Tipe: Koran
Tanggal: 1989-12-01
Halaman: 05
Konten
1 a a li T t 1 a I t ₁ h T n S 0. di 1- a- a. ra ng pa "a. ah m can am 0- e- ani ng as no- ba- omi tasi ber- ang -ada ang me- US$ 594 ang akan juta. pai 564 yang spor PMA yang -me- US$ ngkat royek makan uta. 1989. i 229 renca- 2.504 26). Jum'at, 1 Desember 1989 PERHUBUNGAN Kapal Bekas dari Luar Negeri Boleh di Beli Jakarta, NERACA MENRISTEK Prof., Dr. B.J. Habibie mengatakan, dalam masa transisi penambahan kekurangan ruang kapal di dalam negeri pihak operator atau perusahaan pelayaran boleh me- manfaatkan kapal bekas dari luar negeri diatas ukuran 5000 Dwt. Dengan cara sewa atau membeli. B.J. Habibie mengatakan hal tersebut dalam pengarahannya pada Rapim Departemen Per- hubungan 22 Nopember 1989, yang lalu. Dia menjelaskan, kepastian pemanfaatan kapal bekas dari luar negeri tersebut dengan cara sewa (leasing) atau beli akan dibicara- kan secara mendetail. Tetapi syaratnya setiap dua tahun ber- operasi harus diperpanjang sam- pai pengadaan kapal di dalam negeri bisa diproduksi alam negeri. Syarat lain usia kapal bekas dari luar negeri tersebut Jakarta, NERACA KARENA adanya oknum pejabat Pemda Jakbar (Sekretaris Kecamatan Kebonjeruk) "Di- service", disinyalir tiga bangunan megah yang difungsikan untuk bengkel melanggar ketentuan rencana kota di sis jalan Tol Jakarta-Merak wilayah Kelura- han Kebonjeruk. Sekretaris Kecamatan Kebon- jeruk Jakbar Effendi mengakui, bahwa salah satu bangunan dimaksud "Beringin Motor" saat proses pembangunannya, ia mengurus keperluan IMB ba- ngunan tersebut. "Tetapi bukan berarti saya menerima sesuati dari pihak Beringin Motor, kecuali kemudahan pelayanan service mobil saya". Data yang diperoleh di Sudin P2K Jakbar menerangkan, tiga bangunan dimaksud sudah mem- punyai IMB masing-masing, No 3652/LP/RB/B/89 tertanggal 6 Nopember 1989, No 3440LP/RB/ B/89 23 Oktober 1989 dan No 2867/PIMB/B/89 tertanggal 6 September 1989. Namun kete- rangan yang diperoleh PAB di Sudin Tata Kota Jakbar meng- ungkapkan, ketiga bangunan itu sama sekali tidak memiliki Block Plan, hanya diakui dua dari ba- Tiga Bangunan Sisi Tol Langgar Ketentuan PERANGI LIMBAH 13 Citro masih sepuluh tahun, jangan baru lima tahun dioperasikan sudah discrap, katanya. Selanjutnya dikatakan, ten- tang kapal ikan harus diman- faatkan produksi di dalam negeri. Apakah kapal ikan tersebut long- liner, pukat udang dan lain se- bagainya. Pelayaran Dalam Negeri BEBERAPA perusahaan pe- layaran di dalam negeri sebelum dikeluarkan keputusan Presiden tentang pemanfaatan kapal bekas dari luar negeri diatas ukuran 5000 Dwt. sudah banyak yang meng- DIMASA silam Indonesia Jaya di lautan dengan nyata dibuktikan perjalanan seja- rahnya. Mencapai puncak kegemilangannya pada tahun 480 pada tahun kerajaan Sri- wijaya dipimpin Sri Baginda Raja Balaputradewa dan kera- jaan-kerajaan Melayu serta Tulang Bawang dipersatukan kedalam kekuasaan Sriwijaya. Dijaman itu dalam usaha memajukan kesejahteraan ekonomi dan politiknya, kera- jaun-kerajaan di Indonesia ti- dak bisa lain kecuali bergiat segalanya dilautan. ngunan tersebut pernah mengu- rus Advice Planning guna per- mohonan hak tanah, bukan untuk mengurus IMB sebagaimana struk yang tercantum dalam Advice tersebut. Areal tiga bangunan disisi Tol itu terkena rencana pelebaran jalan 18 meter serta menurut Rencana Bagian Wilayah Kota (RBWK) 2005 pendirian ba- ngunan-bangunan di wilayah setempat mesti berkoefesien da- sar bangunan (KDB) 20 persen. Lebih jauh pihak P2K Jakbar mengambil satu kebijaksanaan dalam pengeluaran IMB tiga bangunan itu, karena melihat segi pertumbuhan ekonomi yang se- cara konsisten berkembang di lingkungan tersebut. Kasudin Tata Kota Jakbar, Ir Achmaddin, pada PAB sebelum- nya pernah mengatakan, tiga bangunan bengkel disisi jalan Tol Wilayah Kebonjeruk bisa saja mendapatkan keterangan rencana guna pengurusan IMB, tetapi harus sesuai KPD 20 persen se- bagaimana RBWK 2005. Karena persis mengurus secara prosedure yang perhitungannya memba- ngun bengkel harus 20 persen KDB dari sisa tanah hasil ren- cana pelebaran jalan, maka ter- jadilah hal itu. Kerajaan Sriwijaya yang perkasa itu menjadi pusat perdagangan di Asia Tengara, keadaan ini secara otomatis menempatkannya pada kedudukan sebagai kerajaan pertama di Indonesia me- masuki taraf hubungan Inter- nasional. Demikian pula halnya de- ngan Kerajaan Majapahit yang didirikan Raden Wijaya di daerah Trowulan Jawa Timur. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan ini berhasil mempersatukan wilayah nusantara, termasuk Singapura dan Semenanjung Malaysia. Tidak bisa disangkal keberhasilan kerajaan Maja- pahit mempersatukan Nusan- tara itu merupakan jerih payah armada lautnya yang besar dan kuat dibawah pimpinan Mahapatih Gajah Mada yang termasyhur dengan sumpah "Amukti Palapa" nya. Sejarah bangsa Indonesia memang tidak terpisahkan dengan laut. Nusantara yang terdiri ribuan pulau, dikitari laut menyebabkan bangsa In- donesia dulu, kini dan masa datang terus berurusan de- ngan laut. Menghubungkan pulau satu dengan lainnya dulu atau Sewa operasikan kapal dari luar negeri dengan cara leasing atau charter. "Bahkan ukuran kapalnya lebih kecil dan belum ganti bendera, "ujar sumber Neraca di kantor DPP. Insa Kamis. Umpama MV. Petta bendera Panama yang kini dioperasikan untuk melayari trayek dari Tg. Priok - Bitung PP. Km. Dynasti- I dan III serta sebuah kapal tongkang juga bendera Panama yang dioperasikan dalam trayek pela-yaran Sunda Kelapa - Pon- tianak PP. Menteri Perhubungan Ir. Azwar Anas ketika ditanya war- tawan di kantor Biro Klasifikasi Indonesia Rabu yang lalu me- ngatakan, tidak tahu sambil me- ngatakan akan mengecek kebe- narannya kepada Ditjen Perhu- bungan Laut. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, kapal asing yang di- operasikan di dalam negeri tidak terbatas ukuran berapa tetapi dengan syarat harus diageni oleh pelayaran nasional. Namun menurut Azwar Anas jika kapal asing tersebut dibeli secara leasing harus memperoleh ijin dari instansi terkait serta ukuran bobot matinya diatas 5000 Dwt. sesuai dengan keputusan Presiden. Dikatakan, tentang pengope- rasian kapal tramper di dalam negeri memang ada perlakuan khusus karena tarip labuhnya lebih tinggi jika singgah di pela- buhan daripada kapal liner. Menurut keterangan Humas Palu, NERACA SAMPAI Akhir Pelita IV tidak ada daerah terisolir di wilayah Kabupaten Donggala karena semua wilayah telah dapat ditembus dan dijangkau kenda- raan umum. Hal ini disampaikan Kepala Dinas PU Kabupaten Donggala Drs. Moh Aspar BMUE baru-baru lalu. Hal yang menggembirakan, kata Aspar, tahun anggaran 1989/ 99 Dinas PU Donggala memper- oleh dana proyek pemeliharaan rutin jalan dan berkala Dati II sebesar Rp. 1. 966.360.000. Tidak Ada Lagi Daerah Terisolir di Donggala BE Negara-negara tetangga Spanyol di Eropa, Portugis yang menduduki Malaka pada tahun 1511 ternyata ingin pula menguasai Maluku. Lebih- lebih setelah diketahui Spanyol sudah berada di kepulauan tersebut. Adanya persaingan JUIC ME BEBAS PARKIR: Sekalipun di Jl. Pasar Baru dan Jl. Pintu Air, Jakarta Pusat diberlakukan ketentuan Bebas Parkir oleh Pemda DKI Jakarta sejak 1 Nopember 1989, namun masih terlihat satu dua kendaraan yang diparkir di kawasan itu.(ANT) Jou UALDEA L Ma DIC Hari Kamis kemarin, seba- nyak sebelas kapal asing tramper telah tiba di pelabuhan Tg. Priok tetapi ditolak untuk sandar muat barang karena posisi kapal di dermaga pelabuhan sudah penuh. Kapal tramper tersebut ada yang tiba sejak tanggal 23, 24 dan 25 Nopember 1989 belum bisa di- layani oleh Perum Pelabuhan. Kesebelas kapal tramper terse- but yaitu Mv, Rubies bendera Panama akan muat klinkers 18.600 ton diekspor ke Taiwan, Mv. Pioneer bendera Panama akan muat 15.000 ton semen ke Manila, MV. Jackson bendera Panama akan muat semen 14.000 ton ke Bangladesh, MV. Crystal St. Vinecent akan muat semen 14.500 ton ke Taiwan, MV. Sea Wise bendera Panama akan muat semen 9.500 ton ke Vietnam, MV. Tanaran Star bendera Panama juga akan muat semen 14.500 ton ke Cittagong, MV. Star Orchid bendera Hongkong akan bongkar besi tua dari Tilbury, MV. Wilson bendera Panama bongkar besi tua 3485 ton dari Shanton, MV. For- tuna Falcon bendera Maldive muat 19.000 ton klinkers ke Hongkong, MV. Hong Fat bendera Panama muat semen 10.000 ton ke Vietnam dan MV. Hyndai-3 bongkar gypsum 22.150 ton dari Karabi. (F) Ditengah-tengah ramainya pelayaran lauatan kawasan Nusantara itu, perahu Portugis pada tahun 1522 berlabuh di Sunda Kelapa. Ini pertama kalinya Portugis menginjakkan kakinya di Sunda Kelapa. Sete- lah pendaratan itu, Gubernur Portugis yang berkedudukan di Malaka mengirin utusan bernama Henrigue memberi- kan bingkisan sebagai hadiah kepada raja Sunda Kelapa, sembari memberikan orang Portugis itu juga mengajak Raja Sunda Kelapa bersekutu menghadapi kedatangn laskar Islam dari Jawa. Perum Pelabuhan Tg. Priok, jumlah kapal asing tramper yang mengangkut muatan barang ekspor lebih banyak daripada kapal liner. Sepintas Lalu Pelabuhan Tg. Priok : Sunda Kelapa Satu-satunya Pelabuhan di Jakarta Di Sunda Kelapa ini Por- tugis mendirikan benteng di sebelah kanan muara Kelapa. Tahun 1527 Fatahillah, atas perintah Sultan Demak, Raden Trenggono dengan kekuatan 2000 prajurit Demak berhasil merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis. cuma bisa dengan memper- gunakan perahu. antara bangsa-bangsa Eropa pimpinan Pieter Keyser tiba di yang ingin memperebutkan Banten. Kunjungan pertama Karena wilayah Nusantara kepulauan Maluku itulah orang Belanda ini tidak mem- terkenal akan rempah-rempah, pelayaran diperairan Nusan- bawa untung, disamping tidak mengherankan dari ber- tara makin bertambah ramai. adanya hambatan dari orang- bagi penjuru dunia terutama orang Portugis. Mereka lalu Eropa (bangsa Inggris, Portu- berlayar menyelusuri pantai gal, Spanyol dan Belanda) utara Pulau Jawa, dan kem- berlomba-lomba menemukan bali kenegeri Belanda lewat asal rempah-rempah, komoditi pantai Selatan. yang amat mereka butuhkan itu. Karena hasrat meluap-luap dengan menemukan rempah- rempah itulah pada tahun 1909 Portugis mendarat di Tidore, Ternate dan kepulauan Maluku, Ternate saat itu meru- pakan stasiun pelayaran penting yang pengaruhnya terasakan hingga Mindanau, Pilipina Selatan. Pada tahun 1521 route jalan laut yang menghubung- kan Maluku dengan Eropa diketemukan oleh Kapal Layar Spanyol. Kapal ini berlayar dari Tidore menuju Selatan kepulauan Timor, lalu ke Ba- rat Daya kemudian ke laut lepas Samudra Indonesia langsung menuju Tanjung Harapan diujung selatan benua Afrika. Ini merupakan sejarah perjalanan pelayaran pertama rempah-rempah Indo- nesia yang diangkut langsung ke Eropa. Fattahillah inilah yang menggantikan Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, yang ber- arti kota kemenangan. Mulai saat itu Sunda Kelapa berkem- bang menjadi bandar Interna- sional. Proyek yang sudah dilaksanakan dengan dana berkala Dati II yaitu poros Tavaili-Sabang menyerap dana Rp 200 juta, Poros Palu- Bangga Rp. 150 juta, Poros Palu- Palolo Rp 120 juta. Tahun 1596, Cornelis de Houtman, pemimpin perda- gangan Belanda bersama armada kecilnya yang terdiri empat buah perahu dibawah Dana anggaran 1989/90 itu, menurut Aspar, akan digunakan untuk pemeliharaan jalan yang tersebar di poros Tavaili-Sabang sepanjang 127 Km dengan dana Rp. 192.000.000, poros Sabang Ogoamas sepanjang 116 Km dengan dana Rp. 537.900.000, poros Palu-Palolo 45,5 Km de- ngan dana Rp 78.000.000, poros Palu-Napu 65 Km dengan dana Rp141.000.000, poros Donggala- Surumana 36 Km dana Rp. 70.000.000, Palu-Bangga 42 Km dana Rp 66.500.000, serta poros Tambu-Kasimbar 32 Km menyerap dana Rp. 238.000.000. Dikatakan kesemua poros itu tengah dalam pelaksanaan dan diharapkan Maret 1990 sudah selesai, yang sudah diaspal men- capai 213,5 Km atau sekitar 45%, jalan krikil 243 Km atau 51%, sedangkan sisanya berupa jalan tanah sepanjang 16 Km. Aspar optimis pelaksanaan pemba- ngunan kesemua poros itu akan mencapai target mempermudah transportasi antar wilayah di Donggala. Untuk semua itu diperlukan kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam proses pemba- ngunan jalan baik dari pihak kon- traktor, PU maupun Primpo dan partisipasi masyarakat setempat menunjang pembangunannya. "Kerjasama dan ketekunan dari semua pihak telah nampak itulah yang membuat saya optimis bisa mencapai target." kata Aspar. (DA/11) HARIAN NERACA Perum Damri Akan Tambah 50 Unit Armada Jakarta, NERACA PERUSAHAAN Umum Angkutan DAMRI (Perum. Damri) dalam waktu dekat ini akan menambah sebanyak 50 unit armada lagi guna menunjang kelancaran dibidang angkutan. Direktur Utama Perum Damri Soemarjoso menjawab per- tanyaan Neraca belum lama ini mengatakan peremajaan armada baru itu diperkirakan akan sudah dioperasikan sebelum lebaran tahun depan. Menjawab pertanyaan lain tentang target keuntungan yang akan dicapai oleh BUMN di bidang perhubungan ini, Soemar- joso menyebutkan masih perlu diteliti tentang sistem yang mana paling menguntungkan. "Tetapi yang jelas tahun lalu untung meskipun tidak terlalu tambahnya tanpa besar," menyebutkan angka yang jelas. Perum Damri yang didirikan 43 tahun yang lalu merupakan penyedia jasa angkutan dengan berbagai segmen usaha antara lain angkutan kota, angkutan antar kota/transit, angkutan paket, angkutan perintis, angkutan wisata serta angkutan khusus bandara mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina persatuan bangsa dan negara. 'Dengan peranan Damri tersebut akan merangsang dan menunjang pencapaian sarana perhubungan dari desa sampai ke kota sehingga cita-cita wawasan nusantara menjadi suatu ke- nyataan. Menurut Soemarjoso, ma- syarakat sebagai pengguna jasa Perum Damri akhir-akhir ini semakin peka, hal ini dapat di- mengerti karena masyarakat penggunaan jasa Perum Damri adalah merupakan raja, sehingga perlu diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Membudayakan K.3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan Perum Damri. Meningkatkan pemeliharaan dan perawatan bis secara berkala sebagaimana yang telah diatur Jakarta, NERACA GRUP Manajemen Dana Real Estate Australia, AUST-WIDE kini sedang merencanakan per- luasan usahanya di Asia Tenggara setelah jauh melampaui target operasinya di Australia. Keuntungan perusahaan terse- but sebelum dipotong pajak adalah A$ 3,78 juta pada 1988- 1989 dan keuntungan yang sama diperkirakan pada tahun 1989- 1990 ini. AUST-WIDE, mitra patungan menjajah Indonesia. Tahun 1767 pemerintah Belanda merubah penjajahan Indone- sia dari VOC atau Kompeni Belanda ke tangan Bataafsche Repoblik yang merupakan gabungan propinsi-propinsi Belanda. Tahun 1811 Batavia jatuh ke tangan armada Ing- gris yang dipimpin Gubernur Jenderal untuk India Timur atau EIC (East India Com- pany) Lord Minto mengangkat Thomas Stafort Raffles sebagai Gubernur Jenderal di Jawa dan daerah bawahannya. Penyerahan kekuasaan dari tangan Belanda ke tangan Inggris ini terkenal dengan nama "Kapitulasi Tuntang". Dengan adanya perebutan jajahan antara bangsa Eropa ini, Indonesia makin luas dike- dalam peraturan pelaksanaan direksi. Baru tahun 1619 missi dagang Belanda VOC masuk Sunda Kelapa, dan mengua- sainy. Saat itu Sunda Kelapa yang Jayakarta diperintah pu- tra Fattahillah bernama pangeran Jayakarta. Diatas puing puing reruntuhan kota Jayakarta yang baru dire- butnya itu dibawah pimpinan Gubernur Jenderal J.P Coen dibangun kembali kota baru yang diberi nama Batavia. Tahun 1869 terusan Suez dibuka. Dengan dibukanya terusan Suez itu pelayaran kapal ke Hindia Belanda dan Batavia terus berkembang Asia Tenggara. Termasuk In- dari utara ke arah selatan donesia, makin ramai dan menyusuri kali Ciliwung yang membuka mata ke negara- merupakan kali yang menusuk negara Eropa memperbanyak jantung kota. Karena letaknya armada kapalnya menciptakan strategis, Batavia dianggap koloni baru di Hindia Belanda penting oleh kerajaan dan Asia Tenggara. Pajajaran. Mataram dan Por- Dibukanya terusan Suez tugis tapi Juga Belanda tadi sangat mempengaruhi menyebutnya dengan "Ko- pelabuhan Sunda Kelapa ningkryk Jacatra" (Kerajaan (Sekarang Pasar Ikan) yang merupakan pelabuhan satu- satunya mas itu di Jayakarta. Jakarta) dan dibanggakannya dengan sebutan "De Koingin Vah het Oosten" (Ratu Kota Kerajaan Timur). Setiap tahun terjadi perubahan dan makin ramailah kota Batavia, pusat perekonomian. Masuknya kapal-kapal Ing- gris, Portugis, Belanda, ne geri Cina dan kapal musafir lain- nya, seperti pedagang Gujarat bahkan dari benua hitam kegia- Jakarta terus berkembang tan dipelabuhan di Sunda Ke- dan tetap menjadi rebutan lapa makin meningkat ramai bangsa Eropa yang ingin dan sibuk. (PAB) .Tertibkan pelaksanaan ope- rasional, terutama yang me- nyangkut kelengkapan kenda- raan, termasuk ijin trayek, surat keur, kps, time table dan lain-lain serta dilarang keras mengopera- sikan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan yang masih berlaku dan syah. Pupuk dan tingkatkan terus pemasukan uang pendapatan perusahaan dalam rangka mewujudkan kearah kemandirian perusahaan dengan berpedoman kepada system pengelolaan pe- rusahaan yang sehat seperti yang telah digariskan oleh direksi. Menjaga kedisiplinan dalam pemakaian seragam dinas sebagai identitas karyawan sesuai yang telah ditentukan oleh direksi. nal. Demikian pula pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan pintu gerbang utama saat itu makin bertambah ramai kapal- kapal yang bongkar muat. ● Cegah dan tiadakan pe- nyalahgunaan ataupun penyele- wengan dengan cara mening- katkan tindakan-tindakan penga- wasan melekat atau pengawasan operasional. (15) 27 Kontraktor Madiun Gulung Tikar Madiun, NERACA SEBANYAK dua puluh tujuh kontraktor jasa konstruksi ba- ngunan yang tergolong klasifikasi C ke bawah di Kotamadya Madiun gulung tiker akibat per- saingan ketat sedangkan proyek terbatas. Dalam kaitan ini ia mengha- rapkan kepada seluruh jajaran Perum Damri agar selalu beru- paya untuk meningkatkan keahli- an serta keterampilan menuju profesionalisme sebagai peng- usaha yang tangguh dan tanggap terhadap tantangan sesuai de- ngan tugas dan kewajibannya, sehingga dengan demikian dapat pengembangan kearah keman- dirian perusahaan. Untuk tercapainya maksud tersebut, Soemarjoso mengajak kepada semua pimpinan dan karyawan Perum Damri dimana saja berada untuk : . Dalam pelaksanaan tugas Dia mengatakan, pada proyek sehari-hari bertindaklah selaku pula terhadap kontraktor liar yang perumahan menjadi sangat besar. skala besar, masalah teknologi seorang pengusaha dan bukan sebagai penguasa. Dia berbicara dalam suatu seminar bertema "Teknis dan Penyuluhan Teknis Penerapan Koordinasi Modular Pemba- biasanya dikonfrontasikan dengan intensifikasi tenaga kerja dan efek-efek ganda pengembangan. Radinal menyebutkan bahwa ngunan Rumah/Gedung" yang Departemen PU kini tengah diorganisir oleh Asibbi (Assosi- melakukan berbagai upaya peng- asi Industri Bahan Bangunan aturan dan pembinaan dengan Indonesia) di Hotel Sahid kemarin. menghasilkan teknologi-tekno- Sejumlah bahan pembangunan logi dalam bentuk standar-stan- perumahan yang terus mengalami dar. Departemen PU, katanya, kini peningkatan disebutnya antara lain biaya pengadaan tanah, biaya telah memproduksi sebanyak 25 bahan bangunan serta komponen- standar tingkat nasional (SNI) dan 32 standar tingkat departemen yang disebut SK SNI. nya. Bendahara Gabungan Pelak- sana Jasa Konstruksi (Gapensi) Kotamadya Madiun, Gandung Tranggono, SH kepada Antara di Madiun, awal pekan ini menga- takan dari sebanyak 90 kontraktor yang sebagian besar terdiri atas golongan C1 dan C3 kini tinggal 63 buah. Perluasan Real Estate Australia di Asteng Gandung mengatakan pula bahwa pihaknya merasa prihatin pemerintah seperti lingkungan kantor depdikbud walaupun ber- dasarkan ketentuan hal itu tidak dibenarkan. "Kalau proyek semacam itu terus berlangsung akan memati- kan rekanan kontraktor yang sudah tergabung dalam wadah Gapensi, demikian Gandung. . Biaya Pembangunan Lebih lanjut Arfan menge mukakan, untuk masyarakat yang Menghadapi persaingan pere. Perumahan Meningkat berpenghasilan sekitar Rp per bulan jelas semua rumah yang diba- ngun Perumnas bisa dijangkau oleh mereka. butan tender yang dewasa ini meningkat para kontraktor di kotamadya Madiun melakukan perluasan usaha seperti ke arah bidang pemborongan listrik dan perdagangan. Jakarta, NERACA Gandung mengatakan, melalui perubahan usaha tersebut diha- rapkan para kontraktor itu seti- dak-tidaknya mampu bertahan sampai menunggu kembali proyek. ramainya "Kami bermaksud menger- bangkan suatu usaha di sana sebesar seperti operasi di Austra- lia dalam lima tahun mendatang ini," kata Townsing. PU-Konstruksi Dia juga menyebutkan mengenai suku bunga yang masih " suatu penawaran 30 persen dengan bank dagang di tinggi untuk konstruksi dan makin Malaysia lengkapnya dana murah guna saham yang akan didaftarkan di keperluan konstruksi. bursa efek Kuala Lumpur Nopember ini. ', Dia mengatakan bahwa bahan bangunan dalam suatu konstruksi menyerap biaya hampir 70% dari total cos. "Ini disebabkan masih banyaknya bahan yang tersisa", katanya. Dana AS 50 juta akan dihim- pun melalui penawaran saham tersebut. Kegiatan ini akan menyumbang kepada keuntungan dalam tahun 1989-90 ini. Mana- ging Director AUST-WIDE Henry Townsing, mengatakan kepada para pemegan; saham " Tenggara menawarkan banyak kesempatan". Ketua Dewan Direksi AUST- WIDE, Ron Kerr, mengatakan Asia Tenggara m mpunyai perekonomian yang kuat dan kian meningkat, suatu kelas mene- ngah yang kian berkembang, ketiadaan sistem pembayaran kesejahteraan, tingkat tabungan yang tinggi dan tingkat inflasi dan suku bunga yang rendah. "Persaingan dana investor yang relatif kurang itu dan kesu- litan pengembangan sarana in- vestasi yang menawarkan kepada AUST-WIDE kesempatan yang baik mengingat bahwa kami ter- biasa dengan sistem perundang- undangan mereka dan AUST- WIDE juga kini merupakan nama yang sudah dikenal dikalangan masyarakat investor di Asia Tenggara," kata Kerr. Tokyo, NERACA KEMENTERIAN Transpor- tasi Jepang menyetujui penurunan tarif angkutan udara sebesar tiga sampai 10 persen yang mulai berlaku awal Desember 1989 untuk penerbangan dari Tokyo ke tujuan Asia Tenggara, India, Pakistan dan Selandia Baru. Persetujuan itu diberikan atas permohonan 22 maskapai pener- bangan Jepang dan mancanegara awal bulan ini. Menteri Transportasi Takami Eto mengatakan, penurunan tarif tersebut dilakukan dalam rangka mengatasi perbedaan tarif angkutan udara dari Jepang yang dianggap terlalu mahal. KERJASAMA: Peralatan kerja yang canggih rupanya tak diperlukan lagi oleh kedua pekerja ini, ia membobok aspal dengan cara bekerjasama, yang satu memegangi pahat dan satu lagi memukul dengan palu seberat 5 Kg (Komar/NERACA) Rumah Perumnas Bisa Dibeli Warga Ekonomi Lemah ngun pihak lain di luar Perumnas. Kondisi itu baik kualitas, kon- struksi maupun luas lahannya. dibangunnya, katanya menam- bahkan. Jakarta, NERACA PEMBANGUNAN peru- mahan yang dilaksanakan Perum -Perumnas dijamin dapat men- jangkau kantong mereka yang berpenghasilan rendah dan lebih murah dari yang lain. Direktur Pemasaran Perum Perumnas Drs Arfan Hamid menjawab NERACA di Bekasi ketika berlangsung peresmian perumahan yang dibangun Pe- rumnas untuk karyawan Dept. PU di desa Margahayu, kemarin. Ia mengatakan, pembangunan perumahan oleh Perumnas masa datang adalah mengeikuti selera masyarakat dan pasar. Jika ingin membandingkan rumah Perum- nas untuk tipe 21/90 dengan harga jual dari developer diluar Perum- nas, Arfan memberi satu contoh yakni harganya jika dibeli tunai Rp 10.000.000.-, lahan yang luas- nya sama, dan cicilan untuk 20 tahun sekitar Rp 67.000,- per bulan. Inikan, jauh sekali perbe- daannya dengan cicilan rumah dengan fasilitas sama melalui KPR/BTN. Menurut dia, harga rumah itu lebih murah dengan kondisi yang sama seperti rumah yang diba- SEORANG pejabat Kantor Menpera mengungkapkan bahwa biaya pembangunan perumahan negeri ini terus mengalami pe- ningkatan, mengingat masih ba- nyaknya bahan yang tersisa. Ir Suyono, Asisten Kantor Menteri Perumahan Rakyat mengemukakan bahwa masih banyaknya bahan bangunan yang tersisa telah membuat biaya se- cara keseluruhan pembangunan Meningkatnya bahan ba- ngunan tersebut juga disebabkan terbatasnya jumlah produksi yang dibuat pabrik. "Mereka tidak melakukan produksi massal", katanya lagi. Sementara Menteri Pekerjaan Umum Radinal Mochtar yang Bandung, NERACA CALO-calo air atau yang menawarkan jasa untuk pema- sangan dan pengeboran sumur artesis (sumur bor) bagi Peru- sahaan-perusahaan di Jawa Barat kini banyak berkeliaran, dan sudah ada salah satu perusahaan yang menjadi korban penipuan sebesar Rp 700.000. Hal itu dikemukakan Kepala Bagian Pengelola Air (Bapair) Jawa Barat Drs Mahbub Mesri kepada "PAB' diruang kerjanya di Jalan Diponegoro Bandung, Kamis lalu. Mahbub menghimbau kepada para pengusaha yang akan mem- pergunakan sumur artesis jangan sampai tertipu oleh para calo, karena pada umumnya mereka menggunakan identitas palsu, bahkan tandatangan Kepala Giologipun telah dipalsukan. Sebaiknya para pengusaha yang berminat mempergunakan sumur bor, untuk perijinannya langsung datang ke Kantor Bapair karena pihaknya akan segera melayani dan mempercepat pelayanan bagi para peminta ijin, dan biaya untuk perijinan ini ditentukan sebesar Rp 400.000. Ketentuan untuk pengeboran dalam tanah bagi perusahaan yaitu antara 80 sampai 200 meter atau disesuaikan dengan biografis tanah yang ada disekitar areal yang akan di bor. Misalnya, kata Arfan, untuk tipe rumah T 21/90, harganya tidak lebih dari Rp 6 juta kalau dibeli tunai. Tapi dengan meng- gunakan fasilitas KPR/BTN khususnya, cicilannya untuk 20 tahun sekitar Rp 34.000.-/bulan. "Saya berani jamin itu lebih murah di banding dengan tipe sama yang dibangun pihak lain," tandasnya. Untuk pengawasan terhadap sumur bor yang ada di Jawa Ba- rat, pihak Bapair selalu me- ngadakan koordinasi dengan pihak Giologi, sehingga jika ada penyimpangan yang dilakukan oleh para pengusaha dapat segera ditanggulangi, bahkan dalam operasionalnya telah dilakukan sistem door-to door. Keterjangkauaan memang lebih diutamakan Perumnas da- lam memasarkan rumah yang Dikatakan bahwa perbedaan tarif udara antara Jepang dengan negara-negara industri lainnya kini telah makin menyempit, Atas pertanyaan mengenai namun tarif yang dikenakan masih lebih murah jika terbang target retribusi, Mahbub dari negara-negara berkembang. menjelaskan, pihaknya sangat membuka seminar itu mengatakan bahwa masalah teknologi dalam dua dasawarsa terakhir ini menjadi makin penting, terutama semenjak banyak negara berkembang menerapkan pendekatan pemba- ngunan perumahan secara mas- sal. "Pada prakteknya, apa pun pendekatan yang dilakukan, masalah teknologi selalu ada," ujar Radinal. Seperti diketahui Standar Koordinasi Modular yang ada berupa tata cara dasar koordinasi untuk perencanaan teknis ba- ngunan rumah dan gedung, spesi- fikasi koordinasi modular untuk bangunan rumah dan gedung, spesifikasi ukuran terpilih untuk bangunan rumah dan gedung, serta spesifikasi matra ruang untuk rumah tinggal. "Pada dasarnya tata cara maupun spesifikasi koordinasi modular tersebut merupakan stan- dar bagi perencanaan teknis, pelak sana, produsen ahan bangunan dan seluruh pemanfaat industri konstruksi," tutur Radinal. (7). Halaman, V optimis target ini akan tercapai bahkan akan over dari target yang ditentukan sebesar Rp 3,6 milyar diperkirakan akan mencapai Rp 050 999 350 toma Mengenai pembuangan air limbah dari industri, ditegaskan nya jangan sampai menjadi polusi pada alur sungai, seperti Sungai Citarum, sungai Cisadane dan idad Dengan diberlakukannya sis- tem Uang Muka (UM) yang bisa diangsur 9 kali dari jumlah uang muka, maka ini akan memberi keringanan yang sangat berarti bagi mereka yang ingin memiliki rumah sederhana. Ia juga mengutarakan, bahwa bagi mereka yang berpenghasil, an Rp 900.000.- ke atas Perum nas juga membangun tipe rumah yang sesuai dengan tingkat dan selera mereka. 1910 7197 Ditanya tentang apakah azas keterjangkauan itu bisa didapat oleh pegawai negeri golongan I dengan anak 2 untuk memiliki takan jelas itu bisa. Merekakan rumah tipe 21/90, Arfan, menya tidak menerima gaji tok saja, ada Bid tunjangan lainnya. Ia memberi contoh tentang perumahan yang ada di lokasi Margahayu ini, semua fasilitas tersedia di sini, ada air bersih. listrik dan tempat ibadah, dengan penataan yang baik tentunya penghuni merasa senang. Jadi, jika ada yang menga takan rumah Perumnas sekarang ini mahal sebenarnya, mereka itu dari mana Ucapnya balik bertanya. (11), 161 Calo Air Merajalela di Daerah Jawa Barat sungai Cilengsi harus dijaga atas harus terhindar dari limbah pab rik yang akan membahayakan bagi kebersihan air, dan bober kimia limbah yang dibuang kesungai harus diperhatikan pokoknya sungai-sungai di Jawa Barat harus diamankan jangan sampai kena polusi limbah, ujar Mahbub. Bandar Lampung, NERACA PEMDA kabupaten Lampung Utara telah menentukan kebijak- sanaan untuk mempersiapkan areal cadangan tanah kosong. guna memenuhi kebutuhan pem- bangunan fisik kota minimal sampai 20 tahun yang akan da- tang. Book Store Gedung Kramat Jati Indah Lt.ll Jl. Raya Bogor Jakarta Timur. VEN qara 11162 гьг Anda dapat memperoleh HARIAN NERACA di SEVEN ELEVEN 1. Jl. Ciranjang No. 1 telp 710196 2. Wijaya Grand Center Telp 720 2955 3. Gatot Subroto (blk. POM bensin) Telp 729 1886 WASERBA CIRCLE K Cipinang Baru No. 15 Telp 489 2774 T 1. Jl. Panglima Polim Raya No. 37 Telp 739 1046 2. Jl. Hang Tuah Raya No. 8 Telp 739 6851 3. Jl. Bangka Raya No. 12 Telp 799 3999 4. Jl. Gandaria Tengah II No. 2 Telp 770 996 5. Jl. Paus No. 84 Telp 489 0551 6. Jl. Tanjung Duren No 363 Telp 594 318 7. Jl. Mandala Raya No. 4 Telp 59! 460 KOTA JAYA mini plaza Jl. Bangka Raya No. 2 Kemang, Jakarta Selatan Telp. 7995265 A P
