Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1996-09-12
Halaman: 08

Konten


2cm 4cm HALAMAN 8 Perang Harga Mobil tak bisa Dihindari Tiga merek mobil pada bulan Juli telah diluncurkan, masing-masing Sedan Timor, Cakra (Bimantara) dan Suzuki Baleno. Ketiganya merupakan sedan kelas menen- gah atau di bawah Rp 70 juta. M obil Timor yang kan oleh mobil-mobil buatan In- mendapat predikat donesia seperti Mobnas, Bimant- mobil nasional (mob- ara dan Suzuki, produsen otomo- nas) untuk sementara tif Jepang dan Amerika pun turut menduduki tempat ter- murah, di Jakarta Rp 37,5 juta (on the road). Disusul kemudian mo- bil Bimantara Cakra Rp 42,294 juta (on the road). Sedangkan un- tuk Suzuki Baleno yang rencanan- ya akan dipasarkan mulai tahun depan diperkirakan harganya masih di bawah Rp 50 juta. Keberadaan jenis sedan terse- but di Bali memang belum ada, dalam artian baru sebatas contoh khususnya untuk Sedan Baleno kini sudah terpajang di Show Room PT United Indobali, di bi- langan JI. Imam Bonjol. Sedang- kan untuk mobil Bimantara beber- apa waktu lalu telah dipamerkan dalam Bali Trade Fair'96 yang digelar di Kompleks Sudirman Agung. Diperkirakan untuk tahun- tahun mendatang perang harga mobil khususnya sedan akan makin seru. Selain akan diramai- sampai pada tahun ketiga produksi yang akan dimulai pertengahan tahun depan kandungan lokalnya mencapai 60 persen. Dengan hadirnya beberapa se- dan nasional tersebut, beberapa pihak memperkirakan, pasar oto- motif yang hingga kini masih di dominasi kendaraan niaga (90 per- sen) dan sedan (10 persen) akan berubah. "Saya perkirakan bisa mencapai 20-30 persen untuk se- dan dan 70 persen kendaraan nia- ga," ujar salah seorang pemilik Show Room mobil bekas di Den- pasar. berebut pangsa pasar di Asia ter- masuk Indonesia. Bahkan "per- ang-perangan" akan makin menggelora dengan hadirnya mo- Dikatakan, kian banyaknya bil buatan Bakrie Motor, yang kini produsen yang meluncurkan prototipenya sudah rampung. produk sedan yang harganya rela- Hadirnya Bakrie Motor dalam tif lebih murah dibanding sebel- kancah permobilan nasional, umnya, diperkirakan akan mam- maka konstelasi industri otomo- pu mendongkrak penjualan sedan. tif nasional langsung berubah. Para konsumen yang sebelumnya Kalau sebelumnya telah ada dua cenderung memilih minibus (nía- perusahaan nasional yang ga), dengan turunnya harga terse- mengklaim diri sebagai Mobnas but kemungkinan akan berpaling yaitu PT Timor Putra Nasional- membeli sedan dengan perbedaan TPN yang bekerja sama dengan harga yang tak terlalu mencolok. KIA Motor (Korea Selatan) dan Munculnya mobil-mobil na- PT Bimantara Cakra Nusa-BCN sional di pasaran jelas telah men- yang menjalin kerja sama dengan goreksi harga mobil kelas menen- Hyundai. gah. Pertama disulut isu mobil Timor, kedua Bimantara dan ke- tiga Indomobil (Baleno). Bahkan dengan turunnya harga mobil Bi- mantara dan Indomobil, telah membuka masyarakat bahwa har- ga pasar sebelumnya sudah jauh Kabarnya, mobil buatan Bak- rie itu kandungan lokalnya telah mencapai 40 persen, sehingga dari segi harga berarti sudah 60 pers- en dari total biaya produksi. Bah- kan pihak Bakrie merencanakan dan kuat. berada di atas biaya produksi. Cakra di Denpasar ternyata tion bar pada keempat pintunya. "Kami waktu itu pesimis bisa mendapat sambutan masyarakat. Bahkan semua pintu juga memiliki mobil sedan, tetapi kini Terbukti sewaktu ikut pameran diperkuat dengan baja pada bagi- sudah mulai merasa lega," ujar bulan lalu, masyarakat terlihat in- an atas dan bawahnya, sehingga seorang eksekutif muda, Tirtaha- gin tahu lebih jauh tentang mobil dapat memperkecil bahaya yang di. Bimantara itu. masuk ke dalam ruang penump- Tirtahadi, yang bergerak di Model mobil tersebut adalah ang akibat tabrakan dari samping. bidang jasa pengiriman barang itu sebuah sedan mungil kelas small Kontruksi keseluruhan bodi memang lebih sering membeli medium yang dirancang sesuai Bimantara Cakra menggunakan kendaraan niaga karena berkaitan kebutuhan masyarakat. Panjang bodi yang menyatu dan lengkap, dengan usahanya. Namun, dengan keseluruhan Mobil Bimantara untuk mengurangi jumlah panel meningkatnya pendapatan dia pun Cakra itu lebih pendek dari mo- bodi. Dengan demikian, jumlah menginginkan sebuah mobil pri- bil-mobil sekelasnya. Akan teta- titik las akan berkurang dan kan badi yang harganya bisa terjan- pi, jarak sumbu roda (wheel base) memperkuat area yang rawan. gkau. "Terus terang, sama sebe- lebih panjang dan jarak telapak Kendati begitu, akhirnya tercipta narnya, bisa saja membeli sedan roda lebih besar, sehingga ruang bodi onterior yang ringkas, ringan bekas yang kini harganya sedang penampang lebih lega. gonjang-ganjing karena mobnas, Komponen-komponen yang Sedangkan untuk mendapat- tetapi saya masih menunggu digunakan pada sedan Bimantara kan tenaga mesin yang maksimal perkembangan lebih lanjut. Siapa Cakra telah dirancang dengan dan pemakaian bahan bakar ekon- tahu harganya nanti jauh lebih bantuan Computer Aided Design, omis, sedan tersebut meng- murah lagi, kan kita yang un- sehingga menghasilkan sedan, gunakan mesin seri 1500 CC, tung," tambahnya. yang kokoh dan kuat. Bahkan SOHC, 12 valve dan injeksinya Apalagi dengan munculnya mobil ini sengaja dirancang un- dikontrol secara elektronik mobil-mobil sedan nasional yang tuk para eksekutif muda yang (ECFI). diperkirakan akan makin mera- penuh gaya dan trendi dengan Penampilan Bimantara Cakra maikan harga. Contohnya warna-warna pilihan sesuai den- yang unik dengan kap mesin sekarang, begitu ada isu mobnas gan jiwa kawula muda. Ruang dibuat rendah di depan dan tanpa beberapa waktu lalu, beberapa je- penumpang yang didesain menggunakan grille radiator, se- nis mobil langsung harganya tu- sedemikian rupa sehingga tercip- run antara Rp 3 sampai Rp 4 juta. ta kenyamanan yang maksimal "Saya yakin kalau nanti semua untuk sebuah sedan kelas small sedan mobnas telah diluncurkan, medium. harganya akan makin terkoreksi," ujarnya. Bimantara Cakra Kehadiran mobil Bimantara hingga tahanan angin menjadi kecil. Kaca depan dibuat landai menjadikan sudut pandang penge- mudi lebih luas dan dapat berger- ak lebih cepat. Di Bali sedan Bi- mantara Cakra itu telah dipajang di Show Room PT Surya Citra Baru di kawasan Jl. Gatot Subro- Rancangan Bimantara Cakra itu, dimulai dari roda sampai bagi- an atas yang memperhatikan fak- tor keamanan, misalnya dengan dipasangnya side impact protec- to. (ini) WTO, Ujian Akhir Mobnas? iksaan surveyor. Kemelut itu kini malahan te- lah berembus melampaui batas negeri dan hampir menuju titik kulminasi perseteruan, terutama dengan Jepang yang dalam sejarah otomotifnya telah jauh lebih dulu eksis di sini daripada rekan TPN Kia itu. Sebagai industri utama otomotif Jepang berhak berang, karena Indonesia berlaku tidak ya, tentu pemerintah lebih tahu. Misalnya, di sektor lain, Jepang diberi perlakuan istimewa. kannya, WTO akan membuktikan. pai ke tahap panel, rasanya argu- genai mobnas sepertinya sulit, Benar, Deputi Dirjen WTO mentasi Indonesia tidak terlalu perlu diberi kompromi substitusi Anwarul Hoda sendiri menegas- kuat. "Di sini tinggal bagaimana kepada Jepang, apa pun bentukn- kan negeri Sakura itu belum men- pinter-pinternya para lawyer, gajukan gugatan ke Genewa (mar- menafsirkan ayat-ayat WTO," kas besar WTO-red). Akan tetapi, tuturnya. was-was itu toh tak bisa ditepis juga. Indonesia akan berdalih se- bagai industri bayi, mobnas boleh dilindungi dan tidak melanggar prinsip nondiskriminasi WTO. Betulkah? Pengamat Ekonomi Internasional Dr. Mari Pangestu mengingatkan, otomotif di sini sudah 25 tahun, sehingga tak bisa lagi dipandang infant. KONTROVERSI mobil na- ya, Cakra dan Nenggala. sional (mobnas) seakan-akan tidak Semangat ingin memiliki mo- pernah habis. Diawali konflik di bil pribadi tentu menjadi impian dalam negeri sampai ke tingkat in- tiap individu negeri ini. Keingi- ternasional. Sejak semula proyek nan ini selain didorong motivasi itu sendiri secara potensial sudah gengsi tentu tak bisa dilepaskan mengandung persoalan. Hal itu dari kenyataan pelayanan ken- tampak dari keteguhan (atau ke- daraan umum yang tidak manu- berpihakan?) pemerintah yang siawi. Maka sederet pengusaha hanya mengizinkan satu perusa- mulai mengikuti jejak Tommy, haan untuk mewujudkan mobnas. sebagaimana dikerjakan Bambang Alhasil, sikap pemerintah yang Try dan juga Aburizal Bakrie. adil dalam proyek mobnas. bergeming (diam) ini (entah apa Kendati 1.084 unit mobil alasannya) terus menimbulkan Timor telah bongkar dari pelabu- perdebatan, terutama menyangkut han Tanjungpriok, masih ada esensi industri apa pun, yakni ko- sejumlah pertanyaan mengganjal mpetisi. Bila hanya ada satu pe- yang tetap menghantui proyek rusahaan mobnas, jelas tak pernah mobnas. Sejumlah kewajiban vi- akan ada hakikat pasar tadi. tal belum dipenuhi Timor. Garan- Namun, tuduhan itu ditepis pe- si bank yang disebut sebagai jam- merintah melalui Menperindag inan bisa tidaknya mobil diluncur- Tunky Ariwibowo yang posisin-an dari perahu (meski nyatanya ya makin sulit dengan adanya sudah keluar) belum juga ada. proyek itu. Tunky berkelit dengan Garansi bank itu harus senilai 65 Kejengkelan Jepang memun- mengatakan, untuk sementara persen yang menjadi hak bea dan cak dengan keluarnya ancaman (tiga tahun) satu dulu. Saking ker- cukai masih dirunding. Dari yang akan membawa mobnas ke apnya pertanyaan mengapa han- Ditjen Pajak PPnBM-nya yang 35 sidang WTO di Singapura, ya diizinkan satu perusahaan persen pun tak ada di tangan pa- Desember mendatang. Di sinilah SEDAN Timor sebentar lagi membuat mobnas, Tunky seakan jak hingga hari ini. Atas ini semua, eksistensi proyek nasional itu akan akan diluncurkan. Pangsa pasar kehabisan jawaban. Maka pupus- maka PT Surveyor Indonesia yang menemui batu uji yang sesunggu- mobil pun, khususnya kelas sedan, lah harapan Bimantara memper- mengurusi impor barang belum hnya. Jika selama ini Indonesia mulai bergejolak. Apalagi untuk oleh perlakuan sama atas produkn- mau mengeluarkan surat pemer- merasa yakin benar akan tinda- kelas sedan menengah ke bawah. Di sini Jepang menilai, Indo- nesia sebagai peneken kedua (Amerika yang pertama) ratifika- si WTO telah melanggar salah satu esensi organisasi perdagan- gan dunia itu, yaitu prinsip non- diskriminasi. Jepang menuntut jika Korea diberi perlakuan is- timewa seharusnya yang lain, ter- masuk negeri Sakura, juga harus diperlakukan sama. Dengan demikian, argumenta- si Indonesia sangat lemah. Mari mewanti-wanti, apa pun atau bagaimana pun caranya, tolong se- lesaikan sengketa dengan Jepang ini di luar WTO. Sebab, bila sam- Dia juga terus mengingatkan, masalah mobil Timor akan men- jadi serius bila kalah di WTO. Sebab, dengan begitu Indonesia akan dievaluasi oleh negara lain yang akan berinvestasi ke sini. "Mereka akan bertanya, menga- pa Korea boleh duty free import (impor tanpa pajak -red), kok yang lain tidak. Ini kan melawan salah satu prinsip WTO, yaitu tidak ada perlakuan diskrimina- tif," ujarnya. Kompromi dengan Jepang merupakan alternatif yang mu- ngkin ditempuh. Kompromi men- Tawarkan saja komoditi-ko- moditi tertentu, tetapi sekali lagi, itu pun harus juga dikemas serapi mungkin, sehingga jangan me- langgar lagi WTO. Sulit memang situasi nasib mobnas. Barangkali beberapa konsumen sudah akan bisa menerima Timor pada tahun ini juga. Akan tetapi, mengenai kelangsungan proyek mobnas itu sendiri belum jelas. Jika lolos dari jegalan WTO, bisa jadi mobnas telah lepas dari lubang jarum un- tuk selanjutnya melenggang, tapi apakah demikian yang terjadi? Tunggu saja Desember nanti.(wk) INFO 07 Bali Post OTOM BALENO TIMOR KAMIS KLIWON, 12 SEPTEMBER 1996 AKOS03 Tampil Mewah dengan The New Peugeot Terlambatkah Mobnas PAKET DIRGAHAYU RI KE 51 Rp. 1.190.000,- GA-318 ERICSSON WORLD SERV • Paket Terdiri : Ponsel - 1 batt NiCd std 1 belt clip - Travel charger Kartu HALO - Buku Petunjuk Kartu garansi Erindo KEMERDEKA CAAN TAHUN INDONESIA REPUBLIK Persembahan TELKOMSEL SPESIALIS GSM ERICSSON Rp. 1.851.000,- GH-388 BRICSSON YES M CER 2 4 Z B 2 L 0 1 GA31 2 GH368 • Paket Terdiri : - Ponsel - 2 batt NiMH light 2 belt clip - Leather case - Charger + adaptor Kartu HALO - Buku petunjuk - Kartu garansi Erindo Promosi ini berlaku sampal 30 September 1996. Rp. 1.851.000,- GF-388 ERICSSON WORL • Paket Terdiri : Ponsel 2 batt NiMH light - 2 belt clip - Leather case Charger + adaptor Kartu HALO Buku petunjuk Kartu garansi Erindo 263332 Harga sudah termasuk Ponsel + PPN + Kartu Halo PT. BAHAGIA PRATAMA UTAMA Dealer Resmi Telkomsel GSM JI. Imam Bonjol No. 231 B Denpasar Telp. : 0361-484586, Fax.: 0361-483965 DAPAT DI BELI JUGA DI: Kompleks Pertokoan Sudirman Agung Block C No. 7 JI PB. Sudirman Denpasar Telp 242989, 241080 Fax 241080 2. PT. RODA GELORA HARAPAN Telp 239777 J. Hayam Wuruk No. 125 C Denpasar Telp. 235444, 238222 4. PT. ARGA WIJAYA/EASSYCALL JL. Imam Bonjol No. 232 Denpasar Telp: 484126 (6 Lines) Fax: 48405 5. KOPEGTEL J. Teuku Umar No. 2 Denpasar Telp: 262562, 261477 6. Trijaya Comonication Jl. Teuku Umar 97X Denpsar Telp. 224931 hand Phone 081 139 6606 7. Lombok -Toko sumber Electronic Jl. Pejanggi No. 129 B Lombok Telp. (0370) 24966 1. PT ADI PRIMANTARA JI. Nangka 99 Denpasar Telp Fax 263331 (Hunting) Kompleks IDT JI. Diponegoro No. 150 Denpasar Fax 239780 3. Trijaya Fax: 261477 C. 6389 Tidak demikian halnya dengan mobil. * India Maruti, Indonesia Tim dapat memenuhi standar muatan lokal tertentu dan per yang mengakibatkan penelitian c syaratan lainnya 50ool to neu od sektor industri otomotif di Indo PT Timor Putra Nasional - produsen mobil Timor berkembang.puba merupakan satu-satunya perusahaan yang oleh pe Persoalan tersebut bisa dimak merintah Indonesia dinilai memenuhi segala persyara; pembatasan merek dan model. N tan, sehingga ditunjuk sebagai pelaksana program mengembangkan berbagai tipe k mobil nasional (mobnas) melalui kerja sama dengan ume yang tidak besar. Melihat permasalahan terseb KIA Motor Corp Korea Selatan. Orang awam tentunya mempertanyakan kenapa gambil langkah lewat kebijakan memproduksi mobil sendiri dipersoalkan. Bukankah tri otomotif nasional, yang tercer memiliki mobil nasional merupakan kebanggaan Inpres No. 2 tahun 1996. tersendiri, di samping tentunya akan menguntungkan konsumen lewat harga yang relatif murah. Apalagi bila dikaitkan dengan rentang waktu per- Pertanyaan kenapa mempro juangan bangsa Indonesia menumbuhkan industri dipersoalkan, tampaknya tidak otomotif nasional yang tangguh dengan merek Indonesia mengingat tiap kebijakan pem bukan hanya baru dilakukan tahun-tahun belakangan ini dalam era globalisasi ini akan Upaya pemerintah menumbuhkan industri otomo- lain. Walaupun terkesan mewah sedan The New Peugeot 405 STI. dari luarnya, jika Anda masuk ke Sedan yang memang sudah pun- dalamnya, maka suasana akrab ya pangsa pasar tersendiri, sam- akan Anda dapatkan di Peugeot pai saat ini masih tetap stabil. 405 STI ini. Ia menambahkan, Artinya, mobil ini untuk mereka suasana interiornya begitu han- DULU mobil hanya dimiliki oleh bangsawan. Tetapi yang ingin tampil mewah. Sedan- gat, dan dasbornya menumbuh- dalam perkembangannya, mobil tak hanya dimonopo- gkan Peugeot pas untuk para ek- kan rasa kebanggaan bagi pen- li kaum bersangkutan maupun pegawai kantoran. Kini, sekutif muda. Dari segi bodi, se- gendaranya. Spesifikasi lain dari petani pun banyak naik mobil ke sawah ataupun ke benarnya jenis ini lebih condong Peugeot ini, setirnya begitu sta- kebun. ke mobil mewah sekelas Volvo. bil dan mantap dalam genggam- Dari merek-merek mobil yang dipakai itu ternyata Begitu pertama kali melirikn- an. Power window-nya juga dil- dimiliki Jepang yang sempat menjajah negeri ini sela- ya, Anda pun bisa langsung ter- etakkan dengan elegan pada arm- ma 3,5 tahun. Setelah hengkang dari Indonesia, nega- pikat dengannya. "Luar biasa, dan rest, headligt range adjuster, dan ra itu kembali menjajah" dengan berbagai merek memang untuk sekelas kami, leb- tilt steering. ih cenderung memilih Peugeot," Hal itu diakui pula oleh Ar- Karena empuknya jok mobil buatan Jepang itu, kita ujar Made Arnata, seorang calon nata. Menurutnya, selain mam- seakan lupa diri. Selama 25 tahun, tak satu pun lahir konsumen ketika ditemui di Kita pu tampil lebih mewah, dengan mobil nasional. Agar tidak terus "dijajah" pemerin- Motor, satu-satunya agen Peugeot Peugeot ini, juga pas untuk tah mengeluarkan Inpres No.2 tahun 1996 tentang di Bali. bepergian jauh. Ini didukung mobil nasional (mobnas). Menurut eksekutif muda itu, ia dengan mesinnya yang bertena- Dibandingkan Thailand, Malaysia, kata Mari Pang- sengaja memilih Peugeot karena ga besar yakni 2000 CC. "Selain estu dari CSIS Jakarta, Indonesia termasuk terlambat mobil jenis ini di dalamnya jalan lurus, Peugeot pas untuk melahirkan mobnas. "Mungkin disebabkan keenakan menyerupai mobil mewah lainnya jalan tikungan, nggak mesti takut tadi," katanya pada seminar AMA di Kuta, baru-baru ini. tif nasional bermerek Indonesia sebenarnya sudah di Penerbitan Inpres No. 2/19 seperti kelas Volvo atau Mercy. di tikungan yang biasanya agak "Ada pendapat pro dan kontra mengenai mobnas," lakukan sejak 1970-an, namun tidak ada satu pun dari dengan Keppres No. 42 tahun 199 "Memang sih, jika ingin tampil riskan untuk kelas sedan," ujar katanya. Ada yang mengatakan Indonesia terlambat para pelaku otomotif mampu mengembangkan secara si di beberapa negara, terutama Keppres No. 42/1996 menye mewah lebih pas memilih kelas salah seorang sales counter di melahirkan mobnas. Jika mobnas tidak dipaksakan mulus seperti yang diharapkan. lahir, ia khawatir Indonesia hanya akan menjadi pasar Dalam sebuah seminar mengenai mobnas di Jákar- tra Nasional (TPN) diizinkan m Volvo atau Mercy. Mesti pelan- Kita Motor. ta awal Agustus lalu, Menteri Perindustrian dan Per al di pabrik KIA Corp di Korsel pelan, usaha saya masih beluní Untuk jenis ini, pihaknya mobil ASEAN. besar, tetapi juga biar nggak menawarkan harga Rp 65 juta on India, kata dia, sudah mengembangkan mobnas dagangan Tunky Ariwibowo dalam makalahnya men- tenaga kerja Indonesia untuk kalah tampil mewah," ujarnya. the road. Harga itu, merupakan sejak 1981 dan diberi nama Maruti. Lalu apa salahnya yatakan pada tahun 1970-an pemerintah membuka Tanah Air dalam kondisi utuh Menurut salah seorang staf di harga barang yang standar, kelu- juga Indonesia mengembangkan mobnas yang diberi peluang bagi investor untuk mendirikan industri oto- 45.000 unit, Fasilitas ini berlaku motif. Setelah itu, secara bertahap Kita Motor, untuk jenis Peugeot ar dari pabrik. Artinya, belum nama Timor. didesain secara khusus dari Pran- dilengkapi dengan variasi yang Tetapi belum ada sepekan, sekitar 2.000 mobil Namun, ia sangat menyayangkan sambutan dan dikirim terurai dan dirakit di cis dengan lekuk bodinya yang lain. Untuk yang mau memakai Timor di Jakarta yang dikirim dari Korsel, awal Sep- investor untuk mendirikan industri otomotif belum gunakan kandungan lokal denga bertambah. indah dan hampir sempurna. fasilitas kredit, pihaknya juga tember dari Tokyo. Isu yang terakhir terbetik berita sepenuhnya terwujud. Para pelaku otomotif cuma bergerak di industri Masuknya Timor ke pasar da Bagian belakangnya juga tampil melayani dengan uang muka pemerintah Jepang akan mempersoalkan mobil nasion- lebih elegan. Bahkan, kata staf 30% dari harga on the road itu al tersebut ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). perakitan, yang berstatus agen tunggal pemegang ikan mengurangi dominasi Jep itu, chrome grill-nya juga ditata dan jangka waktunya 1-3 tahun. Wakil Menteri Perdagangan Internasional dan Per- merek (ATPM) dari prinsipalnya. Kondisi ini berlang bil nasional yang sekitar Rp 37, tu jauh di bawah harga mobil Jepa sedemikian mewah, sehingga Suka bunga yang dibebankan industrian Jepang (MITI), Tsutomu Makino menyata- sung hingga sekitar 20 tahun. mampu mengimbangi keseluru- 10,6% selama setahun dan 11,5% bil nasional itu ke WTO, dan sehari kemudian pern- meritah berupaya terus melakukan pengembangan otomobil di Indonesia dikuasai mob kan pemeritahnya merencanakan mengadukan soal mo- Di pihak lain, pemerintah tidak tinggal diam. Pe- Menurut catatan, sekitar 90-9 han lekuk tubuhnya. yataan tersebut dipertegas Menteri Perdagangan In- motif antara lain dengan menciptakan merek nasional Terbit tersebut. Pada 1995 tota ternasional dan seperti Kijang, Sena, Hunter, dan Morina. Lagi-lagi Indonesia sekitar 385 ribu unit, Perindustrian perkembangan usaha ini tidak seperti yang dikehendaki ini diperkirakan mencapai 423 Jepang Shumpei pemerintah. Bukan hanya soal terjadinya Tsukara. Pelaksanaan yang tidak sesuai dengan harapan pe si pasar, rencana gugatan Jepan Jepang merintah itu tidak terlepas dari ketatnya ketentuan dan terlepas dari persoalan pelangs menuduh pemer- tingginya ketergantungan pada prinsipalnya, sehingga kriminasi (MFN- Most Favour intah Indonesia ATPM tidak bebas melakukan ekspor dan perundin- nesia. memberikan gan harga dengan para pemasok komponen asing un Ancaman Jepang mengaduk pengecualian bea tuk efisiensi. sional ke WTO bukan baru-baru masuk impor ko- Prinsipal ternyata juga turut campur tangan dalam sekitar Juli-sepekan setelah mponen dan pajak soal harga bahan baku dan ikut menentukan sumber kan dan dipasarkan di Jakarta penjualan barang pengadaan bahan baku tersebut. persoalkan kebijakan mobil nas mewah jika se: Selain itu, investasi tidak dilakukan sepenuhnya di Direktur Divisi Otomotif di buah perusahaan dalam negeri, tetapi disebarkan ke berbagai negara dan Perdagangan Jepang, Atsu PAYUNG KAOS TOPI OFLERE MUG TAS PINGGANG Undian Gratis Berhadiah dan Sticker Berhadiah tetap berlaku selama dua tahun. (gus) SEWINDU TRAGIA TRAGIA Bagi-bagi hadiah *Belanja minimal Rp. 75.000, di Supermarket atau Rp. 50.000,- di Dept.Store mendapat payung/baju loos. *Belanja minimal Rp. 50.000,- di Supermarket atau Rp. 40.000,- di Dept. Store mendapat topi/mug *Belanja minimal Rp.150.000,- di Tragia Galleria Nusa Dua mendapat tas pinggang *Berlaku dari tanggal 14-20 September 1996 (selama persediaan masih ada) Tragia TOSERBA&PASAR SWALAYAN SHOPPING CENTRE NUSA DUA KERTHA WIJAYA DENPASAR SEMARAPURA KLUNGKUNG GALLERIA NUSA DUA Isuzu Panther Tampil ma "HANYA 44 ribu, dari Jakarta sampai deh di Bali". Begitulah bunyi sebait iklan di televisi yang terkenal itu. Selain mampu mengangkat nama Bali, karena dialeknya yang khas Bali, iklan itu sekaligus mampu mengangkat nama mobil Isuzu Panther. Sebagai mobil keluaran Astra In- ternasional, memang Isuzu Panther termasuk paling besar tenaganya di kelas mobil jeep, CC mesinnya saja 2500. Tak salah bila Isuzu Pan- ther kini tampil makin galak sesuai dengan mot- tonya. Bila melintas dengan Isuzu Panther, pan- dangan orang pun akan terpukau melihat sang pengedara. Isuzu Panther bisa disebut sebagai rajanya diesel. uja rus Mengingat bahan bakarnya yang memakai so- lar ini, masih ada anggapan getaran mesin yang dihasilkan sangat keras, sehingga membuat ken- yamanan pengendara pun terganggu. Bahkan tak tan jarang pula, bagi yang sangat peka berkendaraan, me naik Isuzu yang memakai bahan bakar solar, akan bar dibuat mabuk di perjalanan. ma Namun kini dengan generasi terbaru Panther kan yakni Grand Royal, Astra Mobil ingin menepis lan anggapan itu. Grand Royal diciptakan dengan rata teknologi terbaru. Gelaran mesin pun dibuat tidak 80 terlalu berisik, sehingga getaran yang ditimbul- kan makin halus. Walaupun makin halus, tetapi al i tarikannya tetap galak Kehalusan mesinnya itu, Rp karena di bagian tersebut terdapat alat peredam ini suara, sehingga kenyamanan pengendara se- bagaimana layaknya naik mobil berbahan bakar bensin pun bisa dirasakan it, p me dim mu tu s Selain terkenal dengan kekuatannya, Isuzu Panther juga terkenal dengan keiritannya. "Sudah kuat tenaganya, irit pula bahan bakarn- ya," ujar Sales Astra Mobil Isuzu, Ni Nyoman Triani, Akibat keiritannya itu, tak salah bila iklan Menurut Triani, keluaran terbaru dari Isuzu 44 ribu itu memang terbukti kebenarannya. Bagi Panther, Grand Royallah yang kini menjadi sasa- pemakai kendaraan apalagi yang mobilisasinya ran para calon konsumen. Begitu dipasarkan, esit tinggi, memang lebih cocok memakai Isuzu Pan- produk itu langsung mampu mengalihkan per- lain ther. Soalnya, dari segi ekonomis jelas sangat hatian masyarakat untuk berusaha mencobanya me membantu. Ditambah pula dengan bahan bakarn- bahkan memilikinya. ya yang memakai solar. Soal bahan bakar solar Sama halnya pangsa pasar mobil lainnya. Un- ini, harganya hanya setengahnya harga bensin. tuk pangsa pasar Isuzu Panther ini sempat ter- jug "Jadi memiliki Isuzu Panther, mendapatkan ke- guncang sesaat dengan munculnya isu mobil na- ya san aga untungan ganda, selain kuat tenaga, juga ekono- sional. "Tetapi tidak begitu lama, sekarang ini dile pasaran mobil Isuzu Panther sudah normal lagi," C10254 mis," tegasnya. pu