Arsip
Halaman Artikel
Creative Commons License

Jika anda mendapati gambar tidak sesuai dengan spesifikasi data (salah tanggal dan atau salah penomoran halaman), posisi gambar landscape, satu gambar terdapat dua halaman, kualitas gambar kabur, anda bisa melaporkan data tersebut agar segera diperbaiki dengan menekan tombol laporkan.

Kata Kunci Pencarian:

Nama: Republika
Tipe: Koran
Tanggal: 2017-03-05
Halaman: 16

Konten


16 TEMA UTAMA REPUBLIKA AHAD, 5 MARET 2017 @ Kolonialisme Inggris dan Munculnya Pemikir Muslim ● Oleh Marniati Sumbangsih Islam di India mencakup berbagai aspek termasuk arsitektur. S emasa penjajahan Inggris atas India sejak 1757 M, mes- kipun kebijakan resmi pen- jajah Inggris adalah netral terhadap agama, namun be- berapa kebijakan yang di- keluarkan menyebabkan munculnya in- terpretasi yang membingungkan terhadap prinsip netralitias tersebut. Abdullahi Ahmed an- Na'im dalam Oleh Marniati rsitektur India mulai mengalami pe- rubahan bentuk dengan munculnya pe- akhir abad ke-12. Arsitektur India diperke- nalkan dengan elemen baru yang meliputi penggunaan bentuk, seni inskripsi menggu- nakan huruf dekoratif atau kaligrafi, penggu- naan marmer berwarna, dicat plester dan ubin berwarna cerah mengilap. Masjid Quwwat-ul-Islam dibangun pada 1193 merupakan masjid pertama yang diban- gun di anak benua India. Masjid ini kini ter- catat sebagai situs warisan dunia UNESCO di Delhi.Arsitektur Islam di India dibagi menjadi dua bagian, yakni agama dan sekuler. Masjid dan makam mewakili arsitektur religius, se mentara istana dan benteng adalah contoh dari arsitektur Islam sekuler. Islam dan Negara Sekuler menjelaskan, contoh interpretasi yang membingungkan dan memiliki konsekuensi jangka panjang adalah konstruksi kolonial mengenai terpisahnya hukum perdata bagi rakyat India karena hukum ini didefinisikan dalam terma-terma agama. Benteng memiliki kegunaan yang fung- sional. Beberapa dilengkapi degan bangunan kecil di dalamnya. Ada juga benteng yang di- gunakan untuk mengusir musuh. Di antara bangunan-bangunan megah sumbangan mahakarya peradaban Islam itu adalah sebagai berikut : Pemerintah kolonial Inggris, memulai kodifikasi hukum Hindu dan Islam pada 1772 dan terus melakukan hal tersebut hingga satu abad kemudian. Kodifikasi sistem hukum tradisional yang kompleks dan interdependen ini misalnya mem- bekukan beberapa aspek menyangkut status perempuan, di luar konteks relasi sosial dan ekonomi yang terus berkem- bang, dan pada akhirnya membatasi hak- hak perempuan. Sumbangan Arsitektur Islam untuk India Lebih dari 8.000 pekerja dipekerjakan untuk membangun masjid. Muhammad Quli Qutb Shah pribadi meletakkan batu fondasi. Konstruksi masjid kemudian diselesaikan oleh kaisar Mughal Aurangzeb setelah menaklukkan Hyderabad. Penguasa kolonial Inggris telah menyederhanakan perkembangan dinamis Taj Mahal Taj Mahal dibangun atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan. Kaisar Mughal memerin- tah pada 1628-1658. Dan merupakan kaisar yang kaya pada masa kejayaannya. Taj Mahal dibangun di Agra, India. Kaisar Mughal membangun Taj Mahal sebagai se- buah musoleum (monumen makam) untuk istrinya yang berasal dari Persia, yaitu Arju- mand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. Taj Mahal ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1983 untuk menjadi permata seni Muslim di India dan salah satu karya yang dikagumi dunia. sistem sosial, keagamaan dan etik yang dibangun berabad-abad lamanya agar bisa cocok dengan pemahaman mereka yang bias Eropa tentang hukum Hindu dan Islam. Masjid Makkah Masjid Makkah adalah salah satu masjid tertua di Hyderabad. Masjid Makkah juga merupakan masjid terbesar di India. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qutb Shahi. Muhammad Quli Qutb Shah, penguasa kelima dari Dinasti Qutb Shahi, meminta agar batu bata untuk masjid dibuat dari tanah yang dibawa dari Makkah. Untuk itu, masjid ini diberi nama Masjid Makkah. Pada masa kolonial ini juga, skala dan frekuensi kekerasan antara umat Hindu dan Islam meningkat tajam. Pada saat yang sama, posisi kalangan ortodoks dipersulit oleh adanya debat teologis. Akibat penjajahan Inggris yang me- nyebabkan umat Islam terzalimi, maka di zaman kekuasaan Inggris, muncul se- jumlah pemikir Muslim yang memper- juangkan kemajuan umat Islam melalui pemurnian, pembaruan pemikiran dan berbagai gagasan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Sejumlah pemikir Islam semisal Syah Waliyullah, Sayid Ahmad Khan, Sayid Amir Ali, Muhammad Iqbal, dan Moham- mad Ali serta Abdul Kalam Azad. Sejak India memperoleh kemerdekaan pada 15 Agustus 1947, India menjadi negara republik. Konstitusi India menjamin hak-hak dasar warga negaranya. Sejak itu umat Islam yang minoritas di India tetap memperoleh kebebasan dalam pengem- Gol Gumbaz Gol Gumbaz adalah makam Muhammad Adil Shah, Sultan Bijapur. Makam, terletak di Bijapur, Karnataka di India. Pembangunan se- lesai pada 1656 oleh arsitek Yaqut dari Dabul. Nama Gol Gumbaz berasal dari gol gombadh yang berarti kubah melingkar. Gol Gumbaz dibangun sesuai dengan arsitektur Deccan. Benteng Lahore (Lahore Fort) yang ter- letak di Punjab, Pakistan, termasuk salah satu mahakarya arsitektur Dinasti Mughal. Bangu- nan kuno yang didirikan semasa pemerinta- han Sultan Akbar ini memiliki panjang 426,7 meter dan lebar 340 meter. Beberapa situs terkenal yang berada di dalam kompleks benteng ini, antara lain Sheesh Mahal, Gerbang Alamgiri, Paviliun Naulakha, dan Masjid Moti. Benteng Lahore ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1981. ed: nashih nashrullah Islam Digest Foto-Foto Mahesh Kumar A/AP bangannya dan hidup berdampingan dengan agama lain. Umat Islam di India menyebar di ne- gara-negara bagian Uttar Pradesh, Be- ngali Barat, Bihar, Kerala, Assam, Andra Pradesh, Maharashtra, Kashmir, Tamil Nadu, Gujarat, Karnataka, dan Madya Pradesh. Kebanyakan Muslim India adalah petani. Di Uttar Pradesh dan Madya Pra- desh mereka umumnya menjadi perajin dan pekerja. Di banyak kota negara bagian Uttar Pradesh kaum Muslimin memegang jalur perdagangan kain tenun. Profesi pedagang juga menjadi tradisi bagi Muslim yang tinggal di Gujarat dan Maharashtra. Berbincang terkait sistem pendidikan di India, sistem yang dikembangkan di India begitu modern, yakni kurikulum Davis-inizami. Sistem pendidikan ini sudah dirintis sejak pertengahan abad ke- 17. Urangzeb (Alamgir I), kaisar Mogul keenam berupaya menemukan sintesis terbaik antara sufisme India dan ajaran para ulama Islam. Pada 1683 berdiri madrasah di Luck- now di bawah bimbingan Maulana Niz- amudin dan Maulana Muhammad Sahala- wi. Sepanjang waktu para santri belajar, bukan hanya fikih tetapi juga nahu dan saraf, filsafat, matematika, tafsir, hadis serta prinsip-prinsip dan sejarah sufisme. Hingga kini silabus Davis-inizami masih diterapkan di banyak sekolah India dan Pakistan. Mutu pendidikan yang di- kembangkan oleh Muslim di India diakui. Madrasah Deoband yang berdiri pada 1867, umpamanya, memiliki reputasi in- ternasional. Mahasiswa berdatangan dari berbagai penjuru dunia ke kota Deoband. Kurang dari satu dekade kemudian, Sayid Ahmad Khan mendirikan Moham- medan Anglo-Oriental College (MAOC) di Aligarh yang berkembang menjadi Moeslem Uniersity of Aligarh. Pada abad ke 20 perkembangan lembaga-lembaga pendidikan ini semakin pesat. Perkembangan lembaga pendidikan dapat dilihat misalnya ketika Muslem University of Aligarh mendirikan pusat riset tentang agama Islam dan sejarah negara-negara Asia Barat. Lembaga ini menerbitkan majalah dalam bahasa urdu dan buletin dalam bahasa Inggris. Di samping itu terdapat Universitas Osmania di Hyderabad, Jamia Millia Is- lamia di Delhi, Universitas Delhi, Uni- versitas Madras dan Bombay. Lembaga riset tingkat doktoral terdapat di Patna, darul Ulum di Deoband, Nahwatul Musannafeen di Delhi dan lembaga riset Islam di Bombay. Prestasinya dalam bidang pendidikan memberikan arti bagi pengembangan Islam secara keseluruhan hingga saat ini. ■ed: nashih nashrullah Islam Digëst Color Rendition Chart Ustaz Yusman D Rumah Berday Mualaf dan Ma ipun Indonesia merupaka negara dengan populasi Musi terbesar sedunia, persebaran umat Islam tidak begitu mera Penyebabnya antara lain bentuk geograf negara ini yang berupa kepulauan terbes di dunia. Di beberapa daerah, kaum Mus justru menjadi minoritas. Mereka pun ce derung memperoleh perlakuan berbeda dibandingkan daerah-daerah mayoritas Muslim. Belum lagi dengan persoalan-p soalan seputar kehidupan para mualaf d daerah kantong minoritas Muslim. Salah satu lembaga yang berfokus pe berdayaan umat Islam di kawasan terper adalah Rumah Infaq. Didirikan pada 2014 lalu, yayasan tersebut terus berupaya me guatkan komunitas-komunitas Muslim d pelosok Indonesia. Rumah Infaq berfung sebagai sebuah lembaga penghimpun da penyalur ZIS (zakat, infaq, sedekah) dan wakaf untuk kaum Muslim pada umumny "Kami berfokus pada tiga hal, program pembangunan seribu masjid se-Indonesi program beasiswa bagi yatim, Mualaf, dhuafa, dan program pemberdayaan ekonomi Mualaf dan dhuafa," kata direkta sekaligus pendiri Yayasan Rumah Infaq Ustaz Yusman Dawolo. Apa saja yang telah dan akan dilakuka lembaga nirlaba ini untuk penguatan mi- noritas Muslim di daerah-daerah? Beriku petikan wawancara wartawan Republika, Hasanul Rizqa dengan pria lulusan Sekol Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad N sir itu beberapa waktu lalu: Menurut Anda, mengapa para m pelosok negeri perlu mendapatkan tian lebih dari gerakan-gerakan LAZ Pertama, mereka para mualaf in hak di dalam menerima zakat. Dala asnaf begitu. Kemudian, perhatian Muslim terhadap para mualaf in ditingkatkan terus karena ban antara mereka yang aksesnya jau pusat dan lain sebagainya. Harapannya, kondisi merek peningkatan dari mereka sebelum Islam dibandingkan setelah masuk Jangan sampai kehidupannya masi saja, misalnya mereka terbelakang, miskin, anak-anaknya bahkan sam bersekolah, dan sebagainya. Kita inilah (lembaga-lembaga yang coba membangkitkan daya ke an mereka. Caranya dengan mengajak Muslim semua memberi perhatian lebih lagi kepada saudara-saudara daerah-daerah, terutama para mual. Bagaimana latar belakang ber lembaga yang Anda pimpin ini? Awalnya, dari keprihatinan bersan 4cm