Tipe: Koran
Tanggal: 1996-02-18
Halaman: 06
Konten
4cm HALAMAN 6 Persaingan Ketat Antarswalayan Bali Post KELUARGA Minggu Pon, 18 Februari 1996 Minggu Pon, 18 F Dari Perang Diskon sampai saling Intip Harga Barang membaca situasi, di samping tetap menjaga citra perusahaan sendiri. T. Indrata AW, Marketing Manager New Dewata Ayu. "Pasar modern" yang tumbuh subur di Denpasar, menjadikan konsumen bisa memilih di mana mau berbelanja. Di sisi lain, bagi pihak produsen, persaingan yang ketat tentu memerlukan strategi, ibarat perang harus selalu waspada. Bagaimana pun konsumen sekarang makin kritis dan pihak produsen tentu tidak ingin ditinggalkan konsumen. Apa saja kiat "pasar modern" mengatasi persaingan yang makin ketat, sementara di sisi lain mereka juga harus mempertahankan image agar memiliki keuni- kan yang tidak sama dengan lawan bisnis. Oka Rusmini dan Putu Witari menurunkan laporannya. sumen hadiah barang. Ir. Wayan Dharmawan, Kepala Cabang Tragia Kerta Wijaya Persaingan dunia belanja saat Putu Sawitri, Asisten Store Manager Matahari Denpasar. Diskon di Matahari ini dimak- sudkan untuk menarik minat pembeli, tetapi tidak pernah ada kenaikan harga dari harga sebel- umnya. Bayangin saja barang Diskon memang sarana paling yang begitu banyak harganya di- baik untuk menarik minat calon naikkan, secara otomatis kan kita pembeli sehingga menjadi pem- Memang MA tidak seperti bagaimana kita memuaskan kon- tas, karena kami rasa fasilitas menjadi repot dan memberatkan beli. Hari raya seperti ini kan tidak memenuhi. Mengenai per- masyarakat sendiri. Dengan paling efektif untuk memberikan saingan bebas yang bisa dibilang dan fasilitas yang mereka tidak pusat perbelanjaan yang lain, sumen dan citra kita tetap terja- tersebut cukup lengkap di tem- adanya diskon ini memang di- diskon kepada pembeli, diskon sehat itu sangat relatif. Kita di- punyai. Jadi otomatis pertam- yang begitu luas dan tempat ga. Dalam ilmu ekonomi ada pat kami. adakan kerja bakti dengan para merupakan sarana yang efektif tuntut bisa memberikan sesuatu bahan pelanggan dengan adanya parkir yanan bersaing di pasa- pun yang kita tawarkan kalau belanjaan seperti ini, memang nin ke-3. Boom Si gayan ini pula sehari-hari bisa didapatkan. Soal luas. Tetapi untuk penawaran dan permintaan. Apa Untuk mengelola pusat per- memberatkan fasilitas itu tingkat penjualan kemajuan dan suplier, otomatis keuntungan 30 untuk membuka peluang pasar. yang tidak Menurut pengamatan kami, daya masyarakat serta memberikan akan makin tinggi. Sasaran kami ran yang cukup ketat tentunya mereka tidak minta kan tidak cukup sulit karena tingkat per- beli masyarakat sekarang ini cuk- fasilitas yang dapat memudahkan di sini semua lapisan masyarakat. kami melihat segmen pasarnya. bisa. Kalau mereka sudah minta saingannya cukup tinggi. Kita Dari anak-anak, remaja, dan Bila kita berada pada segmen dan membeli berarti mereka dituntut terus-menerus selalu up tinggi. Walaupun melalui dis- masyarakat mencari sesuatu. % di diskon itu ya, sisanya men- jadi keuntungan kita. Pada dasarnya diskon itu dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan, cuma kalau untungnya kecil dan dikalikan dengan banyaknya barang tetap memberikan keun- tungan yang cukup lumayan ke- pada kita, tetapi keuntungan itu tentu terjadi penurunan. Diskon di samping untuk mencari untung, tentunya kita juga ingin membantu masyarakat meningkatkan daya belinya, teta- pi keuntungan yang kita terima tipis sekali. Jika di hari Lebaran kita tidak memberikan diskon, kita kan tidak enak sedangkan kebutuhan masyarakat kan ban- yak. Kebutuhan masyarakat tidak sebatas pada pakaian, ya istilah- nya kita memberikan kemudah- an dan memberikan harga yang murah kepada masyarakat. beli. kon, kita harus berperang dengan pasar swalayan yang lain. Itu kondisi logis yang harus kita hadapi, namun dari segi kualitas kita harus tetap mempertahan- kannya. Itu pun kita harus meny- erahkannya kepada pembeli di mana mereka membelanjakan uangnya. Secara kumulatif kami mem- berikan diskon kepada pembeli 5 kali setahun, termasuk hari-hari besar. Memang keuntungan yang kita peroleh tipis, namun diduku- ng oleh beberapa suplier dan rela- si kita yang ikut menanggung persentase diskon itu sehingga tidak menjadi beban yang terla- lu berat bagi kami. Walau ada diskon, kualitas barang diharap- kan tetap terjaga. karena kami mengambil sarana Ni Putu Sawitri, S.H. Rencana pemerintah mema- sampai pada keluarga. Boleh dib- sukkan produk asing ke Indone- ilang sekarang ini NDA ini di- sia, menurut saya, dari segi bis- gunakan sebagai nongkrongnya nis memang diperlukan. Bali kan anak muda, kami setuju saja sep- merupakan daerah internasional anjang mereka tetap menjaga di mana tamu-tamu asing datang keamanan, ketertiban dan Santhi Sastra Kristiyanto T Indranata AW BPM/wit pasar yang sama itu bisa dikata- sudah puas dan cocok dengan apa waspada dan kreatif. Kreatif dalam, kan sebuah kompetitor. Jika kita yang kita tawarkan. arti menciptakan segala sesuatu berada pada pangsa pasar yang MA sudah memiliki kon- yang baru. Kalau tidak demikian berbeda, meskipun sama-sama sumen tersendiri, dalam arti im- kita akan kalah dalam persaingan. depstore, saya rasa tidak bisa dib- age kita sudah melekat dalam Di samping itu kita harus selalu ilang kompetitor secara lang- hati konsumen, biarpun ada pu- melihat perkembangan. ke Bali bahkan menetap di Bali, melakukan hal-hal positif. Untuk sung. Misalnya MA sendiri leb- sat perbelanjaan lainnya. Untuk sebanyak-banyaknya dan mini- mal bernilai Rp 500.000. Kalau misalnya pedagang sayur dapat mengumpulkan kitir belanjaan- nya sebanyak 500 tentu ia akan mendapatkan VIP itu. Kalau di tempat lain ada ini memang sulit ditebak. Tetapi Ivoucer, jon banting di sini lain bagaimana pun, kami selalu tetap lagi istilahnya yaitu boom si gay- waspada. Orang khususnya kon- an (gayan artinya gajah swalay- sumen selalu beranggapan tem- an-red) yang berupakan maskot pat kami adalah toko kecil, teta- dari pusat perbelanjaan ini dan pi kalau konsumen mau masuk diadakan sebulan sekali tiap Se- ke dalam, beragam perlengkapan yang saya maksud dengan turun mengatasi persaingan yang harga yang dapat mencapai 30- makin ketat, kami tetap memikir 50 %. Tetapi yang biasanya tu- kan kualitas barang yang kami run harga itu hanya busana, kare- tawarkan pada konsumen. na busana yang mendapat harga Untuk ibu rumah tangga, murah dari suplier. Memang ada kami membuka counter masa- anggapan dari masyarakat yang kan. Di sini para ibu rumah tang- mengatakan busana yang turun ga bisa menawarkan masakan- harga itu dipengaruhi adanya nya, kami yang menjualkan, Ten- barang yang tidak laku. Itu tidak tunya juga tetap mengikuti atu- benar. Kami selalu menyediakan ran permainan kami, kualitas yang terbaru dan mutunya pun produk. Dalam arti secara hiegie- tetap bagus. Kepuasan konsumen inis makanan matang itu benar- tetap kami pertahankan. benar memiliki nilai gizi yang Menghadapi persaingan pasar baik. Di sisi lain, kami berusaha yang makin ketat sekarang ini, mengumpulkan para perajin un- kami selalu memprioritaskan pel- tuk ikut ambil bagian memasuk ayanan. Pelayanan tetap nomor kan barang-barang sejenis satu dan mengutamakan kepuasan handycraf, tentunya juga harus konsumen. Kami akui, pengun- memperhatikan mutu. Memang jung ke sini sampai berjubel hal ini untuk mencari jalan keluar agar mungkin tempat kami ini pionir pusat belanja kami memiliki dan masyarakat mempunyai per- kekhasan sendiri perlu memikir- sepsi bahwa kalau mereka ke su- kan banyak faktor. Tentunya permarket itu pasti ke Tiara, di harus terus-menerus mengada- samping itu tempat mangkalnya kan renovasi dan inovasi. Tem- sangat strategis dan pengunjung pat kami sendiri sering dipakai juga tidak terlalu capek, karena untuk pertemuan terutama di Pe- datang ke sini ini tidak perlu naik saban, ini bisa menampung 400 tangga atau naik eskalator. Selain orang, kami juga memberi tawa- itu harga tetap kami pertahankan ran menu dari restoran milik agar lebih murah dibandingkan kami. Untuk menarik minat pem- dengan tempat lain. Di samping itu beli tiap Sabtu juga ada hiburan stok barang di sini selalu baru. musik di foodcentre. Tentunya ini Pada dasarnya selalu lengkap dan jalan keluar untuk menunjukkan selalu baru, jadi kami dalam sehari ada kekhasan kami dibanding itu mempunyai stok-stok tertentu. yang lain. Potret Or MUNGKINKAH k perempuan Bali bisa d dalam sebuah gaun? In lah yang sering men Jimertha, siswa sekol Futura Fashion Show c Jimmy begitu dia bias gil, mencoba membe gaunnya dengan nama tical Smile of a Baline ty. Inspirasinya diper kehidupan perempu dalam keseharian c melakukan upacara a wajib dilaksanakan. Jin mengakui sangat terse gan adat-istiadat orang banyak dipengaruhi ol tan magis berhasil me impiannya, Jimmy yar ran 1972 berayah oran berusaha memasukkan bukan perempuan B gaunnya. Dia memotr pan perempuan Bali anak-anak, naik rema kah, meninggal dan re Istilah yang dipakai J tasi kehidupan manu The Mystic Konsulta Kebaya M Tanya: Kak Nandie yth, sa mah tangga usia 24 to gan tinggi dan berat b cm/45 kg. Biasanya tia saya dan keluarga p Jawa untuk merayakan PT. BISMA TUNAS JAYA dan silahturrami denga Matahari kalau melakukan cuci Kalau kita memberikan dis- gudang ada program khusus mela- kon beberapa persen di sini para lui Jon Banting. Kalau diskon relasi kami biasanya memberi- pada hari-hari tertentu, misalnya kan diskon 50% dan para relasi hari raya, atau tahun baru belum kita itu menanggung separuh dari tentu barang lama. Barang baru diskon yang kami keluarkan. pun terkadang diberikan diskon. Kalau pihak swalayan memberi- Tetapi kalau Jon Banting itu tentu kan diskon, masyarakat biasan- barang lama ditambah barang baru ya tertarik. Diskon memang sa- yang memang diberikan harga rana efektif menarik pembeli. murah oleh pihak yang bekerja Kendala yang sering dihadapi sama dengan Matahari. Memang produsen adalah munculnya ang- kalau ada diskon pihak Matahari gapan barang yang telah didiskon Kami di sini tetap berbenah Soal menarik minat pembeli selalu mengiklankannya dua atau dinaikkan, anggapan itu tidak diri dan introspeksi diri. Apalagi dengan diskon, kami juga sering seminggu sebelumnya. Terkadang benar. Mutu dan kualitas tetap ada konsumen yang komplin ke kami pertahankan dan mengop- sekarang ini tempat perbelanjaan mengadakannya sesuai dengan kami sudah buka cabang, hal ini event yang tepat. Dengan tetap sini karena kesalahan melihat tang- timalkan barang selalu baru dan gal berlakunya diskon dan menan- dalam kondisi yang baik. Persep- bukan berarti kami ingin mema- berpegangan diskon tidak akan yakan masalah diskon tersebut. si masyarakat yang mengatakan tikan pedagang-pedagang kecil. merugikan konsumen. Untuk Otomatis kami harus memberikan barang yang didiskon itu barang Padahal sebenarnya kami ingin meningkatkan kualitas itulah informasi yang benar dan men- yang diroling mungkin terjadi di membantu pedagang-pedagang sekarang pusat belanja kami juga jelaskannya dengan benar. tempat lain dan itu bukan di tem- kecil itu. Mungkin jika pemilik memiliki barang-barang yang Demikian juga kalau ada stok pat kami. Dan yang jadi kena warung itu minta ke distributorn- berkualitas sama dengan Tragia barang yang didiskonkan habis getahnya tempat kami dan beber- ya dua barang mungkin tidak di- Nusa Dua. Penyatuan ini selain terpaksa kami menghubungi Ma- apa tempat lain yang benar-be- tentunya produk-produk asing meningkatkan fasilitas pada re- ih banyak mengarah pada middle menjaga image dan citra tentu Shanty Sastra, Tiara Dewata layani. Hal ini yang kami ambil memudahkan dari segi manaje- tahari yang ada di Legian dan nar menjaga komitmen produk juga diperlukan. Kalau kita han- maja kami melakukan perbaikan up, dan pusat perbelanjaan yang kami tetap menjaga kualitas Di sini tidak ada istilah dis- untuk grosir. Jadi diharapkan men, juga menguntungkan kon- Kuta. Biasanya kalau barang ba- yang selalu baru. ya menyediakan produk lokal dalam sistem/program siaran lain mungkin mengarah pada barang, meningkatkan sistem kon, yang ada hanya turun har- warung-warung kecil itu men- sumen untuk berbelanja tidak gus dan laris dan kebetulan Dengan kondisi spesifik di tentu dampaknya bagi pemerin- dengan mengadakan kuis untuk middle low itu bukan berarti ko- pelayanan, dan peningkatan-pen- ga. Hal ini bukan dimaksudkan gambilnya ke Grosir, hal ini ten- perlu lagi ke Nusa Dua. barangnya juga habis di tempat tempat kami apalagi banyak pu- tah dan bisnis global sangat remaja melalui radio. mpetitor dalam arti secara lang- ingkatan lainnya sehingga mere- untuk mengindonesiakan kata tu memudahkan pedagang-peda- Bagi sarjana peternakan tama- lain kami biasanya kontak ke Jem- sat perbelanjaan di pusat kota mempengaruhi. Tetapi perlu di- Untuk di Bali sistem ekonomi sung tetapi jika sama-sama mid- ka tidak lari ke tempat lain. Seg- diskon itu. Di pusat perbelanjaan gang kecil itu. tan Unud tahun 1990 ini, men- ber atau Jawa Timur. Tetapi boleh dibilang cukup penat, dan catat keberhasilan bisnis di Indo- yang harus diperbaiki dan diper- dle up dapat dikatakan kompeti- men pasar kita yang paling uta- ini memang pelit diskon. Turun Mengenai pembaruan terus gelola pasar modern memang kadang-kadang itu kan dapat dengan adanya persaingan yang nesia tidak terlepas dari produk hatikan yaitu mekanisme distri- tor. Kalau ditanyakan masalah ma adalah middle up, tetapi bu- harga itu memang harga murah kami lakukan. Kami selalu mem- memerlukan kerja keras dan be- membuat masyarakat kecewa. cukup ketat dan sangat kompeti- lokal juga dan ini tidak bisa di- busi barang dari luar. Dalam ken- kiat tentu MA memberikan se- kan berarti kami tidak menyedi yang diberikan kepada suplier berikan fasilitas baru kepada lajar terus-menerus tentunya den- Kalau stoknya sudah habis terpak- tif. Namun kami tetap optimis, lupakan. Kalau ini dilakukan ten-yataan seperti sekarang ini tiap suatu yang lain dengan pusat per- akan jenis barang-barang lain dan para relasi kami dan memang konsumen selain kartu belanja gan tetap berpegang, konsumen sa kita menjelaskannya pada pem- usaha kami ini akan maju kare- tunya yang kasihan masyarakat hari raya barang suplai dari luar belanjaan yang lain. Dari segi nya. Kalau di MA diskon itu tiap hari raya kami diberikan har yang dapat memberikan kon- tetap nomor satu. na kami memberikan fasilitas harus memilih dengan kondisi daerah tidak masuk. Dan ini per- fasilitas dan kelengkapan mu- diberikan pada waktu-waktu ter- ga murah oleh suplier. Jadi oto- Yang menjadi masalah dalam lain yang mampu manarik minat majemuk. Kami percaya pemer- lu diatur mekanismenya sehing- ngkin kami kalah dengan swalay- tentu saja karena konsumen kan matis kami memberikan harga usaha seperti ini ya komplin, dan masyarakat. Kami akan mem- intah tidak akan sampai membuat ga tidak terjadi hambatan. Dalam an lainnya karena kami belum merasa terkadang merasa jenuh. murah kepada konsumen, dan pelayanan yang tidak memuas- berikan fasilitas ATM yang sudah kondisi ini menyulitkan momen apa pun barang itu tetap ada sport centre, supermarket Kini kami selalu memberikan mengambil keuntungan yang kan. Dalam pelayanan kan tidak dibangun dan operasionalnya masyarakat, Dengan adanya me- ada suplai, di Denpasar kan cuk- tetapi mungkin kami memiliki tawaran lainnya seperti sekarang tidak terlalu banyak. semua orang dapat bersifat ra- diperkirakan Maret mendatang kanisme yang rapi, masyarakat up banyak diperlukan. sesuatu yang tidak dimiliki oleh ini selain diskon kami juga mem- Di sini juga tidak ada klas- mah karena itu diperlukan job dan langsung dioperasikan 4 akan memilih dengan kondisi mereka. Misalnya pelayanan berikan voucer di mana tiap pem- klas tertentu bagi konsumen. training untuk memberikan pen- ATM. Yaitu dari ATM 4 buah yang lebih baik lagi. Kristiyanto, Marketing yang lebih bagus, kelengkapan belian Rp 100.000 mendapatkan Pengunjung yang datang itu dari garahan kepada pelayan bagaim- bank di antaranya BRI, BCA, Posisi diskon itu dalam prin- Manager MA Departemen busana dan mutu barangnya. voucer Rp 2.500. Dengan kelas bawah sampai atas. Kalau ana memberikan pelayanan yang Bank Danamon, dan Bank Exim. sip ekonomi sangat bertolak be- Store Inilah yang menjadi kiat bagi demikian, konsumen tidak han- kami menyediakan VIP itu bukan memuaskan. Ya, kalau kerja di Hal ini dimaksudkan untuk men- lakang. Dalam prinsip ekonomi Memang kalau tiap ada dis- kami untuk bersaing. ya berpatokan pada diskon teta- bererti kami memprioritaskan pusat perbelanjaan, kita memang guntungkan konsumen dari segi kita kan di tuntut untuk mendap- kon semua orang menanggapi Mamang diskon itu tidak ada pi mendapatkan sesuatu yang golongan tertentu. VIP itu kan harus tebal muka dan dituntut kualitas. Aturan mainnya biasa atkan keuntungan yang sebesar- bahwa profit berkurang. Tetapi aturan main tersendiri. Jika di lebih. Kalau diskon masa ber- karena konsumen itu rajin ber- kesabaran tinggi. Di samping itu saja dan kami hanya memberi- besarnya. Padahal dalam diskon kalau diskon itu tidak saling suatu depstore diskon 15 % di lakunya sekitar 1-2 minggu. Yang belanja di sini dan dapat men- kan fasilitas, mudah-mudahan ini untungnya yang kecil tetapi merugikan, diskon itu wajar-wa- tempat lain 25 % itu kan terser- lebih banyak dicari konsumen ke gumpulkan kitir belanjaannya dengan adanya fasilitas ini kita berharap dari penjualan yang jar saja diberikan kepada kon- ah manajemennya. Yang terpent- MA ini hanya sepatu, butik dan Mengenai kualitas barang masyarakat datang ke NDA dan banyak keuntungan yang diper- sumen. Dengan adanya diskon, ing tidak merugikan depstore itu yang di Jon Banting itu tetap di- menyebarluaskan fasilitas yang oleh akan menjadi besar. Kita kan konsumen kan akan lebih tertarik sendiri. Tidak mungkin ada dep- jaga, demikian pula kualitas lengkap. Memang jika kita han- ingin membantu masyarakat un- membeli produk kita, sehingga store yang ingin rugi dan mem- barang-barang lainnya. Di sini ya mengoptimalkan dari hasil tuk meningkatkan daya beli yang dikejar bukan lagi keuntun- berikan harga di bawah harga usia barang itu hanya tiga bulan penjualan kami akan repot dan mereka, di mana di hari raya dan gan tetapi omset. Kalau di MA pokok. Jika ada depstore yang dan itu pun harus habis. Karena cukup payah dengan persaingan hari-hari besar lainnya kebutuhan diskon diadakan untuk menarik memberlakukan barang lama bagaimana pun kita kan tetap seperti ini. masyarakat cukup banyak. Kita minat masyarakat, tetapi barang didiskonkan itu sebenarnya tidak menjaga citra yang baik. Kalau Kami di sini selalu melaku- hanya memberikan nilai lebih di yang didiskonkan itu bukan merugikan konsumen, karena diskon memang telah diprogram- kan peningkatan-peningkatan mana pendapatan yang mereka barang lama. Kami di sini me- kan dilihat dulu kualitas barang- kan dan diadakan tiap hari raya. sistem pelayanan dari segi cus- peroleh dapat digunakan untuk mentingkan kebutuhan dan beru- nya. Di samping itu pihak dep- Diskonnya yang dulu hanya 20 tomer service, sistem promosi, membeli sesuatu atau produk saha memuaskan konsumen, dan store barang itu segera laku teta- % kini sudah meningkat menja- dan yang lainnya untuk menun- yang lebih dengan harga yang tidak mungkin kita membohon- pi tidak mungkin mereka mem- di 25 % karena di kompetitor jang kemajuan sistem pelayanan murah. Memang tiap ada diskon gi konsumen dengan merenova- berikan harga yang mahal dan saya lihat juga 25 %. di sini. Dan kami juga mengu- di beberapa pusat perbelanjaan si barang-barang yang sudah memberikan harga di bawah har- Persaingan pasar modern sep- payakan customer service beker- selalu ada istilah saling intip. Hal lama dan tidak laku kemudian ga pokok jadi itu sudah merugi. erti sekarang ini kita harus sal- ja sama yang lebih optimal lagi itu boleh-boelh saja dilakukan. disuguhkan pada konsumen. Tetapi yang terpenting adalah ing intip. Seperti misalnya Hari dengan para travel, tour and trav. Tetapi akhirnya kita kan hanya Raya Galungan yang lalu karena el dan sasaran lainnya. Kami memperebutkan image jika hal semua swalayan memberikan memang mengupayakan agar ini sampai terjadi. Kalau dalam Kredit Tanpa Bunga! diskon kita juga memberikan dis- para tamu asing agar dapat ber- kondisi seperti ini profit kita Dapatkan Key-telphon dengan banyak keistimewaan kon kepada masyarakat, dan ini belanja ke sini dan mungkin be- memang tidak bisa tinggi, image pun harus dibicarakan dulu den- berapa swalayan lain tidak men- yang kita adu. Yang jelas makin gan atasan kalau boleh memberi- goptimalkan hal ini, dan kesem- tinggi diskon yang kita berikan kan diskon ya syukur kalau tidak patan itulah yang bisa kami am- tentunya akan makin menarik. boleh buat. bil. Karena seperti di swalayan tetapi dari segi harga tidak kita Bagi Putu Suwiti, yang tama lain kondisinya sangat ramai dan naikkan, dan tidak mungkin kita tan Fakultas Hukum Unud itu belum tentu tamu-tamu asing lakukan hal seperti itu. bekerja di pasar modern memang suka dengan kondisi seperti itu. diperlukan kesabaran dan loyal- Di samping pengunjung yang itas tinggi. Harus pintar-pintar begitu ramai, tempat parkir pun kita juga memerlukan komunika- si yang baik. apa Dapur dan ambil tusuk sate, tusuk-tusuk lalu panggang sampai matang, sambil dilumuri sisa bumbu tadi. Melihat persaingan yang be- gitu ketat, strategi marketing agak susah. Namun kami optimis Sate Buntel Bahan dan Bumbu: 1/2 kg daging cincang (daging apa saja boleh, sapi, kambing, menurut Sate Lidah selera), 1 sendok teh ketumbar, Bahan dan bumbu: 1 buah 1 biji bawang bombay, merica, lidah sapi, 5 siung bawang putih, sedikit jinten, garam, kecap ma- gemuk, 5 buah bawang merah, 5 buah kemiri, 5 buah cabe mer- nis, vetsin, 1 sendok teh ment- Ayam Panggang Bahan: 1 ekor ayam yang 5 siung bawang putih, 4 biji ke- miri, 1 sendok makan ketum- bar, gula merah secukupnya, 2 batang sereh, salam, lengkuas, garam, dan 2 butir kelapa yang dibikin santan kental. ah, sedikit terasi, garam, gula ega, minyak goreng dan tusuk merah salam, lengkuas, asem, sate. vetsin, dan 1 butir kelapa yang Caranya: Bawang bombay dibuat santan kental. diiris halus dan ditumis dengan Caranya: Lidah sapi dicuci mentega. Bumbu dihaluskan, dulu yang bersih, lalu direbus campur dengan daging cincang Caranya: Ayam dibersihkan sampai empuk, dan potong kecil- dan tumis dan bawang bombay lalu dicuci dan dipotong-po- kecil. Semua bumbu dihaluskan yang sudah matang tadi, aduk tong, jangan terlalu besar. Ke- kecuali salam, lengkuas. Bumbu sampai rata. Ambil 2 buah tusuk lapa dibuat santan kental. Se- halus digoreng dengan sedikit sate, dan ambil adonan daging mua bumbu dihaluskan kecuali minyak lalu masukkan santan tadi bentuk pada tusuk sate, bisa daun salam, lengkuas dan sereh dan salam, laos, garam, gula, berbentuk panjang dan gemuk dimemarkan. Setelah bumbu vetsin, asem. Setelah mendidih ataupun bulat. Jadi bentuk sate halus, goreng dengan sedikit masukkan lidah sapinya dan menurut selera masing-masing. minyak, aduk-aduk sampai aduk-aduk sampai matang. Ka- bumbu setengah matang, ma- lau sudah tidak berair, angkat dan sukkan salam, lengkuas, sereh, tusuk pakai tusuk sate, kemudi- garam, gula, dan kalau yang bi- an panggang sampai warnanya asa masak pakai vetsin dapat kecoklatan. ditambahkan sedikit. Apabila sudah berbau harum, masukkan santan kentalnya, aduk terus sampai berminyak. Sesudah itu baru masukkan ayamnya dan terus diaduk, sampai ayam ma- tang. Angkat dari penggorengan ●Sri Redjeki KUPON DAPUR Redaksi Dapur menerima menu masakan, (naskah diketik dua spasi), sertakan foto-foto masakan Anda. Juga sedikit ceritakan masakan itu. Kirimkan ke Redaksi Bali Post Minggu, Jl Kepundung 67 A, Denpasar. Camtumkan Kupon Dapur pada sudut kiri amplop. Bagi yang naskahnya dimuat, Redaksi menyediakan hon- or. Honor diambil satu bulan setelah pemuatan. Yang tinggal di Denpasar bisa diambil langsung ke Redaksi,. Yang tinggal di Luar Denpasar, Honor akan kami kirim guna mewujudkan citra ekslusive perusahaan. 1 line 4 Ext: Kredit 4X Rp.250.000,- 1 line 6 Ext. Kredit 6 X Rp.233.500,- 1 line 8 Ext. Kredit 6 X Rp. 300.000,- Untuk: Kantor, restanrant, hotel kecil, DII. Hubungi: 580 Jln. Gatot Subroto No. 1 Denpasar Telp. 425652 Garansi 1 tahun pelayanan 24 jam USAHA DAGANG & PERCETAKAN OFFSET "KARTIRA Percetakan Offset, Cetak Cepat/Riso, Sablon, Hotprint, Foto Copy, Penjilidan, Laminating & Press Mika, Stempel dill. Alat Tulis/Perlengkapan Kantor, Mesin Tik, Mesin Stensil, Mesin Hitung/Calculator, Meja Tulis & Kursi 2, Filing Kabinet, Brandkast dll. Alat2 Olah Raga Sekolah, Alat2 Peraga Pendidikan dll. MN UD. "MULTI NIAGA" ELECTRONIC Mesin Tik Electronic, Computer & Accessories. Mesin OHP, Slide Proyector & Screen. Intercome/Interphone, Telepon pakai kunci, Cordless / Wirelessphone, Telepon pakai koin, PABX/Key Telephone, Faximile, Mesin Answering. Toa Wireless, Sound System Toa (Ampli, Mic, Hom Speaker, Colum Speaker, Ceiling Speaker) Megaphone, Tens Karaoke dll. CCTV Philips, Kamera Video Sony. A.C.: Window & Split. Dan Alat2 Electronic lainnya. C 396 DI GIANYAR: DI DENPASAR: DI TABANAN: JL. KEBOIWA (DEPAN PLN) JL. KAPTEN JAPA 89 A TELP. 942330 FAX. 942785 JL. KASWARI 5 TELP. 223231 FAX. 236983 TELP. 811380 FAX. 812215 C. 487 DAPATKAN HARGA KHUSUS GARANSI 1 TAHUN SIMON AC. BENGKEL KHUSUS AC MOBIL JL. GATOT SUBROTO 370 DENPASAR Menyambut IDUL FITRI & NYEPI CAKA 1918 Untuk pemasangan AC mobil Espass+ Extra Fan Rp 650.000,- Untuk pemasangan AC mobil Ferosa + Extra Fan Rp 700.000,- MUTU DAN KENYAMANAN KAMI UTAMAKAN SUZUKI TEUKU UMAR C. 356 PT. CAHAYA SURYA BALI MEGAHABADI JL. TEUKU UMAR 110 C TELP.231133-225802 KABAR GEMBIRA/ HADIAH LEBARAN SUZUKI INOVASI TIADA HENTI KAMI MEMBERIKAN ANDA PILIHAN TERBAIK SUZUKI SHOGUN - 4 TAK SUPER IRIT DAN SUPER ISTIMEWA ●SUZUKI TORNADO - 2 TAK SI RAJA JALANAN LARINYA LUAR BIASA MINGGU BUKA BERGEGASLAH ....!!! UANG MUKA MULAI Rp.500.000,- KREDIT S/D 4 TH HADIAH (RICE COOKER/TAPE COMPO/CAMERA) PLUS HADIAH LAIN SERVICE 6X, GRATIS 1 X HADIAH T SHIRT/BUSI/JAS HUJAN HUBUNGI SEGERA KAMI SIAP MENANTI ANDA C. 530 SENTRAL YAMAHA JL. TEUKU UMAR 72-76 TELP.232528 DENPASAR YAMAHA PILIHAN UTAMA Dapatkan...! BONUS LEBARAN dari YAMAHA untuksetiap pembelian motor bebek Yamaha BERLAKU DARI TGL. 15 JANUARI S/D 15 MARET 1996 Gratis: -1 Jacket Exclusive -Helm Exclusive Gantungan Kunci - 3 Kali Service KEUNGGULAN TEKNOLOGI Untuk menyambut Hari Raya Imlek & Hari Raya Idul Fitri Discount 20% Berlaku s/d 19 Feb.' '96 Hadiah Langsung Rice Cooker & Payung Eksklusif Yamaha UANG MUKA RINGAN KHUSUS P.N.S. UANG MUKA 0% YAMAHA BUCCHERI GEKUIKE CEATHER Dapat dibeli di Toko Sepatu BUCCHERI Jln. Diponegoro Komplek Kerta Wijaya No.98 NA 4 Dps dan Dapatkan juga di Toko Sepatu BUCCHERI Jln. Bakung Sari Komplek Kuta Square Blok A 10/A 19 Kuta C 457 dan famili saya. Pad hari, pas hari lebaran biasanya mengadakan halal bihalal beserta se luarga besar kami di se dung dengan jamua malam sambil bereuni maaf-maafan. Saya ing dengan kebaya mode praktis simpel tetapi gurangi kesan anggun bantuan Kak Nanie d beberapa pilihan yan untuk saya kenakan pa tersebut dan sebutkan j kain yang cocok un gunakan. Atas bantuan ucapkan terima kasih. Ny. Nurna Darya Jl. Teuku Uma Denpasar - Bal Jawab: Sebelumnya saya moh surat Anda bisa dimuat p menjelang hari raya Idul jak sebelum bulan puasa sekali surat yang masuk ta dibuatkan busana mus dapat digunakan pada bulan Ramadhan. Mudah Bagi Anda yang m bahan tetapi binggur brik ini via Bali Post Kartika Plaza Gg. Nu 2cm Color Rendition Chart C.405
