Tipe: Koran
Tanggal: 2005-03-05
Halaman: 18
Konten
4cm 18 5MARET 2005 SABTU BBC RADIO FIVE LIVE 3AW Reuters Pemilik tim Minardi Paul Stoddart berbicara dihadapan wartawan di Melbourne kemarin (4/3). Stoddart mengatakan, ia mengantungi tandata- ngan dari delapan tim lain yang mengijznkannya turun dalam lomba dengan menggunakan kenda- raan model 2004 yang belum tersentuh spesifikasi model lomba 2005. Minardi Boleh Tampil TIM paling buncit, Minardi akhirnya bisa Ferrari dan Minardi, bukan menjadi urusan FIA, bernafas lega, karena boleh juga tampil di seri namun bila surat pernyataan persetujuan dari pembuka balapan GP Formula 1 di, sirkuit Albert salah satu tim itu tidak ada. maka pimpinan dan Park Melbourne, Australia akhir pekan ini. pengawas lomba tidak akan mengijinkan kenda- raan itu ikut berlomba," kata Stoddart. Pasalnya, Minardi mendapatkan kemenangan sementara atas peraturan stewards setelah batal tampil di sesi latihan. "Saya tidak akan menunggu pengacara Ferrari di New York untuk membuat surat yang dapat saya bawa ke stewards (pengawas lomba)," tambahnya. Minardi memang sempat kecewa karena kedua pembalapnya yaitu Christijan Albers dan Patrick Friesacher tidak bisa tampil di dua sesi latihan sirkuit Albert Park, Jumat (4/3/2005). Mereka tidak diizinkan untuk memakai mobil buatan 2004 sesuai regulasi baru untuk tampil di sesi free practice, menyusul keengganan tim Ferrari memberi perse- tujuan karena masih menggunakan kendaraan model 2004 yang belum tersentuh spesifikasi model lomba 2005. Padahal, Minardi sudah mendapat persetujuan dari delapan tim lain untuk ikut ambil bagian. FOCAR suara. Akhirnya Minardi mengambil jalur hukum untuk dapat tampil di seri pertama musim ini. Bos Paul Stoddart masih boleh bernafas lega karena mendapatkan persetujuan sementara. "Kami akan ikut. Kami akan melaju besok dan kemudian kami akan menunggu dan melihat apa yang terjadi," kata bos tim Minardi, Stoddart seperti dilansir BBC, Jumat (4/3/2005). Stoddart juga menambahkan bahwa pengadilan tinggi Victoria akan melakukan dengar pendapat kedua guna memutuskan apakah Minardi boleh Toyota tampil atau tidak saat balapan Minggu (6/3/2005). Jumat, sewaktu tim-tim lain sudah melakukan Jordan latihan, pintu garasi tim Minardi tetap tertutup, sementara, bila persetujuan untuk dapat berlomba belum juga turun sampai babak penyisihan Sabtu, maka tim Minardi tidak akan dapat mengikuti lomba pembuka 2005 itu dan akan kembali ke Italia. BAR Honda Renault Kontestan Balap Formula 1; Tim Pembalap Michael Scumacher Rubens Barrichello Ferrari Jenson Button Takuma Sato Fernando Alonso Giancarlo Fisichella BMW Williams Mark Webber Nick Heidfeld McLaren Mercedes Sauber Petronas Red Bull Racing Minardi Fitear STOR Stoddart mengatakan, Todt, yang baru tiba Minggu (6/3): 10:00 di Australia Kamis dinihari, meminta agar badan pengawas resmi otomotif FIA terlibat dalam masa- lah itu, tapi ternyata ditolak. "Mereka mengatakan, itu masalah antara Juan Pablo Montoya Jack Villeneuve Felippe Massa David Coulthard Christian Klein Jarno Trulli Ralf Schumacher Tiago Montero Narain Karthikeyan Christian Albers Patrick Freisacher Jadwal GP Australia: Sabtu (5/3): 09:00-09:45 Latihan 1 DEBUT Narain Karthikeyan di F1 bersama Jordan di F1 sedikit tercoreng. Pasalnya, pembalap India ini terkena denda karena melaju terlalu cepat di pit lane.Pembalap berusia 28 tahun didenda karena melaju melebihi kecepatan yang telah ditetapkan saat melewati pit lane di sirkuit Albert Park, Melbourne Australia Jumat (4/3/2005). Ia didenda sebesar US$ 6.750 atau sekitar Rp 63 juta lebih. Kimi Raikkonen Steward menyatakan Karthikeyan melaju dengan kecepatan 86.2kmh saat akan keluar melakukan free practice kedua GP Australia. Sedangkan batas waktu seharusnya saat melewati pitlane adalah 80 kmh. Karthikeyan merupakan pembalap India pertama yang beraksi di sirkus Formula 1. 10:15-11:00 Latihan 2 13:00 Kualifikasi Perekrutan terhadap pembalap kedua non Jepang (Setelah Alex Yoong dari Malaysia), ke arena adu kebut yang dilakukan tim Jordan, diyakini akan menangguk untung bagi tim dan juga Formula 1. Pembalap tim Williams, Mark Webber pun sempat angkat (Live Global TV 06.00 WIB) 14:00 Balapan (Live Global TV 10.00 WIB) Menurut Webber, Karthikeyan masih belum memiliki penga- laman yang cukup untuk berada di belakang kemudi mobil F1. "Apa yang menakutkan bagi saya adalah seorang yang datang dengan cepat dengan memiliki keterbatasan melaju di Formula 1," ungkap pembalap Australia ini seperti dilansir F1 Racing. (dtc) 10 Jul 3Jul 2006 No. Mobil 1 2 X MILD Kualifikasi Denda Warnai Debut Karthikeyan 3 4 KM/H KM/H 5 6 7 8 PRANCIS 2006 GRANDPRIX 9 16 17 18 19 20 21 (arm/fir) 10 (arm/f1c) 11 12 N KM/H 14 15 24Jul, INGGRIS 2008 GRANDPRIX KM/H AS 2006 GRANDPRIX 19Jun 2006 Olahraga Tak Berani Genjot Habis sehingga menyulitkan untuk mencapai keseimbangan mobil. Pilihan ban untuk saat ini juga belum jelas hingga kami masih harus melakukan beberapa ana- lisa guna membuat keputusan," tutur pembalap Renault, Fer- SEPERTI diprediksi, dari dua sesi latihan bebas gelaran seri IGP Formula 1 di Melbouene Jumat, para pembalap memang tak mau tampil habis-habisan menguras kemampuan mereka. Tak pelak, ini adalah imbas dari pemberlakuan aturan baru mulai tahun ini. Utamanya, pada driver tak mau menggenjot habis daya mesin mobil mereka, yang masih harus dipakai untuk seri II di Sepang, Kuala Lumpur Ma- laysia dua pekan mendatang. Pembalap tercepat dalam latihan kemarin juga direbut test driver tim McLaren Mercedes Pedro de La Rosa, di mana cata- tan waktunya masih terpaut 1 detik dari rekor sirkuit Albert Park yang dipegang Michael Schumacher 1:24,408. Beberapa pembalap menga- ku masih menyimpan kekuatan- nya. Yang lain, mengaku belum mendapatkan setting kendaraan yang pas. Pembalap McLaren Kimi Raikkonen secara jujur mengaku dia dan rekan setimnya Juan Pablo Montoya belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya. "Juan Pablo dan saya masih membatasi laju kami. Setelah sesi latihan pertama, kami memutus- kan untuk mengganti rasio gear. Namun hal itu tidak mempenga- ruhi program kami secara kese- luruhan," katanya seperti dikutip Eurosport, Jumat (4/3/2005). Tiga McLaren menempati urutan 5 Besar pada latihan bebas itu. Belum keluarnya kemam- puan masing-masing pembalap seperti telah diketahui oleh ma- sing-masing pembalap. Driver BAR-Honda Jenson Button me ngaku belum mengetahui posisi timnya saat ini. 2006 KM/H "Sangat sulit untuk menge- tahui posisi tim saya sekarang, namun saya pikir sesi pertama berjalan sesuai rencana dan se- mua berjalan dengan lancar." Komentar Button senada de- JERMAN 2008 GRANDPRIX ngan driver Ferrari Rubbens Bar- richello. "Saya bahagia dengan situasi sekarang meskipun sangat sulit untuk mengetahui kecepatan yang dimiliki oleh setiap pembalap yang sesungguhnya." Kondisi tersebut kemungki- nan disebabkan karena seluruh- nya masih mencoba settingan kendaraan mereka. Bahkan jua- ra bertahan, Michael Schuma- cher, masih merasa ada yang kurang dengan settingan elek- trik kendaraannya. "Saya cukup merasa senang dengan hari pertama ini. Kami hampir menyelesaikan keseluru- han program, meskipun saya mengalami sedikit problem elek- trik pada pagi hari, hingga harus masuk pit lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya." "Seperti biasa, hari pertama di Melbourne selalu sangat licin " KANADA 2008 GRANDPRIX 31 Jul, 12Jun 2006 HUNGARIA 2006 GRANDPRIX 25Mei 2005 KM/H CINA 2005 GRANDPRIX KM/H 2 EROPA 2008 GRANDPRIX KM/H 160kt 2006 KM/H 22Mei 2008 Hasil Latihan Bebas I Jumat Pos No Driver 1 35 Pedro de la Rosa 9 Kimi Raikkonen 8 Nick Heidfeld 1 Michael Schumacher 5 10 Juan Pablo Montoya 6 12 Felipe Massa 7 8 9 10 11 38 Ricardo Zonta 12 14 David Coulthard. 13 17 Ralf Schumacher 14 16 Jarno Trulli 15 7 Mark Webber M/H 2 3 4 MONAKO 2008 GRANDPRIX 16 11 Jacques Villeneuve 17 15 Christian Klien 4 Takuma Sato 19 19 Narain Karthikeyan 20 39 Robert Doornbos 18 21 37 Vitantonio Liuzzi 22 18 Tiago Monteiro 5 Fernando Alonso 3 Jenson Button 2 Rubens Barrichello 6 Giancarlo Fisichella TURKI 2005 GRANDPRIX Akankah balapan tahun ini lebih menarik, atau tetap mem- bosankan seperti di tiga musim terakhir? Technical Director tim Sau- ber Petronas Willy Rampfmeni- lai lomba musim ini bakal men- jadi sangat menarik, setelah munculnya regulasi tersebut. "Ini akan menjadi awal yang sangat menarik, karena aturan baru. Aturan baru aerodinamika 21Aug menjadi bagian penting, dengan revisi besar di bagian depan dan belakang untuk mengurangi downforce yang membuat mobil sedikit lebih bergetar". 2 "Aturan baru tentang ban juga akan membuat sesuatunya tidak bisa ditebak. Untuk kualifi- kasi dan balapan misalnya, ketika anda harus mengguna- kan satu set ban mulai kualifika- 2005 KM/H ITALI 2005 GRANDPRIX Jadwal Perlombaan Formula 1 GrandPrix Dunia Regulasi Baru Bikin Balapan Sulit Ditebak si Sabtu". "Penghematan ban selama balapan menjadi faktor utama," MOBIL minim downforce, mesin tahan lama, pemakaian ban terbatas dan kualifikasi menjelang balapan/minggu pagi. Demikian antara lain revisi regulasi balapan formula 1 tahun ini. Tujuan perubahan aturan, selain untuk keselamatan, di mana mobil menjadi lebih lam- bat. Juga untuk menekan biaya tim, supaya tim-tim medioker tetap bertahan. Utamanya, tentu supaya race menjadi lebih mena- rik dengan berharap persaingan antar tim menjadi lebih dekat. KM/H 8Mei nando Alonso. Besok, Sabtu (5/3/2005), para pembalap akan menjalani sesi kualifikasi pertama. Akankah masih ada pembalap yang me- nyembunyikan performa asli- nya? Kita tunggu saja. (4/3) Team 4Sep 2006 Laps Time McLaren-Mercedes 1:25.376 McLaren-Mercedes 1:25.676 Williams-BMW 1:25.940 Ferrari 1:26.081 McLaren-Mercedes 1:26.227 Sauber-Petronas 1:26.357 Renault 1:26.562 1:26.611 BAR-Honda Ferrari 1:26.639 Renault 1:26.667 1:26.808 Toyota Red Bull Racing 1:27.017 Toyota 1:27.162 Toyota 1:27.195 Williams-BMW 1:27.329 Sauber-Petronas 1:27.513 Red Bull Racing 1:27.544 BAR-Honda 1:27.891 Jordan-Toyota 1:28.168 Jordan-Toyota 1:28.620 Red Bull Racing 1:28.926 Jordan-Toyota 1:29.671 2 2005 KM/H SPANYOL GRANDPRIX JEPANG 2006 GRANDPRIX 90kt 2006 KM/H ucapnya. Ya, aturan baru diharapkan membuat hasil balapan menjadi sulit ditebak. Beberapa bagian penting re- gulasi baru, merevisi aturan ta- hun lalu, yang intinya bertujuan untuk menekan anggaran tim, memperlambat laju mobil, me- ningkatkan segi keamanan serta menjadikan jalannya lomba menjadi lebih menarik: KM/H Kualifikasi Dua kali, yakni Sabtu sore ser- ta Minggu pagi menjelang bala- pan. Sesi pertama dimulai Sabtu, pukul 13.00-14.00 waktu setem- pat. Sama seperti musim lalu, kualifikasi tetap menggunakan format satu lap, di mana mobil yang keluar pertama sesuai de- ngan hasil balapan di seri sebe- lumnya. Sesi kedua dimulai pu- kul 10.00, juga dengan mengitari satu, dengan posisi mobil yang keluar pertama sesuai hasil kua- lifikasi pertama (yang paling lambat duluan keluar). Pada sesi kedua ini, mobil dalam kondisi full tank, karena tidak boleh lagi menambah bahan bakar. BELGIA 2006 GRANDPRIX Posisi start ditentukan dari hasil agregate dua babak kua- lifikasi (hasil kualifikasi 1 dan 2, kemudian dibagi 2. Waktu ter- KM/H 11Sep SAN MARINO 2005 GRANDPRIX 24 Apr 2006 (arm/fir) BRAZIL 2006 GRANDPRIX 2005 25Sep KM/H 6Mar AUSTRALIA 2006 GRANDPRIX 20Mar 2016 2006 KM/H KM/H BAHRAIN 2006 GRANDPRIX MALAYSIA 2005 GRANDFREX KM/H Ausin 3Apr pro one Salve cepat menempati pole position. Ban Pada latihan bebas Jumat, pembalap boleh mencoba dua jenis ban kering dengan kompon berbeda. Sabtunya, driver harus memilih salah satu jenis ban un- tuk digunakan balapan. Mereka kemudian dialokasikan tiga set ban jenis tersebut, yang masing- masing set harus digunakan un- tuk latihan, satu set untuk kuali- fikasi serta balapan, serta satu set lagi untuk ban cadangan. Mar Aturan baru ini memaksa pembalap menghemat pemakai- an ban, yang tentunya berimbas pada catatan laps times lebih lambat, walaupun mereka pasti mendapatkan ban dengan kom- pon yang lebih keras dari musim lalu. Pastinya, kerja kru di areal pitstop praktis berkurang Pembalap juga bisa menda- pat jatah ban basah, jika kondisi lintasan memang berair dan balapan dinyatakan berlangsung dalam kondisi basah oleh race director. Reuters Michael Schumacher (kiri) dan Jenson Button, dua driver yang gaya membalapnya dinilai serasi dengan regulasi baru Mesin Musim lalu, satu mesin digu- nakan untuk satu balapan. Mu- lai tahun ini, satu mesin mesti bisa digunakan untuk dua bala- pan berturut-turut, yang jarak nya bisa mencapai 1.500 km Jika seorang pembalap ter- paksa harus ganti mesin usai AMD 841 OND satu balapan, misalnya karena sebelumnya sewatku balapan jebol atau kecelakaan, maka po- sisi start sipembalap turun 10 tempat dari grid sewaktu kua- lifikasi. Jika mesin ditukar da- lam rentang waktu antara start, kualifikasi dan balapan, si driver harus memulai balap dari grid paling belakang. Jika seorang pembalap gagal finish dalam satu seri balapan karena sebab lain, dia bisa me- mulai balapan dengan mesin ba- ru tanpa terkena penalti. -jensonbuti "Persoalan dengan Mark Smith belum tuntas benar," kata bos tim Jordan Colin Kolles dalam jumpa pers menjelang pembukaan musim balap tahun ini di Grand Prix Australia. arlboro Reuters Aksi di areal Pitstop akan berkurang sejalan dengan regulasi baru. "Ada beberapa pengumuman telah dibuat, mungkin dia telah menandatangani beberapa kontrak kerja sama. Kami masih memiliki kontrak dengan Mark Smith, itu merupakan fakta," ucapnya lagi. Bull ONS.COM WASPADA Aerodinamika flr) Jordan Persoalkan Red Bull Gaet Smith MELBOURNE (Antara/Reuters): Tim Formula Bos tim Red Bull Christian Horner yang juga Satu (F1) Jordan, Jumat (4/3), mempersoalkan berpartisipasi dalam jumpa pers itu mengatakan Red Bull yang menggaet direktur teknik Mark bahwa masalahnya merupakan berita bagi dirinya. Smith, padahal pria Inggeris itu masih terikat "Sejauh yang saya tahu, dia akan bergabung kontrak dengan mereka. dengan perusahaan dalam waktu dekat (sebagai wakil direktur teknik)," katanya. Sisi Aerodinamika menga- lami perubahan regulasi yang dra- matis untuk memperkecil down- force yang otomatis memotong kemampuan mobil. Perubahan kunci, antara lain moncong/hi-dung serta sayap depan lebih tinggi, perubahan diffuser bela-kang dan struktur sayap bela-kang. Perubahan ini diestimasikan mampu memo- tong daya downforce sampai 25 persen dari mobil 2004, dan di- yakini laps times jadi lebih lam- bat serta mobil lebih liar. (arm/ SIEM "Komentar Colin hari ini tampaknya yang pertama kali saya dengar sebagai hal yang bertolak belakang," ujarnya. 3 Kolles dan Horner merupakan dua wajah baru di antara tim prinsipal pada musim balap tahun ini setelah Midland Group yang dikendalikan pengu- saha Kanada kelahiran Rusia Alex Shnaider membeli Jordan dan Red Bull mengambil alih Jaguar. Reuters Tim Red Bull dengan pembalapnya Vitantonio Liuzzi dikejutkan dengan persoalan yang dilontarkan tim Jordan di sirkuit Melbourne Albert Park, Jumat (4/3) XPRESIKAN AKSIMU..! MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN WASPADA Color Rendition Chart PB PSI Manik JAKARTA (Was Manik untuk meng laksanakan di Filip Untuk menghad manggil 12 atlet sq pada April 2005 ters putri ini nantinya me PSI mulai 15 Mare Ketua umum P pengurus lainnya me wartawan, Kamis SEA Games XX dua nomor yaitu pu SEA Games sebelum selain tunggal juga Target kita hany sebab harus kita al bukan hanya di ka selain itu juga Singa meraih perak terseb hanyalah mamp 12 Pemain squas tersebut ialah, Nur Fitri Parinding keti (Sumut), Agus R (Ja kan untuk putri ial: ketiganya dari Kalti Ketua umum P bukanlah olahraga sudah ada 14 Penge ini hanyalah ada di daerah dan yang b PSI akan menga tempat bermain sc bermain squash in olahraga ayng mah yang merasa tidak m nasional mereka di perbedaan antara Menjawab perta menurut Syarief B kerja keras. Untuk ke SEA Games ters di Malaysia dan Hom sekali pemain squas squash bukan han dan ada lapangan Kami inginkan hampir 4 tahun itu c masyarakat, katan Kompe Dimain JAKARTA (Wa: Leagua (IBL) 2005 yang ada di Indones dan Batam. Yang d 5 Juni 2005. Direktur IBLAg (3/3) di Jakarta ke yang akan dimaink tersebut. Selain Medan da dilakukan di Denpa Jakarta, Semarang Malang. Dilaksanakann kota di Indonesia, d tersebut semakin m pemain basket, seh Indonesia dapat diti negara Asia lainny Kalau saat ini di bawah negara-neg aku Agus Mauro. Kompetisi IBL. oleh 10 klub, yaitu Sa Citra Sartia, IM Pana Sritex Solo, GSL G Avian Bima Sak Garuda Bandung. Mengenai kompe sori Telkomsel, Ext itu, dipastikan aka Hal ini kata Agu kompetisi ini sebab serta juga mereka persiapkan timnya. ke luar negeri. Sebelum pertand ini dilaksanakan per dingan itu dalam rar klub rangking pert kedua Shell Turb semua biaya pelaks Dan selain itu juga bintang IBL dari 10 H dipersiapkan ke SE Siswa SSB TC Persiapa Martubung bersama di Medan, Jumat (4/3 banggaan bagi Lador usia dini serta Sumu Nucky merupaka Ratni, dipanggil ke Ja U-13. "Justru itu kami langsung dibawah pe satu program diputar SSB di Sumut," ujar Ar Sejak Ladon ditam membuat prestasi di U-13 Soccerfest 2005, SSB harus memp menambah jam terba diri menghadapi lawar pemula, berbagai uji mereka tidak merasa Anthoni maupun baru PSMS dibawah membuat format yaitu antar klub yang telah dapat melahirkan pem bangkan kepada PSM
