Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1992-01-26
Halaman: 08

Konten


2cm Halaman 2 Bapa Melem. Pak Jaya Swara Antuk Drs. Ngurah Oka Supartha Ragastri (Lanturang - Kaping Kalih) MIRAGI rawosne | Sangut sane sakadi kadawan - dawan punika, I Melem sakadi seksek ring manah, duaning satmaka lambung ipun sakadi keni kasuduk antuk keris. Wantah sam- pun yonin I Meleme sane tan dados ungkulin, madruwe ke- wanten ipun indik pamatut, sahanan prawertin ipunne sane sinanggeh ragastri punika. Sarwi masemu bangras, I Melem masaut nyengking. "Eda cai lebihan satua Ngut, yan makejang anake masolah melah buka caine, puyung lakar kawah Cambra Gohmukane, Tusing lakar ngelah gae soroh Cingkarabalane, nigtig, mami- danda soroh atmane patut maan neraka, sawireh solahne satata jele-jele tur angapakrama duk'enu idupe di madyapa- da. Riwekasan, kaka anak lakar tuara ngalih suarga. Neraka ane lakar alih kaka" sakadi asapunika | Melem masaut sarwi masebeng enteg. "Yeeee..... lakar keto unduke, dija Melem maan pepelajah- an agama ane keto? Yen keto tusing ya lempas tekening pangeweruh mwang tuntunan Catur Purusarthane mwang Pancasraddhane. Makejang kutang Melem mokshartemne,' sakadi asapunika | Sangut tangkejut nyawurin rawosne | Me- lem sane baneh punika. "Anggo apa lakar maan swargan utawi moksha. Yen maan Bali Post "Nah...., depang suba icang jele buka rawos Melem, ang- gon icang apa lakar gede bengkek buka potongan Meleme. Mua lumbeng, tendas Meleme buka kembale. Lakare yan ada anak ngelah potongan buka Meleme, liunan suba soroh jalma merkak di gumine. Baong gondong riong, tur duri maimbuh punuk. Sawireh Melem bas menyel duk mapamit ring Ida Bhatara di kali dituane. Kanti apang nildil kletokina, baong mwang basan tengahan palan Meleme ane di tundun, lakar Melem numitis mai ka madyapada, dadi Melem ane gondong reyong tur maimbuh punuk. Tur potongane, Don empag amah godel, saang papah di punapi, Buin cepag, mondel, tur maim- buh kakah turin daki. Jerijin batis Melem bawak tur maimpang-impangan, sawirek duke nguni, satondene Melem MINGGU, 26 JANUARI 1992 KAPSUL KESEHATAN Kerjasama "Bali Post" dengan Klinik Angkasa RR! Denpasar dan Dinas Kesehatan Prop. Bali. Sub Dinas Penyuluhan Kesehatan Gizi Prima Memacu Peningkatan swargan paling liu ditu lakar ngiring soroh atman Ida Pedanda, numitis mai ka madyapada, Melem demen mamaling babung: Prestasi dan Produktivitas Rsi, Empu, Pemangku, tekening soroh atman | Sangute, ane satata mapi-mapi sadu, nanging sujatine belog ngolol tur ti- was nektek di gumine. Buin yan prade maan swargan, biiiihhhh..... panamiune paling banter soroh nasi kuninge as- langgi, tur mabe taluh madadar ane tipis, tur tuara masa apa," sakadi asapunika | Melem masaut masebeng maora. "Yen di narakaloka, soroh nyen mirib ane lakar iring Melem, ajak Melem? Kenken mirib panamiune ditu?", sakadi asapuni- ka | Sangut mapitaken ngaluedang ring ipun | Melem. "Yen manut satua di Atmaprasangsane, tusing ya pasti buin seken, soroh Dewagung Puri Hastinapurane ane lakar iring kaka ditu. Pamekas Ida Dewagung Duryadhana, Dewagung Dussasana, Papatih Lingsire, Sira Nararya Sakuni, Bupati Awanggapurane, Ida Sang Karna. Pragina ane jegeg -- jegeg, nanging dahat jalir, makawinan kanti saed manyuwun - ma- nyabit danggul biyu. Keto masih pragina ane cara kakane, ane satata orahang cai demen maprawerti ane sinanggeh ragas- tri, ane kanti dingkih lakar negen celebongkak. Kayang soroh walyan sinadake, ane satata nulung luh-luhe ane demen ma- solah cinta dedari, maling-dotan, mara beling terus masedot, lakar bareng ajak kaka di narakaloka. Buin soroh panamiune cai nawang? Pasti bin seken soroh bistike, cap caine, ah..... soroh puyung haine, kanti kambang di banyune. Soroh inum- inimane cai nawang? Ah..., ngat jag soroh, bir, brandyne, Martinine, mwang soroh inum-inumane ane misi gin. Ah..... yan soroh air nyame, tusing kanggo," sakadi asapunika I Melem masaut maora. "Beeeehhh, nawang Melem sastra Agama. Dija Melem maan orta keto? Ngat jag bulak-balik Melem sasuduk mwang tuntunan sastra agamane, anggon Melem ngalih pasal pembe- nar, apang sida matutang ane tan patut, soroh solah Melem ane sinanggeh ragastri, ragadwesa, dratikrama di gumine. Tumanang dewek Melem satata bani tekening kecaping li- nging aji, kutuka celekotokane, baru nyahu. Dadi endep- endep, dadi namu-namu celekotokane dasa tali tiban, baru Melem tahu rasa," sakadi asapunika | Sangut masaut, mase- beng seken. "Pabedikin cai mesuang tutur Ngut! Bas lebihan tutur cai di gumine, kanti telah awak cai matotor. Kanti berig gudig, ba- sang bengkis buka anake sakit buh, tur mabungut cara bungut lindung," sakadi asapunika | Melem nyadcad | Sangut. OM SWASTIASTU. Bali Post/SK. kilan di teban pisagane," sakadi asapunika | Sangut ngewada I Melem. "Nah....., Melem mwang | Sangut, suud ja saling wada. Lakare amun jani unduke tenenan ane telektekang. Sawireh ajak makejang ajak pada ngaba cadcad-pengaruh numadi mai ka madyapa. Lakare yan di desa pakraman, di organisasi, di pagaen ada ngaku melah padidi, ngaku shakti padidi, ngaku duweg padidi. Lenan tekening buka keto, lakare yan pinuju lakar nyanggra miwah midabdabin pakibeh tatangunane di desa pakraman, melah-melahne duduk anggon mayasa kerti di gumine. Jelek-jelekne kutang di gote. Meh-mehan yan perlu jele-jelene ento patut rarung ke pasih, apang danan kanti buin mamanakan, mentik, mataluh di gumine, ane lakar mapuara ngeranayang byuta di gumine," sakadi asapunika Ida Bagus Ajin Kompiang mapaenjuh pakayun pamatut ring ipun | Melem mwang | Sangut. "Patut pisan sakadi pangandikan druwene Ratu Ida Bagus Aji, pateh sakadi pangandikan Sang Sujana. Warahakna a- wakta rumuhun. Awya kita aninda wwang waneh, tan ana wwang suwatra anulus. Napi malih puniki dumadi dados janma ka madyapada, kocap para dewane sami madruwe cacad. Sakadi sane kawedar ring Lontar Indik Panyadcadan Dewa- ne. Ida Bhatara Siwa, kaden taler madruwe cadcad. Makawin- an Ida mabhiseka Sang Hyang Nilakanta, nnten ya kocap mawit ulyan kantan idane madaging cebleng sane mawarna nila. Ida Bhatara Wisnu, kocap alit purus idane. Tur Ida dahat romon. Sahanan sarwa mala ring jagate, sami anyudang ida, duaning ida marupa istadewata sane mapaica panyucian mwang angelebur dasamalane ring jagate. Sang Agni, sarwa baksa, cacad idane, duaning ida ngeseng napi kewanten ring jagate. Ida Bhatara Surya, tukang intip ida, duaning ida silih tunggil istadewata ane madeg makadi Sang Hyang Trayoda- sa Saksi, ane rahina wengi, maswadharma macecingak sa- hanan prawerti janane di madyapada. Buka undukne | Melem, yadiastun ia ngempet magregriningan ngajak Luh Sembreg di arepan timpale, nanging Ida Bhatara Surya anak sampun uning. Tur sampun kaperentahang Sang Suratma nyatet I Melem makarya di sisin pasihe, di hotel-hotel, di bet-bet," sakadi asapunika | Sangut muputang dharmatula duk wengi- ne punika, nganinin ring prawerti sane sinanggeh ragastri. (Pacang Kalanturang). HARI Gizi Nasional yang di- menderita kekurangan gizi dan syaratan kesehatan bagi kantin peringati Sabtu kemarin, tgl. keadaan yang sama juga dide- sekolah. Antara lain ada 3 hal 25 Januari 1992 mencanangkan rita oleh bayi yang akan dila- yang perlu diperhatikan yaitu: tema "Gizi prima memacu pe- hirkan. Bayi akan lahir cacat ningkatan prestasi dan produk- tifitas bangsa". de- Ini sejalan ngan salah satu strategi peme- rintah dibidang kesehatan un- tuk membentuk manusia Indo- nesia dimasa mendatang men- jadi manusia yang cerdas dan sehat secara optimal. Upaya kearah itu adalah dengan pe- menuhan zat gizi yang memang sudah diperlukan manusia se- menjak pembuahan dalam ra- karena pembentukan organ- 1. Syarat Gizi, organ tubuh pada janin tidak maksudnya agar jenis-jenis berjalan sempurna, akibat ke- makanan/minuman yang dijual kurangan zat gizi. Saat ini u- di kantin sekolah dapat meme- mumnya ibu-ibu telah me- nuhi syarat gizi. nyadari betapa pentingnya pe- 2. Syarat Hygiene, meriksaan dilakukan secara berkala semenjak masa keha- maksudnya agar orang yang milan, sehingga secara umum menjual dan yang mengolah anak-anak yang lahir sudah makanan di kantin itu bersih baik status gizinya. Apalagi di- dan sehat terutama jangan tunjang oleh program peme- sampai berpenyakit menular. semakin mantap. rintah yang 3. Syarat Sanitasi, him ibu, setelah lahir dan masa Hanya sayangnya program ini memperhatikan kebersihan di tumbuh-kembangnya anak ter- tidak berdekatan dengan sara- na MCK, tempat pembuangan sampah sekolah atau tempat kotor lainnya. Bila ketiga persyaratan diatas dapat dipenuhi, sudah dapat dikatakan kebutuhan gizi anak selama di sekolah sudah terpe- nuhi. utama pada masa balita sampai baru memprioritaskan pada lingkungan kantin dan usaha- pada masa sekolah. Zat Gizi anak-anak balita dan ibu ha- kan agar tempat kantin sekolah dimaksud adalah zat-zat yang mil, sedangkan bagi anak-anak terkandung pada bahan ma- usia sekolah program ini belum kanan yang memang amat di- menjangkau dan masih me- perlukan seperti karbohidrat, merlukan perhatian yang le- lemak, protein, vitamin, mine- bih. Untuk diketahui, bahwa ral dan air. sampai usia balita zat gizi di- gunakan untuk pembentukan organ tubuh sedangkan pada masa pra sekolah sampai masa sekolah zat gizi diperuntukkan mematangkan sel-sel organ tu- buh yang sudah lengkap itu, terutama pada saat proses pe- matangan organ otak manusia yang terjadi pada masa sekolah tersebut. Pemasok Gizi Janin atau bayi yang masih dalam kandungan mendapat pasokan gizi langsung dari ibu- nya guna pembentukan organ- organ tubuh janin. Karenanya ada anjuran, ibu hamil harus makan 2 kali lebih banyak dari porsi biasanya. Sebab bila ibu hamil mengkonsumsi makanan hanya sedikit, akibatnya si ibu Desa Adat Bale Agung Kerambitan Tampil Manis NAMA Kerambitan berawal Lalu siapa bila kalau Keram- patkan Pure Dalem dan Setra. bitan itu tidak indah. Ya desa- Hingga Tri Mandhala sudah di- nya, ya alamnya, ya ma- terapkan pada saat memulai syarakatnya, ya budayanya, ya membangun Desa Adat Bale ininya, ya itunya. Pokoknya Agung Kerambitan sekarang. menarik dan mengundang de- dari kata "Rawit" yang ber- makna "Indah". Kemudian mendapat awalan Kedan akhir- an An menjadi Kerawitan atau Keindahan. Lama-lama pe- nyebutannya lantas berubah cak kagum. menjadi Kerambitan. Namun makna indah yang terkandung di dalamnya, tetap tidak ber- ubah, s Begitulah asal mula na- ma Desa Kerambitan, 7 km di barat daya Tabanarf. Memberi nama sesuatu desa dengan Kerawitan atau Ke- rambitan yang bermakna indah itu, tentu bukan tanpa alasan. Apalagi untuk Istana. Raja yang sekaligus juga adalah pu- sat pemerintahan. Desa Kerambitan dalam bentuknya sekarang, terbagi Gizi Prima. Gizi prima ini atau gizi yang baik sangat erat kaitannya de- ngan prestasi dan produktifitas seseorang. Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan zat gizi yang te- lah dimulai semenjak dari kan- Kaitannya dengan dungan, lahir sampai usia bali- program UKS ta diperlukan untuk pembentu- kan organ. Kemudian setelah Zat-zat gizi yang diperoleh usia 5 tahun sampai masa seko- anak-anak pada masa sekolah tidak bisa dipisahkan dengan lah, gizi diperlukan untuk pe- program Usaha Kesehatan matangan organ-organ tubuh. Selanjutnya pada Sekolah/UKS itu sendiri. Da- tumbuh-kembangnya anak zat lam program UKS diantaranya ditanamkan prinsip hidup se- gizi terus diperlukan. Jadi, bila hat dibidang keteladanan gizi. bayi dan sampai masa usia se- anak sejak dalam kandungan, kolah selalu menderita keku- tergantungannya pada orang masa Sarana penanaman prinsip ini disekolah adalah warung atau rangan gizi maka otomatis kantin sekolah. Dengan de- organ-organ yang dibentuk mikian, antara kantin sekolah menjadi tidak sempurna dan dengan kebutuhan gizi bagi dapat dipastikan anak tidak anak-anak sekolah erat sekali Kalau prestasi anak sudah ken- mungkin dapat berprestasi. kaitannya. Kita tahu bahwa a- dor maka jelas anak itu sulit dalam 3 desa Dinas, Kerambit nak usia sekolah sudah mulai untuk nantinya setelah dewasa Apa pasalnya?. bisa bekerja dengan baik. De- Soalnya Desa Kerambitan, ti- an, Baturiti dan Kukuh. Na- belajar melepaskan diri dari ke- dak kurang dari 300 tahun lalu mun, sebagai desa adat, tetap tua dalam memilih makanan kat produktifitasnya akan ren- ngan kata lain, orang itu ting- masyarakatnya sudah dibina satu, yakni Desa Adat Bale A- yang disukainya. Hal ini me- dah. Untuk menghindari hal- dan dibentuk oleh Sang Raja, gung Kerambitan. mungkinkan karena untuk be- hal yang buruk terutama pada agar taat dan patuh terhadap Ini satu bukti lagi, betapa ko- berapa jam setiap harinya, ter- ajaran-ajaran Agama Hindu, koh dan kompaknya Desa A- utama pada jam-jam sekolah generasi muda sebagai genera- dan sopan santun. Maksudnya, dat Bale Agung Kerambitan, pengawasan orang tua secara sebagai masyarakat yang ber- memelihara persatuan dan ke- langsung praktis berkurang. tang, hendaknya sejak dini, se- ada di pusat pemerintahan agar satuan desa adat, sejak berdiri Dalam keadaan seperti ini, bila dalam kandungan sarana yang selalu menjadi panutan untuk diteladani oleh seluruh rakyat nya 300 tahun yang lalu, sam- pengawasan guru kendor dan berkaitan dengan makan dan kerajaan. Tak kalah menarik adalah Di sana pada abad ke XVIII Tata Ruang desanya yang Sirarya Ngurah Gde Banjar, membuatnya jadi geleng- Raja Tabanan Bagian Barat, geleng kepala. Sebagai ulu a- mendirikan istananya, Puri tau kepala terletak di bagian u- tara, di mana terdapat Pure U- Gde Kerambitan sekarang. lun Swi. Maka itulah antara Puri Gde Kerambitan dengan Desa Ke- rambitan, adalah loro-loroning atunggal. Tanpa Puri Gde, De- PENYAMBUT Para Penyambut Tim Penilai Lomba Desa Adat Propinsi Bali, siap sedia di Gerbang Desa Adat Bale sa Kerambitan tidak ada. Agung Kerambitan. Basa Inggris Samatra Olih Soejono TS sareng I.B. Kaleran (04) Contoh jawaban latihan Minggu lalu. 1. A: Do they always stay up-late? + Apakah mereka selalu bergadang? Napike ipun (makesami) setata madagang? B: No, they rarely stay up late. + Tidak, mereka jarang bergadang. Ten, ipun kapah madagang. 2. A: Must I take you home again tomorrow? +Haruskah saya mengantarkanmu lagi besok? Patutke tiang ngiring jerone benjang malih. B: No, you needn't take me home tomorrow. + Tidak, engkau tak usah mengantarkan saya pulang besok. Ten, jerone ten buat ngatehang tiang mulih benjang. Yang berikut ini kerjakanlah seperti sediakala. 1. A: Will you be at home tomorrow? + Apakah kamu akan di rumah besok? Napike jerone pacang di pondok benjang? ). B: No, I won't. I will be at my office tomorrow. Kata-kata pengganti: he/at Denpasar/he/he/at Singaraja they/here/they/they/there she/in/she/she/out 2. A: She can swim well but she can't play tennis. + Ia dapat berenang dengan baik tetapi ia tak dapat bermain tenis Ipun sida nglangi becik sakewanten ipun ten bisa main (ma- plalian) tenis. Kata-kata pengganti *). Perintis he/play the piano/he/play the flute they/speak English/they/read French Gonjak/drive a car/he/ride a bicycle + Tidak. Saya akan di kantor saya besok. Ten. Tiang pacang di kantor (tiang) benjang. Bali Post Edisi Pedesaan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Wakil Pemimpin Umum/Pemred Penanggung Jawab Wakil Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab Redaktur Pelaksana : K. Nadha : K. Nadha : Drs. ABG. Satria Naradha. : Widminarko : Drs. Made Nariana Anggota Redaksi: Djesna Winada, Surawan, B. Ashrama, Drs. Marmo Oeto- mo, Adhy Ryadi, Drs. Gde Nym. Suryawan, Dr. Made Sumendra, Gde Suyad- nyana, K. Abinawa, Agus Talino, Reina Caesilia Nina, Drs. Nym. Wirata. Kantor Redaksi: Jl. Kepundung 67 A, 80232, Telepon : 25764-25765. Fax: 27418. Teleks: 35191, Alamat Surat: P.O. BOX: 10 Denpasar 80001. Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers: Sk Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A. 7/1985 tanggal 24 Oktober 1985, Anggota SPS-SGP, Penerbit: PT. Bali Post. ISSN 0852-6515 Di tengah-tengah de- sa, berimpitan dengan Istana Raja, Puri Gde, ditempatkan Pure Puseh atau pusat. Sedang- kan di teben atau selatan ditem- 'Kulkul'' Menyatukan Masyarakat FUNGSI kulkul atau ken- menyatukan tujuan ma- dengan tatap muka itu ditandai Rp 150.000. Dari DPD Golkar tongan sudah banyak orang ta- syarakat banyak, untuk ber- dengan pemukulan kulkul dan dan organisasi sosial lainnya hu. Sarana atau alat sebagai kumpul menuju dan mewujud- pengguntingan pita oleh Bupa- sebesar Rp 500.000. Juga di- pertanda pemersatu ma- kan cita-cita yang terbaik atau ti, 18/1 baru lalu. Demi menun- bantu 25 zak semen serta per- syarakat ini bukaan saja ter- yang ayu. jang keindahan desa juga di- alatan olah raga berupa bola buat dari kayu namun ada pula Berkaitan dengan itu belum buat taman-taman, apit surang bulu tangkis lengkap dengan terbuat dari besi, terompet, be- lama ini masyarakat Br. Belu- serta got-got permanen demi reket serta net. (B. Yas). dug dan lainnya. lang, kelurahan Kapal, keca- lancarnya saluran air sepan- matan Mengwi (Badung) jang jalan aspal swadaya itu. membuat kulkul baru karena Ketua panitia pembangunan yang lama tidak bisa berfungsi Made Cana mengakui bahwa akibat tua. Sekaligus juga di- mewujudkan semua itu pihak- buat balai kulkulnya. Semua nya masih ngutang, itu menelan biaya Rp 8,5 juta lebih termasuk perbaikan balai banjar. Balai kulkul serta kul- Yang namanya kulkul sudah jelas terbuat dari kayu dan ma- cam kayu yang baik adalah kayu camplung dan kayu nang- ka yang di Bali terkenal dengan sebutan kayu tewel. Orang- Ketika dilakukan tatap mu- orang tua mengatakan bahwa ka dengan warga masyarakat kata kayu bisa diterjemahkan itu, Bupati banyak member- keayuan yang artinya ayu (can- kul tersebut diresmikan Bupati ikan saran-saran tentang pe- tik) dan lemah-lembut. Dan bi- Badung I Gst. Bagus Alit Putra meliharaan jalan, keseimbang- sa juga kayu menjadi kayun a- dikaitkan juga dengan per- an material dan spiritual dalam tau manah yang artinya mak- esmian jalan swadaya sepan- kehidupan sehari-hari pada sud atau tujuan. Jika semua jang 900 meter dengan lebar zaman modern ini. Guna meri- artian itu disatukan maka mak- 3,5 meter dengan dana yang di- ngankan beban masyarakat, sud kulkul itu terbuat dari kayu habiskan sekitar Rp 30 juta. Bupati memberi bantuan Rp 1 tiada lain adalah berkeinginan Peresmian yang dilanjutkan juta, dari ketua DPRD Badung Bali Post/Yas si harapan bangsa dimasa da- jak bayi bahkan sejak masih pai sekarang. sarana yang ada disekolah ti- konsumsinya sudah harus men- Ada yang katakan, bila di dak memenuhi syarat kesehat- dapatkan perhatian. Sesuai te- dalam satu desa banyak terda- an maka akibatnya anak-anak ma Hari Gizi Nasional, harap- pat griya, puri, jero dan ma- akan cenderung memilih ma- an kita agar manusia Indonesia syarakatnya yang sopan san- kanan yang kurang sehat dan bergizi prima sehingga mampu tun, di sana akan tumbuh pula yang nilai gizinya rendah. Oleh berprestasi dan berproduktifi- dengan subur kesenian yang karena itu perlu diadakan per- tas tinggi. (MB). bernilai tinggi. Rupa-rupanya hal itu sulit dibantah, sebagai- rambitan, sehari-harinya. Jadi bangunan yang diraih sampai mana halnya dengan di Desa bukan hanya sekadar perfor- sekarang. Adat Bale Agung Kerambitan. mace. Lalu tak berkelebihan Karenanya tidak berkelebih- Di sana kesenian-kesenian sa- rasanya, kalau ada yang sam- an rasanya bila pemeo di dunia kral dan masa kini tetap hidup pai nyeletuk, luar biasa, tak ini berkata, siapa saja yang dan subur. Begitu pula dengan perlu dikomentari lagi. Pokok- pernah minum air Sungai Nil, tata-krama, adat, sopan santun nya pas dan klop serta itulah ia akan kembali lagi ke Afrika. masyarakatnya tetap berjalan yang kita cari. Maka di Bali ada pula keper- sesuai dengan ajaran Agama Penunjukan Desa Adat Bale cayaan "siapa saja yang pernah Hindu. Visualisasinya terlihat Agung Kerambitan, sebagai menginjakkan kakinya di Ke- jelas saat desa adat itu dinilai jago anan tampil dalam rambitan, ia akan kembali lagi oleh Tim Penilai Propinsi Bali, Lomba Desa Adat se Propinsi ke Kerambitan". 15 Januari lalu. Semua terlihat Bali, sepertinya tidak keliru. Terbetik harapan, itu akan wajar dan tidak dibuat-buat. Meskipun tanpa seleksi terle- berlaku pula bagi Tim Penilai Namun tetap apik, asri dan ma- bih dahulu. Ini tentu tidak ter- Lomba Desa Adat Propinsi nis. Sebab, itu adalah pencer- lepas dari latar belakang seja- Bali, dengan berita terbaiknya. minan kehidupan masyarakat rah yang dimiliki oleh Desa A- Mari kita tunggu. Desa Adat Bale Agung Ke- dat itu dan sukses-sukses pem- (S. Kamad jaya). Dharma Wacana Dana ma merupakan dambaan setiap ka disadari, bahwa apa yang di- orang. Tetapi dalam kenyataan sebut dengan artha, dana atau hidup sehari-hari, ada dua kekayaan itu hanyalah alat se keadaan saling berbeda, na- mata. Karena itu kita tentu ti- mun sebenarnya tidak diharap- dak ingin diperalat oleh ke- kan begitu. Yang satu, meski kayaan itu. Mestinya, kekaya- belum dapat mengangkat har- peralat, tidak saja untuk sudah giat bekerja tetap saja an itulah yang seharusnya di- kurangan dalam arti sesung- kita, bahkan juga untuk orang kat hidupnya, masih serba ke- mensejahtera-bahagiakan diri guhnya. Sedang satunya lagi, lain -- demi kepentingan sesa- walau sudah berkecukupan te- ma. Dan pada akhirnya, apa tapi Oleh I Gusti Ketut Widana "Surudnikanang artha ring greha hilangnya tan ana winawanya umulih pada nangis, gawehala hajeng manuntun angiring yan pejah, ikang mamidara swa-wandhu surud ing panasaran manuduhaken ulah tekan, kalinganika ring dadi wwang i sedeng hurip angulaha dharma sadhana" (Niti Sastra, III,2). ADALAH merupakan hak tuhan mendasar yang diperlu- tetap saja merasa yang disuratkan sloka Kakawin setiap manusia untuk hidup se- kan tubuh. kekurangan--kurang banyak Niti Sastra di atas, patutlah di- jahtera dan bahagia. Dan ada- Bahkan di dalam kitab Brahma artha ditumpuk. Terhadap simak untuk kemudian dijadi- lah menjadi kewajiban manu- Sutra (228,45) dinyatakan yang belakangan inilah, artha kan pijakan dalam memper sia itu juga untuk mengupaya- Dharmarthakamamoksanam yang sudah berhasil dikumpul- lakukan dana agar timira tidak kan pencapaiannya. Kesejah- çariram sadhanam -- tubuh a- kan menjadi aset kekayaan a- membelenggu kita, "Jika o teraan dan kebahagiaan beta- dalah alat untuk mendapatkan tau Dana dapat menimbulkan rang meninggal dunia, harta papun merupakan cita-cita a- dharma, artha, kama dan mok- timira atau kegelapan. Dengan benda kekayaannya akan ting tau pengharapan. Karena itu, sa. Arti lainnya, dengan tubuh dana atau kekayaan orang me- gal di rumah, tidak dibawanya pencapaian keadaan demikian, itulah seseorang berdasarkan mang bisa hidup sejahtera dan mati, orang yang melayat dan sepenuhnya terpulang pada si-, tuntunan dharma mengupaya- bahagia. Tetapi dengan ke- keluarganya hanya mengantar- kap jengah setiap orang, ter- kan perolehan artha, guna me- kayaannya itu pula seseorang kan sampai di liang kubur, lalu menunaikan menuhi kama dalam rangka dapat terjerumuskan. Apalagi pulang sambil menangis, hanya swadharmanya masing- mencapai jagadhita maupun jika diketahui dana kekayaan kejahatan dan kebajikan saja masing. Dari penunaian swad moksa. Jadi, apa yang disebut itu diperoleh tidak berdasar a- yang mengikuti dan menunjuk- harma itulah akan diperoleh dengan mencari nafkah adalah tas dharma sebagaimana di- kan jalan ke akherat, oleh ka hasil dari perbuatan dan atau sesuatu perbuatan yang wajib ajarkan dalam Catur Purusar- rena itu selama hidup ini kita pekerjaan yang dilakukan. dilakukan demi kesejahteraan Maka dapat diduga, kese- hendaknya selalu beramal dan kebahagiaan. Dengan jahteraan dan kebahagiaan bhakti sebagai bekal untuk Meski menurut tuntunan ajar- mencari nafkah, artha akan di- yang diidamkan tidak kesam- mencapai kebahagiaan -- di du- an tentang Karma disebutkan dapat. Selanjutnya dengan ar- paian. bahwa hanya pada pekerjaan tha itu kebutuhan bhoga (pa- Sebab hidupnya justru akan ta artha, dana atau kekayaan nia maupun di sorga". Ternya sebagai kewajiban dan bukan ngan), upabhoga (sandang) terus dibayang-bayangi oleh hanyalah sementara menjadi pada hasilnya, tetapi sebagai- dan paribhoga (papan) akan ketidak jujurannya dalam teman hidup. Karma, baik a- mana lazimnya orang bekerja terpenuhi. Begitulah, manusia memperoleh kekayaan terse- taupun buruk itulah yang akan hasil itu akan datang jua. Seo- dalam hidupnya diwajibkan but. Malah sebaliknya, kendati mengantarkan kita kelak sam-, rang petani pun, walau tidak untuk berbuat dan atau meng- hidup tidak berkecukupan na- pai di kedituan. Karena itu, a- banyak berharap akan hasil- erjakan sesuatu guna memeli- mun karena didasari perole- mat layak dana itu untuk di pu nya, buah padi yang ditanam hara dan selanjutnya dapat me- hannya dengan dharma, hidup- niakan. Om Santi Santi Santi akan dipetik juga. Hidup di du- langsugkan kehidupannya. Hi- pun bisa tenang, jiwa terasa Om. utama dalam PERESMIAN KULKUL - Bupati Badung Alit Putra pukul kulkul pertanda diresmikannya nia nyata ini menjadi kewajib- dup berkecukupan dengan ar- tenteram dan inilah kebahagia- an kita untuk memenuhi kebu- tha hasil kerja berdasar dhar- an sebenarnya. Lebih-lebih ji- Balai Kulkul dan kulkulnya. (Bersambung). MINGGU, 26 JANUARI 1992 Penyulu Memperbail melalui Tek sang litas SECARA umum penanaman an d jagung dilakukan pada per- derh mulaan musim hujan, teruta- sepe ma pada tanah-tanah tegalan dan dan awal musim kemarau un- ma b tuk tanah basah sesudah panen kung padi. Buah jagung mulai ma- nya sak dan siap di panen setelah lemb berumur 3-4 bulan, pada saat ering ini klobotnya sudah kuning dan tu d bila dikupas dan sedikit dipen- muas jet tidak terjadi bekas pada bi- lang ji, jagung yang telah menun- hent jukkan ciri-ciri masak benar, tump panen dapat dilakukan. Dalam pengeringan jagung mengalami dua tahapan, ke- Ha ring di pohon dan kering sete- sedia lah dipanen, baik masih berke- jamu lobot, tongkol terkupas mau- bang pun sudah berupa pipilan. Ke- mau ring di pohon dapat dilakukan jamu apabila waktu mengizinkan nyer dan keamanan terjamin. Wak- fatal tu yang tersedia dimaksudkan dapa pada saat petik berlangsung a- untu taupun jagung mulai masak ti- gai m dak turun hujan ataupun tuk tanda-tanda ada hujan, sehing- hana ga diharapkan buah dapat meng- yang gantung sampai kering dipo- men hon. Kondisi seperti ini dapat cuac direncanakan sehingga panen pat b berlangsung setelah musim dari hujan. Keamanan disini di- men maksudkan tidak terjadi resiko mud kecurian buah di pohon. Yang dray terpenting dalam penanganan lepas panen jagung adalah tindakan pengeringan dan pe- nyimpanan, keberhasilan cara ini sangat berpengaruh terha- dap kualitas yang diharapkan. Cara Pengeringan Secara umum pengeringan dapat dilakukan dengan berba- PE gai cara, yang umum dengan mati menjemur langsung di panas berna matahari (cara tradisional), se- pas d lanjutnya dengan cara mekanis "ya" (drayer). Tujuan pengeringan Anda menurunkan kadar air sampai but d pada tingkat laik simpan mau- lasi a pun untuk mempermudah Jen pengolahan selanjutnya. Seca- sudah ra tradisional, dengan meman- halny faatkan sinar matahari lang- diken sung, penjemuran bisa berlaku cur pu dalam bentuk tongkol berkelo- numa bot, tongkol terkupas ataupun banya jagung pipilan. lirik b Beberapa tahapan penje- olah muran konvensional ini meli- Untu puti berbagai tahapan, perta- cur d ma bertujuan memudahkan kotak pengupasan klobot, setelah proses ini barulah dijemur un- lah B tuk kedua kalinya. Tahapan renny berikutnya dilakukan pemilih- meru an kemudian dijemur lagi dan bersif disimpan. Penyimpanan dapat nya b menggunakan wadah karung, bumb peti kayu khusus, ataupun da- masal lam kaleng-kaleng besar. Yang banyak dilakukan biasanya pe- manf nyimpanan dilakukan dalam bentuk tongkol berkelobot di- ikat dan digantungkan di atas perapian dapur. Ataupun pe- dan d nyimpanan dalam bentuk pipil- bagai SEMANGKA merupakan Te urap, ramu nal p tuk, salah saatu buah-buahan hasil B Pe pat d pertanian kita yang mempu- nyai nilai ekonomis. Untuk itu budidaya semangka bisa di- jadikan salah satu alternatif di samping tanaman lainnya. Se- biji a bagai tanaman daerah beriklim kering, semangka (Citrullus vulgaris. Schard) membutuh- Setel kan sinar matahari dan air yang nama cukup, dan sangat cocok dita- subur, nam pada tanah yang mengandung bahan organik 100 H dan mempunyai pengairan yang baik. beria hekta Laku Karena kandungan air di da- pemb lam buah semangka cukup nama tinggi, yakni sekitar 92%, ma- atura ka mempunyai sifat mudah ru- nama sak. Untuk itu penanganan kan 1 yang baik saat panen maupun bang. pasca panen sangat diperlu- terbai kan, agar mutu semangka yang Setela diperoleh tidak menjadi ren- an bia dah. Namun di samping pena- ka sud nganan panen maupun pasca tidak panen juga diperlukan pena- dan tu anganan masa prapanen yang nganj baik pula agar dapat memper- lukan fungis gostinggi produksi. ne M- 203 Unt Bertanam Semangka nyakit Daerah beriklim kering yang cenda diperlukan untuk bertanam se- mangka bisa sampai ketinggian 600 m dengan sinar matahari dan air yang cukup serta PH dan tanah 6-7. Agar tanaman se- yang mangka dapat tumbuh dengan nentu baik dan mempunyai produksi pat, c tinggi maka di samping se- dan p mangka dapat tumbuh dengan nen a baik dan mempunyai produksi tanam tinggi maka di samping harus telah cocok tempat penanamannya nya juga harus dilakukan secara buah baik cara penanaman maupun ngan kai b pemeliharaannya. Cara penanaman semangka kecol dapat dilakukan sebagai ber- telah ikut. Waktu tanam yang tepat bagia adalah pada akhir musim peng- pel d hujan. Olah tanah untuk berta- rip nam dengan cara dicangkul. kuni Ca Lubang penanaman dibuat de- ngan ukuran 40 X 40 X 30 cm, lakuk dengan jarak tanam 2,5 m. tang Berikan pupuk kandang seba- pisau nyak 3 kg untuk setiap lubang kan dan dicampur dengan tanah. panja Setiap lubang ditanami 2-3 biji buah semangka. Tutuplah biji de- harus ngan tanah setipis mungkin. hati Dalam waktu 2 sampai 3 hari ngan Color Rendition Chart 4cm