Tipe: Koran
Tanggal: 1996-12-22
Halaman: 12
Konten
2cm 4cm HALAMAN 12 Jalesviva Jayamahe dan Kejayaan Pelaut Nusantara SEBUAH patung megah dan monumental yang diberi nama Jales- viva Jayamahe, baru saja diresmi- kan Presiden Soeharto, pada Hari Armada ke-51, 5 Desember 1996. Patung ini berwujud sosok perwira TNI AL berpangkat kolonel, berdiri tegak menatap laut sambil bertolak pinggang dan tangan kirinya me- megang pangkal pedang bersarung. Ini adalah karya monumental pema- tung kelahiran Bali, Nyoman Nuar- ta, yang memiliki latar pendidikan akademis seni rupa di ITB. Konsep Perwujudan konsep patung monumental ini memperlihatkan sosok prajurit TNI AL yang siap berjuang mengemban tugas bang- sa dan negara. Sosok prajurit ber- pangkat kolonel yang ditampilkan karena di Angkatan Laut pangkat itu merupakan kondisi prima se- orang prajurit TNI AL Tinggi patung 30,8 meter, ber- diri di atas bangunan setinggi 29,1 meter. Dengan demikian secara ke- seluruhan patung ini merupakan patung tertinggi kedua di dunia set- elah patung Liberty di New York. Patung ini terbuat dari bahan tembaga, 360 ton. Dengan bahan ini patung Jalesviva Jayamahe di- harapkan memiliki daya tahan cukup baik. Tetapi karena ada di dekat laut, bahan tembaga jelas akan mudah teroksidasi uap air laut. Jika teroksidasi air laut, war- na tembaga akan berubah menja- di hijau. Karena itulah muncul ide patung ini dicat hijau seluruhnya. Pesan dan Makna Sebagai patung monumen, Jalesviva Jayamahe merupakan media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang sesuatu yang dianggap penting di bidang keprajuritan matra laut. Karena itu, pembuatan patung ini lebih con- dong ke seni guna, seni yang me- masyarakat, sebab fungsinya men- yampaikan pesan kepada orang banyak dan mempunyai tema se- bagai arah yang hendak dicapai. Dalam pembuatan patung mo- numen, tema memang menjadi gagasan dasar yang diterjemahkan ke dalam bentuk trimatra, agar pe- san yang dibawa patung tersebut dapat dimengerti oleh masyarakat umum. BPM/Mugi R. MONUMENTAL - Patung Jalesviva Jayamahe karya Nyoman Nuarta merupakan patung monumental kedua tertinggi di dun- ia. Membangkitkan jiwa bahari nenek moyang di Hari Armada kawasan Austronesia, karena merupakan penduduk pertama di kawasan ini. Pelayaran antara Madagaskar dan Asia Tenggara sudah biasa dilakukan oleh pelaut- pelaut di Nusantara. bahkan, per- nah tercatat di Madagaskar ada kerajaan Marina yang didirikan para perantau dari Nusantara. Jiwa bahari nenek moyang bangsa Indonesia juga terdoku- mentasikan secara visual berupa lukisan-lukisan perahu di gua-gua prasejarah, yang ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan, pada Candi Borobudur (abad ke-8) terdokumentasikan pula sebuah relief perahu besar, bertiang dan berlayar banyak. Kolonialis Belanda ternyata mencium kejayaan armada-arma- da laut kerajaan-kerajaan besar di Nusantara. Dengan demikian, Belanda berusaha menguasai laut Nusantara dengan kapal-kapal laut modern, lengkap dengan persen- jataannya, terutama Nusantara bagian barat. Sejak itulah pelaut- pelaut Nusantara tidak leluasa lagi. Hubungan penduduk mela- lui laut tidak bisa dilakukan lagi, sehingga rumpun bangsa di Nu- santara mudah dipecah belah. Dongeng-dongeng tentang jiwa kebaharian nenek moyang pun sengaja ditenggelamkan oleh ko- lonialis Belanda. Yang terdengar hanya lagu Nenek Moyangku Or- ang Pelaut. P Bali Post ROYEKSI Minggu Umanis, 22 Desember 1996 Minggu Umanis, Menyongsong Pameran Kartun Asia 1997 Wanita di Mata Kartunis WANITA dalam perspektif gender selalu memiliki daya pukau, baik dalam dinamika sosial maupun dalam peruba- han-perubahan peran dan nilai dalam dunia mereka sendiri. Banyak pihak, seumpama seniman maupun pakar dari berbagai disiplin ilmu menjadikan wan- ita sebagai bagian penting dalam pene- litian maupun sebagai subjek tokoh dalam proses kreatif kesenimanan. Men- jadi menarik kemudian adalah ketika para kartunis pun mencoba menawarkan pandangannya mengenai wanita. Maka, dengan "Wanita Asia di Mata Kartunis", Pusat Kebudayaan Jepang (The Japan Foundation) bekerja sama dengan Persatuan Kartunis Indonesia (Pa- karti) akan menggelar karya-karya kar- tunis dari 11 negara, yakni Brunei, Cina, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Filip- ina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Jepang dalam "Pameran Kartun Asia 97" pada 5-11 Januari 1997 di Museum Bali, Denpasar. Sebelum digelar, pame- ran ini telah dilangsungkan di Jakarta (No- vember) dan Semarang (Desember). Bali Denpasar daripada tempat-tempat ma- hal, karena tempat itu mudah dijangkau mas-yarakat," tambah Jango. Seputar Tema Wanita Dalam tiap zaman, posisi wanita ter- utama dalam memainkan peran domes- tik dan sosialnya selalu membawa per- soalan sendiri. Hal itu terjadi pada tiap negara dengan karakteristik persoalan negara bersangkutan. Yang kemudian menjadi menarik untuk dicermati adalah apakah kaum wanita dapat lebih me- mainkan peran penting ketika tiap bang- sa bersama-sama menyongsong abad baru, yakni pada milinium kedua nanti? Diangkatnya peran wanita, menurut Direktur Pusat Kebudayaan Jepang, Ikuo Nishida, karena gerak wanita tidak han- ya dibatasi seputar rumah tangga, tetapi wanita Asia kini dengan tidak mening- galkan kodrat kewanitaannya melangkah dan berperan sejajar dengan pria. Dalam realitasnya, sosok wanita sesung- guhnya makhluk yang sanggup menunjuk- kan kemampuan yang setara dengan kaum pria, bahkan mungkin melebihinya. "Lihat- lah wanita Bali," ujar Ida Ayu Asiawati Oka Pameran Kartun Asia '97 yang akan di- saat bertatap muka dengan Panitia Daerah buka dan diresmikan oleh Ida Ayu Asiawati Pameran Kartun Asia '97 di Jaya Sabha, Oka tersebut, menurut Jango, sepenuhnya Jumat (20/12). "Mereka lebih banyak men- bertujuan untuk kegiatan apresiatif bagi gambil pekerjaan dibandingkan kaum pri- masyarakat Bali. "Itu sebabnya kami lebih anya dan tanpa mengeluh," tambahnya. memilih menyelenggarakan di Museum I Wayan Suardika Karya kartunis Thailand Mengingat pameran ini berskala in- ternasional, para kartunis Bali yang ter- Bali. Karena itu, hal-hal yang cukup de- gabung dalam Pakarti Bali selaku pani- tail harus diperhitungkan dengan cermat, tia daerah Bali sedini mungkin telah seperti desain ruang pameran, pemilihan melakukan persiapan matang demi terse- panel untuk memajang karya, dan se- lenggaranya pameran ini. Ini event yang bagainya," ungkap Ketua Panitia Pelak- amat penting dan terhitung langka di sana Pameran, Jango Pramartha. Dengan adanya monumen Pameran 12 Pelukis di Cahaya Dewata berupa patung Jalesviva Jayama- he seakan kejayaan pelaut-pelaut dan prajurit laut kerajaan-kerajaan Nusantara dibangkitkan kembali. Karena itu, monumen Jalesviva Sajikan Realita Kehidupan Jayamahe dilengkapi juga diora- MENGAKHIRI tahun 1996 jawab seorang ibu dalam membe- ma sejarah TNI AL. Operasi mi- ini, dua belas perupa muda mema- sarkan putranya. Kendatipun dalam dan tahun Bahari 1996. liter pertama TNI AL antara lain jang karya-karya mereka di Hotel kesibukan, ia berupaya dekat den- karakter bahan yang digunakan. melayang dan bergerak. Dari berupa ekstradisi ke Bali. Karena Cahaya Dewata, Kedewatan Ubud gan momongannya," ujar Titin yang Khususnya menyangkut pa- menyusun, memahat, meraut dan itu, di Gilimanuk-Bali, juga telah sejak Jumat (20/12) hingga Minggu mengaku banyak ditempa alam Bali tung, Thomas Munro menyebut membentuk berjenis benda jadi, dibangun monumen perjuangan (5/1) mendatang. Tercatat 56 karya itu. kan, patung sebagai seni peren- temuan serta buangan. Tampak untuk memperingati jasa para pra- berbagai corak dan tema menghiasi canaan dan pengkonstruksian ben- dalam patung, berbagai pembaru- jurit TNI AL (BKR-TKR) di Bali hotel yang bertengger di pinggir tuk-bentuk trimatra. Umumnya an dan selalu mungkin terjadi, pada dekade 80-an. Bentuk mon- Sungai Ayung yang permai itu. harus dilihat dari aspek luar, mem- karena pada dasarnya patung umen ini mengambil ide bentuk punyai satu atau seluruh sifat yang merupakan perwujudan suatu jangkar. menggambarkan objek nyata atau acuan. khayal, menyajikan rancangan Dengan kemonumentalannya, Jiwa Bahari patung Jalesviva Jayamahe akan bentuk trimatra dan mensugesti- Patung Jalesviva Jayamahe berusaha menggugah kembali kan berbagai nis gagasan, boleh dikatakan sebagai simbol jiwa kebaharian bangsa Indonesia. perasaan serta pengalaman-pen- jiwa kebaharian yang telah tertan- Monumen ini juga berfungsi se- galaman lain. am pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala. Tercatatlah ker- ajaan-kerajaan besar di Nusantara karena memiliki armada laut yang kuat, seperti Sriwijaya, Singosari, Majapahit, dan Makasar-Goa. Hal penting dalam wujud patung monumen adalah penampilan wu- Definisi Munro memiliki ke- jud fisik, tema, karakter, tata letak, luasan kemungkinan wujud pa- lingkungan dan unsur-unsur yang tung dalam penerapannya pada mendukung (garis, warna, tekstur, wujud karya di sepanjang sejarah bentuk). Dengan demikian, kesan patung. Dari bentuk patung mono- yang timbul bisa anggun, keras, lit, pejal, berat, dan beku, sampai kokoh, dinamis, atau statis, karena ke bentuk-bentuk yang terbuka, * HONGSUI⭑ Diasuh Ronal Hikari Nenek moyang bangsa Indone- sia adalah pelaut-pelaut ulung di hok menghadap selatan dan barat yakni; dua sisi chi. Dari data reze- ki kelahiran saudara, posisi meng- hadap selatan adalah dominan leb- www.ih baik daripada menghadap bar- at. Saran kami, sebaiknya pintu masuk dari selatan. bagai menara suar bagi nelayan- nelayan maupun pelaut di seki- tarnya. Semoga jiwa kebaharian bangsa Indonesia tidak akan per- nah tenggelam, seperti kemonu- mentalan patung ini. Jalesviva Jayamahe, di laut kita berjaya. ●Gede Mugi Raharja 3. Posisi letak closed dan bak mandi adalah yang sesuai kami sketsa (tanda B). 4. Berhubung di denah ini ada pintu samping A, sebaiknya uku- rannya cukup sebesar pintu WO KM, sedangkan pintu utama ma- suk ruang tamu harus paling be- sar. Rubrik ini melayani konsultasi perihal tanah, rumah, 2. Dalam rancangan rumah tempat usaha, logo, dan segala bentuk properti seperti saudara, posisi penataan telah me- meja, tempat tidur dan sejenisnya. Tuliskan data tanggal,. menuhi syarat tetapi posisi letak 5. Untuk posisi tidur yang baik bulan, dan tahun lahir Anda (Jika tidak ingat, cukup pas-⚫ foto terbaru dan gambar denah yang ingin anda pertany-pintu masuk (pintu pagar adalah dalam penataan rumah ini hanya akan) dalam amplop tertutup, serta guntingan "Kupon di dinding timur) selatan (tandaA) kepala di timur yang memenuhi Hongsui", kirim ke Redaksi Bali Post, Jalan Kepundung dan sebaiknya dibuka lubang 2,8 syarat (tanda C) seperti yang kami 67 A Denpasar 80232. Pertanyaan tidak akan ditanggapi • m dengan pintu dorong ke barat. gambar. Selamat membangun. jika Anda tidak mencantumkan identitas. Putra A. Sempidi keluarga saudara adalah: Surat saudara beserta denah 1. Bentuk tanah saudara adalah terlampir telah kami terima, masih kategori segi empat beratu- adapun permasalahan hongsui ran dan letaknya adalah di posisi Toma Caci ker ETOUR A-Free Sampas 3. TID ARE FITE Tamu K-TEVF OTAL 340 Fe TERAS c. Flere fasa M. Christina The Bout 47064 C Halaman F-TIAN Bagaikan dikomando, ke-12 pe- rupa yang sarat misi itu mengeten- gahkan tentang sosok wanita dan ak- tivitasnya. Kaum hawa ini memang menarik dan kerap menghiasi kan- vas perupa di pelosok mana pun. Mereka yang berparade pada akhir tahun itu adalah Anthonny RG, I Nyoman Nandia, Linthon Paul, Titin Hartini, Supriadi, Sutikno, Su- narko, Taufik Kamajaya, Jito Sapu- tro, Ronnie Arto, Subagio, dan Yong- ki S. Dalam menyajikan karya, 12 pelukis ini berupaya mengemas identitas masing-masing. Agar tak jauh bercerita tentang dunia abstrak, mereka lalu menangkap nuansa ke- hidupan manusia. Semuanya disa- jikan penuh makna dan menyingkap tentang realita. Menurut wanita pelukis otodidak ini, Pulau Bali khususnya Ubud menyajikan kehidupan yang lengkap. Tak usah jauh-jauh, dalam lingkungan terdekat Ubud dihiasi kegiatan seni budaya dan keindah- an alam. "Pemandangan yang unik seperti di Bali sulit dijumpai di tem- pat lain," kata Titin, perupa kelahi- ran Salatiga, Jateng itu. Tak jauh dengan Titin, Anthonny agaknya banyak memotret aktivitas wanita Bali pada masa lampau. Lukisan "Bali Tempo Dulu" kary- anya, bercerita tentang kepolosan. Wanita Bali bertelanjang dada, dis- ajikan dengan gamblang. Jito Saputro lain lagi. Ia mengisi aktivitas penari dengan perpaduan bentuk penuh tekstur. Dengan gaya yang demikian, karya Jito tampak menonjol dan agung. Ronnie Arto juga mengangkat profil wayang Bali sebagai latar belakang lukisannya. Seorang penari cantik berbusana in- Bali Post/ist HARI IBU- Lukisan "Menyusui Si Buah Hati" karya Titin Hartini (kiri) dan "Bali Tempo Dulu" kreasi Anthonny menggambarkan sisi lain peringatan Hari Ibu pada 22 Desember ini, sic Titin Hartini, satu-satunya wan- ita dalam pameran itu, menyuguh- dah, dibayang-bayangi anggunnya sehingga lukisannya terlihat berim- kehidupan apa adanya, penuh kesed- 1996 ini, tampaknya ingin mengukir kan kepedulian sosok wanita. Te- seni wayang klasik Kamasan. bang. Seorang ibu mengasuh anakn- erhanaan dan bersahaja. Juga ada kenangan yang bermakna. Selain tak manya memang sangat tepat den- Keintiman ya terlihat begitu nyata. Bisa dibi- pada Taufik Kamajaya, Sunarko atau ingin penuh beban, mereka ingin Sementara itu Sutikno, perupa lang, wama adalah ciri khasnya. gan perayaan Hari Ibu pada 22 Supriadi. Terlebih lagi kemolekan akrab dengan para pecintanya. Desember ini. Lukisan Titin berjudul lulusan ASRI Yogya, menghadirkan Ada juga pemandangan di kam- penari Legong karya I Nyoman Nan- Mudah ditebak pula, misi perdama- "Menyusui si Buah Hati" misaln- keintiman wanita. Warna-warna pung yang tenteram, digambarkan dia, Jito dan Subagio. Yongki, S. ber- ian serta keelokan, menjadi satu ya, menggambarkan betapa lembut mencolok, dengan kontur yang te- oleh Linthon Paul. Perupa yang per- tutur tentang penari cilik dan aktiv- bagian penting yang ingin disampai- kan dalam kehidupan yang serba nya hati sang ibu meneteki bayinya gas menandakan Sutikno sebagai nah mendapat bimbingan dari D. itas kehidupan seni lainnya. Secara mudah bisa dipahami, gamang ini. yang haus kasih sayang. "Ini mem- perupa yang teguh pendirian. Ia be- Soesanto itu tampaknya mengingin- buktikan betapa besar tanggung gitu cermat memilah-milah ruangan kan suatu kedamaian. Ia memotret pameran 12 pelukis di pengujung Doflank Suyadnyana Pameran Perdana di Komaneka Gallery Menglan The D Kres Ketera kam © V L Tikus N 102 Surat dan denah saudari telah kami terima. Adapun data uku- Anda ingin Anak Laki atau Perempuan? Ida Bagus Wijaya Kusuma Resep "Membuat Anak. LAKI-PEREMPUAN Bagaimana Bayi Dalam Kandungan Menurut Hindu Pengantar & Penyunting Wayan Supartha TAYASAN DHARMA MARADHA apa Mari kita dengar langsung, kata para pakar dalam acara bedah buku : RESEP MEMBUAT ANAK LAKI-PEREMPUAN. Penyusun buku itu, Drs. Ida Bagus Wijaya Kusuma akan menjelaskan lebih jauh dari sudut agama. Acara ini juga akan dihadiri oleh pakar antara lain: Merta Ada (Pemimpin Bali Usada Meditasi) dan Prof. Dr. dr. LK Suryani yang akan menjelaskan dari sudut kedokteran, kejiwaan serta keampuhan meditasi untuk menyembuhkan kemandulan dan "menciptakan" anak berkualitas. Bedah buku ini digelar pada : para Hopman 2.05 200 180 Kejujuran Djirna dan Misteri di Balik Ibu MENGUAK apa yang ada di balik sosok wanita, terutama sosok seorang ibu, ibarat menyelami sumur tanpa dasar tidak mudah dan sangat muskil mendapatkan jawa- ban yang sempuma. Oleh karena itu, ketekunan dan kesabaran adalah hal yang sangat penting, sebab sosok ibu adalah sosok manusia multidimen- sional-sarat dengan berbagai ke- mungkinan penafsiran. ran lebar tanah dan toko serta Namun, menggali dan menyel- lainnya tanpa ukuran yang jelas ami sumur tanpa dasar itu jelas sulit untuk membahas ketelitian membawa kenikmatan dan kesan hongsui denah ini. Pada kesem- tersendiri. Demikian halnya bagi I patan ini kami hanya berusaha Made Djirna (39), kesuntukannya memberi jalan terbaik berdasar- menyelami figur ibu dan apa yang kan data tanggal lahir saudari. ada di balik kata ibu telah membuah- 1. Bentuk tanah kategori kan puluhan karya lukis. Namun, trapesium tidak memenuhi syar- Djima hanya memaparkan hasil per- at tiga bangunan. Pemecahan gulatan dan pencerapannya dan ia yang baik adalah untuk toko ke mengaku malihat sosok ibu masih gudang sebaiknya buat pintu pen- tetap sebagi misteri yang tak habis- ghubung yang didorong ke samp- habisnya. ing (tanda A). Maka apa yang kini digelar Djir- 2. Pintu garasi depan me- na di Komaneka Fine Art Gallery menuhi syarat tetapi dinding be- sebuah galeri anyar di kawasan menonjol. lakang sebaiknya tidak ada, Mongkey Forest Ubud-tam- sebab arus Chi rumah dapat tere- paknya cukup menyiratkan hasil alisasi dari arus masuk ini (tan- pencerapan sang pelukis selama se- *** I Made Djirna dan karyanya BPM/tra instingnya semuanya mempun- yai ekspresi masing-masing. "Se- belumnya saya selalu merasa kurang lengkap kalau tidak meng- gunakan semua warna. Sekarang saya sudah tahu bahwa saya tidak perlu sebanyak itu. Pengalaman ad- alah seperti banyak jalan menuju satu tujuan yang pada akhimya sese- orang menemukan jalan pintas," papar Djima taktis. Seperti menapaki jentera kehidu- pan yang tentunya tak selalu lurus tegak, sesungguhnya hingga sampai pada gayanya yang sekarang Djir- na telah melewati proses kreatif yang cukup panjang. Pada masa kanak- kanak, tahun 1960-an, ia melukis wayang. Lantas aliran naif young. artist yang diciptakan Arie Smit- yang berkembang di Desa Penestan- an, desa yang bertetangga dengan tempat kediamannya, Kedewatan, telah memberinya arah baru selama dekade 1970-an. Tahun 1980-an gaya melukisnya berubah-ubah ter- ya datar tetapi masih menunjukkan ita. Baginya, wanita tidak selalu utama hasil pergulatannya dengan perasaan kasih sayang. Perasaan harus digambarkan dengan wajah pendidikan formal di ISI dan sam- yang tidak sama pada tiap orang, yang cantik-tetapi di mata pelukis pai tahun 1991 dia mengaku mera- Menyinggung materi pameran hubungan ibu dan anak sangat asal Kedewatan, Ubud, itu wanita sa belum menemukan apa yang se- da B). tahun (1996). Tak kurang dari 40 yang mengangkat tema misteri ibu, khusus, dan dengan demikian kebanyakan tampak polos. Djima lama ini dicarinya. 3. Untuk toko, sebaiknya pin- lukisan dalam berbagai ukuran Djima menyatakan hanya suatu ke lukisan Djima tidak menggambar memang secara jujur mengungkap Namun, Djima adalah orang Bali tu belakang ditarik dan penataan dinilainya belum cukup untuk betulan. Namun, sesungguhnya be- kan suatu keseragaman. sekaligus memaparkan pencernaan- tulen yang sangat mengerti dengan WC seperti tergambar (tanda C). mengungkap misteri sosok ibu. Pa- lakangan figur wanita memang Tema hubungan ibu dan anak nya itu dengan gaya ekspresionis perannya dan menyadari kelahiran- 4. Pintu masuk rumah yang meran yang berlangsung hingga 15 makin tampak dalam karya-karya juga memiliki arti lain dalam ba yang diilhami oleh seni primitif. nya sebagai karma yang harus dila- benar adalah didorong masuk Januari 1997 itu, Minggu (22) sore Djima. Ia mencari inti keindahan, hasa simbol Djima. Sebagai contoh, Maka, yang muncul dalam kanvas koninya dengan berkarya dan (tanda D). ini akan dibuka kolektor dan pen- bukan tampak luarnya. Dia meng- bahan-bahan makanan buatan Djima adalah gambaran ibu yang berkarya. Baginya, karma tidak ter- 5. Letak pintu kamar tidur cinta seni terkemuka Tossin Hi- inginkan gambaran tentang wanita pabrik haruslah diberikan dengan kaya akan penafsiran. "Saya mem- pisahkan dari ekspresi, perkemban depan adalah seperti tergambar mawan. itu jelas terlihat-bentuk figumya cara yang sama seperti seorang ibu biarkan penikmat yang menafsirkan, gan dan perubahan. Hal ini tidak (tanda E). Menurut pemilik Komaneka, tidak terpaku pada suatu gaya dan menyusui anaknya. Dalam dunia termasuk menyimpulkan pesan apa berkaitan dengan lingkungan tetapi 6. Dapur kering yang sesuai Koman Wahyu Suteja, pihaknya mencakup mulai dari gaya realis modem, katanya, seorang ibu perlu yang ada dalam lukisan saya. Sebab, tetap mempunyai jiwa walaupun di posisi timur sebab fungsi kese- memang sengaja menampilkan sen- sampai bentuk-bentuk yang sangat menjalin hubungan dengan anakn- ketika karya itu telah lahir dengan bentuk fisiknya berubah. Pengaruh imbangan rumah ini harus terja- iman Sanggar Dewata Indonesia sederhana dan cenderung abstrak ya, tidak hanya hubungan fisik, juga sendirinya telah menjadi milik itu, katanya, bisa datang dari sum- ga dengan baik siklus hongsuin- (SDI) itu mengawali gebrakan Ko- Selama setahun (1996), tampa- hubungan batin dan emosi. umum," papar alumnus ISI Yogy- ber-sumber lain sesuai tingkat kamar tidur (tanda F). ya, maka posisi dapur dijadikan maneka Gallery dalam memberikan knya tema ibu memang memiliki Memang, karya-karya Djirna akarta itu yang telah puluhan kali pencerapannya. "Namun, yang ter- stimulan pertumbuhan dan iklim makna khusus di mata Djirna. tidak menunjukkan kerinduan atau berpameran baik di dalam maupun penting adalah harus selalu berusa- 7. Untuk penataan taman/po- seni rupa di Ubud. Namun, alasan Konon, inspirasinya dari cerita sentimentil. Juga bukan merupakan di luar negeri, termasuk beberapa ha melakukan hal-hal terbaik dan hon rumah ini, tanpa adanya de- mendasar memang karena Djima rakyat Bali tentang Men Brayut yang gambaran yang ideal untuk menci- kali terlibat dalam pemerán instala- tidaklah perlu kita menciptakan nah lingkungan dari arus chi se- menempati posisi yang cukup pent- sarat dengan beban hidup namun trakan figur ibu. Tampaknya, dia si bersama Erawan. masalah. Sebaliknya, saya merasa kitarnya kami sulit mengambil ing dalam seni rupa kontemporer penuh kasih sayang mengasuh 18 hanya memaparkan dan ingin Sekilas lukisan-lukisan Djima perlu berkomunikasi dengan suatu patokan tetapi yang pasti untuk modem. "Karya-karya Djima mem- anaknya, sementara gambaran lain mengingatkan akan kewajiban-ke- memang tampak polos dengan sen- bahasa simbol yang segera dapat rezeki tanah ini (tanda G) harus perlihatkan kematangan seniman- diperoleh dari cerita ibu tiri yang wajiban kita. Sebagai seorang seni- tuhan warna yang sangat minim, Na- dipahami oleh tiap orang atau pal- diberi pohon besar penyangga nya. Lebih dari itu, warna-warnan- kejam dalam Bawang Merah dan man, lewat bahasa kanvasnya Djir- mun, sesungguhnya padat berisi dan ing tidak bertindak sebagai suatu rumah seperti pohon kelapa, ya sangat mapan serta memiliki Bawang Putih. Lebih dari itu, jelas na mencoba memberi gambaran tampak menampilkan kematangan jembatan. Identitas pribadi saya mangga atau palem botol yang dasar filosofi yang kuat," papar pu- tak lepas dari pergulatan kesehari yang lebih mendekati dengan cara sang pelukis dalam menghayati tema masih tetap tampak, tetapi saya sudah memiliki ketinggian di tra ketiga pemilik Museum Neka, annya dengan lingkungan. visualisasi bentuk dari ide dan yang diungkapnya. Guratan dan masih tetap perlu berkomunikasi Pande Wayan Suteja Neka itu. Lantas Djima bertanya pada dirin- perasaannya. Dengan imajinasi dan sapuan wamanya tegas dan matang. dengan orang-orang sebanyak mu- 8. Posisi kompor masak yang "Saya melihat Komang me- ya sendiri: apa yang membuat seor- kreativitasnya, Djimna temnyata me Sementara wanita pada karya Djima, ngkin." terbaik adalah menghadap ke mang cukup berani sekaligus san- ang ibu jadi ibu? Baginya ini adalah mang telah melahirkan karya seni semuanya digambarkan saling ber- Mungkin itu sebabnya, dalam timur (tanda H). Selamat mem- gat tepat dalam melakukan gebra- misteri dari keibuan sesuatu yang nyata dari misteri di balik figur ibu. hubungan baik dengan anak-anak berkarya Djima mulai dari suatu perbaiki. kan awal dengan menggandeng Djir tidak sama dan tidak pasti untuk tiap maupun satu sama lainnya. ungkapan hidup pribadi, baik beru- na," tambah Suteja Neka yang me- wanita. "Ibu tidak hanya melahirkan Warna-warna hangat tanah pa pikiran maupun pengalaman. Dia nilai dalam konstelasi seni rupa In- anaknya, juga merawat, memalihara, Djima tidak berpura-pura untuk menunjukkan bagaimana ia meng- menunjukkan pribadinya kepada donesia kontemporer, khususnya melindungi, dan mendidik." mengetahui dan mengerti tentang gambarkan sosok ibu yang telah masyarakat lewat lukisan. Maka, dari Sanggar Dewata, setelah Nyo- Beberapa karya Djima menco- wanita, terutama tentang seorang memberikan hidup dan cinta seper- kesederhanaan dan kejujuran yang man Gunarsa dan Made Wianta, ber- ba memperlihatkan bagaimana se ibu. Sekalipun begitu, dalam karya ti Dewi Ibu Pertiwi, Dewi Bumi, tersirat karya-karya Djima adalah sama Nyoman Erawan, Djima ter sungguhnya sosok ibu dalam peng- seninya yang kuat menunjukkan dalam pandangan Hindu. Bagi Djir- cermin pribadi sang pelukis yang se golong generasi lapis kedua yang hayatannya itu-ekspresi mukan pengertian yang dalam tentang wan- na, wama mengikuti perasaan dan sungguhnya. Dwikora Putra Hari Tempat : Sabtu, 28 Desember 1996 : Rumah Makan "Sari Warta Boga" atas 2 meter. Jl. Imam Bonjol No. 343 Denpasar Waktu : 09.00 - selesai Undangan dapat diambil di Bali Post, Jl. Kepundung 67A Denpasar Telp. 225764 Kupon Hongsui *** LOWONGAN Dalam rangka pembukaan K baru Cabang Dps PT.PSI butuhkan 83 orang utk bisa me tentang Administrasi Gudang keting, Supervisor dan Mar Peng tdk diutamakan.yg ber sgr dtg keJI Ksatria No.49XXT Hari Senin-Rabu Jam 10.30- Wita 009 Dicari beberapa Karyawati uth Pijat dr. Umur 18 s/d 35 diperlukan Fotocopy KTP Photoalamat yg berminat menghubungi No.Iklan 000-03 JI Kepundung No.67A Dps 000 Dicari pembantu rumah tangg bungi Telp. 723573 000 Dicari segera: 3 orang tukan berpengalaman, datang lan ke Jl. Raya Seminyak Gang K No.9 Seminyak Telp. 73215 000 Dicari Segera: 100 orang T Jarit yg sudah berpengalama Telp 484526 000 Dicari seorang artist Desaine yg berpengalaman dengan puter adalah suatu kelebihan, Folio di perlukan Hub. 081 139 000 SULING BALI Rest. Dica Cook Waiter/ss, ACC, Ka berpengalaman, menarik, Bawa langsung ke Pene Kintamani-Bangli 000 000 DIJUAL RUMA Dijual/Dikont.1 Ruko di Dipo Megah Dps Hub. Telp.97522 Jual Cpt Rmh Is 2 are full ban 3 lantai fas. List,air lok di JI.H Gg.Mandiri 1/7 Tuban & Maz th.87 cat baru f.variasi, hrg Hub. 0361-235945, HP.08 5672 Yoyok atau Gatot. 000 Jual Rmh lok.di Jl.Sekarwar Sanur (sertifikat Hak Milik) lu 500 M2,style Bali, pompa list 12.000 wt, 5K. tdr, 4K Mandi, dapur, R.Makan, R. Hub. Tlp.711212 Putu Dar kerja. 000 Jual rmh T.36 130 Are fasit, I Tip 420975 00 DISEWAKAN RUM Dikont 2KT/Km dim, 1 rt bes Tlp. grs. Hub. Dwi Hp 2335 000 000 Dikont2 Toko 12X4,25X4 Lo tegis,Ada tip JI Dyana Pura Telp 731305, 731622, BU m 000 Dikont Rmh segera Puri Jim C5 Hub:701948 Dikontrakkan kantor/tempat 6 are fasilitas list. 8800, Telp Hub. Telp. 239655 Disewakan Rmh JI Merdek Renon Dekat TVRI Dps Disewakan Rmh JI Kambangan No.20A Dps SERVICE 000 000 000 Service Kompor Gas, W.Hiter, MCuci, AC, K T.485419 MESIN 000 Dijual murah Genset Volv KVA Rp 28 jt (yg baru +/- Rp kondisi baik, garansi 1 bin. Hub 93263 (Karim) 030 Jual M cetak Riso RA 4900 Hub. 484565 Hp. 10 Jt BU. RUMAH MAKA Food Centre Tragia Ke Wijaya menyediakan mas khas Jawa Timur, Bakso Ayam Goreng, Ayam Pang Bumbu Plecing, berma macam Sate, Special Mie, A Sea Food dgn suasana nyaman. Full AC. Buka 1 22.00 Tragia Restaurant di Shop Centre Nusa Dua menghidar masakan Indonesia, Chinese ropean, Fresh Seafood, Ka seat Full AC dan The Fresh A sphere. Buka 8.30-22.00 Breakpas, lunch Dinner Trag The Best. Anda ingin menghemat b waktu dan energi datang berbelanjalah di Tiara G Pusat Perkulakan Moder Cokroaminoto No. 16 Denp Bali H Te SU PT. CAH
