Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Singgalang
Tipe: Koran
Tanggal: 2015-01-18
Halaman: 14

Konten


khasanah SINGGALANG MINGGU » 18 Januari 2015 (27 Rabiul Awal 1436 H ) » Halaman B-14 BAKABA SULUAH IDUIK Adaik Dipakai Baru, Kain Dipakai Usang Rangkiang Simbol Kemakmuran Masyarakat Minang Pangkek Tinggi, Tanyato Korupsi Nan manggili : Tan Ambo Sungai Musi Muchlis Awwali me- teraan si untuk yang se- nan nama Kajadian nan angek kini Dibaritokan media jo tivi Urang tu bapangkek tinggi Didakwa KPK korupsi di rantau nan ADAIK, barasa dari bahaso arab, aratinyo kabiasaan atou sasuatu nan alah dijadikan aturan dalam kaidup saari-ari. Adaik juo marupokan nan lahia kabudayaan dari pami kiran manusia untuak mangatur dan mamacahkan masalah nan tajadi dalam masyarakaik. Mulonyo mung kin kabatulan kamudian tapi sajo. RB.Khatib manjadi tradisi. Tradisi itulah Pahlawan Kayo wakatu dalam bakambang panjang sainggo manjadi kasapakatan nan dipakai sacaro turun tamurun dipakai adaik kini sampai Di Minangkabau. marupokan hasia pamikiran nan disusun dek duo urang takamuko, yaitu: Datuak Parpatiah Nan pamimpin Bodi Caniago jo Datuak dari kalarasan Sabatang Koto Piliang Katumanggungan dari kalarasan Nan dimukasuik jo Adaik dipakai baru adolah kaadaan nan Minangkabau tu adaik bukti bahaso manunjuakkan lah pamikiran dinamisf hasia karano sangaik manjadi paraturan iduik tu dapek dipakai untuak jangko panjang. Aratinyo lah mamandang jauah kamuko, sainggo ersal dan komprehensif kecek urang kini. basipaik uni Makonyo kalou diinok dimanuangkan: papatah patitih aturan refleksikan salalu adaik tu marupokan manganduang duo dan rongga dinamis elastis nan disabuik babuuah mati jo babuuah sentak, sainggo bisa iduik dan bakambang sasuai jo kamajuan zaman. Dari itulah datangnya pandapek nan parinsip-parinsip mangatokan bahasò adaik dipakai baru, kain dipakai usang. Hal tu dapek diliek dari bunyi papatah jo patitih nan manggambarkan bahaso sagalo sasuatu ado tampek jo pasangannya. Misanyo; nan buto diirik, nan lumpuah dijolang. Kareh ditakiak, lunak disudu. Paneh balinduang, suruik Sasek diujuang jalan kapangka ujan bataduah. Nan tuo dimuliakan, Jauh dijalang, dakek dituruik. jalan. nan ketek disayangi, nan samo gadang dilawan baiyo. Di mano bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang, di mano rantiang dipatah, disinan aia diminum Namun pandi riannyo tatap kareh nan indak lakang dek paneh, indak lapuak dek ujan, tabujuah lalu, tabalintang patah. masa Nan mangajuik an urang rami Pajabaik ko dari polisi Kajadi calon Kapolri DPR lah ka mauji nan wa ta- sen- KPK mambaritahu resmi Alah sajak bulan Juli Pajabat ko disalidiki Soal suok jo gratifikasi hasil yang diperoleh 'ado ba- rangkiang Si bayau-bayau ini padi abuan yang digunakan merupakan untuk kehnyo'. Munculnya pemikiran simbol kesejah- benih dan biaya karena orang lain ngerjakan sawah pada musim lahir seperti ini, batin sebuah DARI segi mata pencarian, or- ang darek biasanya lebih tanam ba akan mengukur kemakmuran keluarga. berikutnya. Biasanya sebuah Kemudian, rumah rangkiang padi gadang juga nyak berprofesi sebagai petani digunakan yang berdasarkan peralatan penggarap sawah dan ladang. padi lapa benih ini adalah difungsikan tangguang yang Jika dari tahun bermutu penyimpanan tempat baik. mereka miliki. sebagai Di daerah. oleh Kondisi didukung ini ke tahun Solok mereka ini digunakan sebagai abuan tidak lahan mereka yang subur serta ada peralatan padi padi yang bertambah. malah apabila musim berada disekitar daerah pegu- sebut sebagai induak padi. ра cadangan yanag lembah-lembah makin berkurang maka dapat ceklik. Dalam dunia pertanian Menurut informasinya orang dan nungan dipastikan hasil panen mereka paceklik musim memiliki curah hujan mem merupakan induk padi yang bawa yang musim yang pasti mereka lalui. tidak boleh hanya cukup untuk memenuhi Padi ditegur. tinggi setiap yang cukup ta- sehari-hari. Se- Banyak faktor yang kebutuhan rangkiang sikaciak boleh saja menye- sehingga hunnya. sangat digunakan kata Si tinjau lawik untuk babkan terjadinya musim kebutuhan tensial untuk lahan pertanian. pa- karang. Sedangkan orang yang berada diidentikkan dengan ceklik persediaan seperti ini. musim ke- sehari-hari, jika marau panjang, bencana alam beras dilumbung sebuah tempat dataran tinggi dan wilayah biasanya berada rangkiang-rangkiang yang lain di dan hama berprofesi sebagai pedagang. antara per- yang serangan wereng. Dampak dari musim ini adalah Jika sudah batasan Padang dan Solok. habis. Sebuah rumah dan industri tukang, nelayan, Meskipun, di wila- Solok hendak kita dari ke kerajinan. panen paceklik gadang sudah gagal Musim menggunakan Padang, maka di ditemui ke- daerah ini bukan ini dialami oleh untuk saja yah darek juga padi abuan memenuhi kita sudah mulai melihat ham- manusia umat pada kebutuhan sehari-hari. dan in- pertukangan Berarti giatan dustri rumah tetapi sekarang, tetapi sudah terjadi gadang ke- kerajinan, luas. Secara paran anggota laut yang tersebut sudah tersirat dapat dijelaskan bah- beberapa berabad-abad yang pada berada dikatakan ini dapat giatan tidak sebagai pekerjaan kedua (sam- yang dapat petani lalu. Malah pada sulit. masa Nabi Pada kondisi yang saat musim paceklik melewati Si tinjau lawik berarti posisi seperti Yusuf A.S. ini, bilan). maka ninik Karena biasanya para petani memiliki waktu kosong hasil mereka panen hanya berlangsung selama mamak tujuh sebagai orang yang sambil musim untuk cukup kebutuhan akan tahun. didahulukan salangkah Sebagaimana yang difir- menunggu diri. mankan Allah SWT dalam berusaha mengatasi masalah nam tiba. wilayah darek Selanjutnya, surah Yusuf rangkiang Si ayat 48 ini Mengingat yang secara interen, karena bayau-bayau berfungsi sebagai artinya memiliki tanah yang subur dan Kemudian setelah itu dalam konteks seperti ini cocok untuk tempat menyimpan padi untuk akan sangat lahan berlaku tujuh (tahun) datang falsafah disingkok pertanian yang secara otomatis kebutuhan sendiri. Rangkiang yang sangat sulit, yang meng- dikirai basah'. kariang menghasilkan panen berlim- ini berbentuk gemuk yang habiskan apa yang kamu sim- Mengenai mengerjakan biaya pah dan memberi kemung- berdiri di atas sawah, biasanya untuk menghadapinya enam tiang pan pola yang pula hasil panen (tahun itu Sebagai masyarakat yang me- kinan sulit). kecuali sedikit digunakan adalah dengan cara disimpan dijual. nganut falsafah Dalam alam takam- Tradisi bajulo-julo dari apa (bibit gandum) yang ini kehidupan masyarakat Mi- bang jadi guru Bentuk rang- kamu simpan'. Melihat ke- merupakan sistem gotong nangkabau tradisional setiap kiang yang gemuk ini nyataan ini meng- dapat dikatakan pola royong dengan rumah gadang memiliki tem- gambarkan simbol keluarga bahwa musim paceklik sudah mengerjakan sawah secara padi, yakni pat sejahtera. penyimpan orang yang merupakan sunnatullah antar bagi bergiliran sesama pe- rangkiang. Dalam keseharian- berbadan gemuk diidentikkan setiap umat manusia, terutama milik sawah. Jadi biaya yang dengan sosok yang cukup gizi, nya orang Minangkabau mem- bagi petani. Untuk menghadapi diperlukan hanya biaya ma- bagi rangkiang tersebut men sebaliknya orang kurus diang- kondisi seperti ini yang ditun- kan dan minum bagi para jadi bagian, yakni Si gap kurang sehat atau kurang empat tut adalah sikap arif dan bijak- pekerja de- Namun seiring tinjau lawik, Si bayau-bayau. makan. Sementara itu, tiang segala karena ngan zaman. perkembangan Si tangguang lapa,dan Rang- yang berjumlah enam dapat yang diciptakan Allah S.W.T. tradisi ini sudah mulai hilang. kiang sikaciak (Navis. 1984). dimaknai sesuai dengan jum- tidak ada yang sia-sia Sekarang. pekerja sawah atau Tinggal Keempat jenis rangkiang ini lah rukun iman. Dengan na kita sebagai umat manusia buruh tani sudah dibayar tidak dapat dipisahkan dengan kan secara teratur badan men- yang beriman dan bertakwa dengan upah yang telah mere- kehadiran sebuah rumah jadi sehat. Begitu juga dengan dapat menangkap makna dari ka disepakati. terutam di wilayah dang. meyakini rukun iman yang setiap kejadian yang dicip- rek. enam dapat menjadikan batin takan Allah S.W.T. tersebut. seseorang menjadi sehat. In- Bagi masyarakat Minangkabau tinya badan seseorang dapat (tradisional) sendiri strategi dikatakan sehat apabila terjadi menghadapi musim paceklik keseimbangan antara sehat tidak hanya dengan menyim- jasmani dan rohani. Dalam pan padi di rangkiang, tetapi konteks ini tidak dikatakan juga melalui langkah bahwa dalam badan yang hematan. Seperti yang sehat terdapat jiwa yang sehat. kapkan pepatah Karena ada orang yang sehat sabalun abih, ndak ado mako badannya, tetapi jiwanya tidak dimakan' merupakan pepatah sehat. Selanjutnya, ada juga or- yang cukup arif untuk meng- ang jiwanya sehat, tetapi ba- hadapi musim paceklik dannya sakit. Oleh karena itu, Terakhir, rangkiang sikaciak secara ekonomi dan religius merupakan tempat penyimpan serta Dulu Awak indak mangarati Sampai kini masih tajadi Banyak pajabaik di instansi Mulai dari pagawai negri Dari nan randah sampai tinggi Walikota jo bupati Tamasuak dari polisi Bahkan sampai Menteri Korupsi barami-rami nan sana. sesuatu Pokoknyo kato bajawek, gayuang basambuik Kasado nyo ado jalan kalua untuak pamacahan masalah, sainggo indak ado karuah indak janiah, indak ado kusuik nan indak salasai. Sabab tatumbuak biduak dikelokkan. tatumbuak kato dipikiri. Makonyo samakin dipakai adaik tu dalam arati nan bana, akan samakin baru dan baguno. karano di Minangkabau bulek aia dek pambuluah, bulek kato' dek mupakaik. Duduak surang basampik-sampik, duduak Karanotu samakin basamo balapang-lapang. kamuko cadiak pandai (Pamangku adaik intelek) dalam musyawarah mako samakin batambah baru dan bakambang pamikiran dihasiakan untuk kasalamaiktan dan pamacahan masalah nan diadoi anak kamanakan. Itulah lainnyo jo kain nan samakin dipakai samakin usang dan lusuah. Insya Allah! ga nan Pangkek tinggi pitih bajadi Dapek tunjangan jo gaji Cekeran masih dicari Jo caro korupsi tadi peng- kulimaik Sebagai salah satu wujud kebudayaan, keberadaan rang kiang di Minangkabau sudah mulai hilang dari peredaran. Falsafah sakali gadang sakalic tapian barubah juga dialami oleh rangkiang. Generasi rang kiang hanya tinggal kenangan. Nasib rang- kiang hampir sama dengan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis. Keberadaan rangkiang sudah berubah fungsi menjadi barang antik yang dipertontonkan. Dalam praktiknya, setiap rangkiang di Minangkabau memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Misalnya rangkiang Si tinjau lawik, berfungsi sebagai tempat pe- nyimpanan padi yang akan digunakan untuk membeli barang atau keperluan rumah yang tidak dapat dibikin diri. Hal ini mengisyaratkan bahwa rangkiang Si tinjau lawik mencerminkan sifat hemat sebuah keluarga agar MANTAGI Kajadian lah bakali-kali Nan tatangkok jo diadili Lah bakujuik masuak tangsi Terdakwa lain kini antri Bungo Kambang Indak Jadi sen- Farhan Lungka Prodi Minangkabau F.I.B. Unand Taruih disampaikan tiok ari Ustadz-ustazah dalam mangaji Sia nan makan pitih korupsi Baakibaik kabadan diri Tradisi Marantau di Minangkabau Bunga kambang indak jadi. Iyo padiah kok sarupo iko. Raso hati lai mancaliak matohari. Galok sajo nan lai. (Bunga mekar tak jadi. Benar-benar pedih kalau begini. Hanya angan-angan melihat matahari. Gelap yang hanya ada). Makanan haram dikonsumsi meru- Akibaiknyo nan tajadi Tiok tahun na naiak haji Sumbahyang bakali-kali Walau sampai bangkak kaki Do'anyo indak dijabahi ILWANDI PUTRA SUATU kebiasaan yang tidak pernah hilang bagi pemuda- pemudi orang minang yaitu marantau. Marantau atau me- ninggalkan kampung halaman untuk mencari ilmu dan mem- perbaiki ekonomi ke daerah ke kota-kota sudah men- lain. jadi tradisi di ranah Minang. Kebiasaan yang telah banyak dirintis oleh orang Minang membuahkan hasil bagi peran- tau Minang yang mengadu nasib ke kota dengan penuh perhitungan serta berani me- ngambil resiko yang butuh tantangan. dan perjuangan. Hal lain yang menyebabkan pemuda Minang merantau ke negeri orang di kam karena pung halaman belum bisa berbuat apa-apa, seperti bunyi talibun minang berikut ini. Karatau madang diulu Babuah babungo balun pun jenis daganganya yang bersifat positif. Usaha dagang yang menjadi prioritas yaitu berjualan pakaian dan ma- kanan seperti mendirikan rumah makan dengan merek R.M masakan Padang. Maka dari itu, banyak rang Padang sukses dirantau orang hanya bermodalkan jiwa dagang dan semangat kerja keras walau- badai pun kian rintangan menghadang. namun sema- ngat tidak gampang kendor. Selain itu. rang Padang ter- kenal dengan sikap ramah serta memiliki jiwa sosialisasi tinggi itu yang membuat orang Minang dilirik oleh mata or- ang banyak. Nasib ya nasib Beginilah kalau bunga mekar tak jadi. Ingin hati mekar, melihat dunia luas. Namun belum jadi mekar, bunga sudah langsung layu. Kalau bunga sudah layu, alamat cita-cita melihat matahari Itu tidak jadi sampai artinya kehidupan bunga sudah selesai. Alamat bunga menjadi tak berguna, tak ada gunanya hidup, tak pula ada gunanya mati. Kalau menyebut kata kita bunga langsung teringat dengan perempuan. “Duhai lihat cantiknya bunga desa itu.” Itu artinya lihat betapa cantiknya perempuan desa. Bunga ini identik utuh peremuan yang masih dengan kepe- rawanannya. Mereka yang dikatakan bunga adalah mereka yang benar-benar terjaga keperawanannya. itu Marantau bujang dahulu dipungkiri, orang Minang Di kampung panguno balun dah menjadi go Internasional, dengan kata lain di mana- Secara garis besar maksud mana ada orang Minang, be- yang disampaikan dari talibun gitu juga dengan masakan or- tersebut menggambarkan jika ang Minang yang dikenal de- seseorang pemuda-pemudi or- ngan randangnya yang ang minang harus berjuang, pakan suatu kebanggaan ter- mencari pengalaman sebanyak sendiri bagi rang Minang. mungkin ke negeri orang supa Hal lain yang mendukung ya mempunyai bekal baik bahwa. setiap daerah-daerah ilmu berupa yang berguna rumah di kota-kota maupun mengadu bekerja maupun makan masakan orang Minang nasib di rantau untuk orang menyongsong hidupnya ke arah yang lebih baik. Sebagaimana yang dilihat dengan kaca mata kita pada saat sekarang ini, para bujang dan gadih minang banyak yang meninggalkan kampung hala- mannya untuk merantau ke kota dengan tujuan meroba nasib dalam bahasa minang- nya mangadu un tuang jo para saian ka rantau urang. Me- hal mang yang tidak dapat 622 Kalau mamakan barang nan suci Iduik tanang tenteram ati Indak pamberang jo emosi Pikiran indak ikin kamari ngan atau yang akrab dijuluki de- rumah makan masakan menjamur Padang ba- serta nyak diminti bagi orang luar. jadi perantau Minang tidak merasa canggung untuk me rantau ke tempat orang. or- Katurunan indak tababani Cubo dipikia diinok-i Kalau ayah tatangkok korupsi Malu anak sarato bini MINANG SAISUAK Rang Minang, atau panggilan akrab yang menghiasi telinga orang luar sebutan dengan rang Padang, terkenal dengan jiwa dagangnya. Orang Padang ternama pintar-pintar cadiak dalam berdagang apa- Sepanjang sejarahnya. ang Padang yang berada di perantau orang jarang sekali didengar terlibat konflik de ngan masyarakat di manapun berada. atau Mobil Operasional PT Semen Padang Emas Salido dan Kinandam- Sumatra Mijnbouw. Perusahaan Dagang Veth Bersaudara juga menjadi Amerika Serikat di tu agen um- PADA tahun 2001 Penerbit Pustaka Sinar Harapan me- nerbitkan buku Indarung: Tonggak Sejarah Industri Se- men Indonesia yang disusun oleh Mestika Zed, Hasril Chaniago, dan Khairul Jasmi. Buku itu memaparkan per- jalanan sejarah PT Semen Padang. satu peru- sahaan publik yang menjadi rasa Persoalannya sekarang, persoalan keperawanan adalah soal rumit. Sulit untuk menentukan masih seseorang perawan atau sudah los remnya. Sekarang keperawanan bisa los di mana-mana Ada yang los keperawanan di semak-semak Hal ini banyak terjadi di tempat-tempat hiburan yang jauh dari kota. Biasanya di lubuk-lubuk. Lubuk apa saja itu pembaca dapat menerka-nerkanya. Los keparawanan terjadi dengan sangat gampangnya di tempat hiburan. lokasi alam melihat Modusnya pergi keindahan alam. Sampai di lokasi keindahan alam lain pula yang dilihat. Alam yang tidak patut dilihat yang dia lihat. Los keparawanan juga terjadi di kos-kos. Orang menyebutnya ayam kampus. Saya menyebutnya bunga kembang tak jadi di kampus. Kalau dilihat sepintas lalu, tampak sangat alim. Kalau dilihat lebih jauh ke dalam, kealiman berubah menjadi kealiman versi anak muda. Kos jam malam, kosnya berlaku di jam malam. Sulit dikontrol. Alasannya mengerjakan tugas. Los keperawan juga terjadi di mobil-mobil bergoyang. mobil Sekarang dangdut sendiri. terkadang goyang Terkadang ingin bergoyang pula kita melihatnya. Mobil joget kiri dan kanan. Dalamnya berisi bunga kembang tak jadi. Bunganya sudah diambil orang lalu. Sedikit keren dan berkelas, los keparawanan terjadi di hotel-hotel kelas melati dan kelas elit. Kelas melati masih mudah dilacak. Kelas elit sulit dilacak. Izin masuknya susah. Alasan privasi. Jadi memang semakin membingungkan. Bungo kambang indak jadi. Bagaimana jadinya kumbang kalau bunga tidak jadi mekar? Kumbang menghisap madu dari bunga ya mekar. Sekarang bunga itu benar yang tidak mekar, tentu kumbang kehilangan madu. Malang nian nasib engkau wahai kumbang. Bunga mekar tak jadi semakin membludak di daerah- daerah. Sumbar 2012 lalu tercatat menduduki posisi nomor 4 sebagai pemegang piala kejuaraan bunga mekar tak jadi. Payakumbuh, Pasaman, Solok, tercatat sebagai pemegang mekar rekok bunga tak jadi Bunga mekar tak jadi ini banyak terjadi di kalangan mahasiswa. Kalau tertangkap langsung dinikahkan. Makin senang bunga mekar tak jadi. Tak ada hukuman yang berarti. Sebab mereka men dapatkan pucuk dicinta wulan pun tiba. Semakin Padang. Demikianlah pamanya, Cornelis Gerard Veth yang bersama saudara- saudaranya melanjutkan usaha dagang ayahnya, Jan Veth. di samping menjadi anggota direksi PT Semen Padang dan menjadi anggota Kamar Dagang Sumatra (Ka- van Koophandel van Sumatra), pada 1897 juga menjadi agen konsuler untuk Amerika Serikat di Padang. NI.PORT CEMENT MY 3 SUMATRA salah mer kebanggaan orang Minang- telah kabau, yang banyak memberi kontribusi bagi pembangunan Sumatera Ba- rat. melambangkan perbedaan golongan di antara para pekerja putih itu. Warna memang dominan pada wak itu. Pakaian berwarna putih biasa dipakai oleh para Belanda pegawai di Hindia Belanda untuk mengurangi panas pada badan. karena warna putih cen- memantulkan hawa derung panas. Banyak dokumen sejarah PT Semen Padang, baik be- tulisan maupun visual, rupa seperti foto ini, masih ter- simpan di Belanda Oleh karena itu, tidak dapat tidak, salah satu jalan yang harus ditempuh untuk mendapat- kan dokumen-dokumen itu adalah melacaknya ke Belanda dan membawa reproduksinya ke Sumatera Barat untuk dapat disimpan oleh bangsa kita sendiri. (Sumber foto: http://www.- klikpositif.com/). Suryadi Leiden. Belanda. praja Amsterdam. dengan PT Semen Padang adalah perusahaan peninggalan Be- landa. Perusahan itu berdiri tahun 1910. Namun, per- siapan pembangunannya dan survey kelayakan sudah dilakukan setidaknya sejak 3 tahun sebelumnya. Adalah Gebroeders Veth Handelmaatschappij (Pe- rusahaan Dagang Veth Ber- saudara) yang menjadi pe- modal pertama dan utama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschap pij (nama awal PT Semen Padang). Perusahaan Dagang Veth Bersaudara didirikan di Belanda sekitar 1836. Arsip perusahaan ini, sejak 1970, kini tersimpan di Kan- tor Arsip Pemerintah Kota- Semula Perusahaan Geb- roeders Veth Handelmaatsc happij bergerak di bidang perdagangan hasil bumi Hin- dia Belanda Akan tetapi kemudian usahanya diper- luas ke bidang pertamba- ngan Di samping mengelola PT Semen Padang. Gebroe- ders Veth Handelmaatschap pij juga mengelola Tambang Rubrik Minang saisuak kali ini menurunkan foto mobil operasional NV Neder- landsch Indische Portland Cement Maatschappij, seperti ini. dapat dilihat dalam foto Foto ini dibuat sekitar 1910. Terlihat dua corak pakaian para pekerja yang terekam dalam foto ini. Barangkali perbedaan warna pakaian itu sedikit kesempatan kumbang mendapatkan nektar dari bunga yang mekar. Oh kasihannya engkau wahai kumbang.( -od -ер -8981 - -Bun -ns -wn (-) g