Tipe: Koran
Tanggal: 2017-03-03
Halaman: 20
Konten
20 Otomotif IIMS 2017 Terinspirasi dari Pameran Otomotif Las Vegas ROSSI HANDAYANI onsep 'Carnival' yang akan diusung dalam perhelatan Show (IIMS) 2017 terinspirasi dari berbagai gelaran-gelaran otomotif internasional. Konsep ini nantinya akan menghadirkan nuansa, seperti yang terdapat di Las Vegas, Amerika Serikat dan Paris, Prancis. "Kami terinspirasi dari penye- lenggaraan pameran otomotif di Las Vegas, Detroit, Melbourne, Tokyo, Los Angeles, dan Bangkok yang pernah kami kunjungi dan pelajari untuk memastikan konsep Carnival berada pada level berbeda dari sekadar sebuah pasar malam," ujar Hendra Noor Saleh, direktur PT Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS. Kemeriahan karnaval ala IIMS 2017 ini juga akan dipadukan dengan keseruan kompetisi yang dihadirkan melalui kompetisi gymkhana, dan kejurnas drifting bertajuk Pertamax Motorsport IIMS Super Drift. Selain itu, masih ada acara Ngumpul Bareng Retro Klasik, Extreme Modification Show, AutoBild Test Drive, dan Motorplus Test Ride. ROSSI HANDAYANI "Kami ingin menjadikan mereka yang berkunjung ke IIMS merasakan kegembiraan, seperti saat mereka datang ke tempat-tempat themepark, seperti Disneyland atau sejenisnya, tetapi tentu saja kental dalam nuansa otomotif," ujar Hendra. Untuk menyuguhkan kegem- HPM mampu memberikan inovasi dan teknologi teranyar di pasar otomotif dalam negeri. New Honda MOBILIORE P roduksi hingga satu juta unit ken- daraan bukanlah hal mudah bagi sebuah agen pemegang merek (AP- M) di Tanah Air. Karena, selain tantangan dan persaingan yang cu- kup berat untuk memasarkannya, juga perlu kesabaran dalam memelihara loyalitas kon- sumen. Namun, bagi PT Honda Prospect Motor (HPM), meski berat, produksi satu juta unit itu sudah mereka raih. Prestasi pencapaian pen- jualan itu mereka ungkapkan di kawasan Pabrik mobil Honda di Karawang, Jawa Barat. EDWIN DWI PUTRANTO/REPUBLIKA D NISSAN GT ACADEMY biraan dan kemewahaan itu, Dyandra Promosindo telah merencanakan be- berapa program menarik ala karna- val yang dapat merayu pengunjung. Sebuah koridor dengan tema 'Old Town' akan dibangun di area pusat outdoor yang berlokasi dekat pintu masuk utama pameran. Koridor be- sar ini akan menjadi pusat kemeriah- an 'Carnival' yang memungkinkan MOBIL HONDA Tembus Satu Juta Unit ON Executive Vice President, Executive Officer and Representative Director; Risk Management Officer; Corporate Brand Officer Honda Motor Co, Seiji Kuraishi mengatakan, sebagai negara dengan pangsa pasar tertinggi dan penjualan tertinggi keempat untuk Honda di seluruh dunia, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting yang mempunyai potensi besar saat ini. "Perluasan bisnis Honda di Indonesia meru- pakan perwujudan komitmen kami untuk me- menuhi permintaan konsumen, sekaligus me- maksimalkan potensi sumber daya lokal. Hal ini sesuai dengan arahan Honda untuk menjadi perusahaan yang keberadaanya selalu diinginkan oleh masyarakat lokal," kata Seiji Kuraishi. S.VM 4201 Awalnya, HPM memulai produksi perdana di pabrik Karawang pada Februari 2003. Pabrik pertama memiliki kapasitas produksi 50 ribu unit per tahun dengan nilai investasi saat itu Rp 700 miliar. Pada tahun-tahun berikutnya, pe- rusahaan ini menggenjot investasi melalui penambahan fasilitas guna meningkatkan ka- pasitas serta penambahan model yang dipro- RIZKYAN ADIYUDHA parade mobil dilakukan di sana. Pesta IIMS 2017 akan digelar mulai 27 April hingga 7 Mei 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Per- helatan tahun ini tetap akan meng- gunakan tema besar The Essence of Motor Show, tetapi dengan sentuhan 'Carnival' yang menjanjikan hadirnya kemeriahan, kegembiraan, dan semangat yang berbeda bagi para peserta, serta pengunjung. Dengan semangat dan konsep baru IIMS 2017 tersebut, penyeleng- gara yakin bahwa pengunjung pe- meran tahun ini akan melebihi tahun- tahun sebelumnya, yakni sebanyak 450 ribu orang. IIMS 2015 mampu menyedot 359.374 pengunjung, de- ngan total transaksi mencapai Rp 1,636 triliun. Angka transaksi ini, an- tara lain diperoleh berkat penjualan 4.894 unit kendaraan sepanjang pameran. Sementara, pada IIMS 2016 sanggup menarik 454.178 pe- ngunjung, dan mencatatkan transaksi hingga Rp 3,064 triliun, dengan pen- jualan 11.275 unit kendaraan bermo- tor. "Pencapaian dalam dua tahun duksi. Pada 2012, menurut Seiji, HPM memulai pendirian pabrik kedua dengan investasi Rp 3,1 triliun. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga maksimal 200 ribu unit per tahun. orsche memperkenalkan dua mobil terbarunya ke pasar nasional, yaitu 718 Cayman dan The New Pana- mera. "Kedua mobil ini su- dah masuk ke pasar In- donesia dan bisa dipe- san sekarang juga," kata Managing Director Pors- che Indonesia, Christoph Choi di Jakarta. AGUNG SUPRIYANTO/REPUBLIKA Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan me- ngatakan, di tengah melambatnya industri oto- motif akibat kurang baiknya ekonomi nasional dan global, Honda bisa menunjukkan eksis- tensinya di Indonesia. "Honda mampu men- jadikan Indonesia basis produksi, secara inves- tasi kembangkan dua pabrik, kapasitas 200 ribu produksi dan mengeluarkan enam model mobil baru," ujarnya. Christoph Choi me- ngaku gembira dapat memperkenalkan dua model mobil baru terse- but. Dia mengatakan, kedua model ini menun- jukkan nilai inti Porsche, tradisi dan inovasi, perfor- ma dan penggunaan sehari-hari. Menurut Putu, tidak mudah mencapai ang- ka satu juta produksi selama kurun waktu 14 tahun di Indonesia. Tapi, Honda mampu mem- berikan inovasi dan teknologi teranyar di pasar otomotif dalam negeri. Saat pabrik HPM mulai beroperasi pada 2003, penjualan Honda di Indonesia saat itu tercatat sebanyak 21.650 unit. Sedangkan, pada REPUBLIKA JUMAT, 3 MARET 2017 terakhir penyelenggaraan IIMS se- bagai The Essence of Motor Show membuktikan bahwa pameran oto- motif tak cuma ajang pamer produk mobil dan motor, tetapi juga terma- suk berbagai unsur pendukung yang memiliki esensi utama budaya oto- motif," ujar Hendra. Penambahan luas area pameran juga menjadi salah satu alasan Dyan- dra semakin percaya diri untuk me- raih nilai transaksi yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Kali IIMS 2017 ditargetkan mampu meraih total angka transaksi hingga Rp 3,1 triliun. Pelaksanaan pameran yang dilakukan di semester satu 2017 dan sebulan sebelum bulan puasa ini menjadi salah satu waktu yang poten- sial bagi industri otomotif Tanah Air guna mendongkrak penjualan awal tahun. Untuk kemudahan dan keprak- tisan bagi pengunjung, penjualan ti- ket masuk IIMS 2017 dapat dilakukan melalui Blibli.com. Harga tiket masuk Rp 40 ribu untuk hari kerja dan Rp 60 ribu pada akhir pekan. akhir 2016 meningkat jauh hingga mencapai 199.364 unit dengan pangsa pasar 19 persen. Saat ini, HPM memproduksi model-model fa- vorit, seperti Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, dan Honda CR-V. Dua Produk Persembahan Porsche "Dengan ukuran mesin yang lebih kecil, kedua model sangat cocok untuk struk- tur pajak di Indonesia, kami menjamin setiap pelanggan mendapatkan sesuatu yang besar dari yang kecil," ujarnya. speed 718 Cayman adalah 275 km/jam dan 718 Cayman S dapat mencapai kecepatan 285 km/jam," kata Christoph. Sementara, the new Panamera 4S menggunakan mesin V6 twin-turbo yang bertenaga hingga 440 tenaga kuda. Mesin itu dilengkapi dengan fully varia- ble all-wheel drive system dan transmisi kopling ganda khas Porsche (PDK) delapan tingkat percepatan. Christoph mengatakan, Panamera terbaru ini tampil lebih efisien. Porsche mendesain ulang mesin dan dibentuk lebih bertenaga dengan meningkatkan bahan bakar yang ekonomis dan mengurangi emisi. Panamera dibuat untuk pengendara mobil sport yang mengharapkan mobil empat pintu dengan empat penumpang. "Mobil ini bisa dipakai sehari-hari dan Cayman tampil sangat fashionable dan berkelas," kata dia.ed: khoirul azwar ed: khoirul azwar Investasi Honda dalam penambahan fasi- litas produksi di pabrik HPM terus berlanjut dengan dibukanya pabrik stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016. Pabrik dengan investasi sebesar Rp 194 miliar ini memproduksi panel samping, atap, lantai, dan sebagainya yang didukung sistem canggih, seperti auto- matic continuous process dan sistem robotik. Kegiatan produksi yang dioperasikan di pabrik Honda di Karawang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik, tetapi juga telah meningkatkan aktivitas ekspor kom- ponen ke berbagai negara. Sepanjang 2016, jum- lah ekspor HPM meningkat secara signifikan, mencapai lebih dari 7.700 kontainer dibanding tahun sebelumnya yang tecatat sekitar 5.600 kontainer. Masuk ke pasar Indonesia, Porsche memberikan dua tipe 718 Cayman dan 718 Cayman S. Keduanya mengusung desain hampir mirip dengan 718 Boxter. Untuk urusan performa, di dalam tubuh Porsche Cayman ditanam mesin 2.0L yang menghasilkan 300 tenaga kuda. Cayman juga dilengkapi dengan empat silinder dan turbocharging yang sama, seperti 718 Boxster. Siiring dengan itu, Honda meningkatkan ni- lai ekspor menjadi lebih dari Rp 2,2 triliun pada 2016, dari tahun sebelumnya Rp 1,8 triliun. Pa- da 2017 HPM akan memacu ekspor menjadi hampir 10 ribu kontainer dengan nilai lebih dari Rp 2,5 triliun. Jumlah negara tujuan ekspor komponen pun meningkat dan kini menyasar ke 12 negara. President Director HPM Tomoki Uchida mengungkapkan, pencapaian produksi yang kesatu juta unit menunjukkan tingginya pene- rimaan konsumen terhadap mobil Honda, se- kaligus komitmen perusahaan untuk pengem- bangan bisnis di Indonesia. Ke depannya, Hon- da akan terus menambah investasi di pabrik untuk meningkatkan fasilitas dan SDM, sehing- ga dapat mencapai kepuasan yang lebih tinggi bagi konsumen. Hasilnya, mobil buatan Jerman ini dapat mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,7 detik. Sedangkan, 718 Cayman S menggunakan kapasitas me- sin 2.5L yang menghasilkan 350 tenaga kuda. Cayman S dapat melaju hingga 100 km/jam dalam dalam 4.2 detik. "Top Ekspansi diler Untuk melebarkan sayap pemasaran dan menggenjot penjualan, HPM terus menambah jumlah diler baru. Pekan ini, Honda membuka diler anyar IKM Ciledug, Tangerang, Banten, dan menjadi diler resmi Honda ke-134 secara nasional serta yang ke-43 di area Jabodetabek. "Kota Tangerang merupakan salah satu kontributor terpenting penjualan Honda di area Jabodetabek. Jumlah konsumen yang semakin bertambah harus pula didukung dengan fasilitas penjualan dan purnajual sebagai bagian dari program Honda, untuk semakin luas, dan kian dekat dengan masyarakat," kata Jonfis Fandy, marketing & after sales service director HPM. Tahun ini, HPM akan terus memperluas jaringan diler 3S di berbagai kota. "Didukung dengan SDM yang profesional serta fasilitas lengkap sesuai standar tinggi Honda, kami yakin kebutuhan konsumen akan produk terbaru dan pelayanan purnajual Honda akan terpenuhi," ujar Tomoki Uchida.ed: khoirul azwar Seha ROSSI HANDAYANI pendengaran yak gitu. Se earphone bu lainkan anal Damayanti d Dampak ngaran dan k gangguan pendengaran komunikasi, akibat bising (GPAB). mudian, kata dan tempat l kan hal itu da psikis dan fis Suara keras yang terus menerus didengarkan memicu risiko aat ini, sebagian besar anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia yang gemar mendengarkan musik de- ngan menggunakan ear- te phone yang langsung masuk ke dalam lubang telinga. Kebiasaan ini bahkan ada yang sudah berkembang sejak mereka masih kecil. Sebagian besar dari mereka tidak begitu memahami dampak asyiknya mendengarkan musik dan sejenisnya lewat earphone bagi kesehatan pendengarannya. Color Rendition Chart Apabila suara keras yang terus me- nerus didengarkan oleh telinga, akan berakibat buruk pada pendengaran di kemudian hari. Hal ini, menurut Ke- pala Komisi Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPK) dr Damayanti Soetjipto SPTHT KL(K), memang belum di- sadari banyak orang. Karena itu, me- reka perlu diberikan pemahaman dan mengetahui cara mencegah gangguan pendengaran serta ketulian dari suara bising. Dia mengakui, saat ini kebanyakan orang, umumnya remaja cenderung asyik dengan alat musik digital yang didengarkan lewat earphone dan se- jenisnya. Mereka terbiasa mendengar- kannya sepanjang hari dengan suara keras yang bahkan sampai terdengar orang lain yang berada di sebelahnya. Terlebih lagi, lanjut dia, mereka mendengarkannya melalui earphone dengan earbud yang langsung dipa- sang ke dalam liang telinga. Ini me- nyebabkan mereka terancam risiko gangguan pendengaran akibat bising (GPAB) dan ketulian. Para remaja seperti ini disebut se- bagai Generasi Ipod (Ipod Genera- tion). Jumlahnya di Amerika Serikat (AS) sebanyak 5,2 juta dengan rentang usia enam sampai 19 tahun. Sebanyak 12 persennya mengalami gangguan Damayar pulasi risiko adalah balit bising di tem mencapai 96- akibat papan keras (mende lainnya), sisw sin praktik, industri, pem sering berad (diskotek, ka lainnya). Khusus k men, dijumpa wa SD berda guan penden ruh pada ke percaya diri, Gangguan te telah telinga Direktur dalian Penyak terian Keseh Toleransi dengan E Bising tar Intensitas Suar 80 dB 85 dB 90 dB 94 dB 97 dB 100 dB 110 dB 120 dB 125 dB Sumber: Kepala i Gangguan Pene 4cm
