Tipe: Koran
Tanggal: 1996-02-18
Halaman: 12
Konten
4cm HALAMAN 12 P TAH MAS Bali Post ROYEKSI m Menara Masjid Kudus (kiri) bercorak Hindu, Masjid Demak bergaya tradisional sebelum dirombak (tengah), dan Masjid Istiqlal (kanan) tampil dalam kesatuan arsitektur yang kompak menyiratkan suasana formal kenegaraan. PADA awalnya, bentuk arsitektur masjid bukanlah berupa bangunan yang megah perkasa, penuh keindahan dengan ciri-ciri keagungan arsitektural pada penampilan fisiknya. Masjid yang pertama kali dibuat oleh Nabi Muhammad SAW justru sangat sederhana. Nabi Muhammad SAW yang lahir tahun 570 adalah peletak dasar arsitektur Islam. Arsitektur Islam sangat erat hubungannya dengan perkemban- gan arsitektur masjid. Masjid itu sendiri merupakan titik tumpuan dari ungkapan kebudayaan Islam, sebagai akibat dari ajaran agama Islam. Masjid Dalam Karya Arsitektur Nasional Indonesia Prinsip Fungsionalisme juga merupakan kebiasaan dari adat lama Masjid yang pertama kali didirikan Arab yang memanfaatkan bentuk lapan- oleh Nabi Muhammad SAW nampaknya gan terbuka di antara dinding-dinding berpangkal pada prinsip fungsionalisme. pembatas, untuk menampung aktivitas Intuisi manusiawi beliau didasari atas pertemuan dan aktivitas kehidupan lain- prinsip mendirikan sesuatu di atas tanah, nya (Abdul Rochym, Drs. 1983:27). dengan tujuan untuk memberi tempat dan melayani kebutuhan masyarakat yang ter- jadi secara spontan pada saat itu. Prototipe masjid yang dibuat Nabi Muhammad adalah "masjid lapangan" Sebab unsur utamanya adalah lapangan di bagian tengah denah dan dikelilingi dinding tembok pembatas. Konsep ini HONGSUI → Diasuh Ronal Hikari Denah masjid adalah segi empat yang dibatasi dinding. Di sepanjang dinding dalam, dibuat semacam serambi yang langsung berhubungan dengan lapangan terbuka sebagai bagian tengah masjid. Pintu masuknya diberi tanda dengan gapura atau gerbang yang terdiri atas tumpukan batu-batu alam. Masjid yang Ir. DW PT Suta Adnyana, Denpasar Bentuk tanah ini; dalam kat- egori hongsui sesungguhnya cukup baik. Sedangkan paduan dari tanggal lahir Saudara, po- sisi arah yang sesuai adalah • menghadap utara. Maka posisi pintu ruang tamu yang mengh- adap ke barat masih dapat Rubrik ini melayani konsultasi perihal tanah, rumah, tempat usaha, logo, dan segala bentuk properti seperti •meja, tempat tidur, dan sejenisnya. Tuliskan data tang-menuntun rezeki serta karier •gal, bulan, dan tahun lahir Anda (jika tidak ingat, cukup pasfoto terbaru dan gambar denah yang ingin Anda per- tanyakan) dalam amplop tertutup, sertakan guntingan. "Kupon Hongsui", kirim ke Redaksi Bali Post, Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232. Pertanyaan tidak akan ditanggapi jika Anda tidak mencantumkan identi- tas. Pembina - A Saudara maupun keluarga, Sedangkan fungsi penataan tata letak untuk rumah ini me- ⚫menuhi syarat kriteria hongsui dan patokan demi kebaikan ser- ta kelancaran rezeki maupun ke- harmonisan keluarga selanjut- nya. Rumah ini dipengaruhi oleh tinggi tanahnya dari jalan raya minimum 12 cm. Men- diperlukan. genai ruang tidur Saudara yang tepat adalah di kamar tanda B dengan posisi kepala di utara dan kaki di selatan. Selamat memperbaiki. dan dorongan pihak sekolah sangat besar. Kedua, penera- (Sambungan Hal 8) pan mekanisme latihan ber- Tidak Mudah jalan lancar dengan pembinaan Menjadi pembina VG, kata yang intensif. Bogi yakin, jika Bogi, bukan pekerjaan yang salah satunya tidak berperan, mudah. Apalagi menghadapi sulit bagi grup bersangkutan suatu event, kerja sama yang meraih prestasi yang baik. harmonis antara pembina dan 'Keduanya harus menduku- penyanyi mutlak diperlukan. ng, anak-anak memiliki teknik Syarat ini pula yang mengan- olah vokal yang baik, pembi- tarkan grup vokal SMAN 3 na pun harus mampu mengga- Denpasar tampil sebagai grup li potensi itu," kata Bogi sam- vokal yang relatif tangguh di bil menambahkan, jika mas- Bali sembilan kali juara I ing-masing kelompok mulai di PSR. Ada dua kekuatan melakukan pembinaan yang yang menyebabkan SMAN 3 Denpasar (asuhan Bogi Prasetyo, red) belum bisa di- geser oleh sekolah lain. Perta- ma, kedisiplinan berlatih para pendukung sangat tinggi, mereka rata-rata menguasai teknik olah vokal yang bagus, I Komang Kari, Denpasar Penataan denah rumah ini sudah cukup dalam memenuhi syarat kriteria hongsui. Tetapi jika Saudara ingin memiliki fungsi yang lebih terarah se- baiknya pintu keluarga (tanda A) dinonaktifkan jika tidak jika di dalamnya ada aranser tetap dan berkualitas," kata Ngurah Arjana. Artinya, arans- er atau orang yang bertugas mengaransemen lagu memega- 7129 dibuat Nabi Muhammad ini konstruksin- ya alamiah dengan penyelesaian yang sederhana dan cepat bisa digunakan. Ba- tang pohon kurma yang alamiah diman- faatkan sebagai tiang, pelepah kurma se- bagai rusuk-rusuk pengatap dan daunnya digunakan sebagai atap. Sedangkan dind- ing-dinding batu yang kuat ditumpuk menjadi dinding pelindung dengan perekat tanah liat. Tempat Nabi Muhammad menyam- paikan wejangan adalah berupa penon- jolan dinding yang juga merupakan se- rambi, ditopang pelepah pohon kurma TIPAR R. Tiue Jo R.KELUARGA KM/WC A R. TAMLE Texas Posisi arah yang sesuai un- tuk Saudara adalah menghadap timur. Ini telah sesuai dengan rezeki kelahiran dan chi wajah Saudara. Ukuran pintu tanda (A), jika dibuat setil Bali, se- baiknya lebar ke-2 pintu tidak melebihi ukuran lebar + panjang pintu tanda (B). Sedangkan mengenai pena- taan tata letak fungsi tanah ini kami tidak melihat kontra satu sama lain. Saran kami, sebaikn- ya penataan rumah nantinya leb- kan juga musik dangdut yang dimeriahkan oleh artis dangdut ibukota, seperti Rhoma Irama Show, Elvi Sukaesih, Itje Tris- nawati, Ike Nurjanah dan Ona Rhoma Irama Show mem- ng peranan sangat penting Sutra serta artis lainnya. dalam suatu grup vokal. "Akan lebih bagus lagi jika bawakan lagu-lagu dakwahnya masing-masing anggota dalam bertajuk "Dangdut dan Dak- sebuah grup vokal mempunyai wah" berturut-turut akan kemampuan mengaransemen tampil pada Selasa (20/2) dan dirinya sendiri," tambahnya. Rabu (21/2), pk. 18.00-18.30 Bagi Ngurah Arjana, salah satu WIB. Artis dangdut lainnya kelemahan rata-rata grup vokal yang dikemas dalam "Dangdut di Bali memang terletak pada Show" yang dimulai 18, 19, 20 kurangnya kemampuan aran- dan 21 Februari, selama satu semen ini. Makanya, tambah- jam tiap pk. 21.30-22.30 WIB nya, di Bali saat ini masih lang- akan dihibur oleh Ike Nurjan- ka grup vokal yang mampu ah, Ona Sutra, Itje Trisnawati Di samping soal pembinaan menerapkan acapela-olah dan Elvi Sukaesih. intensif, menurut Ngurah Ar- vokal utuh tanpa bantuan alat jana, VG juga memerlukan se- musik. (jep/tin) orang aranser. "Sebuah grup vokal akan langgeng berdiri terpadu, bukan hal mustahil nantinya akan muncul juara baru. Kupon HONGSUI Aneka - Acara yang tidak kalah me- nariknya adalah sajian wayang golek oleh dalang pelawak Haji Komar, tampil Selasa, 20 Februari dini hari kurang leb- ih selama 4 jam (pk. 01.30- 03.30 WIB). ih dominan di sisi barat dan timur. Keterangan: 1. Merajan/sanggah keluarga 2. Sanggah karang 3. Bangunan paman kami 4. Bangunan dapur 5. Bangunan paman kami 6. Bangunan lama yang akan kami rombak sesuai dengan denah di atas B. Pintu keluar/masuk pekarangan. beda dengan televisi lainnya. Televisi lain penuh dengan hiburan dan tayangan khasnya, RCTI menyambut hari Raya Idul Fitri dengan "Gema Tak- bir Ramadhan". Juga akan di- tayangkan kegiatan "RCTI Peduli" bekerja sama dengan yayasan Janur Kuning. "Gema Takbir RAmadhan" akan dimeriahkan sekitar 8.000 remaja masjid dari lima wilayah DKI Jakarta. Mereka akan berkeliling kota sebelum menuju ke perhentiannya yang dipusatkan di Istora Senayan Jakarta. Acara ini akan disiarkan se- cara langsung, Pk. 21.00 WIB. Dimeriahkan juga oleh artis Nicky Astria, Camelia Malik, Idris Sardi dan Azdan Pitu dari Cirebon. Sebagai puncak dari kegiatan acara tersebut, RCTI akan membagikan hadiah ke- pada para pemenang berbagai macam lomba yang telah dise- lenggarakan bulan lalu dalam RCTI dalam merayakan rangka RCTI Perduli. paket-paket religius menampil- malam takbiran, rupanya ber- (Sambungan Hal 9) yang dilimpahkan Allah pada si penjual kacang. TPI, selain menayangkan RCTI (trin/nda) dan tempat ini sedikit ditinggikan. Di kemudian hari tempat ini berkembang menjadi relung atau ceruk yang menun- jukkan arah kiblat, disebut mihrab, se- dangkan tempat duduk Nabi yang beru- pa serambi pada dinding dan tempatnya ditinggikan disebut mimbar. Tidak lama setelah Nabi Muhammad SAW wafat yang menurut perhitungan ahli sejarah pada 8 Juli 632, agama Is- lam mengembangkan sayapnya ke Asia Barat, seluruh pantai utara Afrika sam- pai Spanyol, seluruh Asia Tengah, kemu- dian juga sebagian India lalu ke In- donesia (Dahlan Mansur, Moh, 1956:206). Setelah Majapahit Penyebaran agama Islam di Indone- sia makin kuat sejak kekuasaan Majapa- hit mulai menyurut. Setelah Gajah Mada meninggal dunia tahun 1364, terlihatlah tanda-tanda keruntuhan Majapahit. Kesuraman Majapahit makin tampak set- elah wafatnya raja Hayam Wuruk. Meskipun Majapahit masih bertahan, suasana kerajaan diwarnai pertikaian dan perebutan kekuasaan. Kondisi ini diman- faatkan bupati-bupati di daerah pesisir yang telah beragama Islam, melepaskan diri dan berontak terhadap kekuasaan Majapahit. Sekitar tahun 1518, Patih Udara dis- erang oleh Dipati Yunus yang berkuasa di Demak. Majapahit nampaknya harus menerima kekalahan. Kemegahan dan kejayaan Majapahit akhirnya tenggelam, diduga sekitar tahun 1528 setelah wilayah Panarukan membuat perjanjian dengan Kerajaan Malaka (Yamin, Mu- hammad, 1993:89). Era baru kerajaan Islam pun mulai muncul di bumi Nusantara. Ajaran aga- ma Islam yang masuk tanpa kekerasan, nampaknya juga bersifat terbuka ter- hadap unsur-unsur kebudayaan lama, se- belum Islam masuk. Karena itulah wu- jud arsitektur masjid di Indonesia dipen- garuhi oleh faktor sejarah, latar belakang kebudayaan daerah, faktor lingkungan, serta adat-istiadat (Abdul Rochym, Drs. 1983:36). saat Islam masuk berbaur dengan unsur Hindu, kemudian menjadi wujud-wujud arsitektur masjid di Indonesia. Berbagai kebiasaan yang melengkapi bangunan tr- adisional daerah, juga menjadi kelengka- pan dari masjid. Seperti misalnya, bahan bangunan lokal, atap khas daerah, serta faktor posisi yang ada dalam kehidupan daerah. Masjid-masjid yang dibangun di ber- bagai daerah senantiasa menonjolkan un- sur-unsur daerah, dengan nilai-nilai tra- disionalnya. Hubungan masjid dengan faktor daerah sangat kuat, sehingga masjid dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Karena itu, di awal perkembangan agama Islam, arsitektur masjid serupa dengan bangunan berar- sitektur daerah. Dengan kata lain, masjid tampil sebagai bangunan yang bercorak sional daerah. Masjid Agung Demak misalnya, wujud arsitekturnya merupa- kan akulturasi Islam dengan Hindu dan motif hias tiang-tiang bangunannya nam- pak berhubungan dengan kebudayaan Majapahit. Demikian pula Masjid Me- nara Kudus adalah wujud akulturasi Is- lam dengan Hindu dan gerbangnya ber- corak bangunan Majapahit. Di zaman raja-raja Islam, arsitektur masjid banyak dipengaruhi oleh kekua- saan raja-raja. Sebab raja memiliki kekuatan untuk menentukan corak pe- nampilan masjid dan erat kaitannya den- gan kedudukannya. Sehingga masjid menjadi lambang dan kekuasaan negara dan dibangun dekat keraton. Dimensin- ya dibesarkan, wujudnya tetap bercirikan arsitektur tradisional daerah dengan atap khas dan dibangun di barat alun-alun keraton. Minggu Pon, 18 Februari 1996 Perjalanan sejarah akhirnya mengan- tarkan rakyat Indonesia menuju kemer- dekaan bangsanya dari penjajahan. Za- man kemerdekaan dalam kehidupan du- nia yang serba modern menyebabkan ran- cangan arsitektur masjid sangat memper- hatikan fungsi praktis. Hal ini sesuai den- gan tuntutan dan sifat kehidupan masyarakat modern. Sehingga arsitektur masjid tampil dalam wujud bervariasi, terutama dalam corak rancangan kubah- nya. Meskipun demikian ada juga pengec- ualian bentuk yang ditampilkan dalam ar- sitektur Masjid Salman di selatan kam- pus ITB Bandung. Masjid ini malah tidak dibuatkan kubah, tetapi beratap beton cekung, seolah-olah menggambarkan manusia yang sedang berdoa, yang diperkuat dengan bentuk menara yang menyerupai tangan yang menadah ke atas. Masjid Istiqlal, kubahnya merupakan bentuk setengah bola murni, memiliki daya dominasi terhadap keseluruhan ban- gunan. Bentuk arsitekturalnya menampil- kan kesatuan yang kompak dan bersih, karena tidak menonjolkan detail-detail dekoratif maupun elemen bangunan. In- teriornya bersih dari ornamentik, sehing- ga mendukung kekhidmatan ruang uta- ma. Eksteriornya dilengkapi kolam- kolam yang besar, sedangkan menaran- ya ditempatkan jauh dari bangunan in- duk, berupa menara beton yang cukup tinggi. Meskipun arsitek Masjid Istiqlal bu- kan beragama Islam, tetapi cukup mam- pu menghayati kedudukan masjid se- bagai bangunan penting yang suci bagi umat Islam dan mampu menampilkan rancangan arsitektur masjid untuk aktiv- itas kenegaraan. Dengan masuknya gerakan politik ko- lonialisme penjajah Belanda, maka Be- landa berusaha memotong hubungan raja Perjalanan sejarah telah membawa dengan rakyat di kerajaan-kerajaan Islam. bangunan masjid sebagai pendukung Intrik-intrik berupa taktik adu domba di- karya arsitektur nasional Indonesia. Pem- hembuskan, sehingga timbul perpecah- bangunan masjid pada prinsipnya adalah an di antara sesama bangsa. Lalu Belan- pelaksanaan amanat dari Tuhan Yang da membentuk pemerintahan kabupaten Mahaesa, sebagai konsekuensi umat yang dipimpin oleh seorang bupati, yang yang beragama Islam. Melalui masjid di- pola pemerintahannya seperti pola kera- harapkan dapat membentuk individu Masjid Indonesia jaan Islam. Kemudian dibangun pula masyarakat Muslim Indonesia yang utuh Pertumbuhan masjid dalam arsitektur masjid kabupaten yang dibangun secara jasmani dan rohaninya, sehingga menja- di Indonesia nampaknya sejalan dengan megah. Dalam penyelesaiannya banyak di potensi yang positif bagi pemban- perkembangan ajaran Islam yang masuk menampilkan unsur-unsur Barat melalui gunan bangsa. ke dalam kehidupan masyarakat di Indo- bidang-bidang geometris dengan jende- nesia. Bentuk tradisi daerah yang pada la berkaca. PERUMAHAN Gede Mugi Raharja PURI KUTA Lokasi Strategis : - 2 menit ke Pantai Kuta - 3 menit ke Airport -5 menit ke Sanur -7 menit ke Nusa Dua - 8 menit ke Denpasar Diantara 3 Hotel Berbintang yaitu : Perdana Dadi Hotel (lk 50 meter) - Grahadi Hotel (lk. 50 meter) - Kuta Timur Resort (lk. 100 meter) Berada Antara : - 600 meter dari Plaza Bali Dept. Store -150 meter dari Gelael Dewata Kuta DEVELOPER PT. PURI LUMBUNG MAS (Anggota REI No. 13.00031) JI. Diponegoro 150 Komplek IDT Blok A2 Denpasar - Bali Phone: (0361) 222520 Hunting Fax. (0361) 221380 FASILITAS: LISTRIK PLN AIR PAM HOTEL PERDANA- TEMPAT BERMAIN POMPA BENSIN GELAEL DEWATA KE SANUR GRAHADI BALI FERUMAHAN KUTA PERMAI LOKASI PLAZA BALI KUTA TIMUR RESORT UTARA C. 331 Minggu Pon, 18 Februa LOWONGAN Diperlukan segera guru Bhs Jepang dan Jerman, 2 orang tukang masak sari laut yg berpengalaman 2 orang sopir yg punya Sim A/B, orang pembantu RT, bagi yang ber minat datang langsung ke Jl. Ulu watu No. 27B Jimbaran Kuta 701709, 701295 dengan Ibu Ind M. 5913 Dibutuhkan segera Teknisi Elektr arus lemah diutamakan menguasa TV atau Pemancar Hub. Jl. Ika Tuna II blok C No. 1A Pelb Beno (Bali). M. 590 Dicari seorang tenaga lulusa SMA/ sederajat Artha Karya Tbr M. 607 Dibuth. U/Sek, Ksr, Pemb. & U dididik Pimp. Pems, Syrt. Min 23 T Py. Kend. Diut. Sjr. Lam Kirm P BOX 3600 Dps/Jl. Jend Sudirma No. 18 Sgr. M.55 Dicari segera tng wanita Admini trasi S1 atau D3 Akuntansi, con puter, bhs Inggris dan tenaga pr sales/marketing management S atau D3 dan bisa bhs Inggris unt product yang cukup terkenal. Lam ran segera ke PO Box 3698. M. 60 Dicari waiter/waitress yang berpe galaman dan berbahasa Inggri Jepang, alamat Koki Rest Nu Dua No. 1. M. 60 Dicari sopir pribadi SimA & C b pengalaman JI. Nangka 78 Dps. BIRO JASA M. 60 Terima kiriman barang tujuan N dan Dili, Hub tlp 425417. M. 60 DIJUAL MOTOR M. 60 Alfa '90 JI. A. Yani Perum Niki M tiara T. 423729, Karianta. Jual P 150 SE/C 700 Hub. Te M. 60 702973. Motor besar Magna ala Renega Tp 482083. Dijual Star 86 BU Jln. Gn. Ba IV/129 Monang Maning. Astrea 800, Sup Cup 81 +tnh are Hub JI. WR Supratman 85 Dps. M. 6 M. 6 M. 6 GL Pro 87 Hp 2,6 jt Hub. Te 421479. M. 6 DIJUAL TANAH Dijual tnh. kav. 2 are JI. Tukad P coran Hub. Telp. 461275. M. 6 Jual tanah seluas 32 are, Popples lane 2 Kuta Hubu Telpon 755954. M. 4 Jual tanah sekitar Jln. Nangka L are Hub.Jl. Ken Umang IV 2 B, Binoh Kelod Ubung Dps. M. 6 Dijual tanah + beserta bang nannya di Jln. By Pass Ngurah 75 X dgn luas tanah 14 are H Telp. 234613. RUPA-RUPA DENPASAR M. 5 Radio Yuda Kini siarannya pas c sangat-intim menghibur unt. B terbesar penduduk di Bali se Pulau sekitarnya, melalui AM 8 Khz. Sasarannya adalah pen ngar menengah bawah, merupak Media promosi produkAnda!!! H Bag. iklan di Jln. Hayam Wuruk 78A, phone 227422 Mb PT "Radio Bali Perkasa" AM 6 KHZ, media yang tepat untuk p mosi dan informasi, studio T 98355 kantor pemasaran JI Ve ran No. 4 Telp. 227882-33020 De paşar. TABANAN Mb Media Huran dan Informasi Sejak Th 197 GD PT. RADIO MEGANTARA Komp. Taman Sekar Kav: A-4 JI. R.A. Kartini Tabanan-Bali AM 900 KHz Telp. (0361) 812735-81275 Fax. (0361) 812756 MEDIA YANG TEPAT UNTUK SUKSES USAHA AND AMLAPURA MB Radio Besakih Rasisonia (R.B. Frekuensi AM 702 KHZ Me Promosi Anda menuju sukses sa satunya di Bali Timur Jl. Diponeg No. 99 Amlapura-Karangasem (0363) 21791/Studio, Kantor (0361) 432412, Faximile (03 432312. M 2cm Color Rendition Chart LEBARAN SPESIAN KEPERLUAN LEBARAN & BAHAN PARCEL SPESIAL HARGA GROSIR HEMAT BIAYA, HEMAT WAKTU DAN HEMAT ENERGI JL. COKROAMINOTO 16. DENPASAR TELP. 423600 - FAX. 423602 TIARA GROSIR C. 2924 3. MENA 1 Radio yg P
