Tipe: Koran
Tanggal: 2016-01-15
Halaman: 02
Konten
2 dato Totinomic BI Naikan Batas Maksimum Tarik Tunai ATM JUMAT, 15 JANUARI 2016 AMBON, AE.-Bank Indonesia (BI) akan mewajibkan implementasi teknologi chip dan PIN 6 angka paling lambat 31 Desember 2021 nanti. Tak hanya penggunaan chip, BI juga akan menyesuaikan peningkatan batas maksimum tarik tunai dan transfer untuk kartu ATM atau debit yang menggunakan chip. D eputy Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Andy Setyo Biwado menjelaskan, sebelumnya kewajiban imple- mentasi teknologi chip dan PIN online 6 diigit pada transaksi kartu ATM atau debit paling lambat 31 Desember 2015. Sementara itu, implementasi PIN online 6 digit pada kartu ATM atau debit yang menggunakan teknologi magnetic stripe diperpanjang menjadi paling lambat 30 Juni 2017. "Jadi kartu ATM atau debit sudah menggunakan teknolo- yang gi chip dapat melakukan transfer antar bank, dengan batas maksi- mum hingga Rp 50 juta tiap rek- ening satu hari. Sedangkan untuk batas maksimun tarik tunai meng- gunakan kartu ATM Rp15 juta tiap rekening dalam satu hari. Ini mu- lai berlaku terhitung 31 Desember 2015," jelas Andy. Dikatakan, kebijakan ini meru- pakan bagian dari insentif penggu- naan chip pada kartu ATM/Debit, dengan memberikan keamanan serta kenyamanan dan keleluasaan bagi para nasabah. Berlakunya untuk seluruh jenis kartu ATM. "Pengunaan kartu chip untuk ting- katkan keamanan transaksi dengan menggunakan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK). Sejalan dengan peningkatan ka- manan tersebut," katanya. BI memang perlu menambah kenyaman nasabah dalam bertran- saksi gunakan ATM, melalui pen- ingkatan batas normal transfer dan tarik tunai. Untuk sementara hanya berlaku untuk kartu chip. "Dari BI pusat telah membuat aturan ter- baru dan paling lambat akhir 2021, seluruh kartu ATM/debit harus menggunakan chip," tuturnya. Ditambahkan, kalau batas tarik tunai tidak pernah berubah sejak ditetapkan pada 2008. "Su- dah 8 tahun lalu, sehingga dirasa perlu untuk ganti seiring dengan implementasi penggunaan chip," ujarnya. "Hal ini sudah dipatok dan ini adalah padat karya, tidak lebih dari itu. Maka kami hanya perlu melakukan sama persis," ujar Marwan, Rabu (13/1). tur, Mantan anggota DPR ini mengakui, keputusan dana desa hanya dialokasikan bagi pem- bangunan di bidang infrastruk- menimbulkan sedikit keresahan di berbagai desa. Pasalnya, kebutuhan yang dia- jukan oleh masing-masing desa tidak semerta-merta hanya in- frastruktur saja. Saat ditanyakan alasan BI me- naikan jumlah tarik tunai dan trans- fer, Andy memaparkan, salah satu tujuan dari pemberlakuan tersebut, dikarenakan BI berkeinginan untuk mengurangi penggunaan uang tunai. Makanya, kenaikan batas untuk tarik tunai hanya dise- suaikan dengan inflasi. "Memang terkadang tarif antara bank naik dua kali lipat, namun tarif tunai tidak bisa dinaikan dua kali lipat. Nilai Rp 10 juta emang perlu ditingkatkan, tapi nggak harus dua kali lipat. Kalau untuk transfer oke," paparnya. "Contohnya seperti di Sumbar (Sumatera Barat), ada yang mengajukan untuk men- jadi pusat kebudayaan desa. Di Jawa Barat ada yang mengaju- kan untuk perkebunan. Tapi itu tidak boleh, karena harus dia- Sementara untuk kartu ATM yang tidak menggunakan teknolo- gi chip, maka tetap diberlakukan aturan yang lama. Di mana Rp 10 juta untuk tarik tunai dan Rp 25 juta untuk transfer antar bank. "Jadi memang ada perbedaan dari yang menggunakan chip dan tidak. Penggunaan chip memang lebih aman, jadi wajar lebih tinggi," be- bernya. (IWU) Dana Desa 2016 Hanya untuk Infrastruktur PEDAGANG MUSIMAN Pedagang musiaman buah durian mulai terlihat ramai di kawasan Jln.salmet Riyadi pantai losari kota Ambon, Rabu (13/1) JAKARTA, AE.-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Menurut Marwan, kebijakan (DPDTT) Marwan Jafar men- dana desa 2016 untuk pemban- gatakan, fokus penggunaan gunan infrastruktur karena di- dana desa 2016 sepenuhnya yakini akan berpengaruh pada diarahkan untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat desa. Sebab pembangunan infrastruk- tur tentunya akan memberdaya- kan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) masing-masing desa. infrastruktur. Hal tersebut berdasarkan keputusan Presiden Joko Wido- do dan harus dipatuhi oleh se- mua pihak. Baik itu pembangu- nan irigasi, jalan, fasilitas air bersih dan sejumlah pembangu- nan infrastruktu lain yang ber- tujuan menunjang perkemban- gan desa. "SDM yang diberdayakan dalam pembangunan infrastruk- tur ini nantinya SDM dari desa setempat. Kemudian perleng- kapan yang dibutuhkan seperti semen dan lain-lain, juga akan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di desa. Kecuali kalau di desa setempat tidak ada, baru memanfaatkan sum- ber daya daerah lain," ungkap- nya. lokasikan untuk infrastruktur," ujarnya. Selain memberikan peluang kerja bagi masyarakat desa, pembangunan infrastruktur menurut Marwan juga akan menjadi penunjang perekono- mian masyarakat desa. AIM MJAKARTA, "Dengan memanfaatkan sumber daya daerah dalam pembangunan infrastruk- tur, dana desa akan berpu- tar di desa. Selanjutnya jika infrastruktur lengkap, ke- beradaan lalu lintas dan jasa akan menjadi lebih hidup," ujar Marwan. (gir/jpnn) PENUMPANG Aktiftas calon penumpang saat turun dari salah satu kapal milik PT Pelni di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon. PAD Museum Capai Target Dijelaskan, jumlah kunjungan juga ter- us mengalami kenaikan dari tahun 2013, 2014 dan 2015. "Tercatat, sedikitnya ada 14.888 orang yang mendatangi Museum Siwalima pada tahun 2014. Sedangkan di tahun 2013 hanya 12.931 orang yang berkunjung," jelasnya. to Sementara, jika dibandingkan tahun 2014 jumlah kunjungan sebanyak 14.888 orang, di tahun 2015 jumlah kunjungan AMBON, AE.-Pendapatan Asli Daerah (PAD) Museum Siwalima Maluku ta- hun 2015 lalu naik 10 persen dari tahun sebelumnya, yani Rp23.896.000 menjadi Rp25.300.00, 100 persen tercapai. "Men- ingkatnya jumlah kunjungan, PAD Muse- um Siwalima 100 persen tercapai sebesar Rp25.300.000," ungkap Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku, Jean Easter Saiya kepada koran ini, Kamis, (14/1). 9 AMBON EKSPRES ngh2 dies EKONOMI ausH JAKARTA, AE.-Kamis ini (14/1), kemarin seharusnya men- jadi batas waktu bagi PT Freeport Indonesia (PT FI) untuk menyam- paikan nilai divestasi saham 10,64 persen. Jika belum mengirim juga, Kementerian ESDM melalui Ditjen Minerba sudah menyiapkan surat teguran untuk perusahaan tambang Amerika Serikat (AS) itu. Teguran yang Tidak Sakti Buat Freeport aturan. Jadi, tiap 90 hari proses pengiriman surat teguran akan disampaikan kepada Freeport In- donesia. Itu adalah surat teguran yang kedua. Surat pertama sudah di- layangkan Dirjen Minerba Bam-bo bang Gatot Ariyono pada perten- gahan November 2015. Menurut aturan, setiap 90 hari perusahaan yang belum menyampaikan di- vestasi harus ditegur. "Nggak ada (tambahan waktu), saya beri surat peringatan," ujarnya. Meski demikian, surat terse- but bisa jadi tidak sesakti yang dibayangkan. Bambang men- gakui, tidak ada batas waktu kapan divestasi harus dilakukan dalam Izin trase KA cepat ditandatangani oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan pada Selasa (12/1). Izin keluar setelah semua syarat dipenuhi, termasuk rekomendasi dari pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten yang dil- intasi jalur KA cepat Jakarta-Bandung. Trase sendiri merupakan sumbu jalan berupa garis-garis lurus saling berhubun- gan yang terdapat pada peta topografi suatu muka tanah dalam perencanaan jalan baru. Selain itu, PT KCIC juga telah mem- gajukan permohonan kepada Menhub untuk mendapatkan penetapan sebagai Badan Usaha Penyelenggara Prasarana Jakarta-Bandung JAKARTA, AE.-PT Kereta Api Ce- Perkeretaapian (BUPPP). Dalam penga- PT Kereta Api Ce-Perk pat Indonesia China (PT KCIC) telah juan itu, KCIC telah menyerahkan uang mengantongi izin trase atau rute proyek sekitar Rp 1,1 triliun sebagai modal pen- kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung jamin pembangunan. "Modal ini tidak dari Kementerian Perhubungan (Ke- bisa ditarik lagi," ujarnya. menhub). Hal itu akan ditindaklanjuti dengan proses ground breaking pertama minta agar PT KCIC segera melengkapi yang direncanakan pada 21 Januari 2016. izin pembangunan lainnya. Seperti de- KA cepat nantinya akan memperpendek masa tempuh Jakarta Bandung dari sebe- lumnya 3 jam menjadi 30 menit. Untuk tahap selanjutnya, Jonan me- tail engineering design (DED) dan studi AMDAL dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang men- gizinkan pembangunan di lokasi yang diajukan. Izin trase ini menjadi angin segar bagi PT KCIC sendiri. Dirut PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengaku lega masalah trase sudah clear. "Alhamdulil- lah. Kami juga sudah mengajukan be- berapa usulan perizinan lain ke Kemen- hub," ungkapnya. Izin tersebut termasuk izin pemban- gunan yang hingga kini belum diberikan Kemenhub. Alasannya, AMDAL masih belum rampung. Disinggung soal ini, Hanggoro memastikan semuanya masih berproses. Izin tersebut tercantum dalam kepu- tusan Menhub nomor KP. 25 Tahun 2016 tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat Antara Jakarta dan Bandung Dia mengatakan, AMDAL sedang Lintas Halim-Tegalluar. Trase disetujui didirikan sepanjang 142,3 Km dengan empat stasiun dan satu dipo. Empat stasiun tersebut meliputi Halim (Jakarta), Karawang, Walini (Bandung), dan Tegalluar (Bandung). Sementara, fasilitas operasi berupa dipo berada di Tegalluar, Bandung. "Trase su- dah saya tanda tangan," ungkap Jonan, dikerjakan oleh tim independen. "Tapi sudah on the right track. Kami berusaha memenuhi semua aspek legalitas dan prosedur perizinan," ujarnya. Sementara itu Menteri Perindustrian Dia masih yakin bahwa PT FI segera menyampaikan nilai di- vestasi. Alasannya, informasi yang didapat akhir tahun lalu menyebut perusahaan sedang menga ulasi. Entah berapa lama proses itu ber- langsung. "Tidak ada (batas wak- tu). Kita lihat saja besok (hari ini, Red)," ucapnya. Saat disinggung soal harga ko- moditas tambang yang menurun, Bambang tidak mau berandai- andai lebih jauh. Apakah saat ini merupakan waktu yang tepat un- tuk membeli saham 10,64 persen naik mencapai 32 .414 orang. "Dari jum- 2.414 orang. "Dari ju lah tersebut, jumlah kunjungan meningkat 217,72 persen di tahun 2015," jelasnya. Secara rinci, kata dia, pengunjung di tahun 2015 untuk kunjungan dari masyarakat daerah Maluku mencapai 28.858 orang. Sementara pengunjung luar Maluku 2.239 dan kunjungan Asing 1317, maka total kunjungan ke Museum Siwalima mencapai 32.414. (IWU) ib) itu. Dia memilih menunggu dulu berapa harga yang ditawarkan ke- pada pemerintah. "Iya, mereka menawarkan berapa akan kami lihat," katanya. Hingga kini, Kementerian Keuan- gan belum memastikan apakah Saleh Husin optimistis, dengan adanya tambahan infrastruktur seperti kereta api dan jalan tol bisa memperlancar lalu lin- tas logistik serta menjadi pintu ekspor bagi produk industry. LUTFI HELUT/AMEKS "Dari beberapa kali bertemu dengan investor, mereka punya minat kuat un- tuk membangun pabrik dan ekspansi ke Jawa Barat," ujarnya. Hanya 30 Menit pemerintah mengambil saham itu atau tidak. Namun, Kementerian BUMN sudah memberikan sinyal positif bahwa Antam dan Inalum akan membeli saham tersebut. Jadi, pemerintah nanti punya 20 persen saham PT FI. Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno kembali menga- takan niatannya untuk mengambil alih saham itu. Apalagi, tambang Freeport disebut Rini masih ber- potensi sangat besar. Selain itu, kementerian sudah menggabung- kan kekuatan perusahaan tambang dengan target akhir tahun. "Kalau memang ada di- vestasi, kami siap (mengelola)." katanya. Rini juga sudah punya Tim Komite Konsolidasi BUMN Pertambangan yang bertugas mengoordinasikan, mengkaji, dan merumuskan berbagai langkah bisnis. Nah, Rini ingin tim itu nanti juga menganalisis dan mengevalu- asi. (dim/c15/tia/pda) Jika sebelumnya industri Jabar terkonsentrasi di sebelah barat, seperti Bekasi dan Karawang, kedepan mer- eka akan mengarah ke timur karena in- frastrukturnya sangat mendukung. Apal- agi ada rencana pembangunan bandara Kalijati di Majalengka. "Sarana prasarana itu akan menjadi magnet bagi masuknya investasi asing dan dalam negeri," sebutnya. Kemenperin mencatat saat ini Jabar memiliki 24 kawasan industri dari 74 kawasan serupa di Indonesia. Hasil sur- vei Kemenperin tahun 2013 juga menun- jukkan kawasan industri di Jabar paling banyak dibanding provinsi lain. "Dari sisi luas area, total kawasan industri Jabar mencapai 14,3 ribu hektar alias 39.4 persen dari seluruh kawasan industri di Indonesia yang seluas 36,3 ribu hektar," tambahnya. Masuknya investasi di Jabar juga di- harapkan meningkatkan lapangan kerja. Hingga 2014, terdapat beberapa industri besar sedang di provinsi ini antara lain industri makanan 1.037 perusahaan, tek- stil 851 perusahaan, pakaian jadi 740 perusahaan, industri kulit dan alas kaki 205 perusahaan dan karet - plastik 390 perusahaan. "Kami dorong perbanyak in- dustri hulu," jelasnya. Kemenperin juga mengembangkan industri di Jabar melalui restrukturi- sasi mesin untuk tekstil, produk tek- stil dan alas kaki, dan pengembangan IKM. Selain itu, menyusun master plan pengembangan wilayah Jabar bagian timur, termasuk di dalamnya wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), Sumedang dan Ciamis. (mia/wir/agm) F
