Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1996-12-11
Halaman: 08

Konten


2cm 4cm HALAMAN 8 babado Oleh Jro Mangku Gde Ktut Soebandi Jika Anda memiliki unek-unek di seputar masalah babad, ingin ber- tanya tentang asal-usul, rerintihan, silakan tulis surat dengan ringkas, jelas dan langsung ke pokok persoalan. Tujukan kepada pengasuh "Ba- bad" Jro Mangku Gde Ktut Soebandi, dengan alamat Redaksi Bali Post Jalan Kepundung 67 A Denpasar, Jika Anda kurang puas dan ingin berkonsultasi lebih lanjut, silakan berhubungan dengan pengasuh, Jro Mangku Gde Ktut Soebandi, Jl. Plawa Gg. XIII/1 Denpasar. Pertanyaan: 1. Saya ingin menanyakan tentang sejarah asal-usul keturunan keluarga kami. Kami adalah keturunan warga Tangkas Kori Agung. Menurut cerita orangtua kami, warga Tangkas Kori masih keturunan langsung dari Dalem Klungkung (pradana) dan men- cari sentana ke Gelgel. Jadi Pedharman kami adalah Dalem Klungkung di Pura Besakih. Yang ingin saya tanyakan: 1. Bagaimana sejarah kelahiran warga Tangkas Kori Agung sebenarnya dan apa hubungannya dengan Dalem Klungkung dan Pasek Gelgel? 2. Pura-pura mana saja yang berhubungan dengan warga Tangkas Kori Agung? 3. Bagaimana hubungan antara warga Tangkas Kori Agung dan Pasek Tangkas? Armana Santana Motor II. Saya ingin menanyakan tentang asal-usul kawitan kami, yaitu tentang asal-usul Arya Tangkas Kori Agung. Pertanyaan saya sebagai berikut: 1. Mohon dijelaskan asal-usul Arya Tangkas Kori Agung. 2. Bagaimana hubungan antara Arya Tangkas Kori Agung dan Sanak Sapta Rsi (Pasek). 3. Pura-pura mana saja termasuk sungsungan anak cucu dari Arya Tangkas Kori Agung. Jawaban: I Nyoman Sedana Ariana, Dusun Pengawan Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Pada tahun saka 1272 (tahun 1350 M), Cri Kresna Kepakisan (salah seorang putra dari Mpu Soma Kepakisan), oleh raja Ma- japahit diangkat menjadi Adhipati (wakil raja) di Bali dan berkedudukan di Desa Samplangan (Gianyar), dan di Bali be- liau dikenal dengan Dalem Samplangan. Di samping beliau menurunkan para Dalem Gelgel dan raja-raja di Klungkung, juga menurunkan parati santana di beberapa tempat, dengan mema- kai sebutan atau gelar berbeda, yang pada awalnya sesuai den- gan hukum- Catur Warna. Ketika berangkat dari Majapahit be- liau disertai oleh Ksatria Kediri, para arya dari Majapahit dan lain-lainnya serta seorang rohaniwan bernama Rsi Bhujangga Mustika (salah seorang leluhur warga Bhujangga Wesnawa). Arya tersebut di antaranya Arya Singha Sardula, yang di Bali diangkat sebagai kenuruhan (sekretaris kerajaan), dan di Bali Arya Sing- ha Sardula lebih dikenal jabatannya dengan Arya Kenuruhan. Adapun Arya Singha Sardula adalah keturunan Raja Daha di Jawa Timur yakni Cri Airlangga. Pokok-pokok Pikiran Kesatuan Mahasiswa Bali Post B Hindu Dharma Indonesia (KMHDI BIAS E Mahasabha II KMHDI di Malang, Jatim 5-7 Desember 1996 berhasil merumuskan sejumlah pokok pikiran yang beberapa di antaranya akan disampaikan kepada Parisada dan pemerintah. 1. Umum Pelaksanaan pembangunan na- sional yang berlangsung selama ini merupakan upaya penjabaran Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang bersendikan Pan- casila dan UUD 45. Oleh karenan- ya, nilai-nilai luhur yang terkand- ung dalam Pancasila dan UUD 45 harus senantiasa menjadi pe- doman dalam mengantisipasi perkembangan globalisasi seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi dunia. Pembangunan nasional menje- lang pelaksanaan pasar bebas, merupakan tantangan tersendiri yang harus segera dipersiapkan sehingga nantinya bangsa Indone- sia tidak terpuruk pada kekalahan pertempuran bisnis" akibat lemahnya sumber daya manusia (SDM). Segala permasalahan pembangunan yang saat ini masih menggandoli keberhasilan pem- Suasana Mahasabha II KMHDI di Malang. II Khusus A. Bidang Agama www.se Bali Post/nom MULANYA sempat timbul kekhawatiran pada beberapa k a kalangan akan timbulnya semangat primor- dialisme, jika mahasiswa Hindu berhimpun dan membentuk sebuah organisasi tingkat nasional. RABU KLIWON, 11 DESEMBER 1996 HDI Lahir "Dicun semacam ini terkadang sangat lamban dalam mere tif. Dengan demikian, akan mamp Kekhawatiran ini mungkin bisa dipahami karena set- spons tiap permasalahan. Karena alasan senioritas kan tiap permasalahan yang dihad elah merdeka puluhan tahun seharusnya tidak ada sebagaimana pun besarnya potensi seorang mahasiswa du untuk tetap eksis sebagai ujung lagi pengelompokan berdasarkan agama, suku atau tak mungkin bisa memimpin sebuah organisasi kepe ras. Namun pada kenyataannya hanya Hindu yang mudaan (kalau tidak betul-betul luar biasa), yang sering belum memiliki organisasi kemahasiswaan. Islam entah disengaja? sudah lama punya HMI dan PMII, Kristen ada du Jalinan tali silaturahmi ini ke menjadi jaringan interkoneksi mal Berbekal semangat persatuan dan kesatuan, dan beberapa alasan mengapa pengkr PMKRI dan GMKI, sedangkan mahasiswa Buddha beberapa pertemuan pendahuluan, mahasiswa Hindu jadi Pertama, adanya kerinduan berhimpun pada Gema Budhi. Kalau ada sebuah yang berada di beberapa daerah di Indonesia pun ber siswa Hindu untuk lebih peduli masalah timbul di negara kita, semua organisasi ke- himpun dalam sebuah Kongres Mahasiswa Hindu, di yang dihadapi umat. Sebelumnya mahasiswaan di atas bicara lalu eksistensi maha- Institut siswa Hindu ke mana? Siapa yang akan menyuara- (sekarang Universitas Hindu Oleh I Made Iwan Darmawan pribadi." kannya, apakah peguyuban mahasiswa tingkat daer- ah? Tentu tidak selevel dengan organisasi kemaha- siswaan tingkat nasional lainnya. Hindu Dharma Indonesia, Denpasar), 1-4 Sep- tember 1993. Mereka sepakat menghada harus dis secara bulat membentuk apa yang kemudian disebut sendiri. Namun saat mahasiswa sebagai Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indone, kota di Indonesia berkumpul be sia (KMHDI). Selanjutnya ada selentingan lain yang berhem- masalahan yang dihadapi tampak bus bersamaan dengan akan didirikannya KMHDI, buat apa banyak-banyak mendirikan organisasi? bersama. Timbulnya sebuah keya Kalau hanya melihat napas agamanya, bukankah ma- Jaringan Interkoneksi hasiswa Hindu bersatu, banyak pe hasiswa bisa berhimpun pada organisasi kepemudaan Tanpa disadari, sejak awal rencana pendirian KM- diselesaikan dengan lebih semp yang sudah ada? Tentu tak semua salah pada penda- HDI telah terjalin tali silaturahmi antarmahasiswa Hin- sudaraan yang mulai terhembus bawah tiga puluhan tahun, akan berbeda semangat Mahasiswa Hindu di Jakarta mengenal dengan baik benar-benar ada?) menjadikan ti pat seperti ini, tetapi mahasiswa yang rata-rata di du yang berdomisili di satu kota dengan kota lainnya belakang suku, derajat sosial ma dan pola pikirnya dalam menghadapi tiap masalah mahasiswa Hindu di Malang, Bali, Bandung atau se, memandang mahasiswa Hindu lai dan dalam mengatur urusannya sendiri, jika diband- baliknya. Tak berhenti hanya dalam istilah "sekadar Jaringan interkoneksi ini bel ingkan dengan orang yang sudah harus memikirkan kenal" secara fisik, namun lebih jauh meningkat men- cara baik bersamaan dengan belur urusan rumah tangga, pekerjaan atau posisi politik jadi "kenal" secara konsep pemikiran dan permasalah kah KMHDI secara nasional. W yang menjadi target pribadinya. yang dihadapi masing-masing daerah. Ini membuat rasa gan adanya jaringan ini, mahasis kenal kemudian bergerak menjadi rasa peduli terhadap masing kota merasa bagian dari apa yang dihadapi agama, umat dan mahasiswa Hindu kata lain. Jika sebuah masalah k sendiri. Walau dalam proses kenal ini, ada silang penda- buah daerah, tidak lagi dipandang pat antarsatu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya harus dihadapi mahasiswa di atau antarsatu daerah dengan daerah lainnya dalam tiap Dengan demikian, dalam perju proses pertemuan, tetapi itu semua dilandasi seman Hindu bisa tampil lebih prima ka gat untuk melahirkan organisasi yang baik dan aspira-ngan dan kepedulian mahasiswa Semangat muda dan proses pencapaian kema- tangan dalam berpikir, berkata dan berbuat merang- sang sebuah organisasi kemahasiswaan lebih dina mis dibandingkan organisasi kepemudaan, yang leb- ih sering dipimpin oleh orang yang tidak muda lagi (walau mengaku masih berjiwa muda). Kemudian karena alasan kedewasaan berpikir, organisasi B. Bidang Politik 2. Upaya pemerintah meles- bangunan hendaknya dijadikan guasaan ilmu pengetahuan dan diri, karena apabila gejala-gejala target utama untuk segera disele- teknologi yang mumpuni dan tersebut tidak segera ditanggulan- tarikan peninggalan budaya bang- saikan, misalnya saja kesenjangan memiliki moralitas keagamaan gi dapat menjadi penyakit mem- sa melalui UU Cagar Budaya per dari keberadaan tempat suci terse- keutuhan bangsa dan negara. negara ini, di mana kelompok-kelom- masang iklan hanya mau meneri sosial, kemiskinan, pengangguran, dan kebangsaan yang mantap. bahayakan bagi kehidupan ber- lu mendapat penghargaan dari se- mua pihak, namun hendaknya pe- but, sehingga praktik legitimasi 2. Upaya-upaya untuk meman- pok dari golongan tertentu memiliki gawai asal tidak berasal dari go lemahnya kualitas SDM, monop- Semua itu akan memberikan kon- bangsa dan bernegara. Spirit moralitas yang terkand- merintah tidak memasukkan tem- penggunaan kawasan suci pura faatkan lembaga-lembaga adat hegemoni yang terlalu kuat dalam kul- atau agama tertentu. Kondisi in oli, kolusi, dan korupsi. Harus di- tribusi yang sangat besar untuk akui, fenomena sosial seperti itu peningkatan suatu ketahanan dan ung dalam pesta demokrasi se- pat-tempat suci keagamaan (baca: dengan alasan apa pun harus di- dan agama demi kepentingan poli- tur ekonomi, sehingga menutup kesem- segera ditanggulangi agar tidak sampai saat ini masih tetap ber- keamanan nasional yang tangguh bagai penjabaran kongkret dari Pura) sebagai cagar budaya. Kare- hentikan. Pengakuan dan penge- tis di Indonesia dewasa ini, patan golongan masyarakat lainnya. bulkan preseden buruk akibat kehidupan berpolitik masyarakat, na jika hal ini tetap direalisasikan sahan bahwa Pura bukan merupa- hendaknya ditinggalkan. Sebab Praktik monopoli yang dijalankan seg. diskriminasi untuk golongan ter langsung dan telah menjadi dinamis dan berwibawa. "benang kusut" pembangunan Di samping itu, pelaksanaan hendaknya dapat menghasilkan akan terjadi benturan kepentingan kan objek wisata harus benar-be- praktik-praktik seperti ini akan elintir orang harus dapat diberantas demi tengah sulitnya mencari lapangan nar ditegakkan sehingga ke- menjauhkan esensi dari ke- adanya keadilan sosial seperti yang di- ja 4. Upaya-upaya pengentas dan segala upaya yang digunakan pesta demokrasi, yaitu Pemilu calon-calon wakil rakyat dan antara kepentingan kehidupan ag- pemerintah untuk mengatasi prob- 1997 akan memiliki dimensi strat- pemimpin nasional yang mampu ama dan siratan aturan yang ada beradaan Pura tidak terkontami- beradaan lembaga adat dan aga- siratkan dalam sila kelima Pancasila. ma yang sebenarnya. Lembaga- 2. Tingkat pengangguran yang terus miskinan yang dilakukan pemeri lem tersebut belum juga menun- egis yang sangat tinggi bagi ke- memperjuangkan aspirasi rakyat dalam UU Cagar Budaya itu nasi kepentingan materialistis se- jukkan hasil yang maksimal. Ter- langsungan pembangunan bangsa dan menjaga persatuan dan ke- sendiri. Saat ini, beberapa tempat mata. lembaga adat dan agama merupa- meningkat seiring dengan peningkatan lakangan ini cukup berhasil da suci Hindu yang secara nyata kan lembaga yang keberadaannya perekonomian negara terasa cukup dirasakan manfaatnya oleh mas bukti hingga saat ini praktik-prak- ini. Sudah menjadi kewajiban se- satuan nasional. masih dimanfaatkan umatnya, 1. Pelaksanaan Pemilu 1997 demi kepentingan sosial keagam- memprihatinkan, dan perlu dibuat tero-kecil, misalnya saja program IDT tik destruktif tersebut masih tum- mua pihak untuk menyukseskan buh subur di dalam kehidupan ber- pelaksanaan Pemilu 1997. Untuk ternyata telah menjadi cagar bu- hendaknya dapat berlangsung aan dan bukan dari kepentingan bosan-terobosan baru untuk menganti- TA, dan lainnya. Namun sanga 1 Kebebasan dalam kehidupan daya, sehingga perlu upaya pe- scara lancar tanpa ada gangguan politik praktis. sipasinya. Sebab peningkatan keberhasi- angkan, dalam praktiknya masih masyarakat dan bernegara. Sudah itu, demi keberhasilan pelaksan- 3. Keberadaan lembaga agat, lan pembangunan di bidang perekono- berapa oknum di tingkat bawa menjadi kewajiban semua pihak aannya, mesti dihindarkan prak- beragama selama ini memang te- merintah untuk merevisi hal ini dalam proses pelaksanaannya, se- agar perilaku menyimpang terse- tik-praktik politik yang tidak ber- lah berjalan dengan baik, namun demi ketenangan umat Hindu hingga Pemilu 1997 bisa dirasa- sebagai institusi asli masyarakat mian semestinya juga diikuti oleh pen- belum melaksanakannya denga but tidak diwariskan kepada gen- moral, misalnya rekayasa-reka- dengan terjadinya beberapa kasus dalam menjalankan kehidupan be- kan manfaatnya sebagai wahana setempat hendaknya dikembali- ingkatan peluang kerja, namun yang ter- sehingga perlu ada pembinaan penyaluran aspirasi politik rakyat. kan pada posisi semula dan senan- jadi justru tidak seperti yang diharap oknum aparat yang sering m erasi muda sehingga ideadisme yasa tertentu, adu domba antar- berbau konflik keagamaan di be- ragamanya. 3. Pemanfaatan kekayaan bu- Untuk itu, semua pihak yang ikut tiasa diikutkan secara aktif dan kan, di mana tingkat pengangguran ter- dana-dana IDT dan lainnya. D ing itu, perlu diupayakan ter kebangsaan pemegang tongkat warga negara yang menjurus berapa wilayah Indonesia perlu estafet bangsa ini tidak terkontam- SARA (suku, agama, ras dan ada upaya dari semua pihak un- daya yang bernapaskan keagam- dalam "lakon politik" harap men- diberikan kewenangan untuk us meningkat dari tahun ke tahun. 3. Adanya gejala diskriminasi dalam berupa pembukaan lapanga inasi praktik destruktif tersebut. antargolongan) dan sejenisnya tuk mencari format yang jelas ten- aan demi kepentingan pemban- jalankan integritas kebangsaannya menyelesaikan masalah-masalah Untuk itu, persiapan internal yang mana keseluruhannya dapat tang arah toleransi kerukunan gunan, seperti pariwisata memang di atas kepentingan pribadi dan sosial yang terjadi di lingkungan pekerjaan dan penghasilan bagi pekerja lokal di beberapa daerah t yang mendesak bagi negara dan membahayakan keutuhan persatu- hidup beragama yang sebenarnya. bisa dibenarkan sepanjang tidak golongan. Praktik rekayasa, sikut- nya, misalnya penanggulangan dari golongan tertentu saja telah men- Sebab ada kecenderungan p bangsa ini adalah upaya memper- an dan kesatuan bangsa yang te- Pencarian arah toleransi yang se- bertentangan dengan nilai-nilai sukutan, dan praktik kotor lainnya praktik prostitusi, komunitas ku- imbulkan adanya kecemburuan sosial gunan suatu proyek oleh i yang kalau dibiarkan bisa membahaya- kurang memberikan kesempat siapkan SDM yang tangguh baik lah terbina selama ini. Gejala-ge- benarnya sangat diperlukan guna yang terkandung dalam agama itu hendaknya dijauhkan dari budaya muh dan lainnya. kan stabilitas nasional. Bahkan ada be- masyarakat lokal, sehingga mas C. Bidang Ekonomi fisik, iptek maupun moral, sehing- jala disintegrasi nasional yang menghindari kemungkinan terjad- sendiri. Namun upaya pengem- politik bangsa, karena bisa men- 1. Kesenjangan dalam kesem- nih yang mulai muncul dari beberapa tersisih dari pembangunan yang ga nantinya tumbuh manusia In- muncul belakangan ini hendakn- inya gesekan sosial yang menju- bangan fasilitas kawasan pariwi- jadi cerminan yang buruk di mata (Bersambung ke Hal 15 Kol 4) donesia yang sehat, dengan pen; ya menjadikan bangsa ini mawas rus pada kasus-kasus SARA dan sata di tempat-tempat suci (Pura) generasi muda bangsa ini. Di samp- patan berusaha makin terasa kelompok perusahaan swasta tertentu kan di daerahnya sendiri. mengantisipasi sedini mungkin. sangat bertentangan dengan esensi ing itu juga berdampak negatif bagi dalam kehidupan perekonomian yang berani dengan terang-terangan me- D. Bidang Hukum Kemudian Arya Singha Sardula berputra 3 orang laki-laki, yang sulung bernama I Gusti Berangsingha (I Gusti Belangsing- ha), yang kedua I Gusti Pegatepan dan yang bungsu I Gusti Tang- kas. I Gusti Tangkas diangkat sebagai anglurah berkedudukan di Desa Dapdapan, sekarang bernama Desa Tangkas, daerah Klungkung. Selanjutnya oleh Dalem Gelgel Cri Smara Kepak- isan yang naik tahta pada saka 1302 (tahun 1380 M), I Gusti Tangkas diangkat menjadi anglurah di Bandananagara (sekarang disebut Badung), bergelar I Gusti Pangeran Tangkas, berkedudu- kan di Banjar Paganklod, Desa Sumertha Kawuh, Denpasar. I Gusti Pangeran Tangkas berputra seorang laki-laki bernama I Gusti Tangkas Dhimadya alias I Gusti Keluwung Sakti, namun tidak bisa membaca (buta huruf). YAMAHA PILIHAN UTAMA PAKET AKHIR TAHUN dapatkan Hadiah Cabutan : F1-Z TAPE COMPO • KOMPOR GAS RICE COOKER ●KIPAS ANGIN JAM EXCLUSIV • RADIO SPORT T. SHERT ●DAN OLI Setiap Pembelian YAMAHA Type: FIZ. ALFA, FORCE1 dan RX KING Uang Muka Rp 500.000,- HUBUNGI SEGERA : BERLAKU SAMPAI DESEMBER '96 PT. BISMA TUNAS JAYA SENTRAL YAMAHA JI. Teuku Umar No. 72-76 Telp. 232528 Denpasar YAMAHA TELKOMSEL SPESIALIS GSM MITSUBISHI CELLULER MOBILE TELEPHONES MITSUBISHI GSM MT 20 leeee Paket Terdiri 1 (satu) ponsel, 2 (dua) batt S & L 1 (satu) charger, 1 (satu) buku petunjuk 1 (satu) kartu garansi, 1 (satu) KARTU HALLO Keunggulan : Layar Lebar *Kirim berita dan terima berita seperti pager * Voice memo *Sepecial Ring Tone Speed Dialing Scratchpad Memory dll. Rp 1.500.000 Kring " Persediaan Terbatas " PT Bahagia Pratama Imam Bonjol 231 B Telp. 484586 Fax. 483962 PT ARGA WIJAYA JI. Imam Bonjol No. 232 Denpasar Telp. 484 126 (6 lines) Fax. 48405 PT. ADI PRIMANTARA UTAMA JI. Nangka No. 99 Denpasar Telp. 263331 (Hunting)Fax. 263332 Jl. Komplek Sudirman Agung Blok C-7 JI. PB Sudirman Denpasar Telp. 242989, 241080 Fax. 241080 GELORA PERKASA ELEKTRONIK Jln. Diponegoro 150 Pertokoan IDT Blok A-1 Telp. 239777 Fax. 239780 KOPEGTEL Jl. Teuku Umar No.2 Denpasar Telp: 262.562, 261477, Fax. 26147 Toko Sumber Elektronika Jl. Pejanggik No. 129 B Telp. (0370) 22815 Fax. 35344 Mataram Plaza-Lombok Sole Agent: PT. LIPPO MELLCO JI. Diponegoro 150 Blok B 17 Komp. IDT Blok B-17 Telp. 224221, 264674 Fax. 224221 Dps Mengapa KENWOOD? Karena KENWOOD adalah yang tepat untuk semua kebutuhan Audio/Visual. LD Video CD VCD COMPATIBLE CD KARAUKE MO 03 0410 TWO 900W D Echo TP.M.P.O POPS ROCK JAZZ DEEP BASS 15N EASY M-555 VLD Midi Audio/ Visual System Component RX-39V/LVD-69V/ LS-39, One touch CD to tape recording. 3 sound fields: Arena /Jazz club/STA, 40 radio preset, sleep timer Options: SW-500/RS-03/ MC-660x2 Pre-out for powered subwoofer and microphone TO USE REMOTE C.C CONTROL R.S 1. Merebaknya kasus kolus baga peradilan dari tingkat te sampai tingkat tertinggi telah kan kepercayaan masyarakat lembaga tersebut, untuk per moralitas para penegak huku b diutamakan, karena lembaga p merupakan gerbang harapan Kegairahan mendalami akhir-akhir ini, terlihat buk Di pelosok desa pun uma muda, memperlihatkan ke an. Sayangnya, kegairaha penyediaan buku-buku aga empiris menunjukkan pene mengalami peningkatan d disi ini diperburuk oleh ke mahalnya harga buku. D budaya baca masyar menggembirakan. Untuk menggairahkan DI ALAM ASRIL PURI GADING JIM C. 27503 C 25989 "BICARA IRIT PASTI HONDA. BICARA HONDA, PASTI PUAS" HONDA BLACK, ASTREA IMDRESSA RAJA BEBEK-4 TAK TERBARU KHUSUS BEBEK Uang Muka Rp. 500.000 M-383 LD Midi Audio/Visual System Component: RX-39/LVD-59/LS-39, One touch CD to tape recording, 40 Radio preset, Sleep timer Options: RS-03/SW-500MC-660x2 Pre-out for powered subwoofer and microphone M-29 Midi Audio/Visual System Component: RX-29/DP-29/LS-29, One touch CD to tape recording Mc-mixing, 40 radio preset, sleep timer Pre-out for powered subwoofer and microphone 900w UD-215 Ultra Component A/V System Component: RXD-G21/LS-G2 Options: MC-660x2 Hubungi Segera : GRATIS!! Kunci pengaman roda T-Shirt Michael Doohan, Gantungan Kunc Service 3x plus Oli JL. RAYA SEMEBAUNG PT. TRI MITRABALI PT. TRI MITRABALI JL. RAYA UBUD PT. TRI MITRABALI JL. RAYA BATU BULAN EXTRA: BONUS HELM + JAKET 1 JAKET EKSKLUSIF UNTUK PEMBELIAN KREDIT MELALUI FIF FIE kredit resmi sepeda motor Honda FIF FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE Perusahaan Pembiayaan Astra Telp. (0361) 93666 Gianyar, Bali Telp. (0361) 975555, Gianyar, Bali Telp. (0361) 298946 Gianyar, Bali Bagaimanapun juga HONDA lebih unggul C 22407 900w POPS ROCK DEEP COMPATIBLE JAZZ BASS R.S LD C.C CD CD DOUBLE TWO R.S TWO DEcho 560w BEEP CAROUSEL CD BASS REMOTE TWO DOUBLE DEcho KENWOOD Nuansa Seni, Musik dan Hiburan. Untuk keterangan lebih lanjut & Pelayanan Purna Jual hubungi: Service Centre Denpasar : JL. Teuku Umar No. 129 C, Telp. (0361) 239497. Dapat dibeli di toko-toko : DENPASAR AGUNG PLAZA JL Veteran 44, DENPASAR ELECTRONIC JL Veteran No. 25, DUTA AGUNG ELECTRONIC J. Diponegoro 78, PALAPA AGUNG JL Sumatra 8, TOYOBO ISTANA ELECTRONIC JL Diponegoro 98 Blok B4, FRANS ELECTRONIC JIL Waturenggong 20, TRIO ELECTRONIC JI Diponegoro No. 102, JL By Pass Ngurah Rai 88, DIRGANTARA JL Thamrin No. 16, CV SURYA JAYA JL Gajah Mada No. 128, SUMBER SARI JL. Gajah Mada No. 126, UD. RAYA JL Gajah Mada No. 72, OSAKA JI. Sumatra No. 7-9 HORISON JL WR Supratman 3XX, COURTS JL Cokroaminoto No. 65, KARTIKA ELECTRONIC JL Batukaru 80, J. Tanjung Sari 6. TABANAN INDRAWAN MOTOR JL Gajah Mada 72, BUMI MAS JL Gajah Mada 65, JATIJAYA JI. Gajah Mada No. 27, ANEKA JL. Gajah Mada No. 37. GIANYAR HARUM FAJAR JI. Ngurah Rai No. 79. Atau Dealer/Toko-toko HI-FI Terkemuka di kota Anda. C 25445 Raihlak FAS AIR PDAM TELEP