Tipe: Koran
Tanggal: 1993-12-29
Halaman: 09
Konten
HARIAN EKONOMI NERACA 29 Desember 1993 PAR P OST EL * DPRD Bali tak tahu soal pelaksanaan BNR Proyek Bakrie Nirwana Resort Terus Dipertanyakan Denpasar, NERACA Gubernur Bali Ida Bagus Oka mengakui bahwa DPRD Bali tidak tahu soal pelaksanaan proyek Bakrie Nirwana Resort (BNR) lapangan kerja secara lang- sung kepada tiga orang, se- hingga sebuah hotel bintang tiga, empat dan lima dengan rata-rata kapasitas 350 kamar mampu menyerap seribu lebih di Tabanan, yang belakangan ini diributkan masyar- kerja. Sedangkan sebuah akat. "Proyek tersebut sekarang sudah pada persoalan tek nis, dulu ketika diadakan presentasi BNR, DPRD Bali ikut dilibatkan," katanya. Ida Bagus Oka mengata- kan hal itu belum lama ini guna memperjelas keduduk- an proyek BNR di kawasan Tanah Lot, yang sampai sekarang masih menjadi polemik di kalangan masya- rakat. Walaupun sebagian besar masyarakat Bali tidak ber- kenan dengan pembangun- an fasilitas pariwisata di kawasan Pura Tanah Lot tersebut, namun tampaknya Gubernur Oka berusaha untuk menggolkan proyek ratusan miliar rupiah itu. "Pembebasan tanah di sana sudah jalan, dan Am- dal (analisa mengenai dam- pak lingkungan) yang diran- cang pakar lingkungan hi- Disebutkan hadirnya bangun hotel dan apartemen mewah jelas sangat ber- pengaruh terhadap ling- kungan Tanah Lot, yang selama ini dinilai masyara- kat sebagai tempat suci. Ratta-Kakanwil Deppar- postel Bali-dipastikan tidak Hadirnya bangunan hotel dan apartemen milik Bakrie Group tersebut jelas hanya memanfaatkan potensi alam Tanah Lot dikenal se- mendapatkan masalah," katanya. yang bagai obyek wisata menarik, tanpa memberikan nilai tambah ekonomi kepada masyarakat. Masyarakat Tabahanjuga mempertanyakan kehadiran apartemen mewah di sana, yang sebelumnya diperkira- kan hotel bintang. Bahkan Bupati Tananan sendiri belum lama ini tidak tahu bahwa rencana mem- bangun hotel di sana, be- rubah menjadi sebuah apar- temen mewah yang kini di- besaran. Konsep semula Bakrie Group akan membangun hotel berbintang dengan menyerap ratusan tenaga lokal, sehingga mampu Pernyataan yang dikemu- kakan Oka ini dimaksudkan untuk menampik suara-sua- mengurungi tingkat peng- angguran di Bali. ra yang seakan-akan ingin membatalkan pembangunan proyek tersebut. sekarang baru terealisir sete. lah sekian lama tertunda, kata Dirut PT Rukindo Drs. H.M. Yusuf Daud ketika melakukan perletakan batu pertama pembangunan kan- tor tersebut di Ancol, Potensi Wisata Ciamis Selatan beePunya Masa Depan Cerah perekonomian rakyat. Juga dengan adanya para inves- tor yang bersedia mem- bangun berbagai macam apapun, pada lokasi dekat Nusawiru akan membuat kawasan Cijulang menjadi kota wisata di dalam rangka menyongsong hari depan, kata Drs. Oman pada KNI di ruang kerjanya, Senin. peroleh tanah desa. Kon- dangjajar juga akan terus dibiayai oleh Pemda Ciamis seperti dikatkaan Kabag Pemdes Pemda Ciamis.Drs. Ikin Somantri. Ciamis, NERACA Wilayah Ciamis Selatan untuk masa mendatang ini merupakan primadona wisata Jawa Barat, dan pengembangannya dihar- apkan pada PJPT II nanti antara lain di kawasan wisata pantai Pangandaran yang indah alamnya, dan di wilayah Cijulang lokasi proyek lapangan terbang Nusawiru. apartemen diperkirakan paling tinggi menciptakan lapangan kerja bagi 100 orang. Rukindo di Jl. Seram itu diklaim oleh PT Pelabuhan II untuk perluasan pela- buhan peti kemas. Seram tersebut, sebelumnya merupakan bagian divisi ketika PT Pelabuhan II masih berstatus BPP Tanjung Priok sekitar tahun 1960. Setelah BPP Tanjung Priok berubah status men- jadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) berdasarkan PP No.1l/Tahun 1982, ke dua perusahaan tersebut kemu- dian dipisahkan menjadi BUMN sendiri. BPP Tanjung Priok men- Kalangan budayawan Bali juga mempertanyakan dam- pak sosial hadirnya aparte- men mewah di tengah ling- kungan masyarakat sekitar Tanah Lot itu. Dikhawatir kan hadirnya tempat elit tersebut akan mempertajam kesenjangan sosial. Kepentingan Pribadi Gubernur Oka mengata- kan apa yang diributkan orang itu hanya untuk ke pentingan pribadi, tetapi mereka mengatasnamakan umat. "Pura Tanah Lot ti- dak termasuk dalam Pura Sad Kahyangan, tetapi Pura Dang Kahyangan ini berarti di radius kurang dari lima kilo meter dari letak pura itu bisa didirikan bangunan. Kalau misalnya Tanah Lot itu masuk dalam Pura Sad Kahyangan, maka jarak Lahan perkantoran PT Rukindo di Jl. Seram yang akan digusur tersebut seluas 4,5 hektar, berikut fasilitas dok apung/gravity dock un- tuk pemeliharaan kapal keruk. Jakarta,NERACA PT (Persero) Angkasa Pura (AP) I tengah berusaha untuk meningkatkan minat dan pengetahuan masyar- akat terhadap fungsi keban- daraan. Sebab pengetahuan tentang kebandaraan sangat penting mengingat bandara adalah bagian yang paling utama bagi pertumbuhan perdagangan dan lainnya, kata Jurubicara Departemen Perhubungan Salam Susanto di Jakarta, kemarin. Maka, katanya, dalam rangka menyambut HUTAP I ke-30, BUMN di lingkup Dephub ini akan menye- lenggarakan lomba Karya Tulis (KT), yang berlaku bagi pejabat, karyawan, maha- siswa perguruan tinggi dan wartawan perhubungan. Tujuan penyelenggaraan ini, adalah untuk menggali gagasan dan pemikiran kreatif, konstruktif dan ino- vatif segenap karyawan PT Pengembangan wisata di Cijulang kemungkinan besar bisa cerah, karena menurut Pem- bangunan Pemda Ka- bupaten Ciamis Drs. Oman Sutarman, proyek tersebut sedang dikerjakan terus, hingga pada tahun 1994 yang tinggal beberapa hari lagi dijelang, diharapkan sudah selesai. Bila pembangunan fasili- tas ini sudah selesai, maka lahan seluas itu nantinya dapat menampung sekitar 5000 TEUS (Twenty Equiva- lent Units) peti kemas/tahun, ujar Kepala UTPK Tanjung Priok Capt. Syaifudin Abdul- lah. Lapangan terbang Nu- sawiru di daerah kabupaten Ciamis yang lokasinya di kecamatan Cijulang, Ciamis Selatan oleh masyarakat daerah Cijulang diharapkan setelah selesai proyek terse- but bisa meningkatkan PT Pelabuhan II Cabang Tanjung Priok, saat ini memiliki 2 unit UTPK,yaitu di Jatim. Menjawab per- tanyaan tentang penambah- an jaringan telepon di Jatim pada tahun 1993 dan tahun mendatang, pihak Witel VII Jatim selalu terbuka dan membuka kesempatan kepa- da masyarakat untuk me- nyampaikan keluhan dan kebutuhan secara riil. Pada tahun 1993 lalu, Witel VII diberi target pe- nambahan 111.000 SST, te- tapi sampai kini telah ber- dup Bali, Prof.DR. Mardani promosikan secara besar. bangunan dari pura harus ini, mudah-mudah dapat hasil dipasang 128.762 SST. dipenuhi, tetapi tidak bisa lam menambah panjang ja- Sekalipun banyak kenda- Surabaya, NERACA la yang dihadapi, namun Witel VII Jawa Timur tahun 1993 diharapkan memper- oleh pendapatan sebesar Rp 353 miliar, lebih besar dari target yang ditentukan se- besar Rp 350 miliar. Karena berhasil melam- puai target, maka tahun 1994 Witel VII Jatim diberi target pendapatan sebesar Rp 492 miliar. Target 1994 dicapai, karna melihat po- tensi Jawa Timur yang kini sedang giatnya menggalak- kan pembangunan, demi- kian dikatakan oleh Kawitel VII Jatim Drs. Musnan AK, disampingi Waka Witel VII Drs.Abdul Latif, Selasa. Pencapain target tersebut, menurut Musnan bukan hasil dari warga Witel VII Jatim saja, tetapi jugas atas kerjasama semua pihak di jajaran instansi di Jawa Timur. Desa Kondangjajar Desa Kondangjajar, kecamatan Cijulang Ciamis Selatan yang sekarang meru- pakan desa yang kekayaan nya berupa bengkok desa terkena proyek Nusawiru, semua pihak kini men- yatakan kegembiraan atas adanya proyek tersebut. Apalagi telah pula men- dapat ganti rugi dari pemda Ciamis bagi lahan bengkok seluas 69 hektar yang ter- paksa diberikan pada pemer- intah daerah Ciamis demi pembangunan. Bengkok ini, mendapat ganti sebesar Rp.6,2 juta setiap tahunnya selama desa Kondangjajar belum mem- Karena itu, partisipasi dari masyarakat Jawa Timur sangat diharapkan dalam usaha PT Telkom memenuhi kebutuhan telekomunikasi 164676/28/1 MEMEVE I mell PT AP I Ajak Masyarakat Lebih Mengenal Kebandaraan lewat KT mencapai 5 Km," katanya. Sementara utuk menjaga kesucian Pura Tanah Lot tersebut, menurut gubernur, di sekitar lokasi akan di- bangun kebun buah khas Bali antara lain Juet, Sentul, maupun Wani sehingga nantinya di sekitar pura itu tertutup tanaman. Pura Tanah Lot akan tersembunyi dan tidak bisa dijadikan sebagai pemandangan. Rasa Khawatir Dengan berubahnya kon- sep menjadi sebuah aparte- men mewah, harapan itu kemungkinan tidak tercapai, karena daya serap aparte- men terhadap sumber daya manusia jauh lebih kecil dibanding hotel. Kalangan tokoh masyara- kat Bali termasuk para bu- dayawannya mempertanya- kan proyek pembangungan BNR, yang dinilai dapat mengurangi kesucian kawa- "Area perkebunan ini nantinya semua biaya peme- liharaanya diserahkan kepa- da investor, sedangkan ha- sil-hasilnya bisa dinikmati masyarakat," kata gubernur. Sebuah kamar hotel ber- bintang tiga ke atas, misal- san Pura Tapah LotOMpya, mampu menciptakan say rialo nadsden(15/Pr). T RANSPORTASI PT Rukindo Tetapkan : Kawasan Ancol Jadi Pusat Dredging Center' Jakarta, NERACA Ancol tersebut akan di- bangun oleh PT Agata dalam tempo 18 bulan terdiri dari 6 lantai. jadi Cabang PT Pelabuhan UTPKI dan II dengan kapasi- tas 1,1 juta TEUS/tahun. Namun kemampuannya tidak dapat menampung arus lalu-lintas peti kemas yang terus meningkat setiap tahun. Agar tidak terjadi stagnasi kapal dan bongkar- muat peti kemas, maka peti kemas yang waktu penimbu- Pengkalan Pulau Seribu yang terletak di terusan Koja Kanal atau persisnya terle- tak di Jl. Donggal, Jakarta Utara. PT Rukindo memutuskan akan menjadikan kawasan Ancol sebagai pusat Dredg. ing Center sebagai pengganti kantor lamanya di Jl Seram, Jakarta Utara yang akan dikosongkan untuk perlua- san pelabuhan peti kemas. Pembangunan Kantor II dan Divisi Pengerukan Pelabuhan dirubah namanya menjadi PT Rukindo. Se- hingga statusnya sama-sama menjadi perusahaan BUMN, dan sejumlah kapal keruk yang dioperasikan menjadi aset PT Rukindo. antara lain dengan cara memindahkan/relokasi kan- tor PT Rukindo di Jl. Seram ke Ancol. Sementara untuk tujuan yang sama, PT Pelabuhan II juga tengah mereklamasi/ mengurug Koja Kanal. Se- hinggga fasilitas doking un- tuk pemeliharaan kapal keruk milik PT Rukindo di lokasi ini menjadi terganggu. Akibat reklamasi itu, ikut tergusur pula Pelabuhan/ Tindakan tersebut di- lakukan, karena peti kemas merupakan primadona'bagi peningkatan pendapatan PT Pelabuhan II setiap tahun. Menurut catatan Neraca, investor peminat tol Cipula- rang adalah PT Citra Lam- toro in- Maryadi hanya menjelas- kan, kondisi laut di Selat Bali sangat dalam, berbeda de- ngan Selat Madura yang lebih Di Pendapatan Witel VII Capai Rp 353 Miliar vestasi Rp 800 miliar (perhi. Madura akan dibangun jem- tungan tahun 1993). Maryadi tidak bersedia merinci lebih jauh faktor apa batan tol Surabaya-Madura sepanjang 5 km. saja yang menjadi kendala sehingga proyek ini tertun- "Karena dalamnya Selat Bali, saya belum bisa mem- meter pemasangan tiang bayangkan berapa puluh pancang di sini," ujarnya. Menurut Drs.Ikin, ikhwal penggantian tanah kekayaan desa itu disesuaikan dengan SK Mendagri No.2/1985, sedang para pamong desa, tercatat ada 12 orang diberi- kan gaji setiap bulannya oleh Pemda kabupaten Ciamis dengan klasifikasi dari mu- lai kades, Sekdes, Kaurdes, dan sampai pada kepala dusun. Sedangkan pemasaran ditar- getkan 41.000 SST, tetapi berhasil dipasarkan 52.000 SST. Sekalipun sudah ber- hasil meningkatkan penam- bahan pembangunan SST, namun pihak Witel VII Ja- tim masih belum puas, kare- na masih banyak masyara- kat yang belum terlayani sambungan telepon. Kepada masyarakat yang belum kebagian tahun 1993, akan dilayani penambahan tahun 1994 sebanyak 129.000 SST. Sekalipun tahun 1994 nanti, ditargetkan penam- bahan 129.000 SST, namun Witel VII Jatim berusaha membangun lebih dari itu, buhan yang ditempati in- stansi lain dan yang telah dihuni sejumlah besar pen- duduk di Koja Utara harus dipindahkan. Lokasi pangkalan Pulau Seribu yang tergusur akibat reklamasi Koja Kanal terse- but, sampai saat ini masih belum ada penggantinya. Walaupun telah ada kesediaan PT Pelabuhan untuk membangun dermaga milik Pemda DKI/Jakarta bagi Persero Angkasa Pura I dan aca, penyelenggaraan lomba para wartawan yang terlibat dalam peliputan masalah perhubungan. Yang semua itu akan bermuara pada keinginan untuk meningkat- kan pemahaman dan penge- nalan masyarakat atas masalah kebandaraan karya tulis ini penting mengingat selama ini, AP I dikenal sebagai BUMN yang cukup menampilkan per- formance pendapatan yang cukup tinggi, mengingat pengoperasian pengelolaan usaha kebandaraan yang se- bagian besar berlokasi di Kawasan Timur Indonesia telah memberikan cukup keuntungan. Menurut Salam, lomba Karya Tulis ini menggu- nakan tema sentral "Pro- fesionalisme Manajemen Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Bandar Udara". Di samping itu, lomba karya tulis ini juga mer.yediakan beberapa sub tema, antara lain, optimali- sasi fungsi administrasi, keuangan, komersial dan hukum dalam memantapkan kondisi perusahaan yang sehat. Sub tema lainnya adalah optimalisasi kinerja operasi dalam rangka pen- ingkatan kualitas pelayanan jasa bandar udara. Berdasarkan catatan Ner- Sebenarnya, mereka para pamong dengan diberikan ganti rugi setiap bulannya adalah merupakan suatu keberuntungan, karena kalau mengandalkan dari pengelolaan tanah bengkok itu tidak akan sebesar gaji dari yang diberikan Pemda. Juga suatu kebetulan bagi mereka, lantaran bengkok desa Kondangjajar ada di lokasi proyek Nusawiru, demikian Drs.H.Ikin Soman- tri. (15) Dari sejumlah bandara yang masuk dalam lingkup pengelolaan AP I tercatat Bandara Polonia, Medan dan Bandara Ngurah Rai telah memberikan keuntungan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan arus penumpang yang melalui bandaraitu tiap tahunnya meningkat cukup pesat. Namun keuntungan yang berasal dari Bandara Polonia tak akan ber- langsung lama. Mengingat pengelolaannya akan di- alihkan kepada AP II (33) Kapal milik Pemda DKI tersebut, saat ini diberi fas- ilitas di dalam pelabuhan (Pangkalan Pohon Asam- red) sama dengan fasilitas dok milik PT Rukindo. atau menambah 60.000 SST, sehingga menjadi 189.000 SST. Dengan demikian Pro- pinsi Jatim pada tahun 1994 nanti, akan ada fasilitas sekitar 500.000 SST. Kepada kawasan berkiat maupun Pengusaha Real Estate/Pe- rumahan diminta untuk mengajukan kebutuhan sambungan telepon yang diperlukan dan diberikan data yang benar. Jangan sampai permintaan sudah Baik kapal keruk milik PT Rukindo, dan kapal milik Pemda DKI/Jakarta yang memerlukan perawatan di kemudahan dengan syarat dibebaskan dari pembayaran pungutan dermaga dan pembayaran pas pelabuhan, ucap Kepala Cabang Pela- buhan Tanjung Priok Ir. Harmani. Jakarta,NERACA British Airways-satu maskapai penerbangan milik swasta Inggris-mer- encanakan akan memba- ngun pusat kargo terbesar di dunia berlokasi di Ban- dara Heathrow dengan ni- lai 150 juta pound sterling. Terminal kargo yang baru ini diharapkan akan dapat menambah kapasi- tas tampung Bandara dua kali lipat dalam menangani angkutan udara udara kurir dan pengiriman pos, yang mencapai satu juta ton kargo pada setiap tahun- nya atau 2.000 kg kantong gula melewati pintunya setiap menit sesuai arah jarum jam. P U KONS T RUKSI Negosiasi sudah Lima Tahun Tol Cipularang masih Tersendat Jakarta,NERACA Kendati sudah berlang. sung lima tahun, negosiasi proyek jalan tol Cikampek- Padalarang (Cipularang) 59 km di Jawa Barat ternyata masih tersendat-sendat. Dirut PT Jasa Marga (Persero) Ir.Maryadi Darmo- kumoro dalam jumpa pers di kantornya, kemarin (28/12), mengakui hingga kini pro- ses negosiasi masih berlang- sung antara investor dan pemerintah. Menurut dia, memang sudah ada sejumlah kesepa- katan, namun belum men- capai tahap final, sehingga pembangunan fisik belum bisa dimulai. Dia tidak menjelaskan masih berapa lama lagi proses negosiasi tersebut. Pembangunan kantor pusat PT Rukindo di Ancol tersebut bukan hanya seka- dar menggusur kantor lama, melainkan misi yang lebih luas lagi, yaitu sama-samu sebagai peru: sama-sama peru- Menurut dia, ruas tol Cipularang medannya cukup berat karena harus melewa- ti bukit dan gunung. Tidak kurang 172 jembatan harus dibangun di tol ini. Mereka dikenakan huku- man berat dan ringan, bah- kan ada gajihnya diturunkan dan pangkatnya diturunkan, dan ada pula yang dikeluar- kan dari Dinasnya, (K15) British Airways Bangun Pusat Kargo di Bandara Heathrow pada akhir tahun 1994 dan dijadwalkan akan selesai pada 1996. Sedangkan pem- bangunan tahap kedua dan tahap ketiga diharapkan sudah siap untuk digunakan secara bertahap pada tahun 1998 dan tahun 2.000. Proyek ini direncanakan akan menjadi proyek gabun- gan antara British Airways dengan BAA, yang dibangun berdasarkan hubungan yang telah terjalin sebelumnya dengan European Catering Center dan the Center for Combined Operations. Kedua usaha tersebut berlokasi di Bandara Heatrow. kargo Dirut British Airways Robert Ayling mengatakan, kargo adalah salah satu Pembangunan pusat lahan bisnis utama peru- dunia ini direnca- sahaan penerbangan yang nakan akan dibangun di telah memberikan kontribusi Selatan Bandara Heatrow sangat penting untuk dengan luas yang sangat kesuksesan perusahaan. memadai. Yaitu ukuran Maka dengan membangun panjang, satu pertiga mil salah satu terminal kargo dengan luas areal 600 me- udara yang terbaik di dunia, ter persegi. ini akan membuktikan Sesuai dengan prinsip- komitmen perusahaannya prinsip yang telah disetujui kepada dunia kargo. oleh para pimpinan British Saat mengganti nama Airways dan BAA-ren- perusahaan menjadi British cana induk pembangunan Airways World Cargo pada terminal akan dimulai pada Oktober 1992, pihak-nya ber- permulaan tahun depan. janji untuk memper- Kontruksi pembangunan tahankan keberadaannya di tahap pertama dimulai jajaran terdepan industri gasi yang dihimpun Jasa Marga mencapai Rp 688,7 miliar, sedangkan yang su- dah dilunasi Rp 393,7 mi- liar. Sisanya Rp 295 miliar akan dibayar sesuai jatuh tempo. dipasarkan. Dalam membangun dan memberikan layanan teleko- munikasi yang dilakukan oleh Witel VII Jatim tidak berjalan mulus. Tetapi ma- sih banyak kendala yang dihadapi, dari luar maupun dari dalam. Dalam tahun ruas tol yang kurang dimi- 1993, pihak Witel VII Jatim Marga untuk membangun telah menindak 29 orang, nati investor. Sedangkan karyawan, yang telah menya- ruas-ruas tol yang diminati lagunakan dan melanggar investor, diusahakan di- disiplin. bangun dengan dana inves- tor. Maryadi tidak menjelas- kan ruas tol mana saja yang kurang diminati investor. Asing Incar Tol Banyuwangi-Bali Pada bagian lain penjelas- annya, Maryadi mengatakan kini sudah ada dua investor asing menyatakan berminat melakukan studi tentang jalan tol (jembatan tol) yang menghubungkan Banyu wangi (Jawa) dan Gilimanuk (Bali) sepanjang 3,3 km. Permintaan kedua inves- tor itu (salah satunya dari Inggris) sedang dipertim- bangkan pemerintah (dalam hal ini Dirjen Bina Marga Departemen PU). "Kami belum tahu apakah Bina Marga akan menyetujui pembangunan jembatan tol itu atau tidak," katanya. Berdasarkan historis Pusat PT Rukindo tersebut, inilah, kemudian Kantor PT nannya melebihi 12 hari Sehingga lahan milik pela- dalam pelabuhan, diberi bangunkan pula dermaga isasi tingkat internasional. lainnya mulai bertebaran di spesialisasi di bidang teknik lamanya di UTPK I harus dipindahkan ke Depo Swasta dan gudang pelabuhan un- tuk itu. Ditanya soal obligasi, dia tidak menutup kemungki- nan Jasa Marga akan me- luncurkan obligasi tahap berikutnya, namun dia be- lum bisa memastikan kapan obligasi itu dilaksanakan. Dia jelaskan, dana obli- gasi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya da- Maryadi menyatakan, rata-rata pembangunan ja lan tol memakan biaya Rp 10, miliar per kilometer. Dengan demikian, ruas tol lingkar lebaran tol Jakarta-Tange luar Jakarta (25,8 km), pe- rang (23,2 km) dan Tomang Grogol-Pluit-Jembatan Tiga (8,55 km) dengan total pan- jang 57,55 km, maka akan menelan biaya Rp 570,5 mi- liar. M Laba Rp 160 Miliar Direktur Keuangan PT Jasa Marga Sofyan Assauri,SE,MBA yang men- dampingi Maryadi menutur kan pendapatan tol sampat November lalu mencapai Rp 340 miliar. Dia perkirakan sampai 31 Desember lusa pendapatan akan mencapai Rp 377 miliar. Dari pendapatan tersebut, keuntungan yang diperoleh mencapai Rp 160 miliar. Pajak yang dibayar Rp 91,2 miliar, sedangkan dividen untuk tahun buku 1992 se besar Rp 50,2 miliar. Sofyan Jalan tol yang akan di- bangun tersebut adalah memproyeksikan pendapat Lingkar Luar Jakarta seksi an dan laba Jasa Marga Dia menuturkan, sampai $ + E1 sepanjang 25,8 km tahun depan akan mening Desember 1993, dana obli- oleh PT Marga Nurindo kat 15%. (38) rindo kat 15%. (38) lan tol yang ada. Hal ini harus pula diperhitungkan "Jangan sampai obligasi dengan kondisi perusahaan. malah mengganggu kesehat- an perusahaan," katanya. Dana obligasi, menurut dia, akan dimanfaatkan Jasa Singapura, NERACA Vietnam telah meminta arsitek dan perencana kota Singapura Liu Thai Ker mempersiapkan rencana induk (master plan) untuk membangun satu kawasan kota baru seluas 37 hektar Pembangunan ini di kota Hanoi. Kawasan itu diperkirakan akan menelan akan digunakan sebagai sebesar Rp 1 miliar, yang pusat kegiatan interna- dananya berasal dari peru- sional, seperti kedutaan sahaan. Di samping itu, PT asing dan organisasi-organ- Pelabuhan II akan mem- teri Perhubungan dan Men- Dia mengatakan, Dredg. teri Dalam Negeri sebe- ing Center PT Rukindo di narnya milik pelabuhan. (40) kargo. Sebab bisnis kargo adalah lahan bisnis yang tengah berkembang dan mempunyai prospek tinggi. Maka dengan investasi di lahan bisnis ini akan mendekatkan British Air- ways pada tujuan untuk menjadi perusahaan pen- gangkut internasional ferkemuka. Dirut British Airways Wolrd Cargo, Kevin Hut- ton menjelaskan, British Airways World Cargo adalah suatu bisnis global yang walaupun hanya memperoleh pendapatan sekitar 20% di Inggris, namun kapasitasnya me- lingkupi 90% wilayah Ing- gris Raya. Hal ini meru- pakan bagian penting dari ke-suksesan British Air- ways di masa depan-di mana pihaknya akan me- nawarkan pelayanan yang cepat, terpecaya dan ekon- omis. Dan pembangunan terminal baru ini akan memudahkan maskapa- inya untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada tahun-tahun tera- khir mulai terlihat adanya peluncuran beberapa pro- duk borongan baru oleh World Cargo dan perlua- san pada program kuali- tasnya. (33) Meski demikian, Jasa Marga tetap memasukkan jembatan tol Banyuwangi- Gilimanuk ke dalam daftar ruas tol yang terbuka untuk digarap investor. kemarin. Dia mengatakan, antara PT Pelabuhan II dan PT Rukindo sebelumnya men- jadi satu ketika kedua peru- Untuk peti kemas yang terkena pemindahan dari UTPK I, pengangkutannya harus dibiayai pihak pelayaran sebagai pen- gangkut sesuai SK Menteri Perhubungan. Untuk PT Pelabuhan II di atas sahaan itu masih bersatus lahan tersebut akan mem- peningkatan arus lalu-lintas BPP Pengusahaan Pelabuhan). bangun lapangan penimbu- luasan pemas, untuk per: kemas UTPK I (Unit Termi- nal Peti Kemas). diperlukan perluasan lahan Kantor PT Rukindo di Jl. luasan penimbunan peti untuk tempat penimbunan untuk kelancaran komu- PT Pelabuhan II Ir. A. Har- dasarkan SK Bersama Men- sejumlah pejabat dan Bagian Kota Sungai Merah (Red bagai sarana dan fasilitas nikasi pengangkutan pen- bani. duduk Pulau Seribu ke Jakarta pulang-pergi. Liu Thai Ker, direktur dan break water bagi fasili- RSP Architects Planners and tas doking dan pemeliharaan kapal keruk milik PT Ruk- Engineers, mengatakan kepada harian Business indo. Tetapi pembangunan fas- Timer, "Yah, mereka telah ilitas tersebut bukan dari melakukan pendekatan dana perusahaan. Biayanya kepada kami. Dan sekarang berasal dari dana APBN yang saya sedang mengerjakan seluruhnya akan menelan proposal rincinya." Sumber-sumber di Hanoi Harbani. sebesar Rp 3,4 miliar, ucap menyatakan bahwa Liu, mantan Kepala Urban Re- Menurut keterangan diperoleh terteca, anaya di development Authority kawasan Ancol tersebut ber- gapura, telah menemui Sin- Karena masih dalam penilaian Bina Marga, Mar- yadi belum tahu persis bera- pa nilai investasi untuk tol Banyuwangi-Gilimanuk ini. Bhakti; tol Jakarta Harbour Road sepanjang 12 km oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada; tol Ujung Pandang tahap I sepanjang 6,1 km oleh PT Bosowa Marga Nusan- tara; pelebaran tol Jakarta- Cikampek (ruas Cawang Cibitung 24,6 km) kerja sama PT Jasa Marga dan PT Ba- ngun Tjipta Sarana; pelebar- an tol Jakarta-Tangerang (ruas Kebon Jeruk - Tange rang Barat 23,2 km) kerja sama PT Jasa Marga dan PT Adhika Prakarsatama; tol Cikampek-Cirebon (ruas Cirebon-Palimanan 20 km) oleh PT Jasa Marga; dan tol Tomang-Grogol-Pluit-Jem batan Tiga sepanjang 8,55 km oleh Jasa Marga. Arsitek Singapura Siapkan 'Master Plan' Kota Hanoi Pelayanan Diplomatik Kementerian Luar Negeri Vietnam, organisasi yang mengelola pembangunan besar. Menurut catatan Neraca, tol Jakarta Harbour Road (12 km) menelan investasi Rp. 850 miliar dan tol Ujung Pandang (total panjang 10: km) Rp 121 miliar. Perluas- an tol Jakarta-Cikampek (ruas Cawang-Cibitung) Rp 147 miliar. Sedangkan inves- tasi tol Cikampek-Cirebon (total panjang 139,9 km) Rp 1,3 triliun. 120,25 km pada 1994 pem- Menyinggung bangunan jalan bebas ham- batan yang akan dilaksana- kan pada 1994, sebagaimana investasi jalan tol Bina yang telah dijadwalkan tim Marga, dia menyatakan ber- jumlah tujuh proyek. Total panjang jalan tol tersebut 120,25 km. Business Times melapor- kan Liu juga telah meram- pungkan pekerjaan satu master plan kota yang ber- sifat komprehensif untuk Kota Ningbo di Cina. 9 Diyakini, Vietnam akan mengundang investor asing untuk berpartisipasi dalam pembangunan kota itu, sejalan dengan munculnya sekolah internasional dan rumah sakit. Belakangan ini, kantor kedutaan asing, rumah- rumah kediaman diplomat luar negeri dan misi-misi 38 Di samping proyek yang dikerjakan Liu Thai Ker, juga masih ada megaproyek lain- nya yang didukung peru- sahaan Singapura. Satu perusahaan Singapura, An- tara Koh, dan mitranya dari Vietnam merencanakan juan usaha patungan untuk membangun Kota Sungai Merah di Hanoi pada Oktto- ber tahun depan. Berlokasi di antara Sur- gai Merah dan Danau Barat, satu dari banyak danau Vietnam, kota yang direnca nakan itu mendapat dukun- gan kuat dari pihak pert- guasa Vietnam. Antara, satu perusahaan Singapura yang memiliki berbagai pelosok kota Hanoi. sipil, diharapkan akan Kota baru yang akan di- menyediakan sebagian besar sementtara di pihak Vietnam bangun itu akan menyertai biaya yang dibutuhkan mereka. akan memberi kontribusi dalam penyediaan lahan. Demikian dikatakan sumber Business Times, kemarin (28/ 12). River City). Biaya investasi diperkirakan mencapai US$ 260 juta. Jimmy Koh, yang memi- liki Antara Koh Development Pte Ltd, dan Hanoi Housing Development and Invest- ment Co (Vietnam) telah menandatangani persetu- Kota baru itu akan di- bangun di atas lahan hasil reklamasi danau seluas enam hektar. Kota baru int untuk memban yang dijuluki baru di Hanoi yang dijuluki nantinya dilengkapi ber Di kota ini bakal berdiri pendukung. hotel bintang empat. bertingkat 25 dengan 500 kamar, tujuh bangunan kantor dengan ketinggian 15 18 tingkat, satu podium dua tingkat, serta lima bangunan apartemen 25 tingkat. (*/38) COBA GEOSTA: Para pekerja, dibawah pengawasan tenaga ahli dari Jepang, Ken Miyamoto, teng mengujl-coba Geasta-A pada trans-Kalimantan poros selatan ruas Jalan Palangka Raya-Pulau Pis Kalteng, sepanjang 30 Km. Geosta-A adalah bahan kimia untuk stabilitas tanah, khususnya tanah lunak. (Ant)
