Tipe: Koran
Tanggal: 1993-03-10
Halaman: 05
Konten
HARIAN EKONOMI NERACA EKONOM I I NT E R NA S | Ο Ν Α Industri Dirgantara Internasional, Dari Konflik Menuju Kerjasama Resesi berkepanjangan yang melanda industri dirgantara internasional, terburuk selama 40 tahun terakhir, tetap tidak mengurangi niat mereka untuk meluncurkan produk baru. Airbus Industries mi menginginkan pecahnya hentikan aktivitas industri perang dagang. Apa yang jet komersialnya, yang saat kita inginkan adalah agar berpusat di Long Beach, ini Kalifornia. perjanjian yang telah dica- pai tahun lalu segera dilak- sanakan sehingga kita be- nar-benar dapat menyaksi- kan kemampuan keuangan Airbus yang sesunggunya." 1993 Current Market Oot- Dalam kondisi serupa itu, MDD mendukung kerjasama global pembuatan pesawat komersial baru. Kerjasama itu tetap dipimpin oleh per- usahaan AS. Walau MDD gagal menjalin kerjasama dengan Taiwan Aerospace- dimana MDD menawarkan kata Clarkson. mand and Airplane Supply Karenanya, kini pemerin- tah AS melakukan konsulta si dengan ME dan meminta ngatakan, pembiayaan pem- salnya. Pada Rabu (3/3), konsorsium Eropa itu look. World Market Dem- meluncurkan produk terakhirnya A321, jet komersial Requirements. Boeing me- bermesin dua berkapasitas angkut 186 penumpang dan merupakan turunan dari A320 yang lebih kecil daya angkutnya. belian pesawat baru menjadi agar dilakukan peninjauan penjualan 49% saham seni- serta pelaksanaan perjanji- an yang dicapai tahun lalu. Clinton juga memutuskan membentuk komisi guna menyelidiki kondisi dan per- soalan keuangan pada indus- tri penerbangan AS. lai US$ 2 miliar dalam pro- yek MD-12 - tapi MDD diakuinya tengah terlibat pembicaraan serius dengan sejumlah partner potensial, terutama dari kawasan Asia Pasifik. Tetapi, resesi yang berke- panjangan telah membuat mereka melakukan sejumlah langkah penyesuaian. Misal- nya rasionalisasi pegawai dan menurunkan kapasitas produksi. Sedang di pihak perusahaan penerbangan, yang selama tiga tahun ter- akhir ini menderita kerugi- an akumulatiflebih dari US$ 10 miliar, terpaksa menun- da atau bahkan membatal- kan pembelian pembelian pesawat baru yang mereka pesan pada akhir 1980-am. saat situasi masih baik. Masalah subsidi Krisis yang terjadi bela- kangan ini sangat berbeda dengan kerisispada periode sebelumnya, sebab terjadi bersamaan dengan menu- runnya aktivitas industri pertahanan serta masih ber- lanjutnya ketegangan dalam hubungan dagang antara AS dan ME menyangkut isu subsidi pemerintah kepada Airbus Industries. * Lima tahun lalu, setelah melalui perdebatan yang panas, AS dan ME berhasil mencapai kesepakatan ten- tang besarnya subsidi pesa- wat komersial. Tapi bela- kangan AS kembali menu- duh Airbus melakukan pe- rang harga yang tidak jujur saat menjual pesawatnya ke perusahaan penerbangan AS. Semua dalam upaya memperbesar pangsa pa- sarnya sekaligus menyu- dutkan dua saingan uta- Nasib serupa sebenarnya juga dialami oleh Airbus. Tapi tidak seperti kedua saingannya, Airbus meng- klaim terus mengalami pe- ningkatan produksi walau pertumbuhannya melam- ban. Jean Pierson, managing director Airbus mengatakan pada bulan lalu, Airbus ber- harapnya produksinya akan manya, Boeing dan McDo- naik dari tingkat 150 pesa- CINA nnell Douglas. "Airbus tidak pernah meraih keuntungan. Perusa- haan dirgantara kita justru bersaing dengan pemerintah asing." kata Senator John sebagaimana Danforth dikutip Newsweek. Tapi, seperti ditulis Paul Betts dalam Financial Times, tantangan Presiden AS Bill Clinton terhadap Airbus itu lebih didorong oleh kepriha- tinan di dalam negeri, dima- na ribuan pekerja industri dirgantara terpaksa harus terkena rasionalisasi. Baik Boeing maupun McDonnell Douglas kini si buk berbenah diri. Boeing, harus menurunkan 35% kapasitas produksinya dan memberhentikan 28.000 gawainya selama 18 bu- lan mendatang. Sedang McDonnell Douglas, tahun ini merencanakan pengu- rangan 10% tenaga kerjanya, setelah tahun lalu mengu- rangi hingga 20%. Melalui restrukturisasi itu, pada akhir tahun ini jumlah pega- wainya akan turun dari 121.000 pada 1990 menjadi sekitar 78.000 saja. Giok Batu Mulia Khas Cina Batu Jade atau lebih di- kenal dengan batu giok bu- kanlah sembarang batu. Di- samping cukup langka, ko- non batu yang harganya bisa mencapai ratusan juta ru- piah, juga bertuah. Ini ter- utama diyakini oleh keba- nyakan orang Cina dan ke- turunannya, termasuk me- reka yang berada di Indone- sia. Namun lepas dari semua itu, batu giok juga dapat diolah menjadi barang seni. Melalui keterampilan ta- ngan-tangan pemahat batu giok dapat dipahat menjadi karya seni bernilai tinggi. Rabu 10 Maret 1993 Keindahannya setelah melalui proses pemotongan, pemahatan, pemolosen, lalu kemudian menimbulkan warna mengkilap cemer- lang, serta efek sinar (trans- parency) yang dimilikinya, melalui warna hijau. Di daratan Cina, pusat kerajinan batu giok terda- pat di kawasan pegunungan berdekatan dengan pertam. bangannya yakni di provinsi Liao Ning. Banyak diantara batu Giok ini yang di pasarkan setelah diolah menjadi ber- bagai bentuk yang menjadi lambang kekuatan magis seperti dipercaya kebanyak- an oleh masyarakat Cina. Misalnya saja ada batu giok yang sebelum dipasarkan diolah dulu menjadi patung Budha tersenyum berperut gendut buncit dan berkepala botak yang dikelilingi anak- anak. Konon ada yang meya- kini bila menyimpan patung batu giok seperti itu bisa mengabulkan keinginan untuk punya anak dan kehi- dupan keluarga yang har- monis. Disamping itu batu giok dengan bentuk patung orang tua biasanya digunakan untuk melambangkan pan- jang umur, kebahagiaan, dan kekayaan. wat pada 1993 menjadi 175 pada 1995, tapi masih jauh di bawah target awal yaitu 225 pada Bahwa situasi saat ini me- mang sulit, diakui oleh Boeing sebagaimana ditulis dalam tinjauan tahunannya, Menurut keyakinan bebe- rapa orang batu giok juga bisa digunakan sebagai pe- nangkal pencuri. Misalnya untuk rumah atau tempat usaha supaya berkekuatan magis yang tak bisa dimasu- ki pencuri dapat mengguna- kan giok berbentuk singa warna hitam. Umumnya batu giok berbentuk singa ini diletakkan disisi kiri dan kanan pintu gerbang. Pada umumnya peng- olahan batu giok menjadi ber- bagai macam bentuk dise- suaikan dengan lambang. lambang tertentu. Misalnya bentuk burung bertengger di atas punggung kura-kura berkepala naga, sebagai lambang panjang umur, dan 1992 lalu sejumlah perusa- haan penerbangan memba- talkan atau menunda pem- belian pesawatnya.. Tidak aneh jika kemudi- an AS khawatir Airbus akan melakukan penawaran pen- jualan yang dikemas dalam paket pembiayaan yang menarik. "Airbus tidak pernah meraih keuntungan. Perusahaan dirgantara kita justru bersaing dengan pemerintah asing." kata Senator John Danforth. Tapi sebaliknya Airbus- terdiri dari Aerospatiale Pe- rancis, DASA Jerman, CASA Spanyol dan BAe Inggris balik menuduh kedua per- usahaan AS itu juga ikut me- nikmati subsidi langsung dan tidak langsung dari pe- merintah AS. Menurut ka- jian yang dilakukan ME, sejak 1986 Boeing dan MDD sekurangnya menerima subsidi tidak langsung dari pemerintah sebesar US$ 33 miliar. Semangat kerjasama Tapi sesungguhnya tidak ada dari kedua pihak yang permaisurinya. Disamping besar kecilnya, harga batu giok juga diten- tukan oleh tingkat kesulitan dalam pemahatannya. Ma- kin sulit proses pemahatan nnya kian mahal harganya. Begitu juga bentuknya juga bisa beragam sehingga mak na satu giok juga bisa lebih dari satu. Misalnya kura-ku- ra berkepala naga mengan- dung lebih dari satu makna, maka harganya juga mahal. Bahkan ada batu giok yang harganya bisa menca- pai Rp 240 juta. Batu ini berbentuk lambang dewa- dewa yang bertengger kuda dipuncaknya dan berorna- men ramai dan rumit (se- perti terlihat dalam gambar 1). Dan tidak sedikit dianta- ra pengemar giok yang mau menukar mewahnya seperti BMW atau Mercedes dengan patung giok. Di Indonesia tercatat se- buah Yayasan Kesuma Ja- karta, satu-satunya distribu- tor batu giok asli dari darat- an Cina. Yayasan ini sering menyelenggarakan pameran batu-batu giok. Dan ketika menyelenggarakan pameran pada akhir 1991 lalu, yaya- san ini berhasil menjual sebuah giok asli seharga Rp 240 juta itu. Konon dalam sejarah pe- rantauan masyarakat Cina, batu giok ini sering dibawa untuk mencari keberuntung- an atau untuk menolak ma- lapetaka. Begitu juga dengan mereka yang merantau ke Indonesia baik untuk berda- gang ataupun untuk menja- di kuli. Proposal tersebut disam- but baik oleh perusahaan AS, yang yakin jika persoalan mereka sesungguhnya ada lah masalah pembiayaan pesawat dan bukannya sub- sidi Airbus. "Masalahnya, Eropa tidak sekedar mem- bantu Airbus. Tapi bagaima- na pemerintah dapat mem- bantu perusahaan pener- bangan di seluruh dunia dalam masalah pendanaan untuk membeli produk kita." kata John McDonnell, chair- man MDD, yang berbicara saat peluncuran jet terbaru- nya, MD90, turunan dari DC- 9 dan seri MD80, yang akan bersaing dengan A320 dan Boeing 737. Dari ketiga perusahaan tersebut, MDD merupakan yang terlemah. banyak ana- lis meramalkan nasibnya akan seperti Lockheed, pro- duk terakhirnya Tristar L- 1011, yang terpaksa harus mengundurkan diri dari industri jet komersial dan mengkonsentrasikan seba- gai kontraktor pertahanan semata. Tapi McDonnell dan para eksekutifnya menegas- kan MDD tidak akan meng- Dalam sejarah perantau- an ke Indonesia ada cerita yang menarik dari keluarga Thio Beng Lam. Keluarga ini datang ke Belitung (Suma- tera Selatan) pada 1880-an yang tujuannya untuk men- cari kerja sebagai kuli kon- trak penggalian bahan tam- bang biji timah. Ketika keluarga Thio Beng Lam berlayar dari daratan Cina menuju Pulau Belitung di tengah lautan perahu yang mereka naiki diterjang ombak dan badai. Perusahaan Selain Mempunyai Nilai Seni, Ada Misteri di Balik Itu kejayaan. Selain itu naga dan burung adalah lambang hubungan baik raja dengan bila nanti dia menikah. Di Indonesia khususnya bagai kalangan pengusaha dan sampailah Cina keturunan batu giok kini sudah menjadi sebuah prestise. Posisi Industri Jet Komersial Dunia satu barang yang harus dise- lamatkannya waktu itu, Guci Giok, maka badaipun men- jadi tenang perahu yang mereka tumpa- ngi di Tanjung Pandan, Beli- tung. Tepatnya didermaga Loos Sing-ke, guci giok tersebut kini berada pada ahli warisnya Thio-Tian-Coy. Thio Benglam setelah sampai di Belitung, meng- ubah niatnya untuk berker- ja sebagai kuli kontrak di pertambangan. Dia menco- ba berniaga dan sukses. Puluhan perahu dimilikinya untuk membawa hasil per- tanian seperti kopra, lada serta hasil tangkapan para nelayan. Sementara di Cina darat- an sendiri, terutama pada zaman dinasti Xing, kebera- daan batu giok umumnya sama seperti juga keris dan tombak di kalangan ningrat di Jawa. Batu in dijadikan benda keramat yang lazim dimiliki dan merupakan status sosial. L Boeing Airbus Industries McDonnell Douglas Lainnya Sumber: 1993 Current Market Outlook, Boeing. Menurut Thio Kui Ui, batu giok yang asli bisa dibukti- kan sendiri kekuatan magis- nya. Jadi kecil sekali ke- mungkinan bagi orang un- tuk memalsukannya. Dia menggambarkan, untuk mengetahui keaslian batu giok itu tidaklah susah. Batu giok yang asli, bila di- celupkan dalam air panas maka airnya akan terasa dingin. Namum anehnya bila giok itu diangkat lagi keper- mukaan air itu akan kemba- li kekondisi semula menjadi panas. Disamping itu keaslian batu giok juga bisa diuji da- lam santan kelapa, karena batu ini bisa membuat awet santan kelapa sampai enam hari, bila dicelupkan ke da- lamnya. Meningkatnya semangat kerjasam dari perusahaan AS itu, menjelaskan meng- apa mereka menghindari terjadinya perang dagang dengan Eropa. Artinya lahir suatu fase baru dalam in- dustri dirgantara. Dari yang awalnya diwarnai persaing- an sengit, kini malah berja- bat tangan menjalin kerja- sama. Seperti dikatakan oleh McDonnell, "Jangan heran seandainya suatu ketika an- da hadir di McDonnell Dou- glas, maka yang anda sak- sikan adalah peluncuran perusahaan baru Douglas Aircraft Company, yaitu kerjasama global yang pemi- liknya tersebar di seluruh dunia. (*/Budi) Namun, kekuatan magis dari batu giok itu tidak se- mua orang bisa merasakan- nya. Ada kalanya batu giok tersebut tidak cocok bila dipakai orang tersebut, bah- kan sebaliknya sakit-sakit- an. Menurut Thio dari pihak keluarganya hanya adik kelimanya yang tidak ber- kah bila memakai giok. Pr- nah giok warisan leluhurnya dikalungkan dilehernya, Menurut Cerita Thio Kui batu giok itu retak seketika. Ui- yang mengaku masih "Itu menandakan garis-ga- keturunan ketiga-perahu ris atau retak ditangannya tersebut sudah 75% tengge- kurang bagus," kata Thio. lam. Namun Thio BengLam Pengertianya bisa saja reze- sambil memohon kepada kinya, atau hubungan ke- dewa, dan memegang salah luarnya yang kurang baik 1992 Hingga 1992 57% 16% 19% 7% 58% 29% 11% 3% Boeing juga melakukan hal serupa. Januari lalu TIDAK DITEMUKAN Penyidik khusus dari PBB, Mark Plunket, kanan, membacakan nama tujuh prajurit pemerintah Kamboja yangra mereka tidak berhasil ditemukan. (AP) >> BJ Boeing menjalin kerjasama ditahan kepada sersan Sin Hieng dari AD Kamboja, Senin (8/3). Tim dari PBB itu berharap dapat membebaskan mereka, tapi ternyata it dengan empat rekanan dari Airbus untuk melakukan studi kelayakan pembuatan super jumbo berkapasitas 600-800 penumpang. "Tidak satupun perusahaan yang saat ini dapat menanggung sendiri pengembangan pesa- wat serupa itu." kata Clar- kson. Menurut Candra,seorang pengusaha keturunan yang juga penggemar batu giok, untuk membeli sebuah giok yang asli dia tidak melalui perantara. Dia lebih senang dan akan puas bila membeli- nya langsung ke negeri asal- nya di daratan Cina. Menurut cerita Chandra, pada zaman dinati Xing, untuk mengolah sebuah giok harus melalui petapaan ter- "Naga-naga" ekonomi telah menentukan sikap se- Asia Timur berupaya keras perti yang diutarakan Per- menyesuaikan diri dengan dana Menteri Malaysia dunia yang makin proteksio- Mahathir Mohammad bah- nis setelah Amerika Utara wa "Eropa dan Amerika te- dan Eropa membangun lah memilih blok perdagang- "benteng" perdagangan. an yang proteksionis"." Asia Timur hingga kini belum punya blok perda- gangan sendiri, meski kka- wasan ini membusungkan dada sebagai "macan-macan" ekspor tergarang di dunia. Negara-negara dagang di Asia merasa terhalang kare- na tidak memiliki blok sen- diri. Kini mereka mulai ragu apakah memang perlu men- coba membangunnya. Demi- kian laporan wartawan In- ter Press Service (IPS) Ra- mon Isberto dari Manila. Bahkan, Mahathir, yang sering dengan tajam menge- cam blok-blok Barat, meng- anjurkan agar Asia terus berupaya. Ketika mengun- jungi Tokyo baru-baru ini, Mahathir mendesak Jepang agar meninjau kembali usul mahathir dua tahun lalu untuk membentuk blok Ekonomi Asia Timur (EAEC) guna mengimbangi blok-blok perdagangan regional yang proteksionis. Perundingan dagang AS dan Eropa mengenai perda- gangan produksi pertanian buyar November tahun lalu ketika para menteri ekono- mi Jepang, enam negara ASEAN dan Masyarakat Eropa (ME) bertemu di Manila. EAEC semula direncana- kan meliputi enam negara ASEAN - Brunei, Indone- sia, Malaysia, Singapura, Muangthai dan Filipina ditambah Jepang, RR Cina, Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong. Dikecualikan Amerika atau Australia. Para menteri menyatakan "sangat kecewa" dan meng- ingatkan bahwa blok regio- nal mungkin akan menjadi proteksionis meski berulang kali memberi jaminan. Meski belum diumumkan, banyak pemerintah di Asia Mahathir bersusah-payah meyakinkan bahwa EAEC tidak akan menjadi blok per- dagangan, selain "suara tunggal untuk memperta- hankan perdagangan be- bas dunia." Tapi tidak ada yang menyambut gagasan Mahathir. lebih dahulu sehingga ber- tuah. Karenannya pada za- man itu tidak sembarang orang bisa mengolah Giok. Biasanya patung-patung giok dibuat oleh para biksu di shaolin. Sekarang ini, kata Chan- dra, giok-giok pada zaman dinati Xing nilainya sangat tinggi bahkan bagi mem- butuhkannya dinilai sampai miliaran rupiah. Batu Giok pada zaman dinasti Xing, dia ibaratkan sebuah keris pada masa pe- merintahan Majapahit yang juga dibentuk dengan ber- tapa terlebih dahulu. (he) 1 'Naga' Ekonomi Asia Timur Mencari Jalan ke Luar A 15510 Sehari setelah grup per- usahaan minyak milik nega- ra Perancis, Elf, menyata- kan bahwa mereka akan merekrut beberapa ratus pemuda dan melatih mere- ka, Hoover mengatakan bahwa perusahaan itu akan mengalihkan produksinya dari Dijon (Perancis) ke Glas- gow (Skotlandia) untuk menghemat berbagai biaya. Dua kejadian itu meng- gambarkan tekanan-tekan- an persaingan dahsyat yang sedang menyayat berbagai bidang pekerjaan trampil dalam dunia industri. Keja- dian itu juga menggambar- kan berbagai usaha, yang masih dan sedikit demi sedi- kit mulai mandeg, untuk mengembangkan sumber- sumber lowongan pekerja- an baru. Pengangguran yang me- lonjak cepat kini mengganti- kan inflasi sebagai musuh ekonomi nomor satu dan menyebabkan kesulitan po- litik yang akut. Jepang menolak usul Mahathir karena Washing- ton menentang EAEC. Ken- dati pun Tokyo tidak senang terhadap nada anti-Jepang di balik pembentukan Zona Perdagangan Bebas Ameri- ka Utara (NAFTA), namun Jepang tidak mengubah sikapnya, Dengan angka pengang- guran Masyarakat Ekonomi (ME) yang dua digit, Perda- na Menteri Denmark yang baru, Poul Nyrup Rasmus- sen, telah berusaha meng- atasi pengangguran itu, ter- utama selama pertemuan presiden ME di Copenhagen. Negara-negara Skandina- via, yang selama bertahun- tahun sinonim dengan ang pengangguran yang ren- dah, tiba-tiba telah terjang- kit penyakit itu. Bahkan, Swiss dan Austria harus terbiasa dengan memper- panjang antrean sedekah. ka Para politikus mempu- nyai alasan untuk menjadi gelisah, karena belum mem- punyai solusi yang tepat untuk memecahkan masalah pengangguran, yang berisi- ko munculnya kriminal, kebusukan dalam kota, dan xenophobia. Berbagai studi mengenai pengangguran, seperti satu studi yang dikepalai oleh satuan tugas Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi atau Organisation for Eco- nomic Cooperation and De- velopment (OECD), menim- bulkan lebih banyak perta- nyaan daripada jawaban, ka- rena pengalaman dari satu negara ke negara lain sangat berbeda. Gagasan EAEC ternyata juga kurang disambut di ka langan ASEAN sendiri, antara lain karena Indone- sia menghindari apa yang dilihatnya sebagai sikap konfrontatif Malaysia dalam menawarkan gagasan. Gagasan EAEC terus ter- simpan pada arsip Sekreta- riat ASEAN, yang dikabar- kan menyiapkan kertas ker- ja mengenai bentuk yang cocok untuk menuntaskan penjabaran konsep EAEC. Yang paling mendekati keinginan Asia untuk memi- liki blok perdagangan ada- lah zona perdagangan bebas ASEAN (Afta) yang dijabar- kan Januari 1993 lalu. Afta bertujuan menciptakan pa- sar tunggal bagi enam nega- ra yang berpenduduk 320 juta di kawasan ekonomi yang paling dinamis di du- nia ini. Namun para pendukung utama Afta sendiri mengakui ah Eropa akan jauh lebih be- rani bertindak daripada apa yang selama ini telah mere- ka lakukan terhadap sapi- sapi keramat (buruh) dengan praktik tawar-menawar ko- lektif, peningkatan kesejah- teraan, dan sistem-sistem latihan. Angka Pengangguran Sudah Mencemaskan Eropa "Tidak ada alasan menga- pa perekonomian OECD ti- dak mampu menghasilkan kembali produk yang me- muaskan, dan tingkat infla- si yang memuaskan dengan angka pengangguran, kata- kanlah 4 atau 5%," kata se- orang ekonom senior OECD. "Namun, perubahan itu tidak akan terjadi dalam satu hari. Sekali angka pengang- guran tinggi, sangatlah sulit untuk menurunkannya. Sehingga kita harus menye- rang kepentingan-kepen- tingan tetap dan membuat perubahan-perubahan radi- kal. Kita juga akan berhu- bungan banyak dengan hal- hal yang akan mengganggu banyak orang," lanjutnya. Perubahan yang disebut struktural diperlukan kare- na, dalam pandangan ba- nyak ahli, pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat hanya berdampak pada ke- cenderungan pengangguran yang menekan. Angka pengangguran di Perancis, umpamanya, me- naik dalam tingkat yang tipis dari 8 sampai 10% sepan- jang 1980-an, bahkan ketika negara itu mengalami per- tumbuhan ekonomi yang cepat pada akhir dekade itu. Pengeluaran untuk menu- tupi defisit kemungkinan ha- nya menekan pengangguran untuk sementara waktu, se- bagaimana yang terjadi di Irlandia pada 1970-an. Na- mun, ketika defisit dan utang publik tidak terjangkau lagi, rencana-rencana penghe- matan harus dilakukan wa- laupun angka penganggur- an masih tetap lebih tinggi daripada sebelumnya. Dalam penelitian untuk berbagai kemudahan dalam menentukan kebijakan, para pejabat OECD secara khu- sus sedang mengamati dari dekat kawasan-kawasan berikut. Apakah keuntungan-ke- untungan dan kondisi-kon- disi keamanan sosial, seper- ti di Belanda, tidak mampu mendorong untuk mencari peluang kerja, sehingga juga tidak mendorong kenaikan 5A IA 064 Namun, satu hal yang jelas untuk dibahas adalah bagaimana menangkapakar upah. penyebab pengangguran itu, sehingga setiap pemerint- aol Intr 28,18 Menurunkan undang- undang upah minimum ke- 20 b Da tedet (TST) AKY H T 10294 X- ASEAN masih kelas ringan menurut ukuran global dan pengaruhnya kecil dalam perundingan GATT (Gene ral Agreement on Trade and Tariff). ITUM Para menteri ASEAN meragukan usul memper luas Åfta hingga mencakup Jepang, Taiwan dan Korea, Mereka sendiri menghadapi cukup banyak masalah da lam meyakinkan usahawan di negaranya masing-masing untuk menerima keharusan bersaing dengan mitra sese ma ASEAN. Forum yang lebih luas bukanlah EAEC melainkan Kerja Sama Ekonomi Asa Pasifik (APEC), suatu badan konsultasi yang mencakup Amerika, Australia dan Kanada. faver Bila Meksiko diterima se bagai anggota APEC, ini berarti mencakup pula ang gota NAFTA (AS, Meksiko dan Kanada) dan Afta (ASEAN). Kajian menunjukkan bagian terbesar dalam pel ningkatan perdagangan antarregional terjadi mela lui jalur Utara-Selatan. (Tahun 1989, misalnya, 70% ekspor Asia-Pasifik terjadi antar Asia-Pasifik sendiri, (38) mungkinan akan menghar- gai kembali orang yang tidak mempunyai ketrampilan khusus. Namun, para peja- bat OECD mengatakan bah- wa fleksibelitas upah sama sekali tidak menyembuhkan semua penyakit itu. Ada sua- tu pandangan bahwa di AS, umpamanya, upah yang tu- run akan mengarahkan orang ke dalam kemiskinan. "Ada batasan-batasan dalam menyesuaikan penu- runan upah dalam masyara- kat kita yang berpenghasil- an tinggi," kata seorang pe- jabat. Bagaimana pendidikan dan latihan kerja dapat di- perbaiki untuk mempersiap- kan para lulusan sekolah agar lebih baik dalam meng- hadapi pekerjaan dan untuk melatih kembali para peker- ja yang salah tempat. Keber- hasilan skema magang di Jerman, walaupun diperki- rakan terlalu kaku oleh se- bagian orang, cocok untuk Tor Bagaimana undang-un- dang proteksi kerja dapat diamanatkan untuk mendo- rong pertumbuhan lowong- an kerja. Di Spanyol, per- aturan-peraturan kaku membuatnya sulit hingga saat ini bagi perusahaan- perusahaan untuk melin- dungi buruh, sehingga me- matahkan semangat dalam penyewaan tenaga buruh.. model ini. Peraturan-peraturan, pa- jak, pensiun, dan pengang- guran boleh menentukan pekerjaan part-time, yang di- anggap sebagai kawasan kunci bagi pertumbuhan kerja di masa mendatang.s Bagaimana "permesinan" bursa tenaga kerja dapat diperbaiki. Para pejabat OECD percaya bahwa seba- gian besar perwakilan penya- lur tenaga kerja swasta di Belanda merupakan alasan penting bagi angka pengang- guran di bawah rata-rata negara itu. men Stephen McLelland dari komite penasihat persatuan perdagangan pada OECD adalah penganut yang kuat dalam perbaikan langkah- langkah struktural tesebut. Namun, ia mengatakan bahwa pemerintah-pemerin- tah di Eropa harus menerap- kan keinginan politik untuk mempraktikkan beberapa dari gagasannya, agar orang percaya bahwa mereka se- dang melakukan sesuatu untuk menghentikan angka pengangguran itu. MBA (Set)
