhasil mengundang perhatian beberapa penonton melongok dan memasuki tem- pat pementasan. Ada penonton yang tampak iseng duduk di kursi belakang bertanya kepada yang lain tentang kese- nian apa yang sedang ditontonnya. Malam itu, grup gambuh dari Batuan ini menggelar la- JUNI s/d JULI al dari satu darah. Gaung hiruk-pikuk festival kebyar yan bertemulah Raden Panji dengan saudara tirinya, Raden ang Ardha Candra terdengar jelas dari Prabangsa. Pertemuan yang tak terduga itu diawali der- tasan gambuh. Walau "teror" kebyar itu t gan sebuah peristiwa yang tak mengenakkan. Kuda ke kan, tampak membuat para seniman ga sayangan Panji dibunuh oleh Prabangsa tanpa sebab yang "Siapa yang mau nonton gambuh? Peno jelas. Dua bersaudara tak saling mengenal ini pun ber banjiri gong kebyar," ujar Kantor, seperti tempur sengit, sebelum menyadari bahwa mereka beras memasang gelungan di kepalanya. Putra penari terkenal I Nyoman Kak Kantor dkk., malam itu sebenamya tampil apik den- Penonton begitu deras menyerbu gong k gan kualitas tari dan musik tampak begitu terampil. Say ya pementasan gambuh tak seberapa ya ang penonton tak bisa diajak kompromi. Penampilan con- angkan, 5.000 berbanding 50. Ini merupaka dong, kakan-kakan dan putri di awal pementasan yang ran terhadap selera masyarakat Bali masa menyita waktu tak kurang 40 menit membuat sebagian gapresiasi keseniannya. Tipisnya penont mandangi tarian itu dengan pandangan kosong. Bebera gram PKB ke-18. Tahun-tahun lalu penah penonton yang hadir malam itu tak sabar. Mereka me gambuh kiranya bukan karena ia tak terca pa penonton yang usil barulah meniru-niru aksentuasi ini juga selalu hampa penonton. Ia lebih retorika khas tokoh-tokoh drama tari ini. Alhasil, pemen- kan kursi-kursi dingin Wantilan. Oh, nas tasan itu hanya disaksikan tak lebih dari 50 orang dan hampir sebagian adalah orang asing. mahaberat. Di panggung terbuka Ardha Candra, 30 meter menemukan sekeha gambuh sekarang. S Malam itu gambuh berhadapan dengan "rival" yang Gambuh agaknya telah lama tersungk dari Wantilan, digelar Festival Gong Kebyar (FGK) den grup gambuh yang masih mencoba bera gan menampilkan jago Kabupaten Gianyar versus aduan ada di Desa Pedungan, Kota Madya D Kabupaten Tabanan. Panggung yang berkapasitas 5.000 Geruh (98 tahun) empu gambuh Pedunga orang tampak begitu sesak. Tepuk tangan yang riuh dan punya kharisma. Jika ia tiada, bisa jadi g seorak-sorai yang semarak terdengar silih berganti. ikut kandas. Sebab pewarisan atau rege gambuh macet di sana. k terdaftar PRODA TUNGGAL PERASA Di Batuan sendiri gambuh juga kini cenderung ter THE RACING TEAM Masyarakat setempat seni turistik. Untung, sekitar dua tahun ya Foundation sempat mengulurkan tangan Pasang MITSUYO Velg Racing Aluminium pelestarian, penelitian dan pendokumenta & SEGERALAH! Jadi Raja di CIRCUIT dan JALANAN TAK PERLU RAGU karena MITSUYO : 1. Dapat digunakan untuk ban tubeless. 2. Telah dilengkapi dengan bearing dan bushing sehingga dapat langsung dipasang di sepeda motor. 3. Tempat tromol rem menggunakan ring baja untuk kemantapan dan keamanan pengereman. JAPAN 4. jukan langka ini. Hasilnya lumayan. Dra mulai diorganisasi kembali di sana. Betapa gambuh perlu diberi perhatian nasibnya. Pencinta dan peneliti kesenian E asal Jerman dan R. Goris dari Belanda, nya yang berjudul "Overzicht van Dan Bali" (1937) menyebutkan, drama tari ini So tooneel on alle muziek, asal atau sumber gamelan yang ada di Bali. 5. Setiap aspek didesain dan diproduksi secara komputerisasi. 6. Pada kecepatan tinggi sangat stabil dan tidak mudah patah. 7. Harga terjangkau. MITSUYO JAPAN Aluminium Alloy Motorcycle Wheel 1. DENPASAR HONDA CENTRE, J. HOS. Colroaminoto 80 Denpasar, 2. GAJAH TUNGGAL, J. Imam Bonjol 250 Dereas 3. HERO MOTOR, J. Kartini 75 Denpasar, 4. INDRA JAYA MOTOR Setia Budi 27 Denpasar 5. MADE FERRY MOTOR JL Patimura 24 Denpasar, & SANTI RAHAYU MOTOR, J Setia Bud 23A Denpasar 7. ASA PARIS A Hasanudin 87-89 Denpasac & TRIO MOTOR, A. You 21 Singaraja, 9. YUNADI MOTOR, J. Gajah Mada 140 LIGNA FURNITURE BALI C 1764 PEKAN DISCOUNT Plus HADIAH Tanggal 1 Juni s/d 29 Juni'96 PERSEMBAHAN ISTIMEWA LIGNA UNTUK ANDA Kehadiran gambuh di Bali diduga me kuat dari kesenian Majapahit. Dan besa nya sudah muncul di Bali pada abad XV Kerajaan Gelgel di Klungkung. Khusus merintahan Raja Gelgel Dalem Waturen Bali memang sedang mengalami punca Dari sistem maesenasisme gaya istana gambuh lahir dan menjadi tontonan kesay ton. Pada zaman kerajaan dulu, tiap pun pegambuhan, bangunan atau panggung lar gambuh. Setelah zaman kerajaan pupus, eksis ambil alih oleh masyarakat luas. Pada ta sebuah festival gambuh, delapan kabup Bali masih mampu menampilkan wakil tahun 1970-an sudah sulit sekali mencari Dalam upacara-upacara penting di Pura ya, yang hanya sanggup tampil jika tidak pasti Gambuh Pedungan. Sebagai warisan kesenian kraton, pa 2cm Color Rendition Chart ARAOKE POLYTRON MAZIONE PSC 612 Identitas Para Muda Paduan Serasi Teknologi Tinggi Motor Idaman Keluarga YAMAHA PT. BISMA TUNAS JAYA-SENTRAL YAMAHA JL. TEUKU UMAR 72-76, TELP. 232528 (HUNTING) DENPASAR-BALI Hubungi Dealer-dealer terdekat di kota anda: Radio POLYTRON Tape Compo GRAND BAZZOKE KEUNGGULAN TEKNOLOGI YAMAHA PT. BINTANG MUDA MANDIRI - SENTRAL YAMAHA II JL. COKROAMINOTO No. 78. TELP. 435381 DENPASAR - BALI DENPASAR TOKO BISMA, JL. Gajah Mada 130. UD. BISMA, JI. Hasanudin 74, NIAGA MOTOR, JI Patimura 44A, TOKO KINTAMANI, JI Kartini 35, S/S MADE FERRY MOTOR, JI. Patimura 24, UD TUNAS KARYA, JL. Cokroaminoto 18, KUTA MOTOR, Jl. Raya Kuta 508 A NUSA DUA MOTOR, JL By Pass Ngurah Rai No. 29 GIANYAR S/S WAJA MOTOR JI. Udayana 99X Blahbatuh, WAJA MOTOR, JI Udayana No. 1 Blahbatuh, FUJI MOTOR JI. Pudak 17, FUJI JAYA MOTOR JL Astina Utara No. 6. KLUNGKUNG ISTANA MOTOR, J. Flamboyan 19. AMLAPURA: HARAPAN MOTOR, J. Gajah Mada TABANAN: INDRAWAN MOTOR, J. Gajah Mada 72, UD SARI UNTUNG, J. Melati 2X, AGUNG MOTOR JL. Pahlawan 32, KURNIA INDAH MOTOR, JI Pulau Batam 21 Pesiapan. NEGARA: UD. KASIH MOTOR, J. Srikandi 4. DWIPA MOTOR, J. Ngurah Rai 86 SINGARAJA: TRIO MOTOR, JI. Achmad Yani 21, INDRA MOTOR, J. Pramuka 10A BANGLI: WAJA MOTOR, JI. Merdeka. C 2057 LIGNA RATTAN Flores dibuat dari bahan rotan pilihan dan dikerjakan oleh pengrajin rotan berpengalaman Perpaduan rotan pilihan dan artistik nan menawan Bedroom set Ligna membuat ruang tidur Anda lebih serasi וס LABORATORIUM RESMI FUJI FILM HADIR DEKAT ANDA TOKO CAMERA, FOTO STUDIO dan FOTO LAB Mercy Photo Jalan Gatot Subroto 18 H Denpasar - Bali (samping pompa bensin) Cuci cetak warna 25 Menit C 2024 Rumah Mungil yang Exclusive!! GALLERIA INDAH PADANGSAMBIAN KODYA DENPASAR H adir di tengah keakraban alam namun strategis dengan jarak tempuh 5 menit menuju jantung kotá Denpasar dan 15 menit menuju Kawasan Wisata Kuta. Pemukiman yang dirancang, untuk kenyamanan dengan segala kemudahan dan fasilitas yang mendukung. keaktifan seluruh anggota keluarga anda. Sebuah kebahagiaan yang tak ternilai untuk Hanya dg Angsuran' Rp 95.000,- Anda sudah dapat memiliki Rumah Idaman keluarga, memiliki hunian nyaman dengan nilai investasi yang terus meningkat. Keterangan lebih lanjut, hubungi Kantor Pemasaran : PT. BALI GALLERIA Jl. Mayjen Sutoyo No. 27C Dps Telp. 224827, 221825 Fax. 221606 Buka setiap hari dari 08.00-20.00 kecuali Hari Minggu 08.00-17.00 Alexa C. 1229 Monaco LIGNA FURNITURE Sola Ligna tersedia dalam berbagai warna finishing kayu dan motif kain pelapis HUBUNGI: JL.IMAM BONJOL NO.204 TELP. (0361) 483662, 483492 DENPASAR - BALI Kalau sudah duduk lupa berdiri C 1799
