Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1992-06-07
Halaman: 08

Konten


Wat Halaman 2 Bali Post MINGGU, 7 JUNI 1992 M Bapa Melem. Pak Jaya Swara Antuk Drs. Ngurah Oka Supartha Ngulati Karahayon Desa Adat MANGKIN uningayang ida-dane Prajuru Desa Adat Swa- karyane ri sedek mapunduh mabeligbag ring Bale Desane, sasampune wusan mapaweh tuntunan ring ida-dane Krama Desa Adat Swakaryane marerisak saha makarya genah TPS. Duke punika ida-dane Krama Desa Swakaryane, sami pada sampun budal, ke geria, puri, jeroan miwah umahnyane soang-soang. GELISING satua, kaca- rita lantas suba semengan. Ditu Nang Bangsing ajaka kurenanne magarang sa- ling pamalunin nagih ma- celep ka jumah meten. Sa- ling kedeng ipun ajaka da- dua, "Icang baang maluan, ah... tusing anak icang ma- lunan..." keto abetne. Pam- ragat sibarengan lantas mulihan. Kampakang jla- nanne kadredesang, make- siab Nang Bangsing ajaka kurenanne nepukin tain ja- rane ngebekin metenne maimbuh buin bon tainne mangkug. Metu gedeg ba- sangne Nang Bangsing, sambilanga ngubetang jl- anan ia ngrengkeng, "Beh.., cicinge i Belog, belog-beloga deweke, kaludan pipis telah anggon matamiu, oraha- nga jaranne mesuang pipis. Jani buin misi nampedang tai. Ah cendek jani baan makeneh, lakar matiang ja- ranne, apang tawanga ra- sanne". Keto pakrimikne Nang Bangsing sambila- Kala punika I Made Enggung, mapitaken nyewagara: "Ing- gih para prajuru sareng sami, sandang becika sami malinggih mangkin. Mangkin te taler pikayunin, mangdene ring rahina penyoblosane sane jagi rauh, pamekas ring rahina Anggara Wage, Wara Gumbreg 9 Juni 1992 punika, yan teka dados antuk mangdene ja gingsih hasil pemunggutan suarane, nen- ten brumbun sakadi pamargin panyoblosane duke Pemilune sane sampun langkung". "Beneh pesan ento De Nggung, apang eda ja buka unduke ane suba-suba, ada nyaplir cacoblosane. Sawireh ane kacob- los di luar gambar. Ada gambar OPP, ane enu perawan, sawi- reh tuara kacoblos. Unduke ane kene-kene suba ulih ida - dane para prajuru Adate perlu pesan pinehina, apa eda kanti ada cacoblosan nyaplir, ada cacoblosan di luar gambar, ma- kawinan hak suarane dadi ilang. Nah.... yen mirib perlu jalan ja buin latih soroh dadong-dadong lan pekak-pekake, apang danan kanti buin salah coblos buka unduke ane nguni, duk Pemilune ane suba-suba", sakadi asapunika Pan Sobagan matutang rawosne I Made Enggung. "Lenan tekening patut melatih nyoblos soroh dadong- dadong, Gung Nini, Gung Kak, katekaning soroh taruna- tarunine ane mara jani ngelah hak pilih sukat janine, soroh ane bengkung-bengkung tong dadi pierin ento perlu ja masih baang pengarahan. Apang danan kadung tuman gembar- gembor di warung-warung. Lenan tekening lakar ngamangge- hang swadharmaning nagarane apang sukses, salunglung sabayantaka ne di Desa Pakraman, Desa Adat Swakaryane ja masih apang tetep ajeg", sakadi asapunika | Gede Anturan malih nambehin rawosne I Made Enggung. "Baaahhh.... ane dengang-dengang tur ane tan dadi pierin ban rawos ayu, eda suba runguanga. Baang dogen suba ia ngalih ambah, ngalih angkuh", sakadi asapunika | Melem ma- saut masemu bangras. "Badah... ene Melem satata ngerawos getar, getaran teke- ning lawar tulang, yan pinuju ajak mererasan muang mad- harma tetimbang. Melahang te madingehang tur ngulik ra- wosne I Made Enggung. Ane mapaenjuh dharma tatimbang, maduluran ngamanggehan tur ngelaksanayang salunglung sabayantakane di desa pakraman, ane matatujon ngulati ka- rahayon desa Adate soang-soang. Anggo anake abedik peng- alaman politik bantes cara di desa pakramane", sakadi asapu- nika | Sangut miwalin rawosne | Melem. "Bihiiiihhh.., misi nganggo pengalaman politik cara di desa pakramane, masih celekotokane I Sangut. Mapi-mapi nawang dogen celekotokane. Tusing tau kapining dewek masekolah di Bale Banjare. Kenken 'nto pengalaman politik cara di desa pakramane Ngut? Lautang orahang, bas ngawi-ngawi pesan celekotokane", sakadi asapunika | Melem masaut sarwi ma- semu maora. "Yen untuke ento ane takonang Melem, kene. Menurut ca- Sabha Sastra Bali tetan Harian Ida Bhagawan Basubhaga, sabilang masan Pe- milu, masan kampanya, ngat jag soroh Rajapisunane, iri ha- tine, sentimen pribadine liu suba magedaban bangun. Kanti ada saling timpug, saling tunjel umah, saling jagur. Yan kapite- lektek apa lakar gararfg totonan. Ane melaksana keto-keto lakar dadi apa? Keh lakar ngawe tatujon idupe di Desa Pa- kraman dadi runtik mwang byuta. Kanggoang ja kayang tang- gal 9 Junine 1992 ne, mula patut nyoblos ngat jag nyoblos dogen, satinut ring pituduh Guru Wisesa, maka cihna bhakti ring Guru Wisesa. Peragat suba", sakadi asapunika | Sangut kadawan-dawan, saha bamban nyawurin rawosne | Melem. Kapsul Kesehatan Kerjasama "Bali Post" dengan Klinik Angkasa RRI Denpasar dan Dinas Kesehatan Prop. Bali, Sub Dinas Penyuluhan Kesehatan "Patut pisan sakadi asapunika Mekele Ketut. Angge napi Upaya Menolong Penderita Kelengar Matahari pacang nginutin soroh pidatone puyung-jelih punika, ngajakin maprawerti asapunika, asapuniki. Maka pungkuran pacang nyanggra mwang ngupahayu Pura Kahyangan Tiga di Desa Adat Swakaryane, masih ja sareng ida-dane Krama Desa Adat Swakaryane, sane iring mamata-mamatu duke saking nguni", sakadi asapunika Pan Ceblongan matutang rawosne | Sangut "Beneh pesan ento buka rawos Pan Ceblongane, lenan te- kening keto lakar anggon apa ngugu rawos soroh kamangma- nge ane mabungut maong, ane ngeranayang kramane lakar dadi pecah. Yeh kapitelektek, ida-dane Krama Desane, Krama Banjare, kaden makejang kena sebel banjar, yan ka- tuju silih tunggil krama banjare ada kalayu sekar. Plung keto kulkul banjare mamunyi, kayang Ida Bagus Aji di Geria lan Aneke Agung di Puri kena sebel banjar. Pada hal ida tuara makadang kendat ring sang sane kalayu sekar ento. Kang- goang ja besikang ngaba peitungan di Desa Adat Swaka- ryane, maka titi pangancan lakar ngulati karahayon Desa Adate", sakadi asapunika | Nyoman Kelenceng matutang ra- wosne Pan Ceblongan. "Lenan tekening keto Lem, soroh krama Desa Adat Swaka- ryane ane mirib ada ngaba papineh seleka, ento anak mula tuah swadharman Meleme mapaenjuh pangelemek, apang bisa ya kanti sadar. Eda jag bareng dengangina. Di sini suba karisma mwang kepemimpinan Meleme lakar di uji. Mampu tidak Melem nedehang lan ngecurang makudang-kudang kra- mane ane kadung dengang ento. Eda ngat jag iju-iju ngajak anak uli desa adat len, ngelapur tekening pengelingsire. Pa- tutne dini pituru Prajuru Adat Desa Adat Swakaryane, masa- sahan malu. Yan teka tuara nyidang mara nedunang pange- lingsir mapaica pangelemek. Ento sekan Meleme, eda bas sanget baana ngitungang. Paling-paling ia ngelah tatujon len. Termasuk Melem, sendiri. Karena catetan solah Meleme ane soroh nguluk-nguluk, semi nguluk-nguluk desa, liu tertulis di buku Harian icange. Jalan ja eda bas sanget mamenjór, ring sajeroning prawerti. Ajaka Desa pakramane apikin nyanggra miwah midabdabin, apang sida nulus ngulati karahayone", sakadi asapunika | Sangut matinget | Melem. Nang Bangsing Teken I Belog nga nyemak madik. Suud keto lantas sepegina jarane kanti mati, punggela baongne, lantas awaga na- nem teken Nang Bangsing. Kacrita jani I Belog.ajaka memenne sedeng mawi- rasa. Ditu Men Belog nyam- batang jaranne ane siliha teken Nang Bangsing. De- ning suba makelo siliha ja- ranne, ditu lantas I Belog majalan ka umah Nang Bangsinge nakonang ja- ranne. "Beli-, beli Nang Bangsing, jaran icange dija?" Masaut lantas Nang Bangsing, "Yeh I Belog ka- den nak nyen, kene, jaran caine anak suba kamatiang suba makelo, dening tusing bisa mesuang pipis, bekina jumahan meten belina baan tai." Keto pasautne Nang Bangsing. Lantas buin I Be- log matakon, "Beh amonto seken munyin icange teken Basa Inggris Samatra Olih Soejono TS sareng I.B. Kaleran (22) Puniki pekerjaan rumah Minggu sane lintang. Sane meled ngaryanang dados ngadungang. 1. Will you all discuss that affair? 2. We are all on time. 3. They must all agree to my opinion. 4. You can all help me to decorate our "banjar" Alu, nggih? Mangda jerone uning kruna all punika ka- genahang ring ungkur kruna kria bantu utawi the auxi- liary, sakadi: be, shall, will, can, must, may muah sane sewosan. Sane dados kanggep pateh inggih punika kruna both sane marti berdua (sareng kalih). Indayang waspa- den conto ring sor. You must all stay home tonight because we will both go out. + Saudara semua harus tinggal di rumah karena kami berdua akan keluar. -Jerone sareng sami patut meneng ring pondok santukan tiang sareng kalih pacang pesu. Yan all miwah both kagenahang ring ungkur kruna kria bantu, ipun kagenahang ring ajeng kruna kria pe- nuh utawi full verb. Waspaden sane ring sor punika sa- malih gentosin sane kasurat sondoh antuk kruna pa- ngentos ring sor. A: Do you both like coffe? + Apakah engkau berdua suka kopi? Napi ke jerone sareng kalih seneng ring wedang? B: No, we don't. We both like tea. + Tidak. Kami berdua suka teh. Ten. Tiang sareng kalih demen ring teh. Kruna pangentos: play football/ play badminton study economics/ study anthropology run a restaurant/ run a small in Karyanang pekerjaan rumah ring sor puniki! 1. Engkau berdua pergi ke Singaraja dan kami semua akan menunggunya di sini. 2. Kita semua datang ke,banjar untuk mengikuti sebuah pertemuan. 3. Engkau berdua harus tinggal di rumah untuk menjaga adikmu. 4. Mereka semua memperbaiki banjar. Mengapa engkau berdua tinggal di rumah? Kruna sane meweh: menunggu = wait for; menjaga = look after. Bali Post Edisi Pedesaan Pemimpin Umum/Pemimpin Perintis : K. Nadha Redaksi/Penanggung Jawab : K. Nadha Wakil Pemimpin Umum/Pemred Penanggung Jawab Penanggung Jawab Wakil Pemimpin Redaksi Redaktur Pelaksana : Drs. ABG. Satria Naradha : Widminarko Drs. Made Nariana Anggota Redaksi: Djesna Winada, Surawan, B. Ashrama, Adhy Ryadi, Drs. Gde Nym. Suryawan, Drs. Made Sumendra, de Suyadnyana, K. Abinawa, Agus Talino, Drs. Nym. Wirata, Kantor Redaksi: Jl. Kepundung 67 A, 80232, Telepon: 25764-25765. Fax: 27418. Teleks: 35191, Alamat Surat: P.O. BOX: 10 Denpasar 80001. Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers: Sk Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A. 7/1985 tanggal 24 Oktober 1985. Anggota SPS-SGP, Penerbit: PT. Ball Post. ISSN 0852-6515. beli, dadi beli tuara nginge- tang. Men jani dija bangken jaranne?", "Beh yen buat ento takonang cai, bang- kenne suba katanem ditu di tebane madangin," keto ka- sautin baan Nang Bang- sing. Suba lantas keto, alih- alihina bangken jaranne te- ken I Belog. Suba bakatanga, abana mulihna tur tanema di jumahne, aken gaenina upakara. Kacrita suba makelo, lantas sig tongos bangken jarane matanem ada men- tik ting gading duang ka- tih tur tegeh-tegeh pesan. Ento lantas ebah tiinge maka dadua. Ane akatih bah ka peken Sangsite, ane buin akatih bahne ka peken Badunge. Critayang tinge ane bah ka peken Badung, ada nge- jangin kamben, baju, teng- kalung, udeng, saput, tur ane lenan kanti bek pesan. Keto masih ane bah ke pe- ken Sangsite, ada ngatu- ngin sudang, dengdeng, ja- gung kanti bek pesan. Disu- bane ebek pada tiinge kagantungin barang- barang, lantas tiinge maka- dadua buin majujuk. Beh ebek panganggone lantas ulung di jumahne I Belog, keto masih ane misi de- daaran. Jegmakejang ulung ditu di jumahne I Belog. Baan liunne tiinge ne- kaang penganggo keto ma- sih dedaaran, dadi sugih jani I Belog. Penganggo suba liu ia ngelah, kanti madudug-dudug, keto ma- sih pipis teken dedaaran makejang suba liu ada di jumahne I Belog. Undukne I Belog buin maan kasu- gihan, dingeha teken Nang Bangsing. Baan pongahne, Nang Bangsing buin ku- mahne I Belog lakar nyilih tiing gadinge ento. Suba suud morahang teken I Be- log, lantas abuta tiinge te- ken Nang Bangsing. I Belog jeg ngemaang dogen. Kacrita jani Nang Bang- sing ngidih tulungan teken - krama banjare lakar ngisi- dang ting gadinge uli umah I Belog ka umahne Nang Bangsing. Sasubane jangkep makejang, lantas tiinge ento katancebang di Sanggahne Nang Bang- sing. Disubane majujuk, kacrita lantas bah tunge ento ka peken Sangsitte muah ka peken Badunge. Critayang jani anake di pe- ken Badung sawireh ipidan dugase kagantungin baju, kamben, udeng, saput muah ane len-lenan ma- wanan nglantas ilang, jani makejang lantas ngantu- ngin sarwa bangke: bang- ken kucit, bangken bikul, bangken siap muah ane len- lenan. Keto masih ane bah ka peken sangsite, ada ngantungin kikid, clebing- kah, sok wek, bangken le- lipi, bangken cicing muah ane len-lelan. Ditu Suba keto crita jani lan- tas majujuk buin tiing gadi- nge ento makadadua. Beh, paclebug-bug lantas bang- kene ulung bek di umahne Nang Bangsing, jantos bonne sing duga baan nga- dek baan bengunne lantas Nang Bangsing bantat-bintit ngalih anak ane nyak nelahin, ngisidin sarwa bangkene. Beh kanti telah kasugihanne anggona mupahang anak ngisidang bangkene. Dening keto lan- tas Nang Bangsing dadi la- cur, tungkalikanne I Belog dadi sugih. Tuah mula tu- sing dadi anak rengka buin loba, tur iri teken gelah tim- pal. (Puput) (Ni Sada). Narkotika yang Harus Diwaspadai PENYALAHGUNAAN narkotika merupakan satu tindakan yg dapat diancam Oleh Suwarto dengan hukuman, karena diperlukan dalam bidang kotika belum cukup umur, maka orang tua atau walinya wajib melaporkan kepada yang berwajib. Di samping itu juga harus segera memba- dokter terdekat untuk men- dapatkan pengobatan atau SEJAK berabad-abad la- mungkin disebabkan oleh pa- manya cahaya matahari di- nas didalam kamar dengan manfaatkan untuk meng- obati berbagai macam penya- kit. Hal ini karena memang cahaya matahari sangat baik untuk menyehatkan tubuh dan dapat membunuh kuman penyakit. Meskipun demikian, ha- rus hati-hati dan jangan me- nikmati secara berlebihan. Pemanfaatan cahaya mata- hari secara wajar akan lang- sung bisa bekerja pada tubuh dgn mi- menggunakan nyak alam yang ada di kulit, sehingga akan menghasilkan banyak sekali vitamin D. Warna kulit akan menjadi coklat dan sehat dan keadaan ini disamping me- miliki daya tarik tersendiri, juga baik untuk menghindar- kan selesma terutama dimu- sim hujan. Sebaliknya, menikmati ca- haya matahari secara berle- bihan apalagi saat teriknya disiang hari akan menyebab- kan kulit mudah sekali ter- bakar dan bisa menjadikan seseorang menderita kele- ngar dan jatuh pingsan. Ka- rena itu, pertama kali hen- dak berjemur matahari cu- kup lakukan beberapa menit saja, besoknya bisa dilaku- kan lebih lama sedikit dan se- terusnya waktu berjemur bisa diperpanjang secara berangsur-angsur. Kelengar matahari Kelengar matahari diaki- batkan oleh cahaya matahari yang langsung menimpa tu- buh secara berlebihan. Ja- ngan disamakan dengan ke- lengar panas, walau peng- aruhnya sama terhadap tubuh tetapi kelengar panas kelengasan atau kelembaban yang rendah. Orang yang menderita kelengar biasanya keluar keringatnya kurang normal sehingga sulit meng- eluarkan kelebihan panas dalam tubuh, akibatnya suhu tubuh bisa naik sampai 40,6 derajat celsius atau lebih. Seseorang yang akan ter- serang kelengar matahari maupun kelengar panas, mula-mula pikirannya men- jadi kacau dan mengeluh menderita sakit kepala yang keras. Kesadarannya mulai menurun dan mungkin pula penderita mengigau. Kalau tidak cepat mendapatkan pertolongan, tekanan darah nya dapat turun menjadi ren- dah sekali dan denyut nadi- nya cepat dan lemah. Upaya pertolongan Sebelum sempat memang gil seorang dokter atau mem- bawanya ke puskesmas mau- pun kerumahsakit, usaha- kan si dingin sampai kulit pende. rita kembali pada warnanya yang normal." Gosoklah atau pijatlah anggota tubuh si korban de- ngan arah urutan ke jurusan jantung untuk menolong per- edaran darahnya. Kepada penderita apalagi yang kesa- darannya kelihatan menu- run, jangan diberikan obat perangsang. Sebaiknya se- gera penderita kelengar itu ke dibawa puskesmas/ rumahsakit atau dokter terdekat. Pada waktu membawa si korban ke rumahsakit, pen- derita tetap dibaringkan. Jika mukanya kelihatan me- rah, kepalanya dinaikkan se- dikit dan miringkan muka- nya kesamping untuk mence- gah penderita agar tidak tersedak kalau ia mau mun- tah. Sedangkan kalau muka penderita kelihatan pucat dan denyut nadinya lemah, turunkanlah kepala pende- rita agar posisinya lebih ren- dah sedikit dari tubuhnya. dengan segera Kalau muka si korban sudah penderita dibawa ketempat nampak biru, ini suatu tanda yang sejuk, baringkan tubuh bhw si korban sudah da- nya dan tanggalkan atau le- lam keadaan shock yang da- paskan pakaian luarnya. lam. Dalam keadaan seperti Bila dekat dengan tempat si ini, jangan ditunda-tunda korban ada penjual es, min- lagi untuk segera membawa- talah sedikit es nya dan ta- nya ke dokter terdekat dan ruhlah dalam kantong atau dalam perjalanan si pende- dibungkus dengan kain ke- rita harus dibaringkan terus mudian letakkanlah dike- dan diberi pertolongan de- pala si korban. Maksudnya untuk mendinginkan otak buatan dengan mengguna- ngan memberi pernafasan dan mengembalikan tempe- kan cara dari mulut ke mu- ratur tubuh penderita agar lut. Berbareng dengan upaya bisa kembali normal. Jika ke- pertolongan ini, anggota tu- jadiannya di rumah atau ada buh si korban terus dipijat persediaan, si sakit bisa dise- perlahan-lahan untuk meng- lubungi dengan sprei atau alirkan darah ke jurusan jan- kain lebar yang dibasahi dan sekali-sekali dituangkan air tung. (MB). Kerbau Belang di Toraja MASYARAKAT Sulawesi Selatan dalam kehidupan sehari-harinya, sangat erat hubungannya dengan ter- nak, ditandai dengan popu- lasi ternak yang cukup tinggi. Ternak, digunakan seba- gai sumber tenaga kerja da- lam mengelola lahan perta- nian, alat angkutan, tabungan, sumber pupuk kandang, sumber protein dan makanan. Tetapi ada pula yang digu- nakan dalam berbagai upa- cara keagamaan dan upacara adat. Salah satu jenis ternak yang berperanan sangat pen- ting dalam upacara adat, khususnya upacara pema- kaman untuk suku Toraja, adalah kerbau belang. Kerbau belang, ditemukan dalam jumlah banyak hanya di Tana Toraja, salah satu daerah tujuan wisata di Sula- wesi Selatan. Sedangkan di daerah lain sangat jarang di- temukan. Kerbau belang lazimnya Oleh Armat pengetahuan, selain dalam pelaksanaan upacara adat. Bahkan, dalam konvensi in- ternasional ICEI di Unhas beberapa waktu lalu, diurai- kannya tentang penerapan teknologi inseminasi buatan (IB) dalam upaya pelestarian sumberdaya ternak kerbau belang. Bobot badan dan ling- kar dada pada kerbau belang jantan, rata-rata 547 kg dan 200 cm. cara pemakaman, yaitu Disilli (dipotongkan seekor babi); didoya (dipotongkan 4 ekor babi); Dipasangbongi (dipotongkan kerbau satu ekor dan babi beberapa ekor); Dipatallungbongi (dipotong- kan kerbau 4 ekor dan babi 10 ekor); Dipalimangbongi mal 9 ekor dan babi puluhan (dipotongkan kerbau mini- ekor, serta dibikinkan 'tau- tau lampa') Dirapa'i (dilaku- kan dalam dua tahap dan di- bikinkan patung: tau-tau). Upacara Adat Tahap pertama di rumah adat (tongkonan) dan tahap Dalam kaitannya dengan kedua di rante, suatu lapa- upacara adat di Tana Toraja, ngan khusus yang terdapat dikemukakannya upacara 'simbuang batu' (batu mega- syukuran (aluk rampe ma- lit atau Nenhier atau taailo, atau rambu tuka), dan Dolman), bala'kaan, lakkian, rampe matampu, atau salo) upacara pemakaman (aluk dan lantang. Dalam pemotongan ter- yang terdiri dari beberapa nak, masih terjadi beberapa tingkatan. Tingkatan - ting- tingkatan hingga sampai mi- katannya menunjukkan jum- nimal 60 ekor kerbau. Semua lah dan jenis ternak yang di- jenis ternak boleh dipotong, potong menurut kamus dan kecuali 'tedong bulan' dan nilai ritusnya. ayam yang tidak berwarna Pada hitam. upacara pema- akibat yg dapat ditim- pengobatan dan ilmu peng- dapat dijatuhkan kepada wanya ke rumah sakit atau disebut 'tedong bonga' (te- kaman, orang yang mening- bulkannya sangat merusak etahuan. Namun sebaliknya, dan ro- jika disalahgunakan pema- kehidupan khani pemakainya. Apalagi kaiannya dapat membahaya- bila diingat bhw tindak pe- kan kehidupan manusia. Un- nyalahgunaan narkotika se- tuk itu penggunaan narko- bagian besar dilakukan oleh tika bagi pengobatan harus generasi muda, hingga dapat kita bayangkan bagaimana jadinya masa depan suatu bangsa jika sebagian dari ge- nerasi mudanya menjadi korban penyalahgunaan nar- kotika. mendapatkan pengawasan dan pembatasan yg sek- Ancaman hukuman yang para pelaku tindak pelang- garan penyalahgunaan nar- kotika bervariasi dari hu- kuman denda, hukuman ku- rungan 1 tahun, 20 tahun, seumur hidup dan bahkan ancaman hukuman mati. Tingkat hukuman yang dija- tuhkan tergantung kepada beratnya tindak pelanggaran yang dilakukan. Namun mengingat betapa bahaya- nya akibat dari penyalahgu- naan narkotika akan lebih tuhkan kepada para pelang- gar semaksimal mungkin. dong: kerbau; bonga: kem- bang atau bunga. Tedong bo- nga pembawa rezeki atau keuntungan). Ia merupakan prestise tinggi dalam adat is- tiadat, tata kehidupan sosial, dan kepercayaan orang To- raja. perawatan. Sedangkan pe- candu narkotika yang telah cukup umur wajib melapor- kan diri kepada yang berwa- jib. Adapun pengobatan dan perawatan pecandu narko- tika serta rehabilitasi bekas Toba Batosamma, dan pecandu narkotika dilaku- Syamsuddin Rasjid, kedua- kan oleh lembaga rehabili- nya dosen pada Fakultas Pe- tasi. ternakan, Universitas Hasa- Wajib lapor terhadap para nuddin, Ujungpandang, (Bersambung ke Hal 4 Kol 3) dalam pembangunan ilmu nya akibat penyalahgunaan huan. Di samping itu juga di- baik jika hukuman yang dija- pecandu narkotika sangat mengaitkan kerbau belang Larangan dan Sanksi Pada masa sekarang ini, cara tersebut di atas ada gal dipotongkan hewan, ka- rena diyakini bahwa yang dimodifikasi dan ada kehidupan di akhirat yang tetap mengikutinya. (puyaP adalah pantulan cer- Misalnya dulu, siapa yang min kehidupan di dunia yang memotong kerbau yang nilai- membutuhkan sandang, pa- nya paling tinggi dialah yang ngan, papan, penghargaan mendapat warisan lebih ba- seorang anak terhadap orang nyak. Akan tetapi sekarang tuanya, serta supaya roh dan ada yang melalui musyawa- jiwanya aman, tidak gen- rah keluarga. tayangan di dunia kembali. Pada upacara pemakaman Toban Batosama dan yang tingkat sosialnya Syamsuddin Rasjid meng- tinggi, dimulai dengan meng- (Bersambung ke Hal 4 Kol 4) emukakan catatan rincian arak mayat dari rumahnya tingkatan dari prinsip upa- Dharma Wacana "Karmany ewadhikaras te ma phalasu kadacana, ma karma phala hetur bhurma te sango 'stwa akarmani" (Bhagawadgita, II.47) Apramada sama. Dalam hal ini UU Nar- kotika mengatur tentang cara penyediaan dan penggu- naannya untuk keperluan pengobatan dan untuk ke- Mengingat betapa bahaya- pentingan ilmu pengeta- narkotika, Presiden meng- atur mengenai pencegahan eluarkan Instruksi nomor 6 dan penanggulangan tahun 1971 dan membentuk bahaya-bahaya yang dapat Orang yang mengetahui Bakolak Inpres 6/1971 yang ditimbulkan sebagai akibat tentang adanya narkotika antara lain bertugas meng- sampingan dari penggunaan koordinasikan pelaksanaan dan penyalahgunaan narko- yang tidak sah wajib mela- porkannya kepada pihak tugas-tugas penanggulangan tika. Selanjutnya dalam yang berwajib. Jika hal terse- terhadap bahaya narkotika. Undang-undang Narkotika but tidak dilaporkan!maka Agar pelaksanaan penanggu- tersebut juga diatur meng- Soal phahala adalah Tuhan langan tersebut lebih efektip enai jenis hukuman pidana - orang yang bersangkutan di- itu sendiri yang menentu- maka Pemerintah dengan terhadap orang yang mela- hukum dengan denda 1 juta kan. Dan phahala di sini ti- persetujuan DPR mengeluar- kukan tindak penyalahgu- rupiah dan atau hukuman kan Undang-undang nomor 9 naan narkotika serta rehabi- kurungan 1 tahun. Bagi dak juga harus selalu diarti- kan sebagai dalam penger- tahun 1976 tentang narko- litasi terhadap para pecan- siapa saja yang berjasa da- lam mengungkapkan keja- tian imbalan material. Lalu tika, perbuatan yang dila- du narkotika. Oleh: I Gusti Ketut Widana hatan yang menyangkut nar- BAGIAN terakhir dari berhitung, banyak berbuat rang serta ancaman hu- kotika akan mendapatkan konsep ajaran pengendalian vekananda juga menerang- kuman terhadap pelaku ke- ketulusikhlasan seseorang Bukan begitu. Kerja sebagai banyak untungnya. Tidak. premi (hadiah). Pelapor atau diri Niyama Brata ini disebut kan, bahwa "manusia hidup dalam mngemban tugas ke- suatu kewajiban lebih meru- jahatan narkotika. orang yang memberikan ke- dengan Apramada. Apra di dunia harus seperti daun karyaannya sebagai insan pakan wujud "penanaman terangan mengenai adanya mada berarti tidak ingkar teratai, ia tumbuh di dalam Tuhan. Arti lainnya, bahwa bekal", tidak saja untuk ke- tindak pelanggaran penya- akan kewajiban. Atau bisa air, tetapi tidak pernah diba- dengan jalan bekerja secara pentingan keduniaan yang lahgunaan narkotika wajib juga diartikan selalu setia sahi oleh air; begitulah seha- sungguh-sungguh sebenar- material, tetapi lebih utama mendapat perlindungan melaksanakan apa yang su- rusnya orang hidup di dunia, nya orang tersebut telah me- lagi demi kelanjutan kepen- yang mungkin akan memba- dah menjadi kewajibannya. hatinya menghadap Tuhan, nunjukkan rasa bhaktinya. tingan bagi "hari nanti". Bu- hayakan bila dikenal umum. Manusia sesuai kodrat- tangannya menghadap pada Dan yang terpokok dari lan- kankah hidup tidak hanya Untuk menjamin perlin- nya, adalah sebagai makhluk pekerjaan". dasan kerja sebagai peng- untuk hari ini, di sini di dunia dungan tersebut maka saksi karmany -- pekerja-pekerja Jadi, apa yang dimaksud- amalan kewajiban itu harus- ini saja? atau orang lain yang ber- yang tiada henti memutar kan di dalam ajaran Apra- lah didorong oleh niat meng- sangkutan dengan perkara roda kehidupan melalui pe- mada tiada lain, bagaimana edepankan tindakan dari endalian diri Apramada yang Maka adalah ajaran peng- yang sedang dalam pemerik- laksanaan kewajiban setiap orang dan atau umat pada imbalan. Sebagaimana memberi tuntunan kepada saan wajib merahasiakan masing-masing. Jika Hyang dapat dengan taat menjalan- telah disuratkan melalui ku- kita untuk selalu bersikap se- nama, alamat atau hal-hal Widhi sendiri dikatakan te- kan berbagai kewajiban yang tipan sloka Bhagawadgita di tia, tidak ingkar akan kewa- yang memungkinkan diketa- lah mencipta, memelihara dibebankan pada dirinya se- atas, diingatkan kembali, jiban yang telah disandang- huinya identitas pelapor, dan kemudian melebur dunia bagai bukti ketundukannya bahwa "Hanya berbuat un- kan pada pundak kita. Meng- baik dalam tahap pemerik- beserta isinya melalui kema- pada hukum kerja. Bahwa, tuk kewajibanmu, tidak hasil ingkari kewajiban adalah saan pendahuluan maupuan hakaryaannya, maka demi- siapapun ia tanpa terkecuali perbuatan itu (yang kau pi- sama dengan mengabaikan di depan pengadilan. Dengan kianlah kodrat manusia un- patut menunaikan kewajib- kirkan), jangan sekali-kali titah-Nya. Karena itu, mari- adanya jaminan perlin- tuk tunduk pada hukum annya dengan tanpa banyak phahala jadi motifmu dalam lah kita laksanakan tugas ke- dungan tersebut diharapkan karma dan atau kerja. "Be- berhitung besar kecilnya bekerja, dan jangan pula ha- karyaan sebagai suatu kewa- anggota masyarakat tidak kerjalah sepertiyang telah phahala yang akan di dapat. nya berdiam diri". Pendek- jiban demi sebuah kebhak- ragu-ragu lagi untuk mela- ditentukan, sebab berbuat le- Prinsip kerja yang harus di- nya, laksanakan kerja de- tian, tidak saja kepada porkan tindak penyalahgu- bih baik daripada tidak ber- pegang taguh adalah bahwa ngan menempatkannya se- sesama insani, tetapi juga ke- naan narkotika yang dilihat buat, dan bahkan tubuhpun kerja itu sendiri sesungguh- bagai suatu kewajiban luhur hadapan Hyang Widhi se- atau diketahuinya kepada tidak akan berhasil terpeli- nya merupakan bentuk tanpa berharap terlebih da- laku Beliau Sang Maha hara tanpa berkarya", begitu nyata dari suatu kebhaktian. hulu akan hasil apa yang ke- Karya. penegasan kitab suci Pan- Itulah sebabnya, di dalam lak diterima. Kewajiban cama Weda, III. 8. Tak ku- ajaran agama Hindu kerja umat adalah untuk berbuat, rang tokoh besar Swami Vi- itu adalah perwujudan dari bertindak dan atau bekerja. Di dalam Undang-undang Untuk Diketahui Narkotika ditetapkan per- Pengertian dan batasan buatan perbuatan yang di- mengenai narkotika dapat larang dalam kaitannya de- dibaca pd Ketentuan Umum ngan masalah narkotika se- Undang-undang nomor 9 bagai berikut. Menanam tahun 1976 sebagai berikut. atau memelihara, mempu- Narkotika adalah tanaman nyai, memiliki, menyimpan, Papaver, Opium mentah, menyediakan atau mengua- Opium masak, Opium obat, sai tanaman papaver, koka Morfina tanaman Koka, atau ganja dilarang. La- daun koka, Kokaina mentah, rangan tersebut juga meli- Kokaina, Ekgonina, ta- puti perbuatan memiliki, me- naman ganja dan damar nyimpan, menyediakan dan ganja. Selain itu garam- menguasai, memproduksi, garaman dan turunan dari mengolah, mengekstrasi, Morfina dan kokaina serta meracik dan mengkonversi maupun sintetis yang dapat saja yang dilarang, tetapi dipakai sebagai pengganti juga membawa, mengirim, morfina atau kokaina juga di- mengangkut, menjual, mem- golongkan sbg narkotika. beli, menyerahkan, menjadi Demikian pula halnya de- perantara dalam jual beli ngan campuran-campuran atau menukar narkotika. bahan lain baik alamiah narkotika. Bukan hanya itu dan sediaan-sediaan vang Menggunakan dan memberi- mengandung bahan-bahan kan untuk orang lain atau tersebut juga termasuk go- menggunakan narkotika un- longan narkotika. tuk diri sendiri juga merupa- Sebenarnya narkotika me- kan perbuatan rupakan salah satu obat yang dilarang. yang berwajib. Pengobatan dan Rehabili- yang tasi Korban Narkotika Jika seorang pecandu nar- bu ra mu bu sa ta tur bu ya su ran re lar ak air da ka me ma tia kit air bu pa bu ba ud Pe um car ka yar ste dis sar yar sar ter um pac del pa Jau ad ha na per sa be ma bu ap um ka wa dal dal ka jug ka me ny du hin du cu ola 體質面 ma ku unt jaja ket bag nya nga sih ma itu mu lah dap me Um M S hid mu pen mer mik bibi tan Jer Kea har nes kan silk um kare ken dar nam ber men mut mur dun B taka dar bert ant satu dua nya ben pat ben Up Dil ken per rata kasi 15-1 dak tida beni hay cend pen den bent perg seku hun Om Santi Santi Santi Om.- (HABIS).