Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Waspada
Tipe: Koran
Tanggal: 2002-04-12
Halaman: 12

Konten


4cm WASPADA Jumat, 12 April 2002 12 WASPADA kara Shahih... MIMBAR JUMAP-a ist shahih Porn Tak Boleh Menghina Tetangga Mewaspadai Tipu Daya Yahudi Hidup di kompleks perumahan memang enak- enak susah. Mengapa? Kaum ibu biasanya suka bergunjing, membuat gosip dan isu yang tak jelas kebenarannya. Kaya dicurigai korupsi, miskin malah dicibir. B bah rasa pesimis akan terciptanya per- damaian global di muka bumi ini khu- susnya di daerah Timur Tengah. ergolaknya kembali kecongkakan Yahudi di bumi Palestina menam- Digelamya berbagai aksi perdamaian hanyalah merupakan sandiwara Yahudi belaka yang pada akhirnya isi dari per- damaian tersebut terkesan sudah sering dirobek-robek oleh 'anak haram jadah' Amerika dan Inggeris ini. Rasa pesimis ini semakin bertambah melihat sepak terjang Amerika yang mencoba sebagai penengah dengan me- nerapkan standart ganda guna membela kepentingan Yahudi Israel. Bermacam-macam tipu daya dimain- kan oleh bangsa Yahudi mulai dari konsis- tensinya mengangkangi perdamaian sam- pai kepada tindakan anarkis dengan mem- bunuh warga sipil Palestina. Dengan kata lain, Yahudi akan selalu membuat atrik-trik agar kesepakatan damai dengan bangsa Palestina tidak akan pernah terujud, apalagi setelah dibentuknya ge- rakan Zionis yang salah satu intinya yaitu ingin membangun negara Yahudi di atas negara peninggalan Nabi Daud yang no- tabenenya adalah Palestina. Tujuan pembentukan negara Yahudi ini sangat sulit untuk dibendung karena sudah merupakan keyakinan teologi di kalangan umat Yahudi bahwa negara yang mereka idam-idamkan harus terujud. Ambisi meujudkan negara inilah yang membuat bangsa Yahudi sama sekali tak menghiraukan kutukan dunia Internasional. Ketidakpedulian Yahudi ini muncul karena adanya dukungan dari negara-negara kuat akibat lihainya para lobi-lobi Yahudi ber- main di beberapa negara, dan melalui kekuatan lobi ini pulalah reaksi badan dunia seperti PBB sama sekali terkesan sayup-sayup menghukum bangsa Yahudi. Sejarah Tipu Daya Yahudi Tipu daya yang dimainkan bangsa Yahudi ini tidak luput dari catatan sejarah. Pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia tidak la in merupakan pengulangan kebia- daban yang sudah pernah mereka lakukan. Menurut Abdurrahman Jabnakah al- Midaniy dalam bukunya Makayad Ya- hudiyah (Tipu "Daya Umat Yahudi) menjelaskan paling tidak terdapat tiga belas macam bentuk pola tipu daya Yahudi yang berdasarkan pola inilah sangat pantas kalau kaum muslimin tetap memandang bahwa Yahudi merupakan musuh yang bahaya latennya terus menerus harus diwaspadai. Dan orang-orang Yahudi berkata: "Tangan Allah terbelenggu". Sebenarnya tangan merekalah yang terbelenggu dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu. (Tidak demikian), tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka, Dia menafkahkan sebagaimana Dia kehendaki. Dan Al-Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan di antara mereka. Dan Kami telah timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari kiamat. Setiap mereka menyal akan api peperangan, Allah memadamkannya dan mereka berbuat kerusakan di muka bumi Allah dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. al-Maidah ayat 64). Yahudi. Salah satu bentuk tipu daya Yahudi ini sebagaimana yang diprediksikan oleh al-Midaniy ialah berpura-pura masuk Islam yang tujuannya tidak lain ingin menghan- curkan Islam dari dalam dengan mencari celah-celah kelemahan umat Islam itu. sendiri. Justru itu istilah hipokrit (munafik) selalu saja identik dengan orang-orang Yahudi. Selain motif ini tujuan mereka untuk me nyebarluaskan fitnah agama terhadap kaum muslimin dengan membuat interpretasi yang sangat jauh melenceng dari ajaran dasar agama Islam. Tipu daya Yahudi ini juga dapat di- pantau melalui pertanyaan mereka yang nyleneh kepada Rasulullah yang tujuannya tidak lain untuk mencampuradukkan antara yang hak dan yang batil. Melalui taktik ini mereka terus me- masukkan jarum-jarum penghancur agar umat Islam merasa ragu terhadap kesahihan ajaran agamanya. Dan dengan demikian akhimya mereka mengklaim bahwa diri- nya jauh lebih pandai ketimbang Rasulullah sendiri. Tipu daya Yahudi yang tak kalah se- runya ialah masalah perekonomian yang menurut istilah Jabnakah disebut dengan 'perang ekonomi'. Tipu daya mereka di bidang ekonomi ini dengan mebuat sema- cam sindikat yang tujuannya untuk me- rampas dan memeras harta umat Islam. Mesir selalu saja dijadikan tumbal oleh Yahudi untuk melanggengkan do- minasi politiknya di Timur Tengah, karena sekali orang masuk ke dalam perangkap Yahudi maka sangat sulit menghindarkan diri dari cengkeramannya. Tipu daya Yahudi di bidang ekonomi ini tercatat cukup sukses sehinga negara- negara Islam yang memiliki sumber daya alam yang melimpah tapi sama sekali tak berkutik dalam percaturan perekonomian dunia. Berdasarkan taktik dan tipu daya Ya- hudi terhadap politik memecah belah inilah maka William Kare menulis dalam buku- nya al-Yaluud Wara'a Kulli Jarimah yang diuraikan dengan panjang lebar oleh Khairullah al-Thalfah menuduh bahwa setiap aksi kekerasan dapat dipastikan Yahudi berada di belakangnya. Tuduhan ini pada prinsipnya mengun- dang imajinasi kita tentang gencamnya pro- paganda Yahudi yang menuduh pelaku teroris adalah umat Islam tapi pada kenya- taannya tuduhan tersebut paling identik diarahkan kepada bangsa Yahudi melihat sepak terjang kebiadaban mereka selama ini. Tipu Daya Pergantian Pemimpin Pergantian setiap pemimpin Yahudi mengindikasikan bahwa pajar perdamaian yang mulai digelar kembali redup. Taktik ini tidak lain merupakan tipu daya Yahudi untuk mencengkram tanah Palestina buat selama-lamanya. Kata ini mencakup amalan ritual ataupun perbuatan dalam kehidupan sehari- hari. Sebagaimana kata yang lain maka pembatasan ma kna itu tergantung pada bidangnya masing-masing. Kata lain seperti Sedekah bisa ber- makna; bukti pembenaran, zakat wajib bagi yang mampu, pemberian kepada fakir miskin secara sukarela (tidak wajib), setiap perbuatan kebaikan seperti tersenyum ke- pada temannya, atau melangkah ke masjid untuk sholat, wakaf jika manfaat dan pahalanya mengalir/tidak terputus, bahkan setiap zikir dapat dikatakan satu sedekah. Benyamin Netanyahu yang populer dipanggil Bibi ini kembali mengulangi setelah hitam pendahulunya yaitu Yitzhak Shamir dengan membunuh warga Pales- tina. Setelah Netanyahu yang ekstrim ini mendapat kutukan dunia Internasional akhirnya beliau digantikan oleh Ehud Pengalaman Bid'ah Dizaman Ra Kata "Bid'ah" berasal dari bahasa Arab yang telah umum diketahui dan digunakan sehari-hari dengan prakarsa, inovasi, gagasan baru, ciptaan yang belum ada contoh sebelumnya atau perbuatan yang belum ada contohnya tetapi dianggap sebagai ibadah. Allah memberi pedoman untuk me- nempuh dan memecahkan masalah kehi- dupan ini yaitu dengan Al-Quran, praktek Al-Quran dalam kehidupan yang disebut Sunnah Rasul. Dengan kesepakatan muj- tahid tentang hukum agama pada masa tertentu sesudah wafat Rasul yang disebut ljmak, dengan penyamaan hukum masalah baru dengan hukum hal yang sudah dite- tapkan Al-Quran atau Sunnah karena persamaan illatnya yang disebut Qias. Dengan perujudan kepada qaedah yang telah disarikan dari keduanya yang disebut qaedah fikih ataupun dengan merujuknya kepada maksud dan tujuan syari'ah yang disebut dengan Mashlahat Mursalat. Dengan cara demikian tidak ada stagnasi dalam mencari arahan hukum masalah yang timbul. Oleh Drs. Achyar Zein, M.Ag Dosen Fak. Tarbiyah IAIN SU Hal inilah yang telah dipraktekkan oleh para sahabat Rasul ketika beliau masih hidup dan dilanjutkan oleh Khulafa Ra- syidin serta para ulama yang mewarisi misi Rasulullah. Agung Jl.Diponegoro Amal Bakti Jl. Raya Menteng Kec. Medan Denai Amal Jl. Ngalengko Lr. Saudara Amal Islamiyah Kelurahan Lubuk Pakam Amaliyah Jl. Sakura I Blok 19 Perumnas Helvetia Attawwabin Jl. Pimpinan No. 1 Medan Annazhirin Jl. Karyawisata, Gedung Johor Medan ACC Rumah Makan & Buffet Khas Minang Melayu Drs. Khudri Lubis Ar-Rivai Jl. SM.Raja Km. 7 No. 5 (Komp, TPI) Medan Drs. Mhd. Taufiq Atthoharoh Ling. 10 Rengas Pulau Medan Marelan Wahyu Sulaiman Asy-Syuraa Jl. Surau No. 7 Kel. Sei Putih Timur-I T. Burhanuddin H. Yusuf Drs. Abd. Rahman M. Ghajali Drs. Amri Susanto Al-Huda Jalan Malaka No.117 Medan Al-Hidayah Jl. Bromo Gg. Mesjid Al Hidayah Al-Hidayah Jl. Letda Sujono No.62 Tembung-Medan Al-Hasanah Jl.Balai Kota No. 2 Medan Al-Hasanah Jl. Teh 10 Perumnas Simalingkar Drs. H.A. Taufiq Lubis Drs. Abdul Kadir Drs. Musa Yahya Drs. H. Azhar Sitompul Drs. Mulkan Daulay H. Suwandi Harun S.H Kamaluddin Ritonga Syafruddin Haris H. Swandi Harun Nst. S.H Al-Hasanah Jl. Setia No. 41 Tj. Gusta Medan Al-Hasanah Jl. Nuri Il No. 81 Perumnas Mandala Al-Hasanah Jl. Letjend. Jamin Ginting No. 314 Mdn Drs. Juanda Sirait Al-Mukhlishin Jl. Enggang Medan Drs. M. Kasim Yusuf Drs. Hasbullah Ja'far Al-Hidayah Jl. Puyuh 12-13 Perumnas Mandala Al-Hidayah Jl. Kongsi Gg. Syukur No. 307 Medan Drs. H. Suhaimi Hasbi, L.C Al-Hidayah Jl. Saudara Kel. Sudirejo Kec. Medan Kota Ahmad Uzair Al-Hidayah Jl. Periuk Gg. Mesjid No. 2 Medan Mawardi Al-Ikhlas Taqwa Jl. Medan Area Selatan No. 129 Mdn Surya Malkan Al-Ikhlas Jl. Bakti Luhur No. 113 Medan Drs. Maghrib Parinduri Al-Ikhlas Jl. Muara Sipongi Kel.Gaharu K.Mdn Timur Drs. Marwanuddin Sinambela Al-Ikhlash Jl. Cengkeh 3 No. 14 Medan Tuntungan Al-Muhajirin Jl. Garuda II Perumnas Mandala Al-Amin Jl. Ngumban Surbakti Psr VII Slayang Al-Falah Jl. Palem Raya Perumnas Helvetia Al-Muqorrobin Jl. Pukat II No. 52 Kel. B.Timur Al-Ma'ruf Jl. Sidorukun Wartawan No.99 Medan Al-Bayan Kel. Sidorejo Kec. Medan-Tembung Al-Hikmah Jl. Kiwi No. 7 Sei Sikambing Medan Al-Muslimin Jl. Brigjend Bejo Gg. Rambutan No.18 Al-Badar Jl. Gatot Subroto Km. 6,5 Medan. Al-Hidayah Jl. Sering Gg. Hafazah No. 1 Medan Al-Fajar Jl. Marelan Psr. Il Kel. Rengas Pulau Al-Falah Jl. Pukat Banting IV No. 10 Medan Al-Ikhwatul Wathan Jl. Arif Rahman Hakim No.35 Al-Munawwarah Jl. K.L. Yos Sudarso Km. 10 Al-Waqif Jl. Lukah Comp. Astra Amplas Medan Al-Ikhlas Psr VII Pdg. Bulan Kec. Medan Selayang Al-Ishlah Jl. Sei Belutu Psr. IX No. 99 Medan Ar-Rahmah Jl. Gurilla Gg. Melati No. 5 Medan Al-Muhtadun Kompleks Kosemna Medan Ikhlasiyah Jl. Tuamang No. 134 Kel. Sidorejo Hilir Al-Falah Pasar V Dusun XIV Tembung Al-Furqon Jl. Pasar I, Tanjung Sari-Medan Al-Mukhlisin Jl. Bakti Utara No. 21 Kel. Tj. Gusta Al-Mashun Medan Deli Jl. S.M. Raja Medan Al-Amin Jl. Setia Budi No. 202 Kel. Tj. Rejo Al-Huda Jl. Perjuangan No. 44A. Tj. Rejo Medan Setelah lebih kurang 35 tahun Yahudi menjajah Palestina bangsa Palestina namun titik cerah perdamaian sama sekali tetap kabur. Melalui tipu daya pergantian pe- mimpin ini ada dua hal yang sangat me- narik Pertama, apabila pemimpin terpilih memiliki watak yang menjurus kepada terciptanya perdamaian dengan Palestina dapat dipastikan bahwa masyarakat Yahudi lainnya akan membuat teror kepada bangsa Palestina Melalui teror ini seolah-olah opini publik diarahkan bahwa masyarakat Yahudi secara mayoritas tidak mendukung aksi damai dimaksud. Drs. Arifinsyah Drs. H. Abu Sammah Pulungan A. Junaidi Drs. Sudarso Drs. Muslim Putra Drs. Dahron Hasibuan Drs. H. Raden Syafi'i, S.H Drs. Abd. Jamal Drs. Syahifuddin, P. Drs. Nazrul Fachri Drs. Indra Harahap Drs. Syamsunir Daya Drs. H. Yusdarly Amar Drs. H. Yazid Syamsuddi, LC Drs. Darman Bhakti Pane Drs. Syarawi Mumyiz Drs. Syamsuddin, MBA H. Khaidir A. Wahab L.C Drs. Sakira Zandi Drs. Usmar Chaniago Drs. Jamaluddin Pohan Dengan alasan yang terkesan dibuat- buat maka pemimpin bangsa Yahudi me- nunda acara perdamaian dengan berkedok akan menyelesai kan tindakan ekstrim tersebut. Setelah tindakan ini selesai maka opini publikpun kembali digelar bahwa sang pemimpin harus dikudeta dan diada- kan pemilihan umum baru yang dapat dipastikan bahwa partai politik yang mendukung pemimpin tadi tidak akan terpilih lagi. Kedua, partai oposisi yang mengikuti pemilu dapat dipastikan akan meraih kemenangan dan akan menaikkan kadernya menjadi pemimpin bangsa Drs. Darlis Hasibuan Drs. Ali Sahra Hutapea Drs. Marasonang H. Zulfikar Hajar, L.C Drs. Adlan Sirait Drs. H. Jalaluddin Hasibuan baik dalam Islam, maka baginya pahala dan pahala orang yang mengamalkannya tanpa dikurangi pahala yang mengamal- kannya itu sedikitpun. (Sebaliknya) siapa yang merintis satu sunnah yang buruk maka ia memperoleh dosa dan dosa yang mengamal-kannya tanpa dikurangi dosa pengikutnya itu sedikitpun.(HR Muslim VII/61). Oleh Dr. Drs. Salim Adnan SpM, M.Ag Alumnus IAIN Arraniry dan Fak. Kedokteran USU Ucapan Rasul ini bermakna bahwa pengikutnya dibenarkan membuat sunnah yang baik yang belum ia contohkan sebe- lumnya dan tidak menyalahi ketentuan umum dari Al-Quran dan Sunnah. Dari sinilah dapat difahami bahwa ada sunnah atau bid'ah yang baik (bid'ah/ sunnah hasanah) dan ada sunnah atau bid- 'ah yang buruk (sunnah/bid'ah sayyiah). Dikalangan sahabat ada yang tahu dan berani mencetuskan bid'ah yang baik dan ada pula yang kurang faham atau takut memprakarsai amalan baru. Selalu hal ini mereka ajukan kepada Rasul untuk memperoleh kepastian dan selalu pula Rasulullah membenarkannya. secara ucapan atau diam tetapi menunjuk- kan persetujuannya. Bid'ah hasanah para sahabat inilah yang dikatagorikan sebagai Sunnah Nabi yang Taqriry, selain Sunnah ucapan (qauli) dan sunnah perbuatan (fi'li). Baiturrahman Jl. Bajak III Medan Amplas Baitus Syifa RSTD. PTP Nusantara-II Drs. Bachrumsyah H.M. Yunus Rasyid, SH,M.Hum Hidayatullah Kel. Sukadamai Kec. Medan Polonia Istiqlal Jl. Halat No. 53 Medan Taqwa Jl. Sawit Raya Perumnas Simalingkar Medan Taqwa Muhammadiyah Sidorame Timur Medan Di antara bid'ah hasanah para sahabat yang banyak itu dan telah dianggap sunnah taqriri dari Rasul dapat dikemukakan dalam hadist-hadist berikut: 1. H.R Bukhari, Muslim dan lain- lain dalam Kitabush-sholah Rifa'ah men- jelaskan; pada suatu hari aku sholat di belakang Rasul ullah. Ketika berdiri dari rukuk (i'tidal) beliau mengucapkan "Sa- mi'allahu li man hamidah". Salah seorang makmum menyambung ucapan beliau (didengar Rasul) dengan "Robbana lakal- hamdu katsiran mubarokah fihi". Dengan mengetahui dan menghayati Quran dan Sunnah itu, para sahabat mela- kukan bahkan menambah kegiatan semata- mata ibadah (i badah mahdhah) atau qhairu mahdhah, karena tidaklah mungkin mereka mengetahui semua ketentuan dan cara ibadah dari Rasulullah.Di antara mereka ada yang membuat gagasan baru berbentuk bid'ah ataupun sunnah yang dipraktekkan secara kontinue. Rasulullah merangsang mereka dengan ucapan: Siapa yang me- rintis suatu sunnah (gagasan baru) yang Setelah sholat Rasulullah bertanya; Siapa tadi yang mengucapkan doa?". Yang bersangkutan menjawab; Aku ya Rasu- lullah. Rasulullahpun berkata; Aku melihat lebih dari tiga puluh malaikat berpacu ingin mencatat doa itu lebih dahulu. Tambahan "Katsiran mubarokah fihi" adalah bid'ah sahabat dan ternyata Rasul Tipu daya Yahudi ini akhirnya me- rambah ke bidang politik dengan cara memecah belah kaum muslimin dan me- nyeret mereka ke dalam perang saudara. Daftar Khatib Se - Kotamadya Medan Baiturrahman PTPN II Jl. Gaharu Medan Baitussholihin Jl. Karya No. 71 P. Masyhur Medan Baitul Ghafur Jl. Perjuangan No. 72 Medan BNI Jl. Pemuda Medan Umumnya, watak pemimpin yang kedua ini sangat keras dan tak segan- segannya meluluhlantakkan bangsa Pa- lestina. Ketika mulut dunia memberikan kecaman dan kutukan atas aksi biadab ini maka pemilu berikutnya akan digelar maka dipastikan juga yang terpilih adalah partai yang dianggap agak liberal. Pergan- tian ini merupakan tipu daya licik bangsa Yahudi agar yang namanyaperdamaian sama sekali tak akan pernah terujud. Sebagai contoh, ketika Yitzak Shamir yang tak kenal kompromi ingin memus- nahkan etnis bangsa Palestina dan ternyata mendapat kecaman dunia Internasional akhirnya digantikan oleh Yitzhak Rabin yang terkenal lebih lunak. Ketika Rabin hampir tak dapat mengelak lagi dari perda- maian dengan Palestina akhirnya beliau dihabisi dan dipilih lagi pemimpin yang lebih radikal yaitu Benyamin Netanyahu. Taqwa Jl. S.M. Raja Km. 5.5 Medan Taqwa Sei Sikambing C-II Medan Taqwa P. Bulan Jl. Sembada G. Masjid No.1 Mdn membenarkan dan memuji tambahan itu hingga jadilah ia Sunnah Taqriri. 2. H.R Muslim dan Nasai dari Ab- dullah bin Umar, Pada saat orang mulai sholat jamaah datang seorang agak ter- lambat. Setelah tiba di shaf dengan suara agak keras dia mengucapkan "Allahu akbar kabira walhamdu lillahi katsira wa subha- nallahi bukratau wa ashila". "Setelah sholat, Rasulullah bertanya; Siapakah yang telah mengucapkan kalimat itu tadi? Orang itu menjawab; Aku ya Rasulullah. Demi Allah, aku tidak menghendaki kecuali kebajikan dengan ucapan kalimat itu. Rasulullah pun berkata; Aku melihat pintu-pintu langit terbuka bagi kalimat itu. Hadist ini menun- jukkan bahwa Rasul meridhoi tambahan sahabat tersebut bahkan menggem- birakannya. 3. H.R Bukhari dari Anas bin Malik; Salah seorang Imam masjid Quba pada suatu ketika senantiasa membaca surah Al-Ikhlas sete lah Al-Fatihah dan satu surah lain. Ketika makmum menegumya karena Rasulullah tidak ada mempraktekkan demikian, ia menjawab; Aku tidak mau meninggalkan surah Al-Ikhlas. Kalau ka- lian setuju maka aku akan mengimami kalian untuk seterusnya. Tetapi jika kalian tidak suka, aku tidak mau mengimami kalian. Ketika berita ini sampai kepada Ra- sulullah maka Rasulpun bertanya kepada imam tersebut; Hal Fulan, apa sesung- guhnya yang membuatmu tidak mau me- nuruti permintaan teman-temanmu dan menambah bacaan surah Al-Ikhlas? la menjawab; Ya Rasulullah, aku sangat mencintai surah itu. Rasulpun berkata; Kecintaanmu kepada surah itu akan me- masukkan dirimu ke dalam syurga. 4. H.R Bukhari dari Abu Sa'id al- Khudry. Pernah sekelompok sahabat ber- kemah dipinggir suatu perkampungan Badui karena tidak diizinkan bermalam di dalam kampung itu. Malam itu kepala kampungnya merintih kesakitan karena digigit binatang berbisa dan tak ada pendu- duknya yang sanggup mengobatinya. Ringkas riwayat, merekapun mendatangi sahabat meminta pertolongan. Ada sahabat yang menyanggupi dan Deli Drs. Khairuddoroin Drs. Yahya Syamsuddin DR. H. Ramli Abd. Wahid M.A H. Fahmi Mahyar Drs. H. Akhdar Bunayya Drs. Asmuni M.A Abd. Khalik Rasulullah SAW meminta imbalan jika sembuh beberapa ekor kambing. Setelah terjadi persetujuan berangkatlah sahabat tadi ke desa tersebut. Iapun mengobati penghulu itu dengan cara membaca surah Al-Fatihah lalu me- ngumpulkan ludah bekas bacaan itu dan meludahi bekas gigitan binatang berbisa itu. Penghulu itupun sembuh dan sahabat pun membawa kambing imbalan ke ke- mahnya. Sahabat yang lain tidak dapat memutuskan cara yang dilakukannya. Mereka pulang ke Madinah dan me- laporkan amalan tersebut Rasulpun tertawa seraya berkata; Apa yang engkau ketahui itu adalah suatu mantera (ruqyah), ambillah pemberian itu dan berilah aku sebagian. Hadist ini lagi-lagi menunjukkan bid'ah sahabat yang diakui Rasul. Drs. Darwansyah Simanjuntak Drs. Juniardi Suharman S.Ag Drs. Mustamam Batubara Suprapto, S.Ag Budi Hermanto, S.E Drs. Usman Husni Drs. Mara Jaksa Harahap Drs. H. Asnan Ritonga Drs. Zulkarnain Drs. Anshori Ahmad Drs. Nazaruddin Pnj. H. Ahmad Iqbal L.C H. Muchtar Syarif Drs. H.M. Hidayat Nassery Drs. M. Idris Ritonga Drs. Nur Al Jum'at, S.H Syahril Artha Drs. Mahyuddin Ramud Salman JI. STM Lingk. V Kel. Sitirejo II Medan Muslimin Jl. Air Bersih Lingk. VII Kel. Sudirejo Mdn Nurul Huda Jl. Sei Serayu 30 Medan Miftahul Jannah Jl. Kelambir Lima Lingk. I Tg. Gusta Ath-Thohiriyyah Jl. Gelatik Kel. Sei Sikambing Syuhada Jl. Budi Pengabdian No. 3 Medan Nurul Mukminin Jl. Kenanga Raya Medan Hidayatul Ihsaniyah Jl. Sentosa Lama Gg. Aman Nur Sa'adah Jl. Raya Medan-Tg. Morawa Km 12 Muslimin Jl. Denai Gang Muslimin No. 14 Ar-Ridwan Jl. Abdul Hamid (Ayahanda) No. 28 Mdn Rabithah Persahabatan Islam Jl. Karya Darma No. 1 Istiqomah Jl. Amal Luhur No. 86 Medan Pusat Pasar Medan DR. H. Amiur Nuruddin M.A Syuhada Jl. Pahlawan No. 11 Kec. Medan Perjuangan K.H. Zulkarnain M. S.H, CN Silaturrahim Kel.Teladan Timur Jl. Pelajar No.58 Mdn Drs. H. Syarifuddin El Hayat Istiqomah Jl. Abdul Hamid No. 70-A Medan Drg. M. Ilya Mustawa Univa Univer. Al-Washliyah Jl. SM. Raja Km. 5,5 Mdn Drs. Umar Rifa'i Hasibuan Jami' Kec. Tanjung Morawa Drs. Sudirsan H.S Taufiq Jl. Pendidikan Gg.Taufiq No.17-D Polonia Mdn Drs. Hasrin Noor Nurul Huda Jl. Setia Budi Gg. Rambe Tanjung Sari Ahmad Gozali Jamiyyatush Sholihiin Tg. Mulia Kec. Medan Deli Miftahul Jannah Jl. Pertahanan No.70-A Timbang Nur Hidayah Jl. Datuk Kabu Kel. Denai Lama Gang Bengkok Medan-Sumut Jamik Teladan Jl. Gembira No. 2 Medan Ubudiyah Jl. Mandala By Pass No. 110 Medan Muslimin Jl. Sut Yat Sen No. 71 Kota Matsum I Muharhmadiyah Jl. Karya Lk. III/1 Gg. 34-A Ulul Albab Jl. IAIN No. I Medan Nurul Huda Jl. Denai Gg. Pinang No. 12 Medan Jami' Kel. Aur Kecamatan Medan Maimun Ainul Iman Jl. Eka Wami Gedung Johor Medan Nurul Ikhwan Jl. H.A. Dahlan Tanjung Morawa Jami' Taqwa Jl. A.R. Hakim, Gg. Langgar No. 8 A Jamik Ubudiyah Jl. Pelita I Gg. Tangga Batu No.11 Ramadhan Kel. Timbang Deli Kec. Medan Amplas An-Nashuha JI. Sampul No. 64 Medan Muslimin Medan Jl. Selam II No. 47 Medan Ubudiyah Kebun Jl. Jend. S. Parman Medan Muslimin Jl. Perbatasan Kel. Suka Maju Medan Fachri Isnomo S.Ag Drs. Abdul Jalil H. Zainal Arifin Drs. H.M. Sazli Nasution Drs. Burhanuddin Lubis Drs. M. Hasbi Ash. Pandiangan H. Jalaluddin A.M. M.A Barak yang terkenal lembut sehingga pajar perdamaian diharapkan akan muncul mela- lui tangan dingin Barak. Tapi yang namanya tipu Yahudi tetap saja terus berlanjut yang akhimya Barak diganti dengan Ariel Sharon yaitu mesin pembunuh yang tepat disebut sebagai Dajjal abad dua puluh satu. Setelah Sharon nantinya mendapat kutukan dunia dapat dipastikan bahwa bang sa Yahudi akan mengangkat pemimpin yang terkesan lebih lunak ketimbang Sharon. Drs. Hilal Sirait Prof. Dr. H.M. Ridwan Lubis Drs. Yahya Indra Drs. Hasan Basri Drs. Sariman Alfaroq Drs. H. Abd. Halim Harahap Drs. Ruskhan Nawawi Drs. Muslim Wahid Siregar M. Yusuf M. Aslah Masduki Budi Hermanto B.A Drs. H. Ramlan Yusuf, R. Drs. Burhanuddin Berkat Begitulah liciknya tipu daya Yahudi ini untuk mengelabui dunia namun yang namanya perdamaian tak obahnya bagai- kan fatamorgana. Kekaburan damai ini tidak lain disebabkan tipu daya Yahudi yang selalu memancing-mancing agar terjadinya perang terbuka ditambah lagi sering terjadinya serangan secara tiba- tiba terhadap bangsa Palestina. Selain itu tipu daya Yahudi yang paling menonjol adalah membangun pemukiman baru di atas tanah Palestina yang semua tipu daya ini mengindikasikan bahwa bangsa Yahudi sama sekali tidak ingin hengkang dari bumi Palestina. Penutup Salah satu penyakit bangsa Yahudi ialah senantiasa dengki terhadap orang- orang yang kualitasnya melebihi mereka. Melalui ked engkian inilah bangsa Yahudi ini tak segan-segan memasang tipu daya guna memperangkap orang-orang yang paling dibencinya. Persainganyang tak sehat ini mengantarkan bangsa ini tidak segan-segannya menghancurkan orang- orang yang punya kelebihan dengan cara apapun. 5. H.R Muslim dan Abu Daud dari Auf bin Malik; Pada masa Jahiliyah kami mempergunakan jampi-jampi (ruqyah). (Setelah Islam) maka kami tanya Ra- sulullah; Ya Rasulullah, bagaimana pen- dapatmu tentang hal itu? Jawab Rasulullah; Praktekkanlah jampi-jampi kamu itu ke- padamu. (Setelah melihatnya Rasulpun memberi komentar). Tidaklah berdosa mempergunakan jampi-jampi selama tidak terdapat di dalamnya syirik Hadis ini menunjukkan bahwa jampi-jampi yang telah ada di zaman sebelum Islam boleh diteruskan selama tidak me-ngandung syirik atau dibuang unsur syiriknya. 6. H.R Abu Daud dan Turmuzi dari Sa'ad bin Abu Waqqash. Ia bersama Rasul mendatangi seorang wanita yang di kedua tangannya a da biji atau kerikil untuk meng- hitung jumlah zikir. Maka Rasul berkata kepadanya; Kuberitahukan kepadamu dengan cara yang lebih mudah dari cara ini...dst. Hadist ini menunjukkan bid'ah wanita itu dalam menghitung zikir tidak dilarang oleh Rasul, hanya beliau menun jukkan cara lain. Dari beberapa kasus dalam hadist- hadist sahih tersebut, dapatlah ditarik ke- simpulan bahwa pada masa Rasulullah perbuatan bid'ah atau sunnah hasanah. sudah terjadi dan menjadi Sunnah taqrir dari Rasul. Bahkan keberanian mereka berijtihad itu dipacu oleh sabda beliau bahwa yang mampu berijtihad mempe- roleh dua pahala dan yang salah masih memperoleh satu pahala. Juga bagi peng- gagas sunnah/bid'ah hasanah memperoleh pahala dan pahala orang yang mengiku- tinya. (HR Bukhari dan Muslim). Baitul Rahman Jl. Rami II Simalingkar Medan Darul Huda Jl. Kasuari No. 55 Sei Sikambing-B Mdn Ikhwanul Muslimin Jl. Binjai Km. 10 Gg. Damai Mdn Al-Mu'min Al Abidin PT. Lariza Jl. Medan Deli Tua Taqwa Jl. Jati III 141 Medan Al-Mu'awanah Jl. Seroja Sunggal Nurul Islam Jl. Karya No. 200 Kel. Karang Berombak Al-Waliyyu Gedung Keuangan Dit. Jend Pajak At-Taqwa Jl. Asahan Gg. Masjid No. 3 Medan Al-Gufron Jl. Berdikari No. 16 Medan Jawab, Dalam berbagai uraian tentang muamalat, selalu ditegaskan bahwa kontrak kerja atau upah mengupah hanya dibenarkan apabila beban kerja yang menjadi kewajiban pihak karyawan serta upah yang menjadi haknya diatur dengan jelas. Secara umum, beban kerja itu dapat diukur dengan prestasi, misalnya si karyawan harus menyelesaikan suatu pekerjaan dengan kualitas dan sifat-sifat tertentu, atau diukur dengan jangka waktu kerja tertentu. Selanjutnya si karyawan hanya berhak mendapatkan upah sesuai dengan prestasi ataupun jangka waktu yang ditetapkan dalam perjanjian tersebut. Sebagai mana tergambar dalam pertanyaan Anda, menurut kontrak, upah kerja lembur telah ditetapkan berdasarkan jangka waktu, perjam. Oleh karena itu, tentu saja, setiap karyawan hanya berhak mendapatkan upah lembur sesuai dengan jam kerjanya masing-masing. Penyimpangan dari ketentuan tersebut berarti pelanggaran terhadap kontrak yang telah disepakati. Dalam hal ini, baik si karyawan, yang dengan sengaja melaporkan jumlah jam kerjanya lebih dari yang sebenarnya, maupun si atasan, yang memberikan pengesahan atas laporan yang diketahuinya tidak benar itu telah sama-sama melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku dan mengikat kedua belah pihak berdasarkan kontrak yang telah disepakati. Di dalam syari'at Islam terdapat ketentuan bahwa, suatu perjanjian adalah sah dan mengikat sepanjang isinya tidak menghalalkan yang haram ataupun mengharamkan yang halal; harta seseorang tidak halal bagi orang lain, kecuali dengan kerelaan dari pihaknya, dan membantu melakukan perbuatan yang haram adalah haram. Dengan demikian, jelaslah bahwa tindakan menambah jam kerja, dalam laporan, serta mengesahan laporan yang tidak benar itu adalah haram. Kelebihan upah yang diterima karena tindakan itu juga adalah haram. Wa Allahu a'lam. Irfan, Pajak Lama Rantauprapat. Konsultasi Agama Islam Upah Lembur Dan Siksa Kubur Asnawi A.Rahman, Jl. Merdeka No. 54-55, Lhokseumawe Pertanyaan, Ada sebuah perusahaan yang kebetulan hanya mampu memberikan upah terbatas bagi para karyawannya. Sehubungan dengan itu, sebagian karyawan menambah jumlah jam kerja dalam laporan lemburnya. Walaupun mengetahui hal itu tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, atasan langsung karyawan yang bersangkutan tetap mengesahkan laporan tersebut, sehingga si karyawan menerima gaji lebih dari yang semestinya, sesuai dengan kontrak kerja. Yang ingin kami tanyakan, apakah menerima kelebihan upah lembur fiktif dengan persetujuan atasan, tanpa sepengetahuan pimpinan pemilik perusahaan itu dapat dibenarkan?. Di dalam berbagai kitab tauhid ditemukan keterangan bahwa generasi awal umat Islam (salaf) sepenuhnya sepakat dan tidak ada perbedaan pendapat tentang adanya pertanyaan Munkar dan Nakir, serta azab dan nikmat kubur. Pada masa-masa kemudian pun, golongan terbesar (aksar) dari umat ini tetap berpegang teguh pada keyakinan tersebut, sekalipun ada segelintir orang, misalnya sebagian dari kelompok Mu'tazilah, yang mengemukakan pandangan berbeda. Pertanyaan 1, Apakah benar adanya siksa di dalam kubur? Jawab, Keyakinan tentang adanya pertanyaan serta azab dan nikmat kubur itu didasarkan atas dalil-dalil yang kuat, antara lain. Ayat Al-Qur'an (al-Mukmin: 46), yang mengemukakan adanya dua macam azab yang akan menimpa Fir'aun dan kaumnya; yakni azab akhirat dan azab lain sebelum akhirat. Menurut para ahli tafsir, azab yang sebelum akhirat itu tidak lain adalah azab kubur. O Hadis-hadis yang berbicara tentang berbagai hal-ihwal di dalam kubur. Menurut 'Adad al-Din al-Iji, hadis-hadis seperti itu tidak terhingga (la tuhsa) banyaknya. Dari himpunan hadis-hadis tersebut terbentuklah suatu kepastian (tawatur) tentang kebenaran makna yang dikandungnya, sekalipun, bila ditilik satu per satu masing-masing merupakan hadis ahad. Sebagai contoh, dapat dikemukakan 1). Hadis tentang adanya dua orang yang diazab di dalam kubur, seorang karena tidak beristinja dari bawl, dan yang lainnya karena selalu menyebarkan namimah; 2) Perintah Rasul Allah SAW, agar kita senantiasa beristinja dari bawl karena hal itulah yang paling banyak menyebabkan azab kubur; 3). Rasul Allah SAW sendiri selalu memohon perlindungan Allah dari azab kubur; 4). Hadis yang mengatakan bahwa segera setelah jenazah ditinggalkan oleh orang yang mengantarkannya, ia akan didatangi dan ditanyai oleh dua orang malaikat. Taqwa Jl. Megawati-Medan Drs. H. Agus Thaher Nasution Musohur, S.Ag Arrahim Jl. Purwosari Gg. Puskesmas Medan Taqwa Jl. Mandala By Pass No. 140 Medan Ridho Bakti Jl. Air Bersih Lingk. IX Kel. Sudirejo I Islamiyah Jl. Jati III No. 85 Kel. Teladan Timur Istiqomah Jl. Bambu Runcing/Pahlawan Mahmud Sembiring Drs. Hamzah Harahap, S.H Drs. Daliman Siregar Drs. Muhidin Gurning Jamik Muhammad Jayak Jl. Binjai Km. 5,5 No.194-A Drs. Abdul Jamal Al-Iman Jl. Fraksi Komp. DPRD Tk-I Sumatera Utara Drs. Fachri Ismono Nurul Iman Jl. Tg. Morawa Km. 9, Kel. Timbang Deli Drs. Bahran Tanjung Drs. Suhardi Harahap Nurul Iman Lingk. III Kampung Baru Medan Drs. Jamaluddin Jami' Jl. Air Bersih Gg. Satu Medan Al-Hidayah Jl. Bakti Luhur No. 21 Medan H. Maraset Jl. Sei Deli No. 139 Medan Asy-Syakirin Komplek Kodam I/BB Gaperta Medan Nurul Hayat Komplek Lizadri Putera Al-Ikhlas Kel. Rengas Pulau Kec. Medan Marelan Ar-Ridha Jl. Jala 9 Kel. Paya Pasir Kec. Marelan Jami' Jl. Setia Budi Psr I Lingk. VII Tg. Sari Medan Darussalam Asam Kumbang Kec. Medan Selayang Al-Ikhlas Jl. Raharja No. 25 Lingk. XII Tg. Sari Al-Muttaqien Jl. Ksatria H-7, Asrama Ex Linud T.Rejo Badiuzzaman Sunggal Kec. Medan Sunggal Medan Nurul Yaqin Jl. Bukit Barisan I No. 74 Medan Ar-Ridha Jl. Darussalam No. 52 A Medan Al-Ikhlas Jl. Setiajadi Kel. Tegal Rejo Bea Dan Cukai Pelabuhan Belawan Al-Husna Jl. Teratai No. 35 Medan Darussalam Kel. Tanah Tinggi Kec. Binjai Timur Muhammadiyah Jl. Garuda Sei Sikambing B Al-Istiqomah Jl. Vetpur Raya II Medan Estate Al-Massawa (Arab) Jl. Temenggung (Arab) No.2, 4, 6 Saimun Hadi Al-Ikhlas Kampung Baru Medan ADA BERITA BAGUS BU NONG. TETANGGA KITA YANG ITU..TU.. BU RUKIYEM. "LOVE AFFAIR" DENGAN BOSS PERUSAHAAN SUAMINYA. ●Pertanyaan serta azab dan nikmat kubur itu termasuk hal yang mungkin serta berada di dalam lingkup kekuasaan Allah dan dikhabarkan di dalam berbagai dalil sam'i, seperti hadis mutawatir tersebut di atas. Oleh karena itu, sebagai mana ditegaskan oleh Imam al-Haramain, dalil-dalil tersebut wajib diterima dan dipercayai sebagai mana adanya. Jadi, tidak ada alasan untuk menolak dalil-dalil tersebut dan kita wajib Suwarno Drs. Asman Ali Nur Harahap Ponidi Sabari Drs. Basyaruddin Juliadi Ustad M. Nurdin Drs. Humala Harahap Zainal Arifin S.Ag Drs. Suparmin Sareh Drs. Syaifullah Ustad Hasbahdin Drs. Abidin Azhar Lubis Drs. Ismail Hasyim H. Muzakkir, M.Ag Drs. Hasnan M. Nur Drs. Umar Khatib H. Muhammad Yusuf Tanjung Drs. Lukman Hakim Drs. Khairul Azhar Drs. Awaluddin Hasibuan Poniman A.W Drs. H. Syahrial A. Sirait, SH H. Rusmal Panut Amzad Syihab S.Ag M.Pd Astra Wahyudi, S.H Drs. Mhd. Yazid Mufti Lubis H. Achiruddin Muhid H. Abdul Malik, L.C Drs. Ahmad Gozali Rangkuti Drs. Solihin Dalimunthe Al-Istiqamah Jl. Dr. Mansur No. 155 Tg. Rejo Medan Drs. Nazaruddin Hasibuan Nurul Hidayah Jl. Pembangunan Dr. Mansyur Drs. Abdurahman Yakub Al-Muhtadin Jl. Setiabudi Tg. Rejo Medan Taqwa Jl. Setia Budi No. 59 Tg. Rejo-Medan Raya Aceh Sepakat Jl. Mengkara No. 2 Medan Taqwa Jl. Pimpinan No. 90A Medan Hajjah Khairuna Fauzy Simpang Selayang Al-Amin Jl.Ngumben Surbakti Psr VIII Selayang Nurul Huda Jl. Setia Budi Gg. Rambe Tg. Sari Bulan Jl. Jamin Ginting Gg. Mesjid No. 1 Baiturrahman Perumahan Johor Indah Permai Medan Ahmad Gozali Drs. Kamaruddin, S Drs. Khaidir Lubis Muallimin Kp. Keluarga Kel. Kotamaksum III Mdn Drs. Tanerman D.S Drs. H. Khairuman Arsyad Drs. Dalail Ahmad, M.A Drs. H. Muzakkir, M.A Drs. Zulkifli Dr. Arifin Sakti Siregar A. Junaidi 29 Muharram / 12 April 2002 Taqwa Bandar Klippa Cab. Bantan Selamat Kampus Unimed Drs. Annaisaburi Nst. M.A Drs. M. Saleh Manurung M. Syukur, S.E Nurul Falah Kel. Sumber Karya Kec. Binjai Timur Silaturrahim Sei Semayang Batubara Drs. Mahyudin Usman Jami'at-Tartib Jl. K.L. Yos Sudarso No.51 Glugur Kota Muhammad Nasir Thosin Burhani Ahmad S.H Istiqomah Jl. Binjai Km. 7,2 No. 20 Kel. Lalang T.M. Hasbi Nurul Huda Jl. Letjen Djamin Ginting km. 8 Medan As-Syahadah Jl. Sikambing Belakang No. 18 Medan Drs. Masyaluddin Berutu Drs. Agustianto, M.Ag Dakwah Kampus USU Medan Nurul Yaqin Jl. Bunga Pancur Siwali Kel.Sp. Selayang Drs. Marasati Nasution Drs. Marasonang Siregar Jamaluddin Al-Masturah Jl. Binjai Km 7,5 Medan Helvetia Al-Majidiyah Jl. Prof. H.M. Yamin SH No. 13 Medan Al-Hidayah Jl. A.R. Hakim Gg. Sukmawati Medan Nurul Iman Jl. Stasiun No. 75 Kel. Kedai Durian Drs. H. Mun'im Nasution H. Harun Pulungan Drs. Rusnan Nasution Drs. Ahmad Suheimi Taqwa Jl. Mahkamah No. 36-C Medan Mukhlisin Jl. Darussalam/Sei Rokan Medan Al-Makmur Jl. A.R. Hakim Gg. Langgar No. 25 Mdn H. Syamsuddin Baiturrahim Jl. Sari Gg. Mesjid 1, Patumbak D.Serdang Drs. Poniman Mono Al-Ikhlash Jl. Nyiur Raya I Blok-B P.Simalingkar Mdn H.A. Bahrumsyah B.A Rahayu Jl. Pukat Banting 1/44 Mandala By Pass Mdn Drs. H. Muslim Lubis Hidayatullah Lingk. VII, Kel. Indrakasih Tembung Faisal Sadat S. Harahap S.Ag Sepakat JI. Turi Gg. Sepakat No. 3-B Medan Drs. Nizar Idris Nurul Huda Jl. Garuda No. 23 Sei Sikambing B H. Ali Amran Zakaria L.C Mardianto B.A Al-Jihad Jl. Brigjen Bejo/Jl. Putri Hijau Al-Huda Jl. Bajak I Kel. Harjosri II Medan Amplas Al-Ikhlas Jl. Binjai Km. 16,5 Sei Semayang-Sunggal Al-Ikhlas Jl. Salak No. 9 Medan Sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita perlu tahu bagaimana sikap Nabi dalam bertetangga. Berikut ini hadisnya: Dari Abu Hurairah bahwa Muhammad SAW bersabda: Wahai wanita-wanita Islam, jangan kamu sebagai tetangga menghina tetangga yang lain, walaupun hanya pemberian sepotong kaki kambing. Al-Ikhlas Dusun III Tanjung Morawa A Taqwa Jl. Bromo Gg. Aman No. 23 Medan Dalam hadis lainnya disebutkan: Adalah Ra- sulullah SAW menerima hadiah dan membalas hadiah pula. (Hussein Bahreisj, Himpunan Hadits Shahih Bukhari, penerbit Al-Ikhlas, Surabaya).-m03 Taqwa Jl. Bromo Gg. Taqwa No. 11 Medan Ikhlashiyah Jl. Sei Kera Medan Darul Ali J. Brigjen Katamso Gg. Nasional Sei Mati Hajjah Syarifah Nst. Pondok Surya Blok VI Helvetia meyakini adanya pertanyaan malaikat dan azab atau nikmat kubur, sekalipun kita tidak mengetahui kaifiyat dan rinciannya masing-masing. Sumber, Imam al-Haramain, al-Irsyad íla Qawati fi Usul al-I'tiqad, hlm. 377. Adad al-Din al-lji al-Mawaqid dengan Syarh al-Jurjani; Syarh al-Tahawiyah fi al-'Aqidah al-Salafiyah, hlm. 263. M. Sairin S.Ag Drs. Edi Suheri Pertanyaan 2, Apakah hukuman rejam dan hukuman potong tangan seperti yang diatur di dalam syari'at Islam benar-benar ada yang menjalankannya? Kemudian apakah hukuman tersebut tidak dapat diganti dengan hukuman lain? Jawab, Sebagai mana diketahui, syari'at Islam itu bersifat lengkap meliputi aturan untuk segala bidang dan aspek kehidupan. Selain akidah, ibadah, dan akhlaq, ia juga membawa seperangkat aturan tentang mu'amalat, yang dalam pengertiannya yang luas berarti segala bentuk hubungan dan interaksi antara sesama manusia, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Di samping sebagian hukumnya yang bersifat mengatur juga terdapat hukum- hukum yang bersifat mengikat berikut berbagai sanksi atas kejahatan dan pelanggaran terhadapnya. Ada tiga bentuk umum sanksi yang dikenal di dalam hukum Islam, yaitu: Drs. Amrin Yus Drs. H.T. Baharuddin S. Drs. Ghazali Umar Drs. Abdurrahim Gea Abdul Rahman Batubara Drs. Syahron Sulaiman H. Burhanuddin Parinduri Drs. Abdul Latif Khan Al-Muhajirin Simalingkar Medan Al-Ikhwaniyah Jl. Amaliun Gg. Tertib No. 15 Medan Drs. Zulhaidir Sembiring Mhd. Qorib Al-Siyah, S.Ag Al-Fajar Kel. Binjai Kec. Medan Denai Al-Muttaqin Kel. Sidomulyo Kec. Medan Tuntungan Drs. Ridwan Gozali Lubis Ar-Rahmat Jl. Mesjid No. 20 Dusun III Desa Helvetia Syafaruddin S.Ag Nurul Huda Asrama Brimob Medan Jami' Jl. Merdeka No. 3 Pulo Brayan Kota Al-Muslimin Jl. Pelita VI Gg. Serayu No. 10 Medan Khalid Bin Walid Jl. Rahmatsyah No. 366 Medan Al-Basyir Jl. Garuda No. 78B Sei Sikambing B Mdn Nurul Huda Jl. Brigjend. Katamso Gg. Netral Uniplaza Jl. Letjend. Haryono M.T No. A-1 Medan Thaiyibah Kel. Hamdan Kec. Medan Maimun Nurul Iman Jl. Irigasi No. 12 Kel. Mangga Medan Taqwa Kel. Sidorame Barat 1 Jl. Pelita II No. 10 Mdn Taqwa Jl. Pasundan Gg.Buku No.19 E Medan 'Amaliyah Jl. Amaliun Gg. Bandung No. 8 Medan Amalyatul Huda Jl. Nusa Indah Lingk. 26 Tg. Mulia Auditorium Indosat Regional Barat Muttaqien Jl. Luku No. 42 Kel. Kwala Bekala Taqwa Kel. Kemenangan Tani Kec. Medan Tuntungan Muslimin Jl. Gedung Arca Gg. Jawa Medan Nurul Iman Jl. Pertiwi Ujung Kel. Bantan Ar-Rahman Jl. Selindit/Jl. Penguin 15 Perum Mandala Taqwa Jl. Mustafa No. 1 Glugur Darat Medan Isti'adah Jl. Amal No. 4 Kel. Sunggal-Medan Al-Hasanah Jl. Jend. Gatot Subroto No. 1 Medan Taqwa Jl. Bilal Gg. Keluarga No. 74 Brayan Darat Al-Ikhlas Jl. Nilam 11 No. 1 Perumnas Simalingkar Jamik Kel. Lalang Kec. Medan-Sunggal Taqwa Jl. Asrama No. 14-B Sei Sikambing C-II Al-Muhajirin Jl. Perwira Utama No. 18-A Al-Huda Bandar Selamat Medan Nurul Falah Poltabes MS Al-Istiqomah Deli Plaza Jl. Putri Hijau No. 1 Medan Taqwa Jl. Tangkul II No. 128-A Medan Taqwa Jl. Demak No. 3 Medan Shafiyyatul Amaliyyah Jl. Setia Budi No. 191 Medan Prof.Dr.H.Hasballah Thaib, MA Nurul Huda Jl. Bunga Asoka No.117 Asam Kumbang Drs. Azizon, S.H Al-Ikhlas Jl. Pelajar Timur No. 220 Medan Drs. Mas'ud Panjaitan H. Khairuddin L.C Diasuh oleh DR. Lahmuddin Nasution, M.Ag Dosen Pasca Sarjana IAINSU FAI-UISU hudud, yakni hukuman tertentu yang jenis dan kadamnya telah ditetapkan di dalam Al-Qur'an ataupun hadis Rasul Allah SAW. Pelaksanaan hukuman ini merupakan hak Allah SWT. Bila kasus terkait telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, maka tidak siapapun berhak meniadakan atau menguranginya. qisas, yakni hukuman yang mengandung makna pembalasan setimpal atas pelaku pembunuhan atau penganiayaan. Dalam pelaksanaan hukuman jenis ini, kedudukan korban atau keluarganya sangat penting dan mereka diberi hak untuk memaafkan si pelaku. ta'zir yakni hukuman atas berbagai kejahatan yang tidak diancam dengan hukuman hudud ataupun qisas. Dalam hal ini, jenis dan kualitas hukumannya diserahkan kepada pertimbangan para hakim, berdasarkan tinjauan kemaslahatan. Menurut catatan sejarah, ketiga-tiga jenis hukuman di atas telah dijalankan secara nyata oleh berbagai pemerintahan yang konsisten dengan pelaksanaan syari'at Islam, sejak dari masa Rasul Allah SAW, para sahabat dan tabi'in serta dinasti-dinasti Islam selanjutnya. Penyimpangan dari ketentuan tersebut, barulah terjadi pada masa umat Islam mengalami kemunduran dalam bidang politik sehingga banyak negeri Islam yang jauh ke bawah kekuasaan dan dominasi kaum nonmuslim. Namun demikian, menurut berbagai sumber yang terpercaya, sampai sekarang pun, di beberapa negara Islam, hukuman hudud dan qisas itu masih dilaksanakan sesuai dengan tuntunan syari'at Islam. Walaupun tidak sunyi dari kontroversi dan penentangan dari berbagai pihak, tampaknya keinginan dan tuntutan pelaksanaan syari'at Islam secara vokal, oleh mereka yang ingin menjadi umat Islam secara kaffah. Sesungguhnya, sejarah telah menunjukkan bahwa pelaksanaan hukum Islam secara konsisten, termasuk hudud dan qisas sangat efektif dalam meredam kejahatan. Tentu saja, aktualisasi suatu hukum haruslah didukung oleh kapatuhan dari aparat penegaknya. Dalam kajian hukum Islam, keberadaan hukuman jenis hudud, seperti rejam dan potong tangan itu, adalah berdasarkan penegasan (nass sarih) Al-Qur'an dan al-Sunnah. Dalil-dalil terkait telah memberikan tunjukan yang sangat jelas dan tandas sehingga tidak memberi peluang untuk interpretasi lain. Oleh karena umat Islam wajib melaksanakan syari'at menurut apa adanya, maka hukuman-hukuman hudud tersebut tidak dapat digantikan dengan hukuman lain. Apabila seseorang melakukan suatu kejahatan (jarimah) hadd dan terbukti secara "meyakinkan" bahwa segala kriterianya telah terpenuhi, maka hukuman hadd tersebut wajiblah dilaksanakan atasnya. Penyimpangan dari ketentuan tersebut akan membuat mereka "tidak menghukum dengan hukum yang diturunkan Allah" yang di dalamn Al-Qur'an disebut sebagai sifat orang-orang kafir, fasiq, dan zalim. Herman S, Jl.Besar Teluk Nibung. Drs. Azizon S.H Drs. Ramli Kurdi M. Yasin Drs. Maulana Malik Drs. H. Lukman Hakim Drs. Muhammad Drs. Sudarso Drs. Zabir Drs. Sulaiman Lubis Drs. H. Jalaluddin Pertanyaan, Bagi seseorang murtad, apakah ia dapat masuk Islam kembali? Jawab, Orang yang murtad, baik karena pernyataan (qawl), perbuatan (fi'l), ataupun aqidah yang membuatnya keluar dari agama Islam diancam dengan hukuman mati sebagai hadd. Akan tetapi, sebelum hukuman itu dijatuhkan, ia diberi kesempatan, dalam batas tiga hari, untuk bertobat dan kembali masuk Islam. Menurut Imam al-Nawawi al-Nawawi, seandainya pun kasus murtad itu terjadi berulang kali, ketentuan ini tetap berlaku, tobatnya tetap diterima dan ia diakui sebagai muslim kembali. Namun, orang yang berulang kali murtad itu dapat dikenakan hukuman ta'zir, yang jenis dan kadarnya ditetapkan berdasarkan pertimbangan hakim. Wa Allahu a'lam. Sumber, al-Nawawi, Raudah al-Talibin, J.X, hlm. 64, 76. Drs. Hafisuddin Nasution Sahar Ismail Syafruddin Ahmad, L.C Arifin A.M. S.Ag. Mex Zainis Chaniago Munawar Kholil Drs. Ahmad Raja Pasaribu Usman Jam' Martubung Pekan Medan-Labuhan Al-Quddus Jl. Pukat Harimau d/h Jl. Aksara No. 136 Drs. H. Thohiruddin Nst. Baitussalam Jl. Brigjen Zein Hamid Km. 5.5 T.Kuning Drs. Sabar Jadi Panjaitan Taqwa Universitas Medan Area Jl. Kolam No. 1 Khairul Abdul Fattah S.H Drs. Zainul Arifin G.M Arafah Jl. Selamat/Pertiwi Kel. Binjai Kec Mdn-Denai Al-'Ala Glugur Darat II Medan Timur H. Aminuddin Tajuddin Ahmad Mu'az Tanjung H. Fahmi Mahyar H. Husin Ali L.C Drs. Ajran Tanjung Drs. Burhanuddin Drs. Ahmad Adib Nasution H. Muhtar Sarif Drs. Hamzah Limbong Ali Imran., S.Ag H. Hasan B.B. Drs. H. Thamrin Munthe Drs. Hasanul Arifin H.H. Basri Lubis L.C Drs. Nasrun Zakaria Ismail Fahmi A.Nst. M.Ag Taqwa Jl. Merpati Gang Mushollah Sikambing B Asysyakirin Delitua B Syuhada Jl. Balam Ling. XIII Kel. Sei Sikambing Al-Munawarah Simp. Selayang Medan Al-Ikhlas Pasar V Tanjung Sari Medan Selayang Al-Jihad Jl. Sunggal 129 Tg. Rejo-Medan Sunggal Drs. H.M. Adam S Baitus Sujud Jl. Meteorologi Raya G. Karya No.1 Mdn Drs. Raminto Hidayatullah Al-Falah Jl. Murni Tanjung Rejo Medan Drs. Parlaungan Hasibuan Al-Chairat Jl. A.R. Hakim Gg. Sederhana No. 22 Mdn Syahrizul Lubis Ar-Rahman Al-Azhar Padang Bulan Medan Drs. Abd. Hadi Harahap Al-Ikhlash Komplek IDI Medan Drs. A. Sayuti Rangkuti Drs. Muhammad Nasution Drs. Mashaludin Brutu Drs. Akhyar S.M Drs. Muhyar Drs. Armia Yusuf Drs. H. Azhar Razak Lubis Budi Hermanto, S.E Nurul Imam Denkom Simalingkar B. Taqwa Jl. Gedung Arca Gg. Sehat No. 8 Medan Ikhwaniah Jl. Tuamang No. 47 Kel. Siderejo Hilir Baitussalam Dagang Kerawanan Tg. Morawa Ikhwaniyah Jl. M. Yakub No. 3 Medan Taqwa Jl. Kamboja Raya No. 319 Helvetia Medan Taqwa Jl. Sembada G. Masjid No. 1 Pd.Bulan Medan Al Muj Tahidin Jl. Brigjen Katamso Gg. Lori Medan Drs. Azwardin Nasution Daurunnur Jl. Suka Eka No. 22 Lingk. XI Mdn-Johor Drs. Bambang Irawan Darul Azharjadid Jl.Cengkeh Harjosari II Mdn- Amplas H. Burhanuddin Nur L.C Baiturrahman Jl. Merica Raya Blik F Per. Simalingkar dr. H.A. Effendy Al-Musabbihin Blok C Taman Setiabudi Indah Medan Drs. Achyar Zein M.Ag Al-Khair Tunas Pelita Binjai Darmin Bakti Hasibuan Drs. Ahmad Taufik Lubis Prof. Dr.H. Ali Ya'kub Mtd M.A Drs. Deflaizar Nasution Shufriadi Drs. M. Shaleh Rambe Nurul Islam Jl. M. Nawi Harahap Medan Al-Manar Medan Jl. Laksana No. 47 Medan Taqwa Jl. Pertiwi Kel. Bantan Medan Darul Amin Jl. Letda Sujono Ujung No. 1 Medan Nurussalam Jl. Bunga Cempaka Psr III Padang Bulan Drs. M. Effendi Barus Yahya Anwar H.M. Nurhadi Sayuthi Drs. Bakhtiar Color Rendition Chart DI harian (We kan kepada mas Komisi Fatwa Nomor 287 tahu mutuskan, bah pornoaktor dar tan dengan hal kumnya. Apa tersebut patut sudah sepanta rakat mendul Sebab, tidak bisa di akhir-akhir ini masalah rafi, pornoaksi dan por semakin merebek. Sejum loid dan majalah dengar nyaris "telanjang maki menghiasi jalanan. Be buku-buku porno yang ng khusus untuk dike begitu mudah di dapatk pengecer menjual denga nya, tanpa menyense pembelinya. Kasus pornografi a dalam sampul sebuah memang sudah lama Namun, bukan berart- rafi dan sejenisnya hil peredaran. Malahan sel kuantitas dari pornog noaksi dan pornoaktor marak laksana "jamur di musim hujan". Lih bebasnya peredaran tabloid, CD porno, cuku modal Rp. 2000 sampa Rp. 3000 film yang m saja sudah bisa dipes Jangan tanya lagi nografi di internet. Tir saja, kita sudah bisa m dan memperoleh jutaa porno dari seantero d tuk mengaksesnya, k perlu punya kompute ngan internet tersendi Bantu Di Al O SESEORANG ya lanjutnya ia akan mas dikumpulkan di mahs Kemudian melewati neraka dan ada yang. persiapkan bekalnya mati maka ia tidak bi Namun ada yang bagaimana sabda Ras amalnya (kerjanya), k ilmu yang dapat diam kan baginya (HR. Mu nya putus (tidak bisa bantuan orang lain ke Seorang Muslim lainnya, apakah ia ma maka banyak diberi k yang masih hidup u Bantuan-bantuan itu 1. Dengan doa Bisa saja seorang terkabulnya doa Nabi dan semua orang mu Ibrahim 41). Doa ketika shalat kasihilah dia, selamatk dia ke syurga, hindari Doa lain: "Ya Tuha mendahului kami den Bantuan dalam be syurga dengan izin All 2. Dengan sedek Ulama telah ijma kepada orang mati (N dari banyaknya hadis antaranya adalah seba Hisyam bin 'Ash m Nabi. Jawab Nabi: Ada maka engkau berpuas demikian bermanfaat Dari Abu Hurairah ngguhnya ayahku tela manfaat baginya jika a Jawab Nabi: Ya (berma Majah). Dari Aisyah: seorar ibuku telah meninggal cara niscaya ia bersed bersedekah daripadany Dari Ibnu Abbas: s guhnya ibuku telah m aku bersedekah daripa laki itu; aku mempunya kepadamu, bahwa aku Bukhari, Tirmizi, Abu 3. Haji atas nama Dari Ibnu Abbas; S dan bertanya: Sesung tetapi ia tidak menge mengerjakan haji dirip danya. Bagaimana pe engkau bisa membaya hutang kepada Allah Dari Ibnu Abbas: S nya; Saudaraku perem (bagaimanakah nazarı tang, apakah bisa engka Kata Rasul; Maka baya dibayar (HR. Bukhari) Dari Ibnu Abbas, I pada Rasulullah bahwa kan haji, apakah sah ia Ya (sah). Jika ada ata: memadai daripadanya Dari Ibnu Abbas, M baika dari Syubrumah Syubrumah? Jawabny Sabda beliau; Engkau s nya: Belum. Sabda Nal mudian kerjakan haji d Majah). 2cm Dari beberapa ha laksanakan haji atas r syariat yang dibawa Ra atau ibu, bentuk nazar lainnya. 4. Dengan berpu Dari Aisyah, Rasul- puasa yang tertinggal, (HR Bukhari dan Musl Dari Aisyah ketika Bismillah, Ya Allah terin dan ummat Muhamma Dari hadist ini men kan itu (puasa dan kum kepada si mati atau ya 5. Dengan hadial Dari Sya'bi, Apabila mereka kekub tianlah Jami'). Dari Ali (Marfu'); sia Qulhu sebelas kali, lalu diberilah kepadanya (Samarqan, Fadhail Qu