Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1996-11-06
Halaman: 04

Konten


4cm HALAMAN 4 Kiriman Uang dari Malaysia Diduga Diambil Orang Lain Mataram (Bali Post) - Sedikitnya empat orang war- ga Dusun Ketejer Desa Gapuk Kecamatan Gerung resah, kare- na tidak dapat mengambil uang kiriman dari kerabat mereka yang bekerja sebagai buruh di Malaysia. Menurut mereka, mengutip penjelasan dari pihak bank, uang ringgit yang dikirim melalui Bank Bumi Daya Malay- sia lewat Bank BNI tersebut sudah diambil orang lain. Sipakiyah. Ia menunggu 15 hari kiriman 8.200 ringgit itu. Namun ketika akan mengambil di BNI Mataram, Amaq Sipakiya terkejut karena mendapat pen- jelasan bahwa uang itu sudah diambil orang sesuai bukti diri berupa KTP. Hal yang sama dialami pula H. Zuhdi yang mendapat kiriman dari adiknya Rupai 1.000 ring- git. Rupai yang juga buruh ban- gunan mengirim uang dari Ma- laysia, Mei 1996. Kiriman itu pun dicaplok orang yang menun- jukkan bukti diri berupa KTP. Nasib sama juga menimpa Sapiyah yang memperoleh kiri- man 2.500 ringgit dari Bulaifi. Amaq Sipakiyah, salah seor- ang dari mereka kepada Bali Post Selasa (5/11) kemarin men- gatakan, ia memperoleh kiriman 13 Agustus 1996 dari adiknya Munawir bin Sanah yang beker- ja sebagai buruh bangunan di Diduga si pengambil uang itu Malaysia. Setelah mengirim melakukan aksinya dengan ban- uang, Munawir menginterlokal tuan KTP palsu. Kendatipun demikian, para korban tetap he- ran mengapa BNI 46 bisa kebob- olan dengan mudah. Para korban memperkirakan KTP palsu itu beredar karena permainan orang di kantor desa sendiri. Sebab, KTP asli dengan yang palsu ada perbedaannya. Walaupun nomor KTP palsu sama dengan asli, tetapi tanggal lahir serta foto diri beda. Sebenarnya kasus tersebut te- lah dilaporkan kepada petugas Polsek Gerung serta petugas Pol- res Lobar. Mereka berjanji men- cari pemalsu KTP itu, namun sampai November belum terlihat tanda-tanda tersangkanya di- tangkap. Pihak BNI 46 Cabang Mataram, Selasa (5/11) kemarin belum bisa dimintai konfirmasi. (060) Penipu "Garap" Sejumlah Guru SD Praya (Bali Post) - Kasus penipuan dengan dalih gadai sepeda motor dibongkar aparat kepolisian Polres Loteng, menyusul tertangkapnya Lat (26) warga Lombok Barat yang diduga keras sebagai pelakunya. Korbannya kebanyakan guru SD. Demikian dikemukakan Wakapolres Lombok Tengah Mayor Pol. I Made Suwindhu, S.H. didampingi Kasat Serse Lettu Pol. Rintho Prastowo ke- pada Bali Post Selasa (5/11) ke- marin. "Tersangka Lat kini mer- ingkuk di tahanan guna diadakan penyidikan lebih lanjut," katan- ya. Wakapolres menambahkan, penangkapan tersangka dilaku- kan menyusul laporan sejumlah warga masyarakat, terutama guru di pedesaan yang merasa dirugikan tersangka asal Bima ini. Modus penipuan yang dilaku- kan tersangka, jelas Wakapolres, begitu rapi dengan pola pende- katan kekerabatan, sehingga me- mungkinkan si korban tidak curiga dengan aksi yang dilaku- kan tersangka. Dia berhasil "menggarap" banyak warga karena didukung dengan gaya dan penampilan meyakinkan. Tersangka, selalu mengendarai mobil dan mengaku sebagai sales salah satu dealer sepeda motor di Mataram. Apabila calon korban sudah begitu akrab, lanjut Wakapolres, tersangka biasanya menyatakan ingin menggadaikan sepeda mo- tornya kepada si calon korban dengan alasan sangat memerlu- kan uang. Keakraban yang telah dijalin tersangka dengan mudah mengelabui korban. Besarnya gadai berkisar antara Rp 1-2 juta. "Korban tidak tahu bahwa motor yang digadainya itu mo- tor sewaan," jelas Kapolres. Dari aksi yang dilakukan ter- sangka Lat, diduga telah berha- sil menggaet jutaan rupiah dari transaksi hasil gadai sepeda mo- tor tersebut. Hasil penyidikan sementara korban penipuan oleh Lat sebanyak 11 orang, kebany- akan guru yang mengajar di Pengaduan Pelanggan Harian Bali Post MATARAM dan sekitarnya 32737 PAGER Telp. 23321/ pes. 1172 Merpati Jembatan Udara Nusantara Jl. Melati No. 51 Denpasar Reservation: 07.00-21.00 Phone: 235358 (Hunting) Ticketing: 07.30-19.00 Hotline Service: 722740, 722741 JADWAL PENERBANGAN Rabu MZ 318 06.30 DENPASAR-SURABAYA- BANDUNG MZ 6600 07.00 DENPASAR-MATARAM MZ 728 07.00 DENPASAR UJUNG- PANDANG AMBON-BIAK -TIMIKA JAYAPURA pedesaan. Namun, tambahnya, tak tertutup kemungkinan ada korban lain tetapi enggan me- lapor. "Juga tidak menutup kemu- ngkinan tersangka melakukan aksinya di Lombok Barat. Kare- na itu, kami akan mengadakan koordinasi dengan Polres Lo- bar," katanya. Sejumlah korban yang dite- mui Bali Post mengungkapkan kekesalannya atas perbuatan Lat. "Kami tidak menyangka dia (Lat-red) tega melakukan per- buatan tersebut, mengingat hubungan kami dengan dia sela- ma ini begitu akrab," kata seor- ang kepala sekolah dasar yang tidak mau disebut identitasnya. Setelah menerima uang ga- dai, kata Wakapolres, Lat biasan- ya datang pura-pura ingin mem- perbaiki motor yang sudah diga- daikan itu. Sejak itu dia tak per- nah datang lagi. Kecurigaan korban sebenarn- ya sudah muncul, tetapi berkat kepiawaiannya berbicara, korban pun yakin dan mengizinkan mo- tornya diambil. Ada juga yang tak yakin dengan omongannya, misalnya kepala sekolah itu. Karena curiga, pak kepala sekolah itu menyuruh anaknya ikut berboncengan dengan Lat. Namun di tengah jalan anak pak guru itu ditinggalkan begitu saja, dan Lat segera kabur. "Motor hilang, uang pun melayang," katanya sembari berharap peris- tiwa itu yang terakhir baginya. Wakapolres mengimbau war- ga masyarakat agar selalu wasp- ada dan hati-hati terhadap orang- orang yang secara sengaja datang ke desa menawarkan jasa baik atau ingin kerja sama bisnis lain- nya. "Jangan begitu cepat per- caya dengan gaya dan dalih yang dikemukakan orang tersebut, apalagi identitasnya belum dike- tahui," pinta Wakapolres seraya minta warga jangan segan-segan melapor ke polisi apabila melihat keganjilan. (065) PPP Khawatir, Kecurangan Pemilu Terulang lagi Selong (Bali Post) - Wakil Sekjen DPP PPP Mu- hsin Bafadal, S.H. mengungkap- kan, pihaknya sampai kini kha- watir akan terulangnya kecuran- gan-kecurangan pemilu tahun- tahun sebelumnya. "Di beberapa daerah basis PPP, ada yang tidak mendapat kan kartu panggilan. Jadi bagaimana bisa ikut pemilu? Ini bentuk pendidikan politik yang sangat tidak sehat," katanya di hadapan para kader PPP se-Lom- bok Timur saat Mukercab III PPP, Sabtu (2/11). PPP yang mencanangkan tia- da hari tanpa silaturahmi itu, kata Mushin, senantiasa taat pada atu- ran yang berlaku. "Golkar juga memiliki program tiada hari tan- pa penggalangan," katanya. Na- mun, katanya, program silatur- ahmi atau penggalangan tidak dari rumah ke rumah mengajak orang keluar dari PPP, tetapi se- mestinya mengajak warga ma- suk ke PPP. Mushin juga mengritik kebi- asaan menjelang pemilu, misal- nya bendera di kantor-kantor pe- merintah ada lambang Golkarn- ya. "Tetapi, kalau itu kami per- soalkan terus, akan terjadi debat TELEPON PENTING Pemadam Kebakaran Polisi -113 - 110 RSU Mataram - 21345 Ambulan 118 PMI Cabang Lobar -22357/ 21440 -22182 Gangguan Listrik Mataram kusir. Kader PPP tidak suka de- bat kusir," tandasnya lagi. Bupati Moehamad Sadir dalam kesempatan membuka Mukercab PPP itu menanggapi apa yang diungkapkan Muhsin. "Siapa yang menghalangi kad- er PPP ke TPS? Jangan munafik. Tidak perlu saling lempar tang- gung jawab," katanya. Prosedur pelaksanaan pemilu jelas ada, dan bila salah satu kontestan tidak puas, maka protes bisa di- ajukan ke Panwaslak. Masalah kantor DPC PPP, yang hari itu diserahkan Bupati kepada pengurus, dananya diam- bil dari APBD Lombok Timur. "Kita sudah lama memikirkan, orsospol harus memiliki kantor atau sekretariat. Karena itu, se- jak tiga tahun anggaran hal itu diwujudkan terus," ujarnya. Hanya, menurutnya, keuangan daerahlah yang masih belum memungkinkan untuk itu. Menurut Sadir, kantor DPC, baik PPP maupun PDI, otomatis milik daerah. "Karena itu harus dipelihara, kecuali kantor DPC PDI Lombok Timur yang per- soalannya masih amburadul," katanya. (040) Mandala Airlines BOEING 737 200 ADV Gedung Kerta Wijaya Plaza JI. Diponegoro 98 Blok D/23 Telp. 231659-222751-232986 Dps Sub Sales Komplek Sudirman Agung Blok B-08 Reservation & Ticketing 24 Jam Telp. 242933-241027 Jadwal Penerbangan setiap hari Pk. 07.00 Wita dari Denpasar ke Yogyakarta, Jakarta, Palembang, Padang, Medan BOURAO AIRLINES di Komp. Sudirman Agung Blok A47-48 DENPASAR L. PB. Sudirman Denpasar Ball Tolp.241397 (hunting) Fax.241390 Reservasi dan Penjelen Tiket Pkl. 08.00 s.d Pkl.22.00 Wita JADWAL TERBARU BOURAQ AIRLINES DENGAN ARMADA JET BOEING 737 KINI SIAP MELAYANI PERJALANAN BISNIS ANDA Bali Post Data tentang Pariwisata NTB NTB Luncurkan Japan-Lombok Mini Mart '96 Rabu Kliwon, 6 November 1996 Rabu K belum Ada Kesamaan Persepsi Terobosan Baru Gaet Turis Jepang Mataram (Bali Post) - Kadiparda NTB Drs. H. Rachmad membenarkan data ten- tang pariwisata di daerahnya kerap berbeda-beda karena belum ada kesamaan persepsi antara satu instansi dan instansi lainnya. Ia mencontohkan data yang dikeluarkan BPS (Biro Pusat Statistik) Perwakilan NTB tentang lama tinggal wisatawan as- ing, tidak sama dengan data yang dikeluarkan Diparda dan Kan- wil XX Parpostel NTB. "Ini menjadi tantangan buat kita," ujar Rachmad di hadapan peserta kursus keterampilan teknis tenaga pengumpul dan pengolah data pariwisata NTB di Hotel Srikan- di Cakranegara, Senin (4/11). Rachmad lebih jauh menjelaskan perbedaan itu perlu dicarikan jalan keluar. Memang, katanya, instansi yang paling berwenang menan- gani soal data dan pengolahannya adalah BPS dan hanya BPS- lah yang diakui di tingkat nasional dan internasional. Namun demikian, persepsi dan cara pandang tentang data kepariwisataan NTB diharapkan bisa disamakan, baik antara BPS, Kanwil Par- postel maupun Diparda sendiri. "Semoga lewat pelatihan ini bisa dicarikan jalan keluar," harapnya. Ia menyebutkan, data tentang lama tinggal wisatawan yang dikeluarkan BPS beda dengan data Diparda. Menurut BPS, lama tinggal wisatawan mancanegara di NTB rata-rata 4,5 hari, teta- pi data yang dikeluarkan Diparda menyebutkan 8 hari. "Yang begini ini perlu dicarikan titik terang," harapnya. Tentang pariwisata NTB, Rachmad menjelaskan, terus men- galami peningkatan baik dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan maupun pertambahan sarana akomodasi serta fasili- tas pendukung lainnya. Semula total kunjungan tahun 1989 hanya 123.294 orang. Tahun 1995 bertambah menjadi 308.207 orang. Yang dirasakan aneh oleh Rachmad, pertambahan wisatawan asing jauh lebih besar dibandingkan dengan wisatawan domes- tik. "Ini yang rasanya aneh sekali. Mungkin wisatawan domes- tik ini datang ke Lombok menginap di rumah keluarganya," ujarnya. Fasilitas akomodasi terus bertambah. Tahun 1989 hotel berbintang tercatat 8 buah. Jumlah itu naik drastis tahun 1995 menjadi 22 buah dengan jumlah kamar 1.106 buah. Hotel melati semula 97 buah menjadi 213 dengan jumlah kamar 2.682. Jum- lah biro perjalanan wisata meningkat dari 33 menjadi 65, begitu juga restoran dan fasilitas yang lainnya. Untuk mendukung pengembangan pariwisata NTB, bebera- pa objek wisata ditata dengan apik, begitu juga masyarakatnya diupayakan agar kesadaran wisatanya meningkat. Ini dilakukan melalui pembinaan-pembinaan dan penyuluhan. (059) Disidangkan, Kasus Mataram (Bali Post) - NTB meluncurkan satu paket wisata Japan-Lombok Mini Mart '96. Paket yang dibuat para pengusaha jasa pari- wisata itu boleh dikatakan terobosan baru untuk mengga- et wisatawan Jepang. Demikian dikemukakan Ketua Pan- itia Japan-Lombok Mini Mart (JLMM) '96 Wimpie J. Ohoiwutun didampingi Sekretaris Panitia Johan Olli dan Public Relations H. Djalaludin Gahraf dalam jumpa pers di Hotel Lombok Raya, Selasa (5/11) kemarin. Kegiatannya, kata Wimpie, akan dimulai Rabu (6/11) hari ini hingga 9 November, yang diharapkan akan dihadiri sedikitnya 29 pengusaha pariwisata (biro perjalanan) asal Jepang. Kedatangan pengusaha pariwi- sata dari Tokyo dan Nagoya itu di- arahkan untuk menarik wisman asal Jepang lebih banyak lagi ke NTB. "Dalam kegiatan ini diharapkan akan terjadi tukar- menukar infor- masi bisnis pariwisata antara pen- gusaha Jepang dan pengusaha NTB," katanya. Rombongan pengusaha Jepang yang disertai beberapa penulis pari- wisata akan tiba di Lombok, Rabu (6/11) hari ini, melalui Pelabuhan Lembar dari Benoa, Bali meng- gunakan Mabua Express. Selama di Lombok, rombongan akan didamp- ingi 21 pengusaha pariwisata sebagian besar biro perjalanan dan hotel di NTB ditambah Rinjani Diving Club serta beberapa art shop yang juga ikut dalam JLMM '96. Kata Wimpie, kedatangan rom- bongan pengusaha pariwisata Jepang ke Lombok ditangani ber- sama pengusaha pariwisata di NTB, seperti transportasi dari Jepang ke Denpasar ditangani Garuda, akomo- dasi dipegang sejumlah hotel dan makan-minum ditanggung Asita NTB. Dalam JLMM yang secara resmi akan dibuka Gubernur H. dalam paket wisata antara kedua pengusaha wisata dan kunjungan ke beberapa objek wisata. "JLMM ini merupakan perda- gangan paket wisata dan bisa men- genal lebih dekat tentang NTB, se- hingga diharapkan pengusaha asal Jepang membeli paket-paket wisa- ta yang dijual biro perjalanan NTB," ungkap H. Djalaludin Gahraf yang juga ketua Asita NTB itu. Dasar pemikiran diselenggara- kannya mini mart ini dengan mem- bidik potensi Jepang sebagai lang- kah awal, menurut Wimpie, be- rangkat dari minimnya wisman asal Jepang yang masuk NTB. Manajer Garuda Mataram ini melihat agen- agen atau biro perjalanan NTB masih berjalan sendiri-sendiri dalam mendatangkan wisman Jepang. Keadaan ini perlu dibenahi bersa- ma, sehingga target 12 ribu wisman asal Jepang tahun 1996/1997 bisa direalisasi. samping itu, perlu dilakukan terus pengembangan objek wisata untuk merangsang lama tinggal wisman Jepang. Kebanyakan objek wisata yang disenangi wisman Jepang ad- alah tiga gili di Lobar, objek wisata pantai Kuta di Loteng dan Golong Narmada. "Jadi, perlu ada pengem bangan objek wisata yang lain," kata Djalaludin. NTB, menurut Johan Olii, juga perlu menyiapkan produk atau barang yang dibutuhkan wisman Jepang untuk cenderamata. Wisman Jepang lebih banyak membutuhkan barang-barang berkualitas, misaln- ya mutiara dan gerabah. Wisman Jepang, kata Djohan, bi- asanya membawa uang sekitar 500 ribu yen atau Rp 10 juta untuk keper- luan belanja selama berkunjung 3 hari 2 malam, belum termasuk uang tiket dan penginapan. "Jadi, kita perlu memikirkan dan menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk memanfaatkan kunjungan wisman Jepang yang membawa yen tidak sedikit. "Sayang kalau uang wisman Jepang itu dibawa kembali. Mereka datang ke Indonesia sudah menukar rupiah, kan sayang kalau tidak di- habiskan," ujar Djohan yang juga direktur Green Enterprise Indonesia Coorporation ini. (058) Operasi Zebra Utamakan Pembinaan, Sopir Nekat tetap Ditindak Praya (Bali Post) - Kasat Lantas Polres Loteng Let- tu Pol. I Gst. Made Oka Sadu, S.H. atas seizin Wakapolres Mayor Pol. I Made Suwindhu, S.H. menegas- kan, dalam Operasi Zebra Rinjani yang digelar sejak Selasa (29/10) lalu pihaknya mengutamakan pem- binaan terhadap para pemakai jalan. Tindakan tegas tetap diam- bil terhadap pelaku pelanggaran yang tergolong berat, misalnya ter- hadap sopir kendaraan umum yang mengangkut penumpang berlebi- han. Menurut pengamatan Bali Post, sering terlihat penumpang berge- lantungan di pantat kendaraan karena tak dapat tempat duduk, ter- utama pada kendaraan angkutan pedesaan. Dipilihnya Jepang pada kesem- patan pertama mini mart ini, jelas Djalaludin, karena potensi wisatawan dari negeri sakura itu sangat besar. Jepang yang berpen- duduk 125 juta jiwa (data 1995) ternyata memiliki potensi wisatawan terbesar di dunia yakni 13-15 juta per tahun. Dari jumlah, Sopir-sopir yang nekat menga- itu, yang masuk ke Indonesia baru ngkut penumpang berlebihan 400 ribu orang (data 1995), sedan inilah, kata Oka Sadu, tidak akan gkan yang masuk ke NTB hanya 2 ditoleransi petugas. Sebab, tinda- persen yakni 8 ribu orang (berdasarkannya sangat membahayakan ke- Pembobolan BPD Sumbawa Warsito di Lapangan Golf GEC Rin- kan data 1995/1996). Sumbawa Besar (Bali Post) - Kasus pembobolan BPD Sumbawa yang merugikan uang negara Rp 150 juta, Selasa (5/11) kemarin disidangkan di Peng- adilan Negeri Sumbawa Besar dengan terdakwa KG. Sidang dip- impin Hakim Ketua Lalu Abas Yusuf, S.H. anggota T. Situmor- ang, S.H. dan Heru Budianto, S.H. dengan Jaksa Penuntut Umum Tjok G. Anom, S.H. Dalam dakwaannya, Tjok menjelaskan, sekitar Maret sampai Juni 1989 terdakwa telah melakukan perbuatan melawan hukum di BPD Cabang Sumbawa. KG, selaku direktur CV Komala In- dah yang bergerak dalam bidang usaha jual beli hasil bumi dan penggilingan padi, mengajukan permohonan kredit Rp 285 juta, namun yang disetujui hanya Rp 150 juta. Dikatakan, barang yang diserahkan sebagai jaminan, sesuai surat penyerahan jaminan berupa rumah, tiga buah gudang, lan- tai jemur dan tanah pekarangan seluas 6.284 m2 yang tercantum dalam sertifikat atas nama terdakwa. Dalam surat penyerahan jaminan, semua jaminan itu belum pernah dijaminkan pada bank alin. KG juga menyerahkan bukti pelunasan pada BRI Cabang Sumbawa, "Setelah memperoleh pinjaman kredit Rp 150 juta, terdakwa tidak pernah memenuhi kewajibannya melunasi pinjaman terse- but. Bahkan, kredit itu dinyatakan macet sebesar Rp 171.190.484, termasuk bunga pinjaman Rp 21 juta lebih," kata Jaksa Tjok. Anom. Urusan Piutang Negara (PUPN). Baru diketahui bahwa barang Menurut Jaksa, kredit macet itu akhirnya ditangani Panitia yang diserahkan sebagai jaminan oleh KG, ternyata sudah di- jaminkan di bank lain dengan pinjaman kredit Rp 150 juta. Hal ini, kata jaksa, tidak sesuai dengan surat jaminan yang dibuat terdakwa 15 Maret 1989. Selain itu, tanah pekarangan yang dijadikan jaminan ternyata mempunyai dua sertifikat atas nama terdakwa. Satu sertifikat dijadikan jaminan di BRI Cabang Sumbawa. Tjok menilai dalam upaya pencairan kredit, terdakwa telah menggunakan persyaratan pencarian kredit bukti tanda setor pe- lunasan pinjaman yang tidak benar. Karena sesuai kopi tanda pelunasan yang diserahkan ke BPD Sumbawa, terdakwa seolah- olah sudah melunasi pinjaman pada BRI Sumbawa sebesar Rp 153 juta. "Padahal pada 27 Mei 1989, terdakwa hanya melakukan se- toran cicilan pinjaman di BRI Sumbawa Rp 3 juta," ungkap Jaksa. Dijelaskan, karena KG tidak bisa melunasi tunggakan kredit di BRI Cabang Sumbawa, jaminan terdakwa akhirnya dilelang seharga Rp 134.945.000, sekitar Rp 30 juta di antaranya diser- ahkan ke BPD Cabang Sumbawa. Di luar persidangan terungkap, sita hasil lelang itu diduga diserahkan terdakwa ke BRI dan BNI Sumbawa, karena KG pu- nya tunggakan kredit pada dua bank pemerintah tersebut. Menanggapi dakwaan jaksa, penasihat hukum terdakwa Har- mono, S.H. dan Muslih, S.H. akan mengajukan eksepsi. "Nanti saja saya berkomentar pada saat menyampaikan eksepsi," ujar Harmono di luar persidangan. (052) Mereka yang maju, melaju bersama Sempati Air Reservation & Ticketing Pkl 07.00 s/d 21.00 WITA Phone 237343 (Hunting) Fax 236131 Komp. Diponegoro Megah Blok B/27 Jl. Diponegoro No. 100 Denpasar Reservasi Total Free 080021612 Pkl 18.00-08.00 WITA DARI/FROM: DENPASAR TUJUAN/TO jani Golong Narmada, 8 November, dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain presentasi Gubernur Warsito tentang potensi pariwisata NTB yang dilanjutkan dengan dia- log, tawar-menawar kerja sama Kurang Promosi Menanggapi masih minimnya wisman Jepang ke NTB, Djalalu- din melihat promosi ke Jepang masih kurang, khususnya promosi yang dilakukan biro perjalanan. Di selamatan penumpang. Ia menambahkan, pelaksanaan operasi kali ini didukung enam UKL (unit kecil lengkap) secara terpadu, melibatkan dinas/instansi terkait dengan menempatkan pos- ko UKL ini di daerah yang rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Keberadaan UKL ini diharap- kan akan mampu mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecela- kaan dan pelanggaran lalu lintas. "Minggu pertama operasi lebih ditekankan pada pembinaan, dan minggu selanjutnya diadakan pen- indakan," jelas Oka Sadu. Dari pengamatan selama ini, ka- tanya, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas kebanyakan menimpa penumpang dan kendaraan umum. Disebutkan, angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di daer- ah ini relatif masih tinggi. Kendati demikian, dibandingkan dengan daerah lainnya, Lombok Tengah cukup terkendali. Kondisi ini dis- ebabkan kesadaran masyarakat ber- disiplin lalu lintas makin tinggi. Operasi Zebra Rinjani di Lom- bok Tengah, lanjut Sadu, bukan saja digelar di perkotaan tetapi juga di pedesaan. Mengingat selama ini pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terjadi kebanyakan di jalur pedesaan. "Kami harap dengan pelaksanaan operasi ini masyarakat terutama warga pedesaan akan makin sadar dan tertib berlalu lin- tas di jalan," ujarnya. (065) SI RAJA DIESEL ISUZU PANTHER, KINI MESIN TOTAL BARU GRATIS PERPANJANGAN STNK 1 Kali Tahun Ke - 2 (Khusus Type Royal ) GRATIS BIAYA PERAWATAN Selama 1 Tahun atau 25.000 Km. Mana yang dicapai lebih dulu (Untuk Type Grand Royal, Hi - Sporty, Sporty, Superior) MINGGU TETAP BUKA KHUSUS CABANG KUTA NIGHT SALE S/D 21.00 WITA ISUZU 2500 cc DIRECT INJECTION DIRECT INJECTION 86ps TYPE 4- 2500 CC Pem Ena Kupang (B Pemda karena bera itasnya sang membenark log, Selasa keluhan dar diterima bul berasnya be Dikataka antaranya te ke pihak Do Pihak D beras yang kan, saat ini Secara to pan jika ren sumsi beras PNS di NT Sebaliknya, Pen janga Banyuwan Pengemb gan sampai Direktur Bi pemanfaatar Rakor di diikuti unsu Jawa Timur Selama i kan pada ko kawasan, p tata ruang v Pengem positifnya. A pun negara ingkatkan k nya usaha k menganggu tererosi mau gan sosial. maupun ke koordinasi pariwisata," bangan OD Diharapk busi terhada sektor lain. inventarisasi nan-kemung Selain it booklet, lea di daerah b tersebut. (su D Kas Kupang (B Asisten Putu Bagiart belakangan dikbud NTT menangani H gal RUU ya Rat me 1234567 1234567 1234567 1234567 1234567 1234567 1234567 1234567 GRATIS PERPANJANGAN STNK & BIAYA PERAWATAN HANYA BERLAKU UNTUK PEMBELIAN SECARA PAKET MELALUI ACC 1234567 1.3.5.7 1..5.7 1234567 1234567 4.6. 3...7 1234567 1234567 1234567 ASTRA MOBIL 34.6. CABANG DENPASAR : JI. Gatot Subroto 7 - 9 Denpasar Telp. 420125, 420127, 420441, 440443, Fax. 420126 ●CABANG KUTA : Jl. Raya Kuta No. 22 Blok 2-3 Telp. 755404, 757954 • DEALER PT. BUANA PERKASA DEWATA PERMAI JI. Teuku Umar 99 Denpasar Telp. 243648 Fax. 264072 • DEALER PT. LOMBOK MEGAH MOBILINDO JI. A.A. Gde Ngurah 74 Lombok Tlp. (0364) 27725,27727, Fax. 27820 Cakranegara - Lombok - NTB NO.PEN A/C ETD ETA TRANSIT HARI/ /FLT NO DAYS DAYS FLT.NBR TUJUAN MZ 6612 08.00 DENPASAR-MATARAM DAILY MZ 648 08.40 DENPASAR-SURABAYA DAILY 791 795 SURABAYA SURABAYA BANDUNG MZ 6502 08.40 DENPASAR-MATARAM DAILY 791/409 MZ 610 08.50 DENPASAR-KUPANG MZ 6520 09.20 DENPASAR-MATARAM- DAILY DAILY BIMA DEN BIMA 791/293 791/409/402 PALU MZ 6650 09.30 DENPASAR-MATARAM- DAILY 700 SUMBAWA BESAR DAILY 700 YOGYAKARTA JAKARTA MZ 642 09.40 DENPASAR-DILLI MZ 6604 10.00 DENPASAR-MATARAM DAILY 731/409 MENADO MZ 323 10.00 DENPASAR-SURABAYA MZ 6554 11.00 DENPASAR-WAINGAPU DAILY 700/699 KUPANG MZ 6608 12.00 DENPASAR-MATARAM MZ 6558 12.25 DENPASAR-MAUMERE- KUPANG MZ 6610 14.00 DENPASAR-MATARAM DAILY 700/699 BATAM MEDAN DEPART. ARRV. AIRC 07.15 06.55 73S 16.55 73S 17.15 UJUNG PANDANG 07.15 10.10 73S BANJARMASIN 07.15 12.15 73S 07.15 13.45 73S 07.00 07.15 73S 07.00 08.45 73S 12.20 73S 07.15 07.00 10.50 73S AMBON BALIKPAPAN BANDUNG SG 409 B-737 21.05 03.00 SUB 34.6. SG 150 F-100 06,40 09.25 SUB SG 403 F-100 10.55 14.10 SUB SG 150 F-100 06.40 11.05 SUB/JKT SG 400 F-100 10.55 17.10 SUB/JKT BATAM SG 150 F-100 06.40 13.10 SUB/JKT JAKARTA SG 150 F-100 06.40 08.50 SUB SG 403 F-100 10.55 12.35 SUB SG 405 A-300 11.40 12.20 1.5. SG 407 A-300 16.00 16.40 234.67 SG 409 A-300 22.05 22.45 1.5 KUALA LUMPUR SG 150 F-100 06.40 15.25 SUB 1.34.6. MANADO SG 150 F-100 06.40 11.35 SUB/BPN MATARAM SG 346 F-27 14.05 14.30 1234567 SG 348 F-27 15.55 16.20 1234567 MEDAN PADANG SG 150 F-100 06.40 13.50 SUB/JKT -SG 405 F-100 11.40 18.05 JKT SG 405 F-100 11.40 15.05 JKT PALANGKARAYA PEKANBARU SG 403 F-100 10.55 14.25 SUB SG 403 F-100 10.55 16.40 PERTH SG 094 A-300 19.50 23.20 MZ 6512 15.00 DENPASAR-MATARAM 1.2.4.5.7 791/393 DAILY 2.4.6.7 1.3.5 SINGAPURA 754 742 MATARAM 07.00 07.15 11.00 12.40 73S SG 407 A-300 16.00 22.55 11.15 73S 11.30 HS7 SINGAPORE SURABAYA SG 407 A-100 16.00 21.15 SG 150 F-100 06.40 06.25 SUB/JKT JKT JKT SG 403 F-100 10.55 10.45 SG 409 B-737 21.50 21.40 740 WAINGAPU MAUMERE 12.45 14.40 HS7 12.45 15.20 HS7 TAIPEI SG 409 A-300 22.05 06.00 JKT TARAKAN SG 150 F-100 06.40 11.50 SUB/BPN 1..5. 1234567 SG 403 F-100 10.55 16.20 SUB/BPN MZ 643 15.05 DENPASAR-JAKARTA MZ 738 15.40 DENPASAR-SURABAYA SEMARANG MZ 649 15.40 DENPASAR- KUPANG MZ 6614 16.00 DENPASAR-MATARAM MZ 325 17.45 DENPASAR-SURABAYA MZ 611 18.40 DENPASAR-SURABAYA YOGYAKARTA SG 150 F-100 06.40 08.20 SUB 1234567 1234567 2.4.6.7 1.3.5 742 740 3.6 3 KUPANG KUPANG 791/409/800 DAVAO 12.45 16.20 HS7 SG 403 F-100 10.55 16.20 SUB 1234567 Jadwal Berlaku waktu setempat 460 CEBU(PHIL) 12.45 07.15 07.15 16.45 HS7 14.30 73S/HS7 20.00 73S/HS7 Reservation dan Ticketing Pld 05.00-22.00 WITA Reservation dan Ticketing Pld. 06.00-22.00 WITA Phone 754218 Fax 754219 Phone 758867-8 Fax 758669 Airport Ngurah Rai Ticketing Town Office Kuta Centre Tuban - Ball J. Kartka Plaza 6X, Blok A-11, Kuta - Bal Khusus PNS TANPA UANG MUKA SEGERA MILIKI RUMAH IDAMAN KELUARGA TIPE 21/105 SIAP HUNI UNTUK UMUM UANG MUKA HANYA Rp 1.350.000,- DAN ANGSURAN Rp 92.720,- PER BULAN PERUMAHAN PERUMNAS Anda dapat memiliki rumah idaman di lokasi BONUS Asuransi Jiwa BALER BALE AGUNG DI KOTA NEGARA HUBUNGI SEGERA KANTOR PEMASARAN Jl. Nusa Indah Raya No.1 Telp. (0365) 40070 Komp. Perum Perumnas Baler Bale Agung - Negara MODEL Fasilita Peraw . Make Gaun 2 (dua . Hand . Kartu Wedd C. 18069 Gedur Mobil Kue P Dekor . Video Photo Band, Tersel C20515