Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1989-02-19
Halaman: 14

Konten


4cm HALAMAN II O RI SEDEK ipun | Kiul ngayah nyapuh ring natar purine, jeg nadak sara ka- get rauh I Dadap saking ba- le paruman saha maid lima- nipune I Kiul. "Suud malu nyapuh, Yul! Nang ja mai, orahina satua melah. An- teng-anteng kene ngatu- rang ayah kanti pelung- pelung matan caine nya- puh, masi paicane ane tu- nas tuah amontoan. Tusing nang munjukan. Da bas sa- nget keto mondong idealis- me di masan anake pada ngadokang jurus pe empat; pimpinan pulang pegawai pergi. Bas didian keto jujur, tan urungan bakal hancur terkubur!" asapunika ipun I Dadab mapajar ring | Kiul sada geeme. Rerambangan I Dadab - Kiul Semun Jun "liii ne kenken dadi ma- bading gumine, nungkalik jagate! Semengan Dadap suba maan masiap alasan, macekeran, tur mani maim- buh buka anake frustasi ke- to pamunyian Dadabe. Ne nak ada apa sujatinne, Dab? Apa ada kuang mirib aci-acine sajeroning pa- ruman, to jeg dadi atin Da- dabe ngalahin parumane ane sedeng lateka nembu- ngang utawi ngatikang wi- rasa pikayunan. Apa mirib E PENGUMUMAN sta TUCUARIA Dadab kalilih? Apa minib ada usul utawi urunan pa- mitelek Dadabe ane tusing katerima, ane ngawinang keneh Dadabe lantas ma- jempong bebek, ngambul?" sakadi anake guyu | Kiul nyapa suwitrannyane sane nadak sara maid limani- pune. "Icang tusing ja frustasi, Yul! Apa buin keto buka pa- munyin caine, kalilih sajero- ning mate wirasa, lengkara sajeroning parum- an. Baang ke amonean, sa- jebag gumi Nistakertane di- ni, nyen tusing nawang buat kacacepan icange magatik raos, lengkara, utawi wira- sa? Isin sastrane encen mi- rib ane tuna kuang, konden bakat sliksik isinne, Yul ?" "Behh, yan buat entone, saja. Dan suba buin raosa- nga, nyen anake dini tusing nawang buat kawidagdan, kalewihan Dadabe pinaka prakanggo dini di Puri Nis- takerta. Ento suba ane nga- winang icang matadah ana- ke marma, ngudiang dadi Dadab ane suba kaloktah pinaka pangayah, prakang- go teladan dini di Puri Nista- kerta jeg nadak sara ngeng- ken icang apanga suud Menyuluh Perlu Alat Bantu DALAM penyuluhan per- tanian diperlukan suatu komu- nikasi yang dua arah, atau "two way traffic of communi- cation". Apa yang diisyaratkan oleh kita diharapkan adanya jawaban dari sasaran. Bila tidak ada "feedback", ma- ka kita akan meraba-raba saja, apakah isyarat kita itu tercecer di jalan, tidak sampai, atau ti- dak dapat diterima oleh sasar- an. Feedback ini penting bagi para penyuluh, yaitu untuk da- pat mengambil tindakan- tindakan selanjutnya. Dengan demikian maka komunikasi tersebut dapat dilanjutkan dan dipelihara dengan baik. ngan halangan atau rintangan di sini adalah, hal-hal yang da- pat menghalangi terjadinya ko- munikasi yang baik. Misalnya buta huruf untuk komunikasi tertulis, Adat-kebiasaan yang tidak sesuai dengan apa yang disuluhkan, takhayul, intensi tas hubungan, dan sebagainya. Dalam penyuluhan pertani- an dapat digunakan berbagai cara untuk menyampaikan an- juran (pesan) kepada petani. Walaupun demikian yang men- jadi pertimbangan adalah ba- gaimana dapat melayani sasar- an sebanyak mungkin, sesering mungkin, dan semurah mungkin.. Tujuan penyuluhan pertani- an berkomunikasi dengan sasa- rannya, adalah untuk meng- adakan perubahan perilaku, yang meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap (PKS). Karena perubahan-perubahan itu maka sasaran akan menjadi lebih terbuka untuk hal-hal yang baru. Perubahan- perubahan ini tidak timbul de- ngan sekonyong-konyong, te- tapi memerlukan waktu yang agak lama. Sampai waktu sa- saran melaksanakan anjuran penyuluh tadi, padanya telah berlangsung suatu proses men- tal. Suatu proses yang tidak da- pat dilihat, tetapi hanya dapat dimaklumi dari tingkah laku sasaran selama itu, yang biasa kita anggap sebagai indikasi atau ciri-ciri berlangsungnya proses itu. Proses mental inilah yang disebut "proses adopsi". Bila isyarat tidak diterima sebagian atau seluruhnya, ma- ka tentu ada sebab-sebabnya, antara lain karena: Penyuluh tidak tahu apa yang akan disuluhkan atau ti- dak menguasai bahan pe- nyuluhannya; - Cara penyuluhannya tidak tepat, misalnya kesalahan da- lam bahasa, waktu, media, personalia, dan intensitas; Petaninya sendiri tidak da- pat atau tidak mau menerima. Sikap tidak mau menerima isyarat pada pihak sasaran, mungkin karena sudah ke- biasaan mereka untuk berbuat demikian, lebih-lebih bila pe- nyuluhnya agak keras. Kita harus hindarkan sifat per- intah atau paksaan, tetapi lebih banyak memberi contoh- contoh, sehingga petani itu mendapat pilihan-pilihan un- tuk mengambil keputusan, ca- ra mana yang akan mereka per- gunakan. Petani pada umumnya sudah mempunyai banyak pengalam- an berusahatani. Sehingga memberikan kesan kepada me- reka, bahwa caranya adalah yang paling mantap. Kalau ada cara baru, maka sikapnya ada- lah menanti dahulu, atau harus dibuktikan dengan contoh- contoh yang meyakinkan. Kalau ingin meyakinkan orang lain, maka sebelumnya kita harus: - Mengetahui benar apa yang akan disuluhkan; 1 Mengetahui cara atau meto- de penyuluhannya, sehingga apa yang ingin disampaikan itu dapat disalurkan dengan baik kepada sasaran; Mengetahui halangan halangan apa yang harus diha- dapi dalam melakukan komu- nikasi itu. Yang dimaksud de- ngamanggehang kajujuran lan idealisme sajeroning pe- gawen. Dadi nadak sara nungkalik jagate, Dab?" I Kiul tan mari ngajumipun I Dadab, tulia | Sangut nga- jum ngapus ipun | Delem ri tepenganipun nyadcad ce- danida Sang Bima, sajero- ning pakeliran pa- wayangan. "Cutet, lamun cai makita apang enu tetep nyidayang ngedusang payuk jakan ulihan baan ngayah di Puri, dingehang pesan munyin icange mara! Yan tusing ke- to, lautang enggalang ali- hang ibane gegaen ane len- an tekennang ngayah dadi panyapuh di Puri." "Yeee, ne kenken, Dab? Kaden Dadab ane mapida- to dugas pembukaan pena- taran waskate i bulan ane suba liwat. 'Kal jani Dadab bisa ngorahin icang keketo. Encen ane beneh, Dab ? Dugas penataran Waskate, behh aengan tekenang da- gang ubad di tengah peke- ne keto Dadab nyatua, nganti poose telah make- cos buin maimbuh ngedig meja, mitegesang ring ida- danene apanga pada ngut- sahayang peningkatan disi- plin kerja untuk memper- oleh produktivitas kerja yang tinggi pula. To ne jani, mabalik buin Dadab nun- den icang apanga ngenduk sajeroning pegawen, me- mupuk ketidakjujuran, sa- ha ngentungang sahana- ning ane madan idealisme. To dija ya nyak adung sa- tuane, Dab? Apa baane se- gehane kuangan lantas Da- dab ngadug-adug tur maim- buh frustasi bukan kene, Dab?" Ball Post L ALAT BANTU-Papan pengumuman yang dipasang di lahan u- sahatani (di tengah sawah), dapat membantu penyuluh dan mengi ngatkan petani, apa yang harus dikerjakan pada suatu waktu ter- tentu. "Bas saja ya, Yul ! Coba cai pikir!" "Nahh, nahh, jani suba icang lakar mikir. Yaihhh, apa ane patut kenehang icang, Dadab kaden kon- den ngomong apa ? Ha ha ha... Nah, lautang suba, Dab!" sakadi benjule | Kiul raris mecik sirahnyane niri, tan bina sekadi klian peka- sehe pengeng ngitungang toya ring sasih kedasane, ri Seperti diuraikan di atas, sasar- an penyuluhan mempunyai si- fat-sifat tertentu, sehingga un- tuk memperoleh hasil yang me- muaskan, metode penyuluhan harus didasarkan atas keadaan sasaran. Dengan demikian, apa yang di- suluhkan akan tepat mengenai PENDUDUK pulau Bali se- bagian besar memeluk agama Hindu. Sebagaimana agama lainnya, maka agama Hindu pun memiliki kitab suci, tem- pat suci, dan hari raya. Secara fisik, dimana-mana dapat di- saksikan bangunan tempat- tempat suci yang disebut pura. Oleh karena itulah Bali yang memiliki banyak pura menda- pat sebutan "The island of thousand temples." Pihak luar atau pemeluk agama lain se- ring bertanya tentang banyak- nya pura yang ada di Bali. Apa- kah dengan begitu lalu umat Hindu di Bali politheistik? Be- kotin saja, pasti ayam itu akan mati. Sebuah puntung rokok yang direndam dalam air, dapat me- matikan seorang anak jika air rendaman itu diminumkan. Tetapi bila dirokok, akibatnya tidak begitu keras, namun te- tap membahayakan. Ia menganjurkan kepada murid-muridnya agar menjau- hi rokok. "Apalagi kalian se- dang dalam masa pertumbuh- an," katanya. tepengan panese ngentak. "Icang saja-saja ne, Yul. To apa, sajeroning paruma- ne mara, to to Ki Gusti Patih Arya Pakuluh jeg nadak sa- ra ngawicaraang indik ta- nah-tanah lan wewanguna- ne sajeroning wates jalur hijau Isp., nganutin titah da- ne Kriyan Mentri Dalam Ne- geri. Behh, baos danene Ki Patih jeg nyumek pesan ka- tuju teken icang. Di keto- ketone, Yul, kenken ja cara dane tusing taen aturin icang segehan. Ne ke. sangkala icang masi nyak meli lan ngwangun sajero- ning daerah jalur hijau sing sangkaning dane Ki Patih ane maluan meli tanah lan ngwangun ditu. Tanah- tanahe sisin pasihe, encen mirib ane konden dadi duen dane. To, yan icang nyatua keto sajeroning paruman sing pelih?! Lantas, yan icang mendep, tan urungan tanah lan wangunane lakar ilang. Dija ya ada tetiwak adile nganutin gegoet Sang Hyang Aji, Yul?" "Ne apa orahang Dadab, dadi jeg cara lawar pada- mara, madukan! Sanget mi- si gegoet Sang Hyang Aji. Man, aji kuda, apa gusti aji? Ajin Dadabe ane dija to ka- sambat-sambat, Dab? Dadi mara kabelete kene ditu mara inget kapining lingin Sang Hyang Aji Agama, buin sada bates di bibih! Man, yan amonto suba Da- dab dadi prakanggo, apa Dadab masih suba tetep te- teg ngamanggehang tetti- wak ane adil, jujur sajero- ning pagawen ? Yan saja buka pamunyin Dadabe busan, to sing sera pang- gang sera tunu, bone pa- tuh. To ipidan, Dadab ajak para prakanggone make- jang briuk sapanggul nga- manggehang awig-awig utawi peraturan ane ngela- rang ngewangun sajero- ning wates-wates daerah jalur hijau. Di subane lantas jani Dadab lan para kolega- ne pada ngwangun sarwa tegeh, jeg uli dija kaden nget teka rerikrikane apang mapus ja daerah jaluh hi- IN Imbauan-imbauan telah ba- inyak dilontarkan oleh para ahli agar masyarakat berhenti atau setidaknya mengurangi ke- biasaan merokok. Karena ro- sasaran pada waktunya dan mudah diterima serta dimeng- erti. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk terca- painya tujuan-tujuan tersebut, adalah dengan menggunakan alat bantu atau yang biasa dise- but "alat peraga." Menurut Hasmosuwignyo dan Attila Garnadi, hasil pe- nangkapan oleh sasaran terha- dap apa yang disampaikan da- lam penyuluhan, menurut ber- bagai metode yang digunakan adalah sebagai berikut: kok terbukti amat memba- hayakan kesehatan... Namun nampaknya imbau- Hasil penangkapan dari mendengar saja : 10% - Hasil penangkapan dari me- lihat saja 50% Hasil penangkapan dari me- lihat, mendengar, dan meng- erjakan sendiri: 90%. Jadi dengan menggunakan me- tode yang dapat didengar, dili- hat, dan dipraktekkan, akan memberikan penangkapan yang hasilnya lebih tinggi. Alat peraga adalah, alat ban- tu penyuluhan atau alat pem- bantu pengajar yang dapat dili- hat untuk menjelaskan apa yang dimaksudkan. Banyaknya Pura di Bali Merupakan Pancaran Semangat Keagamaan Bali Post jauane ento. Suba keto, aman. 'Gejir-gejir Nang Ka- ler mapayung menekang batis disisin telagane, ma- balih be! Jani, teka lantas prentah úli ba duur, wit Kriy- an Patih Dalem Negeri, Prajanian lantas saling tu- ding. Ene, malunan, i anu nyontoin, Isn. Onyangan lantas timpale orahang masemu jun yan pepek baan ngisinin, beneh baan ngaci-aci, ya nengil. Sake- wala, yan embuhan agigis, ya nglençok, tan urungan deweke lunyutan." "Ya saja keto! Yan sing keto, ngudiang ya ane suba aman-aman buin bangu- nang ungkit, anggon tang- gun wicara? Yan tusing mu- la deweke iri, ulihan kuang- an isinne, kuangan segeh- an?" asapunika ipun | Da- dab masaut bangras. "Man, yan Dadab dadi prakanggo semua apa mi- rib suba gelarang Dadab? Yan kapitelektek masi pa- tuh: semu jun! Langah sidi- ne yan tusing keto. Dadab sing cara nyilem di palunga- ne, cara mengkeb di bulihe! Teras lonto nyungkling, pa- muput tundune masi kan- das. Sangkala dane Kriyan Mantri Dalem Negeri ngwe- tuang tetiwak buka keto sing sangkaning dane ngu- ningin sila laksana para rakanggone ane sliwah utawi melenceng dari garis keputusan sebelumnya. Bas suba karban gumin i raga dini boya ja gumi kapitalis, apa buin liberal, to masi enu ngelah daya, ngelah nyet keneh nagih meli gumi asi- bak lagute sugih liu ngelah artha. Mara orahanga lan- tas i raga kapitalis terselu- bung, jeg prajani ngekeh tur nuding ngorahang anake ane ngomong keto subver- sif utawi bahaya laten. Te- garang ja' di ada galahe ma- sisa bates apapakan base, siksik bulune kapah-kapah. Sing ya nyak aas langah- langah, Dab!" asapunika pajaripune I Kiul masemu gaem, sambilang ipun ma- lih nglanturang ngayah nyapuh. Alat-alat peraga yang dapat di- pergunakan dalam penyuluhan pertanian, antara lain: Perwujudan yang sesung- guhnya di alam (benda-benda yang sebenarnya), baik hidup maupun mati/yang diawetkan. Misalnya: tanaman, hewan, se- rangga, peralatan, dan seba- gainya; an tinggal imbauan. Ke- nyataannya dimana-mana asap rokok tetap mengepul. Poster dan iklan rokok terus menghia- si halaman surat kabar, maja- lah, bahkan terpampang besar dipinggir jalan atau di jembat- an penyeberangan serta iklan- nya berkumandang di radio- radio. - Contoh-contoh yang diper- kecil. Misalnya: perkakas peralatan pertanian yang di- perkecil; - Contoh-contoh yang diper- besar, untuk menunjukkan se- suatu bagian yang sedang diter- angkan, yang dalam keadaan sesungguhnya kecil sekali atau tidak bisa dilihat dengan mata sendiri. Misalnya: Hama ta- naman, bakteri, dan seba- gainya; 100 Potret, gambar, grafik, foster; 361 Papan tulis, papan peng- Ternyata gema promosi ro- kok lebih nyaring dari pada im- bauan para dokter dan ahli dari Yayasan Jantung Sehat Indo- nesia, pada Hari Kesehatan Nasional beberapa waktu lalu. Padahal ekses merokok itu bukan hanya diderita oleh si perokok tapi juga orang lain yang ikut menghirup asapnya. umuman; ox - Film, leaflet, folder, gambar proyeksi; - Slide, pamflet, brosur, dan masih banyak jenis yang lainnya. es 11 lum tentu. Yang jelas, banyak- Bhatara Triguna (Pura Tri Ka- nya pura yang didirikan di Bali hyangan Agung Bali)". merupakan pancaran sema- ngat keagamaan yang kuat pa- da jiwa umat Hindu di Bali, se- kaligus merupakan wujud nya- ta dari bhakti marga dan karma marga. Sebagai dosen keguruan yang mengambil spesialisasi Seja- rah/Antropologi, Pak Mus (panggilan akrab Mustika Rai) cukup jeli mengupas sejarah dan keberadaan pura yang ada Demikian antara lain diung- di Bali kini. Menurut dosen kapkan Drs. Putu Mustika Rai, yang juga anggota DPRD Tk II dosen FKIP Unud Singaraja Buleleng itu, saat ini jumlah saat mengucapkan pidato pra- pura yang ada di Bali 5.259 pengukuhan jabatan (akade- buah terdiri dari Kahyangan mik) Lektor Kepala Senin (6/2) Jagad 9 buah, Dang Kahyang di kampus setempat. Pidato il- an 714 buah, dan sisanya miah yang disampaikan kl 20 (4.536) Kahyangan Tiga. Dari menit itu diberi judul "Pura jumlah tersebut belum terma- guru SMTA berdiri di muka kelas menerangkan Bermula dari "Daun Mustajab" yang Mengasyikkan kepada para siswanya bahwa tembakau mengandung suatu zat yang disebut nikotin, yaitu racun yang amat keras. Bila seekor ayam diberi setetes ni- Oleh Anggraini Antemas Perancis untuk Portugal, Jean Nicot de Villemain (pertengah an abad XVI) mempersembah- kan sejenis "daun ajaib" kepa- da Ratu Perancis Catherina di Medici untuk pengobatan. Daun itu dinamakan oleh para dokter "harven sancta" (daun mustajab). Daun ini ter- nyata sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa pe- nyakit tertentu. Dunia tidak akan tergila-gila kepada daun yang satu ini, jika Sir Philip Raleigh tidak mem- buat daun itu sebagai temba- kau pengisi pipa yang di- Daun mustajab isapnya. Cerita pihak penguasa yang melarang rakyatnya menjadi pecandu nikotin, sudah hampir setua benda itu sendiri. Bermula dari Duta Besar "Nas bedag polone I Kiul !Ajak matetimbang mabalik deweke sepat siku-sikuina. To ngujang onyangan selik- sik cai, kayang ka leke- lekene seliksik sai nyet ka- kane. Keneh kakane meli tanah ektar-ektaran, keneh kakane meli pasih, meli gu- mine asibak, yan suba kaka nyidayang, to ngudiang cai ngurus. To ngudiang tusing baang? Kaka nganggon pi- pis kakane padidi!" Seluruh Eropa terkejut tapi kemudian malah tenggelam dalam kenikmatan mengisap pipa atau cerutu dari "daun mustajab tersebut, yang diba- "Ento suba ane madan kapitalis terselubung, apang tawang. Apang da cara celeng, ulaka ngande- lang betek basang, kanggo. Ngelah otak, pamineh, ota- ke utawi paminehe jala- nang kapah-kapah. Da jeg magaang keto, ngandelang entud! To lakar anggon Da- dab gena penataran P4-e sada di tingkat nasional, pa- muput sila laksanane tusing lebihan tekenang anak ce- rik cerik mara kelas dua es de?! Kewala nawang Pan- casila tuah di bibih, kewala bisa nyambatang. Pamu- put, mara idihina baas nang akilo baan nyama brayane ane tiwasan idupne, Dadab ngopak mesuang munyi pa- tikacuh. Kudu-kudu maang ngidih, buin sada misi ngo- pogang anake ngene-ngeto jumah Dadabe. Disubane luyu, kenyel gayal anake mara lantas baang Dadab baas utawi pipis, buin sada mungain utawi manakin. To ne keto pengamalan lan penghayatan Dadabe ma- reb kapining Pancasilane, Dab? Mati iba, idup lan ba- gia kai ?! Yan amone ke suba liun anake madagang bakwan, da ja buin Dadab nagih madagang bakwan; kuah-kuah lonto kancab, pamuput isinne tuah telung besik tur sada kambang! Pi- dato lonto saling pateebin, saling pageemin aengan te- kenang dagang ubad di mu- kak tokone, pamuput nain jaran!" I Kiul raris nglanturang ngayah nya- puh ka jaba tengah purine. I Dadab, yan kija kaden sam- pun maklieng. Nehhh! (Nirta). Dengan menggunakan alat peraga di dalam memberikan penyuluhan, akan diperoleh beberapa manfaat dan keun- tungan, yang antara lain: Alat peraga dapat melenyap- kan salah pengertian yang mu- dah timbul karena perbedaan tingkatan-tingkatan pendidi- kan dari sasaran. Bila kita menerangkan sesuatu dengan menggunakan alat per aga, persoalannya akan lebih cepat dan lebih mudah menjadi jelas bagi sasaran. Dapat me- ninggalkan kesan lebih lama karena ada yang dilihat, dan menerangkan sesuatu dengan memakai alat peraga akan le- bih menarik perhatian. De- ngan memakai alat peraga, kita dapat memusatkan perhatian sasaran pada hal-hal yang biasanya diabaikan. Alat peraga dapat menghilang- kan perbedaan bahasa untuk pengertian sesuatu, mudah un- tuk membanding-bandingkan, dapat menimbulkan gambaran yang cocok dan sama pada sa- saran, serta dapat menghilang- kan salah tafsir. (Made Latra). suk pura-pura yang berfungsi pemujaan roh suci leluhur at- ma pratistha atau lebih dikenal dengan sebutan Pura Kawitan. Pada akhir pidato, Pak Mus menyimpulkan bahwa pura yang jumlahnya banyak di Bali itu tidaklah berarti menghi- langkan monotheistik para penganutnya. Tetapi, ternyata di balik ke nikmatan merokok itu ada ba- haya terselubung. Tembakau tersebut banyak mempengaru- hi susunan syaraf manusia, se- hingga para raja di Eropa me- rasa prihatin. Raja Perancis, Lodwijk XIV (1638-1715 M) mengeluarkan larangan merokok. Tsar Mic- hael Theodorovitasj dari Rusia mengikuti langkah Raja Lod- wijk bahkan larangan itu diser- tai ancaman hukuman yang berbunyi: barang siapa ketahu- an mengisap pipa atau cerutu, akan dihukum cambuk 25 kali dan bagi penjual tembakau di- KAPSUL KESEHATAN Kerjasama "Bali Post" Dengan Klinik Angkasa RRI Denpasar Kanwil Dep. Kesehatan Prop. Bali Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Melalui Puskesmas kesehatan gigi, jiwa, laborato- rium dan pencatatan ma- WALAUPUN antara Balai pokok di Puskesmas. Dalam partisipasi Pengobatan dan Puskesmas sa- membina ma-sama mengupayakan pe- syarakat petugas Puskesmas ningkatan derajat kesehatan berupaya memberikan peng- masyarakat pada umumnya, ertian dan membantu ma- tetapi menurut Sub.Dinas Bin- syarakat untuk mengenal per- kesmas antara kedua Badan masalahan kesehatan yang di- Kesehatan tersebut ada beda- hadapi serta membimbingnya nya. Dikatakan, bahwa Balai agar masyarakat dapat me- Pengobatan hanyalah mem- nanggulangi masalahnya guna berikan pelayanan pengobatan dapat menolong dirinya sendiri saja kepada mereka yang sakit, secara swadaya dan gotong sedangkan di Puskesmas peng-royong. ertian dan fungsinya lebih luas Untuk memberikan pelayanan yaitu merupakan satu kesatuan organisasi kesehatan fungsio- nal yakni sebagai pusat peng- embangan kesehatan ma- syarakat, membina partisipasi masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan yang me- nyeluruh, terpadu dalam ben- tuk kegiatan pokok diwilayah kerjanya. Konsep Puskesmas. Timbulnya konsep Puskes- mas berdasarkan pemikiran bahwa untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi- tingginya, tidaklah dapat dica- pai hanya mengobati orang yang sudah sakit saja tetapi meliputi pula faktor-faktor lain yang saling berkait. Misalnya, membina partisipasi ma- syarakat, memberikan pe- layanan kesehatan yang me- nyeluruh dan terpadu serta me- laksanakan kegiatan-kegiatan b MENANTIKAN kelahiran bayi adalah saat-saat yang me- negangkan. Perasaan bahagia akan timbul bilamana bayi yang dinantikan telah lahir de- ngan selamat sehat walafiat. Akan tetapi perasaan sebalik- nya akan meliputi seluruh ke- luarga apabila bayi yang di- nantikan lahir dalam keadaan cacat. Cacat pada rongga mu- lut dapat meliputi cacat pada bibir saja (labioschisis) atau ce- lah langit-langit saja (palatos- chisis) ataupun gabungan ke- duanya yaitu cacat celah bibir dan celah langit-langit (labio- palatochisis). Cacat celah bibir sering disebut sumbing. Alangkah sedih dan kecewa- nya seluruh keluarga. Keadaan ini kemudian dihubungkan de- Perlu diketahui bahwa cacat ngan berbagai macam tahyul. yang demikian terjadi apabila terjadi gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin pada dungan. Adapun penyebabnya umur tiga bulan dalam kan- ada beberapa hal antara lain : Pada situasi demikian ke- luarga penderita hendaknya te- nang. Cacat yang demikian da- pat diperbaiki dengan suatu operasi pembentukan kembali (plastik rekonstruksi). Yang harus diperhatikan adalah ca- ra-cara pemberian minum pa- da bayi tersebut. Terutama pa- da bayi dengan cacat celah bi- bir dan langit-langit akan me- nimbulkan kesulitan untuk ma- kan dan minum. Makanan dan Selain Drs. Putu Mustika Rai, tampil pula dua orang pe- nyampai pidato yang lain (Lek- tor Kepala) masing-masing Drs. Nengah Mustiki dosen PSP Ekonomi, dan Drs. Suna- ryono Basuki Ks. MA. dosen PSP Bahasa Inggris. Sebelum umurnya untuk di operasi da- (Sabtu 4/2), telah pula me- pat dibuatkan penutup langit- nyampaikan pidato prapeng- untuk mencegah makanan/ langit sementara (obturator) ukuhan yaitu Drs. Wayan Nur- minuman masuk kedalam kancana dan Drs. Made ber- rongga hidung. ata. (Omi). minuman sering masuk keda- lam rongga hidung. Pada keadaan ini, sebelum cukup Saat terbaik dilakukan oper- asi untuk celah bibir apabila penderita telah berumur lebih dari 10 minggu (2,5 bulan) dan berat badannya lebih dari 10 wa Columbus (1492 M) dari ne- pound (5 kg). Tentunya apabi- geri India ke Eropa. la penderita dalam keadaan se- Pribumi India menyebutnya hat. Sedangkan untuk cacat ce- "China", sedangkan di Eropa lah langit-langit dilakukan orang menamakannya "Toba- operasi bila penderita telah co" disesuaikan dengan nama berumur lebih dari 18 bulan si penemunya "Tobaco Nico- (1,5 tahun) dimana pada saat tiana". itu benih gigi sudah masuk ke- dalam lengkung rahang sehing- ga tidak rusak pada waktu operasi langit-langit. kesehatan yang menyeluruh dan terpadu a.l meliputi pe- layanan pengobatan (kuratif), pencegahan kesehatan (pre- ventif), peningkatan kesehatan (promotif), peningkatan kese- hatan (promotif) dan pemulih- an kesehatan (rehabilitatif). Dilakukan secara terpadu di- maksudkan bahwa kegiatan itu dilaksanakan bersama-sama dengan koordinasi satu pim- pinan yaitu dokter Puskesmas. Mengenai kegiatan pokok Pus- kesmas disesuaikan dengan ke- sanggupan petugas dan fasilitas atau kemudahan yang ada di Puskesmas bersangkutan. Na- mun pada pokoknya diharap- kan pada setiap Puskesmas da- pat melaksanakan 13 usaha po- kok seperti KIA, KB, perbai-nya dilakukan oleh seorang Perawat Kesehatan atau seo- kan Gizi, Higiene dan sanitasi lingkungan pencegahan pe- rang Bidan yang bertanggung nyakit menular, pengobatan, jawab terhadap Pimpinan Pus- penyuluhan, UKS, perawatan, kesmas. Umumnya lokasi Puskesmas Pembantu ini minimal 3 km da- Penanggulangan Cacat Celah Bibir Puskesmas induknya dan dan Langit-langit (Sumbing) melayani minimal 2500 orang penduduk. Jadi Kegiatan po- kok yang dilakukan di Puskes- mas Pembantu adalah merupa- kan sebagian dari kegiatan yang dilakukan di Puskesmas pada umumnya, seperti mem- berikan pelayanan pengobat- an, pencegahan, dsbnya yang dilakukan secara terpadu se- suai dengan sarana yang ada. Sedangkan Puskesmas keliling sarana utamanya adalah ken- daraan roda empat dengan maksud untuk memperluas dan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan yang di- lakukan oleh suatu Puskesmas dalam wilayah kerjanya yang luas itu. Umumnya Puskesmas Keliling ini akan bergerak ke- daerah-daerah terpencil untuk bisa memberikan bantuan pe- layanan kesehatan kepada ma- syarakat secara berkala. Pada Puskesmas keliling ini tenaga yang mengelola adalah terdiri dari satu tim yang dipimpin Pelayanan yang diberikan juga oleh seorang dokter umum. dapat berupa pelayanan peng- umumnya akan disesuaikan obatan, penyuluhan, dll yang dengan keadaan yang diperlu- kan oleh daerah sasaran. (MB). -Faktor keturunan yaitu bilamana orang tua atau lelu- hurnya ada yang menderita ca- cat demikian. -Faktor obat-obatan yang diminum pada waktu hamil mi- salnya obat-obatan yang dapat menghambat pertumbuhan ja- nin misalnya jamu-jamu pe- luntur. MINGGU, 19 FEBRUARI 1989 Faktor mekanik atau trauma. Pernah mengalami benturan atau jatuh pada wak- tu hamil muda. Demikian pula radiasi sinar rontgen dapat menyebabkan cacat tersebut. Sebaiknya operasi dilakukan sebelum penderita mulai bela- jar berbicara, agar tidak terbia- sa dengan ucapan-ucapan ber- nada sengau (suara hidung). Setelah operasi celah bibir dan langit-langit apabila masih ada suara sengau, penderita se- baiknya dilatih mengucapkan cambuk 50 kali. Sultan Murad II dari Turki (1421-1451) tak kepalang tang- gung dalam memberikan hu- kuman. Pengisap pipa atau ce- (Bersambung ke Hal IV kol 8) huruf-huruf tertentu (speech Therapy). Untuk penderita ce- lah bibir (sumbing) yang telah berumur diatas tahun atau penderita sudah kooperatif da- pat dilakukan operasi hanya dengan pembiusan lokal, se- hingga penderita tidak perlu untuk rawat nginap (opname) di rumah sakit. secepatnya Sebaiknya orang tua penderita mengusahakan perbaikan/rekonstruksi cacat tersebut agar anak-anak yang menderita cacat ini dalam per- kembangannya tidak mengala- mi gangguan mental/merasa rendah diri. Bagi penderita yang tidak mampu dengan membawa su- rat keterangan tidak mampu dari camat akan mendapat ke- sakit. ringanan biaya dari rumah jut, dapat menghubungi Bagi- Untuk keterangan lebih lan- an-Penyakit Gigi dan Mulut mah Sakit Umum Sanglah sub bagian Bedah Mulut Ru- pelaporan. Puskesmas Pembantu dan Pus- kesmas Keliling. Denpasar. (drg. Made Suthanaya Ahli Be- dah Mulut). Sebagaimana dikemukakan diatas, Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan kesehatan ma- syarakat dalam wilayah kerja- nya. Wilayah kerjanya ini da- pat meliputi satu kecamatan atau sebagian dari wilayah ke- camatan. Pada pokoknya luas wilayah kerja Puskesmas dite tapkan berdasarkan faktor penduduk, geografis dan keadaan sarana perhubungan sehingga memungkinkan Pus- kesmas mencakup pelayanan kesehatan masyarakat seluas mungkin. Untuk bisa menca- kup pelayanan kesehatan yang luas itu secara merata, maka Puskesmas ditunjang oleh Pus- kesmas Pembantu dan Puskes- mas keliling. Puskesmas Pem- bantu ini merupakan unit pe- bersifat serba guna akan tetapi nunjang dari Puskesmas yang dalam ujud kegiatannya yang lebih sederhana. Dikatakan se derhana karena pengelolaan Puskesmas Pembantu ini ha Catatan Minggu Ini Komputerisasi KTP di Badung BELAKANGAN ini masyarakat Badung "wajib KTP" kembali dimobilisasi (dikumpulkan), guna didata dalam rangka mendapatkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) baru sistem komputer. Dari segi teknis, tentu merupakan ke- majuan. Dari segi tujuan, tentu maksudnya ingin mengeta- hui, berapa sebenarnya penduduk resmi di daerah Badung yang wajib memiliki KTP. Badung, dengan Denpasar sebagai pusat perdagangan, politik, dan pariwisata merupakan sasaran empuk bagi pen- datang mengadu nasib. Jumlah penduduk baru semakin hari semakin berkembang, yang harus selalu dipantau aparat desa. Bahkan belakangan terdengar, ada daerah baru di- proklamasikan. yang tentu saja menempati tanah negara. Kalau itu dibiarkan, akan merupakan contoh yang kurang baik bagi masyarakat sekitarnya. Dalam kaitan itu, sistem KTP baru yang diterapkan di Badung memiliki arti yang strategis dan hendaknya dapat dilaksanakan secara konsekuensi dan berkelanjutan. Kita tidak menginginkan terjadi hal-hal negatif seperti yang per- nah dialami penduduk Badung beberapa tahun lalu. Ketika itu rakyat wajib KTP ramai-ramai difoto, dipunguti uang KTP namun KTP yang ditunggu-tunggu tidak datang, hanya karena ulah pemborongnya lari ke luar daerah. Pengalaman seperti itu merupakan "racun" bagi ma- syarakat. Apalagi yang kena masyarakat desa - yang meng- anggap identitas diri baginya merupakan kebutuhan nomor dua. Berlainan dengan masyarakat kota, identitas diri men- jadi begitu penting, karena selalu diperlukan dalam berbagai kepentingan bisnis dan keperluan-keperluan lainnya. Segala sesuatu yang dilaksanakan dengan etikad baik, memang patut disambut dengan baik. Apalagi dilakukan dengan cara dan metoda baru yang lebih efisien. Begitu pula mengenai komputerisasi KTP di Badung - yang kini sedang gencar dilaksanakan aparat-aparat desa di seluruh Kabupa- ten Dati II Badung. Yang menjadi pemikiran, adalah tata cara yang harus ditempuh-bagaimana menghilangkan kesan supaya ma- syarakat jangan merasa "tertekan" terus menerus, di tengah mereka memikirkan kehidupan sehari-hari. Barangkali per- lu penjelasan terus menerus, supaya jangan timbul kesan, bahwa baru kemarin mengurus KTP, kini harus memperba- harui lagi.. Atau KTP masih berlaku kok diuber ngurus dan bayar lagi!. Pemerintah sendiri sudah menjelaskan, bahwa pemikiran seperti itu tidak benar. Yang benar, semua wajib KTP apa- kah KTP nya masih berlaku atau sudah habis masa berlaku- nya harus didata, dipotret dan membayar !. Semua KTP dikeluarkan sesuai dengan masa berlaku KTP yang dipegang sekarang. Akibat penjelasan yang kurang merata, me- nyebabkan banyak penduduk bertanya-tanya. Faktor lain, adalah menghilangkan kesan-jangan pendu- duk yang jelas identitasnya dipersulit dalam mendapatkan KTP, sementara pendatang semakin banyak namun tidak mendapat perhatian dan bebas berkeliaran di sela-sela pen- duduk kita. Ini merupakan masalah yang patut diperhitung- kan, sehingga wajib KTP tidak menjadi sinis dan antipati. Penerapan KTP sistem komputerisasi, memang harus diim- bangi dengan penertiban penduduk liar secara terus mene- rus. Dan memang itulah salah satu tujuan yang mungkin akan dilakukan. Tinggal, bagaimana melaksanakan dan ke- beranian untuk bertindak. MINGGU, Kea PAGI itu ngong-beng ngung. Sejak semi ekor ayamn nya mengg tandanya: dan ogah mencret hi muntirkan mirip ular m yang mati ta menunjukk tusan ekor Pan Regen embalian k Sejak sem was. "Kok rubug? Tapi, itu ti mua khan s kirnya. Untuk men bawa seeko dan seekor sih hidup k nyidikan F bannya ada watirkan, ya? Vaksin, ini, pada m kejadian "aneh" me jaman dulu bahwa oran telah semb nyakit taha an berulang Orang yang kebal (istilal Pada wakt timbulnya ini belum di Dalam p ikutnya ora ungkap bat zat anti terb (manusia at kemasukan rus, bakteri anti yang agen peny. mudian dike N (291 DEM Kö TUSUARIA PE B B LALU, AR DILAKUK TEMPAT SUDAH S KEMUDIAN 5x5 MET SEHINGGA 1,5 METER Color Rendition Chart