Tipe: Koran
Tanggal: 1992-02-09
Halaman: 14
Konten
2cm Halaman 2 Bali Post MINGGU, 9 FEBRUARI 1992 MINGGU. 9 FEBRUA Sabha Sastra Bali Men Belenjo ADA kone tutur-tuturan sa- tua, anak muani tua madan Nyoman Jater. Ngelah kone kurenan abesik madan Men Belenjo. Kurenane ene kone belog pesan, buina tusing e- nyak melajahang dewek, seta- ta ngaku dueg. Saluiring ge- gaen kone ia ngaku bisa nga- rap. Nunun, ia ngaku paling duega. Majejahitan ngae ban- ten tusing nyak kalah ortane, setata paling bisana. Apa buin bantas ngelebengan ngae lakar basa, darang nasi, Men Belenjo ngaku suba sakit uli bajang ngencanang, ngaya- hin bapanne magae ka uma uli malu nganti jani masi ngayahin kurenane magae ke uma. pakurenan Kacarita Nyoman Jater ngajak Men Belenjo melah-melah dogen. Nyoman Jater magarapan ka uma, Men Belenjo ngayahin ngabaang nasi sai-sai ka uma. Baan kabelogane Men Belen- jo sarahina patuh dogen de- daaran ane abanga kurenane, nasi misi jukut maurab maim- buh be kakul adukin sambel tabia matah. Baana tusing taen masalin, pedas med suba Nyoman Jater naar dedaara- ne ento. Baan polosne, ter- imane dogen kone teken Nyoman Jater. Sedek dina anu, kacarita Nyoman Jater mara suud ma- tekap di umane. Suud nampe- dang tengala, dedehanga ko- ne sampina maekang ka pasi- si. Duk ento, nujuang ada se- keha jaring, bendega nyaring be bano. Mara ngasisiang ju- kunge lantas Nyoman Jater milu nulungin ngedengang ju- kung muah ningtingang nga- ba ka daat. Sasubane suud nulungin, ditu kone Nyoman Jater upahina be bano abesik. Beh..., kendel pesan kenehne Nyoman Jater. Baan kendel kenehne, ditu getakkana sam- pine ngenggalang ia mulih. Kacarita teked jumahne, tangkejut kurenane Men Be- lenjo sahasa makwewengan, "Mimi, to ngudiang bapane ngaba lelipi, dija maan, ku- tang kema enggalan, icang tu- sing bani nyanan cotota". Lantas kedek ngakak Nyom- an Jater ningeh munyin kure- nane buka keto. "Ne sajaan jelema belog, be paling jaene orahang nyai lelipi. Ne adane be bano, kema nyai jani nglablab isinin jukut, deweke lakar ke uma buin". Keto Nyoman Jater ngorahin Men Belenjo. Kalahina teken Nyoman Jater, Men Belenjo magupuk di paon, ngendihang api lan- tas nungguang payuk. Suba keto lantas jemaka be banone pulanga ka payuke. Mara ju- jukanga mulang, ngliwat me- nek bene atugel, lantas jlem- panganga ngejang bene, masi kuangan payuk, buin anda- nganga mulang payuke kejo- kan, enu lantangang banone. Dadi keweh kone Men Belen- jo ngencanin be banone, baa- na payuke tusing sedeng. Baana buka keto paling; cacag-cigcig kone Men Belen- jo. Buin ngajanan-buin nge- lodan nyelempang umah pi- sagane lakar nyilih payuk lan- tang. "Memene..., Memen Way- an..., memene ngelah payuk lantang, baang ja icang nyilih lakar anggon nglablab ju kut". Keto patakone Men Be- lenjo. "Beh, icang tusing nge- lah payuk lantang. Ento ada ja payuk, kema balihin tega- rang lamun kanggoang". Pi- sagane nyahutin. Lantas ka paon Men Belenjo, makejang grudaga payuk anake. Kene- hanga makejang tusing ada ane cocok. "Meme Wayan, i- cang buung nyilih payuk me- mene, makejang tusing ada seng". Keto Men Belenjo ma- munyi sambilanga majalan magedi. Jani ia ngojog umah pisagane ane lenan, ane bada janan. "Meme, memen lueng, ngelah payuk lantang baang ja icang nyilih". "Beh, icang tusing ngelah payuk lantang, ditu ada ja payuk kema iwa- sin, lamun kanggoang ang- gon suba". Lantas Men Belenjo ngojog ke paon Men luenge. Patigre- sek ia malihin payuk ane ada magantung ditu. Kenehanga makejang masi tusing ada ane nyandang anggon ngalblab be banone. Lantas ia pesu uli di paon ngorahang tusing payu nyilih. "Men Lueng i- cang mulih, tusing ada payuk ane sedeng". Ditu lantas maklieng Men Be- lenjo. Mailehan kone jani ia nagih nyilih payuk lantang te- kening pisaga-pisagane, ma- kejang tuara ada ngelah payuk lantang. Suud keto, ke- nyel jenenga Men Belenjo, lantas ia ngamulihang. Be Banone buin gantunganga di apit-apite, tusing payu kenca- nina. Api di jalikane ucoka- nga nganti enu andus dogen. Ditu lantas ia ngojog jumah- an meten, pules kone ia masa- put tebel tur gragah-gruguh cara anak gelem. Nganti te- ngai ia pules masaput. (Pa- cang Kalanturang). (Ni Sa- da). 14 Jenis Tanaman Penyubur ASI memasyarakatkan pengguna- an ASI bersekala nasional, se- bagai mana yang diamanatkan Presiden Soeharto dalam suatu perayan hari ibu belum lama ini. Bali Post/Gun. Ketua Umum Perhiptani Bali, Dr. Ir. Gde Suyatna (kiri) dan Sekretaris, Ir. Abdul Rachim MS. (Kanan). Pengurus Baru Perhiptani Bali TANGGAL 21 Desember Sukerta dan Ir. Nyoman Suke- upaya memotivasi masyarakat 1992 lalu Perhimpunan Pe- rata. Bidang penerapan Ilmu melalui berbagai metode, ma- nyuluhan Pertanian Indonesia Ir. Soedarto dan Drh. Wayan teri dan media agar dapat me- (PERHIPTANI) Daerah Bali Leestyawati. Untuk bidang nunjang program pembangun- menyelenggarakan Konperen- Humas Ir. Suprio Guntoro dan an, khususnya dalam bidang si-II, yang berlangsung di Ge- Ir. Gde Suarta. dung Mandala Matika- Sanggulan, Tabanan. Salah sa- tu sasaran dari Konperensi a- dalah untuk memilih pengurus baru sehubungan dengan ber- akhirnya masa tugas pengurus lama. Namun sidang komisi kem- bali memilih Dr. Ir. Gede Suyatna, mantan Ketua Umum Perhiptani periode 89-92 untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Perhiptani per- iode 92-95. Sebagai Wakil Ke- tua I terpilih Ir. Ida Bagus Su- trisna M.Sc. dan Wakil Ketua II, Drs. Made Arnawa. Selaku Sekretaris Umum adalah Ir. Abdul Rachim Ms. dengan Wakil Sekretaris Ir. Made Da- na, sedangkan Bendahara Ir. Prihatiningsih dan Wakil Ben- dahara Bagus Putu Sudar- maya. Dalam konperensi tersebut juga telah berhasil dirumuskan program kerja Perhiptani Bali, Dalam programnya Perhiptani membagi sasarannya untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam jangka pen- dek kegiatan yang dilakukan antara lain memantapkan dan pertanian. Organisasi profesi yang fo- kus aktivitasnya dalam bidang penyuluhan pertanian ini ang gotanya kini sudah mencapai ratusan orang dari berbagai di- siplin ilmu dan jenjang pendi- dikan yang tersebar di seluruh Kabupaten di Bali. Mereka terdiri dari para penyuluh per- tanian, para pakar/ahli pe- menumbuhkan ikatan keke- nyuluhan serta para birokrat di luargaan antara anggota, mem- lingkungan pertanian. (Gunto- berikan masukan kepada pe- ro). merintah tentang temuan dan rumusan masalah yang ada kai- tannya dengan penyuluhan dan pembangunan pertanian, me- laksanakan seminar, lokaka- rya, temu tugas, dll. Gubernur- KAPSUL KESEHATAN Kerjasama "Bali Post" dengan Klinik Angkasa RR! Denpasar dan Dinas Kesehatan Prop. Bali. Sub Dinas Penyuluhan Kesehatan Empat Pesan Utama dalam Mengatur Jarak Kelahiran MENGATUR jarak waktu antara satu kelahiran dengan kelahiran berikutnya merupa- kan salah satu cara yang man- besar, jika kelahiran berikut- tap untuk meningkatkan kese- hatan ibu dan anak. Kelahiran nya terlalu dekat jaraknya ka- rena ibu perlu waktu untuk yang terlalu banyak jumlahnya memperkuat diri sebelum ha- atau terlalu dekat jarak waktu- sa kehamilan dan melahirkan mil lagi. Jika seorang ibu hamil nya dan kelahiran oleh seorang yang menyebabkan lebih dari 1 lagi sebelum pulih kesehatan- ibu yang terlalu tua maupun se- juta anak kehilangan ibunya. nya dari kehamilan sebelum- baliknya terlalu muda usianya, Sebetulnya sebagian besar dari nya, ada kecenderungan akan kematian bayi dan ibu melahir-gah dengan menerapkan peng. waktunya (lahir muda) dengan merupakan penyebab utama bayi sebelum kematian tersebut dapat dice- melahirkan tau setelah usia 35 tahun, me- kembali setelah hamil dan me- ningkatkan resiko terhadap ke- lahirkan. Karena itu resiko ba- sehatan ibu maupun anak." gi kesehatan ibu menjadi lebih Dari data diketahui bahwa se- tiap tahun lebih dari 22.000 ibu di Indonesia meninggal karena menemui kesulitan dalam ma- kan. Angka kematian tersebut berkisar sekitar 187.000 anak dan 22.000 ibu yang meninggal setiap tahun di Indonesia. Angka kematian ini tergolong tinggi dan cukup memprihatin berkeluarga terutama ibu-ibu kan. Karenanya mereka yang perlu memiliki pengetahuan yang ada kaitannya mengenai pengaturan jarak kelahiran un- tuk menyelamatkan jiwa dan meningkatkan kesehatan ke- luarga. Di samping pelayanan KB yang harus tersedia bagi se- mua keluarga yang memerlu- kan, ada 4 pesan utama yang perlu dicamkan dan yang harus diketahui oleh setiap keluarga dan masyarakat tentang meng- atur jarak kelahiran. Keempat pesan utama itu ialah: 1. "Hamil sebelum usia 20 a- (Sambungan Hal 1) Dengan kebangkitan pena- ingin memiliki bibit sebanyak- naman jeruk bebas penyakit, banyaknya hingga membeli bi- Sedangkan untuk jangka Gubernur mengingatkan, mes- bit di jalanan. Hindari bibit menengah antara lain mening- kipun bebas hama tetapi tidak yang tidak bebas hama," tam- katkan komunikasi antarang berarti anti hama. Kemung- bahnya sembari mengin- gota Perhiptani dengan ma- kinan terserang hama masih struksikan kepada kepala desa syarakat melalui berbagai me- ada tergantung kepada ma- dan ketua-ketua kelompok un- dia, menciptakan kemudahan syarakat petani. Untuk itu, tuk melarang penjualan bibit Di samping itu kepengurus- bagi penyuluh dalam upaya masyarakat petani harus di luar BBU atau di luar yang an Perhiptani juga dilengkapi 5 meningkatkan profesiona- benar-benar mengikuti petun- ditentukan Dinas Pertanian bidang, masing-masing bidang lismenya. Dalam jangka pan- juk dari ahli-ahli hortikultura Tanaman Pangan. organisasi Ir. Saleh Purwanto, jang Perhiptani juga ingin me- Tlekung Malang. "Mulai dari Ir. Wayan Suparta, bidang ningkatkan koordinasi dengan menanam, merabuk, memeli- Dengan kedisiplinan ma- pengembangan ilmu Ir. Nyom- lembaga pemerintah, swasta, hara sampai dengan tingkat syarakat petani mengikuti a- an Sucipta, Nengah Sutedja Ms Perguruan Tinggi dan lembaga pemeliharan yang lebih tinggi turan, Gubernur Ida Bagus dan Ir. Nyoman Supartha. Me- lain dalam pembangunan per- harus disiplin," kata Gubernur Oka optimis jeruk keprok Bu- nangani Bidang Kesejahteraan tanian melalui kerja sama pe- mengingatkan. Drs. Wayan Tegeg, Ir. Wayan nelitian serta dalam memper- gunaannya dengan mencucur- kan pada payudara. Kemudian delundung daun yang masih muda ditumbuk setelah hancur diseduh dengan air hangat ku- ku kemudian disaring, air sari- ngannya dapat diminum. Mur- bai, daunnya direbus dan seba- gai lalapan. PEMBERIAN ASI (air susu gulan yang tak ternilai di sam- ekonomis pula memberikan ibu), terutama di kota-kota ada ping secara psikologis cetusan dukungan keberhasilan peng- kecendrungan menurunnya rasa kasih sangat dan keha- gunaan ASI. Pemanfaatan pa- kesadaran ibu-ibu menyusui a- ngatan sang ibu. Pemerintah ngan pada ibu hamil dan me- naknya, keadaan ini tidak da- bahkan telah mencanangkan nyusui menjadi sasaran pokok pat disangkal lagi sebagai aki- gerakan kampanye pengguna- dalam artian tersedianya gizi bat kemajuan sosial ekonomi an ASI sebagai suatu upaya yang cukup didukung oleh ke- dan peningkatan status sosial, tersediaan jenis makanan pula di samping gencar dan memi- kualitasnya untuk menghasil- katnya promosi-promosi pro- kan ASI yang mencukupi. Ter- dusen susu buatan, bahkan di- kait dengan kampanye ASI se- iklankan ada yang mampu me- cara nasional, Badan Litbang nyaingi ASI, Secara naluriah Pertanian telah melakukan uji ada anggapan dengan tidak coba lanjut hasilnya direko- menyusui akan nampak tampil mendasikan jenis tanaman pe- tetap seperti dikala muda, pa- nyubur ASÍ serta cara-cara dahal itu tidak mesti. pengolahannya. Empat belas makan sebagai lalapan atau da- Di samping itu, pada ibu-ibu jenis tanaman sebagai yang banyak bekerja di luar ka- nyubur ASI, meliputi tanaman pat dicampur dengan daun be- luntas ditambah gula jawa se- dangkala waktu meneteki anak ketela pohon yang dimanfat- sannya dapat diminum oleh ibu Dalam upaya memantapkan kampanye ASI, yang menjadi fokus sasarannya ibu dan bali- ta. Di mana kemampuan ibu memproduksi ASI serta kuali- tas ASI yang dihasilkan sangat tergantung pada pangan yang pe- Pepaya, daunnya dapat di- oleh kemudahan dan informa- Melalui kesempatan terse- si. Dalam pengabdiannya pada but, diingatkan pula ma- masyarakat, Perhiptani ber- syarakat petani jangan emosi leleng ini tetap menjadi prima- dona perkembangan ekonomi khususnya di belahan Utara pulau Bali. (M. Tirthayasa). Masyarakat Sanding Gianyar Mengaspal Jalan secara Swadaya Gianyar (Bali Post) - Masyarakat Dusun Sanding Bitera Gianyar yang tahun lalu tampil sebagai juara I UPGK mampu merampungkan jalan canakan kehamilan. etahuan yang ada sekarang ini berat badan lahir rendah, Bayi mengenai pentingnya meren- yang lahir dengan berat badan rendah sulit kemungkinan bisa Demi kesehatan, wanita yang tumbuh-kembang dengan belum berusia 20 tahun hen- baik. Ia lebih mudah terserang daknya jangan hamil dulu. Da- penyakit dan kemungkinan ri segi fisik, seorang wanita di meninggal pada tahun pertama lum siap sepenuhnya untuk ha- bih besar dibanding bayi yang umur kurang dari 20 tahun be- kehidupannya adalah 4 kali le- mil. Bayi yang dilahirkan cen- lahir dengan berat badan nor- derung lahir sebelum waktu- mal. nya (lahir muda) dengan berat 3. "Mempunyai anak lebih badan yang rendah, Bayi yang dari 3 orang, meningkatkan re- lahir dalam keadaan seperti itu siko pada masa kehamilan dan akan lebih besar kemungki- melahirkan." nannya meninggal dunia dalam Setelah seorang ibu mempu- tahun pertama kehidupannya. nyai 3 orang anak, maka keha- Begitu juga resiko terhadap milan berikutnya akan meng- kesehatan ibu yang bersang- andung resiko bagi keselamat- usia muda di bawah 20 tahun pun anaknya. Jika jarak antara kutan, bila melahirkan dalam an jiwa dan kesehatan ibu mau- menjadi lebih besar. Seorang 2 kelahiran sebelumnya tidak gadis remaja seyogyanya di- diatur lebih dari 2 tahun, tubuh berikan persiapan terlebih du- seorang ibu akan mudah men- lu sebelum ia menjadi seorang jadi letih karena kehamilan ibu. Bila terpaksa gadis terse- yang berulang kali, disusul me- but menikah pada usia muda, lahirkan, menyusui dan mera- maka pasangan suami-istri mu- wat anak-anaknya. Pada keha- da itu hendaknya menerapkan milan berikutnya sudah bisa di- KB dengan menunda kehamil- pastikan kesehatan ibu akan an pertama hingga si istri ber- menurun dan resikonya me- usia 20 tahun. Sebaliknya bila ningkat. resiko terhadap kesehatan aki- biasanya resiko anemia atau wanita telah berusia 35 tahun, Setelah 3 kali kehamilan, bat kehamilan dan kelahiran kurang darah dan pendarahan meningkat lagi. Keadaan ini atau kehilangan darah banyak seyogyanya dihindari dengan akan meningkat. Akibatnya a- pembatasan jumlah kehamilan kan beresiko melahirkan anak atau kelahiran. Misalnya cu- cacat, berat badan rendah apa- kup 2 anak saja atau paling ba- lagi dalam kehamilan yang ke- nyak 3 kali kehamilan selama tiga ini si ibu telah berusia lebih perkawinan berlangsung. 4. 2. "Resiko kematian bagi "Keluarga Berencana anak-anak kecil meningkat memberi pilihan kepada pa- 50%, jika jarak antara dua ke- sangan suami-istri tentang kap- lahiran kurang dari 2 tahun." an sebaiknya mulai mempu- Untuk kepentingan kesehatan nyai anak, berapa jumlahnya, ibu dan anak, orang tua atau si jarak kelahiran antara satu a- ibu sebaiknya tidak mempu- nak dengan anak berikutnya nyai anak lagi sampai anak me- serta kapan sebaiknya berhenti reka yang terkecil berusia 4 ta- atau stop punya anak." hun. Anak-anak yang dilahir- Sebagian besar tempat pe- kan dengan jarak yang sangat layanan kesehatan menyedia- dekat, biasanya perkembang- kan beberapa metode KB yang an fisik maupun mentalnya ti- aman dan efektif, seperti terli- dak sebaik anak-anak yang di- hat pada papan lingkaran lahirkan dengan jarak minimal biru" yang terpasang pada tempat-tempat praktek dokter Salah satu ancaman terhadap maupun bidan swasta, di Pus- kesehatan dan pertumbuhan a- kesmas, posyandu dan tempat nak di bawah usia 2 tahun ada- pelayanan kesehatan lainnya. 2 tahun. dari 35 tahun. menjadi berkurang sehingga dikonsumsi, sehingga tersedia- kan daunnya, utamanya daun lanjutnya direbus dan air rebu- tingkat propinsi Bali, kini ini, lanjut Murka, air BPAM tempat merupakan aset bangsa lah kelahiran bayi berikutnya Setiap orang dapat memilih sering dinantikan oleh susu nya pangan yang mencukupi buatan. Apapun alasannya seorang ibu memang sudah ko- drat menyusui bayinya, karena merupakan dukungan yang a- mat menentukan. Dengan semakin meningkat- terbukti ASI memiliki keung- nya harga susu buatan, secara menyusui. Ketapang yang da- beraspal sepanjang 2,275 km. an, warganya masih tetap haus yang terlalu dekat jaaraknya. metode KB yang cocok bagi di- Rp 25 ribu per KK untuk peng- yang pernah mendapat juara I aspalan jalan setempat menda- UPGK propinsi Bali," ujar pat dukungan sepenuhnya. Oka sedikit memuji. Keberha- silan mengendalikan pendu- Bahkan dalam waktu dekat duk melalui KB bagi dusun se- muda dengan merebus atau se- sudah mengalir. Meski demiki yg perlu dipertahankan terus. bagai lalapan. Bayam, daun di- pat digunakan adalah bijinya, rebus disayur perasan airnya pengolahannya dengan cara Pekerjaannya dilakukan seca- dengan berbagai kemajuan Pemberian air susu ibu men- rinya. Pasangan suami-istri da- Dengan nada merendah, dadak berhenti dan ibu bersa- pat meminta nasihat dari petu- dapat diminum, kemudian ja- menumbuk dicampur dengan ra swakelola yang biayanya se- pembangunan. Di bidang KB, Murka mengungkapkan, ke- ngkutan kekurangan waktu un- gas dan kader kesehatan yang gung muda pengolahannya de- bubur ganyong. Temulawak, penuhnya swadaya murni ma- hampir 100 persen PUS setem- berhasilan yang dicapai terse- tuk mempersiapkan makanan sudah terlatih atau pada klinik ngan disangan atau direbus. umbinya dapat dipakai jamu syarakat sebesar Rp 32 juta. pat sudah ber-KB. Dan ini but tidak terlepas dari pem- khusus yang diperlukan anak KB terdekat untuk berkonsul- Sayur lobak mirip wortel daunnya direndam kemudian mendapat pujian dari Guber- binaan yang terus menerus di- terkecil. Selain itu ada ke- tasi mengenai metode KB yang warnanya putih dipakai sop di- airnya diminum. Pare atau pa- Kepala Dusun Banjar San- nur Bali Ida Bagus Oka, ketika lakukan oleh pemerintah dan mungkinan si ibu tidak sepe- paling cocok bagi dirinya. De- campur sayur, pisang batu, ria buah untuk sayur ataupun ding, Wayan Murka didampi- meninjau dusun tersebut, be- dinas/instansi terkait. Pemba- nuhnya dapat memberi per- ngan mengatur jarak antara 2 Soejono TS sareng I.B. Kaleran jantungnya sangat bermanfaat sebagai lalapan, terakhir kayu ngi Kepala Bagian Humas berapa waktu lalu. ngunan yang hanya mengan- awatan dan perhatian yang di- kelahiran sekurangnya 2 tahun sebagai penyubur ASI peng- manis yang dapat dipakai ada- Pemda Gianyar, Drs. Made dalkan bantuan pemerintah, perlukan anaknya yang lebih dan mencegah kehamilan sebe- olahan dengan cara merebus lah daunnya untuk sayur kese- Mertha Adiatmaja, kepada Gubernur memberikan julu- seperti mengaspal jalan misal- besar, terutama kalau anak da- lum usia 20 tahun dan setelah sebagai sayur atau dilalap. Ke- muanya jenis tanaman diketa- Bali Post, di Gianyar, Jumat kan dusun modern, yang tanpa nya, tentu akan memerlukan lam keadaan sakit. Akibatnya umur 35 tahun akan dapat cipir daun dan biji dapat dire- hui sebagai penyubur ASI, da- kemarin menjelaskan, ma- meninggalan sosial budayanya. waktu cukup lama. Untuk itu- si anak tidak dapat tumbuh- mengurangi resiko dan mem- bus untuk disayur. Bidara upas pat ditanam di lahan-lahan pe- syarakat Sanding dengan 68 "Saya benar-benar merasa ka- lah timbul tekad masyarakat kembang dengan baik. bantu memastikan bahwa se- daunnya sebagai sayuran, um- karangan dan menanamnya ti- KK, semangatnya untuk maju gum setelah melihat keasrian setempat untuk mengaspal jal- Tubuh seorang ibu memerlu- tiap bayi akan lahir sehat dan bi akar dihancurkan cara peng- dak begitu sulit. (Sugiarta). cukup besar. Karenanya, iuran penataan lingkungan dusun an secara swadaya. (027). kan waktu 2 tahun untuk pulih kuat. (MB). Basa Inggris Samatra Olih (06) Inilah salah satu dari tiga kata pengganti Minggu lalu. 1.A: Is he typing a letter now? + Apakah ia sedang menulis surat sekarang? Napike ipun sedekan nulis surat mangkin? B: No, he isn't. + Tidak. - Ten A: What is he doing now? +Apakah yang sedang dikerjakannya sekarang? Napi sane sedekan kakaryanang ipun mangkin? B: He is typing a report + Ia sedang mengetik laporan. - Ipun sedekan ngetik lapuran. Kerjakanlah berikut ini seperti sediakala. 1.A: Have you done your homework? + Sudahkah engkau kerjakan pekerjaan rumahmu? Sampunke jerone ngaryanang pekerjaan rumah je- rone? B: I think so. + Sudah - Sampun A: When did you do it? Kapankah engkau mengerjakannya? Ipidan jerone ngaryanang? B: I did it yesterday + Saya mengerjakannya kemarin. Tiang ngaryanang dibi. Kata-kata pengganti : he/bought/the sickle/he/buy/he/ bought they/repaired/the repair/they/repaired RESMIKAN ANGKLUNG - Photo Ball Post/Yas Bupati Badung Alit Putra memukul kempul pertanda diresmikannya pemakaian gambel an angklung di Br. Kuripan Warisan Leluhur plow/they Warisan she/sewn/the shirt/she/sew/she/ sewed Ball Post Edisi Pedesaan Perintis : K. Nadha Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab : K. Nadha Penanggung Jawab : Drs. ABG. Satria Naradha Wakil Pemimpin Redaksi/ : Widminarko : Drs. Made Nariana Wakil Pemimpin Umum/Pemred Penanggung Jawab Redaktur Pelaksana Anggota Redaksi: Djesna Winada, Surawan, B. Ashrama, Drs. Marmo Oeto- mo, Adhy Ryadi, Drs. Gde Nym. Suryawan, Drs. Made Sumendra, Gde Suyad- nyana, K. Abinawa, Agus Talino, Reina Caesilia Nina, Drs. Nym. Wirata. Kantor Redaksi: Jl. Kepundung 67 A, 80232, Telepon : 25764-25765. Fax: 27418. Teleks: 35191, Alamat Surat: P.O. BOX: 10 Denpasar 80001. Surat jin Usaha Penerbitan Pers: Sk Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A. 7/1985 tanggal 24 Oktober 1985. Anggota SPS-SGP, Penerbit: PT. Bali Post. ISSN 0852-6515 membuktikan betapa sadarnya masyarakat ingin menolak pengaruh budaya asing yang dinilai negatif. Dharma Wacana Kulina Oleh I Gusti Ketut Widana mat. baik, disukai atau dibenci, di- yang terhormat, tetapi di lain akui atau tidak, pendeknya se- kesempatan justru bisa mem- cara sosial ia berada pada posi- bawanya pada kegelapan; ia si yang lebih tinggi. Dan ka- dapat menjadi sombong, bersi- renanya, meski mungkin de- kap angkuh dan suka meren- ngan terpaksa, orang kebanya- dahkan orang lain. Karena ke- kan 'wajib' memberikan dan a- bangsawanannya, ia mengang- tau menunjukkan sikap hor- gap orang kebanyakan lebih rendah dan bisa direndahkan. Ia juga tidak mau menghorma- Dalam tatanan masyarakat ti orang lain, karena merasa di- maju dan modern sekarang, rinya lebih tinggi status sosial- pandangan feodalis yang tradi- nya. Singkatnya, bila kulina a- sional itu tidak selalu begitu tau kebangsaan yang melekat penempatan dan juga penghor- pada dirinya tidak dapat ditem- matannya. Penilaian terhadap patkan pada posisi yang benar, bobot seseorang tidak lagi ter- maka begitulah yang bisa terja- paku pada status sosial atau ke- di. Bukan penghormatan yang beradaannya sebagai bangsa di dapat, malah penghujatan wan, melainkan sudah berpi- yang diterima. Lebih-lebih, di Peny BUDID SALAK dapat tumbu menghasilkan pada keti 900 meter dari perm laut, hidup tanpa memil tanah asal tanahnya gem sudah cukup baginya. A bih cocok jika tersedia yang agak miring yang dan gembur. Di sampin syaratan yang khusus, sa ga perlu tanaman peli karena penyinaran yang bihan biasanya mala nyebabkan daun salak n agak pucat dan pucukny jadi kering. Menanam cocok pada tanah-tanah rangan juga sebagai pagar pembatas di kebu di bawah kebun-kebu secara langsung dinau salnya di bawah duku, n langsat, kemiri dan ta yang pohonnya tinggi Beberapa hal yang pe siapkan dalam menanan meliputi: "Wisatawan atau para turis bukannya menyaksikan disko ke Bali, namun berkeinginan menikmati gambelan Bali se- perti gong, angklung dan ba- nyak lagi tetabuhan yang dimi- liki masyarakat Bali," tambah Alit Putra. I Wayan Gede Suci- ta yang dipercayakan warga Br. Kuripan untuk me- nyampaikan laporan dihadap- "Sebagai halnya menguji emas itu dengan empat cara yaitu; an bupati, antara lain mengata- gosokkan pada batu penguji, ditempa dan dipotong lalu kan bahwa seperangkat gam- akhirnya dipanasi, maka demikian pulalah caranya untuk belan angklung itu adalah me- menguji kelahiran seseorang yaitu dengan melihat ilmu pengeta- rupakan warisan leluhurnya huannya, kelakuannya, kerja yang telah diselesaikan dan dan karena dimakan usia maka caranya bekerja' pelawahnya atau landasan (Slokantara 46 (80)). yang terbuat dari kayu itu ba- nyak yang keropos. Atas kese- Secara kodrati, hakikat kela- kemasyarakatan memang ada. pakatan warga banjar, pela- hiran manusia adalah sama. Di mana akhirnya, manusia wahnya itu diperbaharui dan Paling tidak ia adalah makhluk yang sebenarnya ada dalam jak pada kondisi objektif dari zaman di mana orang semakin sekaligus di perada dan keselu- ciptaan Tuhan Yang Maha Esa persamaan dibeda-bedakan a- yang bersangkutan. Sebagai berlomba-lomba untuk maju ruhan menelan biaya Rp 4 juta. -- sarwam khalu idham Brahm- tas kedudukan sosialnya. Ada mana disebutkan melalui bait dan berprestasi di bidang ilmu. Dana tersebut sebagian diter- an. Dan oleh karena demikian, yang disebut golongan elite, Slokantara di atas, emas saja pengetahuan, maka bobot dan ima dari para donatur di desa filsuf besar Mahatma Gandhi bangsawan itu sendiri dan di untuk dinilai harus diuji dulu atau nilai seseorang justru a- Sedang dan selainnya swadaya. menyatakan bahwa pada da- luar itu dinamakan kelompok dengan digosok, ditempa, di- kan banyak ditakar dari jnana- Jalan menuju ke banjar Kurip- sarnya semua manusia bersau- nonelite, yakni masyarakat ke- potong dan lalu dipanasi. Ma- nya, bukan dana atau kulina la- WARISAN leluhur seperti landa kebudayaan dari luar. an sepanjang lebih kurang 1 dara - sarwam idham kuthem banyakan. Sebagai status so- ka tentu tak jauh berbeda de- gi. Atau kalaupun tidak ke- benda-benda purbakala terma- "Kebudayaan dari luar itu be- Km sulit dilalui kendaraan ka- bhukem. Sesungguhnyalah sial, antargolongan atau ke- ngan usaha untuk menilai bo- sampaian, setidaknya orang a- suk gambelan dan lain-lain per- lum tentu semuanya cocok bagi rena belum dikeraskan. Untuk memang begitu adanya. Bah- lompok ini ditempatkan dalam bot seseorang, yakni dengan kan lu dilestarikan, diselamatkan kita. Guna menangkal yang ti- itu pihaknya berharap kepada wa satu sama lain manusia ber- posisi vertikal -- atas-bawah, melihat sila; perilakunya, sru- ilakunya. "Ironing wwe pari- bahkan dikembangkan teruta- dak sesuai itu maka kebudaya- bupati agar mendapat perhati- ada pada posisi persamaan dan tinggi-rendah. Golongan ta; ilmu pengetahuannya, gu- māna nāla gaganging tunjung ma perangkat-perangkat gaman atau kesenian daerah Bali an. Sebaliknya bupati juga mo- persaudaraan. Tetapi ternyata bangsawan berada di atas dan na; kecenderungan sifatnya, dawut kawruhi, yan ring jäti- belan itu sendiri serta tari- perlu dihidupkan kembali atau hon sebelum diberi bantuan tidak seperti itu yang nampak oleh karenanya ditinggikan dan Karma kerja yang telah di- kula pračara winaya mwang ci- tariannya. di uripkan. Urip (bhs. Bali ber- berupa aspal, masyarakat hen- di permukaan pergaulan hidup dihormati. Sedang kelompok selesaikan dan bagaimana cara la karmenggita... Itu, dicetuskan Bupati Ba- arti hidup). Sesuai dengan na- daknya berbuat seperti jalan bermasyarakat. Artinya, ma- masyarakat biasa adanya di ba- kerja itu ditunaikan. tuk mengetahui dalamnya air dung Alit Putra ketika me- ada ma banjar Kuripan atau Kau- itu dikeraskan terlebih dahulu sih pembedaan- wah, 'dianggap' lebih rendah. Jadi pada saat sekarang ini, di sebuah telaga cabutlah batang resmikan seperangkat gambel- ripan maka angklung ini perlu dengan batu putih dan mem- pembedaan atas dasar per- Dalam faham feodalis yang mana bobot jati diri seseorang teratai untuk menduganya, te- an angklung milik sekcha an- kita hidupkan kembali," ucap buat got. Guna meringankan bedaan bawaan yang dalam masih kukuh; perbedaan status menjadi tolok ukur, status Ku- tapi jika hendak mengetahui gklung Anusapati Br. Kuripan bupati. Nampaknya bukan saja beban masyarakat Kuripan, konteks Kulina berkaitan de- ini begitu kuat ditegakkan. Se- lina atau kebangsawanan tidak kebangsawanan seseorang, ki- desa Sedang (Abiansemal), di Br. Kuripan yang berpendu- bupati, ketua DPRD, DPD ngan kelahiran seseorang ber- hingga seseorang yang karena merupakan jaminan. Apalagi ta harus memperhatikan ting- Sabtu (1/2). Lanjut dikatakan duk 65 KK itu punya gambelan Golkar bertepatan pada per- status sosial sebagai keluarga berasal dari keturunan bangsa- konsep Sapta Timira sendiri su- kahlaku dan sopan santunnya, pada zaman modern ini Bali angklung tapi banjar-banjar esmian angklung itu member- bangsawan -- keturunan berda- wan, sedemikian rupa menda- dah menegaskan, bahwa di sa- demikian penggalan syair Niti terutama daerah Badung de- lain di Badung juga sudah ada ikan bantuan sejumlah uang rah biru. pat kedudukan sosial tinggi se- tu pihak Kulina atau kebangsa- Sastra I. 6 mengingatkan. Om ngan kota Denpasarnya yang dan bahkan dibeli baru, de- dan peralatan olah raga bagi Sejarah telah mencatat bahwa kalian dihormati. Tidak perdu wanan itu bisa membawa se- Santi Santi Santi Om. sangat komplek itu sudah di- mikian pula gong kebyar. Ini muda-mudinya. (Yos). keberadaan pelampiasan sosial li apakah ia baik atau tidak seorang pada kedudukannya perlu Dilestarikan enilai seseorang dari Persiapan Pada lahan kering ata airannya kurang seb saat yang tepat menana ⚫lah pada awal musim Sedangkan pada lahan air memang bukan ke penanaman tidak per menunggu musim huja tuk mempersiapkan lah tama sekali dilakukan bajakan dan sekaligus bersihkan sisa-sisa tar Untuk menghindari terg nya tanaman muda yang berakibat fatal, perlu got di seputar petak per an dengan lebar 30 cm dalaman 30 cm pula. parit-parit rampung pe nanaman diberi kompo berasal dari pupuk kan taupun pupuk hijau yan dimatangkan. Sebagai kan, setiap lubang bisa bah satu blek. Lubang dapat berukuran 60 x 6 Cm dengan jarak 2 x 2 ditanam sebagai tanama pagar pemberian komp diperlukan. Pena Pertama yang perlu hatikan adalah pemiliha Bibit yang baik berasal duk yang baik pula. Ole na itu keberhasilan san tentukan pula oleh kual bit. Jika penanaman sa kal perlu diperhatikan s daknya bibit, dan bila Menang NEGARA Indonesia terdiri dari banyak pulau ga memiliki perairan lau luas. Perairan laut Ind kaya akan tambangnya pun hasil perikanan. H untuk perikanan poten ini belum dimanfaatk maksimal mungkin baik budidaya maupun pena an. Dalam usaha penang terdapat banyak jeni tangkap yang digunakan na disesuaikan jenis ik Salah satu dari sekian l alat itu yaitu pancing Pancing tonda ini dipe kan untuk menangkap kan seperti languan, t tongkol, alu-alu dan lai Para nelayan sudah gunakan pancing tond biasanya dibuat dari ayam, plastik rafia yang kecil-kecil. Pada prin pancing tonda adalah tiruan/palsu yang ditari sampan berjalan se umpan palsu itu bergera umpan itu dapat menari besar disekitarnya untu nyambarnya. Sekarang ini para n banyak menggunakan palsu yang menyerupai umpan seperti ini dinar wobler. Wobler oleh n dibuat dari kayu yang di kan dan dicat sesuai warn asli. Penggunaan panci perti memberikan ha pa ikan dalam air. 'Ge baik bagi para nelayan tidak memerlukan mod sar, mudah dioperasika dapat digunakan sebaga .sampingan. Misalnya ala kapnya yang utama gill n ka pada waktu berangka pulangnya pancing tonda ⚫ler ini dioperasikan. Seh Harga Grosi di Hari: Jumat Jenis Komodit per- No. artinya un- (Bersambung). 12345 Kol Bulat 2. Kol Gepeng Tomat buah Buncis 5. Wortel 6. Kentang 7. Sawi putih 8. Seladri 9. Labu siam Dinas Pertanian Ta Color Rendition Chart
