Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Waspada
Tipe: Koran
Tanggal: 2002-02-08
Halaman: 04

Konten


4cm WASPADA IPTEK JUMAT, 8 FEBRUARI 2002 Menyatukan Radio Komposit Teknologi Alternatif Bahan Masa Depan Dua Arah Dan GPS BAGI para pencinta alam atau mereka yang gemar mela- kukan petualangan, sarana komunikasi menjadi sangat pen- ting. Karenanya perusahaan pembuat sarana komunikasi berupaya membuat perlengkapan secara maksimal agar para penjelajah alam atau mereka yang berpetualangan merasa makin nyaman dengan alat komunikasi canggih. RINO (Radios Integrated Navigator for Outdoors) sebuah perlengkapan komunikasi yang memiliki antena ganda dan kelihatan seperti tanduk badak, memadukan fungsi GPS (global positioning system) dan FRS (family radio service). Selain itu RINO buatan Garmin ini menambahkan teknologi GMRS (general mobile radio service) yang memungkinkan komunikasi dua arah dalam jarak lebih dari 8 kilometer di lingkungan tanpa perintang. Selama ini diketahui, teknologi FRS hanya mampu melaku- kan komunikasi radio dalam jarak 3,2 kilometer, mempunyai 532 chanel baik dalam moduş FRS atau GMRS. Dengan fitur GPS, RINO mampu menjajaki jalur selama petualangan dan mencari kembali jejak langkah yang dibuat. Namun, fitur yang paling bagus adalah penentuan posisi peer-to- peer. Memanfaatkan kemampuan komunikasi dua arah, RINO dapat mengirimkan lokasi pasti kepada pengguna RINO lainnya dan menampilkan informasi posisi itu dalam layar 160 x 160 pixel. Sayangnya dua tombol untuk mengoperasikan RINO terlalu kecil jika pengguna mengenakan sarung tangan. Namun, sebagai perlengkapan petualangan alam, RINO dirancang tahan air dan mampu bertahan dalam air di kedala- man satu meter selama 30 menit. Garmin mengklaim bahwa RINO berfungsi selama 15 jam dengan didukung tiga buah baterai AA. Sebagai peralatan GPS, RINO didukung oleh peta kota utama dan jalan-jalan, topografi dan data bathimetrik. RINO memiliki media penyimpan terbatas hingga 8 megabith, kabel untuk menghubungkan dengan komputer. Ada dua model yang ditawarkan RINO 110 yang harganya US$ 211,25 dan RINO 120 seharga US$ 311,25. RINO 120 dilengkapi dengan fitur scamble atau pencampuran sehingga membuat komunikasi sulit disadap. Rencananya produk ini baru dipasarkan April mendatang. Jika sudah dipasarkan tentu saja mereka yang gemar menjelajah tidak merasa was- was soal kemunikasi antar peserta. ( Anum/KK) Piringan Satelit Terkecil JSAT, sebuah perusahaan operator komunikasi di Jepang belum lama ini telah mengumumkan penemuan baru mereka. Penemuan yang disebut piringan satelit terkecil dan termurah tersebut merupakan alat komunikasi dua arah. Jsat menjalin kerjasama dengan perusahaan terkemuka Sonny.. Antena satelit berukuran 45 cm yang berbentuk sangat kecil itu diperkirakan akan lebih otomatis dan lebih murah biayanya. Sistem satelit menawarkan kecepatan download sampai 30 Mbps dan kecepatan download sampai 128 Kpbs. Kehadiran satelit ini diharapkan menambah koneksi pasar Broadband dengan menggunakan satelit dua arah yang selama ini mengalami keterbatasan. Selama ini di Jepang pengguna jasa Broadband satelit dua arah sebagian besar digunakan oleh perusahaan besar sebagai sistem cadangan dalam keadaan darurat. Para peminat bidang komunikasi satelit memang belum begitu berminat atas penemuan itu. Tapi setidaknya upaya bangsa Jepang untuk menambah kemudahan berkomunikasi semakin tinggi. Namun diperkirakan, kalangan ritel di Jepang akan membutuhkan produk ini. Mereka mengaku produk ini bisa menekan biaya pengeluaran pengguna jasa satelit selama ini karena penemuan itu sudah mereka anggap akan menjadi produk satelit terkecil dan termurah. (● Anum/pc) POKER ENGINE FORESTER PERTUMBUHAN aktivitas industri di bidang teknik yang semakin meningkat dan maju dewasa ini, mewujudkan permintaan secara kontiniu terha- dap bahan teknik berprestasi tinggi, dalam hal kemampuan (sifat mekanik), namun rendah dalam segi pembiayaan (ekonomis). Perkembangan tekno- logi selanjutnya menjadikan persyaratan ini sema- kin hari semakin sulit dipenuhi oleh bahan-bahan konvensional yang ada. Oleh karena itu, teknologi bahan masa depan perlu dikembangkan. SUBARU Latar Belakang Ketatnya persaingan dalam bidang industri teknik dan per- dagangan telah memaksa para perancang untuk menemukan bahan baru yang benar-benar bisa memenuhi tuntutan terse- but dengan meninggalkan keter- gantungan kepada penggunaan bahan-bahan konvensional semata. Bahan konvensional selalu mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan. Pada umumnya bahan konvensional mempunyai keunggulan pada satu sisi, na- mun lemah pada sisi keunggulan lainnya yang diperlukan, mau- pun segi ekonomisnya. Bahan yang kuat dan keras pada umumnya bersifat rapuh, manakala bahan yang lembut tetapi liat selalu mempunyai kekuatan luluh yang rendah. Padahal sejalan dengan kema- juan di bidang teknik dewasa ini, telah menuntut keter-se- diaan bahan teknik yang mampu memenuhi beberapa persyara- tan teknis dan ekonomis sekali- gus. Terdapat banyak keadaan dalam bidang teknologi, diyakini tidak ada satu bahan tunggal (konvensional) yang sesuai un- tuk memenuhi keperluan reka bentuk tertentu. Penggabungan dua atau lebih bahan mungkin mempu- nyai sifat diperlukan dan mem- berikan penyelesaian terhadap masalah pemilihan bahan (John 1992). Konsep penggabungan (komposit) memungkinkan di- temukannya struktur baru yang unggul dari penggabungkan sifat-sifat unggul unsur-unsur bahan tersebut. Bahan komposit yang dihasilkan sebagai hasil rekayasa kemajuan teknologi pemprosesan bahan sepertinya mampu memberikan jawaban alternatif untuk itu. CHINA PUN KELUARKAN MOBIL HONDA. Satu pemandangan di pusat pera kitan mobil Honda di Honda Auto Company di Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong, China Selatan, Rabu (6/2). Kapasitas produksi tahunan perusahaan itu akan mencapai 200.000 kendaraan sampai tahun 2005. Sejarah Komposit Kajian yang dilakukan Ashby (1987) menunjukkan bah- wa komposit alam seperti kayu berserat, jerami, telah ditemui sejak ribuan tahun sebelum Ma- sehi. Komposit buatan manusia dimulai dengan pembuatan bata berserat jerami, kertas, namun perkembangan selanjutnya ada- lah sangat lambat jika diban- dingkan dengan bahan struktur lainnya seperti logam, polimer dan seramik. Memasuki abad ke 20, kom- posit mulai berkembang dengan penemuan plastik yang diper- kuat serat kaca, serat karbon, TUNDRA SIDESTEP. Don Esmond, wakil presiden senior dan menejer dari Toyota, mengungkap tipe truk Toyota Tundra Sidestep pada Chicago Auto Show 2002 Rabu (6/2). Ukuran penuh mesin pick-up tersebut berkekuatan 240 tenaga kuda. serat kevlar, komposit matriks logam dan komposit seramik. Ashby memperkirakan hingga abad 21, kedudukan komposit masih akan berkembang, men- duduki tahap ke dua setelah po- limer dalam penggunaan bahan struktur. Perkiraan Ashby diperkuat oleh pengamatan The New York Times (1990), yang memprediksi sehingga tahun 2000 perkemba- ngan penggunaan bahan kompo- sit akan terus meningkat dan meluas hingga 10 kali lipat dari pada penggunaan komposit ta- hun 1989 ketika prediksi dibuat (Gibson 1994). Penggunaan komposit tahun 1989 untuk spesifikasi "komposit termaju" (advanced composites) yang terbagi dalam tiga sektor, 80 persen untuk kegunaan pesa- wat angkasa luar, 15 persen ke- gunaan parawisata dan 5 persen keperluan industri lainnya. Se- dangkan penggunaan "komposit dasar" (basic composites) yang terbagi pada delapan sektor di- dapati penggunaan terbesar ada- lah sektor otomotif dan pe- ngangkutan yang mencapai 26 persen. Komposit Teknologi Bahan Alternatif Komposit di kenal sebagai bahan teknologi, karena kompo- sit bukanlah bahan struktur kon- vensional, melainkan bahan struktur yang diperoleh sebagai hasil teknologi pemerosesan bahan. Kemajuan teknologi pem- prosesan bahan dewasa ini telah menghasilkan rekayasa bahan teknik yang dikenal sebagai "bahan komposit". Komposit didefinisikan seba- gai dua atau lebih bahan yang digabung atau dicampur secara "makroskopik". Kata kunci pengertian makros-kopik adalah membedakan antara komposit dengan paduan atau aloy yang penggabungan unsur-unsurnya secara "mikroskopik". Secara umum komposit merupakan sejumlah sistem multifasa sifat-gabungan, yaitu gabungan antara fasa "matriks" (pengikat) dan fasa "penguat" (tulangan). Pada bahan kompo- sit, sifat-sifat unsur pembentuk- nya masih terlihat dengan jelas, sedangkan pada paduan sudah tidak terlihat secara nyata. Ke- unggulan bahan komposit ada- lah terbentuknya struktur baru yang merupakan penggabungan sifat-sifat unggul dari masing- masing unsur pembentuknya. kasikan: Komposit diperkuat pada berbagai arah yang diingin- kan. Sehingga serat, komposit berlaminat, serta komposit partikel. Kemajuan di bidang teknologi dewasa ini banyak mengarah kepada peng- gunaan komposit dengan fasa penguat serat. Keistimewaan komposit berbanding bahan teknik lain- nya karena kemampuan disain strukturnya mengikuti peroba- han keadaan di sekeliling yang memerlukan ciri serta prestasi tertentu (Sadagopan & Pitchu- mani 1998). Bahan-bahan komposit dewasa ini telah mampu menja- wab tantangan atas keunggulan sifat bahan teknik yang di per- lukan seperti memiliki: kekua- tan yang tinggi, keras, liat/ke- nyal, ringan serta tahan terha- dap goresan dan pukulan/impak. Matriks akan berfungsi se- bagai pengikat serat, yang akan menyokong dan melindungi serat (penguat), serta akan mendistri- busikan beban yang dialami secara merata di antara serat-serat. Fungsi penting selanjutnya adalah apabila ada serat yang putus, beban serat tersebut akan dipindahkan kembali kepada matriks untuk selanjutnya didis- tribusikan kepada serat-serat lainnya secara merata. Fenome na ini menjadikan salah satu keunggulan utama bahan kom- posit. Serat berfungsi sebagai penguat matriks. Struktur beton bertulang contoh sehari-hari yang banyak digunakan sebagai penyangga bangunan. Semen atau konkrit berfungsi sebagai matriks, besi beton sebagai penguat (tula- ngan). Contoh lainnya keunggulan bahan komposit berbanding ba- han/unsur pembentuknya ada- lah, kekuatan retak plastik 8,688 MPa, kaca 0,276 MPa. Gabu- ngan keduanya dalam bentuk komposit "Plastik diperkuat serat kaca" (glass fibre reinforced plastic/ GFRP), menghasilkan kekuatan retak berlipat ganda yaitu 6.895 MPa. (Plueddemann 1974). Kekuatan dan sifat me- nyeluruh dapat ditingkatkan de- ngan memasukkan fasa terdis- persi (terserak) kedalam matriks. Berbagai kajian penemuan bahan Komposit telah dilakukan para akhli teknologi bahan. Di antaranya penemuan Komposit yang mem-punyai kekuatan dan ketegaran yang sama dengan baja kekuatan tinggi, tetapi 70 persen lebih ringan. Temuan lainnya komposit (karbon/epok- si) mempunyai kekuatan tiga kali lebih kuat berbanding almu- nium (bahan umum pesawat ter- bang), tetapi 60 persen lebih ringan (Jones 1975). Kelebihan lainnya, bahan komposit dapat diatur, sehingga secara efisien memenuhi persya- ratan kekuatan, kekakuan dan parameter-parameter lainnya akan mendorong metode peran- cangan dan pembuatan pesawat serta wahana angkasa lainnya yang sama sekali berbeda dari metode perancangan terdahulu dengan bahan konvensional metal (Jones 1975). Tidak salah jika Judge dan John (1969) menyatakan: Pene- muan bahan "komposit diper- kuat serat termaju" dianggap sebagai "Revolusi" penemuan teknik terbesar di dunia pener- bangan setelah penemuan "mesi- njet". Namun demikian dunia industri khususnya industri pe- nerbangan terlihat sangat ber- hati-hati untuk langsung mene- rapkan temuan bahan baru ini pada pesawat terbang. Pengalaman pahit yang di- alami kalangan industri tersebut sekitar tahun 1950-an ketika dengan alasan yang sama terta- rik dengan bahan titanium, men- jadikan para akhli berhati-hati. Setelah kehilangan berjuta-juta dolar untuk riset, pengemba- ngan dan tooling, ternyata hanya sedikit bagian-bagian dari pesa- wat terbang yang dapat dibuat dari titanium secara ekonomis. Hasilnya positif, para peran- cang mulai melihat bahan Kom- posit secara lebih propor-sional, dari segi positif dan negatifnya. Kajian dilakukan melalui pengembangan secara bertahap. Tahap pertama beberapa kompo- nen bahan dari komposit mulai dicoba dengan pandangan: Let see, if we can build one. Setelah tahap ini berhasil mulai tahap ke dua, yaitu meng- ganti beberapa komponen yang sudah ada dengan bahan kom- posit. Sebagai contoh adalah penggantian bagian fuselage dan horizontal tail pada pesawat tempur F-111 dengan "boron/ epoksi", penggantian komponen badan pesawat F-5 dengan gra- phit/epoksi. Hasilnya terjadi re- duksi berat yang cukup signifi- kan terhadap pesawat. Tahapan ke tiga, tahapan perancangan sebenarnya, yaitu pesawat telah dirancang sejak awal mempunyai bagian-bagian yang terbuat dari bahan kompo- sit. Contoh adalah pesawat Grumman F-14, Mc Donnel- Douglas F-15 hingga pesawat tempur terkini seperti F-18 Hor- net yang semakin ringan sehing- ga mampu bermanuver semakin lincah dan hemat bahan bakar. Fase kedua dari tahapan ke tiga mencapai kemajuan dengan menghasilkan pesawat ringan yang semuanya terbuat dari ba- han komposit "All Composite Air- plane" oleh Dick Rutan dengan penerbangan perdana di tahun 1983. Untuk ini Dick mempe- roleh Doktor Honoris kausa dari Universitas Teknologi Delft Belanda tahun 1990 (Sulaiman K dan bambang K.H 1990). Penemuan penggunaan ba- Klik ... klik... klik ... klil ... klik... klik... xx ECLIPSE SPYDER GTS. Greg O Neill, wakil presiden eksekutif dan menejer umum Mitsubishi Motor Sales of America memperkenalkan Mitsubishi Eclipse Spyder GTS 2003 (kanan) di Chicago Auto Show Rabu (6/2). THAT S. Hiroyuki Yoshino, pimpinan dari perusahaan pembuat mobil kedua terbesar Jepang, Honda Motor, berdiri di samping mobil mini produksi perusahaannya That s pada acara pembukaan selubung di Tokyo Kamis (7/2). Yoshino mengatakan, dia merasa dengan jatuhnya yen dan dengan terjadinya fluktuasi mata uang maka rencana ke depan produknya akan sulit. han Komposit di dunia penerba- kan. Keadaan serupa juga ber- ngan ini, telah merangsang ber- kembang pada berbagai sektor bagai sektor industri lainnya. industri otomotif dan kelautan Kemampuan desain berdasar- lainnya. Di sektor olah raga, kita kan "Keunggulan perbandingan temui berbagai perlengkapan oleh kekuatan terhadap berat", me- raga yang terbuat dari bahan nempatkan bahan Komposit sebagai pilihan utama pada in- dustri angkasa luar, militer, oto- motif, olah raga dan produk produk perdagangan lainnya. Komposit, seperti perahu lomba, papan surfing, topi helm, reket-reket tenis dan batminton yang semakin kuat dan lebih ringan. Pesawat ruang angkasa ulang-alik juga sangat meman- faatakan temuan teknologi ba- han komposit. Berbagai efisiensi dapat diperoleh. Di layar kaca televisi kita bisa melihat betapa sebuah ken- daraan tempur Tank yang dulu- nya di kenal sebagai si kebal yang lambat, kini di samping. semakin kebal, juga telah mam- pu berjalan dengan kecepatan mencapai lebih dari 120 km/j. Kemampuan ini membuatnya mampu melakukan berbagai manuver guna meningkatkan kemampuan tempurnya mau- pun di dalam menghindari ber- bagai serangan yang di tujukan kepadanya. Plastik diperkuat serat kaca merupakan komposit struktur yang pertama. Komposit jenis ini atau yang diperkuat serat- serat dengan modulus yang relatif rendah banyak digunakan pada berbagai aplikasi dengan volume yang besar seperti ken- daraan/mobil karena harganya yang relatif murah. Komposit jenis ini dikatagorikan sebagai "kom- posit dasar" (basic composites) Sedangkan komposit di kate- gorikan sebagai "komposit maju" Semakin ringannya tubuh tank mengakibat-kan efisiensi bahan bakar yang cukup signifi- Stasiun Antariksa Internasional TAHUN lalu adalah tahun pertama di mana manusia mempunyai tempat tinggal tetap di antariksa, seorang Astronaut Amerika Serikat dan dua orang Kosmonaut Rusia menjadi kru pertama yang tinggal di Stasiun Antariksa Inter- nasional. Komandan kru pertama adalah Astro- naut (juru angkasa) AS Bill Shepherd. Para anggota lainnya adalah Kosmonaut (angkasawan) Rusia Yuri Gidzenko dan Sergei Krikalev. Ketiga antarik- sawan itu diluncurkan dengan pesawat antariksa Rusia "Soyuz" dari Cosmodome Baikonur di Kazakhtan. Jadi Pusat Riset Sekarang kru keempat yang mendiami Stasiun Antariksa Internasional dalam orbit. Mere- ka tiba di sana tanggal 7 Desember dengan pesawat antariksa ulang alik AS Endeavour. Komandan kru adalah Kosmonaut Rusia Yury Onufrienko sedangkan Astronaut AS Daniel Bursch dan Carl Walz sebagai insinyur penerbang. Selama tahun yang lalu, empat orang kru Stasiun Antariksa Internasional selalu kombinasi antara Astronaut Amerika dan Kosmonaut Rusia. Seorang wanita AS Susan Helms adalah anggota kru kedua yang tinggal di stasiun antariksa. Menurut NASA kru di masa yang akan datang terdiri dari antariksawan dari beberapa negara, Rusia, Amerika Serikat, Eropa dan Jepang. Stasiun Antariksa Internasional adalah upaya kerjasama 16 negara. Bila selesai, stasiun itu akan memberikan ruangan lebih banyak untuk riset antariksa daripada pesawat antariksa yang manapun yang pernah dibuat. Selama tahun yang lalu kemampuan stasiun antariksa untuk menjalankan pekerjaan yang bermanfaat telah banyak ditingkatkan. Selama tahun 2001, enam penerbangan pesawat antariksa ulang alik tiba di stasiun antariksa itu. Roket Soyuz Rusia pun terbang ke stasiun antariksa itu. That's (adiance composites) terbuat dari grafit, karbida silikon, polimer aramid, boron, atau serat-serat dengan modulus yang lebih ting gi lainnya. Komposit maju umum nya digunakan dalam pemakaian yang lebih eksotik seperti struktur aerospace, dimana harganya yang lebih mahal dapat disesuaikan berdasarlan pada performans yang ditingkatkan. Para perancang dan peneliti bahan teknik terus bekerjasama mengembangkan teknologi ba- han masa depan "bahan kompo- sit". Penelitian oleh Kamaruzza- man at al. (1998) membuktikan bahwa bahan komposit juga mampu menggantikan aplikasi sistem penadah solar. Kemajuan teknologi di bi- dang industri teknik telah me- ngakibatkan tidak memungkin- kan lagi para perancang di bi- dang teknik hanya bergantung kepada bahan-bahan konven- sional sebagai bahan struktur. (Awaluddin Thayab Staf Pengajar Fak. Teknik USU) Pesawat ulang alik AS Atlantis membawa laboratorium ilmiah yang besar sekali yang diberi nama Destiny yang akan dipergunakan untuk melakukan eksperimen di antariksa. Sejak Stasiun Antariksa Internasionalitu pertama ditempatkan dalam orbit, sudah 79 orang yang berkunjung atau bekerja di sana sebagai anggota kru. Mereka telah membangun stasiun antariksa menjadi satu bangunan kuat seberat 150 ton. Stasiun Antariksa Internasional telah menjadi pusat riset yang penting sekali. Eksperimen dilakukan di sana yang tidak dapat dilakukan di bumi, karena hampir tidak ada gravitasi di antariksa. Rencana riset di masa datang mencakup eksperimen bidang biologi, kimia, fisika, ekologi dan kedokteran. Stasiun Antariksa Internasional adalah salah satu benda yang paling terang di langit pada malam hari. Sinar matahari menyinari bangunan raksasa yang tampak seperti sayap-sayap. Sayap-sayap itu ditambahkan ke stasiun antariksa untuk mengumpulkan tenaga dari matahari. Bangunan ini adalah yang paling besar dan paling berat yang diangkut ke antariksa. Matahari menyinari struktur yang menyerupai sayap itu sehinga sangat mudah bagi orang di bumi untuk melihat di mana orang tinggal di antariksa. Teleskop Hubble: Sementara itu teleskop Hubble terus menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk mempelajari antariksa. Selama tahun lewat teleskop Hubble terus mengirim gambar-gambar dan keterangan lain ke bumi dari wilayah jauh di alam semesta. Salah satu tugas teleskop Hubble yang paling menarik tahun ini adalah menyelidiki untuk pertama kali secara langsung susunan kimiawi atmosfir sebuah planet di luar sistem tata surya kita. Periset utama proyek itu David Charbonneau dari Institut Teknik California dan Pusat Smith- sonian Harvard untuk Astrofisika. David mengatakan, timnya menggunakan teleskop antariksa Hubble untuk mencari sodium di atmosfir planet. Tim risetnya menemukan jauh lebih sedikit sodium di atmosfir daripada yang diduganya. Pekerjaan yang dilakukan Hubble menunjukkan bahwa mungkin bagi teleskop antariksa dan teleskop lain untuk mengukur zat kimia di atmosfir planet. Planet yang diselidiki oleh teleskop antariksa besarnya kira-kira 220 kali bumi. Planet itu mengorbit bintang seperti matahari yang berwarna kuning yang disebut H-D 209458. (va/daon) Foto-foto dari The Associated Press dan Reuters/m11 FIRESTER 2003. Subaru mengungkapkan produksi barunya Forester 2003 di Chicago Auto Show 2002, Rabu (6/2). Mobil SUV berkapasi tas lima penumpang itu akan tampil di dealernya sekitar Mei mendatang, kata Subaru. GMC SIERRA 2003. Gary White, eksekutif perusahaan mobil General Motors memperkenalkan truk yang diproduksi perusahaannya. Debut internasional GMC Sierra 2003 (kiri) dan Silverado itu dilakukan di Chicago Auto Show Rabu (6/2). Color Rendition Chart immi BAU BUSUK tepi jalan negara di mengeluh karena ra Masyarakat KUALASIMP kewedanaan Tamia pabrik pengolaha bawahannya agar Gantung Kejuruan Udin, warga K ini mengatakan, al Kualasimpang-Me dam sering mengelu oleh limbah yang s "Saya tidak tal tepi jalan tersebut, itu marah dan me terpuji dilakukan daerah ini," ungkap kan investigasi ten Hasil investigas busuk dan menusu sepanjang tepi jala. Lan SIGLI (Waspac Fuad Arsyad Sp A Abdullah Yahya te proyek pengadaan Peristiwa itu te Komisi A dan ED Kamis (7/2). Keputusan Bup sungnya pelaksana di RSU Sigli yang Umum (DAU) Ange Saat itu untuk melalui surat kepu Bagian Keuangan Namun kenyata Yacop A Kepala Ba masalah tersebut, s dalam pengawasan bupati. "Sejak awal sa. pernah dilibatkan s Fuad sendiri," ung Pidie. Maimun sama s kan M Yacop, padal Pimpro proyek seni. Atas pengakuan Abu Bakar serta K tindakan Direktur prosedur. Sehingga mere administrasi kepad mereka tindakan di proyek. Ismail Abu Baka obat di RSU Sigli it telah meminta bukti itu, mereka akan me Sementara itu, tidak berada di temp Banda Aceh. Saat pe juga tidak tampak.(c IKA Ba MEULABOH (V Kuala Sumatera Bar Kemanusiaan untuk. 151 KK pengungsi Ac 96 kaleng susu. FOSKA dan IKA Meulaboh dan telah. Komplek PT Lancar Pahlawan Desa Ujong Kuala serta Kompl Kecamatan Kaway X Abdul Jalil, Ketu Meulaboh menjelask antuk pengungsi di L Balai Musyawarah Gedung Serba Guna Sedangkan susu Desa Keureugang Musyawarah Ujong komplek PT lancan kaleng (chan) RSU ZA Akan BANDA ACEH (V (RSU ZA) akan mela selama ini melayani r Demikian disam wartawan usai meny pemanfaatan dana BE Donya, Banda Aceh. Dikatakannya, un pelayanan kelas III, s yang dialami ruangar tiga kali ruangan kela mendesak," ungkap D Menurutnya, unt sakit type B pendidika untuk melengkapi rur banyak "Kalau sumbe tuturnya.(b27) Ribuan H Butu BLANGKEJEREL di lima kecamatan di G terakhir mengalami banyak yang menelan Bagi para petani lahan persawahan yan pemanfaatannya untu lahan itu dibiarkan se Salah seorang pet Waspada belum lama in produksi pertanian da rendahnya unsur sa pertanian yang digarap untuk mengembalikar Daerah-daerah yan di Gayo Lues melipu Penggalangan, sebagia Porang, dan Kampu Blangkejeren. Sementara untuk Kecamatan Tungel, Can dan Tetingi. Untuk K Ketujung, Tampeng, Pe Terangon, Desa Soyo Sedangkan di Kecamat di Desa Gajah dan Urin Untuk itu sejumlah serta dan dukungan dam areal pertanian mereka program-program lain u dahulu.(b25)