Tipe: Koran
Tanggal: 2017-03-05
Halaman: 23
Konten
g di- juan juga pela- akan iper- khu- imah pkan pihak. yang njadi 0-an. an yang m dan Barat lah 3, wa. air, 69,9 -sen) pas a kan asi gan r- Islam Digest Munculnya Is- lamisme memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat Aljazair. Salah satunya jumlah perempuan Aljazair yang mengenakan jilbab menjadi lebih banyak. dalam kehidupan sosial dan budaya Aljazair Meskipun keberadaan Militan Islam sempat ditekan, keberadaan mereka muncul kembali pada 1970-an dengan namà dan organisasi baru. Gerakan ini mulai menyebar ke kampus-kampus pada 1980- an. Gerakan menjadi lebih kuat dan bentrokan berdarah terjadi di Universitas Ben Aknoun pada November 1982. Afrika Utara Islamisme Munculnya Islamisme memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat Alja- zair. Salah satunya jumlah perempuan Aljazair yang mengenakan jilbab menjadi lebih banyak. Sebagian mereka memutuskan menge- nakan jilbab karena pemahaman agama. Dan, sebagian lainnya mengenakan jilbab sebagai bentuk perlindungan diri dari tin- dakan pelecehan di tempat-tempat umum. Seperti jalanan, universitas, tempat ker- ja atau lainnya. Islam juga mencegah ber- lakunya hukum keluarga yang lebih liberal meskipun mendapat tekanan dari kelompok feminis dan asosiasi.ed: nashih nashrullah trenin prayertimesnyc.com ri Perbankan Syariah Islam di wilayah ini pada masa khalifah Umar bin Khattab dan dilanjutkan oleh Utsman bin Affan. Kejayaan Islam di Afrika Utara berlangsung pada masa Dinasti Umayyah. Pada awal abad ke-8 sebagian besar suku Berber memutuskan memeluk Islam. Namun, penyebaran Islam di kalangan Berber tidaklah mudah karena banyak peperangan antara kaum Arab dan Berber ed: nashih nashrullah bekerja di 260 cabang dengan produk dan layanan yang beragam. Nantinya, perbankan syariah akan fokus pada industri, konstruksi, dan pertanian. Selain itu, sistem perbankan syariah juga akan memberikan pinjaman bagi Muslim yang ingin melakukan perjalanan ibadah haji. Selain akan mengembangkan industri perbankan syariah, saat ini perusahaan Rusia juga sedang mengembangkan produk halal dengan investasi yang diperkirakan sebesar 100 juta dolar AS. marniati ed: nashih nashrullah Islam Digest W Oleh Marniati Syekh Muhammad Mustafa Al-Maraghi Pakar Tafsir Pembaru Mesir Al-Maraghi tumbuh dan berkembang di lingkungan yang religius. Gomhuriaonline.com a adalah pembaru dan so- sok yang pernah menjabat sebagai rektor Universitas al-Azhar, Mesir. Ia aktif mendorong reformasi hu- kum dan sosial serta pen- didikan. Ia selalu menyerukan re- formasi kurikulum dan transfor- masi ilmu modern di perguruan tinggi Islam tertua itu. Reformasi dalam bidang baha- sa Arab dan ilmu-ilmu syariah ia lakukan melalui pendekatan baru, yakni pembelajaran Alquran dan hadis. Ia juga mendorong ijtihad tanpa taklid dan menjauh dari dusta dan bid'ah dalam pembela- NEXT MUJADID Oleh Marniati T okoh kelahiran Karachi, 25 Desember 1876 ini meru- pakan tokoh penting dalam berdirinya negara Islam, Pakistan. Tak heran, gelar Qayid-i-Azam (Pe- mimpin Besar) dan Baba-i-Qaum (Bapak Bangsa), melekat pada sosok yang berprofesi sebagai pengacara, politisi, dan gubernur jenderal perta- ma Pakistan tersebut. Peran menonjol Jinnah di politik terlihat dalam Kongres Nasional India dalam dua dekade pertama abad ke-20. Pada masa awal karier politiknya, Jinnah menganjurkan persatuan Hindu-Muslim sehingga tercetuslah Perjanjian Lucknow 1916. jaran fikih. Ia juga menekankan ijtihad dan menghindari sikap obsesif terhadap mazhab tertentu. Awal karier sosok yang lulus dari dua kampus ternama di Mesir, yaitu al-Azhar dan Dar al-Ulum, itu dimulai sejak keberhasilannya meraih gelar sarjana. Ia mengajar di beberapa sekolah, yakni di Alexandria, Asyut, Zagazig, dan iro. Kemudian, ia diangkat se- bagai direktur dan juga dosen di lembaga pelatihan guru di Fayum. Jinnah menjadi pemimpin kunci dalam All India Home Rule League. la mengusulkan rencana reformasi konstitusi untuk melindungi hak-hak politik umat Islam. Syekh al-Maraghi sempat be- kerja di Sudan, tepatnya di Kota Khartoum. Pada 1916, ia menjadi dosen utusan al-Azhar. Ia menga- jar ilmu-ilmu syariah dan bahasa Arab di Fakultas Ghirdun, Khar- toum, Sudan. Kemudian, ia kem- bali ke Kairo mengabdi sebagai dosen di al-Azhar dan Darul 'Ulum pada Maret 1943. Saat menjadi dosen di al- Azhar, Syekh al-Maraghi langsung terlibat dalam kegiatan reformasi pendidikan kampus tersebut. Saat itu, saudaranya, Syekh Muham- mad Mustafa, menjabat sebagai rektor Universitas al-Azhar. Selama periode ini, ia diangkat sebagai kepala Departemen Balag- hah di Dar al-'Ulum. Pada saat yang sama, ia juga mengajar ilmu balaghah dan sejarah kebudayaan Islam di Fakultas Adab Universi- tas al-Azhar. Selain dari itu, ia juga menga- jar pada perguruan Ma'had Tarbi- yah Mu'allimat dan dipercaya me- mimpin Madrasah Utsman Basya di Kairo, sampai ia mendapat pia- gam tanda penghargaan dari Raja Mesir Faruq atas jasa-jasanya ter- sebut pada 1361 H. MUHAMMAD ALI JINNAH Sang Pendiri Pakistan Di sela-sela kesibukannya se- bagai akedemisi, Syekh al-Ma- raghi juga aktif menulis. Buah pe- mikirannya multidisiplin ilmu, Pada 1940, Jinnah percaya bahwa Muslim India harus memiliki negara mereka sendiri. Pada tahun itu, Liga Muslim, yang dipimpin oleh Jinnah, me- lakukan Resolusi Lahore yang menuntut pemisahan جامعة الازهـر Pinterest.com mulai dari fikih hingga bahasa. Di antara karyanya, yaitu al-Hisbat fi al-Islam, al-Wajiz fi Ushul al-Fiqh, Ulum al-Balaghah, Muqaddimat at-Tafsir, Buhuts wa A-ra' fi Funun al-Balaghah, dan ad-Diyanat wa al-Akhlaq. Namun, karya agung dan pa- ling tersohor dari sosok yang per- nah belajar ke Syekh Muhammad Abduh itu adalah Tafsir al-Mara- ghi, sebuah tafsir Alquran kontem- porer yang cukup melegenda. Tafsir al-Maraghi ditulis sela- ma kurang lebih 10 tahun, dari 1940-1950 M dan dicetak untuk pertama kalinya pada awal 1365 H yang terdiri atas 30 Juz. Saat ini, Tafsir al-Maraghi terdiri atas 30 jilid. Setiap jilid berisi penafsiran Than afsir al-Maraghi membahas banyak persoalan kekinian menyangkut aspek keyaki- nan, politik, ekonomi, sosial, dan antropologi. Al-Maraghi juga me- nekankan konsep pembangunan kemanusiaan. Tujuan Utama Pembangunan Sumber Daya Manusia Oleh Marniati la menekankan dari perspek- tif spiritual bahwa tujuan utama pembangunan sumber daya ma- nusia sejalan dengan tujuan men- ciptakan manusia, yaitu meng- hasilkan orang saleh dan sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, manusia juga harus memiliki peran mengelola hal du- niawi, mengembangkan alam se- bangsa bagi umat Hindu dan Islam. Pada akhirnya, Kongres dan Liga Muslim tidak bisa mencapai formula pembagian kekuasaan untuk bersatu de- ngan India. Pihak yang terlibat dalam kongres akhirnya setuju memisahkan diri dari India yang mayoritas Hindu. Dan untuk negara mayoritas Mus- lim, disebut Pakistan. Latar belakang intelektual Jinnah terbentuk sejak kecil. Jinnah berasal dari keluaraga saudagar. Ayahnya adalah seorang pedagang asal Gu- jarat. Jinnah menghabiskan masa kecilnya di Bombay. la sempat bersekolah di sekolah dasar Gokal Das Tej, Katedral dan Sekolah John Connon.. Di Karachi, ia melanjutkan sekolah di Madrasah al-Islam dan Christian Missionary So- ciety High School. Pada usia 16 tahun, Jinnah melan- jutkan pendidikannya di London. Bagaimanakah kisah perjalanan hidup Jinnah? Simak dalam rubrik "Mujaddid" pekan depan. edi nashih nashrullah satu juz Alquran. Tafsir al-Maraghi sangat dipe- ngaruhi corak penafsiran kontem- porer, terutama Tafsir al-Manar. Hal ini wajar karena kedua penulis tafsir tersebut, Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha, adalah guru yang paling banyak memberikan bimbingan kepada al-Maraghi da- lam bidang tafsir. REPUBLIKA AHAD, 5 MARET 2017 Dengan menggunakan metode tahlili dan komparati, tafsir ini melakukan pendekatan interpre- tasi ayat-ayat Alquran dengan ma- salah sosio-budaya dalam masya- rakat (adab wa al-Ijtima'i). Religius Al-Maraghi tumbuh dan ber- kembang di lingkungan yang reli- mesta berdasarkan syariah, dan memimpin keluarga serta ma- syarakat menuju jalan yang diber- kati Allah. Menurut al-Maraghi, elemen dasar dalam pengembangan sum- ber daya manusia adalah iman ter- hadap tauhid uluhiyyah dan tauhid rububiyyah yang harus dilakukan dengan pemahaman yang benar dan dilakukan setiap saat dalam menjalani kehidupan. Syekh al-Maraghi meninggal pada 9 juli 1952 M/1371H di tem- pat kediamannya di Hilwan. la dimakamkan di permakaman keluarganya di Hilwan, kira-kira 25 km di sebelah selatan Kota Kairo.ed: nashih nashrullah, KOMPOSISI BAHAN ALAMI : Gula Aren, Habbatussauda, Kapulaga, Kayu Manis, dan rempah lainnya SURYANTO, 42 Tahun MUJADID gius. Ayahnya adalah syekh jebol- an al-Azhar dan menjadi hakim di pengadilan agama, Gentong Mas MINUMAN GULA AREN RASA REMPAH "MANIS INI YANG TERBAIK" Al-Maraghi memulai pendi- dikan di sebuah sekolah di desanya. Ia hafal Alquran pada usia 10 ta- hun. Ayahnya kemudian mengirim al-Maraghi ke seorang syekh di desa tetangga untuk belajar tilawah. Tak lama setelah itu, ia dikirim ke Kairo belajar di al-Azhar. Ia juga mengikuti kuliah di Univer- sitas Dar al-'Ulum Kairo. Dengan kesibukannya di dua perguruan tinggi itu, al-Maraghi dapat dise- but sebagai orang yang ulet sebab kedua pendidikannya berhasil di- selesaikan pada saat yang sama, yaitu pada 1909 M. Di kedua perguruan tinggi ter- sebut, al-Maraghi mendapatkan bimbingan langsung dari tokoh- tokoh ternama dan ahli dalam bi- dangnya masing-masing, seperti Syekh Muhammad Abduh, Syekh Muhammad Bukhait al-Muthi'i, dan Ahmad Rifa'i al-Fayumi. 23 Merekalah, antara lain, yang menjadi pembentuk intelektualitas al-Maraghi sehingga ia tumbuh se- bagai intelektual Muslim yang pakar di berbagai disiplin ilmu agama. Kendati demikian, al-Maraghi merasa tidak puas dengan metode pendidikan al-Azhar. Ia merasa metode tersebut menyebabkan sis- wa tidak terlalu memahami apa yang mereka pelajari dan menjadi tidak independen. Akhirnya, ia membentuk se- buah kelompok belajar secara mandiri. Al-Maraghi dan teman- temannya merasa metode belajar yang mereka lakukan menambah pengetahuan dan memperkuat pemahaman atas apa yang dipela- jari. ed: nashih nashrullah may c Reuters MAAG KRONIS membaik dengan GENTONG MAS "Yang Saya lakukan adalah dengan mengonsumsi minuman GENTONG MAS selama 3 minggu secara rutin, membuat kondisi maag kronis yang saya derita berangsur-angsur membaik. Terasa sekali manfaat dari GENTONG MAS Sifat kimia dari kayu manis ialah hangat, pedas, wangi, dan sedikit manis. Sementara itu, kandungan kimianya antara lain minyak atsiri, safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksanat, dan zat penyamak. Manfaat dari kayu manis adalah Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, Untuk asam urat, Untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin, Untuk obat maag, Untuk mengobati diare TERSEDIA DI APOTEK GM Jabodetabek 0878 8363 5398, Jakarta Pusat (0812 9880 2018), Jakarta Timur (0812 834 9405), Jakarta Selatan (0851 0033 8493), Jakarta Barat (0896 3032 5587), Jakarta Utara (0878 8426 1146), Bekasi (0813 1530 8784), Depok (0813 8117 2080), Bogor (0813 149 777 32) Color Rendition Chart 4cm
