Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Harian Neraca
Tipe: Koran
Tanggal: 1989-12-29
Halaman: 05

Konten


an IV catat m In- catat t ter- mpul Peri- duki 3.039 Nilai Rp akhir bursa aham aktif anya akhir di akni n In- dan dur. dara eraih jadi "ang sue, per- ham i Rp 300 ajah ang kurs Rp [ a. h 1 i k LT n 1 n √ k n n h a a i giur sang klan ter- arus ada kan pan ni, uatu kan ngan npul clum hwa se- iluar ri. miliki at ini gelap ntuk gkah in di- haan gikanı kah juga cegah salah n M. harga yang rang- aruhi pasar akan, masa Carena anyak masuk ik ne- harga oleh emisi dekati saing- at dan seleksi yang Vidjaja . Jum'at, 29 Desember 1989 PERHUBUNGAN Dirjen Perla : Syahbandar Sunda Kelapa akan Ditindak Tegas Jakarta, NERACA SYAHBANDAR Pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta Utara) akan dikenakan tindakan administratif karena ada indikasi kuat ia lalai melaksanakan tugas pengawasan terhadap kapal kayu bermotor "Batam Jaya" yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribupertengahan bulan ini," kata Dirjen Perhubungan Laut J.E. Habibie. Menurut Habibie kepada ANTARA di Jakarta, seharusnya syahbandar sebagai pejabat yang bertugas mengawasi semua ar- mada pelayaran di pelabuhannya tidak memberikan izin berlayar bagi setiap kapal yang meng- angkut penumang melampaui ketentuan. PPD Diperbantukan Angkut Penumpang Antar Kota Jakarta, NERACA SEPERTI yang sudah diba- yangkan ledakan penumpang yang akan mudik melalui termi- nal Pulo Gadung akan terjadi pada pekan ini. Dan ramalan itu ternyata benar. Pada hari ini ter- minal Pulo Gadung sangat ramai bahkan ada penumpang yang tidak kebagian kendaraan. Menurut Staf terminal Pulo Gadung Wisnu Wardono, jumlah bus yang berangkat pada hari Sabtu lalu tercatat 563 buah de- ngan jumlah penumpang 23.247 orang. Ledakan penumpang terse- but menyebabkan loket-loket yang ada di terminal diserbu penumpang. Sehingga peru- sahaan jasa angkutan tidak bisa melayani ledakan penumpang. Bus sudah terisi semua sedangkan penumpang yang mudik masih banyak yang belum terangkut. 1 Untuk mengatasi hal tersebut maka pihak terminal mita ban- tuan pada PPD untuk mengangkut penumpang. "Jumlah bus dari PPD ada 33 unit," kata Wisnu. Hal semacam ini memang sering dilakukan pihak terminal Pulo Gadung. Jumlah loket yang melayani penumpang antar kota di termi- nal tersebut ada 75 buah. Tetapi pada waktu Natal, Tahun Baru dan Lebaran, para jasa angkutan tersebut tidak mampu meng- angkut penumpang. Makanya disalurkan melalui Bus PPD. Lebih lanjut Wisnu Wardono mengatakan bahwa jumlah pe- numpang yang datang pada hari Sabtu tercatat 18.421 orang de- ngan jumlah bus 526 buah. Lalu pada hari Minggu (24/12) bus yang berangkat 462 dengan jum- lah penumpang 22.344 orang. Walau demikian, Habibie mengakui bahwa secara moral ia turut bertanggungjawab terhadap seluruh kecelakaan yang terjadi di perairan Indonesia. KM Batam Jaya tenggelam di dekat P. Jaga Utara tanggal 15 Desember dinihari, diduga akibat kelebihan muatan. Para petugas BIDANG Pekerjaan Umum lainnya yang pantas dicatat adalah tentang pembangunan Jalan Tol dan kecelakaan- kecelakaan yang sering terjadi di ruas jalan tol Cikampek- Jakarta. Korban yang jatuh sudah puluhan banyaknya. Di samping itu tanggal 10 November 1989 lalu Presiden Soeharto dan pejabat negara lainnya telah meresmikan pe- ngoperasian jalan tol terpadu pertama di Indonesia pada ruas Cawang-Tomang dan Ra- wamangun, sekaligus mene- tapkan taripnya sebesar Rp 1500-jauh dekat. Dirut PT Jasa Marga (Persero) Ir Soehartono, me- nyatakan kecelakaan yang ter- jadi ruas jalan tol Cikampek- Jakarta, bukanlah kesalahan jadi jalan tol. Tapi faktor kele- lahan pengemudilah sebagai penyebab kecelakaan tadi. la mengutarakan, dalam penelitian yang dilakukan, pengemudi bis kota jarak jauh, seharusnya tanggap mengen- darai kendaraannya di jalan tol. Sedangkan penumpang yang tiba tercatat 34.725 orang dengan jumlah bus 850. Lalu pada hari Natal pe- numpang yang berangkat dari Pulo Gadung terbilang 13.726 orang. Sedangkan penumpang yang datang dari berbagai kota tercatat 30.337 orang. "Jelas tahun ini banyak penumpang yang datang dari pada yang pulang," Wisnu. kata Untungnya, meskipun penumpang ramai pe- laksanaan angkutan antar kota berjalan dengan baik dan tertib. Menurut Wisnu, penumpang yang datang sebagian besar yang berasal dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil dari Sumatera. "Saya kira pe- numpang yang datang karena ingin mengisi liburan di Jakarta. Kalau tahun lalu yang tiba de- ngan yang datang hampir sama," kata Wisnu. 99 PO. Fitria, karyawati Gumarang Jaya, mengatakan bahwa pada tanggal 23, 24, memang jumlah penumpang banyak tetapi PO. Gumarang Jaya, tidak menambah jumlah kendaraan. "Kami biasa saja. Sehari memberangkatkan tetap juga bus." katanya. Dengan keramaian tersebut, maka perusahaan jasa angkutan antar kota selalu dipenuhi oleh penumpang. "Bedanya, bus kami selalu penuh dan mencari pe- numpang lebih gampang di- bandingkan pada hari biasa," kata Fitria lagi. Loket yang lain me- ngalami hal yang sama. Kemarin masih terlihat keramaian para penumpang yang menanti waktu pemberangkatan. Sementara itu petugas keamanan selalu siap siaga di terminal. (JZ) Faktor lain, juga dise- babkan karena pengemudi sudah kelewat lelah dan juga sebelum berangkat tidak me- meriksa kendaraannya. Se- mentara gizi pengemudi perlu pula diperhatikan. "Yang jelas, ketika kecelakaan ter- jadi tidak pada ruas yang sama, tapi terjadi pada tempat yang berlawanan," tandasnya. Ini menandakan tidak ada hal-hal yang kurang dalam Karena itu berkali-kali sudah diutarakan Dirut PT Jasa Marga Ir. Soehartono, bahwa untuk memasuki jalan tol itu kendaraan harus selalu dalam dalam keadaan baik, periksalah per. lengkapan kendaraan yang akan dipakai. semua penyelamat dari Badan SAR Nasional dan Polri berhasil menyelamatkan sekitar 70 pe- tenggelam itu, sementara korban numpang dari kapal yang jiwa sampai sekarang belum dapat dicatat pasti jumlahnya. Selain penumang yang diperkirakan berjumlah 75 orang, kapal dengan tujuan P. Batam (Riau) itu juga membawa sejumah semen dan besi beton. Masalah yang cukup pelik lagi adalah mengenai tarip jalan tol terpadu sebesar Rp 1500 jauh dekat. Ini memang pada awal pengoperasian jalan tol terpadu itu, sudah menjadi suatu perdebatan di kalangan masyarakat maupun diper- tanyakan kalangan DPR RI, terutama di Komisi V. Percaloan akan ditindak ATAS pertanyaan mengenai adanya okum PT Pelni yang bekerjasama dengan calo-calo, dirjen menegaskan akan menindak langsung oknum terse- but bila dalam penyelidikan ter- bukti kebenaran laporan media massa yang menyebut praktek percaloan tiket kapal tersebut. "Tidak ada ampun bagi aparat yang terbukti menyalahgunakan wewenang.." tandasnya. Namun, tambanya, masya- rakat juga diminta turut men- dukung langkah-langkah peme- rintah dalam menerbitkan calo. Terkadang masyarakat sendiri lebih senang membayar mahal pada calo ketimbang ikut antri di loket-loket penjualan,"keluhnya. Mengenai perlunya dikem- bangkan Sistem Transportasi Regional (STR) sebagaimana yang dilontarkan Menteri Per- Namun demikian, jika dite- laah dari berbagai keterang- MENTERI Perhubungan, Azwar Anas didampingi Sekjen serta dihadiri Dirjen, Kamis siang (28/12) ketika menjelaskan dihadapan para asosiasi dan para wartawan evaluasi perkembangan Dep. Perhu- bungan 1989 dan program 1990. (IPPHOS) Bandung, NERACA FASILITAS pelayanan khu- sus bagi penumpang angkutan kereta api kian di tingkatkan, agar para penumpang lebih nyaman, aman dan santa menikmati per- jalanannya. Fasilitas ini, me- nyangkut peningkatan pelayanan Restorka apa yang digelari Restoran Kereta Api Restorka Dikelola Restoran, merupakan bagian kegiatan perkeretapian Indone- sia dalam bagian Restorka, yang dapat memberikan dampak nilai tambah terhadap pemasukan dan pendapatan perusahaan milik negara PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api). PJKA Mulai 1990 Kepala Restorka PJKA Ach- mad Sumarto, mengemukakan, selama ini Restorka dikelola pihak swasta dengan sistem kontrak. Kontrak Restorka ini, sudah habis sampai akhir Desember 1989. Karena itu, perusahaan memper- timbangkan, mulai Januari 1990, Restorka dikelola langsung oleh hubungan Azwar Anas belum lama ini, Habibie mengatakan Ditjen Perla sudah menerapkan sistem itu sejak lama. "Konsep tersebut sudah di- terapkan Ditjen Perla sejak dahulu, bahkan sejak jaman Be- landa. Jadi bukan barang baru," katanya. Ia menjelaksan, dalam meka- nisme lingkup pelaksanaan tu- gasnya, Ditjen Perla selalu ber- dasarkan hubungan antar-re- gional bukan antar-provinsi. an yang disampaikan pejabat- pejabat pemerintah dalam hal Menteri Pekerjaan Umum Ir Radinal Moochtar di forum Komisi V DPR RI, telah di- uraikan secara jelas kenaikan jalan tol itu adalah, agar jalan tol itu dapat memenuhi fungsinya sebagai jalan ar- teri dan dapat menarik pemakai jalan tol sebanyak- banyaknya. Maka biaya operasi kenda- raan (BOK) di jalan tol ditam- bah dengan pembayaran tol harus lebih kecil dari BOK di jalan non tol. Hal ini diper- lukan agar pemakai jalan tol masih merasakan adanya keuntungan apabila melewati jalan tol. Oleh karena itu, tambahnya, dalam klasifikasi ruang gerak armada pelayaran tidak berdasar- kan batasan provinsi melainkan berdasarkan jenis dan daya angkut kapal seperti yang dikenal de- ngan sebutan armada angkutan nusantara, armada rakyat dan armada lokal. Di samping itu dengan me- lewati jalan tol, pemakai jalan masih menikmati keuntungan yang tidak dapat dinyatakan dengan nilai uang yaitu antara lain keandalan yang tinggi, kenyataan tinggi dan keterti- ban lalulintas lebih baik. BOK meliputi biaya-biaya antara lain bahan bakar, pelumas, keausan dan nilai waktu. Menurut ia, faktor yang sa- ngat esensial dalam mengem- bangkan pelayaran nasional dalam sistem transportasi yang ada saat ini ialah perlunya dijaga dan diprioritaskan perusahaan pelayaran nasional dalam dunia pelayaran dalam negeri. Untuk mengembangkan jaringan jalan tol dengan per- syaratan tersebut, pemerintah tetap berpegang pada prinsip bahwa jalan sebagai prasarana angkutan harus disediakan oleh pemerintah. Namun karena penye- lenggaraan jalan tol baik itu Dikatakan, deregulasi di bidang pelayaran tidak berarti peran perusahaan pelayaran na- sional berkurang karena kalah bersaing dengan kapal-kapal asing. pihak PJKA. Menurutnya, dalam perhitung- an bisnis Restorka akan dapat menghasilkan Rp 31 juta per bulan dari penjualan makanan/ minuman, disusul hasil dari penyewaan bantal Rp20 juta/per bulan. "Kami optimis dikelola- nya Restorka oleh PJKA akan dapat lebih meningkat lagi," ujar A. Sumarto pekan lalu. Ia sangat yakin peningkatan penghasilan Restorka tersebut, apabila pos pengeluaran yang tidak langsung berkaitan dengan Restorka, seperti dana kebersihan kereta api. Atas pertanyaan, A. Sumarto mengatakan, pengelolaan Restor- ka nantinya, langsung di bawah operasional Kepala Wilayah Usaha PJKA Jawa, yang berke- dudukan di Semarang. . Sedangkan kereta api-kereta api yang memberikan pelayanan jasa Restorka, masih tetap seperti pada pengelolaan pihak swasta, kecuali ada kebijaksanaan lain dari Direksi PJKA. Sebanyak enam KA (Kereta Api) yang memberikan pelaya- nan Restorka tersebut, ialah KA Bima, KA Parahyangan, KA. KA Cepat Bandung - Yogyakarta, KA Gaya Baru Malam Jurusan Sela- tan dan KA Gaya Baru Malam jurusan Utara, Jawa. (K.10) Jakarta, NERACA PERUMTEL Witel IV Jakarta dari 26 Desember 1989 s/ d 15 Januari 1990 melaksanakan daftar ulang (herregistrasi) bagi yang telah mendaftar sebagai calon langganan telepon di lokasi jalan Jelambar Ilir Kelurahan Je- lambar. Daftar ulang tersebut di- lakukan di Dinas Pelayanan Dinyan Slipi Jl. Letjen S. Parman Barat. Kav. 56 Jakarta pembangunan, pengoperasian danpemeliharaan memerlukan pengerahan dana secara khusus, maka pemerintah menyerahkan wewenang penyelenggaraan jalan tol kepada Badan Hukum Negara Jalan Tol yaitu PT (Persero) Jasa Marga. Hal ini diatur dalam Un- dang-Undang No. 13 Tahun 1980 pasal 17 dan Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 1978 mengenai pendirian Persero PT Jasa Marga yang me- ngacu pada UU No. 9 tahun 1969. Untuk memungkinkan mem- bangun Jalan Tol itu PT Jasa Marga menggunakan sumber dananya sendiri dari hasil pe- ngumpulan tol, penertiban obligasi, peminjaman dari pihak lain, dan penyertaan. modal pemerintah. Salah satu cara menghapuskan dana tersebut, ialah dana Rp 10 juta/bulan untuk kebersihan yangroq dibebankan pada Restorka, di alihkan ke anggaran PJKA Pusat, kecuali dana kebersihan langsung bagi Restorka. Menghadapi keterbatasan kemampuan PT Jasa Marga mengerahkan sumber dana itu disatu pihak, sedang di pihak lain pembangunan jalan tol tetap dilaksanaan (dalam Repelita V diprogramkan 295 km). HARIAN NERACA Pemerintah mengambil ke- bijaksanaan mengerahkan po- tensi Nasional dengan meng- ikut sertakan potensi masya- rakat, dan kepada PT Jasa Marga diberi izin untuk me- ngadakan kerjasa dalam ben- tuk usaha patungan dalam Rp 2,725 Miliar Dana Atasi Kekurangan Air Bersih Kendari, NERACA PEMERINTAH daerah Su- lawesi Tenggara sampai dengan tahun anggaran 1989/1990 meng- alokasikan dana sebesar Rp 2.725 miliar guna mengatasi masalah kekurangan fasilitas air bersih. menemukan sumber mata air dalam gua pada 1987 di desa Nihi, sekitar lima kilo meter dari lokasi yang kekurangan air bersih itu. Mulai saat itu, pihak CARE dengan dukungan masyarakat serta atas kebijaksanaan pemda setempat segera memprogramkan pompa dan sistem perpipaan untuk memindahkan air dalam duduk di sekitarnya. dana Rp1,359 miliar di antaranya gua itu ke rumah-rumah pen- merupakan bantuan CARE, suatu lembaga swasta Internasional yang bergerak di bidang peng- adaan air bersih pedesaan. Sisanya masing-masing Rp 876,501 juta berasal dari dana ABPD tingkat I sejak tahun anggaran 1982/1983 dan Rp 489,161 juta merupakan swadaya masyarakat setempat. Gubernur Sulawesi Tenggara Ir. H. Alala menjelaskan kepada wartawan di Kendari Rabu, dari Ia mengatakan, dana itu keseluruhannya dipergunakan untuk membangun sarana dan prasarana air bersih pada 77 desa, tersebar di empat Kabupaten di provinsi ini, yang selama ini merupakan daerah paling kritis air bersih sepanjang tahun. Sampai dengan akhir Pelita IV, masyarakat yang sudah me- nikmati fasilitas air bersih pada daerah-daerah kritis tercatat 112 ribu jiwa, pada akhir Pelita V ditargetkan meningkat menjadi 156.800 jiwa. Menurut Alala, pada Pelita V pembangunan sarana air bersih di Provinsi Sulawesi Tenggara masih terus mendapat bantuan dari CARE, pengembangannya akan diarahkan di daerah-daerah yang belum memiliki sarana air bersih yang standar. Menurut catatan Antara, daerah yang selama ini menga- lami kesulitan air bersih di Sultra adalah Kabupaten Muna, uta- manya di desa-desa sekitar kecamatan Katobudan Kusambi, 137 km sebelah selatan kota Kendari. Catatan Bidang Pekerjaan Umum (3) konstruksi jalan tol itu. Untuk selanjutnya PT Jasa Marga bekerjasama dengan pihak Kepolisian Negara akan lebih mengintensifkan lagi pengawasan terhadap kece- patan kendaraan di jalan tol. Umumnya kecelakaan di jalan tol terjadi pada waktu malam hari, di mana pada saat lalulintas harian agak sepi dari siang hari. Dan pengemudi menjalankan ken- daraan dengan kecepatan tinggi, pada saat tiba di satu titik tertentu untuk mengelak Pengemudi sudah tidak bisa lagi mengendalikan kenda- rananya dan terjadilah kece- lakaan fatal yang merengut banyak jiwa manusia. Penduduk di daerah ini untuk memperoleh air bersih harus berjalan puluhan kilometer, atau membeli kepada penjual air yang dibawa dengan mobil, walaupun harganya cukup mahal. Melalui upaya keras, Bupati Muna bersama seorang tim CARE Sulawesi Tenggara berhasil. Jakarta, NERACA PEMBANGUNAN jalur yang membelah jalan raya Ja- tinegara Barat sekarang ini telah membuat kemacetan lalulintas sejak adanya jalur tersebut. Sebelum ada jalur, kata bebe- rapa pengemudi Taxi maupun kendaraan umum yang ditanyai KNI mengemukakan lalulintas di jalan raya Jatinegara Barat ini lancar. Kalaupun ada kemacetan waktu-waktu tertentu hanya di daerah Pasar Jatinegara sedikit. Kini kemacetan tersebut dimu- lai dari terminal Kp. Melayu karena dari situ jalur berawal sampai ke Pasar Jatinegara membelah dua jalan raya, yang selama ini cukup luas walaupun banyak kendaraan yang lalula- lang. Pemasangan jalur menam- bah kemacetan, tidak menolong keadaan, kata para pengemudi ter- Jalur Jalan Jatinegara Barat Bikin Macet Lalu - Lintas Inpres Tunjang Jalan NTB Rp 10,2 Miliar Mataram, NERACA TAHUN anggaran 1989/1990 atau dalam awal Pelita V ini, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat program ban- tuan pembangunan Inpres pe- nunjangan jalan dan penggantian jembatan sebesar Rp 10,2 milyar lebih. Realisasinya hingga akhir Nopember 1989 adalah sekitar 10,65% keuangan, sedangkan re- alisasi fisik baru mencapai se- besar 14,72%. melaksanakan penyelengga-. raan Jalan Tol. Di tahun 1989 yang seben- tar hari lagi akan berlalu, masalah Jalan Tol masih tetap menjadi buah bibir masyarakat Indonesia, khususnya ibukota. di Jalan Tolterpadu Tomang- Cawang-Rawamangun adalah satu hal yang menarik untuk dikaji. Jalan tol ini sebagaimana yang sudah sering diutarakan, adalah Jalan Tol yang meru- pakan bagian dari satu sistem Jalan Tol Dalam kota (Jakarta Intra Urban Tollway). Jalan tol ini berfungsi sebagai Jalan Arteri Primer yang menyalur- kan arus lalulintas dengan nilai ekonomis tinggi untuk masuk dan keluar kota. Karena itu, dipandang dari segi operasional, teknis dan ekonomis perlu ditangani se- cara terpadu di bawah satu pengaturan dan pengendalian. Dewasa ini ada dua sistem pengaturan Jalan Tol yaitu : Sistem terbuka di mana Melalui kerja keras akhirnya pada September 1989 potensi air bersih yang dibangun dengan dana Rp 1 miliar itu sudah dapat mengairi penduduk yang berdiam di 12 desa. pemakai jalan hanya berhenti satu kali di waktu memasuki jalan tol dan bebas untuk memilih pintu keluar tol. - Sistem tertutup di mana pemakai jalan akan berhenti dua kali pada waktu masuk untuk mengambil karcis dan dipintu keluar pada waktu membayar tol. Sementara di Serang, tujuh puluh lima persen air sumur di Kota Serang, Jabar, terkena pencemaran kotoran manusia (Tinja), demikian laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Dr. Haikin Rahmat MSc kepada Bupati setempat, pekan ini. Dijelaskan, dari hasil peneli- tian, dari 40 sumur yang dijadikan sampel di kota ini, 30 di antaranya terkena pencemaran. Pencemaran itu terjadi karena lokasi septik tank kakus terlalu dekat dengan sumur. Tinja yang dibuang manusia di lahan terbuka dalam musim penghujan ini juga dapat terserap ke dalam sumur. Untuk menjaga air sumut itu tidak tercemar, maka jarak tem- pat pembuangan tinja dengan sumur harus diperhatikan, di samping masyarakat jangan seenaknya membuang tinja, katanya. Penelitian itu dilakukan sete- lah Puskesmas Ciceri Serang mendapat bantuan alat penguji air, minuman dan makanan dari pusat seharga Rp 10 juta. Bupati Serang HMA. Sam- purna mengimbau masyarakat jangan mem hum air sumur tanpa dimasak terlebih dahulu dan kalau mencuci daun lalab-lalaban harus dengan air matang.. Masyarakat diperkenankan untuk menguji air sumur dengan dikenakan biaya Rp 6000 dan bilamana perlu untuk tarip terse- but akan dibuatkan peraturan daerah, kata Bupati. masuk kendaraan pribadi. Sementara itu nampaknya di beberapa daerah di wilayah Jakarta ini juga sedang dibangun jalur di tengah tengah jalan Raya Cileduk dsb. Ini juga diperkirakan akan membikin tambah macetnya jalan, yang sebelumnya cukup lancar. Sebab macet ialah karena luas jalan sudah terbatas dan dengan adanya pembagian jalur jadi lebih terbatas. Hingga yang sebelumnya bisa tiga lajur ken- daraan untuk sebelah jalan kini paling hanya dua atau malahan satu lajur saja karena bertambah sempit ruas jalan yang dipadati oleh lalulintas kendaraan umum, pribadi dan dinas setiap hari. Kapan jalan-jalan DKI ini akan berubah dari macet menjadi lancar, inilah yang senantiasa menjadi pertanyaan dan dambaan pengemudi maupun penumpang setiap hari. Demikian keterangan diper- oleh KNI dari Pemda NTB di Mataram. Bantuan ini diarahkan untuk perbaikan badan jalan dan perkerasan pembukaan jalan yang sudah menurun fungsinya. Di- samping untuk perbaikan serta penggantian jembatan dan gorong-gorong yang sudah rusak. Selama Pelita IV telah dilak- sanakan sebanyak 1765 buan proyek dengan jumlah penyera- pan dana sebesar Rp 23.280.907.000. Realisasi fisik selama Pelita IV yang telah dica- pai adalah terdiri dari penunjang- an jalan sepanjang 1.135,362 Km. Penunjangan jembatan 384,20 meter. PADA Jalan Tol Tomang- Cawang Tg. Priok dipilih sistem terbuka karena sistem tertutup (dengan perbedaan tarip kendaraan berdasarkan panjang perjalanan) akan diperlukan garbang tol yang minimal 2 kali lebih banyak. Lahan untuk wilayah ger- bang terutama pada pintu keluar yang jauh lebih luas, biaya operasional lebih tinggi, kecepatan pelayanan akan lebih terganggu dan arus lalu- lintas Jalan Tolpun akan ter- ganggu. Pemerintah memper- hitungkan rata-rata perjalanan per trip sekitar 9 kilometeran dan ini yang digunakan sebagai patokan penentuan tarip tol. Harapan pemerintah itu adalah kendaraan yang me- nempuh perjalanan 9 km atau lebih dapat memanfaatkan jalan tol ini dan dengan de- mikian membantu mengurangi kepadatan lalulintas pada jalan non tol yang diutamakan untuk perjalanan jarak pendek. investor yang Biaya dikeluarkan untuk pemba- ngunan Jalan Tol Tomang- Cawang-Tg Priok sebesar Rp 361 miliar, dimana untuk investasi Tomang-Cawang oleh PT Jasa Marga sendiri (kecuali pembebasan tanah), sedang Cawang-Priok oleh perusahaan swasta PT Citra Marga Nusaphala Persada. Jarak Tol Tomang- Cawang 16,8 km, sedang Cawang- Tanjung Priuk 17,6 km. Biaya investasi pemba- ngunan Jalan Tol Cawang- PU-Konstruksi Jakarta, NERACA DANA untuk proyek perbai- kan kampung (KIP), tidak seluruhnya dari pemerintah. Tapi pemerintah membantu memper- lancar proyek yang diinginkan masyarakat. 6-7 JALAN PROKLAMASI: Keadaan Jalan Proklamasi Kotip Depok Jabar yang rusak berat, tanpa mendapat perbaikan dan perhatian dari Kotip Depok. Alasan belum diperbaikinya jalan maupun jembatan seperti yang terlihat dalam gambar ini karena dana belum turun dari Dati II Bogor dan pengumpulan PBB tidak memenuhi target. (Foto: Amrin Amir/NERACA) L X Menteri PU Ir. Radinal Moochtar didampingi pejabat eselon I lainnya dalam tatap muka akhir tahun dengan Wartawan Unit Dept. PU di Jakarta, Kamis. Proyek perbaikan kampung itu harus datang dari kehendak warga sendiri, apakah mereka memer- lukannya. Dan jika hasrat untuk memperoleh KIP itu sangat mendesak sekali, pemerintah memperlancarnya dengan mem- beri bantuan secukupnya. Sementara Dirjen Cipta Karya Ir. Sunaryono Danujo menya- takan, bantuan untuk proyek KIP itu dana 20% bersifat stimulans, untuk pembangunan jalan dana yang tersedia sekitar Rp 10 juta dari dana stimulans yang berjum- lah Rp 2,8 juta/ha. Untuk keku- rangannya digunakan dana masyarakat. Proyek KIP tidak Seluruhnya dari Pemerintah KIP yang akan datang, akan dimulai tahun depan di Jakarta, dan ini bukan untuk uji coba, Proyek KIP di DKI itu, kata Sunaryono, di 75 Kelurahan. Dalam proyek ini akan men- dapat bantuan dari luar negeri dan proyek ini bersifat fisik. Di sini juga akan ditingkatkan pen- dapatan masyarakat yakni de- ngan memberi mereka kredit in- vestasi, sejenis KIK (Kredit In- vestasi Kecil). Tomang sebagian masih 4 jalur (di luar lahan) sebesar Rp 70 miliar sedang biaya investasi pembangunan Jalan Tol Cawang-Priuk seluruhnya su- dah 6 lajur (tanpa lahan) sebesar Rp 291 miliar. Per- bandingan kurang lebih 1:4 namun ditetapkan 25%: 78% pembagian pendapatannya, dalam usaha patungan Cawang-Priuk PT Jasa Marga memiliki 23% saham. Pengaturan pemerintah menetapkan angka perban- dingan 25%: 78%, dikaitkan dengan yang tersebut di atas. Dengan demikian yang dite- rima PT Jasa Marga dalam uasha pengelolaan terpadu itu adalah 25% +(23% x 78%) = +42,25%. ROVER "Peraturan ini ditetapkan dengan mempertimbangkan kondisi saat ini di masa Usaha Patungan itu pada tahun-tahun permulaan pengoperasian dan kewajiban-kewajiban mem- bayar biaya pengoperasian, pemeliharaan, pembayaran bunga pinjaman dan cicilan pinjaman serta kewajiban lain- nya. MILIK MONUMEN PERS NAMUNAL Keberhasilan usaha pa- tungan ini akan memberi dampak positif bagi usaha pengerahan potensi nasional untuk investasi di bidang Jalan Tol. Buku Repelita V, tercan- tum, pembangunan Jalan Tol adalah 295 km Jalan Tol selama 5 tahun mendatang di seluruh Indonesia pada arus lalulintas harian yang padat. (habis/11). sebab masalah kesehatan lingku- ngan yang disebabkan air ini di luar Jawa belum sepenuhnya ber- jalan. Dirjen Cipta Karya menam- bahkan, masalah air bersih adalah bagaimana meningkatkan kese- hatan masyarakat. Sebab dari data yang dikeluarkan Depkes, tercatat 85% kematian anak-anak dan bayi dikarenakan air yang tercemar limbah domestik dan tidak tersedianya air bersih yang Bandung, NERACA SUMBER air bersih Ciburial, Kabupaten Bogor yang sejak tahun 1922 dikelola oleh Peru- sahaan Air Minum (PAM) DKI Jaya, mulai tahun 1990 akan dikelola oleh pihak PAM Ka- bupaten Bogor. Situ Ciburial seluas 23.000 m2 mempunyai 12 mata air dengan debit 600 liter/detik. Tetapi yang sekarang produktif hanya sembi- lan mata air dengan debit 300 liter/detik. Halaman Vi Sumber Air Bersih Ciburial Dikelola Pemda Bogor Hal ini terungkap dalam temu wicara kunjungan Komisi D- DPRD Jabar dengan Asisten II Sekretaris Wilayah Daerah Samsil Jalil, BA, yang mewakili bupati Bogor, akhir pekan lalu di Bogor. Samsil Jalil menjelas kan, sumber air bersih Situ Ciburial selama ini sebagian besar menyuplai masyarakat Jakarta yang debitnya dalam tahun ter- akhir ini terus menurun akibat lingkungan serapan airnya ba- nyak diganggu oleh galian tam- bang golongan C. Selain kerusakan lingkungan memadai. 3 Khusus untuk DKI saja proyek 12 air bersih untuk dekade tahun 2.000-an, ditingkatkan sampai प sekitar 14 ribu liter/detik dengan perkiraan penduduk DKI Jakarta kurang lebih 12 juta jiwa. Pada kesempatan itu Dirjen menyatakan, masalah-masalah yang berkaitan dengan air bersih ini adalah kerja besar yang b dihadapi Ditjen Cipta Karya di dalam Repelita V. (11). "Kredit investasi kecil dalam kerangka KIP itu untuk DKI yang mendapat prioritas pertama," tambahnya. Dengan memberi kredit usaha itu diharapkan pendapatan masyarakat lebih meningkat lagi. Banjarmasin, NERACA Menteri PU Radinal Moochtar menambahkan, dalam proyek KIP yang sudah dilaksanakan di kota Surabaya, dengan adanya proyek perbaikan kampung itu di sini terlihat bahwa ada motivasi di mana warga inginkan perbaik- an di lingkungannya. Karena itu pemerintah memberi dorongan dan juga turun tangan. sawahan tapi juga mengganggu DALAM dua pekan terakhir ini banjir melanda kota wilayah Kabupaten Hulusungai Utara, akibat Sungai Negara meluap. Ratusan rumah terutama yang penduduk terutama di wilayah berada ditepi sungai terendam air. kecamatan Lampihong, Batu- Beberapa ruas jalan terutama mandi, Paringin dan Awayan jurusan Amuntai - Kelua, Ka- yang sebagian besar matapen- bersih, sehingga kesehatan bupaten Tabalong - Lampihong cahariannya menyadap karet. masyarakat bisa terjamin penuh. sebagian terendam air, namun hanya beberapa hari karena banjir Di samping itu perlu di- berangsur surut. tingkatkan kesehatan lingkungan, Di bidang air bersih, Menteri PU, mengemukakan, adalah un- tuk meningkatkan keandalan air "Kami terpaksa beristirahat dan itu berarti kami kehilangan pendapatan sekaligus kesulitan mengancam kehidupan kami teru- tama untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari," ujar Hasan (27 tahun), salah seorang penduduk Desa Inan, Kecamatan Awayan. Ayah dua putra tersebut menjelaskan, akibat hujan mereka terpaksa menganggur dan tak bisa menyadap karet, walaupun hujan mulai reda, tapi kalau genangan air tidak cepat menurun mereka tetap sulit melakukan penya- serapan air, juga bak penampung- an air yang sudah berumur 67 Q tahun belum pernah diperbaiki, sudah banyak "rembesan' demikian juga saluran air yang sudah tua banyak bocor, katanya. Untuk mengatasi kerusakan lingkungan Situ Ciburial, kata anggota DPRD Jabar Drs. Situ- morang, selaku pimpinan rom- . bongan, Pemda Kabupaten Bogor 6 telah melakukan upaya-upaya antara lain penghijauan dan re- boisasi seluas 990 ha sekitar kawasan Ciburial, menghentikan penambangan galian golongan C dengan tidak memperpanjang SIPD (Surat Izin Penambangan Daerah) dan usaha-usaha yang b mendukung kelestarian ling- kungan. Bila pengalihan pengelolaan sumber air bersih Ciburial dari PAM DKI Jaya kepada PAM Ka- bupaten Bogor itu nantinya sele- sai, maka dalam pendistribusian air bersih yang selama ini se- bagian besar untuk masyarakat DKI Jakarta, nantinya masya- rakat Bogor akan mendapat pelayanan yang memadai, kata Samsi Jalil. Ratusan Rumah Terendam Air Banjir yang sempat mencapai ketinggian 1,5 meter itu meng- akibatkan dua SDN yaitu SDN Jingah Emas dan SDN Kaludan, meliburkan muridnya karena ruangan belajar terendam air. Wartawan Antara yang langsung meninjau beberapa lokasi yang terendam air, melaporkan, banjir dan hujan terus menerus tersebut bukan saja menggenangi jalan dan areal per- dapan. 1 2 Anda dapat memperoleh HARIAN NERACA di SEVEN ELEVEN 1. Jl. Ciranjang No. 1 Telp. 710196 2. Wijaya Grand Centre Telp. 7202955 3. Jl. Gatot Subroto (Blk POM bensin) Telp. 7291886 WASERBA CIRCLE K Jl. Raya Proklamasi No. 61 Telp. 828328 1. Jl. Panglima Polim Raya No. 37 Telp. 7391046 2. Jl. Hang Tuah Raya No. 8 Telp 7396851 3. Jl. Bangka Raya No. 12 Telp. 7993999 4. Jl. Gandarla Tengah II/2 Telp. 770996 5. JI. Paus No. 54 Rawamangun Telp. 4890551 6. Jl. Tanjung Duren No. 363 Telp. 594318 3. Jl. Mandala Raya No.4 Telp. 591460 KOTA JAYA mini plaza Jl. Bangka Raya No. 2 Kemang Jakarta Selatan Telepon 7995265 MITRA BOOK STORE. Gd Kramat Jati Indah Lantai II Jl. Raya Bogor Jakarta Timur A 4X