Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1991-04-21
Halaman: 11

Konten


PRIL 1991 MINGGU, 21 APRIL 1991 aan g ada di yangkut kontak at saja. Redaksi Dembibit melaku- gan vak- ara vak- gan SB1. ektif un- kganas. embibit melaku- n meng- ke dua a hanya satu da- n yang tentu g dike- satu ga- an ter- ang ga- gingat ek apa ta. Ma- baik- elihara it yang ebagai kita bit, a- um se- peter- ngkin ang a- benar ng su- ra di- umbu mtung erupa ai ka- angga al ke i ga- gan, zat -5% mba- atan cana ber- diaan s me- Ke- S-iles ini kse- ang- erdu- ntik- njol, ban- Se- gkai asar, h le- ke- dan edap su- agai ela- i pa- ula- pas, cuci galir Ha- se- atau ain- Files- citra ka- odi- man ada ndo- pik pel- Je- ura, yak US $ "R Ruang Psikologi Diasuh Psikolog Drs. Darmasutapa uang Psikologi" terbuka untuk siapa sa- ja yang mempunyai masalah pribadi, keluarga dan hal-hal lain yang perlu dikonsul Cinta tasikan. Permasalahan Anda kirim ke Redaksi Bali Post Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232 sertai "KUPON PSIKOLOGI BAli POST" kepada Orang yang sudah Berkeluarga SAYA akhir-akhir ini sangat khawatir, sedih, pu- tus asa gara-gara karena anak saya jatuh cinta kepada seorang lelaki yang sudah punya anak dan masih berstatus beristeri. Saya sangat tidak rela terhadap kejadian itu, apa lagi anak saya masih kuliah sedang- kan lelaki itu tidak jelas status pendidikannya demiki- an pula kemampuan tentang pekerjaannya. Pertanyaan saya mungkinkah anak saya betu-betul akan dinikahi oleh lelaki itu ataukah hanya untuk sekadar sebagai ban serep untuk senang-senang saja? Pertanyaan saya yang kedua gerangan apakah dan ilmu apakah yang dimiliki oleh lelaki itu sehingga menyebabkan anak saya cinta kepadanya dan sukar dibelokkan? Dapat bahagiakah anak putri kami nanti seandai- nya perkawinan itu tidak bisa saya gagalkan? Mohon tanggapan, pandangan dan nasihat terha- dap pemecahan masalah yang saya hadapi ini, dan bagaimana saya seharusnya bertindak? Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak dan dijawabnya pertanyaan- pertanyaan saya itu. Kokaino, Denpasar Pepatah tentang cinta cukup banyak dike- mukakan oleh pengamat maupun pelaku cinta, antara lain: "Apabila orang yang kita cintai tidak berada di samping kita, maka kita bisa jatuh cinta kepada orang yang berada di sekitar kita. Cinta itu datangnya dari mata turun ke hati. Cinta pertama itu sukar dilupakan. Cinta itu buta. Akar cinta itu identik dengan birahi. Cinta pertama itu aneh, baru melihat saja sudah merasa puas. Dalam bercinta laki atau wanita selalu minta bukti, dan kadang kala cinta itu harus dibuktikan dengan harga yang sangat ma- hal. Sedangkan terhadap perilaku seksual orang sering memberikan perumpamaan seperti ku- cing dengan ikan asin. Seperti anjing meskipun di rumah sudah kenyang kalau ada yang mem- beri makan ia mau makan juga. Pepatah dan perumpamaan di atas tentu saja hanya berlaku pada orang-orang yang iman ser- ta' kepercayaan terhadap agama serta ikatan terhadap keluarganya tipis atau renggang. O- rang yang keimanan terhadap agama serta hu- bungan terhadap keluarganya kuat, maka se- tiap jengkal ia berjalan sesaat itu juga ia selalu ingat agama dan keluarganya, serta ingat akibat perbuatan-perbuatan yang dilakukannya. Ia ti- dak akan mau asal hidup saja. Sesuai dengan uraian tersebut di atas, kalau boleh saya balik bertanya kepada Saudara Ko- kaino bagaimanakah pola hidup keagamaan dan pola keakraban dalam rumah tangga Anda? Kalau Saudara Kokaino dalam setiap harinya bisa hidup rukun dan akrab dengan anak dan isteri, kemungkinan besar semua anak akan menteladani hidup yang Saudara ajarkan bersa- ma Sang Isteri. Biasanya anak perempuan dari keluarga yang harmonis, ia selalu mengidentifi- kasi tingkahlaku aku ibunya agar ia dapat ber- peran sebagai wanita atau calon ibu yang baik dan selalu taat kepada kedua orang tuanya. Te- tapi bila hubungan Saudara dengan Sang Isteri kurang harmonis, bisa saja Sang Anak mengam- bil model hidup yang dianggap lebih menenter- amkan hatinya seperti misalnya ia memilih ca- lon suami yang lebih tua, yang bukan sebagai boss, tetapi yang setia dan bisa melayani kese- nangannya, dalam hal ini bisa sang wanita su- dah cukup kuat ekonominya dan sudah tidak membutuhkan lagi perlindungan dalam segi materi. Tentu saja cowok yang dipilih bukan cowok yang sudah berkeluarga. Sebab kalau dia memilih cowok yang sudah beranak dan beris- teri harapan untuk bermanja-manja tidak akan terlaksana. Menjawab pertanyaan Saudara Kakaino yang pertama tentang keadaan hubungan anak Anda dengan lelaki yang sudah berkeluarga itu apa- kah anak Anda akan dinikahi betul-betul atau- kah hanya digunakan sekadar sebagai ban serep saja, saya sangat sukar untuk menjawabnya, se- bab keadaan tersebut sangat ditentukan oleh beberapa hal, antara lain: (1). Bagaimana wiba- wa Saudara Kakaino terhadap anak putri Anda i sendiri. (2). Bagaimana status rumah tangga si lelaki yang digandrungi oleh putri Anda. (3). Bagaimana perkembangan mental putri Anda sendiri setelah masalah itu terbuka oleh umum. Jika Saudara Kokaino sebagai kepala keluar- ga yang berwibawa, maka dengan kearifan dan pola tingkahlaku yang bijak, maka Anda akan mampu menundukkan kehendak putri Anda tanpa dengan paksaan maupun kekerasan. Seo- rang ayah yang arif dan bijak, tidak akan mera- sa malu dan susah seandainya anaknya tidak mau mengikuti pendiriannya, namun demikian seorang ayah yang arif dan bijak pasti tidak segan-segan memberi petunjuk dan peringatan serta contoh-contoh perikehidupan yang dirid- hoi oleh Tuhan maupun perikehidupan yang sa- ngat didambakan oleh orang banyak. Pertim bangan pantas, seimbang, benar, baik, menda- pat pahala, wajib dilakukan, itu semuanya me- rupakan pedoman untuk bertindak bagi orang- orang yang menjunjung tinggi martabat manu- sia ideal. Seharusnya Saudara Kokaino setiap saat kalau ada kesempatan misalnya waktu ma- kan bersama, waktu sembahyang bersama, dan juga dalam bekerja bersama-sama dengan anak harapan ideal seperti tersebut di atas sebaiknya selalu dikemukakan kepada Sang Anak. Norma ideal tadi perlu dimasukkan ke hati nurani anak melalui suatu proses dalam artian tidak menda- dak tetapi secara pelan-pelan. Apabila norma ideal diberikan secara paksa, aya- dan -bu- ba- te- dus- se- ang han Cek- ele- um- am uwi se- bar ng- da- ара kan nis ba- bi- ang er- jal ke- sar bi- ubi de- ng. vut awi zan an- ri saya: Kupon Psikologi Bali Post nya. Bali Post Agama: Hati Nurani, Kitab Suci dan Situasi Ayu dan Agus saat itu berada di suatu tempat yang memungkinkan mereka berbuat apa saja. Agus merayu gadisnya dan Ayu hampir terlena. Na- mun hati Ayu semakin gelisah. Ia merasa tidak sreg. Ia teringat akan sebuah nasihat, bahwa tidak dibe- narkan melayani laki-laki sebelum pernikahan yang sah. Meskipun ia menyadari kekecewan kekasihnya, namun "kecelakaan" itu harus dihindarinya. Dari ilustrasi tersebut seti daknya kita melihat tiga hal: si- tuasi yang dihadapkan pada Ayu, hati nurani yang dimiliki- nya dan norma-norma yang di- ingatnya. Ketiganya sebenar- nya merupakan faktor-faktor u- tama dalam agama. Ayu dalam disebut sebagai orang yang ber- keadaannya yang sedemikian agama. Dalam tulisan ini kita a- kan melihat secara sederhana bagaimana faktor-faktor terse- but bekerja dalam diri manusia. dan justru harus bisa member- ikan penerangan, pengertian dan pegangan pada umatnya." Pemimpin agama adalah o- rang yang mengenal dgn baik ki tab Sucinya. Kita memerlukan para pemimpin agama, tetapi yang lebih kita perlukan adalah dalam Kitab Suci. Dan manusia ajaran-ajaran yang terkandung keagamaannya akan mandiri yang dewasa dalam kehidupan dalam penyelidikannya terha- dap Kitab Suci untuk memaha. mi kehendak Allah yang sebe bagi umat manusia. narnya bagi dirinya pribadi dan dak memerlukan siapun pun Pada situasi tertentu kita ti- Dalam contoh kasus tadi hati norma yang diajarkannya kepa da kita terasa benar pengaruh- kan meskipun hanya merupa nya dalam kehidupan kita. Bah- kan bagian kecil, norma-norma tersebut tetap "hidup" pada - agama sekalipun. Manidak ada, rang yang mengaku tidak ber- sepenuhnya sekuler tidak ada, dan tidak pernah akan ada. Seperti pada kasus Ayu di atas. Ia harus mengambil keputusan dan tidak mungkin mencari na- sihat seseorang terlebih dahulu. terus Karena kehendak bebas yang dimilikinya Ayu bisa juga mengambil keputusan yang ber- tentangan dengan hati nurani- dari pada menolaknya. Namun nya. Misalnya ia memilih untuk melayani kemauan kekasihnya hati nuraninya akan mengejarnya, menghakiminya. Lalu seandainya ia hamil kare- na perbuatannya itu dan Agus tidak mau menikahinya, maka semakin rumitlah situasi yang tidak tahu apa yang harus diper- dihadapinya. Pada saatnya ia a- kan tiba pada keadaan bingung, buatnya. Halaman 7 Cinta Flora, Cinta Fauna Kantong Semar sebagai Tanaman Hias warna kantong yang indah membuat tanaman ini enak di- pandang dan mengundang sele- ra untuk mendekatinya. Ini bu- kan saja bagi serangga tapi juga bagi manusia yang punya naluri keindahan. Apalagi antara daun dan kantong terdapat sa- lur yang bentuknya juga mena- rik. Besarnya kantong bervariasi, bergantung dari jenisnya. Pada jenis Nepenthes rajah panjang kantongnya mencapai 12 cm de- ngan luas permukaan 30 cm. De- ngan demikian volume cairan juga bervariasi bergantung pa- da panjang dan luas permu- kaannya. Street dan Opik (1970) men- catat, pada jenis Nepenthes am- pullaria produksi misalnya setelah anak berbuat salah yaitu leng- ket dengan orang yang berkeluarga si orang tua baru memperingatkan dan memberi petunjuk, maka sudah wajarlah kalau si anak memprotes dan melawannya. Sebab norma yang baik tadi belum menjadi bagian dari dalam diri putri An- da. Langkah yang baik untuk menggagalkan perkawinan putri Anda. Saudara harus bisa ber- buat sabar, merangkul dan berbuat lebih baik lagi dari pada biasanya kepada putri Anda. Ini semuanya dimaksudkan agar putri Anda tidak ngabur dari rumah menyelinap mencari perlin- dungan kepada lelaki yang sudah menjadi idola- Status rumahtangga si lelaki yang digandru- ngi putri Anda ikut menentukan jadi tidaknya proses perkawinan anak Anda. Sekarang kan sudah ada undang-undang perkawinan yang me- nyatakan bahwa seorang suami bisa kawin lagi isteri lelaki tadi tidak mau menandatangani pernyataan sanggup di madu, maka akan batal- lah perkawinan anak Anda tadi dengan lelaki yang sudah bersiteri tadi. Kecuali kalau ada ma- salah lain, seperti misalnya anak Anda telah hamil, dan hamilnya hanya dengan lelaki itu dan lelaki itu pun mengakuinya, kemungkinan besar perkawinan bisa terlaksana melalui pro- ses pengadilan. Perkawinan semacam ini jelas tidak akan baik, sebab yang mendasari bukan alasan cinta tetapi lebih banyak karena alasan biologis, sehingga sewaktu-waktu akan dan mu- dah goyah apabila alasan biologis sudah tidak ada lagi. Perkembangan mental putri Anda juga ikut memberi andil terlaksana tidaknya perkawinan yang sudah ia rencanakan. Hal ini bisa dipahami buatan individual adalah baik lah, maka norma-norma yang hat bangsa ini berhadapan de- Kantong Semar. Keistimewaan an, namun dalam keadaan yang merika dan Eropa oleh para pe- asal sang isteri menyetujuinya. Untuk ini bila si bungan dengan Tuhan, lang. dan memberikan respon positif, toh yang paling aktual terlihat liki "kekuatan" berupa enzim kor serangga tergelincir dan ja- di dataran tinggi maupun datar- bahwa soal mental seseorang itu ada kaitannya dengan kondisi, situasi, kesempatan dan sejum- lah harapan yang ada pada diri orang yang ber- sangkutan. Cinta bisa bersifat situasional, arti- nya selama putri Anda hanya lengket dengan seseorang maka kemungkinan besar ia sukar melepaskan ikatannya dengan seseorang terse- but. Tetapi jika dalam proses menunggu yang nota bene menunggunya tadi merupakan situasi dan kondisi yang Anda ciptakan, maka putri Anda meskipun hanya sejenak pasti akan berpi- kir dan kena pengaruh terhadap rangsangan yang Anda ciptakan. Apabila rangsangan ini benar-benar bisa mengenai sasaran yang Anda harapkan maka putri Anda akan sadar dengan sendirinya sehingga ia akan rela melepas calon suaminya yang sudah beristeri dan beranak ta- di. Pada umumnya orang tidak ingin hidup su- sah, kecuali bagi mereka yang sudah terpaksa dan tidak ada jalan lain kecuali harus memilih hanya satu yaitu harus menikah karena sudah hamil. Bila putri Anda tidak hamil saya kira ia masih bisa disadarkan melalui berbagai cara. Seperti misalnya kapan Kartini Kartini kita bisa maju dan mencapai emansipasinya jika masih ada wanita yang mau di madu, mau merebut suami orang dan lain sebagainya. Mudah- mudahan putri Anda mentalnya masih bisa ber- kembang ke arah yang lebih positif, sehingga ia mampu menggunakan nalarnya untuk memilih jalan yang pantas, layak, baik dan benar serta mendatangkan kesejahteraan serta kedamaian di dalam keluarga Anda maupun dalam keluar- ga yang ia dambakan. Mungkinkah anak saya hanya akan dijadikan ban serep atau untuk senang-senang saja? Ja- wabnya bisa mungkin, bisa tidak. Kalau ia dini- kah jelas tidak akan menjadi ban serep, tetapi yang jelas akan lebih menderita hidupnya. Apa sebab? Kalau si laki-laki tadi menikahi putri Anda hanya untuk mencari kesenangan jasmani karena putri Anda lebih muda dari isterinya yang sudah punya anak, maka tubuh putri Anda pun nantinya setelah punya anak nasibnya juga akan sama, yaitu menjadi rusak dan akan diting- galkan juga. Dan akan lebih sengsara lagi apabi la si lelaki itu kembali ke isteri pertamanya yang anak-anaknya relatif lebih besar, karena musuh putri Anda makin banyak. Sehingga bisa disimpulkan menjadi isteri dari seorang laki- laki yang sudah punya anak dan isteri rasanya tidak ada enaknya. Apa lagi pekerjaan dan sta- tus lelaki tidak jelas, bisa-bisa putri Anda ibarat menjadi sapi perah hanya akan dipelihara sela- ma masih memberikan keuntungan saja. Gerangan apakah dan ilmu apakah yang dimi- liki oleh lelaki itu sehingga menyebabkan anak saya lengket dan sukar dibelokkan dari lelaki itu? Jawabnya mudah, yaitu karena putri Anda sudah terlanjur lengket. Ilmu yang dimiliki oleh lelaki itu adalah ilmu usil," glidik" dan tidak tahu malu. Sedangkan putri Anda yang diketa- hui hanya baru satu itu saja. Makanya disaran- kan sebaiknya sedemikian anak putri itu meng- injak masa remaja idealnya jangan hanya disu- ruh tekun untuk belajar dan dimanja-manja un- tuk bersolek, tetapi ia harus dibimbing untuk bergaul dan berkawan dalam suatu kegiatan masyarakat, sekaligus sambil menanamkan mo- ral dan norma ideal sesuai harapan agama mau- pun masyarakat. Bahagiakah anak putri saya nanti seandainya perkawinan itu tidak bisa saya gagalkan? Ja. wabnya tidak akan bahagia. Sebab bahagia yang ideal keluarga itu harus utuh. Sedangkan menantu Anda telah punya anak dan isteri. Ma- na mungkin keluarga yang disusun putri Anda bisa utuh. Setiap saat rumahtangga putri Anda akan diwarnai oleh iri, curiga dan tidak puas, karena suaminya tidak mungkin bisa berlaku adil, sebab selalu ingat ke isteri dan anak- anaknya yang dahulu, setidak-tidaknya pikiran- nya dicabang-cabang. Saudara Kokaino itulah sekadar pandangan saya terhadap kemungkinan keadaan rumah tangga putri Anda seandainya putri Anda benar-benar akan menikah dengan lelaki yang sudah berumahtangga. Saran saya kalau tidak terpaksa sebaiknya Anda jangan menyetujui perkawinan putri Anda dengan lelaki tersebut. Mahkota Rambut Merah karena Berenang? JIKA Anda menghadapi problem penataan rambut dan kesehatan ram- but, kirim data rambut Anda serta problem Anda kepada Redaksi Bali Post Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232. SAYA wanita berusia 23 tahun su- Nama: Mira, Muka: Lonjong ku- dah bekerja. Saya mempunyai rus, Tinggi badan: 163 cm. Jenis problem mengenai rambut, yang rambut: kering, berombak sangat Hati Nurani Hati nurani kita tempatkan pada urutan pertama. Ia sering disebut suara Tuhan, karena melaluinya Tuhan "berbicara" kepada manusia. Melaluinya manusia menghayati kehadiran Allah di dalam hatinya. Orang Kristen menyebut "hati" seba- gai "Bait Allah". Golongan ke- batinan mengatakannya seba- gai jalan untuk dapat berhu- sung tanpa perantara. Dr. Ham- ka pernah menulis, bahwa me- renung di alam rasa, hidup kero- hanian, hidup kebatinan atau tasauf merupakan salah satu ca- ra untuk mencari Yang Ada. Swami Vivekananda juga telah mengatakan: "Beliau yang sela- lu dikejar-kejar di sebelah luar, maka akhirnya dapat ditemu- kan bahwa, Beliau itu adalah Sang Hati dari hati manusia." beri batasan hati nurani begini: keputusan praktis akal budi yang mengatakan suatu per- Dr. W. Poespoprodjo mem- tu perbuatan buruk maka harus dan harus dikerjakan atau sua- dihindari (Filsafat Moral, hal. 230). Di dalamnya tercakup, de- sebagai kemampuan yang mem- mikian Poespoprodjo, intelek bentuk keputusan keputusan tentang perbuatan perbuatan individual yang benar dan sa- lah, proses pemikiran yang di- tempuh, dan keputusan yang merupakan kesimpulan proses pemikiran ini. Situasi Dr. Soedjatmoko pernah mengatakan, "Masyarakat saat ini menghadapi dilema moral dalam berbagai aspek kehidu- pannya. Dalam kebingungan, mereka kemudian berpaling kembali pada agama masing- masing. Karena itu pemimpin a- gama tidak bisa lepas tangan Ayu digelisahkan oleh perasaan tidak enak. Ini merupakan pe- kerjaan Allah di luar kesadaran manusia, tetapi yang manusia harus menanggapinya. Ayu ter- nyata mau memperhatikannya menurut. Untuk perbuatan perbuatan yang akan datang ha- ti nurani menjadi penuntun a- tau pendorong untuk mengerja- kan atau menghindarinya, seba- Liknya untuk perbuatan per- kan hakim, sumber pembenar- buatan yang telah lalu merupa an diri atau sumber rasa sesal. Kitab Suci Ayu memerlukan norma- norma untuk menolong dirinya. Kita semua membutuhkan pula norma-norma. Oleh karena Ki- tab Suci merupakan wahyu Al- bersumber padanya adalah norma-norma tertinggi. Manu- sia berbuat benar apabila ia me- lakukan apa yang Tuhan perin- tahkan. keabadian. Walaupun sepan- Kitab Suci memiliki dimensi jang sejarahnya sering meng- alami diselewengkan, diragu- kan, direndahkan, bahkan di sangkal, namun tetap mapan teks tidak dapat ditundukkan o- kedudukannya. "Keabadian leh hukum-hukum ilmu dan tek- nologi yang selalu berubah," ka- ta Abdurrahman Wahid beber- apa waktu lalu. Kita tidak pernah mengeta- hui dengan pasti bagaimana pa- ra pesuruh Allah menerima wa- hyu. Kita juga tidak pernah me- lihat Kitab Suci dalam bentuk- nya yang asli. Namun norma- Obsesi Kartini : cairannya mencapai satu liter. Cairan tsb umumnya tak berwarna dan tak berbau dan tidak mudah meng- uap. Zat-zat yang ada didalam- Salah satu jenis tanaman Kantong Semar yang dikembangkan sebagai nya antara lain kalium, na- tanaman hias di Amerika. Nenek moyangnya berasal dari Kalimantan. trium, magnesium, kalsium, khlor dan enzim pencerna pro- Didunikalian. Sekalipun uk mencari mangsa, yakni se- memang ada sa- Untuk apalagi kalau un- tein yang dalam waktu 48 jam Kantong Semar terkenal memi- rangga jenis lain. Jika ada see- mampu melumatkan serangga. Kantong Semar dapat hidup yang mampu membunuh dan tuh ke dalam kantong tanaman an rendah, di daerah pegunung- melumatkan berbagai jenis se- maka si Laba-laba bisa langsung an hingga rawa-rawa. Masih se- melahapnya. Namun sering ter- dikit sekali informasi yang bisa tong lebih dahulu melumatkan ini di negara kita kendatipun In- buru enzim dalam cairan kan- kita peroleh tentang tanaman dan menyerap sari-sari tubuh donesia termasuk pusat pe- Walau demikian masih ada neliti yakin di pegunungan Ki- serangga yang jatuh tersebut. nyebarannya. Namun para pe- bagian-bagian tubuh serangga nibalu (Kalimantan) dari kaki yang keras yang tidak tercerna hingga puncaknya berketinggi- oleh kantong, maka ini akan an sekitar 4.500 meter terdapat menjadi bagian si Laba-laba. berjenis-jenis Kantong Semar. Karena itu dalam kondisi ter- Dari bejenis-jenis tanaman tentu antara Kantong Semar de- yang terdapat di Kalimantan, dengan mendapatkan makan- kini telah banyak dibawa ke A- ngan Laba-laba bisa bersaing Sulawesi dan Sumatra tersebut lain keduanya bisa hidup secara neliti maupun wisatawan. Meli- simbiose, yaitu simbiose mutua- hat keindahan dan keunikan- Sebab, tanpa Laba-laba terse- merika maupun Eropa yang ter- lisme, saling menguntungkan. nya, lantas banyak orang di A- but, kantong dari Kantong Se- tarik membudidayakannya se- kerangka-kerangka serangga penuh dengan bagai tanaman hias. membedakan antara kehendak Ada kalanya kita tidak bisa Allah yang sesungguhnya de- ngan sesuatu yang kita anggap sebagai kehendak Allah. Con- pada bangsa Israel. Kitab Suci mereka mengatakan bahwa Kanaan atua Palestina adalah tanah yang dijanjikan Allah bangga, namun ada jenis serang gi mereka. Tetapi mereka harus menghadapi kenyataan bahwa nyai hak atas tanah ini dan ke- bangsa Palestina pun mempu- pula bahwa ma- syarakat dunia mendukung per- juangan bangsa yang belum mempunyai tanah air ini. Jika dewasa ini kita melihat kene- katan bangsa Yahudi dalam me- realisasi cita-cita Zionisme me- reka, kelak kita pun akan meli- ngan situasi yang paling sukar dipecahkan. nyataan Allah nampaknya membiarkan manusia memilih selalu jalannya sendiri. Mereka ada yang dengan sengaja melanggar norma-norma yang diajarkan Kitab Suci, ada yang mengatas- namakan Allah dalam tindakan- nya yang sebenarnya tidak se- suai dengan hukum Allah akan menghadapkan si- Nya. Akan tetapi, pada saatnya tuasi untuk "memaksa" manu- sia memeriksa keyakinannya dan pada akhirnya menemukan kebenaran yang sesungguhnya. cun tersebut, sehingga serangga ga yang mampu menangkis ra- tersebut termasuk perkecuali saktian" yang dapat menghin. an. Mereka mempunyai "ke- darkan diri dari bahaya maut tatkala berada dalam perang kap Kantong Semar. miliki konstruksi lapisan badan Jenis serangga tersebut me- yang khusus, yang terdiri atas gup menolak serangan enzim zat-zat "anti enzim" yang sang- ini dimiliki oleh beberapa jenis Laba-laba. Mereka adalah Me- nops thenemannii, Thomisus ne- sumenops nepenticola, Mesume- penthephilus dan Thomisus calli- dus). Masing-masing bisa dite- mui pada kantong jenis Nepen- thes tertentu. Dengan "kesaktian" yang di- miliki ia bukan saja dapat bebas hukum dari perangkap Kantong Semar, lah sengaja masuk dan tinggal bahkan Laba-laba tertentu ma- Kitab Suci tetap memiliki di- mensi keabadian. Cara kita me- nafsirkannya yang harus kita sesuaikan dengan perkembang- an intelektual manusia. B. Kasmanto. Poligami hingga Emansipasi Anda boleh jadi beliau me lelehkan air mata, tetapi dalam perasaan yang mendua. Pada satu pihak, beliau akan bangga bercampur haru me- nyaksikan perwujudan citanya, yang diwakili oleh kaum wanita kota dan pedesa- an. Mereka adalah kaum Hawa yang tanpa konfrontasi dapat meraih sukses hidup, setaraf de- ngan laki-laki di lingkungan nya. Jabatan atau pekerjaan yang dipegang sama dengan laki-laki. Di antaranya: Menter- i, polisi, KOWAL, KOWAD, dok ter, guru/pegawai, wanita karir. Juga para buruh perlu disebut- kan asal berjiwa mandiri (tanpa semangat budak). Tangan Ibu Kartini pasti bermekaran dan penuh kehangatan menyalami mereka. mar akan dan ini bisa mengganggu kerja dari kantong pembunuh terse- but. Sebagai Tanaman Hias di dalam kantong. Untuk apa? Bentuknya yang menarik serta Resep Masakan Minggu Ini TOMAT ISI DAGING CACAH Bahan: Delapan buah tomat, tiga ons daging sapi cacah, tiga butir te- lur, satu buah bawang bombay, diiris halus, tiga sendok makan saos tomat, bawang merah, me- sejak saya masa kanak-kanak, ketika kata "emansipasi" belum ada bunyinya, belum ada arti nya bagi telinga saya, dan tulis- an serta karangan mengenai hal orangtua yang rapat pekat. Po- itu jauh dari jangkauan saya, itu ke luar rumah, termasuk tak yaitu keinginan akan kebebas koknya, adalah tabu luar biasa timbul dalam diri saya keingin bagi kaum wanita pada waktu an yang makin lama makin kuat dibolehkan mengenyam pendi- an, kemerdekaan, berdiri sendi- dikan tinggi seperti laki-laki. ri. Keadaan yang berlangsung Kaum wanita hanya disiapkan di sekeliling saya, yang mema- untuk kawin, mempunyai anak, tahkan hati saya dan membuat membahagiakan suami, dan.... saya menangis karena sedih mati. Alasan itu pulalah yang yang tak terhingga, memba- dapat menetralisasi segala pra- ngun kembali keinginan ini. sangka kaumnya yang sudah Dan suara yang datang terus- muncul berupa umpatan dan fit- nahan. ndaikan Kartini masih hi- bergantung pada orang lain, a- Demikian bunyi suratnya kepa gar,.... agar tidak harus kawin." da Nona E.H. Zeehandelaar, ter- tanggal 29 Mei 1899. Kendatipun kemudian Karti- cita- ni jatuh juga ke dalam pelukan Sang Bupati Rembang, R.M. Djojo Hadiningrat, yang telah berputera banyak (berarti juga terperangkap poligami), beliau mempunyai alasan tersendiri untuk mau kawin, yaitu, alasan strategis, bukan materialis se- perti kebanyakan wanita lain pada zamannya. Alasan Kartini adalah dengan mau kawin de- ngan Sang Bupati, itu berarti "kebebasan"-nya sebagai isteri akan lebih terbuka di depan u- mum, bersama suami, dalam Adalah menarik menyimak rangka menyelenggarakan pen- surat Kartini yang disampaikan didikan bagi kaumnya. Kartini kepada teman akrabnya di Be- benar. Hanya ketika ada di landa yaitu Nona E.H. Zeehan- Rembang, beliau dapat mewu- delaar menyangkut judkan cita-citanya, yaitu men- "emansipasi" itu. Kutipannya dirikan sekolah putri atas du- sbb: "Bukan hanya suara dari kungan suaminya, yang sebe- luar saja, dari Eropa yang ber- lumnya sama sekali tertutup. adab dan hidup kembali itu Selama masa lajang di Jepara, yang datang masuk ke dalam beliau sepenuhnya berada da- hati saya, yang membuat saya lam "sangkar" dengan borgol a- menginginkan dat yang ketat dan pengawasan keadaan yang sekarang. Sudah perubahan Akan tetapi, pada pihak lain, beliau akan melelehkan air ma- ta kesedihan, manakala me- nyaksikan sebagian kaumnya kini, banyak yang doyan seba- gai "kupu-kupu malam", muci- kari, penipu atau perampok; menjadi "gadis panggilan", pela- ku samen leven alias 'kumpul ke- bo;, pembuang bayi dalam kar- dus atau tong sampah, comber- an, WC, bahkan ada kaum wa- nita yang sampai hati dikabar- kan mencincang bayi oroknya, hasil hubungan pranikah atau di luar nikah. Untuk kaumnya ini, dapat dipastikan beliau a- kan marah bukan kepalang ber- campur sedih tak ketulungan. Bukan salaman yang akan be- liau berikan, justru umpatan yang dihamburkannya, karena dianggap merendahkan marta- bat wanita di hadapan laki-laki. Lebih marah lagi, jika "serong" itu dilakukan oleh kaum istri -- apalagi dengan dalih emansipa- si - karena menurut Kartini bahwa kebahagiaan tertinggi wanita terletak pada kemam- puannya dalam menyelaraskan diri dengan suaminya. Mungkin, polarisasi hidup kaum wanita tersebut, yang kini terus geser-menggeser, dise- babkan oleh ketidaktahuan ter- hadap cita-cita Kartini yang se- benarnya. Mereka pada umum- nya hanya latah menyebutkan bahwa segala tingkah yang di- lakukan dalam mempersama- kan diri dengan laki-laki adalah "emansipasi". Termasuk "kebebasan seks"-pun diberi cap "emansipasi", padahal itu diku- tuk habis-habisan oleh Kartini. Rahasia umum pemakai kamus hidup di luar Kartini itu sering banyak dan muka yang lonjong ku- terdengar gumamnya kendati rus dan bodi saya kecil. Apakah samar-samar: "Ah, suamiku 'se- rambut saya yang kurang banyak rong'. Demi 'emansipasi', aku a- ada hubungan dengan keturunan kan balas 'serong' juga. Apa bedanya?" dari kriting rambut? Bagaimana ca- ra mengatasi dan merawatnya. 3. Model apa yang cocok untuk saya dengan rambut yang kurang saya tidak mengerti mengapa ujung besar. Sebagai pertimbangan saya dari bapak yang rambutnya tebal, rambut samping kiri dan kanan se- lampirkan sebuah pas foto. Prob. dari Ibu yang rambutnya kurang lalu melengkung. Padahal antara lem yang saya tanyakan : banyak. nyak) memang termasuk salah Perihal poligami (kawin ba- anggap kesewenangan kaum laki-laki, termasuk orangtua, terhadap kaum wanita. Oleh se- dua hingga tiga bulan saya me- 1. Mengapa rambut saya tetap me- 4. Untuk menutupi rambut merah satu obsesi Kartini. Poligami di- mangkas rambut. Juga saya kriting lengkung padahal saya sering me- dan bercabang bisakah dibantu de- rambut± enam bulan sekali. Ram- mangkas rambut. Bagaimana cara ngan semir (cat) rambut hitam. A- but saya melengkung sejak usia 14 mengatasinya. pakah ada efek sampingan apabila bab tu, Kartini amat menent- tahun. Saat ini ujung-ujung rambut 2. Saya senang berenang di laut pa- rambut saya dicat/disemir. saya merah, bercabang dan kering. da siang hari. Apakah bisa rambut 5. Mungkin rambut saya merah dan angnya, dengan mengatakan: Berikut ini saya sampaikan data di- saya menjadi merah, bercabang bercabang ada hubungan dengan "saya ingin bebas agar saya bo- dan kering ataupun mungkin efek (Bersambung ke Hal 11 kol 2) leh, dapat berdiri sendiri, tidak 16, емеша si Kartini bermuara pada obsesi Dapat dikatakan, semua obse- utama, yaitu: "Emansipasi". Termasuk poligami pun sesung- guhnya dalam rangka mensuk- seskan "emansipasi". yang Pembiakan tanaman ini bisa dilakukan dengan stek (potong- an tangkai) atau dengan pena- naman biji. Setiap buah yang berbentuk kapsul itu terdapat 100-500 biji. Setelah 2-4 minggu biji disemaikan biasanya tunas akan tumbuh dan pada umur sa- tu bulan sudah bisa dipindah ke pot. Kini di negara-negara Barat sudah banyak usaha menyilang- rica, pala, mentega, tepung mai- kan Kantong Semar ini, sedang- zena 1 sendok makan. Cara Membuatnya: kan di negara kita belum ada sama sekali, bahkan membudi- dayakan saja belum lazim. Pada hal Kantong Semar banyak di- antaranya yang berasal dari In- donesia. Bawang merah, merica dan pala ditumbuk halus, kemudian ditumis dengan bawang bom- bay sampai layu, daging cacah Orang tertarik untuk me- dimasukkan dan telur ayam di- nyilangkan antarjenis tanaman kocok dan campurkan juga ter- ini karena bisa menghasilkan akhir tepung maizena yang te- tanaman dengan sifat-sifat yang lah dicairkan terlebih dahulu. lebih aneh dan menarik sebagai Tomat diiris bagian atas, isinya tanaman hias. Usaha penyilang- dikeluarkan memakai sendok an pertama dimulai pada akhir teh. Dicuci dengan air garam ke- abad-19, yaitu antara Nepenthes diopen. Api dikecilkan saja a- Selanjutnya N. hookeriana yang mudian ditiriskan. Daging di- rafflesiana x Nepenthes gracilis masukkan; ditutup kemudian yang menghasilkan N. dominii gar isinya matang dan tomat ti- berasal dari Kalimantan dika- dak hancur. Menghidangkan winkan dengan N. phillamphora bu bawang merah dan bawang menghasilkan N. compacta. dengan saos tomat diberi bum- yang berasal dari Sumatera, bombay yang ditumis. PERKEDEL LOMBOK Bahan: menerus dari luar, makin lama Cabai merah yang besar 10 makin keras sampai kepada buah, 1/4 kg daging sapi cacah, ada dalam hati saya, yaitu per- merah, merica, pala dan mente- saya; sehingga bibit yang telah dua butir telur ayam, bawang asaan ingin turut menghayati ga untuk menumis. kedukaan orang lain yang sa- ngat saya kasihi menjadi tum- Cara Membuatnya: buh berakar, berkembang su- bur dan rindang." Saat kini juga telah banyak disilangkan N. northiana (Kali- mantan) x N. maxima (hasil per- silangan jenis dari Kalimantan dan Sulawesi) menghasilkan N. alliattii, dll. Hampir seluruh ke- giatan penyilangan tersebut di- lakukan di Amerika dan Eropa. Dari usaha tersebut telah diper- oleh jenis-jenis Kantong Semar yang bernilai komersial tinggi dan cepat populer, seperti hal- nya tanaman anggrek. kan sumber alam kita ini? Kapan kita dapat memanfaat- Mudah-mudahan kelak ada yang ertarik untuk mengem- geri kita, sebagai pusat pe- bangkan Kantong Semar di ne- nyebaran Kantong Semar. Seba- gai tanaman hias tentunya pu- nya nilai ekonomis yang lumay- ● Suprio Guntoro Bawang merah, merica dan pala diuleg halus ditumis de- Jadi jelas, "emansipasi" me- ngan mentega. Daging cacahan nurut Kartini berarti kebebas- dimasukkan kemudian terakhir an, kemerdekaan, dan berdiri telur ayam dikocok, timus terus sendiri. Di samping itu, masih hingga bumbu meresap dan da- erat berkaitan "emansipasi", adalah mengenai buang isinya, kemudian dicuci dengan ging matang. Cabai besar di kepedulian Kartini terhadap dengan air garam daging dima- penderitaan orang lain. Bagi sukkan kedalam cabai kemudi- Kartini, "emansipasi" yang per- an cabai dilumuri kocokan telur lu diperjuangkan bukan hanya dan digoreng hingga matang. an. untuk kebebasan pribadi, teta- (Bersambung ke Hal 11 kol 1) Mode Minggu Ini 16, ешение 16, ешение Rancangan tema tabrakan ini cocok untuk pesta malam hari dengan blus jatuh dan dipadukan dengan bermacam-macam setelan rok panjang, mini dan celana panjang agak Niluh Putu Nindya ketat. Ida Kartika Sari ANDA MAU BELI JUAL MOBIL HUB: CANDRA JLN. IMAN BONJOL 211 TELP. 27282 - DENPASAR C. 294 SEDIA SEGALA JENIS MOBIL BARU MITSUBISHI COLT T12055 CASH& KREDIT SUZUKI A9300 TOYOTA KIJANG Mazda MR90 Kepuasan Konsumen Kami Utamakan ZEBRAVAN DATANG DAN SAKSIKAN DI PETRA MOTOR JL. TEUKU UMAR 122 DENPASAR 34608-28566 C 656 4cm