Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Bali Post
Tipe: Koran
Tanggal: 1990-06-03
Halaman: 14

Konten


4cm HALAMAN II Bapa Melem. Pak Jaya Swara Antuk Drs. Ngurah Oka Supartha BARUNABRATA (Lanturan - Kaping Lima) WENGINE punika, sesampune puput ngaturang daksina pajati lan canang pangerawos, tur para pamilet pesantiane sampun pada ngambil genah malinggih, Pan Ceblongan raris mapitaken ring | Sangut: "Indik wrayang Hyang Baruna kalih Hyang Mahadewane te malih bawoşang Mekele Ketut, duke dumun dereng nyarik satuane, gelisan calunga ring satua - Pangeran Kucinge, sane oneng nyågrep bikul mokoh- mokoh«<", sakadi asapunika Pan Ceblongan mapengedih ring I Sangut. "Sayuwakti sakadi asapunika Mekele Ketut, wawu tiang TUCUARIA Rerambangan Dadab - Kiul Nyapa Kadi Aku ADA KE jagate ane tu- sing misi lateng? Manawi wenten. Sakewanten, yan iriki rereh, manawi nenten pacang panggih. Buktin ipun, durung pegat rumasa raosnyane | Kiul ngeninin indik kahanan jagate i riki sajeroning pawangunan saha panglimbakan pariwi- satane, ehhh mangkin sam- pun saget wenten malih wi- cara sane sera panggang sera tunu. S "Ne kenken buin Dadab ngae wicara ane tidong- tidong: Baang dadi prapa- tih, baang senjata gada mangdene nyaga katrepti- an jagat lan panjake dini, to ke mabalik nakut-nakutin panjak,"I Kiul mapajar kadawan-dawan ring suwi- trannyane. Tan pisan wen- ten se ng gumuyu ring muannyane rahinane puni- ka. Sios ring dibipuane sa- ne sampun lintang, sebeng- nyane rahinane punika lin- tang pangat. Maimbuh matungked bangkiang, ipun malih nglanturang. "To jani rakyat buta urugan kone jejeh- jejehin buka keto, nyen tu- sing lakar ngejer. Tulia Da- dab ngigelang barong sumi di arepan anak cerik mara bisa magaang, yan inarga- mayang icang. "Ne kenken teka-teka da- di jeg suba magambaran pulau timpale baang, Yul? Semengan suba nga- maang timpal peta, kaden cai icang tukang sensus? Nang melahang malu ngraos, Yul! Patelanan tur lintihang malu satuane apang karoan cekak lan su- lurne. Eda jeg keto saget suba di muncuk tonden ngenah bongkolne," nem- be naler I Dadab mersi- dayang masaut alon. Bang- giang kadi dibi puane, ma- balik I Dadab sane setata bangras kemanten nyautin pajar nyane I Kiul. "Keneh Dadabe apang cara ngaba lutung maki- sain. Tendasne silib, sake- wala ikutne tetep kutal-katil tinglis. Nyen tusing na- Apa sampah itu? Secara umum kita meng- enal sampah itu ada yang berujud padat, cair dan ada yang berbentuk gas. Kali ini yang ingin kita bicarakan Bali Post Edisi Pedesaan : K. Nadha : K. Nadha Perintis Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab Wakil Pemimpin Umum/Pemred/ Penanggungjawab Wakil Pemimpin Redaks Penanggungjawab Sekretaris Redakal Anggota Redakel: Djesna Winada, Surawan, B. Ashrama, Marmo Oetomo, Made Surita, Adhy Ryadi, Drs. Nym. Gde Suryawan, Drs. Made Sumendra, Gde Suyadnyana, K. Abinawa, Agus Talino, Reina Casillia Nina Kantor Redaks!: Jl. Kepundung 67 A, 80232, Telepon: 25764-25766, Fax: 27418. Teleks: 35191. Alamat Surat: P.O. BOX: 10 Denpasar 80001. Surat Ijin Usaha Penerbit Pers: Sk Menpen No. 005/SK/Menpen/SIUPP/A.7/1985 tanggal 24 Oktober 1985. Anggota SPS-SGP. Penerbit PT. Ball Post. ISSN 0852-6515. eling, napi makawinan wrayang Ida Bhatara Mahadewa pateh ring warayang Ida Bhatara Baruna. Sami mawrayang nagapa- sa utawi nagatali?", sakadi asapunika malih ipun Pan Kimun mapaengedih ring | Sangut. Drs. ABG. Satria Naradha. : Widminarko : Drs. Made Narlana "Nah..., Pan Ceblongan, Pan Kimun, eda bingung« Yan tuara saja nawang melahan mula matakon. Nanging yan kapi- telektek akebyasan, pantes mula dadi bingung, sawireh wrayang Ida B hatara Mahadewa lan Ida Bhatara Baruna patuh paturu nagapasa, buka ane kawedar di saloka Kekawin Ramayanane ane kapawos petenge jani. Lakare masih ketah Barunabratane, kabawosang pasabrata, antuk para sujana- ně. Unduke nenenan di Wedane ane pastika suba ngenah. Di Wedane, Ida Hyang Baruna kawedar mawrayang nagapasa utawi nagatali. Yen di Tattwa Dewata Nawasangane, Hyang Mahadewa, masih kawedar mawrayang nagapasa utawi na- gatali. Nanging Ida Bhatara makalihan pada malinggih ring pascima utawi kawuh," sakadi asapunika | Sangut ngawedari panyawis pitakenne Pan Ceblongan marupa sakadi kadawan -dawan. "Men yen keto orahang cai Ngut, kenken tata lungguh de- wa-dewane, yen manut Weda yan bandingang tekening Tat- twa Pangider-iderane, utawi Tattwa Dewata Nawasangane?", sakadi asapunika I Melem, malih ngaluedang mapitaken ring I Sangut. "Kene Lem, kene Lem, kene Lem, kene Lem, kene Lem.... ...yen, yen.... yen.., yen...", sakadi asapunika I Sangut masaut nungkak masemu ewer ring ipun | Melem. Enggalang lautang satuang, eda cai satata ewer, tur misi mangid makelengan, nyawis patakon kakane ane sakeng nekeng tuas", sakadi asapunika I Melem masaut nyengking. "Yen ring uttara, manut Weda, Kubera, (Kuwera), dewata- nya. Yan manut Tattwa Dewata Nawa Sanga utawi Pangider- ideran, Wisnu dewatanya. Ring Ersanya, manut Weda, Siwa, dewatanya, manut Pangider-ideran, Sambhu, (Swayambhu), dewatannya. Yan ring purwa, manut Weda, Indra, dewatanya, manut pangider-ideran, Iswara dewatanya. Yang ring geney- an, manut Weda Agni, dewatanya, manut pangider-ideran, Mahesora, dewatanya. Ring Daksina, manut Weda, Yama, dewatanya, manut Pangider-ideran, Brahma, dewatanya. Ring Neriti, manut Weda, Surya, dewatanya, manut pangider- ideran Rudra, dewatanya. Ring Pascima, manut Weda, Waru- na, (Baruna), dewatanya, manut pangider-ideran, Mahade- wa, dewatanya. Ring wayabya, manut Weda, Wayu, (Bayu), dewatanya, manut pangider-ideran, Sangkara, dewatanya. Nah ketahe, yan manut tattwa, wrayang utawi sanjatannyane, masih patuh, manut wrayang Dewata Nawa Sanga di Pangi- der-iderane", sakadi asapunika | Sangut ngawedar tata lung- guh dewa-dewane manut Weda kalih manut Tattwa Dewata Nawa Sanga. Yen kenten indike Mekele Ketut, yen Ida Bhatara Wisnu, mawrayang cakrasudarsana, Ida Bhatara Kuwera, nenten ya pateh wrayangnyane, taler marupa cakrasudarsana?", sakadi asapunika Pan Sobagan mapitaken ring | Sangut. wang? Awak Dadab meng- keb di bulihe. Kapin ja ten- dase jungklemang, masi ja ejite tetep ngenah engging. Nyen tusing nawang ento jit Dadabe?" Tan kirang pe- sautnyane I Kiul, antuk je- ngah manahnyane kawalek sakadi wawu olih I Dadab. "Man, apa ane engke- bang icang, Yul? Teras apa silibang icang? Buntut apa, jit nyen ane tunggingang icang?" sakadi anak belog pesautnyane I Dadab. "Nah, suba ja saja mirib beneh buka pamineh Dada- be, enyet kenehe mula sangkaning melah. Sake- wala, bas karoan keto lak- sanane di sisi nyapa kadi aku cara Rowana, kenke- nanga rakyate apang ngu- gu raos Dadabe? Jani, pu- lau patutne tuah anggon objek wisata, anggon to- ngos masliahan dogenan, to jeg nadak Perdane ora- hang tusing manggo. Onyangan tanah rakyate belin Dadab nagih anggon hotel. Aa yan ajinne bebe- nehan, mirib ja rakyate tu- sing lakar sanget ngreng- keng. Man, tanah suba ma- tagih dasa juta are tusing masi adepa, to Dadab teka maksa apang adep ja aji dua juta nanggu limangatus tali. Buin kudang bagi mu- dahan ajin Dadabe? Buina nyapa kadi akune gelarang Dadab: adep tusing adep, mesti adep. Yan tusing nyak keto, enjek Dadab ba- tis timpale, kone nganti ada majagur rakyate ulihan ia tusing makita ngadep ta- nahne. Lagute Dadab icena gada kapining sang nata ra- tu, to kaden musuhe gebug. ngudiang dadi mabalik pan- jake enedin? Anak buta ko- ne buin tuludang ka grem- benge, to kenkenanga tim- pale apang tusing telah lung?" "Badah, ne kayang cai ko Menyongsong Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 1990 Sampah dan Kegiatan Manusia DUA hari lagi, 5 Juni di- salah yang menyangkut es- peringati sebagai Hari Ling- tetika, kesehatan, polusi kungan Hidup. Membicara- kan Hari Lingkungan, sa- ngat erat kaitannya dengan masalah sampah dan kegiat- an- manusia. Memang masa- ·lab ini takkan ada hentinya, bahkan mungkin cenderung udara, polusi air, pengguna- an atau emanfaatan tanah dan juga menyangkut per- masalahan ekonomi. terus meningkat. Untuk pengelolaan sampah ini ba- nyak pertimbangan yang ha- rus dipikirkan, misalnya ma- masi tusing bisa memahami maksud baik aku punya ren- cana, Yul! Keneh icange anak tuah menata kembali objek wisata itu apanga da- di melah ngenah. Yan de- pang cara jani, keto tusing karoan cekakne, terus laka- ra toris-torise tusing sanget kedaut kenehne malali ke- ma. Jani, yan suba ya mela- hang, resikang amun ane patut, nah menek-menekne sing ya nyak ngangsan ngalimbakang dadinne ja- gate ditu. Artinne, panjake ja masi lakar maan pangu- pa jiwa ane madan pantes. Pamuputne, untungne masi lakar baang panjake. To ka- den lakar anggon icang pa- didi?" adalah sampah yang berben- tuk padat. Menurut pakar lingkungan Ir. Suwardjoko Warpani, sampah itu adalah sisa-sisa barang buangan bekas yang sudah tidak dipakai sebagai mana fungsinya semula. Da- ri batasan atau definisi sam- pah ini, berarti barang yang dianggap "sampah" dalam kedudukan atau fungsinya yang lain masih ada guna- nya. Contohnya; dikota-kota sering kita melihat para pe- mulung sesuatu ditempat sampah untuk mencari bahan atau barang yang kiranya dapat dimanfaatkan untuk berba- gai macam keperluan lain. Misalnya; karton bekas, ka- leng atau botol kosong dan kayu bekas bahan bangunan yang mungkin masih bisa di- pakai untuk kayu bakar. Ja- di berpegang pada pengerti- an di atas, bahwa sampah merupakan bahan-bahan padat yang berasal dari ke- "To kenkenanga lakara panjake maan bagian me- lah. Baang ko buka pitung- an lan raos Dadabe busan, panjake masi tetep lakar dadi caru. Maceleng ga- lungan kalawan celeng ku- ningan dogenan, rumasat- ne. Bas karoan, jani tanah lakar garapa, lakar anggo- na pajongkokan mani puan dogenan suba tusing ada sangkaning onyangan belin Dadab, dija ya madan su- bur lan adil makmur? Meli ka Badung? Dong joh para! Lantas, transmigrasiang? Nah, ne suba lakar dadi te- tujon Dadabe, sing keto ya? Tulia nundung timpal sa- king silib yan kenehang baan icang belog," sada awas naler ipun | Kiul nga- minehin raosnyane 1 Dadab. "Kudu-kudu maan kripis- an, paling besik dadua. Ane asangkop, akarung, to nyen nampedang, Dab?" malih I Kiul nglanturang sangka- ning I Dadab panggihin ipun sampun uyuk-uyuk. Neh, dong dayanin tusing ada pesaut. Sira pacang ngli- ngu kulkul kubu? he he he. (Nirta). giatan manusia yang di buang karena tidak diguna- kan atau tidak disenangi la- gi, kecuali tinja atau kotor- an manusia karena me- merlukan sistem pengelola an khusus dan tidak dapat dibuang bersama-sama de- ngan sampah biasa. Aktivitas manusia Setiap aktifitas atau ke- giatan manusia, tidak dapat dipisahkan dengan masalah sampah. Apalagi di Bali pa- mengorek-ngorek da saat umat Hindu melak- sanakan upacara adat, da- pat dipastikan bahwa sam- pah akan menumpuk dan bi la Bali Post mungkin bisa melebihi tingginya gunung Agung. Ini jelas merupakan permasa lahan. Masalah ini bukanlah masalah baru, mungkin jadi merupakan masalah tertua dari manusia yang kian hari kian menjadi komplek dan bertambah serius. Lepas dari kebijakan peme- "Manut ketahe dini di Bali,.... eee..., di Hastinapura keto ke, mula ja keto. Hyang Sambhu, mawrayang trisula, Siwa masih trisula wrayang idane. Hyang Iswara, mawrayang bajra, Indra masih mawrayang bajra. Brahma, mawrayang danda, (gada) Hyang Yama, masih mawrayang danda. Rudra, maw- rayang moksala, Surya, masih mawrayang moksala. Hyang Mahadewa, mawrayang nagapasa. Hyang Waruna, masih mawrayang nagapasa. Hyang Sangkara, mawryayang ang- kus, Hyang Bayu, (Wayu), masih mawrayang angkus," sakadi asapunika | Sangut nyawis pitakenne Pan Ceblongan. "Patut pisan sakadi asapunika Bapa Ketut. Nanging asapu- nika | Sangut nyawis pitakenne Pan Ceblongan. "Patut pisan sakadi asapunika Bapa Ketut. Nanging kawen- tenan sahanan wrayang utawi sanjata sakadi sane inucap, rupan ipun yan anutang ring pawayangan, arca sane mawit antuk tuntunan indik nangun pratima, tuntunan pratima lak- shanam, shilpashastra, bilih-bilih sane kawastanin The Ele- ments of Hindu Iconography wenten sane masewosan. Kadi- rasa ngaryanin bajra, (vajra) kewanten makeueh pisan sane dereng niepek, bilih-bilih kantos marupa iwang", sakadi asapu- nika | Gde Sujana Kelihan Tarunane, matutang rawosne I Sangut duke punika. "Men, men, men, kenken patutne para Sangging Ukir, Sangging Tatah, Sangging Gambar, ri tatkala ngawe rupan wrayang bajra, Gede?', sakadi asapunika I Nyoman Kelen- ceng malih ngaluedang mapitaken ring I Gede Sujana Kelihan Taruna Desa Adat Swakaryane. "Asapuniki Beli Nyoman, indayang ja Beli Nyoman mapite- lektek ring arca Iswara, saha lakshanan lan wrayangnyane. Wantah boya bajra kewanten sane karupayang, nanging ma- daging ghanta. Ghanta punika boya wrayang. Wantah maru- pa siwaupakaranan Ida Pedanda Siwa, Ida Pedanda Buddha miwah Sang Dwijati Bujangga Waisnawa. Nanging ring tutuk- nyane, wantah madaging bajra. Nanging yan wantah sane marupa wrayang, tutukne makakalih madaging bajra. Pateh sakadi bajran Ida Pedanda Buddha, sane wenten ring eteh- eteh siwaupakaranannyane," sakadi asapunika | Gde Sujana nyawis pitakennyane I Nyoman Kelenceng. "Beh wawu nanang uning mangkin ring paindikan, napi makawinan Hyang Mahadewa kalih Hyang Baruna maw- rayang nagapasa, utawi nagatali", sakadi asapunika Pan Kimun ngerawos nyewagara. "Beh yen keto unduke, tusing ya liu pesan arca Iswarane ane pelih wrayangnyane, sawireh pada umumnya menurut pengamatan lapangan saya, sebagai kuli inan rurung, banyak senjata Dewa Iswara berupa ghanta atawa keleneng, yang pada puncaknya, diisi bajra, atawa tumbak yang memuncuk tetelu, yang juga disebut trident. Atawa Orang Barat, menyebut senja- ta vajra itu sebagai the thunderbolt, yang berarti halilintar. Cocok masih konsepe dini yan anutang tekening Weda lan Purana, Indra itu adalah Dewan Hujan dan Dewan Gulem, di samping sebagai Dewa Perang", sakadi asapunika I Nyoman Kelenceng matur banggi. (Pacang Kalanturang). Ayam Buras dan Masyarakat Desa AYAM kampung yang akhir-akhir ini lebih populer dengan sebutan AYAM BU- RAS (ayam bukan ras), un- tuk membedakannya de- ngan ayam yang diternak se- cara komersial yang khusus menghasilkan daging atau telur di perusahaan peterna- kan ayam ras. Ayam buras adalah salah sa- tu jenis ternak unggas yang merupakan sumber daya alam cukup potensial. Ayam ini sebenarnya memiliki po- tensi ekonomi yang berarti dan cukup tinggi, serta da- pat dikembangkan hampir di semua daerah, merupa- kan salah satu komoditas yang mungkin dikembang kan secara massal dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya pe- ternak kecil di pedesaan. rintah dalam pengambilan sampah, kiranya patut di- pertimbangkan sistem pem- buatan akhir dari sampah itu yang memenuhi persya- ratan kesehatan. Keadaan ini masih merupakan tan- tangan besar. Memang kemajuan teknolo- gi yang begitu pesat diabad kedua puluh ini telah mem- bawa perubahan dan kese- jahteraan bagi umat manu- sia, tetapi disisi lain per- kembangan teknologi itu te- lah memperbesar masalah timbulnya sampah. Sekarang ini sampah bukan lagi merupakan masalah na- sional, tetapi sudah menjadi masalah internasional- ma- dikumpul-kumpulkan salah dunia. Tidak terkecua- li negara-negara maju. De- ngan kamajuan teknologi yang dicapai oleh negara maju, buntut-buntutnya toh mendapat protes juga dari Kelompok usaha Pencinta Lingkungan seperti Green Peace yang memergoki ne- mem- gara-negara besar buang sampah nuklir atau Ayam buras mempunyai kedudukan yang khusus ba- gi masyarakat di pedesaan, karena di samping pemeli- haraannya tidak begitu ru- mit, dapat dimanfaatkan se- tiap saat untuk berbagai ke- perluan, antara lain untuk keperluan upacara adat/ agama, untuk memenuhi ke- butuhan yang mendesak ka- mudah dijual/ diuangkan, serta untuk lauk-pauk sehari-hari dalam rena memenuhi gizi protein he- wani bagi keluarga. Dengan berkembangnya peternakan ayam ras, baik petelur maupun pedaging ternyata tidak membuat perkembangan ayam buras (ayam kampung) menjadi menurun jumlahnya. Harga daging dan telurnya tetap lebih mahal daripada ayam ras, sehingga ayam buras te- tap mendapat perhatian yang cukup besar dari ma- syarakat. Bali Post/Dok TABUNGAN KELUARGA Salah seorang peternak di desa sedang memberikan pakan tambahan kepada ayam burasnya yang selalu siap membantu kebutuhan mendesak setiap saat. KAPSUL KESEHATAN Kerjasama "Bali Post" dengan Klinik Angkasa RRI Denpasar dan Dinas Kesehatan Prop. Bali, Sub Dinas Penyuluhan Kesehatan Penyakit Diare dan Penanggulangannya WALAU telah sering di- are. Tetapi yang termudah lakukan penyuluhan, Pe- terkena diare ialah anak- nyakit Diare masih saja anak Balita, orang tua lanjut menjadi momok masyarakat usia, orang yang keadaan yang muncul dengan letup- gizinya kurang, orang yang an-letupan yang terkadang daya tahan tubuhnya lemah, membawa korban. Baru-baru sembuh dari sakit, me- baru ini letupan penyakit reka yang tinggal di daerah Diare terjadi di Bali timur. endemis dan mereka yang ti- Keadaan ini perlu diwaspa- dak memperhatikan hidup dai, karena bisa saja meluas bersih seperti kebiasaan ti- ke daerah lain atau bahkan dak cuci tangan sewaktu di lingkungan keluarga kita akan makan, berak semba- bilamana tidak memper- rangan, sediaan makanan hatikan upaya pencegahan yang tidak ditutup sehingga nya dan tidak tahu cara pe- tercemar oleh lalat dan ko- nanggulangannya. toran lainnya. Juga kebiasa- Sehubungan dengan keada- an minum air mentah atau an di atas kami telah meng- air yang belum dimasak adakan perbincangan de- akan memperbesar resiko ngan ibu Ida Ayu Artini, terkena diare. Sebab air SKM dari Dikes Prop. Bali/ yang jernih belum tentu be- Subdinas Penyuluhan Kese- bas dari bibit penyakit, ka- hatan; tentang apa itu pe- rena kuman penyakit perut nyakit Diare dan bagaimana sangat kecil dan tidak mung- upaya penanggulangannya. kin dapat dilihat dengan ma- Seperti diketahui, upaya pe- ta telanjang. nanggulangan Diare me- Tanya : rupakan program yang di- prioritaskan dari 5 program di posyandu yang diharap- kan dapat menurunkan ang. ka kematian bayi. Tanya/MB: ke- Mengapa penyakit Diare ini sampai menimbulkan matian? Jawab: Kita tahu bahwa penderi- ta Diare banyak mengeluar- kan cairan dan garam-garam tubuh melalui najis atau ko- toran dan muntahannya. Keadaan ini akan me- nyebabkan penderita itu ke- kurangan cairan dan garam- garam tubuh. Bila keadaan ini tidak segera diatasi ma- ka penderita akan dapat me- ninggal dunia. Dalam hal ini cara terbaik dalam penang- gulangannya adalah dengan rehidrasi. Seyogyanya rehi- drasi ini dikerjakan sedini mungkin, tanpa menunggu orang itu sudah kekurangan cairan dan sudah dalam keadaan serius. Tanya : Oh ya, kapan sebenarnya penderita diare itu dapat dikata- kan dalam keadaan serius? Jawab: Kalau frekuensi atau jum- lah berak dan muntah- muntahnya sudah lebih dari 5 kali sehari atau mungkin 2-3 kali saja tapi keluarnya banyak. Keadaan ini sudah boleh dikatakan serius. Da- lam hal ini pemberian LGG/ larutan garam gula, oralit atau oratrolit dan garam di- are tidak perlu menunggu sampai keadaan penderita sudah parah, sebaiknya di f Di awal pembicaraan ini ka- mi mengharap ibu dapat menje- laskan tentang apa sebenarnya penyakit Diare itu dan bagai- mana kreterianya. Artinya, apakah seseorang sekali mence- ret dalam sehari sudah dapat di- sebut menderita Diare? Jawab/Ida Ayu Artini, SKM Penyakit Diare atau Gas- troenteristis, oleh ma- syarakat awam lazim dise- but muntaber atau muntah- berak. Di Bali sendiri pe- nyakit ini sering disebut pe- nyakit muntah-mising, mun- tah-bayar atau penyakit amah leak; karena masih ada anggapan bahwa pe- nyakit ini disebabkan oleh perbuatan ilmu hitam. Sebenarnya muntah dan berak itu hanyalah merupa- kan gejala dari penyakit gastroenteristis yang berar- ti radang saluran pencerna- an. Bentuk ganas dari pe- nyakit ini adalah Kolera yang disebabkan oleh vibrio cholera.. Henrouess Lazimnya seseorang baru di- katakan menderita Diare, bilamana frekuensi berak- nya sudah lebih dari 3 kali perhari yang disertai ada- nya perubahan bentuk dan konsistensi tinjanya. Tanya : Ayam buras dapat juga digo- longkan ke dalam tipe dwi- guna, yaitu dipelihara untuk diambil daging dan telur- nya, tetapi sampai saat ini belum memberikan hasil yang memuaskan karena masih kurangnya dalam pe- menuhan kebutuhan untuk hidup dan berproduksi. Secara umum ayam buras mempunyai sifat toleran ter- hadap kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, seperti panas, lembab, ma- kanan yang kualitasnya ren- dah, penyakit dan peng- elolaan yang sangat jelek. Pemeliharaan ayam buras Kami pernah mendengar bahwa terjadinya diare bisa muncul secara akut dan kronis. Apa maksudnya? Jawab: tidak mesti memerlukan biaya besar, tetapi untuk (Bersambung ke Hal III, kol 7) Timbul secara akut mak- sudnya mendadak. Contoh- nya adalah Kholera yang di- sebabkan oleh vibrio khole- ra. Penyebab dari diare akut lainnya adalah salmonella, tidak sulit, dari segi modal shigolla, E.Coli atau virus sejenis kuman yang sangat halus. Selain itu Diare yang mendadak juga dapat dise- babkan oleh keracunan ma- kanan yang mengandung bahan kimia, keracunan ma- kanan yang sudah basi/ busuk atau berjamur dan karena alergi atau tidak tah- an terhadap jenis makanan dan obat tertentu. Sedang- kan Diare yang khronis mak- sudnya adalah menahun, di- mana penderitanya mende- rita dalam waktu yang rela- tif lama. Pada umumnya Di- are yang khronis terjadi ka- rena menderita kurang gizi, imunitas atau daya tahan tu- buh yang menurun, adanya cacing-cacing yang menghu- ni usus dan karena memang sudah mengalami peradang- an yang kronis pada saluran pencernaan. Tanya : Siapa-siapa saja orangnya yang dapat terserang Diare? Jawab: MINGGU, 3 JUNI 1990 sampah teknologi lainnya ke laut lepas sehingga men- cemari lingkungan. Sebenarnya upaya penang- gulangannya telah diikh- tiarkan, tetapi karena kom- pleknya permasalahan sam- pah ini menyebabkan setiap negara perlu memusatkan perhatiannya terhadap pe- ningkatan teknik pengelola- an sampah agar bisa efisien dan ekonomis. Penyakit ini tidak pan- dang bulu. Artinya siapa sa- ja dapat terkena penyakit muda, lelaki atau perempu- Diare, apakah dia orang tua, an dapat saja terserang di- mudah oleh kita selaku war- ga dari masyarakat. Misal- Dari tahun ke tahun telah nya; kita mulai dari ling- kungan keluarga untuk sa- dikeluarkan cukup banyak dar akan kebersihan ling- biaya untuk menanggulangi kungan seperti membuang masalah sampah, toh belum sampah pada tempatnya, ada kecenderungan masa- berperilaku sehat, dsbnya lahnya semakin menurun maka hal ini akan diikuti bahkan dapat dikatakan ter- oleh warga dilingkungan us meningkat. Masalahnya tempat tinggal kita. Jikalau memang menjadi semakin hal ini berlanjut, tidak mus- besar. Tetapi ada pepatah tahil akan meluas pada ling- lama yang perlu diingat, kungan wilayah tempat ting- bahwa kobaran api yang be- gal kita dan boleh jadi akan sar-sumbernya dari nyala bara api yang kecil. Bila ini sampah dan kebersihan se- mampu mengatasi masalah dikaitkan dengan masalah cara nasional. Ini mungkin sampah yang komplek dan dapat terwujud, bila dilu- besar, kiranya dapat diatasi buk hati manusia telah ter- dari hal-hal yang kecil yang tanam budaya hidup bersih dapat dikerjakan dengan dan sehat. (MB). berikan sedini mungkin. Tanya : Kemudian tentang cara pem- berian oralit itu, apakah sama dengan pemberian tablet atau pil yang diberikan 3 kali sehari? Jawab: Tidak mesti harus 3 kali seha- ri seperti orang minum pil. Pa- da prinsipnya oralit itu diber. ikan sebanyak penderita mau dan mampu meminumnya. Ja- di larutan ini terus diberikan se- dikit demi sedikit selama pende- rita muntah dan menceret. Tanya : Andaikan keluarga penderita tidak mempunyai persediaan oralit, bagaimana cara pem- buatan larutan Garam-Gula yang benar? Jawab: Caranya tidak begitu su- lit, yaitu : Ambil segelas air yang su dah dimasak atau air teh, ke- mudian masukkan ke da- lamnya 1 sendok teh kecil gula pasir dan seperempat sendok teh kecil atau sejum- put kecil garam dapur. Aduklah sampai garam dan gula itu larut dengan air di gelas, lalu minumkanlah ke- pada penderita sedikit demi sedikit sampai penderita ti- dak mau lagi atau sampai muntah dan beraknya ber- henti. Tanya : Mengakhiri perbincangan ini, ada lagi yang ibu ingin sam- paikan silahkan! Jawab: Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menegas- kan kembali a.l. : Berilah secepatnya la- rutan garam-gula/LGG atau oralit kepada penderita diare. Bawalah secepatnýa penderita ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh perawat- an lebih lanjut. - 1 Sebaiknya setiap ke- luarga atau rumahtangga menyediakan oralit secu- kupnya, ditaruh di tempat obat yang mudah dilihat dan diambil. Membiasakan hidup. bersih setiap hari, seperti membuang sampah pada tempatnya sehingga ling- kungan rumah tidak kotor dan tidak menjadi sarang la- lat yang merupakan sumber penyebar penyakit. (MB).. Catatan Minggu Ini Jenis Pohon Berkhasiat SEKITAR 85 jenis pohon hutan dikenal berkhasiat- sebagai bahan obat tradisional, 40 jenis di antaranya merupakan komoditi perdagangan baik di dalam mau- pun luar negeri. Menteri Kehutanan ad interim Ir. Wardoyo meng- emukakan hal itu dalam sambutan tertulisnya dibaca- kan Dirjen Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA) Ir. Soetisna Wangsaputra ketika membuka se- minar nasional pelestarian pemanfaatan tumbuhan obat yang diselenggarakan jurusan konservasi sumber- daya hutan Fakultas Kehutanan IPB di Bogor, Rabu pekan lalu. Menteri mengatakan, jenis-jenis pohon yang simpli- sianya cukup besar dimanfaatkan di dalam negeri ada- lah kedawung (parkia javanica), sintok (cinamomun sintok), pulai (alstonia scholaris), jati belanda (guazu- ma ulmifolio), ujung atap (baeckea frutescemn), maja- an (quercus lucitania), masai (crytocarya massaoy), trengguli (cassia fistula), dan nagasari (mesua ferrea). Menurut data 1983, pemakaian simplisia di dalam negeri dari jenis-jenis pohon tersebut berjumlah seki- tar 10 ton setahun, bahkan penggunaan biji parkia ja- panica pada 1984 mencapai 145 ton, katanya. Dari angka itu saja jelas bahwa pemanfaatan tum- buhan obat secara nasional akan menjadi peluang me- ningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar hutan, memperluas lapangan kerja dan mata pencaharian ser- ta meningkatkan pendapatan negara. Namun demikian bukan berarti tidak ada hambatan dalam mengerahkan pengusahaan tumbuhan obat di Indonesia, agar sesuai dengan tujuan nasional, katanya. Masalah dan hambatan yang sangat dirasakan di da- lam pembinaan antara lain belum diketahui secara lengkap kuantitas tumbuhan obat terutama yang ada di : kawasan hutan karena penelitiannya belum me- nyeluruh. Di samping itu teknik pemungutan yang tra- disional dan musiman masih belum memperhatikan efisiensi dan kelestarian sumber dan bahkan menurun- kan potensi sumber. Selain itu juga gairah masyarakat dalam membudi- dayakan tumbuhan obat masih rendah karena di sam- ping budidayanya belum lengkap, pemasaran hasilnya pun belum mantap, katanya. Di kawasan Asia Tenggara terdapat sekitar 6.500 je- nis tumbuhan di antaranya lebih dari 1.000 jenis yang bermanfaat sebagai obat, sebagian besar merupakan tumbuhan liar di hutan, tambahnya. Pembantu Rektor I IPB Prof. Dr. Ir. Sadan Widarmana mewakili rektor IPB mengatakan, pada saat ini beberapa jenis tumbuh- an obat sudah mulai langka dan terancam kepunahan seperti pasak bumi, tambat bairo dan rafflesia sp yang telah masuk dalam daftar tumbuhan rawan "cites" di samping itu ada kemungkinan beberapa jenis yang su- dah punah sebelum diketahui manfaat/kegunaannya lebih lanjut. Kegiatan eksploatasi hutan, konservasi hutan dan pemanfaatan lahan hutan oleh masyarakat dan keper- luan pembangunan serta pengambilan tumbuhan yang tidak memikirkan aspek kelestarian dapat dipandang sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kelestarian populasi tumbuhan obat di habitat alamnya. MINGGU, 3 JU Koperas Memacu KOPERASI pe ri (KPN) "Bina Kanwil Depdikb nurut program memantapkan pendidikan da pengembangan m serta program se Kasubag pene da Kanwil Depd Drs. Simon Riw rinci program ke guna pemantap bagian dalam tu asi. Hasil rapat hunan (RAT) 19 langsung baru-b kat menerima re 1990, sisa hasil 1989 menjadi s karela dan sel rimaan modal t Simpanan wa naikkan menja tiap orang per nyetujui pinj Bank Bukopin pang Rp 20 ju langkah juga atas kesepakat Menurutnya, SI unit utar 10.295.996,50. Budidaya - Orthene 75 Sp Mostathion 40 0,5%). Sedangkan je nyakit yang nyerang melon 1. Penyakit L Daun dan caba yang terserang daun menguni rut dan akhirn mati. Untuk m bisa dilakukan nyemprotan ins vin, Malathion non. Untuk tar terserang, seg nahkan. 2. Jamur Bub Menyerang bagian lain. Pem ngan Benlate (C 3. Penyakit V Menyebabkan an tanaman te naman layu dan ring/pucat. Tam ne, Mostalhion. obat-obatan ya gunakan. Tanar lanjur terserang dimusnahkan. 4. Penyakit B Tahun (Sam manbali memar pula menunjuk yang menonjol kat kabupaten pinsi. Tamanbali cu dalam berbag ngunan maup bangan prog sosial seperti K serta LPD. Ba KUD, 76 perser merupakan wa manbali. Lomb ini juga dirar PKK, kejar pak darkum. Turut Drs Ladip,SH se bina lainnya. (C Penyakit- Cara Penula Penyakit in larkan melal ngan ayam ya ta penyakit telur. Penul: kotoran ayam num adalah sering terjac Pencegahan Pencegaha dilakukan ningkatkan kanan sehir tubuh hewan bih baik sel tahan terhad penyakit ini. nyebab peny KAMERAW. Ir. I Kt. Wid PELAKU : 1. Drh. Nyc 2. I Made 3. Komang 4. G.A. Ast 5. Ngurah 6. Sri Utam 7. Gst. Md. 8. Ir. I Md. 9. Ir. Edhi 10. Wayan 11. Gde Wa 12. Wayan 13. Naryo S 14. Wayan 15. Engkus. Bag. Color Rendition Chart